Daftar karakter Kamen Rider Ex-Aid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini adalah Daftar Karakter Kamen Rider Ex-Aid.[1][2][3]

Rumah Sakit Seito University[sunting | sunting sumber]

Rumah Sakit Seito University (聖都大学附属病院, Seito Daigaku Fuzoku Byōin) adalah salah satu Rumah Sakit dengan fasilitas medis yang bergengsi di wilayahnya. Cyber Rescue Center (電脳救命センター, Den'nō Kyūmei Senta), atau CR untuk lebih singkatnya, berada di ruang bawah tanah rumah sakit ini, berada di bawah pengawasan Departemen Kesehatan dan digunakan untuk mengisolasi dan menyelamatkan korban Virus Bugster, didirikan pada 5 tahun yang lalu selama insiden yang disebut Zero Day (ゼロデイ, Zero Dei) terjadi, dimana infeksi Bugster dimulai dan kembali muncul pada saat ini.

  • Emu Hōjō (宝生 永夢, Hōjō Emu) / Kamen Rider Ex-Aid (仮面ライダーエグゼイド, Kamen Raidā Eguzeido): Juga dikenal dengan inisialnya "M", adalah seorang dokter magang atau Ko-As yang awalnya praktek di Departemen Pediatri / kedokteran anak, lalu pindah ke Departemen Bedah, yang berusia 24 tahun dan seorang gamer yang maniak dan jenius. Terinspirasi untuk menjadi seorang dokter setelah seorang dokter, yang ternyata adalah Kyotaro Hinata, menyelamatkannya melalui operasi khusus ketika masih kecil dan diberi konsol game genggam WonderSwan oleh Hinata sebagai hadiah. Emu pada dasarnya ramah dan baik hati, tetapi ceroboh dan agak linglung, yang sering membuatnya terlibat masalah dengan para perawat. Kecerobohannya membuat ia sering tersandung atau terpeleset hingga jatuh. Sebagai dokter, ia memiliki perhatian lebih terhadap pasiennya karena menurutnya pasien akan sembuh dengan sempurna apabila fisik dan perasaannya ikut terobati. Ia juga tidak memandang pasien dari golongan manapun meskipun pasien itu adalah penjahat atau kriminal sekalipun. Namun ketika berhadapan dengan game, karakternya berubah 180 derajat. Ia menjadi serius dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi didukung dengan kejeniusannya soal permainan video, serta akan menyelesaikan game tersebut tanpa halangan. Berkat keterampilan bermain game nya dia mendapatkan Gamer Driver (ゲーマドライバー, Gēma Doraibā) dan sebuah Rider Gashat (ライダーガシャット, Raidā Gashatto), untuk bertarung menghadapi Virus Bugster. Dengan Gashat Mighty Action X (マイティアクションXガシャット, Maiti Akushon Ekkusu Gashatto), sebuah game dengan genre action, Emu berubah menjadi Kamen Rider Ex-Aid (仮面ライダーエグゼイド, Kamen Raidā Eguzeido).
  • Asuna Karino (仮野 明日那, Karino Asuna) / Poppy Pipopapo (ポッピーピポパポ, Poppī Pipopapo): Asuna adalah anggota Kementrian Kesehatan yang dikirim oleh CR ke Rumah Sakit Seito University sebagai seorang perawat. Asuna sendiri adalah identitas samaran, sementara aslinya ia bernama Poppy Pipopapo, Bugster yang terlahir dari data karakter dari game DoReMiFa Beat (ドレミファビート, Doremifa Bīto), yang kemudian terungkap pula bahwa ia terlahir dari Ibu Kuroto sebagai inang yaitu Sakurako Dan. Meskipun orangnya sama, baik Asuna maupun Poppy memiliki kepribadian yang berbeda. Asuna sosoknya lebih dewasa, serius, dan logis, sementara Poppy lebih ceria, enerjik, dan kekanak-kanakan. Setelah mengungkapkan siapa dirinya sebenarnya di Spesial Natal, terungkap nama "Asuna Karino" sebenarnya hanyalah plesetan dari istilah "Perawat Sementara" (仮のナース, kari no nāsu). Asuna berperan sebagai pemandu dan navigator bagi Emu.
