Uchuu Sentai Kyuuranger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Uchuu Sentai Kyuuranger
Genre Tokusatsu Drama Aksi
Pembuat
Penulis Mouri Nobuhiro
Sutradara
  • Takayuki Shibasaki
  • Teruaki Sugihara
Pemeran
Pengisi suara
Narator Subaru Kimura
Lagu pembuka "Lucky Star"
Dinyanyikan oleh Tomohiro Hatano (Project.R)
Lagu penutup "Kyutama Dancing!"
Dinyanyikan Tsuyoshi Matsubara (Project.R)
Komposer Kousuke Yamashita
Negara  Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah episode TBA
Produksi
Produser eksekutif Motoi Sasaki (TV Asahi)
Produser
  • Chihiro Inoue (TV Asahi)
  • Takashi Mochizuki (Toei)
  • Kōichi Yada (Toei Agency)
  • Akihiro Fukada (Toei Agency)
Durasi 24-25 Minutes
Siaran
Stasiun televisi TV Asahi
12 Februari 2017 (2017-02-12)
Kronologi
Diawali oleh Doubutsu Sentai Zyuohger
Dilanjutkan oleh TBA
Pranala luar
http://www.tv-asahi.co.jp/kyuranger/
http://www.toei.co.jp/tv/kyuranger/index.html (TOEI)

Uchuu Sentai Kyuuranger (宇宙戦隊キュウレンジャー Uchū Sentai Kyūrenjā?) (Bahasa Indonesia : Pasukan Angkasa Kyuranger) adalah serial tokusatsu yang tayang sejak 2017 asal Jepang. Kyuuranger adalah serial Super Sentai ke-41 dari rangkaian Serial Super Sentai. Serta Sentai ke-3 yang mengambil tema Luar Angkasa, Pada 20 tahun yang lalu tema ini digunakan di Denji Sentai Megaranger, dan juga 6 tahun yang lalu digunakan di Kaizoku Sentai Gokaiger.

Serial ini diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Company, pertama kali dimulai pada tanggal 12 Februari 2017, setelah episode terakhir dari Doubutsu Sentai Zyuohger ditayangkan. Disiarkan di Super Hero Time bersama edisi serial waralaba Kamen Rider di periode Heisei Kamen Rider Ex-Aid. Anggota Kyuuranger juga muncul di Edisi Film Doubutsu Sentai Zyuohger vs. Ninninger: Pesan Super Sentai dari Masa Depan sebagai kameo.

Kyuranger beranggotakan 9 orang dengan masing masing memiliki motif konstelasi/rasi bintang tersendiri.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Jauh di Masa Depan, Luar Angkasa di dominasi oleh Organisasi Kejahatan bernama Jark Matter, berhasil menguasai 88 konstelasi/ rasi bintang di alam semesta dan membuat harapan menjadi hilang. Akan tetapi, Kyuutama yang menyimpan kekuatan konstelasi/ rasi bintang pada akhirnya memilih 9 orang penyelamat dari berbagai planet untuk menyelamatkan luar angkasa![1] Kyuuranger tergabung dalam organisasi yang bernama Rebellion (リベリオン Riberion?) dan bermarkas di sebuah Pesawat Luar Angkasa yang diberi nama Orion (オリオン号 Orion-gō?).

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kyuranger[sunting | sunting sumber]

