Kamen Rider Fourze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kamen Rider Fourze
Genre Tokusatsu
Pembuat Shotaro Ishinomori
Penulis Kazuki Nakashima
Riku Sanjo
Keiichi Hasegawa
Sutradara Koichi Sakamoto
Hidenori Ishida
Takayuki Shibasaki
Satoshi Morota
Ryuta Tasaki
Kyohei Yamaguchi
Katsuya Watanabe
Pemeran Sota Fukushi
Ryuki Takahashi
Fumika Shimizu
Ryo Yoshizawa
Narator Nobuyuki Hiyama
Lagu pembuka "Switch On!" by Anna Tsuchiya
Lagu penutup "Giant Step" by Astronauts
"Shooting Star" by everset
"Bounce Back" by SoutherN
"ENDLESS PLAY" by Astronauts feat. SHIINA
"Evolvin' Storm" by everset
"Cosmic Mind" by Astronauts
Komposer Shuhei Naruse
Negara Japan
Bahasa Japanese
Jumlah episode 48 (Daftar episode)
Produksi
Produser Kengo Motoi (TV Asahi)
Hideaki Tsukada
Kazuhiro Takahashi (Toei)
Durasi 24-25 min. (per episode)
Rumah produksi Toei Company
Distributor Toei Company
Siaran
Stasiun televisi TV Asahi
Format gambar 1080i (HDTV)
Siaran sejak 04 September 2011 (2011-09-04)  26 Agustus 2012 (2012-08-26)
Kronologi
Diawali oleh Kamen Rider OOO
Dilanjutkan oleh Kamen Rider Wizard
Pranala luar
http://www.tv-asahi.co.jp/fourze/
Untuk karakter dengan nama sama, lihat Kamen Rider Fourze (karakter).