  • Hiiro Kagami (鏡 飛彩, Kagami Hiiro) / Kamen Rider Brave (仮面ライダーブレイブ, Kamen Raidā Bureibu): Hiiro adalah seorang dokter bedah jenius yang baru saja kembali setelah bekerja beberapa tahun di salah satu rumah sakit kelas satu di Amerika Serikat, yang juga adalah anak dari Direktur Rumah Sakit Seito University, Haima Kagami. Sifatnya dingin, cuek, tanpa ekspresi, tetapi menyukai makanan manis seperti roti dan kue. Kata-kata yang selalu diucapkannya ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan atau bertemu orang yang tidak disukainya adalah "Tidak, Terima Kasih". Hiiro sendiri bekerja tanpa berinteraksi lebih dekat dengan pasien, ia pun mementingkan keberhasilannya dalam menyelamatkan pasien. Dengan kata lain, ia tidak terlalu peduli dengan perasaan pasien, hal yang bertolak belakang dengan Emu. Menjadi seseorang jenius di bidang kedokteran, Hiiro memandang rendah pada Emu yang dianggapnya hanya seorang pemula dan memiliki ideologi yang bertentangan dengannya. Tetapi, sepanjang serial berjalan, ia mulai sedikit mengakui Emu meskipun masih dianggapnya terlalu polos. Namun itu belum seberapa dengan kebenciannya pada Taiga, yang ia anggap menjadi biang keladi hilangnya sang kekasih, Saki Momose (百瀬 小姫, Momose Saki), gadis yang menginspirasinya untuk menyukai makanan manis. Sama seperti Emu, ia berusia 24 tahun. Dengan Gashat Taddle Quest (タドルクエストガシャット, Tadoru Kuesuto Gashatto), sebuah game dengan genre RPG, Hiiro berubah menjadi Kamen Rider Brave (仮面ライダーブレイブ, Kamen Raidā Bureibu).
  • Haima Kagami (鏡 灰馬, Kagami Haima): Haima adalah direktur Rumah Sakit Seito University dan juga ayah dari Hiiro Kagami. Selain itu ia juga menjadi penanggung jawab bagi CR. Sikapnya plin-plan dan cepat berubah, ia akan serius dan tegas terhadap Emu, apalagi ketika Hiiro ikut dilibatkan. Tetapi menjadi penurut dan selalu setuju apabila dengan Asuna/Poppy. Meskipun begitu, ia adalah direktur yang baik. Ia pernah menjadi salah satu Ride Player karena terinfeksi virus Bugster Lovrica dan karena juga ingin menyelamatkan Saki demi Hiiro.
  • Kiriya Kujō (九条 貴利矢, Kujō Kiriya, 1-12, 34-45) / Kamen Rider Lazer (仮面ライダーレーザー, Kamen Raidā Rēzā): Kiriya adalah seorang pemeriksa medis berusia 27 tahun yang juga bekerja di Rumah Sakit Seito University, serta melakukan investigasi terhadap Virus Bugster dan insiden yang disebabkannya. Ia melakukannya hanya karena ketertarikannya terhadap virus tersebut, bukan karena ingin menyelamatkan orang lain. Ia juga cukup licik, seperti berbohong kepada Emu tentang alasan dia berjuang menjadi Kamen Rider karena telah kehilangan sahabatnya, untuk mendapatkan simpatinya. Namun, sebenarnya ia benar-benar kehilangan sahabatnya. Dengan Gashat Bakusou Bike (爆走バイクガシャット, Bakusō Baiku Gashatto), sebuah game dengan genre balap motor, Kiriya berubah menjadi Kamen Rider Lazer (仮面ライダーレーザー, Kamen Raidā Rēzā). Seiring kemunculan Masamune, ia ternyata kembali dibangkitkan dan saat ini menjadi bawahan Masamune bersama dengan Hiiro yang diajak bekerjasama, dengan kemampuan berubah menjadi Kamen Rider Lazer Turbo (仮面ライダーレーザーターボ, Kamen Raidā Rēzā Tābo), karena ia dibangkitkan sebagai Bugster.
  • Kyotaro Hinata (日向 恭太郎, Hinata Kyōtarō) adalah Deputi Jendral dari Kementrian Kesehatan (衛生省, Eisei-shō) yang mengawasi perkembangan infeksi Virus Bugster dan merupakan seorang mantan dokter. Hinata adalah orang yang berjasa bagi Emu ketika 16 tahun yang lalu ia menyelamatkan nyawa Emu lewat operasi khusus yang tidak hanya menyelamatkan nyawanya, tetapi kemungkinan memberikannya kompatibilitas untuk menjadi seorang pahlawan harapan (dalam hal ini Kamen Rider) di masa mendatang. Serta menjadi inspirator bagi Emu untuk menjadi seorang dokter.

