Zyuden Sentai Kyoryuger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
獣電戦隊キョウリュウジャー
Zyuden Sentai Kyoryuger
Genre Tokusatsu
Pembuat Saburo Yatsude
Pengarang Riku Sanjo
Sutradara
Pemeran
Narator Shigeru Chiba
Penggubah lagu tema Toshihiko Sahashi
Lagu pembuka VAMOLA! Kyoryuger oleh Shogo Kamata
Lagu penutup Minna Atsumare! Kyoryuger oleh Hideaki Takatori
Penggubah Toshihiko Sahashi
Negara Bendera Jepang Jepang
Bahasa Jepang
Jumlah episode 48
Produksi
Produser
Durasi 24-25 menit per episode
Rumah produksi TV Asahi
Toei Company
Toei Advertising
Rilis
Jaringan penyiar TV Asahi
Tanggal rilis 17 Februari 2013 (2013-2-17) – 9 Februari 2014 (2014-2-9)
Kronologi
Diawali oleh Tokumei Sentai Go-Busters
Dilanjutkan oleh Ressha Sentai ToQger
Pranala luar
Situs web

Zyuden Sentai Kyoryuger (獣電戦隊キョウリュウジャー, Jūden Sentai Kyōryūjā) (bahasa Indonesia: Skuadron Listrik Binatang Kyoryuger) adalah serial tokusatsu tahun 2013 asal Jepang. Kyoryuger adalah serial Super Sentai yang ke-37 dari serangkaian serial Super Sentai.

Serial ini yang diproduksi oleh TV Asahi dan Toei Company, pertama kali mulai tanggal 17 Februari 2013 dan tamat pada episode ke-48 pada tanggal 9 Februari 2014, setelah Tokumei Sentai Go-Busters selesai. Disiarkan di Super Hero Time bersama edisi serial waralaba Kamen Rider di periode Heisei Kamen Rider Wizard, sampai pemutaran perdana Kamen Rider Gaim. Anggota Kyoryuger juga menjadi pembawa film Tokumei Sentai Go-Busters vs. Kaizoku Sentai Gokaiger: The Movie sebagai pemain kameo. Selain serial TV, Zyuden Sentai Kyoryuger telah tiga kali diangkat menjadi film layar lebar: Super Hero Taisen Z (pemutaran perdana 27 April 2013), Gaburincho of Music (pemutaran perdana 3 Agustus 2013), dan Kyoryuger vs. Go-Busters (pemutaran perdana 18 Januari 2014).

Kyoryuger beranggotakan 5 orang: 4 pria dan 1 wanita. Setiap anggota diasosiasikan dengan satu warna yaitu merah, hitam, biru, hijau, dan merah muda.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kyoryuger adalah serial aksi dan fiksi ilmiah karena sebagian besar diangkat dari cerita fiksi. Serial ini diterjemahkan sebagai Pasukan Khusus, terjemahan resmi bahasa Indonesia untuk istilah "Zyuden" (獣電) adalah "Listrik Binatang".

Cerita[sunting | sunting sumber]

Lama pada masa dinosaurus, Angkatan Darat Deboss menyerang Bumi ke titik kepunahan dinosaurus tetapi mereka dikalahkan oleh Dewa Bijaksana Torin dan Zyudenryu selama invasi pertama. Pada hari ini, Angkatan Darat Deboss muncul kembali saat mereka melanjutkan invasi mereka. Untuk mengatasi ancaman dihidupkan kembali, Torin memilih lima orang pemberani yang mereka harus mengalahkan Zyudenryu masing-masing terlebih dahulu untuk memperoleh kekuatan mereka untuk menjadi "Orang Naga Kuat", Kyoryuger.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kyoryuger[sunting | sunting sumber]

Pemeran Nama peran Warna Julukan Zyudenryu Dinosaurus Nomor
Ryo Ryusei Daigo Kiryu

Dai-kun

Kyoryu Red Kiba No Yuusha/Pahlawan Bertaring Gabutyra Tyrannosaurus 1
Shusuke Saito Ian Yorkland

Icchan

Kyoryu Black Dangan No Yuusha/Pahlawan Berpeluru Parasagun Parasaurolophus 2
Yamato Kinjo Nobuharu Udo

Nobuta - San

Kyoryu Blue Yoroi No Yuusha/Pahlawan Berpelindung Stegotchi Stegosaurus 3
Akihisa Shiono Souji Rippukan

Soujiro

Kyoryu Green Zangeki No Yuusha/Pahlawan Penebas Zakutor Velociraptor 4
Ayuri Konno Amy Yuuzuki

Ami-neesan

Kyoryu Pink Tsuno No Yuusha/Pahlawan Bertanduk Dricera Triceratops 5
Atsushi Maruyama Utsusemimaru

Uppi

Kyoryu Gold Raimei No Yuusha/Pahlawan Kilat Pteragordon Pteranodon 6
Robert Baldwin Ramirez Kyoryu Cyan Hagane No Yuusha/Pahlawan Baja Ankydon Ankylosaurus 7
Ayumi Kinoshita Yuko Fukui
Ayuri Konno Ami-neesan
Masayuki Deai Tessai Kyoryu Gray Gekitotsu No Yuusha/Pahlawan Benturan Bunpachy Pachycephalosaurus 8
Akihisa Shiono Soujiro
Shigeru Chiba Doctor Ulshade Kyoryu Violet Umi No Yuusha/Pahlawan Lautan Plezuon Plesiosaurus 9
Marie Iitoyo Yayoi Ulshade
Atsushi Maruyama Uppi
Toshiyuki Morikawa Torin Kyoryu Silver Senko No Yuusha/Pahlawan Berkilau Bragigas Brachiosaurus 10
Shinji Yamashita Dantetsu Kiryu
Syuusuke Saito Icchan
Mamoru Miyano D Deathryuger Kesatria Brutal(Deboss) Tobaspino Spinosaurus 00
Ryo Ryusei Dai-kun

Kyoryuger (キョウリュウジャー(強・竜・者), Kyōryūjā (Kyō Ryū Ja)), lebih singkatnya "Orang Naga Kuat" (強き竜の者, Tsuyoki Ryū no Mono), terdiri dari lima prajurit muda yang dipilih oleh Makhluk Suci Torin (賢神トリン, Kenjin Torin) untuk melindungi Bumi dari Angkatan Darat Deboss, hamba ancaman jahat yang menyerang planet selama waktu dinosaurus ada sebelum disegel oleh dinosaurus berubah disebut Zyudenryu (獣電竜, Jūdenryū, "Binatang Naga Listrik"). Kyoryuger menggunakan item khusus disebut Zyudenchi (獣電池, Jūdenchi, "Baterai Binatang") yang berisi Kyoryu Spirit (キョウリュウスピリット, Kyōryū Supiritto) Zyudenryu.[1][2] Kana pertama dalam nama depan Kyoryuger merinci "dinosaurus" (「ダ・イ・ノ・ソ・ア 」(ダイノソア), "Da-I-No-So-A" (dainosoa)) sementara kana pertama dalam nama keluarga mereka juga merinci "dinosaurus" (「き・よ・う・り・ゆ」(恐竜), "Ki-Yo-U-Ri-Yu" (kyōryū)) dalam bahasa Jepang.