Kamen Rider Fourze (仮面ライダーフォーゼ Kamen Raidā Fōze?) adalah drama tokusatsu Jepang dalam Serial Kamen Rider Toei Company, menjadi seri ke-13 secara berurutan dalam Periode Heisei dan ke-22 secara keseluruhan. Mulai ditayangkan pada 4 September 2011, seminggu setelah episode terakhir Kamen Rider OOO,[1] bergabung bersama Kaizoku Sentai Gokaiger dan kemudian Tokumei Sentai Go-Busters dalam susunan Super Hero Time. Selain untuk memperingati 40 Tahun Serial Kamen Rider Serial ini juga untuk memperingati Penerbangan Luar Angkasa, yang dimulai dengan penerbangan tahun 1961 Yuri Gagarin.[2] Slogan dari Serial ini "Hidupkan Masa Muda karena kita akan menuju Angkasa!" (青春スイッチオンで宇宙キター! Seishun suitchi on de uchū kitā!?),[3] berdasarkan sabuk perubahan Fourze Driver yang menggunakan bermacam-macam kekuatan dari alat yang diberi nama Astroswitches dan juga memberi kekuatan pada bentuk Kamen Rider Fourze.[1][4] Seperti dua seri sebelumnya, pemeran utama Fourze muncul pertama kali pada film musim panas seri sebelumnya, tepatnya pada Film Kamen Rider OOO Wonderful: The Shogun and the 21 Core Medals.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Fourze ditulis oleh Kazuki Nakashima, dikenal atas kontribusinya pada Oh! Edo Rocket dan Gurren Lagann. Desainer untuk Zodiarts adalah Kia Asamiya, dikenal atas karya seninya dalam manga Martian Successor Nadesico dan Silent Möbius. Koichi Sakamoto, dikenal dalam garapannya dalam Power Rangers Amerika, menjabat sebagai Direktur utama setelah pekerjaannya dalam Seri Kamen Rider W dan beberapa episode untuk Kaizoku Sentai Gokaiger.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Amanogawa High School (AGHS) adalah sebuah sekolah menengah yang menjadi pusat segala sesuatu keanehan yang terjadi, dan menjadi semakin aneh ketika seorang murid pindahan dengan gaya bad boy, Gentaro Kisaragi berupaya mendapat banyak teman dengan cara uniknya sendiri, bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Yuki Jojima, sembari mencoba berteman dengan Kengo Utahoshi, siswa jenius namun penyendiri. Ketika Sekolah menjadi gempar karena adanya Monster Penghancur bernama Zodiarts, Kengo dan Yuki berupaya untuk menggunakan sistem perangkat yang mereka temukan di Rabbit Hatch yang dapat mereka capai melalui sebuah loker sekolah di sebuah bangunan sekolah yang lama tidak terpakai. Akan Tetapi, Gentaro mendengar rencana dan mengikuti mereka, serta dikarenakan tubuh Kengo yang labil dan tidak memungkinkan untuk bisa bertarung, Gentaro menggunakan perangkat tersebut untuk berubah menjadi Fourze.[5][6]. Setelah mempelajari tentang pahlawan yang disebut Kamen Rider, Gentaro membuat Kamen Rider Club yang beranggotakan Yuki, Kengo, Pemimpin cheerleader dan Ratu Sekolah; Miu Kazashiro, Pemimpin tim American Football yang juga Raja Sekolah serta mantan pacar Miu; Shun Daimonji, siswa bergaya nyentrik; JK dan goth girl; Tomoko Nozama. Kemudian Ryusei Sakuta ikut bergabung, siswa sementara yang juga dapat berubah menjadi Meteor, dan guru mereka, Chuta Ohsugi. Kamen Rider Club mempelajari Horoscopes, kelompok petinggi Zodiarts yang telah mendalangi peristiwa di tanah sekolah untuk meningkatkan kekuatan mereka. Sepanjang seri berjalan dan makin banyaknya pertarungan, Horoscopes menyusun gerakan tahap akhir mereka dan menuju tahap Final, sebelum Kengo mengetahui keberadaan sejatinya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Club AGHS[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Club (仮面ライダー部 Kamen Raidā Bu?) adalah salah satu klub ekstrakurikuler di AGHS yang dibentuk oleh Gentaro Kisaragi untuk mengumpulkan teman sebanyak-banyaknya, dengan mengambil nama superhero "Kamen Rider" yang sudah sering menyelamatkan Jepang dan merupakan pendahulu dari Fourze. Para anggota klub ikut membantu Fourze dalam menghadapi serangan dari Zodiarts. Kamen Rider Club bermarkas di Rabbit Hatch (ラビットハッチ Rabitto Hatchi?) yang terletak di bulan yang merupakan tempat pengujian teknologi Astro Switch dengan Cosmic Energy bernama Outer Space Technology Organization (外宇宙技術開発機構 Gai Uchū Gijutsu Kaihatsu Kikō?) (OSTO). Untuk mengakses Rabbit Hatch, para anggota klub masuk melalui sebuah loker yang berada di salah satu bangunan tua di belakang AGHS yang telah dikelilingi Cosmic Energy sebelumnya. Sempat dianggap tidak resmi karena tidak ada guru pembimbing, setelah Chuta Ohsugi menjadi pembimbing klub, Kamen Rider Club dapat menjalankan peran penuhnya dalam menghadapi Zodiarts dan Horoscopes.

