Kishiryu Sentai Ryusoulger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kishiryu Sentai Ryusoulger
Logo-Ryusoulger.png
GenreTokusatsu, Drama, Aksi
Pembuat
Pengarang
Sutradara
  • Kazuya Kamihoriuchi
  • Shōjirō Nakazawa
  • Katsuya Watanabe
  • Koichi Sakamoto
  • Hiroki Kashiwagi
  • Hiroyuki Katō
Pemeran
Lagu pembuka"Kishiryu Sentai Ryusoulger"
Dinyanyikan oleh Tomohiro Hatano
Lagu penutup"Que Boom! Ryusoulger"
Dinyanyikan oleh Sister MAYO
PenggubahKentaro Sonoda
Negara Jepang
BahasaJepang
Jumlah episode48
Produksi
Produser eksekutifMotoi Sasaki (TV Asahi)
Produser
  • Chihiro Inoue (TV Asahi)
  • Ayumi Kanno (TV Asahi)
  • Shinya Maruyama (Toei)
  • Kazuhiro Takahashi (Toei)
  • Kōichi Yada (Toei Agency)
  • Akihiro Fukada (Toei Agency)
Durasi24-25 Menit
Rilis
Jaringan penyiarBendera Jepang TV Asahi
Tanggal rilis17 Maret 2019 (2019-03-17) –
1 Maret 2020 (2020-03-1)
Kronologi
Diawali olehKaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger
Dilanjutkan olehMashin Sentai Kiramager
Pranala luar
Official website (TV Asahi)
(TOEI) Situs web produksi

Kishiryu Sentai Ryusoulger (騎士竜戦隊リュウソウジャー, Kishiryū Sentai Ryūsōjā) (Bahasa Indonesia : Pasukan Ksatria Naga Ryusoulger) adalah serial tokusatsu yang tayang sejak 2019 asal Jepang. Ryusoulger adalah serial Super Sentai ke-43 dari rangkaian Serial Super Sentai. Ryusoulger memiliki tema ksatria dan dinosaurus.

Pada 17 Maret 2019, serial ini menggantikan Kaitou Sentai Lupinranger VS Keisatsu Sentai Patranger dan Super Sentai Strongest Battle!! dan bergabung dengan Kamen Rider Zi-O sebagai bagian dari blok Super Hero Time. Setelah final Zi-O, Kamen Rider Zero-One bergabung dengan Ryusoulger di blok Super Hero Time. Serial ini akan berakhir pada 1 Maret 2020 dan digantikan oleh Mashin Sentai Kiramager segera setelah itu.

Ryusoulger beranggotakan 5 orang dengan motif ksatria dinosaurus, kemudian ditambah 1 anggota baru bermotif emas, dan ditambah 1 anggota lagi yang berawal sebagai antagonist bernama Gaisoulg.

Plot[sunting | sunting sumber]

65 juta tahun yang lalu, Suku Druidon yang sangat kuat berkuasa di Bumi. Suku itu meninggalkan planet Bumi ketika meteor raksasa berjatuhan ke Bumi, dan bersumpah bahwa mereka akan kembali suatu hari untuk berkuasa lagi di Bumi.

Suku Ryusoul yang bertempur melawan Suku Druidon dahulu kala tetap tinggal di Bumi, bersama dengan sahabat dinosaurus mereka, bernama Kishiryu. Ketika Suku Ryusoul bertahan di zaman es karena adanya meteor raksasa, mereka menempatkan teman Kishiryu mereka ke dalam Ryusouls dan menyegel mereka di kuil-kuil di seluruh dunia.

Waktu telah berlalu dan Suku Druidon akhirnya kembali setelah bertahan di lingkungan yang keras di luar angkasa, benar-benar membuat kekuatan mereka meningkat. Suku Ryusoul yang menjaga Bumi di masa lalu telah memilih ksatria baru: Ryusoulgers. Mereka telah dihidupkan kembali dengan misi mereka yaitu pertempuran melawan Suku Druidon dimulai.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Ryusoulger[sunting | sunting sumber]

Aktor Peran Ryusoulger Senjata Mecha
Hayate Ichinose Koh Ryusoul Red Ryusoul Changer