Aktor Peran Kyuuranger Julukan Senjata Voyager
Takumi Kizu Lucky Shishi Red Super Star Kyu Sword Shishi Voyager
Yousuke Kishi Stinger Sasori Orange Poison Star Kyu Spear Sasori Voyager
Kazuya Nakai (suara) Garu Ookami Blue Beast Star Kyu Claw Ookami Voyager
Yuki Ono (suara) Balance Tenbin Gold Trick Star Kyu Crossbow Tenbin Voyager
Akio Otsuka (suara) Champ Oushi Black Ring Star Kyu Axe Oushi Voyager
Taiki Yamazaki Naga Rei Hebitsukai Silver Silent Star Kyu Sickle Hebitsukai Voyager
Sakurako Okubo Hammy Chameleon Green Shinobi Star Kyu Rapier Chameleon Voyager
Mao Ichimichi (suara) Raptor 283 Washi Pink Speed Star Kyu Shot Washi Voyager
Tetsuji Sakakibara Spada Kajiki Yellow Food Mei-Star Kyu Slasher Kajiki Voyager
Hiroshi Kamiya (suara) Xiao Lonpo Ryu Commander Dragon Ma-Star Ryu Tsueider Ryu Voyager
Shota Taguchi Kotaro Sakuma Koguma Sky Blue Big Star Meteor Scarf
Kyu Spear
Kuma Voyager
Keisuke Minami Tsurugi Ōtori Houou Soldier Space Bu-Star Houou Blade
Houou Shield
Houou Voyager
  • Lucky (ラッキー Rakkī?) : Lucky adalah seorang pemuda polos dari Planet Luth (惑星ルース Wakusei Rūsu?) yang berada dalam Sistem Leo (シシ座系 Shishi-za-kei?), yang memiliki tekad yang kuat serta dianugerahi nasib keberuntungan yang tinggi. Dengan kemampuan pendekatan dan komunikasi yang baik serta keyakinannya akan potensi terpendam yang dimiliki seseorang, ia sering membantu dan mengarahkan rekan-rekannya sesama Kyuuranger selama misi berlangsung. Hal itu yang kemudian membuatnya ditunjuk sebagai pemimpin Kyuuranger, yang kemudian ia tolak karena menurutnya semua Kyuuranger adalah sama. Seiring berjalannya waktu, terungkap bahwa ia memiliki masa kecil yang kelam yang penyebabnya belum diketahui. Di samping keberuntungannya, Lucky juga sangat mempercayai ramalan bintang dan ikut menurun performanya ketika memperoleh nasib sial. Kemudian diketahui bahwa Lucky adalah keturunan dari Orion sehingga di darahnya mengalir jiwa ksatria Sistem Orion dan semangat Sistem Leo. Ia dapat berubah menjadi Shishi Red (シシレッド Shishi Reddo?) dan dijuluki Super Star (スーパースター Sūpā Sutā?). Berbeda dengan rekan-rekannya, kostumnya sendiri tidak memiliki corak khusus.
    • Senjata Kyu: Kyu Sword (キューソード Kyū Sōdo?), berbentuk pedang besar. Jika digabungkan bersama Shishi Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Regulus Impact (レグルスインパクト Regurusu Inpakuto?).
  • Stinger (スティンガー Sutingā?) : Stinger adalah seorang pemuda misterius dan bersikap dingin dari Planet Needle (惑星ニードル Wakusei Nīdoru?) yang berada dalam Sistem Scorpius (サソリ座系 Sasori-za-kei?). Ia diduga menjadi orang yang telah membunuh Dr. Anton, pencipta dari Champ. Awalnya ia bergabung dengan Jark Matter untuk mencari kakaknya yang bernama Scorpio (スコルピオ Sukorupio?) yang lebih dahulu bergabung, setelah berkhianat pada dirinya dan juga orang-orang se klannya. Sebenarnya ia telah direkrut terlebih dahulu oleh Xiao Lonpo sebagai mata-mata untuk menyusup ke markas Keshogunan, membiarkan Eridron merekrutnya dengan maksud untuk menemukan dan membunuh sang kakak yang telah mengkhianatinya dengan tangannya sendiri, serta telah membuatnya menderita. Namun ia juga menginginkan lawan yang kekuatannya sebanding dengannya dan tidak menyukai siapapun yang mengganggu pertarungannya seperti trik kotor yang dilakukan Jark Matter. Penyamarannya hampir terbongkar ketika Eridron melihat kelemahannya yang tidak sanggup menyakiti anak-anak hingga Kyuuranger berhasil menghancurkan Eridron, yang membuat status penyamarannya tetap aman. Kemudian ia menyelesaikan masalahnya dengan Champ bahwa ia bukanlah pembunuh Dr. Anton, melainkan kakak kandungnya yang tidak lain adalah Scorpio. Ketika menghadapi Scorpio dalam pertarungan terakhir mereka, Stinger menggunakan teknik rahasia dari klan Sasori yang bernama Antares (アンタレス Antaresu?), di mana ia menyuntikkan sengat ekornya pada tubuhnya sendiri untuk meningkatkan kekuatan tempurnya, namun akan memberikan resiko kematian bagi penggunanya. Ia dapat berubah menjadi Sasori Orange (サソリオレンジ Sasori Orenji?) dan dijuluki Poison Star (ポイズンスター Poizun Sutā?). Pada belakang kostumnya terdapat ekor kalajengking yang bisa menyengat lawan, baik manusia hingga robot, meskipun wujudnya adalah manusia.
    • Senjata Kyu: Kyu Spear (キュースピア Kyū Supia?), berbentuk tombak. Jika digabungkan bersama Sasori Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Antares Impact (アンタレスインパクト Antaresu Inpakuto?).
  • Garu (ガル Garu?) : Garu adalah alien berwujud serigala setengah manusia dengan warna bola mata berbeda yang berasal dari Sistem Lupus (オオカミ座系 Ōkami-za-kei?), yang kehilangan planet, teman-teman se klan, beserta harga dirinya akibat ulah Jark Matter. Setiap kali berbicara selalu diakhiri dengan kata "Garu". Ia tinggal di Planet Jagjag (惑星ジャグジャグ Wakusei Jagujagu?), sebuah planet pengungsian hingga Lucky datang dan menyadarkannya bahwa ia masih mampu bertarung agar tetap bertahan hidup. Meski bukan yang paling cerdas dan paling sabar dalam tim, ia dapat diandalkan saat bertarung. Ia dapat berubah menjadi Ookami Blue (オオカミブルー Ōkami Burū?) dan dijuluki Beast Star (ビーストスター Bīsuto Sutā?). Kostumnya sendiri terbuat dari bulu serigala yang dilengkapi cakar di bagian tangan dan kaki.
    • Senjata Kyu: Kyu Claw (キュークロー Kyū Kurō?), berbentuk pisau bermata dua (cakar). Jika digabungkan bersama Ookami Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Lupulus Impact (ルプルスインパクト Rupurusu Inpakuto?).
  • Balance (バランス Baransu?) : Balance adalah makhluk mekanik bercorak emas dari Sistem Libra (テンビン座系 Tenbin-za-kei?), yang diciptakan lebih dari 300 tahun yang lalu yang dapat mengendalikan dan memanipulasi segala macam mesin. Sebagai sebuah mesin, tempo berbicaranya amat lembut namun terkadang berlebihan bahkan dramatis. Ia bersama Naga Rei dikenal sebagai duo BN, yang berprofesi sebagai pencuri dan hanya mencuri dari Jark Matter. Ia dan Naga bertemu Lucky dan menjadi Kyuuranger setelah menyadari bahwa Naga Rei menjalin persahabatan kuat dengan Lucky, bukan karena menipu untuk kepentingan sendiri. Ia juga menolak disebut sebagai sebuah robot. Ia berubah menjadi Tenbin Gold (テンビンゴールド Tenbin Gōrudo?) dan dijuluki Trick Star (トリックスター Torikku Sutā?). Kostumnya sendiri terbuat dari logam sehingga terlihat seperti mesin.
    • Senjata Kyu: Kyu Crossbow (キュークロスボウ Kyū Kurosubō?), berbentuk panah energi. Jika digabungkan bersama Tenbin Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Libra Impact (リブラインパクト Ribura Inpakuto?).
  • Champ (チャンプ Chanpu?) : Champ adalah robot petarung besar bercorak banteng dari Sistem Taurus (オウシ座系 Oushi-za-kei?), yang diciptakan untuk melawan Jark Matter. Penuh semangat dan bertemperamen tinggi namun sangat loyal kepada rekan-rekannya. Saat ini ia bertarung untuk mencari pembunuh penciptanya, Dr. Anton (アントン博士 Anton-hakase?) di mana Stinger ikut terlibat saat kejadian itu, walaupun Lucky mencoba menyadarkannya bahwa mungkin saja Stinger kebetulan ada di sana saat terbunuhnya Dr. Anton mengingat Stinger juga menjadi Kyuuranger. Setelah Stinger menceritakan apa yang terjadi, ia akhirnya bersama Stinger memburu Scorpio dan sempat terkena jurus pamungkas Scorpio demi melindungi Stinger yang membuatnya hancur berkeping-keping. Champ kemudian diperbaiki di Markas Utama Rebellion dan akhirnya kembali untuk mengalahkan Scorpio bersama Kyuuranger lainnya. Ia dapat berubah menjadi Oushi Black (オウシブラック Oushi Burakku?) dan dijuluki Ring Star (リングスター Ringu Sutā?). Kostumnya mirip seperti Tenbin Gold namun lebih besar dan terlihat garang dengan warna hitam serta helm nya ditambah corak kepala banteng pada bagian visor dan tanduk yang melebihi helmnya.
    • Senjata Kyu: Kyu Axe (キューアックス Kyū Akkusu?), berbentuk kapak besar bermata dua. Jika digabungkan bersama Oushi Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Alderaban Impact (アルデバランインパクト Arudebaran Inpakuto?)
  • Naga Rei (ナーガ・レイ Nāga Rei?) : Naga Rei adalah seorang pemuda dengan kemampuan hipnosis untuk melumpuhkan lawan beberapa saat yang berasal dari Sistem Ophiuchus (ヘビツカイ座系 Hebitsukai-za-kei?), di mana mereka yang hidup di dalam sistem ini semuanya memiliki wajah identik dan tidak memiliki ekspresi emosi, sehingga mereka hidup lewat kode logika. Bersama dengan Balance dikenal dengan duo BN, ia ingin mempelajari jenis emosi yang ada dalam kehidupan. Ketika bertemu dengan lima Kyuuranger awal, ia langsung akrab dengan Lucky bukan malah menipu mereka untuk diserahkan pada Jark Matter dengan harapan mengenal ekspresi emosi lebih jauh dan dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk. Keputusannya menyelamatkan Lucky dengan membahayakan nyawanya, membuat Balance berubah pikiran untuk menipu kembali. Bersama Balance, ia kemudian bergabung dengan Rebellion sebagai Kyuuranger. Setelah misi di planet Toki, Naga Rei yang ingin memiliki emosi kemuadian dimanfaatkan oleh Akyanba yang kemudian mengubahnya menjadi "Dark Naga" (ダークナーガ Dāku Nāga?), yang membuatnya menjadi bagian dari Jark Matter. Naga Rei kemudian diselamatkan oleh Lucky dan Balance dengan cara mengecil dan masuk ke dalam pikirannya untuk melawan Micro Tsuyoinvader yang menguasai pikirannya. Ia dapat berubah menjadi Hebitsukai Silver (ヘビツカイシルバー Hebitsukai Shirubā?) dan dijuluki Silent Star (サイレントスター Sairento Sutā?). Kostumnya sendiri memiliki corak sisik ular di bagian samping. Ketika menjadi Dark Naga, ia memperoleh Dark Kyuutama dan Dark Seiza Blaster (ダークセイザブラスター Dāku Seiza Burasutā?) dan berubah menjadi Hebitsukai Metal (ヘビツカイメタル Hebitsukai Metaru?), di mana corak kostumnya mendapat ornamen mata ular merag di dada ditambah dengan syal merah yang melilit lehernya plus corak ular pada helmnya berubah menjadi merah.