Genm Corporation[sunting | sunting sumber]

Genm Corporation (幻夢コーポレーション, Genmu Kōporēshon), disingkat Genm Corp. adalah sebuah perusahaan video game yang menyediakan teknologi untuk membuat serta memproduksi Gamer Driver dan Gashat. Genm Corp. serta terlibat dengan penyelidikan terkait virus Bugster yang pertama kali ditemukan oleh anak Masamune Dan, yaitu Kuroto Dan, serta dilakukannya operasi khusus terhadap Emu Hōjō, setelah ia terinfeksi virus Bugster akibat memainkan game uji coba yang dikirimkan oleh Kuroto kepadanya, menjadikannya pasien pertama yang terinfeksi virus Bugster.

  • Kuroto Dan (檀 黎斗, Dan Kuroto) / Kamen Rider Genm (仮面ライダーゲンム, Kamen Raidā Genmu) adalah CEO dari perusahaan pembuat perangkat lunak/ software game Genm Corporation (幻夢コーポレーション, Genmu Kōporēshon) yang berusia 30 tahun. Kuroto adalah anak dari Masamune Dan (檀 正宗, Dan Masamune), CEO terdahulu yang saat ini dipenjara karena alasan yang belum diketahui. Ia menciptakan CR dan perangkat sistem Kamen Rider yang bekerjasama dengan Departemen Kesehatan untuk melawan ancaman Virus Bugster yang menginfeksi manusia. Namun, ia diam-diam bersekongkol dengan Bugster dan dengan demikian sering mengganggu pertempuran para Rider lain, mencegah mereka untuk menyelamatkan korban virus Bugster dan bahkan mengambil sampel Bugster untuk menemukan sumber utama dari Bugster tersebut. Dia juga terbukti cukup narsisis, mengklaim bahwa kecerdasannya benar-benar sesuatu yang harus ditakuti, sementara masih mempertahankan ketenangannya, tapi dalam ekspresi sopan namun sangat berdarah dingin. Saat berwujud Genm, Kuroto menyamarkan suaranya. Ia memanipulasi para Rider dalam upaya untuk mengumpulkan data pertempuran mereka untuk tujuan pribadiya dan Bugster sendiri. Dengan Gashat Proto Mighty Action X (プロトマイティアクションXガシャット, Puroto Maiti Akushon Ekkusu Gashatto) yang merupakan prototype dari Gashat Mighty Action X, Kuroto berubah menjadi Kamen Rider Genm (仮面ライダーゲンム, Kamen Raidā Genmu), yang wujudnya sangat mirip dengan Ex-Aid tetapi dengan warna yang lebih gelap dan senjata utama yang berbeda.
  • Masamune Dan (檀 正宗, Dan Masamune): Masamune adalah mantan CEO Genm Corp. yang juga merupakan ayah dari Kuroto Dan. Ia pada awal seri berada dalam penjara atas tuduhan sebagai dalang dari peristiwa Zero Day, serta bersama Kuroto terlibat dalam operasi khusus yang dilakukan Kyotaro Hinata terhadap Emu 16 tahun yang lalu. Dengan menggunakan Buggle Driver II dan Gashat Kamen Rider Chronicle master data, ia dapat berubah menjadi Kamen Rider Cronus (仮面ライダークロノス, Kamen Raidā Kuronosu), yang memiliki kemampuan memanipulasi jalannya waktu via tombol A dan B dari Gashacon Bugvisor II yang terpasang pada Buggle Driver II.
  • Tsukuru Koboshi (小星 作, Koboshi Tsukuru): Tsukuru adalah seorang pengembang video game yang bekerja untuk Genm Corp. selama lima tahun sejak Kuroto memimpin, dan juga dapat membuat Gashat. Setelah menghilangnya Kuroto, ia berusaha menyelamatkan perusahaan dengan mencoba mengembangkan sebuah game baru, didukung oleh rekan-rekan se tim nya untuk menyelesaikan game tersebut karena ia juga ditunjuk menjadi pemimpin tim pengembang di bawah CEO yang baru. Dengan memikul tanggung jawab ia membuat Gashat Juju Burger, meskipun game itu selesai namun terinfeksi virus Bugster yang kemudian juga menginfeksi dirinya. Namun berbeda dengan gejala infeksi virus Bugster pada umumnya, Tsukuru malah berteman dengan Burgermon, Bugster dari virus yang menginfeksinya. Ia kemudian menyempurnakan Gashat Juju Burger dengan akses ke ruang rahasia Kuroto untuk merekam data lalu secara tidak sengaja datang ke CR untuk mendiskusikan keunikan Penyakit Game yang dideritanya.