  • Daigo Kiryu (桐生 ダイゴ, Kiryū Daigo) / Kyoryu Red (キョウリュウレッド, Kyōryū Reddo): Pemimpin dari tim, yang menyemangati orang sekitarnya untuk memanggilnya Raja atau King (キング, Kingu). Merupakan seorang pemuda liar yang memiliki kemampuan unik untuk menyemangati orang lain agar dapat berteman dengannya. Sekitar sepuluh tahun sebelumnya, ia bersama Dantetsu, ayahnya pergi berkeliling dunia, sebelum sang ayah meninggalkannya untuk perjalanan yang lebih berbahaya. Sang ayah memberikan peninggalan berupa sebuah kalung liontin amber dan sejumlah uang. Meskipun diberi pilihan untuk kembali ke Jepang, Daigo memutuskan untuk tetap mengikuti jejak ayahnya mengelilingi dunia. Perjalanan membawanya hingga ke sebuah pulau di laut selatan ketika sekelompok Zorima menyerang. Daigo memperoleh Gaburevolver dari Torin dan bertarung dengan Zyudenryu Gabutyra untuk menjinakkannya selama satu bulan. Meski berhasil, Daigo baru bisa berubah menjadi Kyoryu Red setelah memberi semangat pada Gabutyra agar bertarung bersamanya. Ketika tidak sedang bertarung, Daigo mengambil beberapa pekerjaan paruh waktu, seperti menjadi seorang koki di restoran Tiger Boys. Setelah berubah menjadi Kyoryu Red, ia disebut sebagai "Pahlawan Bertaring" (牙の勇者, Kiba no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Tyrannosaurus merah bernama Gabutyra (ガブティラ, Gabutira).[1][2]
    • Umur: 20 tahun
  • Ian Yorkland (イアン・ヨークランド, Ian Yōkurando) / Kyoryu Black (キョウリュウブラック, Kyōryū Burakku): Seorang kasanova muda pintar dan misterius dengan menyembunyikan masa lalunya yang tragis. Sebelumnya Ian adalah seorang arkeolog yang kehilangan teman baiknya yang merupakan seorang pemburu harta karun, Shiro Mifune. Ketika itu mereka sedang berada di Eropa untuk mencari harta karun peninggalan zaman peradaban kuno, dan di saat yang sama Aigaron,salah satu kesatria deboss menyerang dan membunuh Shiro. Meskipun bertahan hidup dari serangan itu, Ian diselamatkan oleh Torin dan bertarung menjinakkan Zyudenryu Parasagun untuk menjadi Kyoryu Black. Pada awalnya, ia tidak begitu dekat dengan Kyoryuger lainnya hingga Daigo memberinya semangat untuk menghilangkan trauma dirinya atas kematian Shiro yang membuat ia mau berteman dengan Kyoryuger lainnya. Selain sebagai anggota yang memiliki kemampuan dalam menembak dengan akurat, ia juga adalah seorang pengatur strategi yang handal, dan suka memperhatikan hal yang detail. Ketika merasa heran atau kecewa, ia mengangkat kedua tangannya sambil berkata "Oh My". Setelah berubah menjadi Kyoryu Black, ia disebut sebagai "Pahlawan Berpeluru" (弾丸の勇者, Dangan no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Parasaurolophus hitam bernama Parasagun (パラサガン, Parasagan).[1][2][3]
    • Umur: 23 tahun
  • Nobuharu Udo (有働 ノブハル, Udō Nobuharu) / Kyoryu Blue (キョウリュウブルー, Kyōryū Burū): Anggota tertua dari lima Kyoryuger pertama dan terkuat dalam tim. Adalah seorang teknisi yang bertarung dan berhasil menjinakkan Zyudenryu Stegotchi dalam perjalanan di Kutub Utara dan memperoleh kekuatan untuk bertransformasi menjadi Kyoryu Blue. Sebelumnya bekerja sebagai pegawai di sebuah perusahaan dagang global, Nobuharu yang optimis serta pekerja keras pindah dan tinggal bersama adik perempuannya, Yuko, serta keponakannya yang masih kecil, Rika, setelah suami Yuko, Kenichi meninggal dalam sebuah kecelakaan. Sepeninggal Kenichi, Nobuharu mengambil alih usaha Kenichi yaitu Jack-of-All-Trades Marufuku (なんでもや まるふく, Nandemoya Marufuku). Rekan Kyoryuger lainnya sering memanggilnya "Nossan", yang tidak terlalu disukainya karena merujuk kepada "Ossan" yang artinya tua. Ia beberapa kali melakukan lawakan khas Jepang "oyaji gag", yang cukup disukai adik iparnya, mendiang Kenichi, tetapi terdengar garing dan membosankan bagi teman-temannya. Awalnya, Nobuharu agak rentan untuk bertarung karena ia khawatir akan keluarganya dan berujung bahaya bagi mereka. Daigo mampu menyemangatinya bahwa keluarganya bukanlah sebagai kelemahan, tetapi menjadi pendorong semangat untuk bertarung demi melindungi mereka. Setelah berubah menjadi Kyoryu Blue, ia disebut sebagai "Pahlawan Berpelindung" (鎧の勇者, Yoroi no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Stegosaurus biru bernama Stegotchi (ステゴッチ, Sutegotchi).[1][2][3]
    • Umur: 32 tahun
  • Souji Rippukan (立風館 ソウジ, Rippūkan Sōji) / Kyoryu Green (キョウリュウグリーン, Kyōryū Gurīn): Anggota termuda dari lima Kyoryuger pertama. Merupakan seorang siswa sekolah menengah yang cuek dan serius, serta adalah anggota keluarga Rippukan atau Rippukan House (立風館家, Rippūkan-ke), keluarga ahli pedang yang turun temurun mengembangkan teknik pedang tak terkalahkan yang disebut Musōken (無双剣?, "Peerless Sword") sejak periode Sengoku. Meskipun ia mengagumi ayahnya dan keinginan sang ayah terhadap dirinya, Souji membenci sang ayah yang telah berpisah dengan ibunya karena sang ayah terlalu ketat untuk fokus menjadikan Souji seorang ahli pedang mengikuti jejaknya, dan tidak terlalu memahami apa sebenarnya keinginan Souji di luar itu. Sebagai bentuk kebencian terhadap ayahnya, ia mengalahkan Zyudenryu Zakutor di sebuah hutan bambu untuk menjadi Kyoryu Green. Seiring ia menjinakkan Zakutor, ia mengembangkan teknik bertarung liar serta teknik pedang yang nantinya menjadi teknik pribadinya yang disebut "Tebasan Keberanian" atau Zangeki Musōken (斬撃無双剣?, "Slashing Peerless Sword"). Meskipun pada awalnya tidak begitu dekat, Souji seiring waktu bergabung dengan teman-temannya setelah Daigo menyelesaikan masalah antara dirinya dan ayahnya. Setelah berubah menjadi Kyoryu Green, ia disebut sebagai "Pahlawan Penebas" (斬撃の勇者, Zangeki no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Velociraptor hijau bernama Zakutor (ザクトル, Zakutoru).[1][2][3]
    • Umur: 16 tahun
  • Amy Yuuzuki (アミィ結月, Amyi Yūzuki) / Kyoryu Pink (キョウリュウピンク, Kyōryū Pinku): Anggota wanita dalam tim. Amy adalah seorang putri muda yang berasal dari keluarga kaya. Ia mengalahkan dan menjinakkan Zyudenryu Dricera ketika ia masih tinggal di Amerika Serikat untuk menjadi Kyoryu Pink. Meskipun ia mempunyai seorang pelayan pribadi bernama Gentle yang menyediakan segala macam kebutuhan dirinya, Amy memilih bekerja paruh waktu sebagai pelayan di restoran Tiger Boys. Terkadang ia menggunakan frase bahasa Inggris ketika merasa kagum dan terkejut. Gentle memanggilnya "Nona Amy" (アミィ様, Amyi-sama). Karena berasal dari keluarga kaya dan berada, sikapnya yang sedikit agak keras kepala sering ditekan oleh ajaran Gentle yang menekankan bahwa perilaku seorang putri yang berasal dari keluarga kaya haruslah anggun dan lemah lembut. Walaupun begitu, sikap keras kepalanya itu akhirnya terbuka dihadapan Gentle ketika ia berhasil mengalahkan sejumlah Zorima. Amy memiliki teknik bertarung lincah dan sering menggunakan kakinya. Setelah berubah menjadi Kyoryu Pink, ia disebut sebagai "Pahlawan Bertanduk" (角の勇者, Tsuno no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Triceratops merah muda bernama Dricera (ドリケラ, Dorikera).[1][2][3]
    • Umur: 18 tahun
  • Utsusemimaru (空蝉丸) / Kyoryu Gold (キョウリュウゴールド, Kyōryū Gōrudo): Dijuluki Utchī (ウッチー) oleh Amy, seorang samurai yang merupakan pendekar pedang legendaris pada periode Sengoku, yang mengalahkan Zyudenryu Pteragordon dan membentuk sebuah pakta dengan itu dalam rangka mendapatkan kekuatan untuk menjadi Kyoryu Gold. Ia adalah pemilik teknik Pedang Petir atau Raidenken (雷電剣?, "Lightning Sword"). Selama periode Sengoku, ia mengabdi di bawah seorang raja bernama Iwaizumi Mōshinosuke (岩泉 猛志ノ介), yang memiliki kemiripan dengan Daigo. Ia bertarung melawan Pasukan Deboss bersama dengan Torin dan Moshinosuke, hingga Chaos dan Dogold menyusun sebuah rencana untuk melakukan pembantaian untuk memancing Utsusemimaru dan menyulut emosinya. Pada akhirnya ia terjebak dalam jebakan tersebut dan disegel di dalam tubuh Dogold sebagai bagian dari rencana Chaos untuk mengendalikan Pteragordon. Meskipun rencana itu berhasil, pada masa kini ia dianggap telah gugur tetapi tidak kembali sebagai spirit. Tetapi, keadaan Utsusemimaru ini akhirnya terbongkar ketika ia meyakini bahwa Dogold ternyata adalah dirinya sendiri selama ini saat topeng kemarahan Dogold hancur akibat pertarungan dengan Kyoryu Red. Akhirnya dengan bantuan spirit Torin dan Ramirez, ia mampu melepaskan diri sepenuhnya dari kendali Dogold. Meski kemungkinan ia merupakan anggota terkuat dari semua Kyoryuger, dan mampu mengkritik setiap Kyoryuger terkait kemampuan khusus masing-masing dari mereka, sebenarnya ia adalah orang yang sangat baik hati dan penolong, bahkan sering menganggap orang lain lebih baik dari dirinya. Mengingat pesan terakhir dari rajanya, Moshinosuke, sebelum tewas bahwa kebaikannya merupakan kelemahan dari dirinya, membuat ia menjadi keras dan arogan dihadapan orang lain, kecuali Amy yang mengetahui sifat aslinya. Walaupun dengan sikap kerasnya ini, membuat Kyoryuger lain termotivasi agar lebih kuat lagi. Sifat aslinya terungkap setelah Daigo menyadarkannya bahwa dirinya adalah dirinya, bukan rajanya dahulu yaitu Moshinosuke. Dan Utsusemimaru adalah Utsusemimaru sendiri, yang memberinya motivasi lebih untuk bertarung pada masa kini. Setelah berubah menjadi Kyoryu Gold, ia disebut sebagai "Pahlawan Kilat" (雷鳴の勇者, Raimei no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Pteranodon emas bernama Pteragordon (プテラゴードン, Puteragōdon).
  • Ramirez (ラミレス, Ramiresu) / Kyoryu Cyan (キョウリュウシアン, Kyōryū Shian): Ramirez adalah Orang Eropa optimis yang menjadi rekan Zyudenryu Ankydon dan berjuang sebagai Kyoryu Cyan lima abad yang lalu, yang telah gugur dalam pertempuran dan kembali ke masa kini sebagai spirit. Walaupun terlihat seperti hantu, wujud Ramirez sebagai spirit memberinya wujud fisik yang nyata selama ikatannya dengan Ankydon tetap terjaga. Berniat untuk memberikan Ankydon kepada para Kyoryuger pada masa kini, Ramirez dipaksa turun untuk membantu mereka ketika Ankydon berada di bawah pengaruh Debo Virusun. Dengan bantuan Amy, ikatan Ramirez dan Ankydon dapat dikembalikan bersamaan dengan dirinya meninggalkan Jepang untuk mencari Zyudenryu lainnya. Ramirez melakukan transformasi dengan meneriakkan "Spirit Ranger, Fire!" (スピリットレンジャー、ファイヤー!, Supiritto Renjā, Faiyā!). Setelah berubah menjadi Kyoryu Cyan, ia disebut sebagai "Pahlawan Baja" (鋼の勇者, Hagane no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Ankylosaurus sian bernama Ankydon (アンキドン, Ankidon).
  • Tessai (鉄砕) / Kyoryu Gray (キョウリュウグレー, Kyōryū Gurē): Tessai adalah spirit kedua yang muncul setelah Ramirez. Tessai adalah master beladiri dari Cina sekitar enam abad yang lalu, di mana ia mengungkapkan bahwa dirinya merupakan perwujudan dari aliran Yinyang yang menyebabkan dirinya bersifat keras kepala. Ketika Pasukan Deboss menyerang kampung halamannya, Tessai menjadi rekan Zyudenryu Bunpachy dan bertarung sebagai Kyoryu Gray. Pada masa kini, merasakan bahwa Deboss menjadi lebih kuat dari sebelumnya, Tessai melakukan perjalanan ke Jepang untuk memberikan Bunpachy kepada para Kyoryuger pada masa kini. Meskipun begitu, setelah melihat pertempuran para Kyoryuger menghadapi Debo Nagareboshi, ia menyimpulkan hanya Utsusemimaru yang layak serta percaya penuh pada Zyudenchi nya sehingga ia memutuskan untuk melakukan tes kelayakan terhadap Kyoryuger lainnya. Meskipun mereka lulus tes, Tessai menyimpulkan bahwa Daigo dianggap sia-sia dalam tes karena tidak memiliki kelemahan dalam mengendalikan kekuatan dirinya dan membuat Daigo dikeluarkan dari tim sebelum dirinya memberikan Bunpachy. Melihat Daigo yang gigih dalam mencari kelemahannya, Tessai memberinya kesempatan terakhir untuk membuatnya berkembang, dengan menghadapi Tessai di sebuah hutan kabut. Dari sini terungkap, bahwa Tessai adalah seorang pemancing ikan, yang secara tidak langsung membantu Daigo dalam mencari kelemahannya untuk membuatnya lebih kuat. setelah memberikan Bunpachy pada Kyoryuger, bersama Ramirez ia mencari Zyudenryu tersisa. Dengan meneriakkan "Spirit Ranger, Fire!" (スピリットレンジャー、ファイヤー!, Supiritto Renjā, Faiyā!), ia berubah menjadi Kyoryu Gray. Setelah berubah menjadi Kyoryu Gray, ia disebut sebagai "Pahlawan Benturan" (激突の勇者, Gekitotsu no Yūsha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Pachycephalosaurus abu-abu bernama Bunpachy (ブンパッキー, Bunpakkī).
  • Doctor Ulshade (ドクター・ウルシェード, Dokutā Urushēdo) / Kyoryu Violet (キョウリュウバイオレット, Kyōryū Baioretto): Ulshade adalah seorang ilmuwan jenius pada masa kini yang telah lebih dulu menjadi Kyoryuger sebelum lima Kyoryuger pertama. Namun ia memiliki kebiasaan buruk bawaan terbawa suasana senang, sehingga membuatnya tertawa terbahak-bahak hingga sakit pinggang, yang dapat sesekali menimbulkan masalah. Setelah mengalahkan Zyudenryu Plezuon untuk menempa perjanjian dan menjadi Kyoryu Violet, Ulshade menemukan Kyoryugers Arms Zyuden pertama kali dengan memprogram suaranya ke dalamnya. Ulshade bermarkas di sebuah bangunan yang berada di dasar laut. Ketika kelima Kyoryuger pertama terbentuk, Ulshade memutuskan untuk menghabiskan ekspedisi enam bulan ke ruang angkasa sebelum kembali ke Bumi untuk mempercayakan Plezuon ke Kyoryugers. Ulshade merupakan Kyoryuger pendahulu yang masih aktif karena sepertinya ia pensiun sebagai Kyoryuger setelah Kyoryuger lain muncul. Setelah berubah menjadi Kyoryu Violet, Ulshade mengumumkan dirinya sebagai "Pahlawan Lautan" (海 の 勇者, Umi no Yusha). Rekan Zyudenryu-nya adalah Plesiosaurus ungu bernama Plezuon (プレズオン, Purezuon).
  • Yayoi Ulshade (弥生ウルシェード, Yayoi Urushēdo): Yayoi Ulshade adalah cucu dan asisten Doktor Ulshade, membantu dia karena ia adalah seorang gadis kecil. Sebagai Kyoryu Violet, Yayoi mengumumkan dirinya sebagai "Marine Brave".[4]
  • Makhluk Suci Torin (賢神トリン, Kenjin Torin): Mentor dari Kyoryuger berbentuk burung humanoid. Dia memberi kekuatan untuk dinosaurus untuk menjadi Zyudenryu selama invasi pertama dari Angkatan Darat Deboss. Ketika Angkatan Darat Deboss kembali ke bumi, dia berusaha menemukan lima pemuda untuk menjadi "Orang Naga Kuat", atau Kyoryuger. Pada episode 36, Torin bertarung dengan kembarannya Mad Torin yang diciptakan Chaos, yang tidak lain adalah kakaknya. Setelah menerima keberanian sebagai sumber hidupnya yang baru, Torin menggunakan Giga Gaburevolver untuk berubah menjadi Kyoryu Silver (キョウリュウシルバー, Kyōryū Shirubā). Torin dapat dikatakan ahli berpedang, bahkan melebihi Utchy dan Souji. Walau sesekali juga muncul rasa penasaran akan hal baru (seperti membaca komik 'love touch' milik Amy dan menyetel suatu film di episode 40). Rekan Zyudenryu-nya adalah seekor Brachiosaurus perak bernama Bragigas (ブラギガス, Buragigasu).

Sekutu[sunting | sunting sumber]

  • Dantetsu Kiryu (桐生 ダンテツ, Kiryū Dantetsu): Ayah Daigo yang memberinya sebuah liontin amber.
  • Shiro Mifune (御船 士郎, Mifune Shirō): Seorang pemburu harta karun dan teman terbaik Ian dari Eropa.
  • Yuko Fukui (福井 優子, Fukui Yūko): Adik Nobuharu yang merupakan ibu-tunggal dengan putrinya Rika.
  • Rika Fukui (福井 理香, Fukui Rika): Putri Yuko dan keponakan Nobuharu.
  • Genryu Rippukan (立風館 源流, Rippūkan Genryū): Ayah Souji yang ketat dan kepala Rippukan House yang menginginkan Souji untuk mengikuti jejaknya.
  • Gentle (ジェントル, Jentoru): Pelayan pribadi Amy yang mengakomodasi semua kebutuhan sementara ia tinggal di Jepang.
  • Rin Katsuyama (勝山 凛, Katsuyama Rin): Manajer klub kendo di sekolah Souji. Ia diam-diam naksir pada Souji, yang menyadari perasaannya. Meskipun Kyoryuger lain berupaya untuk membuat Rin dan Souji bersama-sama, Souji tetap tidak menyadari bagaimana perasaan Rin padanya, yang sangat mengganggu dirinya.
  • Reiko Tanba (丹波 麗子, Tanba Reiko): Reiko adalah perancang busana kaya yang merupakan ibu Souji. Dia dan Genryu berpisah ketika Souji masih kecil, dan Souji memilih tinggal dengan ayahnya. Dia kembali untuk mengambil Souji di bawah kendalinya untuk menjadi peragawan dan perjalanan dunia, menyangkal keinginannya untuk tinggal bersama teman-temannya sebagai Kyoryuger.

Zyuden Arms[sunting | sunting sumber]

Zyuden Arms (獣電アームズ, Jūden Āmuzu) terdiri dari peralatan dan persenjataan digunakan oleh Kyoryuger dalam perjuangan mereka melawan Angkatan Darat Deboss.

