Adobe Animate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Adobe Animate
Adobe Animate CC icon.svg
Tangkapan layar Adobe Animate berjalan di Windows
Tangkapan layar Adobe Animate berjalan di Windows
Perancang awalFutureWave Software
Macromedia
PengembangAdobe Systems
Rilis stabil
CC 2019 (19.1.349) / 11 Desember 2018; 8 bulan lalu (2018-12-11)
Bahasa pemrogramanC++[butuh rujukan]
Sistem operasiWindows 10 build 1703 and later, macOS 10.12 Sierra and later
Platformx64
Tersedia dalamEnglish
JenisMultimedia
LisensiTrialware
Situs webadobe.com/products/animate.html

Adobe Animate(dulunya Adobe Flash) adalah multimedia yang berguna untuk membuat animasi dari Adobe Systems

Adobe Animate digunakan untuk merancang grafik vektor dan animasi untuk program televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet yang kaya, dan permainan video. Program ini juga menawarkan dukungan untuk grafik raster, teks kaya, embedding audio dan video, dan skrip ActionScript. Animasi dapat diterbitkan untuk HTML5, WebGL, Scalable Vector Graphics (SVG) animasi dan spritesheets, dan warisan Flash Player (SWF) dan format Adobe AIR.

Ini pertama kali dirilis pada tahun 1996 sebagai FutureSplash Animator, dan kemudian berganti nama menjadi Macromedia Flash setelah diakuisisi oleh Macromedia. Itu dibuat untuk berfungsi sebagai lingkungan penulis utama untuk platform Adobe Flash, perangkat lunak berbasis vektor untuk membuat konten animasi dan interaktif. Itu berganti nama menjadi Adobe Animate pada tahun 2016 untuk mencerminkan posisi pasarnya dengan lebih akurat, karena lebih dari sepertiga dari semua konten yang dibuat di Animate menggunakan HTML5

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Versi pertama dari Adobe Flash / Adobe Animate adalah FutureSplash Animator, sebuah program grafik vektor dan animasi vektor yang dirilis pada Mei 1996. FutureSplash Animator dikembangkan oleh FutureWave Software, sebuah perusahaan perangkat lunak kecil yang produk pertamanya, SmartSketch, adalah program menggambar berbasis vektor untuk komputer berbasis pena. Dengan ledakan sistem dioperasikan berorientasi pena, itu porting ke Microsoft Windows serta Classic Mac OS Apple Inc. Pada tahun 1995, perusahaan memutuskan untuk menambahkan kemampuan animasi ke produk mereka dan untuk membuat platform animasi berbasis vektor untuk World Wide Web; karenanya FutureSplash Animator dibuat. (Pada saat itu, satu-satunya cara untuk menyebarkan animasi semacam itu di web adalah melalui penggunaan Java.) Teknologi animasi FutureSplash digunakan di situs web seperti MSN, situs web Simpsons, dan Disney Daily Blast dari The Walt Disney Company.

Pada bulan Desember 1996, Macromedia membeli FutureWave dan mengganti nama produk tersebut menjadi Macromedia Flash, nama merek yang berlanjut selama 8 versi utama. Adobe Systems mengakuisisi Macromedia pada tahun 2005, dan merek-ulang produk Adobe Flash Professional untuk membedakan dari pemain, Adobe Flash Player. Itu dimasukkan sebagai bagian dari Creative Suite produk dari CS3 ke CS6, sampai Adobe menghapus jajaran Creative Suite demi Creative Cloud (CC). [rujukan?]

Pada 1 Desember 2015, Adobe mengumumkan bahwa program tersebut akan diganti nama menjadi Adobe Animate pada pembaruan besar berikutnya. Langkah ini datang sebagai bagian dari upaya untuk memisahkan program dari Adobe Flash Player, mengakui peningkatan penggunaannya untuk pembuatan HTML5 dan konten video, dan upaya untuk mulai mengecilkan penggunaan Flash Player demi solusi berbasis web standar. Versi pertama dengan nama baru dirilis 8 Februari 2016

Versi[sunting | sunting sumber]

