My Little Pony: Friendship Is Magic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
My Little Pony: Friendship Is Magic
800px-My Little Pony Friendship Is Magic logo - 2017.svg.png
Logo seri untuk tiga musim terakhir
GenreFantasi, Petualangan, Komedi dan Musikal
PerancangLauren Faust
Pengarang
Sutradara
  • Jayson Thiessen
  • James Wootton (Musim 1-3)
  • Jim Miller (Musim 4-6)
Pengarah kreatifLauren Faust (Musim 1)
Pengisi suara
Penggubah lagu temaDaniel Ingram
Lagu pembukaFriendship Is Magic
Penggubah
  • William Anderson
  • Daniel Ingram
  • Steffan Andrews
Negara
BahasaBahasa Inggris
Jumlah musim9
Jumlah episode222
Produksi
ProduserSarah Wall(musim 1-4)
Devon Cody (musim 3-sekarang)
Durasi22 menit (30 menit dengan iklan)
Rumah produksiAllspark Animation
Studio B Productions (musim 1, episode 1 – musim 2, episode 2)
DHX Media/Vancouver (musim 2, episode 3 – saat ini)
DistributorMedia Nusantara Citra (GTV musim 1-2, RCTI musim 7)
Rajawali Corp. (RTV musim 3-4)
Independen (RTV musim 5-6)
MNC Pictures (RCTI musim 8-9)
Rilis
Jaringan penyiarHub Network berganti menjadi Discovery Family sejak Oktober 2014
GTV (2017).svg (Indonesia, 2016-2017, 2018)
Rajawali Televisi.svg (2017-2019)
RCTI logo 2015.svg (Segera)
Boomerang 2014 logo.svg
Format visual16:9 widescreen, 1080i (HD), 60hz
4:3 letterboxed, 480i (SD), NTSC
Format audioStereo
Dolby Digital Plus
Tanggal rilis10 Oktober 2010 –
12 Oktober 2019
Pranala luar
Situs web

My Little Pony: Friendship Is Magic atau disingkat MLP:FIM adalah sebuah serial animasi keluarga Amerika Serikat yang diproduksi oleh Hasbro Studios (untuk skrip cerita) di Amerika Serikat dan di studio DHX Media yang terletak di Vancouver (untuk animasi; sebelumnya diketahui sebagai Studio B Productions). Animasi ini merupakan bentuk pengembangan dari generasi-generasi sebelumnya sejak dari tahun 1983 dan saat ini merupakan atau masuk generasi yang keempat dan kartun ini juga merupakan bentuk adaptasi dari sebuah mainan yang diciptakan oleh perusahaan mainan terbesar dari Amerika Serikat, yaitu Hasbro yang merupakan satu produksi dengan produk Transformers, Play Doh, dan Monopoly.

Secara gambaran umum, kartun ini mengisahkan tentang para poni. Para poni ini mempunyai jenis yang berbeda-beda dan digolongkan menjadi empat golongan yaitu poni bumi, poni unicorn, poni pegasus, dan poni alicorn. Mereka semuanya mempunyai tanda khusus di tubuhnya yang disebut dengan Cutie Mark (Indonesia: tanda Istimewa). Tanda tersebut sendiri merupakan simbol yang dimiliki oleh poni berdasarkan minat, bakat, kesukaan dan kegemaran yang dimilikinya. Cutie Mark sendiri akan muncul dengan sendirinya ketika ada poni yang beranjak dari masa anak-anak ke masa remaja atau berhasil mengembangkan bakatnya dengan baik.

Para poni ini hidup dengan makmur dan damai layaknya seperti manusia dalam kehidupan nyata dan mereka tinggal di negeri yang disebut dengan Equestria.

Penggemar[sunting | sunting sumber]