  • Pistol Transformasi Gaburevolver (変身銃ガブリボルバー, Henshinjū Gaburiborubā): Gaburevolver adalah perangkat transformasi dan senjata api Kyoryuger. Kyoryuger mengubah dengan memasukkan Zyudenchi di "mulut" dari Gaburevolver, memutar silinder, kemudian mengarahkan ke atas dan menarik pelatuk dengan panggilan aktivasi "Kyoryu Change" (キョウリュウチェンジ, Kyōryū Chenji). Ketika berputar silinder lagi Gaburevolver akan mengumumkan "Vamola" (バモラー, Bamorā) dan mengaktifkan serangan akhirnya Zyuden Brave Finish (獣電ブレイブフィニッシュ, Jūden Bureibu Finisshu). Ketika dua Zyudenchi dimasukkan, Gaburevolver akan mengumumkan "Vamola Mucho" (バモラームーチョ, Bamorā Mūcho). Ketika mereka melakukan gerak mengokang cepat, Gaburevolver akan mengumumkan "Metcha Mucho" (メッチャムーチョ, Metcha Mūcho), dan dengan berputar silinder pada lengan kanan mereka, Kyoryuger melakukan "Armed On" (アームドオン, Āmudo On), memanggil senjata pribadi mereka serta penjaga lengan berduri.[5]
  • Pedang Zyuden Gaburicalibur (獣電剣ガブリカリバー, Jūdenken Gaburikaribā): Gaburicalibur adalah senjata utama Kyoryuger berbentuk pedang. Ketika Zyudenchi dimasukkan dan mengokang pedang, senjata ini akan mengumumkan "Vamola" dan mengaktifkan serangan akhirnya Zyuden Brave Slash (獣電ブレイブスラッシュ, Jūden Bureibu Surasshu).[6]
  • Gaburu Cannon (ガブルキャノン, Gaburu Kyanon): Gaburu Cannon dibentuk dengan menggabungkan Gaburevolver dan Gaburicalibur menjadi meriam lebih kuat. Ini memiliki mode senapan mesin dan senapan berburu.[7]
  • Ponsel Zyuden Zyuden Mobuckle (獣電携帯獣電モバックル, Jūden Keitai Jūden Mobakkuru): Zyuden Mobuckle adalah perangkat berbentuk ponsel Kyoryuger yang bertindak sebagai gesper yang dapat menyimpan hingga tiga Zyudenchi.[8]
  • Spirit Hammer (スピリットハンマー, Supiritto Hanmā): Spirit Hammer adalah palu berbasis energi besar yang disulap oleh Kyoryu Cyan menggunakan kekuatan Zyudenchi Ankydon. Hal ini cukup kuat untuk menghantam Monster Debo raksasa dari tanah.
  • Sarung Tangan Transformasi Gaburichanger (変身ガントレットガブリチェンジャー, Henshin Gantoretto Gaburichenjā): Gaburichanger adalah perangkat transformasi Kyoryu Gold. Utchi mengubah dengan memasukkan Zyudenchi Pteragordon di "mulut" dari Gaburichanger dan menarik tuas dengan panggilan aktivasi "Kyoryu Change" kemudian "Fire". Dengan menarik tuas sekali lagi, itu akan memperpanjang "sayap" pada sisinya yang Kyoryu Gold dapat digunakan sebagai senjata. Dengan menggabungkan dengan Zandarthunder, senjata ini akan mengaktifkan serangan akhirnya Keterkaitan Petir (いなずま連動, Inazuma Rendō).[9][10]
  • Pedang Zyuden Seri Zandarthunder (直列獣電剣ザンダーサンダー, Chokuretsu Jūden Ken Zandāsandā): Senjata utama Kyoryu Gold. Ini akan mengaktifkan Perasaan Senang Petir Misterius (奥義雷電残光, Ōgi Raiden Zankō) tergantung pada berapa banyak Zyudenchi dimasukkan ke dalamnya. Senjata ini akan mengumumkan "Zan Shakīn!" (ザンシャキーン!) jika hanya satu yang dimasukkan, "Zandar Biribiri!" (ザンダービリビリ, Zandā Biribiri!) jika hanya dua dimasukkan, dan "Zander Thunder!" (ザンダーサンダー!, Zandā Sandā!) ketika tiga dimasukkan.[11][9][10]
  • Plezuon Rocket (プレズオンロケット, Purezuon Roketto): Plezuon Rocket adalah senjata khusus. Serangan khusus adalah Plezuon Mach Punch (プレズオンマッハパンチ, Purezuon Mahha Panchi). Senjata ini hanya muncul di DVD khusus Ada di Sini! Bersenjata Pada Festival Pertengahan Musim Panas!!.
  • Golder Zandar Thunder (ゴールダーザンダーサンダー, Gōrudā Zandā Sandā): Golder Zandar Thunder adalah versi emas dari Zandar Thunder. Serangan khusus adalah Pemotongan Turbulensi Perasaan Senang Petir (雷電残光乱れ斬り, Raiden Zankō Midaregiri) dengan Zandar Thunder. Senjata ini hanya muncul di DVD khusus Ada di Sini! Bersenjata Pada Festival Pertengahan Musim Panas!!.
  • Gabutyra de Carnival (ガブティラ・デ・カーニバル, Gabutira De Kānibaru): Pistol ini terbentuk karena keinginan kuat Gabutyra untuk bertarung bersama Daigo. Menggunakan Zyudenchi 1+, ukuran Gabutyra mengecil dan dapat diubah menjadi pistol. Ketika diaktifkan, akan berbunyi "Oh Matsurincho Carnival" (オ・マツリンチョ カーニバル, O Matsurincho Kānibaru) dan Daigo dapat mengakses bentuk karnival. Daigo juga dapat memasukkan dua kombo Zyudenchi (yang digunakan untuk Kyoryuzin) untuk memperkuat dirinya. Bila Zyudenchi 1+ dilepas, minityra kembali menjadi Gabutyra yang besar.[12]
  • Gaburi Carnival (ガブリカーニバル, Gaburi Kānibaru): Gaburi Carnival dibentuk dengan menggabungkan Gabutyra de Carnival dan Gaburivolver menjadi meriam yang lebih kuat. Ketika rahang bawah ditutup, itu akan mengumumkan "Vamola Carnival" (バモラカーニバル, Bamora Kānibaru) dan mengaktifkan serangan akhirnya Zyuden Carnival Finish (獣電カーニバルフィニッシュ, Jūden Kānibaru Finisshu).[13]
  • Giga Gaburivolver (ギガガブリボルバー, Giga Gaburiborubā): Giga Gaburivolver adalah versi perak dari Gaburivolvers dimiliki oleh Torin, diciptakan oleh Yayoi untuk meningkatkan Gaburivolvers Kyoryugers untuk mengakses Basis Roh setelah itu diintegrasikan kembali ke dalam Bragigas (ブラギガス, Buragigasu). Ketika Torin menerima perannya sebagai Kyoryu Silver, Giga Gaburivolver berubah merah dan biru untuk mencocokkan bulu. Torin dapat mengubah dengan memasukkan Zyudenchi Bragigas di "mulut" dari Giga Gaburivolver, memutar silinder dengan panggilan aktivasi "Kyoryu Change!", melakukan tari pendek untuk lagu rok dimainkan, kemudian menunjuk ke arah luar dan menarik pelatuk berteriak "Fire!". Ketika menggigit, Giga Gaburivolver menghasilkan suara yang mengatakan "Giga Gaburincho!". Seperti Gaburivolver reguler, itu mengumumkan "Vamola Mucho" ketika dua Zyudenchi dimasukkan.[14]
  • Feather Edge (フェザーエッジ, Fezā Ejji): Feather Edge adalah pedang Torin, yang dia dapat menggunakan teknik pendekar utamanya Trinity Straizer (トリニティストレイザー, Toriniti Sutoreizā).[15]

Guardians[sunting | sunting sumber]

Guardians (ガーディアンズ, Gādianzu) adalah Zyudenryu lebih rendah yang mendukung Sepuluh Zyudenryu Terbesar selama perjuangan mereka melawan Angkatan Darat Deboss. Mereka digunakan sebagai gudang senjata Kyoryuger.

  • Deinochaser (ディノチェイサー, Dinocheisā): Sebuah Kombinasi Gertakan antara dua Suku Wali Deinonychus, Suku Deinos (ディノス族, Dinosu Zoku) kuning dan Suku Chase (チェイス族, Cheisu Zoku) hitam, yang ketika mereka digabungkan bisa digunakan sebagai sepeda motor Kyoryuger dengan Zyudenchi Deinochaser #11 sebagai intinya. Sebagai DeinoChaser mereka dapat mencapai kecepatan 300 km/h dan melewati daerah manapun. Terpisah, mereka masih menyerang berpasangan dengan cakar kuat mereka.[16]
  • Deinosgrander (ディノスグランダー, Dinosugurandā): Sebuah Kombinasi Gertakan yang menggunakan Zyudenchi Deinosgrander #12 sebagai intinya. Kombinasi ini membentuk baju besi baru di masing-masing lengan dengan melakukan "Armed On" (アームドオン, Āmudo On), yang dilengkapi duri dan cakar pada masing-masing ujung lengan pengguna, yang apabila disatukan membentuk mulut buaya. Ketika kedua lengan disatukan serta Gaburevolver diaktifkan, pengguna dapat menggali menembus tanah hingga kedalaman tertentu serta menghancurkan batu besar yang tebal. Tingkat ketepatan serangannya melebihi kecepatan serangan DriceLance milik Kyoryu Pink.[17]
  • Kentrospiker (ケントロスパイカー, Kentorosupaikā): Sebuah Kombinasi Gertakan untuk gabungan senjata pribadi Kyoryuger, dibentuk dengan menggunakan Zyudenchi Kentrospiker #13 sebagai intinya. Hal ini dapat digunakan sebagai proyektil seperti harpun, dilemparkan oleh Kyoryu Red ketika digunakan bersama dengan Zyuden Brave Finish.[18]
  • Gabutyra Fang (ガブティラファング, Gabutira Fangu): Gabutyra Fang adalah senjata pribadi Kyoryu Red, berbentuk sarung tinju berkepala Tyrannosaurus yang dapat menggigit dengan gigi serta melakukan pukulan sekuat Gabutyra.[19]
  • Parasa Shot (パラサショット, Parasa Shotto): Parasa Shot adalah senjata pribadi Kyoryu Black, pistol laser yang menghasilkan tembakan secepat dan seakurat Parasagun.[20]
  • Stego Shield (ステゴシールド, Sutego Shīrudo): Stego Shield adalah senjata pribadi Kyoryu Blue, perisai kuat yang dapat menangkis setiap serangan seperti Stegotchi. Dengan ini, Kyoryu Blue dapat melakukan Stego Shield Punch (ステゴシールドパンチ, Sutego Shīrudo Panchi).[21]
  • Zakutor Slasher (ザクトルスラッシャー, Zakutoru Surasshā): Zakutor Slasher adalah senjata pribadi Kyoryu Green, berupa cakar pemotong dengan tiga mata pisau setajam pisau Zakutor untuk mengiris dan menebas musuh.[22]
  • DriceLance (ドリケランス, Dorikeransu): DriceLance adalah senjata pribadi Kyoryu Pink, bor kuat yang dapat mengebor melalui pertahanan musuh seperti Dricera.[23]
  • Fang Shot (ファングショット, Fangu Shotto): Kombinasi dari Gabutyra Fang dan Parasa Shot yang digunakan oleh Kyoryu Red.
  • Shield LanSlasher (シールドランスラッシャー, Shīrudo Ransurasshā): Kombinasi dari Stego Shield, Zakutor Slasher, dan DriceLance yang digunakan oleh Kyoryu Green.