  • Gentaro Kisaragi (如月 弦太朗 Kisaragi Gentarō?) / Kamen Rider Fourze (仮面ライダーフォーゼ Kamen Raidā Fōze?): Gentaro adalah siswa pindahan baru di AGHS untuk kelas 2B (nantinya naik kelas ke kelas 3B), yang berpenampilan layaknya seorang bad boy dan berkeinginan untuk berteman dengan semua orang, khususnya semua penghuni AGHS. Ketika pertama kali bertemu Kengo Utahoshi, dari sanalah kemudian ia mengetahui sisi lain dari sekolah barunya yang ternyata menjadi teror serangan monster yang disebut Zodiarts. Gentaro kemudian menggunakan Fourze Driver yang merupakan teknologi ciptaan ayah Kengo, Rokuro Utahoshi (dikarenakan Kengo yang hendak menggunakannya dalam kondisi tubuh yang tidak stabil) untuk kemudian membuatnya dapat berubah menjadi Kamen Rider Fourze (仮面ライダーフォーゼ Kamen Raidā Fōze?). Dari peristiwa inilah Gentaro kemudian mendirikan Kamen Rider Club, yang beranggotakan dirinya, Kengo, Yuki, dan beberapa siswa lain yang ia temui dalam beberapa kasus awal serangan Zodiarts. Bersama teman-temannya, Gentaro sebagai Fourze bertarung menghadapi Zodiarts dan pimpinan tertingginya yang disebut Horoscopes.
  • Kengo Utahoshi (歌星 賢吾 Utahoshi Kengo?): Kengo adalah siswa AGHS kelas 2B (nantinya naik kelas ke kelas 3B), yang awalnya merupakan seorang penyendiri namun jenius serta memiliki intelejensi tingkat tinggi. Ia berteman dengan Yuki Jojima yang bersama-sama melakukan pengujian terhadap Astro Switch dan Fourze Driver, teknologi yang ditinggalkan mendiang ayahnya. Kedatangan Gentaro ke AGHS pada awalnya membuatnya kurang nyaman, namun niat Gentaro yang benar-benar ingin membantunya dalam melawan Zodiarts membuatnya berubah pikiran dan akhirnya menjalin persahabatan dengan mengizinkan Gentaro menggunakan Fourze Driver. Bagaimanapun, Kengo memiliki kondisi aneh pada tubuhnya yang menyebabkan dirinya gampang sekali lelah bahkan kolaps dalam waktu tertentu, hal yang menurutnya membuat dirinya belum layak untuk menggunakan Fourze Driver. Kengo bertindak sebagai ahli strategi bagi Fourze ketika bertarung dan teknisi utama bagi Rabbit Hatch, markas penelitian di Bulan tempat ayahnya melakukan uji Astro Switch yang ia temui setahun sebelumnya lewat surat aneh yang menyertakan Door Switch yang kemudian membuka akses lewat loker sekolah di sebuah bangunan tua di belakang AGHS menuju ke sana. Setelah dibentuknya Kamen Rider Club, Kengo pada awalnya menolak jadi anggota, namun setelah ia terjebak di Bulan dan diselamatkan oleh para anggota Kamen Rider Club, ia akhirnya setuju menjadi anggota klub. Pada akhirnya terungkap bahwa Kengo sebenarnya adalah Anak Inti dari Core Switch, Switch yang menjadi dasar pembuatan Astro Switch dan Zodiarts Switch. Misinya adalah menyampaikan pesan pada Presenter (makhluk luar angkasa) terkait kehidupan yang ada di galaksi mereka. Kengo akhirnya lenyap setelah terkena serangan Sagitarius Nova yang hendak menghentikannya menuju tempat Presenter. Namun akhirnya ia dibangkitkan kembali oleh Gamou menggunakan kekuatan Aquarius Zodiarts sebagai manusia seutuhnya, tanpa ada gangguan fisik seperti sebelumnya.
  • Yuki Jojima (城島 ユウキ Jōjima Yūki?): Yuki adalah siswa AGHS kelas 2B (nantinya naik kelas ke kelas 3B), yang merupakan teman masa kecil bagi Gentaro serta sifatnya yang riang, baik hati, dan peduli pada teman-temannya. Ketika masih kecil, ia mendengar suara bintang di langit yang membuatnya bercita-cita ingin ke luar angkasa suatu saat nanti sehingga ia tumbuh menyukai hal-hal yang berbau luar angkasa sehingga dicap "maniak" oleh orang-orang sekitarnya. Ia berteman dengan Kengo yang bersama-sama menemukan Rabbit Hatch via loker sekolah dan memutuskan untuk ikut membantu Kengo dalam mengembangkan Astro Switch. Yuki adalah orang pertama yang memandu Gentaro dalam menggunakan Fourze Driver agar menjadi Kamen Rider Fourze pertama kali, serta menjadi pendiri Kamen Rider Club. Ketika naik kelas, Yuki menjadi ketua klub menggantikan Miu yang telah lulus, hanya untuk kembali tergeser oleh Miu setelah menyatakan bahwa ia adalah presiden dari klub. Yuki memiliki sebuah boneka berbentuk satelit yang ia beri nama "Hayabusa-kun". Ketika insiden Gemini Zodiarts di mana sisi gelapnya muncul untuk menguasai dirinya, hal tersebut membuat tubuh dan jiwanya perlahan-lahan menghilang sebelum akhirnya diselamatkan oleh Gentaro lewat kenang-kenangan yang pernah ia berikan saat masih kecil.
