A Brony Tale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
A Brony Tale
A Brony Tale Theatrical Release Poster.jpg
Poster perilisan teatrikal
Sutradara
Produser
Penulis
PemeranAshleigh Ball
Bryan Mischke
Andrea Libman
Nicole Oliver
Donald Rhoades
Andy Stein
Jordan Downs
Kelvin Williams
Penata musikChris Kelly
Cayne McKenzie
SinematograferBrent Hodge
PenyuntingNicholas T. Shepard
Perusahaan
produksi
Hodgee Films
DistributorWarrior Poets
Virgil Films
Abramorama
Tanggal rilis
  • 26 April 2014 (2014-04-26) (Tribeca)
  • 08 Juli 2014 (2014-07-08)
Durasi78 menit
Negara
Bahasa
Anggaran$100,000[1]

A Brony Tale (awalnya bernama Brony) adalah sebuah film dokumenter Kanada-Amerika disutradarai oleh Brent Hodge. Film ini mengeksplorasi fenomena brony, basis penggemar dewasa dari acara animasi anak-anak My Little Pony: Friendship Is Magic yang muncul tak lama setelah pemutaran perdana pada tahun 2010. Film ini disusun di sekitar petualangan dari Ashleigh Ball, salah satu aktris pengisi suara utama untuk acara tersebut, termasuk reaksi awalnya untuk belajar dari basis penggemar lama ini, dan perjalanannya sebagai Tamu Kehormatan ke salah satu konvensi penggemar pertama BronyCon diadakan di Kota New York pada 2012. Hodge, seorang teman dekat dan kolaborator sebelumnya dari Ball, penasaran seperti dia tentang fenomena ini dan memilih untuk memfilmkan perjalanan dan penampilannya di konvensi untuk dokumentasi.

Film Hodge meraih minat dari sutradara film dan penerbit Morgan Spurlock yang membantu untuk mempromosikan distribusi luas dari film dokumentasi. Blu-ray dari film ini terjual untuk pertama kali pada New York Comic Con 2014. Awalnya dijadwalkan ditayangkan untuk festival film Vancouver-area, film ini disorot di Tribeca Film Festival di Kota New York 2014, dan menerima pujian kritik.

Film ini juga ditayangkan di 290 bioskop seluruh Meksiko di akhir 2014.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ashleigh Ball, salah satu dari pengisi suara utama dari My Little Pony: Friendship Is Magic Hasbro, mulai menyadari bahwa dia menerima surel penggemar untuk pekerjaannya dari acara, tetapi bingung dengan kenyataan bahwa sebagian besar berasal dari remaja dan orang dewasa. Para penggemar ini, yang menyebut diri mereka "bronies" dan sebagian besar laki-laki, mengambil tema dan pesan acaranya tentang tanggung jawab pribadi dan persahabatan ke dalam hati. Ball menerima undangan ke BronyCon musim dingin 2012, konvensi penggemar setengah tahunan yang diadakan di New York City, sebagai seorang Tamu Kehormatan dan mengambil kesempatan untuk bertemu para penggemar.

Rekaman dari wawancara Ball dan perjalanan diselingi dengan segmen yang berfokus pada penggemar acara yang berbeda, termasuk: seorang mekanik sepeda motor kekar dan mantan pemain football perguruan tinggi, seorang veteran Angkatan Darat Amerika Serikat yang menderita gangguan stres pascatrauma, pembuat dari jaringan radio internet, dan sepasang tim psikologi suami-istri yang menjadi tertarik dalam acara setelah mempelajarinya dari anaknya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sementara berfokus pada perjalanan Ball menuju BronyCon, film ini juga secara singkat menampilkan sesama anggota pengisi suara My Little Pony Nicole Oliver dan Andrea Libman.[3]

Sutradara Brent Hodge berkata bahwa dia yang mendanai film ini sendiri, dan merasa ini terasa mudah untuk memfilmkan seperti yang dia ketahui secara pribadi Ashleigh Ball. Dia memutuskan untuk memfilmkan sebagai sebuah "lalat di dinding" pada di pertemuan agar tidak mengganggu keadaan dan untuk melihat dunia brony seperti apa.[4] Selama sebuah panel di BronyCon 2013, Hodge masuk ke detail pada film, dan menunjukan sebuah trailer kepada penonton, dan mengungkapkan bahwa ide tersebut telah datang tentang kapan Ball diundang ke konvesi.

Dalam sebuah wawancara dengan Everfree News, Hodge menuju kedalam detail film, menjelaskan bahwa itu adalah penglihatan luar di komunitas Brony yang berevolusi dari sebuah dokumentasi sederhana pada Ball dan karir aktor suaranya.

Promosi dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Film ini diperoleh pada April 2012 oleh perusahaan distribusi film independen, Morgan Spurlock Presents, sebuah kolaborasi antara Warrior Poets, Virgil Films, dan Abramorama Spurlock. A Brony Tale adalah film distribusi pertama di bawah label.

Film ini dirilis pada 8 Juli 2014 pada sekitar 20 pasar bioskop berbeda di Amerika Utara dan dirilis untuk media rumah melalui Video-On-Demand dan DVD/Blu-ray dan kabel.[5]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Film ini menerima ulasan positif. Saat ini memegang skor 80% dengan penilaian rata-rata dari 6.7/10 berdasarkan ulasan dari 9 kritikus di situs agregator Rotten Tomatoes.[6] Christopher Campbell dari Movies.com memuji penyutradaraan Brent Hodge, mencatat bagaimana Hodge "menempatkan fenomena di dalam dunia yang dapat diidentifikasi daripada mengesampingkannya seperti itu semacam keberbedaan.

IGN memberi film ini skor 9.1, memuji penggambaran fandom, wawancara, pembelajaran ilmiah dari bronies, dan subyek dari peran kelamin. Namun, kritik disuarakan mengenai kurangnya staf dari acara, dan cerita tentang seorang prajurit militer brony yang tidak memiliki kesimpulan.[7]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Film ini ditayangkan sebagai sebuah "Official Selection" pada Tribeca Film Festival 2014, New Zealand Documentary Edge Festival 2014, Seattle International Film Festival 2014, DOXA Documentary Festival 2014, SouthSide Film Festival 2014 dan Las Vegas Film Festival 2014.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Refrensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A pony tale for the blokes". Stuff. 
  2. ^ "Hodgee Films - LatAm Theatrical Release!! #bronytalemovie is doing a 290 theatre release in Mexico with Cinemex. We are starting off in DF this Sunday at Reforma 222. Tix are almost sold out - http://bit.ly/124wFKn | Facebook". www.facebook.com. Diakses tanggal 2022-04-19.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  3. ^ "HNN Interviews: A BRONY TALE w/Brent Hodge". Horse News. 2014-03-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2014. Diakses tanggal 2014-04-22. 
  4. ^ Saadi, Ziyad; Saadi, Ziyad (2014-04-15). "Meet the 2014 Tribeca Filmmakers #27: Grown Men Worship 'My Little Pony' in Brent Hodge's Documentary 'A Brony Tale'". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-22. 
  5. ^ Fleming, Mike Jr. (2014-04-22). "'Morgan Spurlock Presents' Label Hatched To Release Indie Movies". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 2014-04-22. 
  6. ^ "A Brony Tale (2014)" – via www.rottentomatoes.com. 
  7. ^ Wheatley, Cliff (2014-07-09). "A Brony Tale Review". IGN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-22. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]