Zyudenchi[sunting | sunting sumber]

Zyudenchi (獣電池, Jūdenchi, "Baterai Buas") adalah baterai energi yang menyimpan sumber energi Kyoryu Spirit dari para Zyudenryu. Baterai digunakan untuk mengeluarkan setiap kemampuan khusus dari Zyudenryu, salah satunya jika dimasukkan ke dalam Gaburevolver maka akan mengumumkan "Gaburincho!" (ガブリンチョ!) dan mampu mengeluarkan serangannya. Jika tidak dipakai, Zyudenchi disimpan dalam kotak pengisian pada Spirit Base. Zyudenchi dengan nomor 1-10 menyimpan kekuatan Kyoryu Spirit dari Sepuluh Zyudenryu Terkuat (十大獣電竜, Jūdai Jūdenryū) yang menyegel Angkatan Darat Deboss. Dan Zyudenchi dari nomor 11-23 menyimpan Kyoryu Spirit dari para Guardians.[24]

  1. Gabutyra (ガブティラ, Gabutira): Zyudenchi seekor Tyrannosaurus. Mentransformasi Daigo menjadi Kyoryu Red dan memberi kekuatan pada Gabutyra pada mode tempur.
  2. Parasagun (パラサガン, Parasagan): Zyudenchi seekor Parasaurolophus. Mentransformasi Ian menjadi Kyoryu Black dan memberi kekuatan pada Parasagun pada mode tempur.
  3. Stegotchi (ステゴッチ, Sutegotchi): Zyudenchi seekor Stegosaurus. Mentransformasi Nobuharu menjadi Kyoryu Blue dan memberi kekuatan pada Stegotchi pada mode tempur.
  4. Zakutor (ザクトル, Zakutoru): Zyudenchi seekor Velociraptor. Mentransformasi Souji menjadi Kyoryu Green dan memberi kekuatan pada Zakutor pada mode tempur.
  5. Dricera (ドリケラ, Dorikera): Zyudenchi seekor Triceratops. Mentransformasi Amy menjadi Kyoryu Pink dan memberi kekuatan pada Dricera pada mode tempur.
  6. Pteragordon (プテラゴードン, Puteragōdon): Zyudenchi seekor Pteranodon. Mentransformasi Utsusemimaru menjadi Kyoryu Gold dan memberi kekuatan pada Pteragordon pada mode tempur. Juga dapat bergabung dengan Kyoryuzin menjadi riden Kyoryuzin yang bisa terbang. Meskipun, dengan niat mengontrol Pteragordon, Zyudenchi ini pernah berhasil dicuri Chaos dan dipercayakan kepada Dogold.[25][26]
  7. Ankydon (アンキドン, Ankidon): Zyudenchi seekor Ankylosaurus. Mentransformasi Ramirez menjadi Kyoryu Cyan dan memberi kekuatan pada Ankydon pada mode tempur.[25][26]
  8. Bunpachy (ブンパッキー, Bunpakkī): Zyudenchi seekor Pachycephalosaurus. Mentransformasi Tessai menjadi Kyoryu Gray dan memberi kekuatan pada Bunpachy pada mode tempur.[25][26]
  9. Plezuon (プレズオン, Purezuon): Zyudenchi seekor Plesiosaurus. Mentransformasi Yayoi Ulshade menjadi Kyoryu Violet dan memberi kekuatan pada Plezuon pada mode tempur & dapat bergabung dengan Gabutyra dan Bunpachy untuk rocket kyoryuzin.[25][26]
  10. Bragigas (ブラギガス Buragigasu): Zyudenchi seekor Brachiosaurus. Zyudenchi ini muncul di episode 34. milik torin yg dapat mengakses mode tempur & bergabung dengan 5 zyudenryu pertama[25][26]
  11. Deinochaser (ディノチェイサー, Dinocheisā): Zyudenchi dari dua ekor Deinonychus. Zyudenchi yang memunculkan Deinos dan Chase, mengkombinasikan mereka menjadi sepeda motor Deinochaser.[25][26]
  12. Deinosgrander (ディノスグランダー, Dinosugurandā): Zyudenchi seekor Deinosuchus. Sama seperti Kentrospiker, Zyudenchi ini dapat menyebabkan Gaburevolver menjadi kacau dan meleset sasarannya saat digunakan langsung. Kekuatannya diaktifkan melalui Armed On di mana pengguna lewat besi cakar dan duri di ujung lengan mereka mampu menggali tanah dengan kedalaman tertentu dan menghancurkan batuan besar, lebih kuat daripada DriceLance, Dricera maupun Ankydon. [25][26]
  13. Kentrospiker (ケントロスパイカー, Kentorosupaikā): Zyudench seekor Kentrosaurus. Zyudenchi yang mengkombinasikan lima senjata pribadi Kyoryugers menjadi Kentrospiker. Ketika digunakan langsung pada Gaburevolver, akan menghasilkan kekacauan akurasi dan menghancurkan setiap benda di sekitarnya.[25][26]
  14. Stymero (スティメロ, Sutimero): Zyudenchi seekor Styracosaurus. Zyudenchi yang digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, terutama target hidup, membuat target menjadi tertarik dan tergila-gila pada penembak.[25][26]
  15. Allomerus (アロメラス, Aromerasu): Zyudenchi seekor Allosaurus. Zyudenchi yang digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, mampu menyemburkan api yang besar hingga suhu 6;800 °C (12;270 °F).[25][26]
  16. Beyonsmo (ビヨンスモ, Biyonsumo): Zyudenchi seekor Seismosaurus. Zyudenchi yang bisa langsung dipakai atau digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, terutama target hidup, membuat target menjadi memanjang sepanjang mungkin.[25][26]
  17. Ovirappoo (オビラップー, Obirappū): Zyudenchi seekor Oviraptor. Zyudenchi yang bisa langsung dipakai atau digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, menghasilkan gas berbau yang mampu menyulitkan target.[25][26]
  18. Igeranodon (イゲラノドン): Zyudenchi seekor Iguanodon. Zyudenchi yang digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, terutama target hidup, membuat target tertawa terbahak-bahak tanpa terkendali.[25][26]
  19. Tuperanda (トペランダ, Toperanda): Zyudenchi seekor Tupandactylus. Zyudenchi yang digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, membuat target manjadi tipis, pipih, dan fleksibel seperti kertas.[25][26]
  20. Gurumonite (グルモナイト, Gurumonaito): Zyudenchi seekor Ammonite. Zyudenchi yang bisa langsung dipakai atau digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, terutama target hidup, membuat target merasa pusing dan mengantuk.[25][26]
  21. Archenolon (アーケノロン, Ākenoron): Zyudenchi seekor Archelon. Zyudenchi yang bisa langsung dipakai atau digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, menciptakan gaya gravitasi tinggi di sekitar area yang ditembak yang memperlambat gerakan siapapun, termasuk pengguna.[25][26]
  22. Pukuptor (プクプトル, Pukuputoru): Zyudenchi seekor Fukuiraptor. Zyudenchi yang bisa digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, terutama target hidup, membuat target menggembung seperti balon untuk waktu tertentu..[25][26]
  23. Futabain (フタバイン): Zyudenchi seekor Futabasaurus. Zyudenchi yang digabungkan dengan Gaburevolver yang apabila ditembakkan kepada targetnya, mampu memperbanyak jumlah target dari jumlah awal. [25][26]
  24. Tobaspino : Zyudenchi seekor '''spinosaurus'''. zyudenchi ini milik D yg dapat membuat D menjadi deathryuger. serta memperkuat Zyudenryu 00 Tobaspino pada mode tempur.

Angkatan Darat Deboss[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat Deboss (デーボス軍, Dēbosu Gun) adalah kelompok antagonis fiksi Kyoryuger. Angkatan Darat Deboss adalah ras makhluk asing yang menyerang Bumi pada masa lalu hanya untuk dikalahkan dan disegel dalam es oleh Zyudenryu. Setelah rusak bebas di era sekarang, mereka bertujuan untuk memanen jiwa manusia untuk sepenuhnya menghidupkan kembali pencipta mereka Deboss dan pemberita zaman es baru.[27][1][2] Angkatan Darat Deboss berbasis di Kastil Beku (氷結城, Hyōketsujō) di dasar laut Antartika. Jenderal utama didasarkan dari karakter Penyihir Ozu.

  • Spesies Gelap Deboss (暗黒種デーボス, Ankokushu Dēbosu): Spesies Gelap Deboss adalah pencipta Deboss disebut sebagai "Penyakit Bintang" (星の病, Hoshi no Yamai) yang masih beku dari invasi pertama mereka.[27]
  • Pendeta Tinggi Berwajah Seratus Chaos (百面神官カオス, Hyakumen Shinkan Kaosu): Chaos adalah pemimpin saat ini Angkatan Darat Deboss. Dia berusaha untuk menghidupkan kembali Deboss dan menghapus ras manusia seperti yang mereka lakukan dengan dinosaurus selama jutaan tahun yang lalu.[28]
  • Ksatria Bergembira Canderrilla (喜びの戦騎キャンデリラ, Yorokobi no Senki Kyanderira): Canderrilla adalah seorang jenderal perempuan yang mendorong orang lain untuk "Tetap tersenyum!" (キープスマイリング!, Kīpu sumairingu!). Juga dapat menjadi wujud manusia.[29]
  • Ksatria Kemarahan Dogold (怒りの戦騎ドゴルド, Ikari no Senki Dogorudo): Dogold adalah seorang jenderal marah tinggi yang mendapat sensasi dari kehancuran. Perlu untuk mendapatkan tubuh ideal baru, Dogold memaksa ilmuwan robot Hiroshi Nakazato untuk mebuat android G-BO (G-BO(ジーボ), Jībo, Generation-roBOt) untuk membuat dogold bertahan hidup. Tapi setelah G-BO dimatikan, Dogold dipaksa untuk jatuh kembali dengan maksud untuk memiliki tubuh hidup seperti Utsusemimaru. Saat ini menjadi parasit untuk Endolf.[30][31]
  • Ksatria Sedih Aigallon (哀しみの戦騎アイガロン, Kanashimi no Senki Aigaron): Aigallon adalah seorang jenderal yang menangis sepanjang waktu tetapi memiliki taktik sengit. juga seorang psikopat yang sadis.[32]
  • Pengintaian Kesenangan Luckyuro (楽しみの密偵ラッキューロ, Tanoshimi no Mittei Rakkyūro): Luckyuro adalah bawahan Canderrilla yang mencintai kehidupan dan bertanggung jawab memperbesar Monster Debo dan Zorima dengan perangkat seperti penyiram yang disebut Sukusuku Joyro (スクスクジョイロ, Sukusuku Joiro).[33]
  • Deathryuger (デスリュウジャー, Desuryūjā): Deathryuger juga dikenal sebagai Ksatria Ganas D (獰猛の戦騎D, Dōmō no Senki Dī), adalah antagonis utama dari film Zyuden Sentai Kyoryuger: Gaburincho of Music, dibuat oleh Deboss menggunakan Zyudenchi D. Selama peristiwa film, Deathryuger muncul untuk menculik Meeko untuk menggunakan suara bernyanyi untuk mendapatkan kontrol Zyudenryu 00 Tobaspino legendaris. Ketika Kyoryuger menggagalkan rencananya, D memperbesar dirinya untuk menghancurkan dunia sebelum dia terhalang oleh nyanyian Mikoto karena Spinodai-Oh menghancurkan dia.[34]
  • Ksatria Kemarahan Endolf (怨みの戦騎エンドルフ, Urami no Senki Endorufu): Endolf adalah perwujudan dari kebencian Deboss yang dibuat oleh Chaos setelah melihat bahwa kebencian adalah emosi ideal untuk melawan Kyoryuger. Endolf akhirnya berakhir menjadi tuan rumah Dogold setelah melemah pada kekalahannya oleh Kyoryu Red Samba Carnival.[35][36]
  • Ksatria Sedih Baru Aisurondo (新・哀しみの戦騎アイスロンド, Shin Kanashimi no Senki Aisurondo): Aisurondo dibuat oleh Chaos untuk menjadi pengganti Aigallon. Dalam pertempuran, dia menggunakan Lembar Musik Menggigil (ガクブル楽譜, Gakuburu Gakufu) dan Tongkat Keputusasaan (ぜつぼうしきぼう, Zetsubō Shikibō) untuk serangan berbasis suara dengan Kiruborero atau oleh dirinya sendiri. Dia dihancurkan oleh Kyoryu Black, menggunakan Tohohawk Aigallon untuk mendaratkan pukulan kematian.[37]
  • Ksatria Bergembira Baru Kiruborero (新・喜びの戦騎キルボレロ, Shin Yorokobi no Senki Kiruborero): Kiruborero dibuat oleh Chaos untuk menjadi pengganti Canderrilla. Dalam pertempuran, dia menggunakan terompet sebagai senjata, yang dia dapat memanfaatkan serangan berbasis suara dengan Aisurondo atau oleh dirinya sendiri.
  • Zorima (ゾーリ魔, Zōrima, Setan Zori): Zorima adalah infanteri Angkatan Darat Deboss yang didasarkan pada Paramecium, mampu berkerumun bersama untuk bergabung menjadi monster seperti dinosaurus disebut Zorima Raksasa (巨大ゾーリ魔, Kyodai Zōrima) untuk memerangi Zyudenryu. Beautiful Zoreamer (ビューティフルゾリー魔ー, Byūtifuru Zorīmā) adalah Zorima bertema keindahan yang dipersenjatai dengan Kuas Cat Berlendir (ヌル塗るブラシ, Nurunuru Burashi).[38][39]
  • Cambrima (カンブリ魔, Setan Cambri): Cambrima adalah ksatria wali di bawah Chaos dipersenjatai dengan CamBlade (カンブレード, Kanburēdo) yang diciptakan dari semua tiga menara ksatria. Menjadi 100 kali lebih kuat daripada Zorima, Cambrima didasarkan pada kehidupan laut dari periode Kambrium.[40]
  • Dino Girls (ディノガールズ, Dino Gāruzu) adalah dua prajurit hamba mirip-manusia perempuan dari D. Lemnear (レムネア, Remunea) memakai putih dan Earthy (アーシー, Āshī) memakai hitam. Mereka dihancurkan oleh Kyoryu Black dan Kyoryu Pink.
  • Setan Tanah Gadoma (大地の魔神ガドマ, Daichi no Majin Gadoma): Gadoma adalah raksasa bertema pemakaman yang memiliki Kekuatan Besar Kuburan (墓威力, Hakairiki) dan dapat menembak Sinar Penembakan Kuburan (墓射光線, Hakai Kōsen). Gadoma diciptakan oleh Deboth sebagai garis pertahanan terakhir selama pertempuran dengan Zyudenryu, tampaknya memusnahkan Guardians sebelum Bragigas terluka parah monster dengan Meriam Gigant. Meskipun melemah, Gadoma menyeret bawah tanah Bragigas dalam apa yang menjadi tempat tidur danau dari Danau Madō (魔洞湖, Madō-ko). Namun, dengan fragmen yang sedang dicampur sekitar Zyudenchi, inti Gadoma tetap utuh karena Chaos telah memancing keluar dari danau sebelum mengering ketika Kyoryuger menghidupkan kembali Bragigas. Setelah membuat badan baru dari tanah sekitarnya, Gadoma menguasai Kyoryuger karena kutukan memiliki lebih Bragigas mempengaruhi Zyudenchi. Tapi begitu kutukan rusak, Gadoma dihancurkan oleh Gigant Kyoryuzin karena menggunakan kekuatan terakhirnya untuk membuat sebuah portal menghubungkan tanah dengan kegelapan di bawahnya.[41]
  • Imam Pedang Setan Mad Torin (魔剣神官マッドトリン, Maken Shinkan Maddo Torin): Mad Torin adalah doppelgänger jahat Torin, yang dia dianggap adik buruk, diciptakan oleh Chaos sebagai penegak barunya dalam menjaga portal ke Neraka Deboss terbuka tanpa batas. Dipersenjatai dengan Mad Edge (マッドエッジ, Maddo Ejji), Mad Torin dapat menggunakan serangan Pedang Setan Madness Flame (魔剣マッドネスフレイム, Maken Maddonesu Fureimu). Dikalahkan dalam pertempuran oleh Kyoryu Silver, Mad Torin dihancurkan dengan Ledakan Semua Gigant Zyuden Super oleh Gigant Kyoryuzin dengan portal disegel.[42]