Taiga Hanaya[sunting | sunting sumber]

Taiga Hanaya (花家 大我, Hanaya Taiga) / Kamen Rider Snipe (仮面ライダースナイプ, Kamen Raidā Sunaipu) adalah seorang radiolog/ dokter bagian radiologi yang tidak lagi berlisensi. Ia juga dijuluki sebagai "Dokter Kegelapan" (闇のドクター, Yami no Dokutā). Lima tahun yang lalu sebelum dan saat insiden Zero Day, ia adalah anggota Departemen Radiologi di Rumah Sakit Seito University yang dijuluki radiolog jenius dan menjadi Kamen Rider resmi pertama yang ditunjuk oleh CR ketika insiden Zero Day terjadi. Ia dipilih karena berhasil mengidentifikasi virus Bugster dengan metode kedokteran konvensional. Awalnya ia menolak karena kesibukannya sebagai seorang radiolog yang menangani banyak pasien hingga kematian rekannya, Jiro Maki (牧 治郎, Maki Jirō) yang menggunakan Gashat Proto Bang Bang Shooting (プロトバンバンシューティングガシャット, Puroto Ban Ban Shūtingu Gashatto) tanpa izin hingga menerima efek fatal penggunaan Gashat dan Gamer Driver, yang akhirnya membuatnya menjadi Kamen Rider karena tak ada pilihan lain. Tujuan utamanya adalah mengincar Gashat Kamen Rider lain sampai ia berhasil mengumpulkan sepuluh dari Gashat tersebut dalam rangka untuk menghancurkan Bugster, dan yang paling penting, untuk membalas dendam terhadap Graphite, yang menjadi musuh bebuyutannya. Taiga menjadi rider tertua dari Kamen Rider lainnya (kecuali Genm), di mana ia berusia 29 tahun. Dengan Gashat Bang Bang Shooting (バンバンシューティングガシャット, Ban Ban Shūtingu Gashatto), sebuah game dengan genre menembak, Taiga berubah menjadi Kamen Rider Snipe (仮面ライダースナイプ, Kamen Raidā Sunaipu). Di akhir seri, Taiga akhirnya kembali memperoleh lisensi dokternya dan saat ini praktek sebagai dokter spesialis Penyakit Game. Di mana ia dikunjungi oleh Niko Saiba yang baru memperoleh kelulusan dari sekolahnya.

