Equestria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Equestria
Negara fiksi dalam serial animasi My Little Pony: Friendship Is Magic
 • Atas : Bendera Kerajaan Equestria
 • Bawah : Peta Kerajaan Equestria
SeriMy Little Pony: Friendship Is Magic
My Little Pony: Pony Life
TipeMonarki
DiciptakanKanselir Pudding Head
Komandan Hurricane
Putri Platinum
LokasiBangsa Equestria
PemimpinKepala Negara
AfiliasiThe Royal Guard
Musuh
Daftar
  • Saat ini:
    • Wendigos
    Secara historis (saat ini sekutu):
    • Sarang Changeling
    • Griffonia
    • Dragonlands
    • Kerajaan Storm
    • Yakyakistan
    • Discord
Grup EtnisKuda poni
Demonim: Equestrian
RasMayoritas: Minoritas:
Naga
Alikorn
Keledai
Zebra
Griffin
Draconequus
Breezies
Bison
Kerbau
Minotaur
Yak
Mata uangBit
BahasaBahasa Poni

Equestria (Bahasa Inggris : The Kingdom of Equestria) atau kadangkala disebut sebagai Kerajaan Equestria adalah sebuah kerajaan fiktif dan menjadi latar tempat utama untuk film, video, komik, buku maupun animasi dari serial My Little Pony: Friendship Is Magic.[1] Negeri Equestria terletak di benua Equestrian dan memiliki tanah seperti halnya planet bumi. Negeri ini dihuni oleh kuda poni yang dibayangkan memiliki kecerdasan seperti manusia.[1] Putri Celestia dan Putri Luna adalah pemimpin dari negeri ini dengan Canterlot sebagai ibu kotanya.[2][3]

Fondasi Equestria digambarkan sebagai hasil kerja sama unicorn, pegasi, dan kuda poni bumi, yang bersatu secara harmonis untuk melawan makhluk mirip kuda yang disebut windigos yang memakan konflik; Hari Hearth's Warming adalah hari libur tahunan yang merayakan pendiriannya.[4] "Bit" adalah mata uang resmi Equestria dan wilayahnya.[5] Alih-alih bahasa Inggris, disebutkan bahwa mereka menyebut bahasa mereka "Ponish"; Namun, karena fakta bahwa bahasa Inggris tertulis terlihat beberapa kali selama seri, secara umum dipahami bahwa ini adalah bahasa Inggris dengan nama yang berbeda.[6]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan besar nama Equestria berasal dari istilah bahasa Latin yaitu Equester yang berarti penunggang kuda, dari kata Equus yang kemudian diserap ke bahasa Inggris menjadi Equestrian. Secara harfiah, Equestrian berarti Tanah Para Penunggang Kuda, meskipun di Kerajaan Equestria hanya terdapat kuda poni tanpa seorang penunggang.[7]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Tim Produksi Hasbro sendiri sebenarnya tidak memiliki peta formal mengenai Kerajaan Equestria. Hal itu disebabkan karena penggunaan tata letak dari Equestria dibuat dengan sesuai kebutuhan cerita. Meski begitu, Lauren Faust setidaknya pernah berkomentar di halaman DeviantArt-nya tentang beberapa lokasi tempat di Equestria. Di sana dinyatakan bahwa Hutan Everfree di sebelah barat Ponyville, Sweet Apple Acres berada di barat daya, dan pondok dan padang rumput Fluttershy terletak di utara pertanian, mungkin antara Ponyville dan hutan, serta Canterlot berada timur laut dari Ponyville.[8]

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Kuda poni[sunting | sunting sumber]

Kuda poni Bumi[sunting | sunting sumber]

Kuda poni bumi memiliki hubungan mendasar dengan bumi, alam, dan lingkungan yang mendorong pertumbuhan kehidupan tumbuhan dan hubungan dengan hewan liar. Teknologi berbasis kuda poni bumi murni bersifat mekanis dan sering kali dimaksudkan untuk meniru hal-hal yang tidak dapat mereka lakukan sendiri. Kuda poni bumi merupakan tulang punggung perekonomian Equestria, beroperasi di sebagian besar sektor industri yang melibatkan sumber daya alam, konstruksi, atau ekstraksi.

Kuda Poni Unikorn[sunting | sunting sumber]

Unikorn dapat secara langsung menyerap, menggunakan, menyalurkan, menciptakan, dan memanipulasi sihir; kemampuan ini didukung oleh tanduk dengan panjang, tekstur, dan warna yang bervariasi di dahi mereka. Namun, tanduk unikorn dapat dihancurkan, menghilangkan sebagian besar kemampuan magisnya.[9] Unikorn adalah salah satu warga Equestria yang paling terpelajar dan ber-ilmu.[9] Meskipun bakat sihir bawaan kuda poni lainnya bersifat "intuitif atau naluriah", unikorn memerlukan pendidikan tinggi selama puluhan tahun untuk menguasai mantra apa pun di luar dasar paling dasar.[10]

Saat Hasbro menciptakan sebuah kastil yang Faust pasang di meja riasnya, dia yakin unikorn akan hidup di pegunungan.[11]

Pengembangan dan desain[sunting | sunting sumber]

Faust membayangkan tiga kuda poni yang berbeda—unikorn, pegasus dan kuda poni bumi—memiliki budaya berbeda dan hidup di berbagai tempat. Dai menggambarkan para unikorn hidup di pegunungan, pegasus di awan, dan kuda poni bumi, mirip kuda sungguhan, di tanah.[11] Menurut Faust, keseluruhan Friendship Is Magic dipengaruhi oleh genre fantasi. Tim meminjam dari mitologi; unikorn adalah bagian dari mitologi Eropa dan pegasus adalah bagian dari mitologi Yunani.