Monster Debo[sunting | sunting sumber]

Monster Debo (デーボモンスター, Dēbo Monsutā) adalah monster makhluk asing yang melayani di bawah Angkatan Darat Deboss.[1][2]

  • Debo Peshango (デーボ・ペシャンゴ, Dēbo Peshango): Monster Debo yang bertema setelah penghancur (ペシャンコ, peshanko) dikirim oleh Aigallon untuk membuat manusia sedih. Menggunakan Sinar Peshan (ペシャン光線, Peshan Kōsen) yang dapat meratakan bangunan, tetapi lebih tertarik pada seni kerusakan daripada kerusakan itu sendiri. Melalui dikalahkan oleh Kyoryuger, Debo Peshango diperbesar sebelum dihancurkan oleh Kyoryuzin.[43]
  • Debo Royaroya (デーボ・ローヤローヤ, Dēbo Rōyarōya): Monster Debo yang bertema setelah penjara. Debo Royaroya diciptakan untuk melayani Dogold dalam membuat manusia marah. Mampu menggunakan Chain Roya (チェーンローヤ, Chēn Rōya) untuk menangkap manusia, Royaroya menargetkan seniman bela diri dan atlet. Melalui dikalahkan oleh Kyoryu Red dan Kyoryu Green dengan Dino Chasers untuk melawan kecepatan, Debo Royaroya diperbesar sebelum dihancurkan oleh Kyoryuzin Stegotchi-Zakutor.[44]
  • Debo Doronboss (デーボ・ドロンボス, Dēbo Doronbosu): Monster Debo yang bertema setelah kedua gagak dan lemari besi bank, diciptakan untuk melayani Aigallon untuk menghilangkan manusia dari hal-hal favorit mereka untuk membuat mereka sedih. Bick Bank (ビックバンク, Bikku Banku) di dadanya dapat menyimpan jumlah tak terbatas hal-hal, dan dia telah diberi jubah tak terkalahkan Aigallon. Karena jubah, Ian diyakini Debo Doronboss menjadi pembunuh Shiro dan diyakini telah membalas temannya ketika Monster Debo dihancurkan oleh Kyoryuzin Western.[45]
  • Debo Bathisie (デーボ・バティシエ, Dēbo Batishie): Monster Debo yang bertema setelah pembuat manisan, diciptakan untuk melayani Canderrilla. Dia dipersenjatai dengan kocokan Whitto Whipper (ホイッとホイッパー, Hoitto Hoippā) dan Tas Perpipaan Krim Lezat (クリームおいしぼり袋, Kurīmu Oishiboribukuro) digunakan untuk membuat kue. Tapi setelah Debo Wilson terinfeksi dia, Debo Bathisie mulai membuat orang mendapatkan rongga menyakitkan dengan peluru gigi Sinar Rongga (ムシバビーム, Mushiba Bīmu) dan menggunakan Tas Perpipaan Bola Api Lezat (火の玉おいしぼり袋, Hi no Tama Oishiboribukuro) untuk menembak bola api, sementara pada akhirnya asumsi Formulir Kekerasan Rongga (虫歯凶暴態, Mushiba Kyōbōtai). Melalui dikalahkan oleh Kyoryu Green dan Kyoryu Black, Debo Bathisie sebelum dihancurkan oleh Kyoryuzin menggunakan Zyudenken Brave Finish.[46]
  • Debo Yakigonte (デーボ・ヤキゴンテ, Dēbo Yakigonte): Monster Debo yang bertema setelah besi merek dan cetakan, diciptakan untuk melayani Dogold dengan menggunakan Tangan Besi Kopi (コピー焼きゴン手, Kopī Yakigonte) untuk membuat Zorima mengasumsikan bentuk lawan. Selain itu, dia dipersenjatai dengan Besi Achichi (アチチ焼きゴテ, Achichi Yakigote) dan Handar Saber (ハンダーサーベル, Handā Sāberu), diciptakan untuk melayani Dogold dalam skema dua kali lipat untuk memecah Kyoryuger. Debo Yakigonte dikalahkan oleh Kentrospiker sebelum dihancurkan oleh Kyoryuzin Macho.[47]
  • Debo Kokodoko (デーボ・ココドーコ, Dēbo Kokodōko): Monster Debo yang bertema setelah labirin, diciptakan untuk melayani Aigallon. Dia dipersenjatai dengan Big Scythe Goal (ビッグサイズゴール, Biggu Saizu Gōru), diciptakan untuk melayani Aigallon dengan menempatkan orang-orang dalam ilusi melihat anggota keluarga yang telah meninggal. Namun, Kyoryu Blue berhasil mengalahkan Debo Kokodoko sebagai Monster Debo dihancurkan selama pertempuran Kyoryuzin Barat dengan Pteragordon.[48]
  • Debo Honenukky (デーボ・ホネヌッキー, Dēbo Honenukkī): Monster Debo yang bertema setelah tulang, diciptakan untuk melayani Canderrilla dengan menggunakan kemampuan Ekstraksi Tulang Cinta (愛の抜骨, Ai no Bakkotsu) untuk menghapus vertebra toraks dari manusia laki-laki untuk membuat mereka pengagum bersemangat. Meskipun dikalahkan oleh Kyoryu Pink dan Kyoryu Gold, Debo Honenukky diperbesar sebelum dihancurkan oleh Kyoryuzin dan Pteraidenoh.[49]
  • Debo Tangosekku (デーボ・タンゴセック, Dēbo Tangosekku): Monster Debo yang bertema setelah Hari Anak-anak dan dipersenjatai dengan Kenka RyouSaber (喧嘩両成刃, Kenka Ryōseibā, "Fighting Both Sides-Blaming Saber"), diciptakan untuk melayani Dogold dengan memancarkan Kabut Koi (鯉霧, Koi Kiri) putih dari Koinobori Tanku (鯉のぼり端句, Koinobori Tanku) untuk menculik anak-anak muda ke desa tersembunyi untuk membuat mereka kekerasan. Dalam bentuk koinobori, dia dapat memancarkan Kabut Koi Mengerikan (ス鯉霧, Sugoi Kiri) yang membatasi dirinya dan lawan secara permanen ke ruang dimensi yang berbeda. Meskipun dikalahkan oleh Kyoryuger, Debo Tangosekku diperbesar sebelum dihancurkan oleh Raiden Kyoryuzin.[50]
  • Debo Jakireen (デーボ・ジャキリーン, Dēbo Jakirīn): Monster Debo yang bertema setelah sendok garpu dan dipersenjatai dengan Pisau Tentara Rugi (十損ナイフ, Jisson Naifu), diciptakan untuk melayani Aigallon untuk memotong hubungan antara manusia. Meskipun dikalahkan oleh Kyoryu Green dan Kyoryu Gold, Debo Jakireen diperbesar untuk membantu Zorima Raksasa melawan Kyoryuzin sebelum dihancurkan oleh Pteraidenoh Western.[51]
  • Debo Kibishydesu (デーボ・キビシーデス, Dēbo Kibishīdesu): Monster Debo yang bertema setelah ruang kelas dan dipersenjatai dengan tongkat Pengajaran Blastik (ブラスティック教鞭, Burasutikku Kyōben) dan pistol Gatling Pencil-HB (ガトリングペンシル-HB, Gatoringu Penshiu Eichi Bī), diciptakan untuk melayani Chaos untuk mendidik Luckyuro malas ketat. Dia menggunakan Bom Dimensi Super (超時空爆弾, Chōjikū Bakudan) untuk menghancurkan Pangkalan Roh Kyoryuger. Namun, meskipun hampir berhasil, rencana menyimpang sedikit ketika Debo Kibishidesu mendapatkan terbaik dari dirinya dan menculik Amy untuk membuatnya menjadi wanita tepat. Debo Kibishydesu dihancurkan oleh Kyoryu Gold.[52]
  • Debo Zaihon (デーボ・ザイホーン, Dēbo Zaihōn): Monster Debo yang bertema setelah harta dan dipersenjatai dengan beliung Kokohore Wonder (ココホレワンダー, Kokohore Wandā), diciptakan untuk melayani Canderrilla. Dia memiliki Bom Koin Emas (金貨爆弾, Kinka Bakudan) di dadanya dan dapat melakukan serangan Penurunan Strata Litograf (石版地層落とし, Sekiban Chisō Otoshi) dengan tasset keras depan.[53]
  • Debo Kyawaeen (デーボ・キャワイーン, Dēbo Kyawaīn): Monster Debo yang bertema setelah kedua bayi dan vampir, dipersenjatai dengan Kyawa Whip (キャワウィップ, Kyawa Wippu) yang merupakan salah satu pelayan berharga Aigallon. Kelucuan inheren memaksa orang untuk jatuh cinta dengan hal itu, dan menyebabkan orang tua untuk meninggalkan anak-anak mereka. Namun, Kyoryuger berhasil mengalahkan Debo Kyawaeen dengan Zorima ditindas Stymero menahannya untuk Perasaan Senang Petir Brave Finish Kyoryu Gold dan kemudian menghancurkannya dengan Pteraiden-oh Bunpachy.[54]
  • Debo Tanabanta (デーボ・タナバンタ, Dēbo Tanabanta): Monster Debo yang bertema setelah Tanabata dan dipersenjatai dengan Tombak Hutan Bambu (竹林槍(チクリンやり), Chikurin Yari). Teknik Debo Tanabanta adalah Metode Membunuh Daun Bambu (笹の葉殺法, Sasa no Ha Sappō) dan Pemotongan Tombak Bambu (竹槍スラッシュ, Takeyari Surasshu). Menggunakan kertas yang dibuat dari tubuhnya, Debo Tanabanta digunakan oleh Canderrilla dalam skema untuk memberikan keinginan Tanabata orang. Namun, setelah memperoleh energi sukacita disegel di kertas, orang-orang mulai melemah sebelum pada akhirnya meninggal sehari setelah Tanabata. Meskipun Daigo memiliki waktu sulit menangkapnya, Debo Tanabanta tertangkap basah oleh pukulan dari ayah Daigo Dantetsu, ketika Daigo sendiri menghancurkan tabung bambu memegang energi sukacita. Dikalahkan oleh Kentrospiker setelah menderita efek dari kekuasaannya untuk berharap untuk kekalahan mereka, Debo Tanabanta diperbesar dihancurkan oleh Kyoryuzin Kung-Fu.[55]
  • Debo Akkumuun (デーボ・アックムーン, Dēbo Akkumūn): Monster Debo yang bertema setelah tidur, diciptakan untuk melayani Luckyuro untuk menyerang mimpi-mimpi Kyoryuger untuk memberi mereka mimpi buruk. Berkat minuman energi khusus Katsuyama, Souji dan lain-lain mampu mengalahkan dia dengan kombo Zyuden Brave Finish/Dino Slash, Debo Akkumuun kemudian membesar dan akhirnya dihancurkan oleh Pteraidenoh, Plezuoh, dan Kyoryuzin Stegotchi Zakutor.[56]
  • Debo Shinobinba (デーボ・シノビンバ, Dēbo Shinobinba): Monster Debo yang bertema setelah ninja dan dipersenjatai dengan Shirueitō (印影刀, "Pedang Bayangan Segel"), diciptakan untuk melayani Endolf untuk membunuh Daigo untuk membuat Kyoryuger lain marah. Debo Ninpou (デーボ忍法, Dēbo Ninpō) adalah Shuriken Pencar (乱れ手裏剣, Midare Shuriken), Klon Bayangan (影分身, Kage Bunshin), dan Segel Bayangan (影封印, Kage Fūin). Meskipun dikalahkan oleh Kyoryu Red Carnival, Debo Shinobinba diperbesar sebelum dihancurkan oleh Bakuretsu Kyoryuzin.[57]
  • Debo Karyudosu (デーボ・カリュードス, Dēbo Karyūdosu): Monster Debo yang bertema setelah pemburu dan dipersenjatai dengan golok Natan Hansen (ナタン・ハンセン, Natan Hansen) dan panah Hulk Bowgun (ハルク・ボーガン, Haruku Bōgan), diciptakan untuk melayani Endolf untuk membunuh Daigo untuk membuat Kyoryuger lain marah. Dia juga memiliki sepeda motor Road Warrior (ロード・ウォリヤー, Rōdo Woriyā). Debo Karyudosu dihancurkan oleh lima Kyoryuger tidak termasuk Kyoryu Red.[58]
  • Debo Zaihodoron (デーボ・ザイホドローン, Dēbo Zaihodorōn): Debo Zaihodoron adalah Monster Debo dengan kepala Debo Zaihon dan tubuh Debo Doronboss, diciptakan untuk melayani Luckyuro untuk mencabut Kyoryuger untuk fragmen Zyudenryu Guardians. Meskipun dikalahkan oleh Kyoryu Red Carnival, Debo Zaihodoron diperbesar sebelum dihancurkan oleh Bakuretsu Kyoryuzin.[59]
  • Debo Vaacance (デーボ・バーカンス, Dēbo Bākansu): Monster Debo yang bertema setelah liburan musim panas, diciptakan untuk melayani Canderrilla dengan menggunakan Holiday Beam (ホリデービーム, Horidē Bīmu) yang membuat manusia malas. Dia memiliki lengan Ice Cream Arm (アイスクリームアーム, Aisu Kurīmu Āmu) kiri, yang dapat melakukan serangan Triple Drill Cream (トリプルドリルクリーム, Toripuru Doriru Kurīmu), dan lengan You Scream Arm (ユースクリームアーム, Yū Sukurīmu Āmu) kanan. Debo Vaacance dihancurkan oleh Kyoryu Red Kung-Fu Carnival.[60]
  • Debo Spokon (デーボ・スポコーン, Dēbo Supokōn): Monster Debo yang bertema setelah peralatan olahraga, diciptakan untuk melayani Dogold. Serangannya adalah Three-Point Shoot (スリーポイントシュート, Surī Pointo Shūto) dan Bola Keajaiban Pemisahan (分裂魔球, Bunretsu Makyū) untuk membuang peralatan olahraga di tubuhnya pada lawan. Meskipun dikalahkan oleh lima Kyoryuger utama, Debo Spokon diperbesar sebelum dihancurkan oleh Bakuretsu Kyoryuzin.[61]
  • Debo Akidamonne (デーボ・アキダモンネ, Dēbo Akidamonne): Monster Debo yang bertema setelah musim gugur dan dipersenjatai dengan AkiaKine (アキア杵, Akiakine) dan AchilleUsu (アキレ臼, Akireusu), diciptakan untuk melayani Aigallon. Serangannya adalah Bom Kastanye (栗爆弾, Kuri Bakudan), Serangan Daun Mati (枯れ葉攻撃, Kareha Kōgeki), Serangan Tsukimi Dango (月見だんご攻撃, Tsukimi Dango Kōgeki), Bom Kastanye Super (スーパー栗爆弾, Sūpā Kuri Bakudan), dan Serangan Tsukimi Dango Super (スーパー月見だんご攻撃, Sūpā Tsukimi Dango Kōgeki). Dia memiliki kemampuan untuk menarik lawan ke dalam Autumn Zone (オータムゾーン, Ōtamu Zōn). Meskipun dikalahkan oleh tujuh Kyoryuger, Debo Akidamonne diperbesar sebelum dihancurkan oleh Pteraidenoh Parasagun.[62]
  • Debo Tairyon (デーボ・タイリョーン, Dēbo Tairyōn): Monster Debo yang bertema setelah penangkapan ikan dan dipersenjatai dengan Pancing Tegas (ガッ釣り竿, Gattsurizao) dan Harpun Penumpukan Hidangan Laut (海鮮山モリ, Kaisen Yamamori). Meskipun semua orang menganggap misinya mengambil Batu Hilang akhir dari Danau Madō, tujuan sebenarnya Debo Tairyon memancing sepotong Gadoma untuk Chaos. Setelah memenuhi misi sebenarnya dan memberikan item ke Luckyuro, Debo Tairyon berjuang Kyoryuger dan Spirit Ranger sebelum dikalahkan dan kemudian dihancurkan oleh Gigant Bragi-Oh.[63]
  • Debo Kantokku (デーボ・カントック, Dēbo Kantokku): Monster Debo yang bertema setelah film dan dipersenjatai dengan kapak clapperboard Gachinko Kachinko (ガチンコカチンコ), diciptakan untuk melayani Canderrilla untuk membuat target dibintangi sebagai peran utama dalam filmnya. Meskipun dikalahkan oleh Kyoryu Blue, Debo Kantokku diperbesar sebelum dihancurkan oleh Gigant Kyoryuzin.[64]
  • Debo Yanasanta (デーボ・ヤナサンタ, Dēbo Yanasanta): Lima bersaudara Monster Debo yang bertema setelah Natal dan dipersenjatai dengan pedang seperti pohon Natal, dapat menggabungkan dengan satu sama lain untuk meningkatkan kekuatan mereka. Mereka bisa terbang dengan Rocket Boosturkey (ロケットブースターキー, Roketto Būsutākī) di bagian belakang. Serangan mereka adalah Merry Chrismash (メリークリスマッシュ, Merī Kurisumasshu) dengan pedang dan Candle Beam (キャンドルビーム, Kyandoru Bīmu) dari lilin di kedua bahu. Debo Yanasantas diciptakan untuk melayani Dogold untuk mendistribusikan hadiah miskin yang mengandung Sel Pertumbuhan Super (超増殖細胞, Chō Zōshoku Saibō) untuk Deboss menyerap kejengkelan anak-anak untuk bergabung menjadi jumlah Clone Deboss (クローンデーボス, Kurōn Dēbosu) yang menyedot emosi oleh Dogold. Debo Yanasanta pertama dan Debo Yanasanta kedua, disebut sebagai Yanasanta China, memberlakukan skema Dogold untuk menangkap Kyoryu Red dengan menggabungkan ke dalam bentuk dengan dua belas kali kekuatan normal mereka. Namun, dua dihancurkan oleh Kyoryu Red dan Kyoryu Gold dengan Dogold memutuskan untuk memanggil saudara-saudara mereka yang tersisa ke Jepang untuk memberlakukan rencana baru untuk menangkap Dantestu. Trio setelah digabung ke dalam bentuk dengan kekuatan 345 kali lebih besar, Debo Yanasanta akhirnya mengkhianati Dogold untuk master sejati Endolf. Diperbesar dengan Endolf, Debo Yanasanta dihancurkan oleh Gigant Kyoryuzin, Pteraiden-Oh Ankydon, dan Plezu-Oh Bunpachy dengan cepat.[65]
Zetsumates