    • Senjata Kyu: Kyu Sickle (キューシックル Kyū Shikkuru?), berbentuk sabit besar. Jika digabungkan bersama Hebitsukai Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Ophiuchus Impact (オフューカスインパクト Ofyūkasu Inpakuto?). Ketika menjadi Hebitsukai Metal, Kyu Sickle berubah menjadi ungu dan kemudian jika digabungkan dengan Kyuutama Black Hole ( ブラックホール Burakku Hōru?) yang khusus muncul bagi Hebitsukai Metal, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Metal Ophiuchus Crush (メタルオフューカスクラッシュ Metaru Ofyūkasu Kurasshu?).
  • Hammy (ハミィ Hami?) : Hammy adalah seorang gadis yang juga merupakan seorang ninja dari Sistem Chamaeleon (カメレオン座系 Kamereon-za-kei?), yang telah menguasai berbagai ilmu ninja secara turun-temurun dari keluarganya. Sikapnya agak labil mengingat usianya yang masih muda. Ia dapat berubah menjadi Chameleon Green (カメレオングリーン Kamereon Gurīn?) dan dijuluki Shinobi Star (シノビスター Shinobi Sutā?). Pada kostumnya, helmnya bercorak kepala bunglon dengan dua tanduk bulat yang menunjukkan mata bunglon serta visornya menunjukkan mulut bunglon.
    • Senjata Kyu: Kyu Rapier (キューレイピア Kyū Reipia?), berbentuk pedang anggar namun bisa berubah menjadi cambuk. Jika digabungkan bersama Chameleon Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Hamillion Impact (ハミリオンインパクト Hamirion Inpakuto?).
  • Raptor 283 (ラプター283 Raputā Ni Hachi San?) : Raptor 283 adalah android bewujud anak perempuan bercorak pink yang memiliki kemampuan untuk terbang dari Sistem Aquila (ワシ座系 Washi-za-kei?), yang bertugas sebagai sekretaris pribadi Xiao Lonpo dan pilot dari Orion. Serius dan loyal, namun rentan terhadap cerita khayalan sehingga ia menjadi pemimpi yang cukup parah. Karena malu dengan rekan-rekannya, Lucky yang menyadari hal ini menyemangatinya agar mimpi yang ia impikan, terutama mimpi menjadi Kyuuranger bisa terwujud. Ia dapat berubah menjadi Washi Pink (ワシピンク Washi Pinku?) dan dijuluki Speed Star (スピードスター Supīdo Sutā?). Di bagian belakang kostumnya terdapat sepasang sayap elang yang membuatnya bisa terbang.
    • Senjata Kyu: Kyu Shot (キューショット Kyū Shotto?), berbentuk pistol laser. Jika digabungkan bersama Washi Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Altair Impact (アルタイルインパクト Arutairu Inpakuto?).
  • Spada (スパーダ Supāda?) : Spada adalah seorang pria dari Sistem Dorado (カジキ座系 Kajiki-za-kei?) yang ahli memasak, dan bercita-cita menjadi koki terbaik se-alam semesta. Ia menjadi figur ayah bagi rekan-rekannya, meskipun tidak selalu tulus ia juga dapat diandalkan. Ia memasak dengan berinovasi dengan hal-hal yang tidak biasa serta menggabungkan beberapa teknik berbasis masakan Italia, begitupun ketika berbicara ia beberapa kali menggunakan aksen dalam bahasa Italia. Cita-citanya untuk menjadi koki terbaik berawal dari motivasinya untuk tetap membuatkan makanan enak untuk saudara-saudaranya yang menjadi miskin ketika planet tempat tinggalnya juga dihancurkan oleh Jark Matter. Ia dapat berubah menjadi Kajiki Yellow (カジキイエロー Kajiki Ierō?) dan dijuluki Food Mei-Star (フードマイスター Fūdo Maisutā?). Pada kostumnya, visor pada helmnya meruncing ke depan seperti hidung ikan marlin.
    • Senjata Kyu: Kyu Slasher (キュースラッシャー Kyū Surasshā?), berbentuk pedang panjang dan tipis. Jika digabungkan bersama Kajiki Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Dorado Impact (ドラドインパクト Dorado Inpakuto?).
  • Xiao Lonpo (ショウ・ロンポー Shō Ronpō?) : Xiao Lonpo adalah alien berwujud naga dari Sistem Draco (リュウ座系 Ryū-za-kei?) yang merupakan komandan dari Kyuuranger. Dia mencoba untuk memberikan kesan gagah tapi selalu berperilaku seperti pria tua yang sok keren. Pada kenyataannya, ia adalah pejuang yang kehilangan arah setelah kehilangan leluhur dan juga temannya, Big Bear. Walau begitu, ia selalu bisa mengatur ketenangan saat situasi paling mengerikan sekalipun. Pada awalnya, Kyuutama pribadi milik Xiao Lonpo yang dapat membuatnya berubah menjadi Ryu Violet (リュウバイオレット Ryū Baioretto?) tidak sempurna, karena keterbatasan kemampuannya untuk menggunakan Kyuutama tersebut. Dengan dukungan dari sembilan Kyuuranger lainnya untuk berjuang demi Big Bear dan kekuatan dari Kyuutama milik mereka, ia memperoleh wujud sempurna menjadi Ryu Commander (リュウコマンダー Ryū Komandā?). Pada kostumnya, terlihat seperti mantel dengan krah tegak dan berkilau serta corak ornamen rasi bintangnya terletak di tengah, berbeda dengan Kyuuranger lainnya yang terletak di sebelah kiri.
    • Senjata Kyu: Ryu Tsueider (リュウツエーダー Ryū Tsuēdā?), sebuah tongkat yang ketika dalam wujud asli terlihat seperti tongkat jalan, namun ketika Xiao Lonpo menjadi Ryu Commander, tongkat ini menjadi Senjata Kyu dengan dua mode: Rod Mode (ロッドモード Roddo Mōdo?) (tongkat) dan Rifle Mode (ライフルモード Raifuru Mōdo?) (senapan). Jika digabungkan bersama Ryu Kyuutama dalam Rifle Mode, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Drago Crash (ドラゴクラッシュ Dorago Kurasshu?).
  • Kotaro Sakuma (佐久間 小太郎 Sakuma Kotarō?) : Kotaro Sakuma adalah seorang anak kecil dari Bumi yang pertama kali membuat Lucky tertarik padanya karena menentang Jark Matter bersama sang adik, Jiro. Ia bersama Jiro kemudian disandera oleh Jark Matter untuk memancing para Kyuuranger keluar. Ketika Stinger yang menyandera mereka kemudian menyatakan bahwa ia adalah rekan dan membuatnya ingat masa kecilnya mirip dengan mereka, mereka pun akhirnya selamat. Terinspirasi dari apa yang dilakukan Stinger, Kotaro bertekad untuk bergabung dengan Rebellion dan menjadi Kyuuranger. Akhirnya ia mendapatkan dua Kyuutama dari jiwa rekan Xiao Lonpo, yaitu Big Bear. Ia dapat berubah menjadi Koguma Sky Blue (コグマスカイブルー Koguma Sukaiburū?) dan dijuluki Big Star (ビッグスター Biggu Sutā?). Kostumnya juga berbeda karena menyesuaikan dengan badannya yang kecil, helmnya memiliki corak telinga beruang, lalu dilengkapi syal yang melingkar di leher, plus dua sarung tangan yang berfungsi sebagai senjata baik untuk mencakar maupum memukul musuh.
    • Senjata Kyu: Kyu Spear (キュースピア Kyū Supia?), berbentuk tombak. Di samping sarung tangannya, Koguma Sky Blue juga menggunakan Kyu Spear untuk menghargai Stinger yang ia jadikan panutan ketika bertarung. Jika digabungkan bersama Ursa Minor Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Polaris Impact (ポラリスインパクト Porarisu Inpakuto?).
  • Tsurugi Ōtori (鳳 ツルギ Ōtori Tsurugi?) : Tsurugi Ōtori adalah ilmuwan pemimpin Laboratorium Sains Tsurugi Ōtori yang saat ini sudah tidak terpakai lagi, di mana tiga abad lalu ia adalah manusia pertama yang pergi ke luar angkasa dan kemudian memperoleh Houou Kyuutama. Kemampuan Kyuutama tersebut memberikannya kekauatan keabadian dan ia lalu menyatukan alam semesta dan menjadi pimpinan Federasi Luar Angkasa pertama. Tsurugi mendirikan Kyuranger yang dipimpinnya bersama Orion. Ketika Jark Matter muncul dengan tujuan menghancurkan siapa saja yang menghalanginya, Tsurugi membentuk pasukan Kyuuranger yang dipimpinnya bersama Orion. Akhirnya, sempat kehilangan rekan-rakannya salah satunya ahli strategi Cuervo (クエルボ Kuerubo?) dari Sistem Corvus (カラス座系 Karasu-za-kei?), Tsurugi mengorbankan keabadiannya dalam upaya menghancurkan Don Armage. Tapi serangan tersebut gagal dan Orion menempatkan Tsurugi dalam peti beku yang disegel di dalam Argo sambil membagi Kyuutamanya ke dalam Ho, Ryukotsu dan Tomo Kyuutama. Pada hari ini, Tsurugi dihidupkan kembali oleh Kyuuranger setelah mereformasi Argo Kyuutama. Tsurugi segera menyadari bahwa catatan tentang prestasi masa lalunya serta maa lalu para Kyuuranger yang pertama telah dihapus dari sejarah oleh Jark Matter, di mana Don Armage yang telah menargetkan Bumi yang merupakan planet kelahiran Tsurugi. Berbeda dengan Kyuuranger lain yang berubah dengan Seiza Blaster, dengan gabungan Houou Blade bersama Houou Shield yang telah dipasangkan Houou Kyuutama, ia dapat berubah menjadi Houou Soldier (ホウオウソルジャー Hōō Sorujā?) dan dijuluki Space Bu-Star (スペースバスター Supēsu Basutā?). Kostumnya juga berbeda dari yang lain karena terbuat dari kain seperti kulit, dengan kerah yang menyerupai bagian dasar Kyuutama. Helmnya juga dihiasi dengan atribut seperti headset mikro dan ditutup dengan pelindung mata di bagian depan bercorak burung feniks.
    • Senjata Kyu: Houou Blade (ホウオウブレード Hōō Burēdo?) dan Houou Shield (ホウオウシールド Hōō Shīrudo?), merupakan pedang dan perisai bercorak burung feniks. Jika digabungkan bersama Houou Kyuutama, akan menghasilkan serangan akhir yang disebut Phoenix End (フェニックスエンド Fenikkusu Endo?).