  • Miu Kazashiro (風城 美羽 Kazashiro Miu?): Miu adalah siswa AGHS kelas 3 (nantinya lulus dari AGHS ke jenjang kuliah), yang berasal dari keluarga kaya dan merupakan pemimpin klub cheerleaders AGHS serta digelari "Ratu Sekolah" (学園の女王 Gakuen no Joō?) karena sudah memenangkan festival pemilihan Ratu Sekolah dua tahun berturut-turut, yang ia peroleh dengan kerja keras. Karena itu ia memiliki banyak fans namun dibalik itu Miu menganggap mereka hanyalah sampah seperti orang yang lupa akan diri mereka sendiri sehingga mendukung orang lain agar bersinar. Hal inilah yang terjadi pada pertemuan pertamanya dengan Gentaro yang ia panggil dengan "sampah". Setelah insiden Chameleon Zodiarts yang ternyata adalah ajudannya sendiri, Tamae Sakuma menyerangnya, berkat pertolongan dari Gentaro ia bangkit dan tetap mengikuti fetival pemilihan Ratu Sekolah terakhirnya dan akhirnya menerima pertemanan dari Gentaro. Ia kemudian menjadi Ketua Kamen Rider Club, meskipun tidak disetujui oleh Yuki pada awalnya. Namun sebagai ketua, ia memang memiliki bakat memimpin yang dapat mengatur anggotanya dalam keadaan seperti apapun, bahkan melebihi Kengo. Sementara dia mempertahankan sikap elitisnya (biasanya dengan efek komedi), ia juga menjadi benar-benar lebih peduli terhadap orang lain, terutama dengan sesama anggota Kamen Rider Club dan akan berusaha keras demi mereka, bahkan jika itu berarti melakukan kerja lapangan dan membuatnya menjadi kotor. Ketika lulus sekolah, Miu bingung dengan nasib Kamen Rider Club tanpa dirinya dan Shun. Namun karena kampus mereka berdekatan dengan AGHS, Miu kembali memegang posisi ketua klub yang kembali ditolak oleh Yuki pada awalnya karena ia sudah ditunjuk sebelumnya. Di akhir seri, Miu dilamar oleh Shun namun teralihkan perhatiannya oleh pemuda dengan cincin misterius di tangannya.
  • JK (ジェイク Jeiku?): JK yang merupakan singkatan dari nama aslinya, Kaizo Jingu (神宮 海蔵 Jingū Kaizō?), adalah siswa AGHS kelas 1C (nantinya naik kelas ke kelas 2), yang bergaya nyentrik serta senang membaur dengan kelompok-kelompok serta beberapa klub di AGHS yang membuatnya secara tidak langsung menjadi informan sekolah. Namun ia hanya mau memberikan informasi dengan imbalan yang setimpal. Ia sendiri sebenarnya memiliki sifat pengecut di mana ia suka memanfaatkan orang lain untuk menyelesaikan masalahnya sementara ia melarikan diri tanpa merasa bersalah. Ia kemudian mengundang Gentaro untuk ikut acara yang ia buat bersama teman-temannya untuk mengajari Gentaro arti pertemanan sebenarnya menurutnya, salah satunya dengan mencuri Elek Switch tanpa sepengetahuan Gentaro. Namun akhirnya hal itu terbongkar ketika serangan Unicorn Zodiarts yang kemudian menculiknya dan ia pun tidak bisa menghubungi teman-temannya untuk menolongnya. Gentaro lah yang kemudian menyelamatkannya dan kemudian memaafkan apa yang telah ia perbuat sehingga ia akhirnya memahami arti pertemanan sebenarnya dari Gentaro yang kemudian membuat Fourze dapat mengakses kekuatan Elek Switch dan berubah ke fase Elek States. JK kemudian bergabung dengan Kamen Rider Club sebagai informan. JK sendiri memiliki keahlian dalam breakdance. Saat insiden Capricorn Zodiarts, JK yang saat itu menggunakan nama samaran DJ Gene dengan siaran radio pribadinya Milky Night Carnival bereuni dengan teman lamanya Tojiro Goto yang ternyata adalah Capricorn. Demi mimpinya menjadi seorang penyanyi rock, ia dilema dan sempat keluar dari klub lalu melakukan duet dengan Capricorn, hingga akhirnya ia disadarkan oleh lagu yang pernah dinyanyikan ayahnya padanya saat masih kecil oleh Gentaro. Ia pun akhirnya kembali ke klub setelah yakin kalau mimpinya akan tercapai jika berjuang bersama dengan teman-temannya.
  • Shun Daimonji (大文字 隼 Daimonji Shun?): Shun adalah siswa AGHS kelas 3 (nantinya lulus dari AGHS ke jenjang kuliah), yang merupakan kapten tim American Football AGHS dan merupakan Raja sekolah bagi para siswa. Diperlakukan sebagai seorang raja, Shun melakukan semuanya demi memenuhi ekspektasi yang diharapkan oleh sang ayah, bahwa sebagai raja ia harus diberlakukan demikian agar tidak membuat malu nama keluarga. Hal ini membuatnya terikat dan membuatnya jauh dari segala sesuatu yang dapat merusak reputasinya, sehingga ada rasa tidak bebas yang ia rasakan meskipun baginya hasilnya memuaskan. Hal ini ia tunjukkan ketika Miu yang menjadi pacarnya dipermalukan saat festival Pemilihan Ratu Sekolah, ia lebih memilih menjauh dan pada akhirnya ia benar-benar putus dengan Miu setelah mencoba mendekatinya kembali. Ia pun kemudian melampiaskannya pada saat kelas khusus karena ketahuan menyerang anggota tim American Football yang meragukan kapasitasnya sebagai kapten tim. Gentaro, Kengo, dan Yuki yang mengikuti kelas yang