Zetsumates (ゼツメイツ, Zetsumeitsu) adalah trio Monster Debo Kuno yang terkenal karena menyebabkan peristiwa kepunahan Kapur-Tersier yang menyapu habis Dinosaurus.

  • Debo Hyogakki (デーボ・ヒョーガッキ, Dēbo Hyōgakki): Zetsumates yang bertema setelah gletser (氷山, hyōzan) dengan cakar es (つらら, tsurara) dan pisau sepatu seluncur (スケート靴, sukēto gutsu) di kakinya. Hal ini dapat menembakkan sinar dingin nol mutlak untuk membekukan apa pun menyentuh disebut TsuraLauncher (ツラランチャー, Tsuraranchā). Dicairkan, Debo Hyogakki adalah Zetsumates pertama yang dikirim untuk menyerang umat manusia, tetapi mendapat dihancurkan oleh Kyoryu Red dan Gabutyra.[66]
  • Debo Virusun (デーボ・ウイルスン, Dēbo Uirusun): Zetsumates yang bertema setelah virus, dapat menulari orang lain untuk melakukan penawaran. Dia dipersenjatai dengan ViruSpear (ウイルスピア, Uirusupia). Dihidupkan kembali selama Abad Pertengahan, Debo Virusun tampaknya dihancurkan oleh Kyoryu Cyan and Ankydon. Namun dalam kenyataannya, sepotong serpihan Debo Virusun berakhir di Zyudenchi Ankydon dan diregenerasi, memungkinkan Monster Debo untuk menginfeksi Zyudenryu selama berabad-abad dan memproyeksikan citranya di luar itu. Meskipun dia menyabotase skema Canderrilla dengan Debo Bathisie, Debo Virusun menawarkan bantuan kepada Debo Bathisie dengan Penyakit Nemunemu (ネムネム病, Nemunemu Byō), yang membuat manusia jatuh ke dalam tidur permanen, sebagai suara bernyanyi meningkatkan daya Monster Debo. Tapi begitu ditipu keluar dari Ankydon oleh Amy, hatinya rusak dalam proses, Debo Virusun dihancurkan oleh Kyoryuzin Macho.[67]
  • Debo Nagareboshi (デーボ・ナガレボーシ, Dēbo Nagarebōshi): Debo Nagareboshi adalah Zetsumates terakhir untuk menghadapi Kyoryuger. Dia bertema setelah meteoroid, proyektil Chicxulub yang menyebabkan kepunahan dinosaurus. Dia disegel pergi dalam gunung berapi sebelum dibangunkan oleh dorongan daya yang disebabkan oleh pengadukan Deboss. Setelah mengetahui kematian Debo Hyogakki dan Debo Wilson, Debo Nagareboshi bersumpah untuk membalaskan dendam rekan-rekan jatuh, namun, dia akhirnya dihancurkan oleh Kyoryuzin Kung-Fu.[68]

Episode[sunting | sunting sumber]

Dibawah ini adalah daftar episode Zyuden Sentai Kyoryuger, yang diproduksi sesuai dengan tanggal produksi. Setiap episode Zyuden Sentai Kyoryuger disebut sebagai jenis "Brave". Semua episode ditulis oleh Riku Sanjo.