Ryusoul Ken

Kishiryu Tyramigo
Keito Tsuna Melto Ryusoul Blue Ryusoul Changer

Ryusoul Ken

Kishiryu Triken
Ichika Osaki Asuna Ryusoul Pink Ryusoul Changer

Ryusoul Ken

Kishiryu Ankyloze
Yuito Obara Towa Ryusoul Green Ryusoul Changer

Ryusoul Ken

Kishiryu TigerLance
Tatsuya Kishida Bamba Ryusoul Black Ryusoul Changer

Ryusoul Ken

Kishiryu MilNeedle
Katsumi Hyodo Canalo Ryusoul Gold Mosa Changer

Mosa Blade

Kishiryu MosaRex
Seiya Osada Nada Gaisoulg Gaisoul Ken

Ryusoulger merupakan keturunan dari Suku Ryusoul (リュウソウ族, Ryūsō-zoku, Ryusoul Tribe), suku bangsa kuno yang sudah ada sejak zaman dinosaurus dan telah terlibat perang pada masa lalu. Suku Ryusoul membangun desa mereka di wilayah pegunungan terpencil di Aokigahara, di mana mereka mewariskan mantel Ryusoulger dari generasi ke generasi (dalam hal ini master kepada penerusnya) sambil menjaga kuil yang menyimpan Kishiryu, makhluk hidup yang diciptakan oleh Suku Ryusoul sebagai penanggulangan dari Suku Druidon dengan mengambil bentuk yang lebih kuat melalui Kombinasi Ryusoul. Ketika Suku Druidon kembali ke bumi, para Ryusoulger yang ada pada saat itu dipaksa meninggalkan desa mereka untuk menghadapi ancaman bahaya dari Druidon. Para Ryusoulger memiliki alat Ryusoul Changer (リュウソウチェンジャー, Ryūsō Chenjā) untuk berubah ke dalam mode tempur, dan dilengkapi dengan Ryusoul Ken (リュウソウケン, Ryūsō Ken) yaitu pedang yang berfungsi sebagai senjata utama sekaligus media untuk mengakses kekuatan khusus dari berbagai macam RyuSoul dan melakukan serangan akhir Dino Slash (ディーノスラッシュ, Dīno Surasshu) dari RyuSoul utama masing-masing.[1]