Awalnya pihak Hasbro, selaku produsen My Little Pony: Friendship Is Magic ini menargetkan serial animasi ini untuk gadis kecil. Namun di luar dugaan, serial animasi ini justru disukai oleh semua kalangan. Sebutan untuk penggemar kartun ini dibagi menjadi dua yaitu Pegasister dan Brony. Pegasister adalah sebutan untuk penggemar perempuan dari kartun ini dan merupakan akronim dari (Pegasus + Sister = Pegasister). Sedangkan Brony adalah sebutan untuk laki-laki yang menggemari kartun ini dan merupakan akronim dari (Brother + Pony = Brony). Namun kartun ini populer malah karena banyak fandom dewasa yang bernama "brony" dan para penggemar ini membentuk sebuah komunitas yang dimana dapat dijumpai di jejaring sosial dan di waktu tertentu biasanya mereka akan berkumpul dalam suatu acara konvensi yang disebut BronyCon, di dalam acara tersebut para penggemar saling unjuk gigi, ada yang memperagakan kostum yang menggambarkan karakter poni dan pamer karya fan art yang berkaitan dengan karakter poni baik berupa lukisan, gambar, maupun aransemen lagu-lagu yang ada di dalam My Little Pony. Kadang-kadang hasil pemasukan dana dari hasil konvensi BronyCon biasanya untuk disumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan, semisal anak-anak yang terkena penderita kanker.[1]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dalam serial kartun ini memiliki julukan yang disebut "Mane 6" dan karakter utama tersebut terdiri dari Twilight Sparkle, Applejack, Rainbow Dash, Rarity, Pinkie Pie dan Fluttershy.

Elemen Kedamaian merupakan sandangan atau penggambaran sifat karakter dari tokoh utama "Mane 6". Elemen Kedamaian terdiri dari 6 unsur yaitu:

Sedangkan karakter lainnya ialah Spike The Dragon, Apple Bloom, Sweetie Belle, Scootaloo, Princess Celestia, Princess Luna, Diamond Tiara, Silver Spoon, Gilda, Iron Will, Parasprites, Trenderhoof, Prince Blueblood, Maud Pie, Discord, Big McIntosh, Shining Armor, Princess Cadance, Queen Chrysalis, Derpy Hooves, Tirek, Starlight Glimmer, Flash Sentry dll.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Mane 6 adalah sebutan untuk tokoh utama dalam kartun My Little Pony: Friendship Is Magic ini yang terdiri dari enam tokoh utama dan berikut daftarnya:

  • Twillight Sparkle - Twilight Twillight Sparkle merupakan pemimpin atau tokoh sentral[2][3] dari serial kartun ini yang berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu unicorn toy Twilight, dia juga tokoh yang pertama kali muncul dalam awal-awal season My Little Pony generasi keempat. Karakter ini memiliki tubuh berwarna ungu dengan surai perpaduan warna biru dongker, indigo dan magenta. Karakter ini digambarkan memiliki sifat pintar, patuh dan dia suka sekali membaca buku sehingga dia cakap dalam mempelajari ilmu sihir unicorn seperti levitasi, teleportasi, dan penciptaan medan gaya. Dia memiliki hewan peliharaan seekor burung hantu yang bernama "Owlowiscious".[4] Elemen yang dimiliki Twilight Sparkle adalah element of magic atau elemen keajaiban. Pada versi bahasa Indonesia, namanya sedikit berubah jadi "Twillight".
  • Rainbow Dash - Rainbow Dash adalah kuda pegasus dengan tubuh berwarna biru langit dengan surai berwarna pelangi.[3] Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu Firefly toy. Karakter ini memiliki sifat berani, tegas, tomboy dan kesetiaan terhadap temannya sangat tinggi sekali. Dia bekerja sebagai pengendali cuaca atau pawang hujan di Ponyville. Dia juga memiliki hewan peliharaan seekor kura-kura yang diberi nama "Tank" dan Rainbow Dash adalah salah satu kuda pegasus yang mampu terbang dengan sangat cepat di langit sehingga dia mampu menciptakan fenomena Rainboom. Elemen yang dimilikinya adalah element of loyalty atau elemen kesetiaan.
  • Pinkie Pie - Pinkie Pie yang memiliki nama lengkap (Pinkamena Diane Pie), dia adalah earth pony berwarna merah muda.[3] Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi ke tiga dengan nama yang sama. Dia bekerja sebagai konsultan perencana pesta di Sugarcube Corner, selain itu dia juga bekerja sebagai pembuat roti dan bekerja di toko permen di Ponyville. Dia juga mempunyai hewan peliharaan seekor bayi buaya yang diberi nama "Gummy". Karakter Pinkie Pie sendiri adalah karakter yang ceria, humoris, enerjik, hiperaktif dan cakap dalam berbicara. Elemen yang dimilikinya adalah element of laughter atau elemen tawa.
  • Fluttershy - Fluttershy merupakan kuda pegasus berwarna kuning dengan surai merah muda yang panjang menjuntai. Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu earth pony Posey. Dilihat dari namanya, sudah jelas karakter ini memiliki sifat pemalu, lembut, gaya bicaranya kalem, dan dia penyayang binatang serta pecinta lingkungan. Meskipun dia terlihat memiliki banyak hewan peliharaan di rumahnya namun hewan peliharaan seekor kelinci yang diberi nama "Angel Bunny" adalah peliharaan favoritnya.[3] Elemen yang dimilikinya adalah element of Kindness atau elemen kebaikan.
  • Rarity - Rarity adalah kuda unicorn berwarna putih dengan surai keriting berwarna ungu. Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu ponies Glory dan Sparkler. Dia adalah pecinta fesyen atau fashionista dan dia mengembangkan bisnis butik di Ponyville dengan nama Carousel Boutique. Meskipun dia kadang-kadang mudah putus asa dalam bisnisnya, namun dia dengan murah hati dan terus berusaha untuk terus berinovasi menciptakan gaun yang pas dengan inner beauty pemakainya. Dia memiliki hewan peliharaan seekor kucing persia yang diberi nama "Opalescence" dan biasanya dipanggil "Opal" saja.[3] Elemen yang dimiliki Rarity adalah element of generosity atau elemen kedermawanan.
  • Applejack - Applejack adalah earth pony berwarna oranye dengan surai berwarna kuning pirang yang diikat. Dia digambarkan sebagai sosok farm girl yang suka memakai topi koboi. Dia bekerja sebagai petani apel di perkebunan Sweet Apple Acres di Ponyville. Karakter Applejack sendiri adalah karakter yang jujur, pekerja keras dan mudah dipercaya.[3] Dia memiliki hewan peliharaan seekor anjing yang diberi nama "Winona". Elemen yang dimiliki Applejack adalah element of honesty atau elemen kejujuran.