sama sempat dibuat kewalahan saat serangan Zodiarts pada saat itu, di mana Shun menghalangi mereka untuk keluar agar hukuman mereka tidak ditambah. Namun pada akhirnya Shun mengungkapkan bahwa meski ia berhasil memenuhi ekspektasi ayahnya, ia tidak bebas melakukan apa yang ia pribadi inginkan. Gentaro yang tersentuh dengan cerita itu akhirnya menyarankan bahwa tidak salah melakukan apa yang diinginkan orang tua, tapi ia juga berhak memperoleh kebebasan melakukan apa yang diinginkan. Dari sinilah Shun kemudian menerima pertemanan Gentaro dan bergabung dengan Kamen Rider Club, bertindak sebagai bodyguard. Shun kemudian menjadi pilot resmi dari Powerdizer karena tubuhnya yang atletis serta staminanya yang tinggi. Ketika lulus sekolah, Shun melepas tugasnya sebagai pilot Powerdizer yang sudah diberikan pada JK sebelumnya. Namun karena kampus mereka berdekatan dengan AGHS, Shun kembali mengambil alih posisi pilot Powerdizer dikarenakan JK yang masih kalah dalam stamina saat menggunakannya. Di akhir seri, Shun melamar Miu namun kaget ketika muncul sosok pemuda dengan cincin misterius yang mengalihkan perhatiannya.
  • Tomoko Nozama (野座間 友子 Nozama Tomoko?): Tomoko adalah siswa AGHS kelas 1B (nantinya naik kelas ke kelas 2), yang merupakan "goth girl" atau gadis yang senang dengan hal-hal berbau gaib/ mistis. Tomoko memiliki indra keenam yang akut dalam merasakan hal-hal yang tidak bisa dirasakan orang lain, yang membuat orang-orang ketakutan setiap kali dia berada di sekitar keramaian. Pemikirannya yang tidak ortodoks selalu memungkinkan ia memperhatikan hal-hal yang biasanya diabaikan orang. Ia juga mampu mendeteksi energi dari Astro Switch. Tomoko sebenarnya memiliki peran tidak langsung dalam terbentuknya Kamen Rider Club dan menyadari adanya Rabbit Hatch namun tidak mengetahui bahwa lokasinya ada di Bulan, tempat yang sangat ingin ia kunjungi. Ketika insiden Altar Zodiarts di mana ia ikut bergabung dengan klub Penyihir AGHS, ia menolak lingkungan sekitar. Namun karena Gentaro kemudian membawanya ke Bulan, ia akhirnya menyadari bahwa Bulan tidak seperti yang ia bayangkan sehingga ia memutuskan untuk keluar dari klub Penyihir. Berkat dirinya Gentaro kemudian dapat mengakses wujud Fire States dengan kekuatan maksimal. Tomoko kemudian bergabung dengan Kamen Rider Club sebagai konsultan spiritual. Lalu kehadiran Ryusei di klub menjadi perhatian tersendiri baginya karena sepertinya ia memendam rasa terhadap Ryusei. Begitu mengetahui Ryusei adalah Meteor, Tomoko sempat tidak mempercayainya, namun kembali memberikan kepercayaannya setelah usaha Ryusei menyelamatkan klub dari Aries Zodiarts. Tomoko sempat dikirim ke Dark Nebula oleh Virgo Zodiarts sebelum akhirnya dikembalikan bersama dengan Meteor/ Ryusei yang juga ikut dikirim ke sana setelah Virgo Zodiarts mengungkap identitas asli dan tujuannya.
  • Ryusei Sakuta (朔田 流星 Sakuta Ryūsei?) / Kamen Rider Meteor (仮面ライダーメテオ Kamen Raidā Meteo?): Ryusei adalah siswa pertukaran pelajar di AGHS yang berasal dari Subaruboshi High School. Ia kemudian bergabung dengan Kamen Rider Club sementara dibalik itu ia adalah anggota organisasi Anti-Zodiarts yang dipimpin sosok misterius bernama Tachibana dan diberi misi pada awalnya untuk mencari dan menemukan Aries Zodiarts. Untuk melaksanakan misinya, Ryusei diberikan kekuatan untuk dapat berubah menjadi Kamen Rider Meteor (仮面ライダーメテオ Kamen Raidā Meteo?) serta membantu Kamen Rider Club secara tidak langsung tanpa membongkar identitasnya sebagai Meteor. Sikapnya kontras dengan apa yang ia perlihatkan pada para anggota Kamen Rider Club dengan sikap aslinya. Namun seiring waktu ia mulai terbuka hingga akhirnya ia dan Kamen Rider Club menyelesaikan permasalahan antara mereka kala menghadapi Aries Zodiarts. Setelah mengalahkan Aries, Ryusei betul-betul menjalankan perannya sebagai Kamen Rider Meteor plus sebagai anggota Kamen Rider Club.
  • Chuta Ohsugi (大杉 忠太 Ōsugi Chūta?): Ohsugi adalah guru geografi bagi siswa kelas 2 AGHS yang kurang populer di kalangan para siswa karena perilaku anehnya sebagai seorang guru. Ohsugi memiliki perhatian khusus dan sikap sentimen pada Gentaro karena dianggap sebagai biang masalah yang terjadi di sekolah AGHS, tidak hanya Gentaro tapi juga orang lain yang berteman dengannya. Setelah mengetahui keberadaan Rabbit Hatch dan Kamen Rider Club serta peran mereka selama serangan Zodiarts di sekolah, Ohsugi akhirnya bertindak sebagai pembimbing dari Kamen Rider Club sebab menurutnya sudah kewajiban bagi seorang guru untuk melindungi siswanya dari bahaya.