  • Koh (コウ, )[2]: Koh adalah pemuda yang aslinya berusia sekitar 209 tahun dalam garis keturunan Suku Ryusoul yang enerjik, memiliki keingintahuan tinggi, dan merupakan penerus dari Master Red sebelumnya yang kemudian pada saat ini dapat berubah menjadi Ryusoul Red (リュウソウレッド, Ryūsō Reddo) yang dijuluki Ksatria Pemberani (勇猛の騎士, Yūmō no Kishi, Brave Knight). Pribadi yang berhati ramah, bertalenta, namun terkadang kekanak-kanakan, Koh terkadang dapat membiarkan kepribadiannya ini menguasai dirinya dan secara tidak sengaja bisa menyebabkan masalah. Tapi dibalik itu jika dirinya percaya akan sesuatu, ia tidak akan menyerah dan akan percaya penuh dengan rasa optimis yang tinggi terhadap hal tersebut. Ketika Nada mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Koh dari Uden, jiwa Nada dan armor Gaisoulg bergabung dan menghasilkan Max RyuSoul serta alat transformasi berbentuk cakar yaitu Max Ryusoul Changer (マックスリュウソウチェンジャー, Makkusu Ryūsō Chenjā), yang membuat Koh dapat berubah menjadi Max Ryusoul Red (マックスリュウソウレッド, Makkusu Ryūsō Reddo).
  • Melto (メルト, Meruto)[3]: Melto adalah teman Koh sejak masa kecil yang sifatnya tenang dan senang mempelajari sesuatu yang baru. Melto mudah dikenali dari rambutnya yang berwarna biru serta merupakan penerus dari Master Blue sebelumnya yang kemudian pada saat ini dapat berubah menjadi Ryusoul Blue (リュウソウブルー, Ryūsō Burū) yang dijuluki Ksatria Bijaksana (叡智の騎士, Eichi no Kishi, Wise Knight). Seorang ksatria yang terhormat dan cerdas, ia tahu segalanya mengenai Kishiryu dan Minosaurus. Namun, ia terkadang bisa menjadi terlalu objektif dalam pendekatannya dan merasa tidak sensitif terhadap perasaan orang lain, seperti melihat Kishiryu sebagai "senjata" dan bukan mitra. Meskipun demikian, hatinya ramah dan memiliki niat yang baik dalam bertindak.
  • Asuna (アスナ, Asuna)[4]: Asuna adalah teman Koh sejak masa kecil yang memiliki kekuatan tidak biasa untuk seorang wanita yang berasal dari keluarga terhormat, dan merupakan penerus dari Master Pink sebelumnya yang kemudian pada saat ini dapat berubah menjadi Ryusoul Pink (リュウソウピンク, Ryūsō Pinku) yang dijuluki Ksatria Kuat (剛健の騎士, Gōken no Kishi, Vigorous Knight). Di samping kekuatannya yang luar biasa, sifatnya ceroboh dan sangat suka makan di beberapa kesempatan, walaupun begitu ia sering bernasib baik dan beruntung dalam beberapa situasi. Di antara rekan Ryusoulger yang lain, Asuna lah yang paling dekat dengan Ui, dalam hal ini karena sama-sama pernah kehilangan orang yang disayangi.
  • Towa (トワ, Towa)[5]: Towa adalah adik dari Bamba yang sifatnya penuh percaya diri dan kompetitif yang pada saat ini dapat berubah menjadi Ryusoul Green (リュウソウグリーン, Ryūsō Gurīn) yang dijuluki Ksatria Badai (疾風の騎士, Shippū no Kishi, Gale Knight). Berbeda dengan kakaknya, Towa lebih terbuka dan mudah berteman dengan siapapun, namun dengan syarat orang tersebut bisa mengalahkannya dalam hal apapun yang diminta olehnya. Pertarungan cepat menjadi ciri khasnya, namun terkadang karena terlalu fokus terhadap kecepatan, ia melupakan beberapa aspek penting dari situasi yang dihadapi sehingga membuatnya tidak dapat berpikir jernih dan beberapa kali menjadi bumerang bagi dirinya dan rekan-rekannya.
  • Bamba (バンバ, Banba)[6]: Bamba adalah kakak dari Towa yang sifatnya cenderung dingin, cuek, terkadang kaku sehingga tidak mudah untuk berteman dengannya, yang pada saat ini dapat berubah menjadi Ryusoul Black (リュウソウブラック, Ryūsō Burakku) yang dijuluki Ksatria Agung (威風の騎士, Ifū no Kishi, Regal Knight). Memiliki kemampuan bertarung yang lebih baik dari rekan-rekannya karena pengalaman yang ia miliki, pada awalnya ia memandang tiga Ryusoulger awal (Koh, Melto, Asuna) sebagai amatir, terutama Koh yang membuatnya sedikit risih karena sikap Koh yang tidak mudah menyerah. Seiring berjalannya waktu, Bamba mulai membuka dirinya dan mencoba percaya pada rekan-rekannya baik saat bertarung maupun tidak. Sikap dinginnya diduga berasal dari masa lalu kelam yang ia hadapi yang kemudian menjadi latar belakang dirinya dan Towa meninggalkan desa Ryusoul Tribe lebih awal.