Tempat fiktif[sunting | sunting sumber]

  • Equestria - sebuah negeri atau kerajaan yang ditinggali oleh para poni dan binatang yang lainnya. Di dalam Equestria, terdapat berbagai macam kota dan wilayah.
  • Ponyville - kota kecil yang menjadi tempat tinggal karakter utama dan latar utama di animasi ini. Di kota ini juga terdapat Istana Persahabatan milik Putri Twilight Sparkle.
  • Canterlot - kota pusat pemerintahan negeri Equestria, terdapat Istana yang ditempati oleh Putri Celestia dan Putri Luna. Tempat ini termasuk elit, yang dimana hanya golongan kuda poni kelas atas yang bermukim.
  • Sweet Apple Acres - tempat perkebunan atau ladang pertanian apel yang dimiliki oleh Keluarga Apel.
  • Hutan Everfree - hutan yang berada di selatan Ponyville.
  • Appleloosa - sebuah kota dengan bentuk dan penduduk seperti kota di Texas atau semacamnya, berlokasi di selatan Equestria.
  • Cloudsdale - sebuah kota yang mengambang di langit, yang beada di utara Canterlot dan Ponyville.
  • Kerajaan Kristal - sebuah kerajaan yang berlokasi di daerah utara Equestria.
  • Manehatan - sebuah kota metropolitan di dekat laut Celestia, timur Canterlot.
  • Las Pegasus - sebuah kota awan yang berada di barat Equestria.
  • Air Terjun Pelangi - tempat untuk pelatihan Pertandingan Equestria.
  • Yakyakistan - sebuah Kerajaan yang ditinggali oleh Para Yak, terletak di utara Kerajaan Kristal.
  • Griffonstone - sebuah kota yang dihuni oleh Para Griffon, tempat tinggal Gilda dan Gabby.
  • Saddle Arabia - sebuah kota atau kerajaan, yang namanya diambil dari negara Saudi Arabia.
  • Fillydelphia - sebuah kota yang berada di barat Canterlot.
  • Baltimare - sebuah kota yang berada di selatan Fillydelphia.