Brave # Judul Penulis Sutradara Pertama mengudara
1 "Dia Datang! Raja Merah"
(でたァーッ! まっかなキング, Detā! Makka na Kingu)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 17 Februari 2013
Setelah jutaan tahun, Angkatan Darat Deboss telah kembali untuk mencoba untuk menguasai dunia manusia, setelah gagal melakukannya ke dunia dinosaurus. Berdiri di jalan mereka adalah Daigo Kiryu, yang telah ditugaskan untuk pertama kali menemukan dan berperang Zyudenryu Gabutyra sehingga dia bisa menjadi salah satu Kyoryuger.
2 "Gaburincho! Kombinasi Gigitan"
(ガブリンチョ! カミツキがったい, Gaburincho! Kamitsuki Gattai)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 24 Februari 2013
Kelima Kyoryuger sekarang dirakit, namun Daigo menemukan orang lain tidak mau untuk bertindak bersama-sama sebagai sebuah tim karena mereka tetap rahasia identitas mereka satu sama lain, seperti Nobuharu tinggal bersama adik dan keponakan atau Amy tinggal di rumah mewah.
3 "Semakin Liar! Pemberani Penebas"
(あれるぜ! ざんげきのブレイブ, Areru ze! Zangeki no Bureibu)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 3 Maret 2013
Sementara bekerja di sebuah restoran, Amy menyaksikan Kyoryu Green, Souji Rippukan, ditegur oleh ayahnya karena tidak mengikuti tradisi keluarga mereka menjadi pedang besar, semua sementara Monster Debo baru menyerang.
4 "Tembak Mereka! Gaburevolver Keberanian"
(うちぬけ!ゆうきのガブリボルバー, Uchinuke! Yūki no Gaburiborubā)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 10 Maret 2013
Setelah playboy internasional Ian Yorkland, identitas sejati Kyoryu Black, diserang oleh Debo Doronboss, dia mengingat bagaimana dia dulu pernah mampu menembakkan pistol dan menjadi Kyoryuger berubah itu.
5 "Dogon! Ankydon Gigi Rusak"
(ドゴォーン!ムシバのアンキドン, Dogōn! Mushiba no Ankidon)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 17 Maret 2013
Ketika Debo Patissie menyebabkan Ian dan Souji untuk mendapatkan rongga gigi menyakitkan, Daigo, Nobuharu, dan Amy harus mencari tahu bagaimana untuk memanggil kekuatan dari Zyudenryu baru: Ankydon.
6 "Stop! Nyanyian Canderrilla"
(ストップ!うたうキャンデリラ, Sutoppu! Utau Kyanderira)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 24 Maret 2013
Amy harus berurusan dengan Ramirez, masa lalu panjang Kyoryu Cyan, sehingga Kyoryuger bisa tenang Ankydon untuk menyelamatkan dia dari kekuasaan virus Debo Wilson.
7 "Marahlah! Daigo Dalam Masalah"
(いかれ!ダイゴのだいピンチ, Ikare! Daigo no Dai Pinchi)
Riku Sanjo Kazuya Konaka 31 Maret 2013
Daigo sengaja kehilangan Zyudenchi dalam pertempuran, sementara Monster Debo Debo Yakigonte menyebabkan Kyoryuger lain untuk melawan satu sama lain.
8 "Dimana Saya? Menerobos Labirin"
(ココドコ?めいろをぶっとばせ, Kokodoko? Meiro o Buttobase)
Riku Sanjo Kazuya Konaka 7 April 2013
Nobuharu harus mencari tahu bagaimana untuk membagi prioritas di antara keluarga dan pekerjaannya sebagai salah satu Kyoryuger, semua sementara Debo Kokodoko menyerang.
9 "Kuat Sekali! Pteraidenoh"
(メチャつよ!プテライデンオー, Mecha Tsuyo! Puteraiden'ō)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 14 April 2013
Zyudenryu Keenam, Zyudenryu Pteragordon, telah dicuri oleh Angkatan Darat Deboss, dan membuat munculnya kembali di bawah kontrol Dogold. Perjuangan mengamuk Kyoryuger untuk merebut kembali Zyudenryu dicuri, tetapi mereka segera belajar sesuatu tentang masa lalu Dogold...
10 "Zandar! Gold Kembali"
(ザンダーッ!ゴールドふっかつ, Zandā! Gōrudo Fukkatsu)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 21 April 2013
Kyoryuger menemukan identitas sejati Dogold adalah bahwa dari Utsusemimaru, Kyoryu Gold dalam zaman Sengoku. Daigo mencoba untuk mencari cara untuk mengalahkan permainan pedang Utsusemimaru dengan meminta ayah Souji untuk membantu dalam pelatihan pedang, Ian dan Nobuharu mencoba untuk mencari tahu bagaimana untuk menghentikan Pteragordon yang dikendalikan oleh Deboss, Amy dan Souji masih ditangkap oleh Angkatan Darat Deboss, Utsusemimaru akhirnya mendapatkan kembali kenangan, dan Torin mencoba untuk menemukan cara untuk menyelamatkan semua orang dari bahaya.
11 "Utchī! Sangat Keren"
(ウッチー!クールでござる, Utchī! Kūru de Gozaru)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 28 April 2013
Ramirez memperingatkan Kyoryuger bahwa Zyudenryu kedelapan akan segera dapat ditemukan, sebagaimana Canderrilla mengirimkan Debo Honenukky untuk menyerang dan sebagaimana Amy memperkenalkan Utsusemimaru untuk kehidupan modern.
12 "Serang! Raja dan Saya"
(ブットバッソ!せっしゃとキングどの, Buttobasso! Sessha to Kingu-dono)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 5 Mei 2013
Sementara bersorak pada anak muda Tsuyoshi di turnamen sumo Hari Anak, Debo Tangosekku menyerang, dan selama serangan itu, Utsusemimaru melihat seseorang dari masa lalunya dalam tindakan Tsuyoshi.
13 "Jakkireen! Aku akan Melindungi Hatimu"
(ジャキリーン!ハートをまもりぬけ, Jakkirīn! Hāto o Mamorinuke)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 12 Mei 2013
Ian dan Utsusemimaru membantu Souji mendapatkan cukup keberanian untuk meminta Rin, manajer klub kendo sekolahnya. Namun, Debo Jakkireen, yang mencuri kebahagiaan orang, muncul.
14 "Awas! Spirit Base"
(あぶなァーい!スピリットベース, Abunaāi! Supiritto Bēsu)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 19 Mei 2013
Amy memberikan Gentle hari libur, tapi saat ia sedang membersihkan ia ditargetkan oleh kedua Luckyuro dan Debo Kibishydesu yang sangat berpengalaman dalam yang jahat.
15 "Ini Mengiritasi! Ambisi Dogold"
(はらただしいぜッ!ドルドのやぼう, Haratadashii ze! Dogorudo no Yabō)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 26 Mei 2013
Kyoryuger harus berhenti Dogold sebelum dia mencuri sebuah penemuan terbaru lab robotik, Robot G-Bo, untuk menjadi tuan rumah permanen baru untuk tubuhnya.
16 "Dibawa Pergi! Harta Saya"
(モグモグーン!おれのたからもの, Mogumogūn! Ore no Takaramono)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 2 Juni 2013
Setelah Debo Zaihorn menyerang untuk membuat orang cemburu satu sama lain ketika menggali harta karun, Ian menyadari bahwa Aigallon bertanggung jawab atas kematian teman baiknya Shiro Mifune, dan berusaha membalas dendam.
17 "Bentrok Gigi! Kyoryu Gray"
(ガチだぜ!キョウリュウグレー, Gachi da ze! Kyōryū Gurē)
Riku Sanjo Takayuki Shibasaki 9 Juni 2013
Dengan beberapa Zorima menginfeksi kota, Torin kekhawatiran bahwa kebangkitan Deboth semakin dekat. Munculnya Debo Nagareboshi, pembunuh dinosaurus, mengirimkan Kyoryugers untuk mencari bantuan dari semangat pengguna kung fu Kyoryu Gray.
18 "Habis! Pemogokan Kung-Fu"
(つかんだッ!カンフーひっさつけん, Tsukan da! Kanfū Hissatsuken)
Riku Sanjo Takayuki Shibasaki 23 Juni 2013
Daigo meminta kesempatan kedua akan diizinkan di Kyoryuger setelah Kyoryu Gray memiliki keanggotaannya dicabut, dan diberikan kesempatan untuk membuktikan dirinya layak.
19 "Kyawaeen! Keluarga Diculik"
(キャワイーン!うばわれたファミリー, Kyawaīn! Ubawareta Famirī)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 30 Juni 2013
Setelah bertemu seorang anak manja bernama Yuji, Utsusemimaru menemukan bahwa orang tua anak itu berada di bawah perhambaan Debo Kyawaeen, sebuah Monster Debo yang menculik orang tua dari anak-anak mereka.
20 "Unluckyu! Durian Runtuh Tanabata"
(アンラッキュー!タナバタのタナボタ, Anrakkyū! Tanabata no Tanabota)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 7 Juli 2013
Sementara merayakan Tanabata dengan keluarga Nobuharu, Amy membuat keinginan dan menemukan bahwa hari berikutnya telah menjadi kenyataan. Namun, ternyata menjadi kekuatan Debo Tanabanta, yang mengabulkan keinginan Tanabata tetapi orang akan mati pada hari berikutnya.
21 "Zuon! Kembalinya Plezuon"
(ズオーン!かえってきたプレズオン, Zuōn! Kaettekita Purezuon)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 14 Juli 2013
Prajurit Plezuon Kyoryu Violet muncul, mengungkapkan dia telah kehilangan Plezuon pada misi ke ruang angkasa setengah tahun lalu. Kyoryuger saat menuntut untuk mendapatkan dia kembali, sehingga mereka mencari bantuan dari seorang ilmuwan.
22 "Mus-ta-hil! Kebangkitan Deboss"
(ま・さ・か!デーボスふっかつ, Ma-sa-ka! Dēbosu Fukkatsu)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 21 Juli 2013
Yayoi mengungkapkan ia telah merencanakan untuk menginstal data ke Plezuon yang akan memungkinkan untuk mengalahkan Deboss, ketika pergi untuk menyelidiki sebuah planet yang dihancurkan sebelum Deboss datang ke Bumi. Namun, Angkatan Darat Deboss berencana untuk ini dan berharap untuk mempercepat kebangkitan pemimpin mereka pada hari sangat hujan.
23 "Berdiri! Bakuretsu Kyoryuzin"
(たてッ!バクレツキョウリュウジン, Tate! Bakuretsu Kyōryūjin)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 28 Juli 2013
Deboss terlalu kuat untuk semua formasi saat Kyoryuzin dan Pteraidenoh, dan membutuhkan Yayoi untuk menyelesaikan modifikasi di Plezuon jika mereka memiliki kesempatan untuk menghentikan kiamat akan datang.
24 "Membaralah! Tujuh Kyoryuger"
(もえろ!7人のキョウリュウジャー, Moero! Nananin no Kyōryūjā)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 4 Agustus 2013
Yayoi, setelah berhasil kakeknya sebagai Kyoryu Violet, mencoba untuk pergi pada petualangan dengan Kyoryuger lainnya, tapi setelah ia mulai menangis ia menemukan dirinya tidak mampu untuk mengubah. Debo Hyogakki mengambil keuntungan dari hal ini, mengubah air matanya menjadi es untuk mengambil Bumi ke zaman es baru.
25 "Apa Ini! Mimpi Buruk Angkatan Darat Deboss"
(ナニコレ!デーボスぐんのあくむ, Nani Kore! Dēbosu Gun no Akumu)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 11 Agustus 2013
Setelah semua tapi Canderilla dan Luckyuro dihancurkan, Luckyuro mengirimkan Debo Akkumoon untuk menjebak Kyoryuger dalam mimpi buruk mereka.
26 "Oh! Manusia Gabutyra"
(ビックリ!ガブティラにんげん, Bikkuri! Gabutira Ningen)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 18 Agustus 2013
Dalam rangka memerangi Ksatria Kemarahan Endolf, Yayoi datang dengan Zyudenchi baru untuk Kyoryu Red yang akan meningkatkan kekuatannya. Namun, Zyudenchi baru sengaja menyebabkan dia untuk bertindak lebih seperti Gabutyra.
27 "O Matsurincho! Evolusi Super Red"
(オ・マツリンチョ!レッドちょうしんか, O Matsurincho! Reddo Chōshinka)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 1 September 2013
Dengan Gabutyra menggolongkan kepribadian Daigo, dia pergi dalam pelarian, sementara Debo Shinobinba dan Debo Karyudosu muncul untuk mencegah Kyoryuger dari menyelamatkan hidupnya.
28 "Ah Torin! Dendam Miliar Tahun"
(ああトリン! 1おくねんのうらみ, Aa Torin! Ichi-oku-nen no Urami)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 8 September 2013
Ayah Daigo Dantetsu tiba lagi untuk memberinya batu khusus untuk diberikan kepada Torin, yang baru-baru ini diserang oleh Endolf dan sekarang membenci Kyoryuger.
29 "Serangan Besar! Karnaval Tari"
(だいげきとつ! おどれカーニバル, Daigekitotsu! Odore Kānibaru)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 15 September 2013
Dengan Torin keluar dari komisi, Kyoryuger jatuh dalam keputusasaan. Namun, Daigo mengingat bagaimana liontin terus bersinar dan bertanya-tanya apakah mungkin membantu.
30 "Berikan Padaku! Fragmen Guardians"
(てにいれろ! ガーディアンズのかけら, Te ni Irero! Gādianzu no Kakera)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 22 September 2013
Ian mencari tahu bahwa batu yang diterima oleh Daigo dari ayahnya adalah salah satu dari tiga belas fragmen dari Guardians Zyudenryu yang membentuk kunci untuk mengakses kesepuluh Zyudenryu Bragigas. Amy menyadari bahwa seorang kenalan miliknya, Mitsuhiko, memiliki salah satu dari batu, dan pada hari ulang tahunnya dia memutuskan untuk memberikannya dalam kontes bahwa Kyoryuger dan Angkatan Darat Deboss mengambil terpisah.
31 "Liburan! Liburan Kekal"
(バーカンス! えいえんのホリデー, Bākansu! Eien no Horidē)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 29 September 2013
Mal lokal memegang sebuah festival untuk menyambut musim gugur, namun Debo Barkansu menyerang, membuat semua orang berhenti mengkhawatirkan tentang kehidupan mereka dan bukan terfokus pada bersenang-senang dan hanya menyenangkan, termasuk Amy dan Souji, banyak kejutan dari Nobuharu yang berada di pusat perbelanjaan dengan adiknya.
32 "Kemenangan! Ini Pertandingan Olahraga"
(ビクトリー!スポーツしょうぶだ, Bikutorī! Supōtsu Shōbu da)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 6 Oktober 2013
Ketika Debo Spokon menyerang, Kyoryuger mencoba untuk menggunakan Victory Zyudenchi yang dikembangkan oleh Yayoi, tapi Spokon menegaskan bahwa mereka memainkan permainan adil bola basket, memaksa Daigo untuk mengajarkan orang lain bagaimana memainkan permainan dengan benar.
33 "Maksimum! Aku Akan Melindungi Wanita"
(マキシマム!レディはおれがまもる, Makishimamu! Redi wa Ore ga Mamoru)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 13 Oktober 2013
Setelah Ian menggoda Utsusemimaru dengan beberapa teman wanita, dia terkejut dengan kunjungan pacar lamanya Erica. Namun, ketika Debo Akidamonne menyerang, Utsusemimaru dan Erica terjebak dalam dimensi alternatif, di mana Utsusemimaru harus mengatasi kegelisahannya sekitar wanita jika dia melindungi Erica.
34 "Bangkitlah! Bragigas Muncul"
(ふっかつ!ブラギガスしゅつげん, Fukkatsu! Buragigasu Shutsugen)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 20 Oktober 2013
Dengan batu rahasia akhir, Kyoryuger mencari tempat peristirahatan terakhir dari Zyudenryu kesepuluh Bragigas. Namun, Debo Tairyon dikirim keluar untuk menghentikan mereka dari membangkitkan paling kuat Zyudenryu, dan ayah Daigo Dantetsu tampaknya memiliki rencana sendiri.
35 "Super Mengagumkan! Gigant Kyoryuzin"
(チョーすげえッ!ギガントキョウリュウジン, Chō Sugee!! Giganto Kyōryūjin)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 27 Oktober 2013
Kyoryuger harus mencari cara untuk membebaskan Bragigas dari kutukan Setan Gadoma kalau tidak dia mungkin akan kalah dari mereka, lagi.
36 "Giga Gaburincho! Keajaiban Perak"
(ギガガブリンチョ!きせきのシルバー, Giga Gaburincho! Kiseki no Shirubā)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 10 November 2013
Kyoryuger harus menemukan cara untuk menghentikan Monster Debo yang dikalahkan dari menduduki bumi dan menghentikan jahat Mad Torin. Torin percaya ada cara untuk menyelamatkan semua orang, dan itu menemukan pasangan untuk Bragigas yakni dirinya sendiri.
37 "Balas Dendam! Angkatan Darat Deboss Hantu"
(リベンジ!ゆうれいデーボスぐん, Ribenji! Yūrei Dēbosu Gun)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 17 November 2013
Torin melatih Souji dengan cara serangan akhirnya untuk mempersiapkan diri untuk melawan kembalinya Debo Akkumuun,sokon&kibishydesu.
38 "Love Touch! Zorima Terlalu Indah"
(らぶタッチ!うつくしすぎるゾーリま, Rabu Tatchi! Utsukushisugiru Zōrima)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 24 November 2013
Amy pergi kencan dengan Shinya Tsukouchi, seorang pria yang tampak sangat seperti Tessai, hanya menemukan bahwa dia sebenarnya penulis manga favorit Yu Aoyagi. Dia telah datang mencari seorang penggemar yang dapat menggantikannya sebagai penulis. Tessai, bagaimanapun, percaya bahwa Shinya adalah salah satu keturunannya, dan memutuskan untuk melihat apakah dia dapat mengubah manusia rapuh ini menjadi seseorang yang bisa dibanggakan.
39 "Rangkaian Lengkap! Sepuluh Kyoryu Power Terbesar"
(せいぞろい!10だいキョウリュウパワー, Seizoroi! Jū-dai Kyōryū Pawā)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 1 Desember 2013
Miko telah kembali dari tur internasionalnya, tetapi tampaknya bahwa roh jahat dari D telah mengambil alih Miko, berencana untuk mengubah dirinya menjadi Deathryuger baru.
40 "Wowie! Sang Orang Tua Patah Hati"
(グッとくーる!オッサンはつらいよ, Gutto Kūru! Ossan wa Tsurai yo)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 8 Desember 2013
Yuko meyakinkan Nobuharu untuk pergi pada layanan kencan, tapi Kimiko Umizono, wanita yang tampaknya terhubung dengan baik dengan, menyerupai salah satu mantan penyamaran Canderrilla. Ketika Debo Kantokku menyerang, Nobuharu terbelah antara melindungi Kimiko atau mencari tahu apakah ia adalah musuh bebuyutannya.
41 "Yanasanta! Perang Dunia Deboss"
(ヤナサンタ!デーボスせかいけっせん, Yanasanta! Dēbosu Sekai Kessen)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 15 Desember 2013
Kyoryuger bertindak cepat selama liburan ketika Monster Debo Dogold, Debo Yanasanta, mendistribusikan hadiah mengandung sel-sel Deboss di seluruh dunia.
42 "Indah! Natal Kehakiman"
(ワンダホー!せいぎのクリスマス, Wandahō! Seigi no Kurisumasu)
Riku Sanjo Noboru Takemoto 22 Desember 2013
Dengan bantuan Dantetsu, Kyoryuger harus menyelamatkan Natal dari serangan Klon Deboss.
43 "Pisau Jiwa! Mengaum, Strizer"
(たましいのつるぎ!うなれストレイザー, Tamashī no Tsurugi! Unare Sutoreizā)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 5 Januari 2014
Sebagai Souji menguasai versi sendiri Trinity Straizer dari Torin, dia menerima kunjungan dari kedua ibu dan dua anggota baru dari Angkatan Darat Deboss.
44 "Chaos Tertawa! Menghitung Mundur untuk Kehancuran!"
(わらうカオス!はめつのカウントダウン, Warau Kaosu! Hametsu no Kauntodaun)
Riku Sanjo Katsuya Watanabe 12 Januari 2014
Souji menginformasikan lain dari pria berjubah hitam yang menculik orang tuanya selama kegiatan sebelumnya Angkatan Darat Deboss untuk menyebabkan kesedihan, dan mereka kemudian diserang oleh seorang pria dengan jubah putih dan terompet yang tampaknya menyebabkan sukacita dengan musiknya. Kyoryuger mencoba untuk pertempuran dua musuh baru ketika Chaos muncul, setelah akhirnya mulai transformasi ke Deboss.
45 "Ini Mustahil Ayah! Akhir Silver!"
(うそだろオヤジ!シルバーのさいご, Uso Daro Oyaji! Shirubā no Saigo)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 19 Januari 2014
Dengan 50 jam tersisa sampai Deboss menghancurkan Bumi, Kyoryuger berharap bahwa dengan Dantetsu di sisi mereka, mereka masih memiliki kesempatan. Tapi mereka segera menemukan bahwa Tentara Deboth memiliki sekutu manusia baru.
46 "Duel Besar! Pemogokan Cinta dan Air Mata"
(だいけっとう!アイとなみだのいちげき, Daikettō! Ai to Namida no Ichigeki)
Riku Sanjo Hiroyuki Kato 26 Januari 2014
Dantetsu mengungkapkan dia telah berpihak Deboss untuk menyelamatkan Bumi itu sendiri, namun akan memungkinkan kepunahan dari semua kehidupan. Daigo, yang samar-samar mendengar melodi bumi, memutuskan untuk melawan ayahnya yang sekarang Kyoryu Silver. Di tempat lain, Ian melacak Aigallon dan memutuskan untuk akhirnya menyelesaikan skor dengan orang yang bertanggung jawab atas kematian temannya.
47 "Serangan Balik Besar! Berani Akhir Terbesar"
(だいはんげき!さいだいさいごのブレイブ, Daihangeki! Saidai Saigo no Bureibu)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 2 Februari 2014
Hanya ada lima jam tersisa untuk menyelamatkan dunia. Torin melakukan yang terbaik untuk mengalahkan Monster Debo di Tanah Kegelapan, tapi Zorima mulai melarikan diri dan menduduki bumi. Ramirez dan Tessai memutuskan untuk bergabung dengannya, karena mereka telah memutuskan pada dua orang untuk menyampaikan kekuatan mereka, tapi siapa mereka? Dan Utsusemimaru masuk ke pertempuran terakhir kalinya melawan Endolf dan Dogold.
48 "Ledakan Besar! Selamat Tinggal Kyoryuger"
(だいばくはつ!さよならキョウリュウジャー, Daibakuhatsu! Sayonara Kyōryūjā)
Riku Sanjo Koichi Sakamoto 9 Februari 2014
Daigo dan Amy memimpin serangan terakhir di Kastil Beku untuk mencatat Deboss menggunakan Melodi Nyata di Bumi, tetapi untuk memastikan Amy bertahan, Daigo memutuskan untuk pergi sendiri.