Niko Saiba[sunting | sunting sumber]

Niko Saiba (西馬 ニコ, Saiba Niko) juga dikenal dengan inisialnya "N"adalah seorang gadis yang juga dikenal sebagai gamer jenius selain Emu Hōjō/ M. Pertama kali secara tiba-tiba muncul di hadapan Taiga Hanaya. Seorang gadis tomboy yang memiliki dendam yang mendalam terhadap Emu karena pernah dikalahkan dalam turnamen game olehnya saat masih berusia 12 tahun (6 tahun sebelum saat ini), yang menurutnya membuat rekor kemenangannya terhenti dan sejak saat itu ia menunggu kesempatan kembali bertemu Emu untuk membalas kekalahannya. Setelah memperkenalkan dirinya pada Taiga, ia sering menampakkan diri di rumah sakit tak terurus tempat Taiga praktek, walaupun Taiga sendiri tidak menyukainya. Ia berupaya mempengaruhi Taiga untuk dapat mengalahkan Emu. Namun karena sifat tidak sabar dan keras kepalanya, ia mengambil Gamer Driver serta Gashat Bang Bang Shooting tanpa sepengetahuan Taiga. Ia mencoba untuk melawan Emu dengan berubah sendiri menjadi Kamen Rider Snipe, tanpa mengetahui apapun mengenai kompatibilitas yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Rider. Selama permainan Kamen Rider Chronicle beredar, ia juga menjadi salah satu Ride Players dan menyebut dirinya Ride Player Niko (ライドプレイヤーニコ, Raido Pureiyā Niko). Berbeda dari Ride Players lain, ia dilengkapi beberapa aksesoris seperti topi dan ransel yang sering ia pakai.

Ride Players[sunting | sunting sumber]

Ride Players (ライドプレイヤー, Raido Pureiyā) atau Rider pemain (dalam jumlah banyak) sejatinya adalah orang-orang yang terinfeksi virus Bugster setelah mendapatkan kekuatan dari Gashat Kamen Rider Chronicle lalu dapat menggunakannya untuk berubah menjadi Rider dan ikut berpartisipasi dalam permainan. Bagi mereka yang merupakan pemain baru akan dipandu oleh Poppy dalam permainan. Masing-masing Ride Players memakai kostum Rider standar serta senjata utama yang disebut Ride Weapon (ライドウエポン, Raido Uepon) berupa sebuah belati yang juga dapat diubah menjadi pistol. Mereka juga dapat menggunakan Gashacon Weapon dan Gashat lain dari para Kamen Rider lain (dalam hal ini para dokter) yang harus mereka kalahkan terlebih dahulu, mengingat Kamen Rider menjadi karakter khusus dalam game untuk menaikkan level dari para Ride Players. Namun apabila mereka kalah atau game over, mereka akan memudar menjadi data, hal yang sebenarnya menjadi bagian rencana Bugster untuk mengalahkan manusia, sesuai pernyataan dari Parad bahwa game Kamen Rider Chronicle adalah game untuk para Bugster.

Kamen Rider[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider dalam serial ini bertema dokter, video game, dan kartu memori game yang disebut "Gashat". Para dokter yang dalam hal ini adalah Kamen Rider, adalah dokter yang telah memiliki Gamer Driver (ゲーマドライバー, Gēma Doraibā) dan minimal sebuah Rider Gashat (ライダーガシャット, Raidā Gashatto). Gamer Driver yang merupakan sabuk memiliki dua slot untuk Gashat yang berguna untuk bertransformasi dan mengakses wujud baru. Untuk berubah menjadi Kamen Rider, para dokter memasang Game Driver pada pinggang masing-masing lalu menyalakan Gashat hingga tercipta area permainan sesuai genre dari game daripada Gashat. Dengan meneriakkan "Berubah" (変身, Henshin), Gashat dimasukkan ke dalam slot pertama Gamer Driver lalu memilih karakter Rider agar menjadi Kamen Rider sesuai Gashat. Setiap Rider memiliki Rider Gauge (ライダーゲージ, Raidā Gēji) atau status poin nyawa yang tampak di dada masing-masing untuk menunjukkan berapa lama mereka bisa bertahan selama game/pertarungan berlangsung. Jika rider gauge menjadi 0 % atau 0, Rider tersebut akan dinyatakan game over dan kembali ke wujud semula, dengan kemungkinan terluka sangat parah atau tewas.