Episode[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Season 1[sunting | sunting sumber]

Pada episode awal, Twilight Sparkle sedang meneliti tentang Nightmare Moon yang akan kembali sebelum Perayaan Musim Panas. Ia mencoba memberitahukan hal tersebut kepada Putri Celestia, tetapi Putri menghiraukan dia dan menyuruhnya untuk pergi dan mengecek persiapan perayaan di Ponyville. Kemudian Twilight bertemu dengan Applejack, Rainbow Dash, Rarity, Fluttershy, dan Pinkie Pie untuk pertama kalinya. Keenam poni dengan Nightmare Moon kemudian 5 teman menggunakan Elemen Kedamaian untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Setelah Nightmare Moon muncul menggantikan Putri Celestia di Perayaan pembukaan, Twilight dan kelima teman barunya bersama-sama pergi ke Hutan Everfree untuk mencari Elemen Kedamaian. Saat perjalanan mereka dicobai oleh perwujudan Nightmare Moon. Twilight menyadari bahwa sifat kelima temannya adalah representasi dari Elemen Kedamaian, yang kemudian digunakannya untuk mengalahkan Nightmare Moon dan Nightmare Moon berubah kembali menjadi Putri Luna yang merupakan adik dari Putri Celestia.

Di episode terakhir, keenam poni tersebut mengikuti sebuah pesta di Gala, Canterlot.

Season 2[sunting | sunting sumber]

Pada episode awal, Discord melarikan diri dari batu yang memenjarakannya. Putri Celestia meminta bantuan Twilight dan 5 temannya untuk menangkap Discord dan mencari Elemen Kedamaian yang hilang. Twilight menduga bahwa Elemen Kedamaian berada di tengah taman labirin Canterlot. Discord membohongi kelima teman Twilight dan membuat kelima temannya mempunyai sifat berkebalikan dengan sifat aslinya. Twilight menemukan cara untuk menyembuhkan kembali teman-temannya dan keenam poni tersebut berhasil mengalahkan Discord menjadi batu kembali.

Pada episode-episode akhir; Twilight diberi tahu bahwa ia dan temannya diundang dalam pernikahan Putri Cadance dengan kakaknya, Shining Armor. Di Canterlot, Twilight menyadari bahwa Putri Cadance adalah palsu dan ia berusaha memberitahukannya kepada Shining Armor, Putri Celestia, dan kelima temannya, tetapi mereka tidak pecaya dan kecewa kepada Twilight. Twilight dibuang ke ngarai di bawah Istana oleh Putri Cadance palsu, lalu ia menemukan Putri Cadance yang asli. Bersama-sama dengan Putri Cadance, Twilight pergi ke pesta pernikahan dan memberitahukan kejadian yang sebenarnya. Lalu Putri Cadance palsu berubah menjadi Ratu Chrysalis dan Canterlot dikuasai para Changeling. Kemudian Ratu Chrysalis berhasil dikalahkan oleh kekuatan baru dari Shining Armor dengan Putri Cadance. Pernikahan berjalan lancar kembali, dan Twilight dianggap pahlawan oleh teman-temannya karena instingnya.

Season 3[sunting | sunting sumber]

Pada episode awal, Raja Sombra, Raja dari Kerajaan Kristal, yang telah dikalahkan 1000 tahun yang lalu dikhawatirkan akan kembali. Twilight dan kelima temannya pergi ke Kerajaan Kristal untuk membantu Putri Cadance dan Shining Armor melindungi Kerajaan Kristal dari kembalinya Raja Sombra. Twilight berusaha untuk mencari Hati Kristal yang berguna untuk melindungi seluruh Kerajaan.

Pada episode akhir, kelima teman Twilight berada dalam masalah yaitu perubahan dan bertukarnya tanda istimewa temannya. Twilight berusaha untuk menyembuhkan mereka dan berhasil. Mereka kembali dengan tanda istimewa seperti semula dan Twilight berubah menjadi poni alicorn (poni dengan tanduk dan sayap) dan dinobatkan sebagai Putri baru di Equestria.

Season 4[sunting | sunting sumber]

Pada awal episode, Putri Twilight tengah belajar dengan sayap barunya. Malam harinya Putri Celestia dan Luna hilang karena di serang oleh Tumbuhan Anggur Hitam. Yang menyisakan keadaan hari terbagi menjadi dua dengan Matahari dan Bulan di langit. Dengan hilangnya kedua Putri, Putri Twilight mengambil langkah untuk menyuruh para penjaga untuk mencari kedua putri. Twilight bersama Kelima temannya pergi ke Ponyville dan bertemu dengan Zecora, yang memberikan ramuannya untuk mengetahui penyebab Tanaman Anggur Hitam bisa liar. Lalu mereka berenam, pergi ke suatu gua di Hutan Everfree yang terdapat Pohon Kedamaian dan mengembalikan Elemen Kedamaian ke tempat aslinya. Setelah keadaan kembali seperti semula dan kedua putri ditemukan, sebuah peti muncul secara misterius dengan kunci yang tidak diketahui sama sekali.

