My Little Pony: Friendship Is Magic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
My Little Pony: Friendship Is Magic
Logo MLP opening.png
Logo My Little Pony: Friendship is Magic saat pembukaan
Genre Fantasi, Petualangan, Komedi
Perancang Lauren Faust
Penulis
Sutradara
  • Jayson Thiessen
  • James Wootton (Musim 1-3)
  • Jim Miller (Musim 4-6)
Sutradara kreatif Lauren Faust (Musim 1)
Pengisi suara
Komposer lagu tema Daniel Ingram
Lagu pembuka Friendship Is Magic
Komposer
  • William Anderson
  • Daniel Ingram
  • Steffan Andrews
Negara
Bahasa Bahasa Inggris
Jumlah musim 6
Jumlah episode 127
Produksi
Produser Sarah Wall
Devon Cody (musim 3)
Durasi 22 menit
Rumah produksi Hasbro Studios
Studio B Productions (musim 1, episode 1 – musim 2, episode 2)
DHX Media/Vancouver (musim 2, episode 3 – saat ini)
Siaran
Stasiun televisi Hub Network berganti menjadi Discovery Family sejak Oktober 2014
Format gambar 16:9 widescreen, 1080i (HD)
4:3 letterboxed, 480i (SD)
Format audio 2.0 Stereo
5.1 surround
Siaran sejak 10 Oktober 2010–saat ini
Pranala luar
http://mylittlepony.hasbro.com/en-gb

My Little Pony: Friendship Is Magic atau disingkat MLP:FIM adalah sebuah serial animasi keluarga Amerika Serikat yang diproduksi oleh Hasbro Studios (untuk skrip cerita) di Amerika Serikat dan di studio DHX Media yang terletak di Vancouver (untuk animasi; sebelumnya diketahui sebagai Studio B Productions). Animasi ini merupakan bentuk pengembangan dari generasi-generasi sebelumnya sejak dari tahun 1983 dan saat ini merupakan atau masuk generasi yang ke empat dan kartun ini juga merupakan bentuk adaptasi dari sebuah mainan yang diciptakan oleh perusahaan mainan terbesar dari Amerika Serikat, yaitu Hasbro yang merupakan satu produksi dengan produk Transformers, Play Doh, dan Monopoly.

Secara gambaran umum, Kartun ini mengisahkan tentang para kuda. Para kuda ini mempunyai jenis yang berbeda-beda dan digolongkan menjadi empat golongan yaitu earth pony, pegasus, unicorn, dan alicorn. Mereka semuanya memiliki kekuatan ajaib dan setiap kuda mempunyai tanda khusus di tubuhnya yang disebut dengan Cutie Mark, tanda tersebut sendiri merupakan simbol atau cap yang dimiliki oleh para kuda berdasarkan minat, bakat, kesukaan dan kegemaran yang dimilikinya. Cutie Mark sendiri akan muncul dengan sendirinya ketika ada kuda yang beranjak dari masa anak-anak ke masa remaja atau berhasil mengembangkan bakatnya dengan baik.

Para kuda ini hidup dengan makmur dan damai layaknya seperti manusia dalam kehidupan nyata dan mereka tinggal di negeri yang disebut dengan Equestria. Maka tidak heran, ada beberapa latar tempat di dalam kartun ini yang merupakan bentuk plesetan dari tempat nama kota atau negara dari dunia nyata. Misalnya:

Sebutan penggemar kartun ini dibagi menjadi dua yaitu Pegasister dan Brony, Pegasister untuk sebutan penggemar perempuan dari kartun ini dan ini merupakan akronim dari (Pegasus + Sister = Pegasister). Sedangkan Brony adalah sebutan untuk laki-laki yang menggemari kartun ini dan ini merupakan akronim dari (Brother + Pony = Brony). Namun kartun ini populer karena banyak fandom dewasa yang bernama "brony".

Watak[sunting | sunting sumber]

Elemen Keselarasan. Dalam bahasa Inggris disebut Elements of Harmony

Karakter utama dalam serial kartun ini memiliki julukan yang disebut "Mane 6" dan karakter utama tersebut terdiri dari Twilight Sparkle, Applejack, Rainbow Dash, Rarity, Pinkie Pie dan Fluttershy.