Pada bagian kiri Gamer Driver terdapat dua slot untuk menaruh Gashat cadangan serta satu slot khusus plus tombol yang disebut Kimewaza Slot Holder (キメワザスロットホルダー, Kimewaza Surotto Horudā), yang digunakan untuk menghasilkan serangan terkuat dari masing-masing Rider. Tombol pada Kimewaza Slot berfungsi untuk memilih dan mengubah area permainan (ゲームエリア, Gēmu Eria) yang disebut mode Stage Select (ステージセレクト, Sutēji Serekuto) apabila belum dimasukkan Gashat ke dalamnya. Dengan memasukkan Game Gashat ke dalam slot tersebut lalu menekan tombolnya dua kali, masing-masing Rider dapat melakukan serangan terkuat sesuai judul game diikuti Critical Strike (contoh untuk Ex-Aid serangannya dengan slot Kimewaza adalah "Mighty Critical Strike"), berupa tendangan Rider atau Rider Kick. Lalu dengan memasukkan Game Gashat ke dalam Senjata Gashacon, masing-masing Rider dapat melakukan serangan akhir sesuai judul game diikuti Critical Finish (contoh untuk Ex-Aid serangannya akhirnya adalah "Mighty Critical Finish").

Keunikan dalam Serial ini adalah wujud Kamen Rider dibagi dalam beberapa level, seperti ketika bermain permainan video.

Aktor Pemeran Peran Status Kamen Rider Rider/Gashat Game Genre Game Gamer Senjata
Hiroki Iijima Emu Hōjō Dokter Magang/ Ko-As Kamen Rider Ex-Aid Mighty Action X Action Action Gamer Gashacon Breaker
Toshiki Seto Hiiro Kagami Dokter Bedah Kamen Rider Brave Taddle Quest RPG Quest Gamer Gashacon Sword
Ukyo Matsumoto Taiga Hanaya Radiolog (mantan) Kamen Rider Snipe Bang Bang Shooting Menembak Shooting Gamer Gashacon Magnum
Hayato Onozuka Kiriya Kujō Pemeriksa Medis Kamen Rider Lazer Bakusou Bike Balap Motor Bike Gamer Armed Wheels Unit
Tetsuya Iwanaga Kuroto Dan CEO Genm Corp Kamen Rider Genm Proto Mighty Action X (β) Action Action Gamer (proto) Gashacon Bugvisor

Bugster[sunting | sunting sumber]

Bugster (バグスター, Bagusutā) adalah virus komputer berukuran mikro yang dikenal sebagai Virus Bugster (バグスターウイルス, Bagusutā Uirusu), yang bertujuan untuk menghancurkan umat manusia untuk menguasai dunia. Mereka awalnya lahir 5 tahun yang lalu melalui insiden Zero Day sebelum infeksi yang mereka sebarkan meluas beberapa tahun kemudian. Hal ini kemudian mengungkapkan bahwa Bugster diam-diam bekerja sama dengan CEO Genm Corporation, Kuroto Dan.