Sekutu[sunting | sunting sumber]

Jiro Sakuma[sunting | sunting sumber]

Jiro Sakuma (佐久間 次郎 Sakuma Jirō?) adalah adik dari Kotaro Sakuma.

Big Bear[sunting | sunting sumber]

Big Bear (ビッグベア Biggu Bea?) adalah alien berwujud beruang besar yang dulunya adalah pemimpin awal dari Rebellion serta rekan dan komandan dari Xiao Lonpo. Setelah ia mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Xiao Lonpo dengan mengalahkan Ikargen dan Mardakko, Xiao menggantikan posisinya meskipun masih menyisakan trauma atas kematiannya. Kemudian ia kembali sebagai arwah, ia memiliki dua Kyuutama yaitu Koguma dan Ooguma Kyuutama yang kemudian ia berikan dan percayakan kepada Kotaro.

Kyuutama[sunting | sunting sumber]

Kyuutama (キュータマ Kyūtama?) adalah batu berbentuk globe kecil yang memiliki kekuatan ajaib bagi para Kyuuranger untuk dapat berubah wujud, mengakses senjata, mengaktifkan dan mengendarai Kyuu Voyager masing-masing, serta beberapa kegunaan lainnya. Masing-masing Kyuutama ditandai dengan dua digit angka dan berisi kekuatan dari masing-masing konstelasi/ rasi bintang.