Film[sunting | sunting sumber]

Go-Busters vs. Gokaiger[sunting | sunting sumber]

Kyoryuger membuat penampilan debut mereka di film Tokumei Sentai Go-Busters vs. Kaizoku Sentai Gokaiger: The Movie.

Super Hero Taisen Z[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider × Super Sentai × Uchuu Keiji: Super Hero Taisen Z (仮面ライダー×スーパー戦隊×宇宙刑事 スーパーヒーロー大戦Z, Kamen Raidā × Sūpā Sentai × Uchū Keiji: Supā Hīrō Taisen Zetto) adalah rilis film yang menampilkan crossover pertama antara karakter dari tiga waralaba Tokusatsu utama Toei, Kamen Rider, Super Sentai, dan Serial Sherif Angkasa, mewakili serial Metal Hero secara keseluruhan. Pemain dari Kamen Rider Wizard, Zyuden Sentai Kyoryuger, dan Uchuu Keiji Gavan: The Movie berpartisipasi dalam film ini. Kyodain dari Kamen Rider Fourze The Movie: Setiap Orang, Alam Semesta di Sini! juga membuat penampilan.

Gaburincho of Music[sunting | sunting sumber]

Edisi Film Zyuden Sentai Kyoryuger: Gaburincho of Music (劇場版 獣電戦隊キョウリュウジャー GABURINCHO OF MUSIC, Gekijōban Jūden Sentai Kyōryūjā Gaburincho Obu Myūjikku) merupakan film musikal yang dirilis di bioskop pada 3 Agustus 2013. Selain filmnya sebagai Kyoryuger, film Kamen Rider Wizard juga dirilis pada tanggal sama.[69][70][71]

Kyoryuger vs. Go-Busters[sunting | sunting sumber]

Zyuden Sentai Kyoryuger vs. Go-Busters: Pertempuran Besar Dinosaurus! Selamat Tinggal Teman Abadi (獣電戦隊キョウリュウジャーVSゴーバスターズ 恐竜大決戦! さらば永遠の友よ, Jūden Sentai Kyōryūjā tai Gōbasutāzu: Kyōryū Daikessen! Saraba Eien no Tomo yo) akan dirilis di bioskop pada 18 Januari 2014. Seperti film VS sebelumnya, film ini akan menampilkan crossover antara pemain dari Zyuden Sentai Kyoryuger dan Tokumei Sentai Go-Busters, sementara juga membawa akting cemerlang antara pemain dari Kyouryuu Sentai Zyuranger dan Bakuryuu Sentai Abaranger.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pengisi suara tamu[sunting | sunting sumber]

Aktor dalam Pakaian Tempur[sunting | sunting sumber]

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
Lagu penutup

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Vamola" adalah Portugis Brasil untuk "leggo (ayo)".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h Telebi-kun, Januari 2013
  2. ^ a b c d e f g h Telebi Magazine, Januari 2013
  3. ^ a b c d e f g h i Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama pamphlet
  4. ^ "Kyoryu Violet di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-07-28. 
  5. ^ "Gaburevolver di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  6. ^ "Gaburicalibur di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  7. ^ "Gaburu Cannon di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  8. ^ "Zyuden Mobuckle di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  9. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama tvkun0513
  10. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama tvmagazine0513
  11. ^ "Zandar Thunder di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-04-21. 
  12. ^ "Gabutyra de Carnival di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-01. 
  13. ^ "Gaburi Carnival di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-01. 
  14. ^ "Giga Gaburivolver di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-11-16. 
  15. ^ "Feather Edge di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-11-16. 
  16. ^ "DeinoChaser di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  17. ^ "DeinosGrander di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  18. ^ "Kentrospiker di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-10. 
  19. ^ "Gabutyra Fang di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  20. ^ "Parasa Shot di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  21. ^ "Stego Shield di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  22. ^ "Zakutor Slasher di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  23. ^ "DriceLance di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  24. ^ "Zyudenchi di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  25. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r Telebi-kun, Maret 2013
  26. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r Telebi Magazine, Maret 2013
  27. ^ a b "獣電戦隊キョウリュウジャー:新戦隊ものは恐竜がモチーフ 竜星涼「僕のための作品」 - MANTANWEB(まんたんウェブ)" (dalam bahasa Jepang). Mantan-web.jp. Diakses tanggal 2013-02-09. 
  28. ^ "Chaos di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  29. ^ "Canderrilla di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  30. ^ "Dogold di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  31. ^ "G-BO di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-05-26. 
  32. ^ "Aigallon di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  33. ^ "Luckyuro di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  34. ^ "D di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-12-01. 
  35. ^ "Endolf di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-08-18. 
  36. ^ "Endolf di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-15. 
  37. ^ "Aisurondo di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2014-01-25. 
  38. ^ "Zorima di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  39. ^ "Beautiful Zoreamer di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-11-23. 
  40. ^ "Cambrima di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-04-20. 
  41. ^ "Gadoma di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-10-26. 
  42. ^ "Mad Torin di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-11-09. 
  43. ^ "Debo Peshango di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-24. 
  44. ^ "Debo Royaroya di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  45. ^ "Debo Doronboss di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-10. 
  46. ^ "Debo Bathisie di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-17. 
  47. ^ "Debo Yakigonte di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-31. 
  48. ^ "Debo Kokodoko di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-04-07. 
  49. ^ "Debo Honenukky di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-04-28. 
  50. ^ "Debo Tangosekku di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-05-05. 
  51. ^ "Debo Jakireen di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-05-12. 
  52. ^ "Debo Kibishydesu di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-05-19. 
  53. ^ "Debo Zaihon di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-06-02. 
  54. ^ "Debo Kyawaeen di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-06-30. 
  55. ^ "Debo Tanabanta di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-07-07. 
  56. ^ "Debo Akkumuun di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-08-11. 
  57. ^ "Debo Shinobinba di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-01. 
  58. ^ "Debo Karyudosu di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-15. 
  59. ^ "Debo Zaihodoron di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-22. 
  60. ^ "Debo Vaacance di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-09-29. 
  61. ^ "Debo Spokon di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-10-06. 
  62. ^ "Debo Akidamonne di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-10-13. 
  63. ^ "Debo Tairyon di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-10-20. 
  64. ^ "Debo Kantokku di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-12-07. 
  65. ^ "Debo Yanasanta di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-12-21. 
  66. ^ "Debo Hyogakki di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-02-16. 
  67. ^ "Debo Virusun di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-03-24. 
  68. ^ "Debo Nagareboshi di Situs TV Asahi". Diakses tanggal 2013-06-23. 
  69. ^ "劇場版 仮面ライダーウィザード 獣電戦隊キョウリュウジャー (仮) | 東映[映画]". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  70. ^ "劇場版 獣電戦隊キョウリュウジャー(仮題) : 作品情報 - 映画.com". Diakses tanggal 2013-03-03. 
  71. ^ "陣内孝則 最年長54歳でライダーに変身! ― スポニチ Sponichi Annex 芸能". Sponichi.co.jp. Diakses tanggal 2013-05-30. 
  72. ^ "竜星涼 『獣電戦隊キョウリュウジャー』レギュラー出演". 1 Januari 2013. Diakses tanggal 1 Januari 2013. 
  73. ^ "A happy new year|竜星涼オフィシャルブログ Powered by Ameba". 1 Januari 2013. Diakses tanggal 1 Januari 2013. 
  74. ^ "2013年|斉藤秀翼オフィシャルブログ Powered by Ameba". 1 Januari 2013. Diakses tanggal 1 Januari 2013. 
  75. ^ "テレビ朝日「獣電戦隊キョウリュウジャー」('13.01)". 7 Januari 2013. Diakses tanggal 7 Januari 2013. 
  76. ^ "リアルヒーローへ|爆弾ぶるーす". 8 Januari 2013. Diakses tanggal 9 Januari 2013. 
  77. ^ "新年・ご報告|塩野瑛久オフィシャルブログ". 2 Januari 2013. Diakses tanggal 2 Januari 2013. 
  78. ^ "テレビ朝日 「獣電戦隊キョウリュウジャー」 レギュラー出演決定しました!!". 2 Januari 2013. Diakses tanggal 7 Januari 2013. 
  79. ^ "東映公式サイト. 東映". 27 Januari 2013. Diakses tanggal 27 Januari 2013. 
  80. ^ a b "戦隊ものいろいろ出演". オフィスT→PRO声優営業の道. 2013-05-25. Diakses tanggal 2013-09-08. 
  81. ^ a b "日本コロムビア 獣電戦隊キョウリュウジャー主題歌《限定盤》". Nippon Columbia Co. Ltd. Diakses tanggal 2012-12-31. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Go-Busters
Super Sentai
2013 – 2014
Diteruskan oleh:
ToQger