Bugster sendiri berasal dari Virus Bugster, yang dikembangkan dengan cara menginfeksi manusia. Di dalam manusia yang terinfeksi, mereka menggunakan energi dan pemikiran penderita virus untuk mengambil kendali diri mereka dan menjadi jenis monster raksasa yang dikenal sebagai Bugster Union (バグスターユニオン, Bagusutā Yunion). Setelah Kamen Rider mengekstrak virus dari tubuh penderita dalam bentuk Level 1 mereka, virus menunjukkan wujud sebenarnya dalam bentuk Monster Bugster dan disertai dengan beberapa Bugster Virus dalam bentuk prajurit dengan bermacam pakaian. Tubuh sang penderita atau inang, meskipun dikembalikan ke normal, secara bertahap akan menderita efek dari Penyakit Game (ゲーム病, Gēmu-byō) dan hanya dapat diselamatkan ketika Bugster yang menyebabkannya dihancurkan dengan cepat, atau sang penderita akan memudar dan menghilang (dalam hal ini meninggal) secara permanen ketika Penyakit Game mencapai batas maksimal. Dan yang lebih merepotkan lagi adalah bahwa, ketika sang penderita menyerah dalam tekanan negatif mereka, itu akan menghasilkan lebih banyak tentara Bugster muncul dan dalam beberapa kasus, tiruan lain dari Monster Bugsters. Selama tahap ini, kekuatan hidup sang penderita secara perlahan melemah. Namun, ini bisa menjadi membalikkan keadaan jika sang penderita percaya pada diri mereka sendiri dan mengatasi tekanan negatif dalam diri mereka.

Parad[sunting | sunting sumber]

Parad (パラド, Parado) adalah salah satu pemimpin utama Bugster, yang diketahui terlahir dari tubuh Emu Hōjō. Lebih sering terlihat dalam wujud manusia yang terlihat sering bermain konsol game dengan game bergenre puzzle dengan santainya. Menggunakan jubah serta celana bercorak loreng warna-warni, Parad dideskripsikan sebagai karakter paradoks di mana ia terlihat ceria namun menyembunyikan kesinisannya yang mencurigakan dan misterius. Ia berpendapat bahwa "hidup itu seperti puzzle". Parad sendiri adalah persona yang tergambar dari keinginan Emu yang ingin memiliki teman sekaligus rival dalam bermain game. Tujuan utamanya adalah menikmati pertarungan dengan Emu dengan membenci manusia karena merasa Bugster lebih baik dari mereka. Parad menjadi Bugster paling pertama yang muncul ketika menginfeksi Emu dan tinggal dalam tubuh Emu dengan mengambil persona sebagai M. Berkat plotnya yang memberikan Double Gashat pada Emu yang menjadi Gashat Mighty Brother XX, Kuroto Dan dapat melengkapi Gashat terbaru lainnya dari data game tersebut. Gashat ini diberi nama Gashat Gear Dual (ガシャットギアデュアル, Gashatto Gia Dyuaru), yang membuat Parad dapat berubah menjadi Kamen Rider Para-Dx (仮面ライダーパラドクス, Kamen Raidā Paradokusu). Namun ketika menyadari Kuroto memperlakukan Bugster seenaknya, yaitu membunuh Bugster yang tidak terlibat permainan membuatnya membatalkan kerjasamanya dengan Kuroto, dan menginginkan Kuroto segera menghilang demi kedamaian permainan.

Graphite[sunting | sunting sumber]

Bugster Graphite (グラファイトバグスター, Gurafaito Bagusutā, 1-10, 24-40) atau cukup dipanggil Graphite, adalah pemimpin lainnya dari para Bugster. Sebagai Bugster yang berhasil mencapai wujud sempurna dari manusia yang telah terinfeksi, Graphite dapat berubah wujud menjadi manusia. Ia dan Taiga adalah musuh bebuyutan, setelah saling mengenal sejak insiden Zero Day dan bertanggung jawab atas kematian seseorang yang dekat dengan Hiiro, seorang gadis bernama Saki Momose, yang merupakan lahirnya Graphite pada hari itu. Dia menggunakan Gashacon Bugvisor untuk berubah menjadi bentuk Bugster, yang juga dapat menyebar Bugster Virus dan memantau manusia yang terinfeksi. Menguping pembicaraan antara Kuroto dan Parad mengenai Gashat prototype atau Gashat Proto, ia lalu mencuri Gashat Proto Drago Knight Hunter Z (プロトドラゴナイトハンターZガシャット, Puroto Dorago Naito Hantā Zetto Gashatto) untuk kemudian berubah menjadi "Proto Bugster Graphite" (プロトグラファイトバグスター, Puroto Gurafaito Bagusutā) dengan tujuan menambah kekuatan dirinya tanpa sepengetahuan Kuroto maupun Parad. Berkat virus Gemdeus, Graphite mencapai wujud level maksimalnya dengan nama Bugster Guren Graphite (グレングラファイトバグスター, Guren Gurafaito Bagusutā).