Rilis Tahun Ikon Descripsi
FutureSplash Animator 1996 Berkas:Future Splash Animator (1996).png Versi awal Flash dengan alat pengeditan dasar dan garis waktu
Macromedia Flash 1 1996 Berkas:Macromedia Flash 5 Logo.png Versi masa depan dari FutureSplash Animator
Macromedia Flash 2 1997 Dirilis dengan Flash Player 2, fitur-fitur baru termasuk: perpustakaan objek
Macromedia Flash 3 1998 Dirilis dengan Flash Player 3, fitur-fitur baru termasuk: elemen movieclip, integrasi plug-in JavaScript, transparansi dan pemain eksternal yang berdiri sendiri
Macromedia Flash 4 1999 Dirilis dengan Flash Player 4, fitur-fitur baru termasuk: variabel internal, bidang input, ActionScript lanjutan, dan streaming MP3
Macromedia Flash 5 2000 Dirilis dengan Flash Player 5, fitur-fitur baru termasuk: ActionScript 1.0 (berdasarkan ECMAScript, membuatnya sangat mirip dengan JavaScript dalam sintaksis), dukungan XML, Smartclips (pendahulu komponen di Flash), pemformatan teks HTML ditambahkan untuk teks dinamis
Macromedia Flash MX (6) 2002 Macromedia Flash 6 icon.png Dirilis dengan Flash Player 6, fitur-fitur baru termasuk: codec video (Sorenson Spark), Unicode, v1 Komponen UI, kompresi, API gambar vektor ActionScript
Macromedia Flash MX 2004 (7) 2003 Dirilis dengan Flash Player 7, fitur-fitur baru termasuk: Layar (formulir untuk pengembangan berbasis negara non-linear dan slide untuk mengatur konten dalam format slide linier seperti PowerPoint), dukungan teks alias, efek garis waktu dan panduan impor video.

Actionscript 2.0 dirilis dengan versi ini, memungkinkan pemrograman berorientasi objek tetapi kurang metode "Script assist" untuk menulis kode. JavaScript untuk Flash (JSFL) memungkinkan pengguna untuk menulis skrip untuk mengotomatisasi tugas-tugas dalam editor Flash. Fitur pemrograman baru termasuk: integrasi layanan web, komponen pemutaran media MP3 / FLV, komponen layanan data XML, API pengikat data, Panel Proyek, komponen UI V2, dan pustaka Transisi.

Macromedia Flash 8 2005 Macromedia Flash 8 icon.png Dirilis dengan Flash Player 8, fitur-fitur baru di Macromedia Flash 8 Professional termasuk: filter grafis (blur, drop shadow, glow, dll.) Dan mode campuran, kontrol pelonggaran untuk animasi, sifat stroke yang disempurnakan (tutup dan bergabung), gambar berbasis objek mode, caching bitmap run-time, FlashType canggih anti-aliasing untuk teks, codec video canggih On2 VP6, dukungan untuk transparansi alfa dalam video, encoder yang berdiri sendiri dan importir video canggih, dukungan titik isyarat dalam file FLV, pemutaran video lanjutan komponen, dan emulator perangkat seluler interaktif.

Macromedia Flash Basic 8, versi "lite" dari alat pembuat Flash yang ditargetkan untuk pengguna baru yang hanya ingin menggambar, animasi, dan interaktivitas dasar. Produk Dasar akhirnya dihentikan.

Adobe Flash CS3 (9) Professional 2007 Adobe Flash Professional CS3 icon.png Flash CS3 adalah versi pertama Flash yang dirilis di bawah nama merek Adobe, dan fitur integrasi yang ditingkatkan dengan Adobe Photoshop, peningkatan alat menggambar vektor, menjadi lebih seperti Adobe Illustrator dan Adobe Fireworks.

ActionScript 3.0 dirilis dengan versi ini, bersama dengan ActionScript Virtual Machine 2.0 (AVM2) untuk eksekusi kode yang lebih cepat dan pengumpulan sampah Fitur pemrograman baru termasuk: variabel yang sangat diketik dengan keamanan jenis, kesalahan runtime, peningkatan kejadian, daftar tampilan alih-alih sistem "kedalaman" , dan banyak kelas baru (Socket, ByteArray, Loader, RegExp, dll.). AS3 memungkinkan seluruh aplikasi ditulis dalam kode, tanpa perlu timeline Flash.

Adobe Flash CS4 (10) Professional 2008 Adobe Flash Professional CS4 icon.png Fitur baru termasuk kinematika terbalik (tulang), manipulasi objek 3D dasar, animasi berbasis objek, mesin teks, dan perluasan lebih lanjut ke ActionScript 3.0 (array vektor). CS4 memungkinkan pengembang untuk membuat animasi dengan banyak fitur yang tidak ada di versi sebelumnya.
Adobe Flash Professional CS5 (11) 2010 Adobe Flash Professional CS5 icon.png Flash CS5 dirilis pada 12 April 2010 dan diluncurkan untuk pembelian pada 30 April 2010. Flash CS5 Professional mencakup dukungan untuk penerbitan aplikasi iPhone. Namun, pada 8 April 2010 Apple mengubah ketentuan Lisensi Pengembangnya untuk secara efektif melarang penggunaan kompiler Flash-ke-iPhone dan pada 20 April 2010 Adobe mengumumkan bahwa mereka tidak akan melakukan investasi tambahan dalam menargetkan iPhone dan iPad. di Flash CS5.

Fitur lain dari Flash CS5 adalah mesin teks baru (TLF), peningkatan lebih lanjut untuk kinematika terbalik, dan panel potongan kode.