Kamen Rider[sunting | sunting sumber]

Pemeran Aktor Kamen Rider State
Sota Fukushi Gentaro Kisaragi Fourze Base, Electric, Fire, Magnet, Cosmic, Fusion
Ryo Yoshizawa Ryusei Sakuta Meteor Meteor, Storm, Fusion
Erina Mano Misaki Nadeshiko Nadeshiko Base, Fusion

Kamen Rider Fourze[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Meteor[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Nadeshiko[sunting | sunting sumber]

Zodiarts[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

Judul dari tiap episode Kamen Rider Fourze terdiri dari 4 huruf kanji yang dapat dibaca bersamaan dan membentuk kalimat utuh.

1. Pemuda yang Berubah
2. Keajaiban Ruang Angkasa!
3. Pemilihan Ratu Sekolah
4. Perubahan yang Dirahasiakan
5. Dua Sisi Persahabatan
6. Ledakan Besar Sengatan Listrik
7. Sang Raja yang Keterlaluan
8. Kerjasama Para Satria Baja
9. Kebangkitan Sang Penyihir
10. Gemuruh Cahaya Bulan
11. Menghilangnya Gerbang Bulan
12. Rencana Misi Mulia
13. Siapa yang Butuh Sekolah
14. Sengatan Jarum yang Beracun
15. Paduan Suara Hari Natal
16. Pertarungan Kebaikan Melawan Kejahatan
17. Kemunculan Meteor
18. Persaingan Gen Melawan Ryu
19. Kekuatan Magnet yang Dahsyat
20. Percuma Menahan Magnet Itu
21. Bimbingan Konseling Salah Asuhan
22. Tendangan Kaki Kuda Liar
23. Bekerja Sama Dengan Angsa
24. Menunjukkan Jiwa Pahlawan Sejati
25. Masalah Dalam Kelulusan Sekolah
26. Pesta Dansa yang Sempurna
27. Penolakan Perubahan Wujud
28. Datang Lagi Hujan Meteor
29. Sikap Diam Junior
30. Bukan Urusan Senior
31. Kerajaan Subaroboshi
32. Pedang Angkasa Super
33. Kerusuhan di Kyoto Kuno
34. Serangan Bertahan Lubang Langit
35. Monster Siaran Radio
36. Konser Kita yang Terakhir
37. Memilih Sang Bintang Kelas
38. Dan Juaranya Adalah...
39. Aturan Baru di Sekolah
40. Antara Idealisme dan Perasaan
41. Semua Kegiatan Klub Dibubarkan
42. Sang Pemanah
43. Sisi Terang dan Gelap
44. Ritual Upacara Takdir Bintang
45. Timbangan yang Timpang
46. Anak Panah Menuju Langit
47. Berpisah Dengan Sahabat Sejati
48. Galaksi Masa Muda