Pada episode-episode akhir, Sang Tirek yang merupakan Centauri dari masa lalu, datang dan menghisap kekuatan sihir poni. Putri Celestia menugaskan Discord untuk menangkap Tirek, tetapi ia berkhianat. Sang Tirek yang semakin besar dan kuat telah menghisap energi dari para poni, ia kemudian datang ke Canterlot untuk menghisap energi dari Putri Celestia, Luna dan Cadance tetapi mereka telah memberikan kekuatannya kepada Putri Twilight. Putri Twilight berusaha mengendalikan hari dengan kekuatan luar biasanya. Setelah Twilight ditangkap oleh Tirek dan Discord dikhianati olehnya, Discord lalu memberikan kalung pemberian Tirek kepada Twilight, yang ternyata itu adalah kunci terakhir untuk membuka peti di Gua Pohon Kedamaian. Setelah berubah mereka berenam memiliki keuatan baru dan berhasil mengalahkan Tirek. Lalu peti tersebut terangkat ke angkasa oleh pelangi, lalu turun di Perpustakan tempat Putri Twilight tinggal di Ponyville dan sebuah Istana keluar dari dalam tanah yang merupakan Istana untuk Putri Twilight dan teman-temannya.

Season 5[sunting | sunting sumber]

Pada awal episode, keenam poni pergi ke suatu tempat yang penduduknya berisi poni tanpa bakat yang tanda istimewa semua penduduknya sama dengan pemimpinnya yaitu Starlight Glimmer. Lalu keenam poni pergi ke Gua diatas desa yang berisi semua tanda istimewa penduduk desa yang disimpan. Ternyata Starlight menjebak dan menghapus tanda istimewa keenam poni dan menggantikannya dengan tanda istimewa, 2 strip hitam seperti yang lainnya. Lusanya, Fluttershy menyiramkan air ke tubuh Starlight yang menguak kebohongan bahwa tanda istimewa Starlight masih ada dan tidak sama seperti penduduk lainnya. Starlight kemudian pergi ke sebuah Gua dengan membawa 6 tanda istimewa milik keenam poni. Lalu akhirnya ia merelakan 6 tanda istimewa kembali ke pemiliknya agar ia bisa selamat masuk ke gua.

Pada episode 9, Slice of Life bercerita tentang kegaduhan saat pesta pernikahan 2 keledai. Keenam poni utama membereskan masalah dengan hewan yang menyerang Ponyville. Di episode ini, peran Keenam Poni dikurangi dan poni-poni yang biasanya sebagai latar belakang lebih dilebihkan seperti Derpy, DJ-Pon 3, Octavia, Lyra, Bon Bon, Steven Magnet dan Doctor Whooves.

Pada episode 18, Crusaders of the Lost Cutie Mark, Pencari Tanda Istimewa berhasil mendapatkan bakat mereka dan Diamond Tiara berhasil menjadi teman dari mereka.

Pada episode-episode akhir, Starlight Glimmer menggunakan sihir waktu milik Star Swirl the Bearded untuk mengubah waktu saat Rainbow Dash masih kecil saat melakukan Sonic Rainboom yang membuat teman-temannya yang sekarang mendapatkan tanda istimewa. Twilight berusaha menghentikannya dengan menunjukan Starlight tentang masa depan yang diubahnya, seperti Putri Celestia yang dikurung di bulan 1000 tahun oleh Nightmare Moon dan Perang antara Equestria dengan Kerajaan Kristal dengan Raja Sombra sebagai Rajanya. Kemudian Starlight luluh dan ia lalu menjadi murid Putri Twilight yang mempelajari persahabatan.

Season 6[sunting | sunting sumber]

Pada awal episode, Putri Cadance dan Shining Armor mempunyai seorang bayi bernama Flurry Heart yang mempunyai kekuatan yang sangat kuat. Hati Kristal hancur karena kekuatan Flurry Heart, yang mengakibatkan badai salju di Kerajaan Kristal. Keenam Poni berusaha memperbaiki Hari Kristal, dan Starlight bersama Spike memulihkan kembali hubungannya dengan Sunburst teman kecilnya. Starlight memberi tahu Sunburst tentang Hati Kristal yang hancur dan Sunburst menemukan buku untuk mengembalikan kristal tersebut seperti semula.