Elements of Harmony merupakan sandangan atau penggambaran sifat karakter dari tokoh utama "Mane 6" dan Elements of Harmony terdiri dari 6 unsur yaitu:

Sedangkan karakter lainnya ialah Spike, Applebloom, Sweetie Belle, Scootaloo, Princess Celestia, Princess Luna, Diamond Tiara, Silver Spoon, Gilda, Iron Will, Parasprite's, Trenderhoof, Prince Blueblood, Maud Pie, Discord, Big McIntosh, Shining Armor, Princess Cadance, Queen Chrysalis, Derpy Hooves, Tirek, Starlight Glimmer, Flash Sentry dll.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Enam tokoh utama dalam kartun "My Little Pony: Friendship is Magic"

Mane 6[sunting | sunting sumber]

Mane 6 adalah sebutan untuk tokoh utama dalam kartun My Little Pony: Friendship Is Magic ini yang terdiri dari enam tokoh utama dan berikut daftarnya:

  • Twilight Sparkle - Twilight Sparkle merupakan pemimpin atau tokoh sentral[1][2]dari serial kartun ini yang berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu unicorn toy Twilight, dia juga tokoh yang pertama kali muncul dalam awal-awal season My Little Pony generasi ke empat. Karakter ini memiliki tubuh berwarna ungu dengan surai perpaduan warna indigo dan magenta. Karakter ini digambarkan memiliki sifat pintar, patuh dan dia suka sekali membaca buku sehingga dia cakap dalam mempelajari ilmu sihir unicorn seperti levitasi, teleportasi, dan penciptaan medan gaya. Dia memiliki hewan peliharaan seekor burung hantu yang bernama "Owlowiscious".[3] Elemen yang dimiliki Twilight Sparkle adalah element of magic atau elemen keajaiban.
  • Rainbow Dash - Rainbow Dash adalah kuda pegasus dengan tubuh berwarna biru langit dengan surai berwarna pelangi.[4] Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu Firefly toy. Karakter ini memiliki sifat berani, tegas, tomboy dan kesetiaan terhadap temannya sangat tinggi sekali. Dia bekerja sebagai pengendali cuaca atau pawang hujan di Ponyville. Dia juga memiliki hewan peliharaan seekor kura-kura yang diberi nama "Tank" dan Rainbow Dash adalah salah satu kuda pegasus yang mampu terbang dengan sangat cepat di langit sehingga dia mampu menciptakan fenomena Rainboom. Elemen yang dimilikinya adalah element of loyalty atau elemen kesetiaan.
  • Pinkie Pie - Pinkie Pie yang memiliki nama lengkap (Pinkamena Diane Pie), dia adalah earth pony berwarna merah muda. [5] Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi ke tiga dengan nama yang sama. Dia bekerja sebagai konsultan perencana pesta di Sugarcube Corner, selain itu dia juga bekerja sebagai pembuat roti dan bekerja di toko permen di Ponyville. Dia juga mempunyai hewan peliharaan seekor bayi buaya yang diberi nama "Gummy". Karakter Pinkie Pie sendiri adalah karakter yang ceria, humoris, enerjik, hiperaktif dan cakap dalam berbicara. Elemen yang dimilikinya adalah element of laughter atau elemen Keceriaan/elemen tawa.
  • Fluttershy - Fluttershy merupakan kuda pegasus berwarna kuning dengan surai merah muda yang panjang menjuntai. Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu earth pony Posey. Dilihat dari namanya, sudah jelas karakter ini memiliki sifat pemalu, lembut, gaya bicaranya kalem, dan dia penyayang binatang serta pecinta lingkungan. Meskipun dia terlihat memiliki banyak hewan peliharaan di rumahnya namun hewan peliharaan seekor kelinci yang diberi nama "Angel Bunny" adalah peliharaan favoritnya. [6] Elemen yang dimilikinya adalah element of Kindness atau elemen kebaikan.
  • Rarity - Rarity adalah kuda unicorn berwarna putih dengan surai keriting berwarna ungu. Karakter ini berdasarkan dari My Little Pony generasi pertama yaitu ponies Glory dan Sparkler. Dia adalah pecinta fesyen atau fashionista dan dia mengembangkan bisnis butik di Ponyville dengan nama Carousel Boutique. Meskipun dia kadang-kadang mudah putus asa dalam bisnisnya, namun dia dengan murah hati dan terus berusaha untuk terus berinovasi menciptakan gaun yang pas dengan inner beauty pemakainya. Dia memiliki hewan peliharaan seekor kucing persia yang diberi nama "Opalescence" dan biasanya dipanggil "Opal" saja. [7] Elemen yang dimiliki Rarity adalah element of generosity atau elemen murah hati atau elemen kedermawanan.
  • Applejack - Applejack adalah earth pony berwarna oranye dengan surai berwarna kuning pirang yang diikat. Dia digambarkan sebagai sosok farm girl yang suka memakai topi koboi. Dia bekerja sebagai petani apel di perkebunan Sweet Apple Acres di Ponyville. Karakter Applejack sendiri adalah karakter yang jujur, pekerja keras dan mudah dipercaya.[8] Dia memiliki hewan peliharaan seekor anjing yang diberi nama "Winona". Elemen yang dimiliki Applejack adalah element of honesty atau elemen kejujuran.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Season 1[sunting | sunting sumber]