  • Utama (Kyuutama Transformasi (チェンジキュータマ Chenji Kyūtama?))
    • 01. Shishi Kyuutama (シシキュータマ Shishi Kyūtama?): Kyuutama milik Lucky, berwarna merah dan berisi kekuatan Sistem Leo. Kyuutama ini membuat Lucky dapat berubah menjadi Shishi Red, mengaktifkan dan menjalankan Shishi Voyager, serta melakukan Regulus Impact apabila digabungkan dengan Kyu Sword.
    • 02. Sasori Kyuutama (サソリキュータマ Sasori Kyūtama?): Kyuutama milik Stinger, berwarna orange dan berisi kekuatan Sistem Scorpius. Kyuutama ini membuat Stinger dapat berubah menjadi Sasori Orange, mengaktifkan dan menjalankan Sasori Voyager, serta melakukan Antares Impact apabila digabungkan dengan Kyu Spear.
    • 03. Ookami Kyuutama (オオカミキュータマ Ōkami Kyūtama?): Kyuutama milik Garu, berwarna biru dan berisi kekuatan Sistem Lupus. Kyuutama ini membuat Garu dapat berubah menjadi Ookami Blue, mengaktifkan dan menjalankan Ookami Voyager, serta melakukan Lupulus Impact apabila digabungkan dengan Kyu Claw.
    • 04. Tenbin Kyuutama (テンビンキュータマ Tenbin Kyūtama?): Kyuutama milik Balance, berwarna emas dan berisi kekuatan Sistem Libra. Kyuutama ini membuat Balance dapat berubah menjadi Tenbin Gold, mengaktifkan dan menjalankan Tenbin Voyager, serta melakukan Libra Impact apabila digabungkan dengan Kyu Crossbow.
    • 05. Oushi Kyuutama (オウシキュータマ Oushi Kyūtama?): Kyuutama milik Champ, berwarna hitam dan berisi kekuatan Sistem Taurus. Kyuutama ini membuat Champ dapat berubah menjadi Oushi Black, mengaktifkan dan menjalankan Oushi Voyager, serta melakukan Alderaban Impact apabila digabungkan dengan Kyu Axe.
    • 06. Hebitsukai Kyuutama (ヘビツカイキュータマ Hebitsukai Kyūtama?): Kyuutama milik Naga Rei, berwarna perak dan berisi kekuatan Sistem Ophiuchus. Kyuutama ini membuat Naga Ray dapat berubah menjadi Hebitsukai Silver, mengaktifkan dan menjalankan Hebitsukai Voyager, serta melakukan Ophiuchus Impact apabila digabungkan dengan Kyu Sickle.
    • 07. Chameleon Kyuutama (カメレオンキュータマ Kamereon Kyūtama?): Kyuutama milik Hammy, berwarna hijau dan berisi kekuatan Sistem Chameleon. Kyuutama ini membuat Hammy dapat berubah menjadi Chameleon Green, mengaktifkan dan menjalankan Chameleon Voyager, serta melakukan Hamillion Impact apabila digabungkan dengan Kyu Rapier.
    • 08. Washi Kyuutama (ワシキュータマ Washi Kyūtama?): Kyuutama milik Raptor 283, berwarna pink dan berisi kekuatan Sistem Aquila. Kyuutama ini membuat Raptor 283 dapat berubah menjadi Washi Pink, mengaktifkan dan menjalankan Washi Voyager, serta melakukan Altair Impact apabila digabungkan dengan Kyu Shot.
    • 09. Kajiki Kyuutama (カジキキュータマ Kajiki Kyūtama?): Kyuutama milik Spada, berwarna kuning dan berisi kekuatan Sistem Dorado. Kyuutama ini membuat Spada dapat berubah menjadi Kajiki Yellow, mengaktifkan dan menjalankan Kajiki Voyager, serta melakukan Dorado Impact apabila digabungkan dengan Kyu Slasher.
    • 10. Ryu Kyutama (リュウキュータマ Ryu Kyūtama?): Kyuutama milik Xiao Lonpo, berwarna ungu dan berisi kekuatan Sistem Draco. Kyuutama ini membuat Xiao Lonpo dapat berubah menjadi Ryu Violet pada awalnya, yang kemudian menjadi Ryu Commander dengan bantuan kekuatan sembilan Kyuutama utama pertama, lalu mengaktifkan dan menjalankan Ryu Voyager, serta melakukan Drago Crash apabila digabungkan dengan Ryu Tsueider Rifle Mode.
    • 11. Koguma Kyutama (コグマキュータマ Koguma Kyūtama?): Kyuutama milik Kotaro Sakuma, berwarna biru muda dan berisi kekuatan Sistem Ursa Minor. Kyuutama ini membuat Kotaro dapat berubah menjadi Koguma Sky Blue, serta mengaktifkan dan menjalankan Kuma Voyager.
  • Ekstra (Kyuutama Jurus (スキルキュータマ Sukiru Kyūtama?))
    • 16. Hebi Kyuutama (ヘビュータマ Hebi Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Serpens, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat memunculkan bayangan ular dalam jumlah banyak untuk mengelabui musuh.
    • 19. Rashinban Kyuutama (ラシンバンキュータマ Rashinban Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Pyxis, yang diperoleh Balance, Champ, dan Naga Rei melalui perintah Xiao Lonpo, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat memunculkan peta hologram untuk menemukan lokasi komponen dari Argo. Akan tetapi setelah digunakan sekali harus kembali diisi ulang kekuatannya.
    • 20. Bouenkyo Kyuutama (ボウエンキョウキュータマ Bōenkyō Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Telescopium, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat menghasilkan teropong sasaran untuk melakukan serangan atau tembakan jitu dari jarak yang jauh.
    • 21. Kani Kyuutama (カニキュータマ Kani Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Cancer, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat menghasilkan capit kepiting raksasa untuk menjepit, memotong, hingga melempar lawan.
    • 22. Ooguma Kyutama (オグマキュータマ Ooguma Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Ursa Mayor, jika digunakan bersama Seiza Blaster oleh Koguma Sky Blue, membuat badannya menjadi besar untuk beberapa saat sehingga menjadi Ooguma Sky Blue. Serta untuk mengaktifkan dan menjalankan Ooguma Voyager.
    • 23. Uo Kyuutama (ウオキュータマ Oō Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Pisces, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat memunculkan ikan dalam jumlah tertentu (dalam hal ini untuk dimasak ketika digunakan oleh Spada).
    • 24. Tate Kyuutama (タテュータマ Tate Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Scutum, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat memunculkan perisai energi.
    • 25. Futago Kyuutama (フタゴキュータマ Futago Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Gemini, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat membuat Kyuuranger yang menggunakannya menduplikasi dirinya.
    • 26. Ohitsuji Kyuutama (オヒツジキュータマ Ohitsuji Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Aries, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat membuat musuh tertidur beberapa saat.
    • 28. Mizugame Kyuutama (ミズガメュータマ Mizugame Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Aquarius, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat menembakkan semburan air.
    • 33. Pegasus Kyuutama (ペガサスキュータマ Pegasasu Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan Sistem Pegasus, jika digunakan oleh Shishi Red dapat memunculkan Pega-san (ペガさん?), berupa armor bercorak kuda terbang yang terpasang pada tubuh pengguna dan bisa berbicara. Kombinasinya bersama Shishi Red disebut Pegasus Shishi Red (ペガサスシシレッド Pegasasu Shishi Reddo?), dan dijuluki Dancing Star (ダンシングスター Danshingu Sutā?). Jika digabungkan dengan Kyu Sword, Shishi Red dapat melakukan serangan serangan akhir yaitu All-Star Pegasus Impact (オールスターペガサスインパクト Ōru Sutā Pegasasu Inpakuto?) yang dilakukan bersama empat Kyuuranger lainnya.
    • 39. Tokage Kyuutama (トカゲュータマ Tokage Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Lacerta, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat membuat penggunanya memiliki kemampuan untuk merayap di permukaan dinding atau ruangan vertikal.
    • 41. Kenbikyo Kyuutama (ケンビキョウュータマ Kenbikyō Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Microscopium, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat membuat penggunanya melihat makhluk berukuran mikro yang tidak bisa dilihat mata biasa.
    • 42. Ryoken Kyuutama (リョウケンュータマ Ryōken Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Canes Venatici, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat membuat indera penciuman penggunanya menjadi lebih tajam.
    • 51. Otome Kyuutama (オトメュータマ Otome Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Virgo, jika digunakan bersama Seiza Blaster.
    • 55. Ite Kyuutama (イテュータマ Ite Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Sagitarius, jika digunakan bersama Seiza Blaster.
    • 58. Koto Kyuutama (ハトュータマ Koto Kyūtama ?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Columba, jika digunakan bersama Seiza Blaster
    • 64. Cup Kyuutama (コップュータマ Koppu Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Crater, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat memunculkan cangkir untuk minum dalam jumlah tertentu.
    • 68. Usagi Kyuutama (ウサギュータマ Usagi Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Lepus, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat membuat penggunanya beserta yang terkena tembakannya mempunyai kemampuan melompat tinggi.
    • 83. Ro Kyuutama (ロュータマ Ro Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Fornax, jika digunakan bersama Seiza Blaster dapat menghasilkan api yang digunakan untuk penerangan (dalam hal ini api unggun).
    • 86. Ho Kyuutama (ホュータマ Ho Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Vela, merupakan satu dari tiga komponen pembentuk Argo, lokasinya saat ini belum diketahui.
    • 87. Ryukotsu Kyuutama (リュウコツタマュータマ Ryukotsu Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Carina, merupakan satu dari tiga komponen pembentuk Argo, lokasinya saat ini belum diketahui.
    • 88. Tomo Kyuutama (トモュータマ Tomo Kyūtama?): Kyuutama yang berisi kekuatan sistem Puppis, merupakan satu dari tiga komponen pembentuk Argo, lokasinya berada di Bumi dan terletak dalam tubuh Death Worm, cacing pemangsa raksasa. Awalnya Kyuutama ini jatuh ke tangan Ikagen akibat ketidakberuntungan Lucky yang berhasil dikalahkan, namun akhirnya kembali direbut oleh para Kyuuranger dengan berhasil menghancurkan Ikagen.