Penduduk lain[sunting | sunting sumber]

Dunia dari Equestria terbukti dihuni oleh berbagai makhluk gaib selain kuda poni. Faust menganggap serial My Little Pony sebelumnya "lebih fokus pada kue mangkuk dan pesta teh dan semakin terputus dari akar fantasinya".[12] Sebagai akibat dari hal ini dan fakta bahwa kuda poni didasarkan pada mitologi, dia mendasarkan banyak makhluk dan penjahat pada mitologi. Ini dimodifikasi dan didesain ulang agar sesuai dengan dunia dan demografi Friendship Is Magic.[13]

Zebra[sunting | sunting sumber]

Zebra, seperti Zecora, dapat dibedakan dari pola tubuhnya, kaki yang lebih tipis, dan garis-garis yang lebih tebal meskipun bentuknya serupa. Karena zebra di kehidupan nyata berasal dari Afrika, budaya suku di benua tersebut berperan sebagai pengaruh terhadap pola, topeng, warna, dan tempat tinggal.[14]

Rusa[sunting | sunting sumber]

Rusa digambarkan sebagai penghuni misterius Hutan Everfree yang memiliki hubungan yang sama dengan hutan dan hutan belantara di sekitarnya.

Naga[sunting | sunting sumber]

Naga menghuni wilayah yang diberi nama Dragonlands. Dalam serial My Little Pony, tipikal naga bernafas api, memakan batu permata, dan terbukti agresif. Padahal naga-naga tersebut didasarkan pada desain tradisional, mereka memiliki hidung yang besar dan kepala yang besar dengan leher yang tipis untuk menimbulkan humor. Desain awal naga lebih elegan dan memiliki kemiripan dengan kuda poni.[15]

Changeling[sunting | sunting sumber]

Changelings adalah makhluk kuda inseksi, mirip dengan kuda poni. Mereka adalah anak-anak dari ibu sarang Ratu Chrysalis, dan mampu berubah bentuk melalui sihir gelap. Mereka terbukti memberi emosi yang kuat.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Generasi keempat dari warabala My Little Pony[sunting | sunting sumber]

Equestria pertama kali muncul dalam inkarnasi keempat dari lini mainan dan media warabala My Little Pony. Ini adalah pengaturan dari serial televisi My Little Pony: Friendship Is Magic, dan media terkaitnya termasuk komik, film, dan permainan video.

Generasi kelima dari warabala My Little Pony[sunting | sunting sumber]

Equestria, tetapi bertahun-tahun setelah cerita Friendship Is Magic, menjadi latar film animasi komputer My Little Pony: A New Generation (2021), yang meluncurkan inkarnasi kelima dari warabala My Little Pony.[16]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  • This article mencantumkan material yang berasal dari artikel "Equestria" pada My Little Pony wiki di Wikia dan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-Share Alike License (17 September 2017).
  • This article mencantumkan material yang berasal dari artikel "Celestia" pada My Little Pony wiki di Wikia dan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-Share Alike License (13 April 2019).
  • This article mencantumkan material yang berasal dari artikel "Kronologi fiksi" pada My Little Pony wiki di Wikia dan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-Share Alike License (13 February 2020).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Television (2017-04-17). "4 Positive Countercultural Messages In 'My Little Pony'". The Federalist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-06. 
  2. ^ Connelly, Sherilyn (2017). Ponyville Confidential: The History of My Little Pony, 1981-2016. Jefferson, North Carolina, United States of America: McFarland & Company, Inc. Publishers. ISBN 9781476662091. 
  3. ^ "'My Little Pony: Friendship is Magic' begins its final season after nearly a decade of adventures". ABC (dalam bahasa Inggris). 2019-04-18. Diakses tanggal 2019-04-19. 
  4. ^ "Hearth's Warming Eve". My Little Pony: Friendship Is Magic. Musim ke-2. Episode ke-11 (dalam bahasa Inggris). 2012-12-17. Discovery Family. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :14
  6. ^ "A Health of Information". My Little Pony: Friendship Is Magic. Musim ke-7. Episode ke-20 (dalam bahasa Inggris). 2017-09-24. Discovery Family. 
  7. ^ "equestrian - Dictionary Definition". Vocabulary.com. Diakses tanggal 2020-05-05. 
  8. ^ "'My Little Pony Friendship Is Magic': Rarity takes Manehattan". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-05-06. 
  9. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama :142
  10. ^ "A Health of Information". My Little Pony: Friendship Is Magic. Musim ke-7. Episode ke-20. September 24, 2017. Discovery Family. 
  11. ^ a b Begin (2015), hlm. 29.
  12. ^ Begin (2015), hlm. 30.
  13. ^ Begin (2015), hlm. 30–31.
  14. ^ Begin (2015), hlm. 88.
  15. ^ Begin (2015), hlm. 124.
  16. ^ "My Little Pony Lands New Series, 'Theatrical-Quality' CG Animated Movie at Netflix". CBR (dalam bahasa Inggris). February 25, 2021. Diakses tanggal August 7, 2021.