Pada episode awal Twilight Sparkle cari tahu tentang "Elements of Harmony" dan memperkenalkan 5 teman poni yang juga merupakan karakter utama terus ia bertemu dengan Nightmare Moon kemudian 5 teman mengunakan Elements of Harmony untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

Twilight Sparkle bertemu dengan Nightmare Moon kedua kalinya dan kelima temannya membantunya untuk melawannya dengan Elements of Harmony untuk mengalahkan Nightmare Moon sampai dia sebenarnya ialah Princess Luna.

Di episode terakhir di season ini "Mane 6" mengadakan malam pesta di Gala Canterlot.

Season 2[sunting | sunting sumber]

Pada episode awal Discord merubah Pinkie Pie, Applejack, Rainbow Dash, Rarity dan Fluttershy. Twilight mengubah mereka jadi normal dan mengalahkan Discord menggunakan Elements of Harmony sehingga menjadi batu.

Salah satu episode mempunyai musik "Smile Song"

Pada episode mendekati akhir; Princess Cadance dan Shining Armor berencana untuk nikah tapi Cadance sebenarnya palsu dan yang aslinya terkurung di dalam ngarainya. Kemudian Twilight menyelamatkan Princess Cadance yang asli sedangkan yang palsu sebenarnya ialah Queen Chrysalis yang langsung bisa mengalahkan Princess Celestia dan membuat Canterlot terancam dikuasai olehnya.

Para "Mane 6" akan berhadapan melawan ratusan Changeling yang suka meniru salah satu "Mane 6" nya tapi mudah dikalahkan; Princess Cadance dan Shining Armor menggunakan kekuatan sihir untuk mengalahkan para Changeling dan Queen Chrysalis.

Season 3[sunting | sunting sumber]

Pada episode awal dari season ini tentang King Sombra yang dibinasakan di akhir episode dua dan Twilight menyelesaikan masalah kelima temannya sampai dia menjadi Alicorn.

Season 4[sunting | sunting sumber]

Salah satu episode di season ini ada Cheese Sandwich, tentang kelelawar buah vampir, membuat Discord menjadi tobat, dll.

Pada episode yang mendekati akhir Lord Tirek yang lemah menghisap kekuatan sihir poni supaya jadi kuat seperti Cell di Dragon Ball Z, dan Discord sebagai temannya dikhianati dan kekuatan sihirnya dihisap habis dan kelima teman Twilight Sparkle dikurung termasuk Discord.

Twilight Sparkle dengan kekuatan sihir yang sangat tinggi berhadapan melawan Tirek yang berubah menjadi sangat kuat mereka bertarung dengan sekuat tenaga sampai mereka lelah.

Tirek menawarkan kelima teman Twilight termasuk Discord terperangkap dalam gelembung sebagai pengganti kekuatan sihir Twilight dihisap habis olehnya.

Para "Mane 6" membuka keenam kunci untuk membuka segel Rainbow Power sehingga mengubah mereka menjadi berkekuatan super untuk mengalahkan Tirek.

Season 5[sunting | sunting sumber]

Starlight Glimmer adalah karakter baru di season ini di awal episode dua bagian "The Cutie Map" dan episode 100 adalah momen fandom yang membanggakan; Episode ini bercerita tentang Background ponies yaitu Derpy, Octavia, Lyra, Bon Bon dan Doctor Whooves.

Episode yang juga sebagai hari peringatan ke-5 pas 10 Oktober 2010 tentang para Cutie Mark Crusaders berhasil mendapatkan Cutie Mark-nya yang unik.