Peralatan[sunting | sunting sumber]

  • Seiza Blaster (セイザブラスター Seiza Burasutā?): Seiza Blaster adalah gauntlet merangkap pistol yang terpasang di tangan kiri masing-masing Kyuuranger yang digunakan untuk berubah wujud serta mengakses senjata seperti serangan akhir maupun Senjata Kyu (キューザウェポン Kyū Za Wepon?), yang terdiri dari beberapa rangkaian senjata terpisah yang digabungkan mengikuti gaya bertarung dari masing-masing Kyuuranger. Agar Seiza Blaster dapat digunakan, Kyuutama dipasang pada bagian atas dan digerakkan ke arah tertentu seperti tuas joystick untuk mengakses fungsinya.
    • Depan (Seiza Change): Kyuutama digerakkan ke depan untuk melakukan transformasi menjadi Kyuuranger, dengan meneriakkan "Star Change" (スターチェンジ Sutā Chenji?), lalu menembakkan Seiza Blaster ke depan atau ke bawah.
    • Belakang (Seiza Attack): Kyuutama digerakkan ke belakang untuk melakukan serangan. Baik menembak maupun serangan kombinasi dengan Senjata Kyu. Jika digerakkan ke belakang dua kali, masing-masing Kyuuranger dapat melakukan serangan akhir tanpa Senjata Kyu yang disebut All-Star Crash (オールスタークラッシュ Ōru Sutā Kurasshu?). Jika digerakkan ke belakang dua kali saat dalam KyuurenOh, KyuurenOh dapat mengeluarkan serangan akhir sesuai kombinasi Kyuu Voyager.
    • Kanan (Seiza Go): Kyuutama digerakkan ke kanan untuk mengaktifkan Kyuutama raksasa yang membungkus Kyuuranger pengguna lalu menjadi kokpit untuk mengaktifkan dan mengendalikan Kyuu Voyager milik Kyuuranger pengguna.
    • Kiri (Seiza Docking): Kyuutama digerakkan ke kiri untuk melakukan penggabungan Kyuu Voyager menjadi KyuurenOh.
  • Kyuu Buckle (キューバックル Kyū Bakkuru?): Kyuu Buckle adalah lensa khusus yang terpasang pada sabuk masing-masing Kyuuranger untuk menyimpan Kyuutama Ekstra. Ryu Commander juga memiliki Kyuu Buckle sendiri dengan corak emas yang disebut Ryu Buckle (リュウバックル Ryū Bakkuru?).
  • Kyuu Voyager (キュウボイジャー Kyū Boijā?): Kyuu Voyager adalah kendaraan luar angkasa yang masing-masing dimiliki tiap Kyuuranger. Setiap kendaraan berhubungan dengan satu Kyuutama dan digerakkan oleh kekuatannya. Kyuu Voyager disimpan di dalam Orion.
    • Shishi Voyager (シシボイジャー Shishi Boijā?): Kyuu Voyager milik Shishi Red, bercorak singa.
    • Sasori Voyager (サソリボイジャー Sasori Boijā?): Kyuu Voyager milik Sasori Orange, bercorak kalajengking.
    • Ookami Voyager (オオカミボイジャー Ōkami Boijā?): Kyuu Voyager milik Ookami Blue, bercorak serigala.
    • Tenbin Voyager (テンビンボイジャー Tenbin Boijā?): Kyuu Voyager milik Tenbin Gold, bercorak neraca namun dapat berubah menjadi wujud humanoid.
    • Oushi Voyager (オウシボイジャー Oushi Boijā?): Kyuu Voyager milik Oushi Black, bercorak banteng.
    • Hebitsukai Voyager (ヘビツカイボイジャー Hebitsukai Boijā?): Kyuu Voyager milik Hebitsukai Silver, bercorak ular kobra namun dapat berubah menjadi wujud humanoid.
    • Chameleon Voyager (カメレオンボイジャー Kamereon Boijā?): Kyuu Voyager milik Chameleon Green, bercorak bunglon.
    • Washi Voyager (ワシボイジャー Washi Boijā?): Kyuu Voyager milik Washi Pink, bercorak burung elang.
    • Kajiki Voyager (カジキボイジャー Kajiki Boijā?): Kyuu Voyager milik Kajiki Yellow, bercorak ikan marlin.
    • Ryu Voyager (リュウボイジャー Ryu Boijā?): Kyuu Voyager milik Ryu Commander, bercorak naga dengan corak emas pada bagian kepalanya. Sebelumnya corak emas tersebut tidak tampak ketika masih berstatus Ryu Violet.
    • Kuma Voyager (クマボイジャー Kuma Boijā?): Kyuu Voyager milik Koguma Sky Blue, bercorak dua ekor beruang dalam satu Voyager. Terdiri dari Koguma Voyager (コグマボイジャー Koguma Boijā?) bercorak beruang kecil yang menjadi Voyager terkecil dan Ooguma Voyager (オオグマボイジャー Ōguma Boijā?) bercorak beruang besar untuk mengangkut Koguma Voyager.
  • KyuurenOh (キュウレンオー Kyūren'ō?): KyuurenOh adalah robot yang terbentuk dari lima Kyuu Voyager, di mana penggabungannya berpusat pada Shishi Voyager yang menjadi formasi kepala dan badan, ditambah empat dari delapan Kyuu Voyager lainnya yang menjadi formasi masing-masing tangan dan kaki dari robot dan dapat berganti posisi sesuai situasi, karena tiap Kyuu Voyager memiliki kekuatan yang berbeda dan menjadikan ini sebagai variasi serangan yang dikeluarkan nantinya.
    • KyuurenOh (01-03-05-07-09) adalah penggabungan paling pertama/ dasar yang terdiri dari Shishi, Ookami, Oushi, Chameleon, dan Kajiki Voyager. Serangan akhirnya adalah KyuurenOh Star Break (キュウレンオースターブレイク Kyūren'ō Sutā Bureiku?).
    • KyuurenOh (01-03-04-05-06) adalah penggabungan yang terdiri dari Shishi, Ookami, Tenbin, Oushi, dan Hebitsukai Voyager. Serangan akhirnya adalah KyuurenOh Trick Break (キュウレンオートリックブレイク Kyūren'ō Torikku Bureiku?).
    • KyuurenOh (01-03-06-07-09) adalah penggabungan yang terdiri dari Shishi, Ookami, Hebitsukai, Chameleon, dan Kajiki Voyager. Serangan akhirnya adalah KyuurenOh Meteor Break (キュウレンオーメテオブレイク Kyūren'ō Meteo Bureiku?).
    • KyuurenOh (01-03-05-08-09) adalah penggabungan yang terdiri dari Shishi, Ookami, Oushi, Washi, dan Kajiki Voyager. Sama dengan formasi 01-03-06-07-09, serangan akhirnya adalah KyuurenOh Meteor Break.
    • KyuurenOh (01-04-06-08-09) adalah penggabungan yang terdiri dari Shishi, Tenbin, Hebitsukai, Washi, dan Kajiki Voyager. Sama dengan formasi 01-03-06-07-09, serangan akhirnya adalah KyuurenOh Meteor Break.
    • KyuurenOh (01-02-03-05-07) adalah penggabungan yang terdiri dari Shishi, Sasori, Ookami, Oushi, dan Chameleon Voyager. Serangan akhirnya adalah KyuurenOh Super Meteor Break (キュウレンオースーパーメテオブレイク Kyūren'ō Sūpā Meteo Bureiku?), yang dilakukan bersama empat Kyuu Voyager lainnya.
    • KyuurenOh (01-03-04-07-09) adalah penggabungan yang terdiri dari Shishi, Ookami, Tenbin, Chameleon, dan Kajiki Voyager. Serangan akhirnya adalah KyuurenOh Pegasus Break (キュウレンオーペガサスブレイク Kyūren'ō Pegasasu Bureiku?), yang dilakukan dengan bantuan kekuatan Pegasus Kyuutama.