  • Canalo (カナロ, Kanaro)[7] : Canalo merupakan keturunan dari Ryusoul Tribe Laut (海のリュウソウ族, Umi no Ryūsō-zoku), bagian dari Suku Ryusoul yang tidak ingin berurusan dengan Suku Ryusoul utama dan berlindung di bawah laut selama konflik yang terjadi dengan Suku Druidon pada masa lampau. Karena jumlah penduduk sukunya yang sangat sedikit, Canalo bepergian ke daratan untuk menemukan seorang istri demi melestarikan keturunan dan akhirnya bergabung dengan Ryusoulger dari Suku Ryusoul utama setelah ia menyadari bahwa mereka tidak seperti yang diceritakan oleh leluhur Ryusoul Tribe Laut. Berbeda dengan lima Ryusoulger awal, Canalo dapat berubah menjadi Ryusoul Gold (リュウソウゴールド, Ryūsō Gōrudo) yang dijuluki Ksatria Yang Mulia (栄光の騎士, Eikō no Kishi, Glorious Knight) dengan menggunakan Mosa Changer (モサチェンジャー, Mosa Chenjā), pistol yang sekaligus menjadi senjata pendukung pertarungannya. Senjata utamanya sendiri adalah Mosa Blade (モサブレード, Mosa Burēdo) yang merupakan sebuah pisau belati dan sama seperti Ryusoul Ken yang dapat mengakses kekuatan khusus dari berbagai macam RyuSoul dan melakukan serangan akhir Mosa Dino Slash (モザディノスラッシュ, Mosa Dino Surasshu) melalui RyuSoul utamanya. Mosa Changer dapat digabungkan dengan Mosa Blade membentuk Mosa Breaker (モサブレイカー, Mosa Bureikā), yang dapat mengeluarkan serangan akhir yang bervariasi sesuai RyuSoul yang digunakan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Koh (コウ, )​: ​Hayate Ichinose (一ノ瀬 颯, Ichinose Hayate)​
  • Melt (メルト, Meruto)​: ​Keito Tsuna (綱 啓永, Tsuna Keito)​
  • Asuna (アスナ, Asuna)​: ​Ichika Osaki (尾碕 真花, Osaki Ichika)​
  • Towa (トワ, Towa)​: ​Yuito Obara (小原 唯和, Obara Yuito)​
  • Bamba (バンバ, Bamba)​: ​Tatsuya Kishida (岸田 タツヤ, Kishida Tatsuya)​
  • Canalo (カナロ, Kanaro)​: ​Katsumi Hyodo (兵頭功海, Hyōdō Katsumi)​​
  • Nada (ナダ, Nada)​: ​Seiya Osada (長田成哉, Osada Seiya)​
  • Tyramigo (ティラミーゴ, Tiramīgo, Voice)​: ​Masaki Terasoma (てらそま まさき, Terasoma Masaki)​
  • DimeVolcano (ディメボルケーノ, Dimeborukēno, Voice)​: ​Wataru Takagi (高木 渉, Takagi Wataru)​
  • MosaRex (モサレックス, MosaRekkusu, Voice)​: ​Ryota Takeuchi (竹内 良太, Takeuchi Ryōta)​
  • Chibigaroo (チビガルー, Chibigarū, Voice)​: ​M • A • O (市道 真央, Ichimichi Mao)​
  • Pi-Tan (ピーたん, Pītan, Voice)​/​Kishiryu Pterardon (騎士竜プテラードン, Kishiryū Puterādon, Voice)​: ​Takeshi Kusao (草尾 毅, Kusao Takeshi)​
  • Naohisa Tatsui (龍井尚久, Tatsui Naohisa)​ & ​Seto (セトー, Setō)​: ​Mitsuru Fukikoshi (吹越満, Fukikoshi Mitsuru)​
  • Ui Tatsui (龍井 うい, Tatsui Ui)​: ​Mana Kinjo (金城茉奈, Kinjō Mana)​
  • Master Red (マスターレッド, Masutā Reddo)​: ​Masaya Kikawada (黄川田 将也, Kikawada Masaya)​
  • Master Blue (マスターブルー, Masutā Burū)​: ​Jouji Shibue (渋江 譲二, Shibue Jōji)​
  • Master Pink (マスターピンク, Masutā Pinku)​: ​Miyuu Sawai (沢井 美優, Sawai Miyū)​
  • Elder of the Ryusoul Tribe (リュウソウ族の長老, Ryūsō Zoku no Chōrō)​: ​Jiro Dan (団 時朗, Dan Jirō)​
  • Oto (オト, Oto)​: ​Sora Tamaki (田牧そら, Tamaki Sora)​
  • Tankjoh (タンクジョウ, Tankujō, Voice)​: ​Joji Nakata (中田譲治, Nakata Jouji)​
  • Wizeru (ワイズルー, Waizurū, Voice)​: ​Hikaru Midorikawa (緑川 光, Midorikawa Hikaru)​
  • Gachireus (ガチレウス, Gachireusu, Voice)​: ​Tetsu Inada (稲田徹, Inada Tetsu)​
  • Kleon (クレオン, Kureon, Voice)​: ​Ryoko Shiraishi (白石 涼子, Shiraishi Ryōko)​
  • Uden (ウデン, Voice)​: ​Pile Volcano Ota (パイルボルケーノ太田, Pairu Borukēno Ōta)​
  • Pricious (プリシャス, Purishasu, Voice)​: ​Romi Park (朴 璐美, Paku Romi)​
  • Ryusoulger Equipment, ​Gaisoulg (ガイソーグ, Gaisōgu, Voice)​: ​Tomokazu Seki (関 智一, Seki Tomokazu)​
  • Ryusoul Gold Equipment (Voice): ​Jun Hattori (服部 潤, Hattori Jun)​​

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Lupinranger VS Patranger
Super Sentai
2019 – 2020
Diteruskan oleh:
Kiramager