Ren Amagasaki/ Lovrica[sunting | sunting sumber]

Ren Amagasaki (天ヶ崎 恋, Amagasaki Ren) yang kemudian mengungkap wujud aslinya sebagai Bugster Lovrica (ラヴリカバグスター, Ravurika Bagusutā) adalah CEO Genm Corp. yang baru, yang memperoleh posisinya saat ini setelah menghilangnya Kuroto Dan, yang kemudian terungkap sebagai dalang terjadinya peristiwa Zero Day pada tahun 2011. Lovrica memilik kemampuan kebal terhadap serangan fisik apapun, tetapi ia menjadi lemah apabila ditolak oleh wanita yang membuatnya tertarik mengingat ia adalah karakter dari game dengan genre simulasi dating/kencan (RS-RPG). Walaupun begitu, ia tidak sesadis dan sekejam Kuroto Dan, tetapi lebih terlihat sebagai pribadi yang tegas dan manipulatif, seperti kemampuannya memikat hati para wanita. Lovrica akhirnya dihapus secara permanen oleh Kamen Rider Cronus setelah menerima serangan akhir di saat terhentinya waktu akibat kekuatan dari Kamen Rider Cronus.

Gemdeus[sunting | sunting sumber]

Gemdeus (ゲムデウス, Gemudeusu) atau Bugster Gemdeus (ゲムデウスバグスター, Gemudeusu Bagusutā) adalah bos terakhir dari game Kamen Rider Chronicle setelah semua trofi Gashat yang disebut Gashatrophy (ガシャットロフィー, Gashattorofī) telah terkumpul. Gemdeus dilengkapi senjata pedang DeuSlasher (デウスラッシャー, Deusurasshā) dan perisai Deus Rampart (デウスランパート, Deusu Ranpāto). Kuroto menyebutnya sebagai Bugster Terkuat yang kekuatannya melampaui semua permainan pada Gashat lainnya, dengan kekuatan Cronus adalah satu-satunya yang bisa menghentikannya.

Bugster combatant[sunting | sunting sumber]

  • Bugster Salty (ソルティバグスター, Soruti Bagusutā, 1, 11-12)
  • Bugster Alhambra (アランブラバグスター, Aranbura Bagusutā, 2, 13-14)
  • Bugster Revol (リボルバグスター, Riboru Bagusutā, 3, 15-16)
  • Bugster Motors (モータスバグスター, Mōtasu Bagusutā, 4, 18, 24)
  • Bugster Collabos (コラボスバグスター, Korabosu Bagusutā, 5-8)
    • Gekitotsu Robots Collabos
    • DoReMiFa Beat Collabos
    • Giri Giri Chambara Collabos
    • Jet Combat Collabos
  • Bugster Burgermon (バーガーモンバグスター, Bagamon Bagusutā, 17)
  • Bugster Gatton (ガットンバグスター, Gatton Bagusutā, 19, 24)
  • Bugster Vernier (バーニアバグスター, Bānia Bagusutā, 20)
  • Bugster Kaiden (カイデンバグスター, Kaiden Bagusutā, 21, 24)
  • Bugster Charlie (チャーリーグスター, Chārī Bagusutā, 22)

Referensi[sunting | sunting sumber]