Video game[sunting | sunting sumber]

Seri Lanjutan Kamen Rider: Climax Heroes berjudul Kamen Rider: Climax Heroes Fourze (仮面ライダー クライマックスヒーローズ フォーゼ Kamen Raidā Kuraimakkusu Hīrōzu Fōze?) dirilis untuk PlayStation Portable dan Nintendo Wii pada Musim Dingin 2011. Selain menambahkan Kamen Rider Fourze di game ini, Shōwa Riders (e.g., Kamen Rider #1 & Kamen Rider Black RX) juga ditambahkan sebagai karakter yang dapat dimainkan.

Adaptasi Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga dari Kamen Rider Fourze, ditulis dan diilustrasikan Seniman MegaMan NT Warrior, Ryo Takamisaki, pertama dipublikasikan pada Seri Februari CoroCoro Comic Special.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Gentaro Kisaragi (如月 弦太朗 Kisaragi Gentarō?): Sota Fukushi (福士 蒼汰 Fukushi Sōta?)
  • Kengo Utahoshi (歌星 賢吾 Utahoshi Kengo?): Ryuki Takahashi (高橋 龍輝 Takahashi Ryūki?)
  • Yuki Jojima (城島 ユウキ Jōjima Yūki?): Fumika Shimizu (清水 富美加 Shimizu Fumika?)
  • Miu Kazashiro (風城 美羽 Kazashiro Miu?): Rikako Sakata (坂田 梨香子 Sakata Rikako?)
  • Shun Daimonji (大文字 隼 Daimonji Shun?): Justin Tomimori (冨森 ジャスティン Tomimori Justin?)
  • Tomoko Nozama (野座間 友子 Nozama Tomoko?): Shiho (志保?)
  • JK (JK(ジェイク) Jeiku?): Shion Tsuchiya (土屋 シオン Tsuchiya Shion?)
  • Ryusei Sakuta (朔田 流星 Sakuta Ryūsei?): Ryo Yoshizawa (吉沢 亮 Yoshizawa Ryō?)
  • Sarina Sonoda (園田 紗里奈 Sonoda Sarina?): Yuka Konan (虎南 有香 Konan Yuka?)
  • Chuta Ohsugi (大杉 忠太 Ōsugi Chūta?): Takushi Tanaka (田中 卓志 Tanaka Takushi?)
  • Mituaki Gamou (我望 光明 Gamō Mitsuaki?): Shingo Tsurumi (鶴見 辰吾 Tsurumi Shingo?)
  • Kouhei Hayami (速水 公平 Hayami Kōhei?): Kousei Amano (天野 浩成 Amano Kōsei?)
  • Natsuji Kijima (鬼島 夏児 Kijima Natsuji?): Soran Tamoto (タモト 清嵐 Tamoto Soran?)
  • Kou Tatsugami (立神 吼 Tatsugami Kō?): Kazutoshi Yokoyama (横山 一敏 Yokoyama Kazutoshi?)
  • Kuniteru Emoto (江本 州輝 Emoto Kuniteru?): Hajime Yamazaki (山崎 一 Yamazaki Hajime?)
  • Scorpion Zodiarts (スコーピオン・ゾディアーツ Sukōpion Zodiātsu?, Voice): Eiji Takemoto (竹本 英史 Takemoto Eiji?)
  • Virgo Zodiarts (ヴァルゴ・ゾディアーツ Varugo Zodiātsu?, Voice): Rie Tanaka (田中 理恵 Tanaka Rie?)
  • Tachibana, Narration (タチバナ、ナレーション Tachibana, Narēshon?): Nobuyuki Hiyama (檜山 修之 Hiyama Nobuyuki?)