Adobe Flash Professional CS5.5 (11.5) 2011 Flash Professional CS5.5 dirilis pada tahun 2011. Ini mencakup peningkatan dukungan untuk menerbitkan aplikasi iPhone, mengikuti revisi persyaratan pengembang iOS dari Apple. Flash CS5.5 juga berisi beberapa fitur untuk meningkatkan alur kerja aplikasi seluler di seluruh perangkat. Beberapa contoh adalah: Penskalaan konten dan pengubahan ukuran panggung, salin dan tempelkan lapisan, bagikan simbol di seluruh file FLA, rasterisasi simbol, kompilasi tambahan, simpan otomatis dan pemulihan file, dan integrasi dengan layanan online CS Live.
Adobe Flash Professional CS6 (12) 2012 Adobe Flash Professional CS6 icon.png Adobe Flash Professional CS6 dirilis pada tahun 2012. Ini termasuk dukungan untuk menerbitkan file sebagai HTML5 dan menghasilkan sprite sheet.
Adobe Flash Professional CC (13) 2013 Adobe Flash Professional icon.png Flash Professional CC dirilis pada Juni 2013 sebagai bagian dari rebranding Creative Cloud Adobe. Perubahan termasuk mesin rendering adegan 64-bit asli, peningkatan kinerja kecil dan perbaikan bug, dan penghapusan fitur warisan seperti dukungan ActionScript 2. Sebagai bagian dari paket Creative Cloud, Flash CC juga menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk menyinkronkan pengaturan atau menyimpan file secara online.
Adobe Flash Professional CC 2014 (14) 2014 Flash Professional CC (2014) dirilis pada 18 Juni 2014. Ini mencakup stroke-lebar variabel, ekspor SVG, dan penerbitan WebGL untuk animasi, serta Motion Editor yang disempurnakan dan didesain ulang.
Adobe Flash Professional CC 2014.1 (14.1) 2014 Flash Professional CC (2014.1) dirilis pada 6 Oktober 2014, menampilkan kemampuan penerbitan WebGL yang diperluas, kebebasan untuk membuat kuas khusus, dan kemampuan untuk mengimpor SWF eksternal. Selain itu, kit pengembangan perangkat lunak (SDK) baru memungkinkan ekstensibilitas untuk platform khusus tanpa bergantung pada runtime Flash, untuk menjangkau lebih banyak pemirsa.
Adobe Flash Professional CC 2015 (15) 2015 Flash Professional CC (2015) dirilis pada 15 Juni 2015, dengan alat animasi tulang yang ditingkatkan (kinematika terbalik), mengimpor video H.264 dengan audio, ekspor bitmap sebagai spritesheet untuk Kanvas HTML5, penskalaan kuas dengan zoom panggung, konverter tipe dokumen universal , alur kerja audio yang ditingkatkan, Editor Gerakan yang ditingkatkan, penguncian panel, penyimpanan file FLA yang lebih cepat, optimisasi pemulihan otomatis, atur GIF yang diimpor di perpustakaan, pencarian pustaka berdasarkan nama tautan, seleksi terbalik, tempelkan pilihan, tempelkan dan timpa bingkai

Fitur pemrograman termasuk dukungan potongan kode untuk WebGL, SDK Dukungan Platform yang ditingkatkan, Flash Player terbaru (versi 17.0), SDK UDARA (versi 17.0) dan pustaka CreateJS.

Adobe Animate CC 2015.1 (15.1) 2016 Adobe Animate CC icon.svg Adobe Animate CC 2015 dirilis pada 8 Februari 2016, bergeser dari branding "Flash" yang menandakan kemampuan untuk menghidupkan konten dan mempublikasikannya ke video, HTML5, dan Flash. Ini termasuk carikan warna yang ditandai, Adobe Stock dan Creative Cloud Libraries, kuas seni vektor, panggung yang dapat diputar 360 °, panggung yang dapat diubah ukurannya, ekspor video hingga resolusi 4K (untuk Layar HiDPI atau Retina), peningkatan Kanvas HTML5 (dukungan TypeKit, teks sebagai garis besar, template khusus).
Adobe Animate CC 2017 (16) 2016 Adobe Animate CC 2017 Rilis pada November 2016.
Adobe Animate CC 2018 (18) 2017 Adobe Animate CC 2018 Rilis pada Oktober 2017.
Adobe Animate CC 2019 (19) 2018 Adobe Animate CC 2019 (19.0) Rilis pada Oktober 2018.
Adobe Animate CC 2019.1 2018 Adobe Animate CC 2019.1 (19.1) Rilis pada Desember 2018.
Adobe Animate 2019.2 2019 Adobe Animate 2019.2 (19.2) Rilis pada April 2019.

Sumber Dari

https://en.wikipedia.org/wiki/Adobe_Animate