Musuh / Penjahat[sunting | sunting sumber]

Keshogunan Angkasa, Jark Matter (宇宙幕府ジャークマター Uchu Bakufu Jākku Mattā?) adalah organisasi kejahatan yang telah mendominasi 88 Sistem Rasi Bintang & mengontrol Angkasa yang mengumpulkan Planetjume ( Kekuatan Planet ) untuk alasan yang tidak diketahui kegunaannya.

Shogun[sunting | sunting sumber]

Don Armage (ドン・アルマゲ Don Arumage?) adalah pemimpin dari Keshougunan Angkasa, Jark Matter.

Karo[sunting | sunting sumber]

  • Eridron (エリードロン Erīdoron?) adalah Karo dari sistem konstelasi Sagitarius di Keshougunan Angkasa, Jark Matter.
  • Scorpio (スコルピオ Sukorupio?) adalah Karo dari sistem konstelasi Scorpius, dia merupakan kakak dari Stinger.

Daikaan[sunting | sunting sumber]

Daikaan (ダイカーン Daikān?) adalah komandan yang mengatur planet di setiap 88 sistem. Setiap Daikaan memiliki kapal angkasa yang disebut Moraimarz (モライマーズ Moraimāzu?) yang bisa berubah menjadi robot angkasa.

  • Gamettsui (ガメッツイ Gamettsui?) merupakan Daikaan yang mengatur di Planet Jigama.
  • Moretsuyoindaver (モーレツヨインダベー Mōretsuyoindabē?) merupakan Daikaan yang mengatur di Planet Needle.
  • Yumepakkun (ユメパックン Yumepakkun?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Denvil (デンビル Denbiru?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Toome (トゥーミー Twūmī?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Mamoritsuyoindaver (マモリツヨインダベー Mamoritsuyoindabē?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Megatsuyoindaver (メガツヨインダベー Megatsuyoindabē?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Meshiubaindaver (メシウバインダベー Meshiubaindabē?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Metchatsuyoindaver (メッチャツヨインダベー Metchatsuyoindabē?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Mutchatsuyoindaver (ムッチャツヨインダベー Mutchatsuyoindabē?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.
  • Mothma (モズマ Mozuma?) merupakan salah satu Daikaan yang mengatur di Planet Bumi.

Indaver (インダベー Indabē?) adalah para prajurit dari Keshougunan Angkasa, Jark Matter. Tsuyoindaver (ツヨインダベー Tsuyoindabē?) adalah prajurit ke-2 dari Keshougunan Angkasa, Jark Matter dan ini lebih kuat daripada Indaver.

Pembunuh[sunting | sunting sumber]

  • Ikagen (イカーゲン Ikāgen?) adalah pembunuh yang dikirim oleh Don Armage untuk membunuh para Kyuranger, dan yang juga membunuh Big Bear.
  • Madakko (マーダッコ Mādakko?) adalah pembunuh yang dikirim oleh Don Armage untuk membunuh para Kyuranger, dan yang juga membunuh Big Bear.

Episode[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini adalah daftar episode Uchuu Sentai Kyuuranger, yang diproduksi sesuai dengan tanggal produksi. Setiap episode Uchuu Sentai Kyuuranger disebut sebagai jenis "Space" (スペース?).