Pemeran Tamu

  • Toshiya Miura (三浦 俊也 Miura Toshiya?, 1, 2, 13, 14): Masanori Mizuno (水野 真典 Mizuno Masanori?)
  • Takashi Satake (佐竹 剛 Satake Takashi?, 7, 8, 48): Satoshi Jinbo (神保 悟志 Jinbo Satoshi?)
  • Takato Daimonji (大文字 高人 Daimonji Takato?, 7, 8): Ryo Kamon (加門 良 Kamon Ryō?)
  • Ritsuko Usaka (鵜坂 律子 Usaka Ritsuko?, 9, 10, 25, 26): Hikari Kajiwara (梶原 ひかり Kajiwara Hikari?)
  • Junta Abe (阿部 純太 Abe Junta?, 15, 16): Tokimasa Tanabe (田辺 季正 Tanabe Tokimasa?)
  • Haruka Utsugi (宇津木 遥 Utsugi Haruka?, 21, 22, 48): Nao Nagasawa (長澤 奈央 Nagasawa Nao?)
  • Pria di Kick Boxing Gym (キックボクシングジムの男 Kikku Bokushingu Jimu no Otoko?, 21, 22): Koji Nakamura (中村 浩二 Nakamura Kōji?)
  • Yayoi Tokuda (徳田 弥生 Tokuda Yayoi?, 25, 26): Kasumi Suzuki (鈴木 かすみ Suzuki Kasumi?)
  • Anggota Light Music Club (軽音部員 Keionbuin?, 26): Kamen Rider Girls (仮面ライダーGIRLS Kamen Raidā Gāruzu?)
    • Nao Yasuda (安田 奈央 Yasuda Nao?)
    • Erika Yoshizumi (吉住 絵里加 Yoshizumi Erika?)
    • Kaori Nagura (名倉 かおり Nagura Kaori?)
    • Hitomi Isaka (井坂 仁美 Isaka Hitomi?)
    • Mitsuki Endo (遠藤 三貴 Endō Mitsuki?)
  • Member of Light Music Club (26): tatsuo (of everset)
  • Member of Light Music Club (26), JK's Father (Young) (JKの父親 Jeiku no Chichioya?, 35): Ryo (of defspiral)
  • Member of Light Music Club (26): Masaki (of defspiral)
  • Member of Light Music Club (26): AYANO (of FULL AHEAD)
  • Mei Shirakawa (白川 芽以 Shirakawa Mei?, 30-32): Runa Natsui (夏居 瑠奈 Natsui Runa?)
  • Ayah Yuki (ユウキの父 Yūki no Chichi?, 43, 44): Yuu Kamio (神尾 佑 Kamio Yū?)
  • Ibu Yuki (ユウキの母 Yūki no Haha?, 43, 44): Mari Takahashi (高橋 麻理 Takahashi Mari?)
  • Haruto Soma (操真 晴人 Sōma Haruto?, 48): Shunya Shiraishi (白石 隼也 Shiraishi Shun'ya?)

Pemeran Kostum

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Uchusen, Vol. 133
  2. ^ "仮面ライダー:最新作「フォーゼ」は初の学園モノ リーゼント頭の主人公に福士蒼汰 - MANTANWEB(まんたんウェブ)". 2011-06-30. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-30. Diakses tanggal 2011-06-30. 
  3. ^ "新仮面ライダーは「青春スイッチオンで宇宙キター!」 - MSN産経ニュース". 2011-06-30. Diakses tanggal 2011-06-30. 
  4. ^ Hyper Hobby, August 2011
  5. ^ Hyper Hobby, September 2011
  6. ^ Toei Hero Max, Vol. 38
  7. ^ Hero Vision, vol. 43
  8. ^ a b The episode 5 of Kamen Rider Fourze the Net Edition: Everyone, Let's Go to Class!
  9. ^ Uchusen, Vol. 136
  10. ^ "色々。|面白ければオールOK!". Diakses tanggal 2012-03-18. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]