Pada episode No Second Prances, Putri Twilight menugaskan Starlight untuk mencari teman baru, ia menemukannya yaitu Trixie yang merupakan musuh lama Twilight.

Pada akhir-akhir episode, Starlight mendapat surat undangan festival di desa asalnya dan pergi ke sana bersama sahabatnya, Trixie. Starlight curiga dengan semua yang terjadi di sana lalu ia kembali ke Ponyville, dan mendapati bahwa keenam poni utama bersikap aneh terhadapnya. Malam harinya dalam mimpi Starlight, Putri Luna muncul dan memberitahukan bahwa kesemua Putri termasuk Twilight dan sahabatnya, dan sebentar lagi dirinya, telah ditangkap para Changeling, dan mereka menyamar menjadi Para Putri. Starlight lalu bertemu dengan Trixie, Discord dan Thorax untuk pergi ke Kerajaan Changeling. Saat sampai di sana semua sihir tidak dapat digunakan. Setelah bertemu Ratu Chrysalis, ia memberitahukan kepadanya bahwa Thorax adalah Changeling yang baik, lalu Thorax berubah menjadi Changeling baru yang memimpin para Changeling baru lainya. Ratu Chrysalis melarikan diri dan Kerajaan Changeling dan Equestria berhasil menjalin kerjasama.

Season 7[sunting | sunting sumber]

Di Episode pertama, Starlight Glimmer, Trixie, Discord dan Thorax diberikan penghargaan karena telah mengalahkan Ratu Chrysalis dan sisa Changelingnya, pada pertengahan episode, Twilight khawatir dengan Starlight Glimmer di kilas baliknya.

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Indonesia[sunting | sunting sumber]

My Little Pony: Friendship is Magic telah ditayangkan untuk pertama kalinya di televisi nasional melalui GTV pada tanggal 23 April 2016 pada pukul 05.30 WIB. Semenjak setelah dua minggu ditayangkan, tepatnya pada tanggal 7 Mei 2016, GTV memindahkan jam tayangnya ke jam 07.00 WIB dan acaranya ditayangkan setiap hari [5]. Namun atas permintaan penonton, pada tanggal 11 Juni 2016 GTV menayangkannya hanya hari Sabtu dan Minggu saja dengan jam tayang seperti biasa jam 07.00 WIB. Selain di GTV, tayangannya juga tersedia di saluran berbayar Boomerang.

Untuk judul asli My Little Pony: Friendship is Magic di Indonesia akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi My Little Pony: Keajaiban Persahabatan (menurut versi GTV) dan jika judulnya diterjemahkan secara menyeluruh dalam Bahasa Indonesia maka akan memiliki arti Poni Kecilku: Keajaiban Persahabatan. Di RCTI, judulnya diubah menjadi My Little Pony: Persahabatan Itu Ajaib (secara literal artinya Poni Kecilku: Persahabatan Itu Ajaib).

Judul dari Boomerang sama dengan yang bahasa Inggris menurut jadwal acaranya, tetapi terjemahan yang digunakan dalam lagu pembuka adalah "Poni Kecilku".

Pada tahun 2017, penayangan serial ini dalam Bahasa Indonesia dipindahkan dari Global TV ke RTV dalam blok Zona Ceria dan penayangannya berakhir pada Mei 2019.

Tiga Season terakhir My Little Pony: Friendship is Magic akan ditayangkan di RCTI 2020 mendatang, RCTI juga menayangkan kembali Season 1 sampai 6 pada Senin sampai Kamis sebelum program Seputar iNews.

Pada Juli 2019, musim 8 dari seri ini didubbing di Studio MNC Pictures. Lirik lagu pembuka seri ini ditulis ulang oleh Dini Putri dan Kanti Mirdiati Imansyah namun penyanyinya tetap sama seperti season sebelumnya.

Untuk dubbernya sendiri, karakter tamu di dubbing oleh aktor/aktris, presenter dan bahkan peserta jebolan dari acara pencarian bakat terutama Indonesian Idol, Rising Star Indonesia, dan bahkan juga The Voice Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]