Pada episode yang mendekati terakhir Twilight akan berhadapan melawan Starlight Glimmer sampai dia tobat dan bersama dengan temannya.

Season 6[sunting | sunting sumber]

Season 6 trailer tentang Princess Cadance melahirkan bayi alicorn yang bernama Flurry Heart yang menjadi bahan populer di mata fandom.

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

"My Little Pony: Friendship is Magic" telah ditayangkan untuk pertama kalinya di televisi nasional melalui Global TV sejak tanggal 23 April 2016 pada pukul 05.30 WIB dan penayangannya ditayangkan hanya setiap Sabtu dan Minggu. [9] dan tayangannya juga tersedia di saluran berbayar Boomerang.

Dahulu kartun ini pernah sempat disiarkan di Lativi (sekarang tvOne) dan My Little Pony yang ini merupakan versi yang berbeda dengan saat ini yaitu merupakan My Little Pony Generasi Pertama.[butuh rujukan]

Untuk judul asli "My Little Pony: Friendship is Magic" di Indonesia akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi "My Little Pony: Keajaiban Persahabatan" (menurut versi Global TV) dan jika judulnya diterjemahkan secara menyeluruh dalam Bahasa Indonesia maka akan memiliki arti Poni Kecilku: Keajaiban Persahabatan

Judul dari Boomerang sama dengan yang bahasa Inggris menurut jadwal acaranya, tetapi terjemahan yang digunakan dalam lagu pembukaan adalah "Poni Kecilku".

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Sejak penayangan awalnya di Indonesia pada tanggal 23 April 2016. Serial kartun My Little Pony: Friendship Is Magic tersebut justru tidak ditayangkan secara serentak. Karena siaran Global TV nasional dialihkan ke Global TV regional dibeberapa daerah, sehingga banyak penonton yang merasa dirugikan karena hal ini. Padahal seminggu sebelum serial kartun ini ditayangkan, iklannya sudah gencar dilakukan oleh pihak Global TV secara nasional.

Meskipun benar-benar tayang di Indonesia, namun rumor mengatakan kemungkinan besar adegan yang tidak pantas akan disensor, seperti Fluttershy bergulat sama beruang dan menggunakan jurus patah leher tapi sebenarnya cuma terapi, adegan ciuman Princess Cadance dan Shining Armor sesudah mengalahkan Queen Chrysalis dan Changeling-Changelingnya, Big Macintosh berperan seperti wanita di episode "Brotherhooves Social" di season 5 yang mengingatkan episode SpongeBob SquarePants "Love That Squid" seperti adegan SpongeBob berdandan seperti wanita, kata yang kemungkinan disensor ialah "Bodoh" dan "Gila" seperti lagu "This Day Aria" yang salah satu kalimat liriknya yang di-Indonesia-kan ialah "Masa Bodoh dengan gaun, ataupun dengan kuenya" kemudian episode "Friendship is Magic Part 1" dimana Twilight bilang pas pesta jika di-Indonesia-kan "Semua kuda poni disini sudah gila" dan kekerasan ala Powerpuff Girls dan Naruto seperti di episode "A Canterlot Wedding - Part 2" dimana "Mane 6" bertarung melawan pasukan Changeling.

Di episode pertama, dimana Twilight bertemu dengan Rarity, ada adegan yang disensor.

Hal kontroversial berikutnya adalah dari Global TV sendiri ialah dipotong iklan seperti episode "Plankton's Army" dimana adegan Plankton yang bertemu keluarga Sheldon adalah yang logo Sheldon tapi bentuknya seperti WordArt di Microsoft Word yang membuat para Sheldon ketawa dan episode "The Smoking Peanut" dimana berita Bikini Bottom tentang tiram raksasa yang mengamuk secara ganas dengan ilustrasi gambarnya ialah orang di dunia nyata tutup kuping gara-gara tiram dan ikan di Bikini Bottom News yang memberitakan sambil meneteskan air mata, tapi malah dipotong iklan dibanding versi Lativi yang seluruh bagian cerita episode penuh tanpa dipotong iklan.

Kesalahan fatal dari pihak Global TV sendiri adalah My Little Pony tidak ditayangkan secara bercabang(seperti penonton di kota Malang, Surabaya, Yogya dan Medan) tapi malah diganti ke acara lainnya sehingga banyak pemirsa yang tidak dapat menyaksikan merasa kecewa dengan hal ini walaupun iklannya yang ada sebelum penayangan perdana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]