Space. Judul Penulis Sutradara Pertama mengudara
1 "Super Star No. 1 Di Angkasa"
(宇宙一のスーパスター Uchuichi no Supā Sutā?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 12 Februari 2017
2 "Ayo! Tim Pencuri BN"
(いくぜっ!怪盗BN団 Iku ze ~tsu! Kaitō BN-dan?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 19 Februari 2017
3 "Pria Dari Planet Gurun"
(砂漠の星からきた男 Sabaku no Hoshi kara Kita Otoko?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 26 Februari 2017
4 "Mimpi Sang Android"
(夢みるアンドロイド Yume Miru Andoroido?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 5 Maret 2017
5 "Sembilan Penyelamat Terhebat"
(9人の究極の救世主 Kyūnin no Kyūkyoku no Kyūseishu?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 12 Maret 2017
6 "Kepakkan Sayapmu! Dancing Star!"
(はばたけ!ダンシングスター! Habatake! Danshingu Sutā!?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 19 Maret 2017
7 "Kembalikan Ulang Tahunku!"
(誕生日をとりもどせ! Tanjōbi o Torimodose!?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 26 Maret 2017
8 "Rahasia Komandan Xiao Lonpo"
(司令官ショウ・ロンポーの秘密 Shireikan Shō Ronpō no Himitsu?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 2 April 2017
9 "Membaralah, Dragon Ma-Star"
(燃えよドラゴンマスター Moeyo Doragon Masutā?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 9 April 2017
10 "Raksasa Kecil, Big Star!"
(小さな巨人、ビッグスター! Chiisana Kyojin, Biggu Sutā!?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 16 April 2017
11 "Tiga Kyuutama Penyelamat Alam Semesta"
(宇宙を救う3つのキュータマ Uchū o Sukū Mittsu no Kyūtama?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 23 April 2017
12 "Sebelas Bintang Terhebat"
(11人の究極のオールスター Jūichinin no Kyūkyoku no Ōru Sutā?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 30 April 2017
13 "Stinger, Tantangan untuk Sang Kakak"
(スティンガー、兄への挑戦 Sutingā, Ani e no Chōsen?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibaki 7 Mei 2017
14 "Seru! Kastil Istana Naga Luar Angkasa!"
(おどる!宇宙竜宮城! Odoru! Uchū Ryūgū-jō?)
Kento Shimoyama Takayuki Shibaki 14 Mei 2017
15 "Penyelamat Planet Air Vela"
(海の惑星ベラの救世主 Umi no Wakusei Bera no Kyūseishu?)
Nobuhiro Mouri Hiroyuki Kato 21 Mei 2017
16 "Reuni Stinger dengan Sang Kakak"
(スティンガー、兄との再会 Sutingā, Ani to no Saikai?)
Nobuhiro Mouri Hiroyuki Kato 28 Mei 2017
17 "Menerangi Kubah Kegelapan!"
(闇のドームを照らしタイヨウ! Yami no Dōmu wo Terashitayō?)
Naruhisa Arakawa Noboru Takemoto 4 Juni 2017
18 "Pengiriman Darurat! Space Hero!"
(緊急出動!スペースヒーロー! Kinkyū Shutsudō! Supēsu Hīrō!?)
Naruhisa Arakawa Noboru Takemoto 11 Juni 2017
19 "Roh Planet Hutan Keel"
(森の惑星キールの精霊 Mori no Wakusei Kiiru no Seiren?)
Nobuhiro Mouri Teruaki Sugahara 25 Juni 2017
20 "Stinger VS Scorpio"
(スティンガーVSスコルピオ Sutingā Tai Sukorupio?)
Nobuhiro Mouri Teruaki Sugihara 2 Juli 2017
21 "Selamat tinggal Scorpio! Hari Bangkitnya Kembali Argo!"
(さらばスコルピオ!アルゴ船、復活の時! Saraba Sukorupio! Arugo-sen, Fukkatsu no Toki!?)
Nobuhiro Mouri Teruaki Sugihara 9 Juli 2017
22 "Identitas Sejati Sang Juruselamat Legendaris"
(伝説の救世主の正体 Densetsu no Kyūseishu no Shōtai?)
Nobuhiro Mouri Hiroyuki Kato 23 Juli 2017
23 "Jadilah Perisaiku!"
(俺様の盾になれ! Oresama no Tate ni Nare!?)
Nobuhiro Mouri Hiroyuki Kato 30 Juli 2017
24 "Aku Akan Jadi Perisai Untuk Bertarung!"
(俺は戦う盾になる! Ore wa Tatakau Tate ni Naru!?)
Nobuhiro Mouri Noboru Takemoto 6 Agustus 2017
25 "Planet Toki, Tekad Sang Bocah!"
(星トキ、少年の決意! Wakusei Toki, Shōnen no Ketsui!?)
Nobuhiro Mouri Noboru Takemoto 13 Agustus 2017
26 "Prajurit Kegelapan, Hebitsukai Metal"
(闇の戦士、ヘビツカイメタル Yami no Senshi, Hebitsukai Metaru?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibasaki 20 Agustus 2017
27 "Panik Indaver di Orion!?"
(オリオン号でインダベーパニック!? Orion-gō de Indabē Panikku!??)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibasaki 27 Agustus 2017
28 "Tim Pencuri BN, Bubar..."
(怪盗BN団、解散… Kaitō BN-dan, Kaisan...?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibasaki 3 September 2017
29 "Orion, Kstaria Terkuat..."
(オリオン座、最強の戦士 Orion-za, Saikyō no Senshi?)
Nobuhiro Mouri Takayuki Shibasaki 10 September 2017

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Lucky (ラッキー Rakkī?): Takumi Kizu (岐洲 匠 Kizu Takumi?)[2]
  • Stinger (スティンガー Sutingā?): Yosuke Kishi (岸 洋佑 Kishi Yōsuke?)[2]
  • Garu (ガル?, Voice): Kazuya Nakai (中井 和哉 Nakai Kazuya?)[3]
  • Balance (バランス Baransu?, Voice): Yūki Ono (小野 友樹 Ono Yūki?)[3]
  • Champ (チャンプ Chanpu?, Voice): Akio Ōtsuka (大塚 明夫 Ōtsuka Akio?)[3]
  • Naga Ray (ナーガ・レイ Nāga Rei?): Taiki Yamazaki (山崎 大輝 Yamazaki Taiki?)[2]
  • Hammie (ハミィ Hamyi?): Sakurako Ookuba (大久保 桜子 Ōkuba Sakurako?)[2]
  • Raptor 283 (ラプター283 Raputā Ni Hachi San?, Voice): M·A·O[3]
  • Spada (スパーダ Supāda?): Tetsuji Sakakibara (榊原 徹士 Sakakibara Tetsuji?)[2]
  • Shou Ronpo (ショウ・ロンポー Shō Ronpō?, Voice): Hiroshi Kamiya (神谷 浩史 Kamiya Hiroshi?)[3]
  • Kotaro Sakuma (佐久間 小太郎 Sakuma Kotarō?): Shota Taguchi ((田口 翔大 Taguchi Shōta?)[2]
  • Tsurugi Ootori (鳳 ツルギ Ōtori Tsurugi?): Keisuke Minami (南 圭介 Minami Keisuke?)[2]
  • Narator, Suara Perlengkapan Kyuranger: Subaru Kimura (木村 昴 Kimura Subaru?)[4]

Lagu[sunting | sunting sumber]

  • Lagu Pembuka
    • "Lucky Star" (LUCKYSTAR)
      • Artist: Tomohiro Hatano (幡野 智宏 Hatano Tomohiro) (Project.R)
    Lagu Penutup
    • "Kyutama Dancing!" (キュータマダンシング! Kyūtama Danjingu!)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]