Portugis Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Portugis Brasil
Luso-brasileiros
Jumlah populasi
5 juta orang Brasil (2,5% dari populasi) baru-baru ini merupakan keturunan Portugis (setidaknya satu kakek nenek) dan berhak untuk memperoleh kewarganegaraan Portugal.[1][2][3] Jumlah pasti orang Brasil keturunan Portugis tidak diketahui dikarenakan banyaknya orang-orang keturunan dari pemukim-pemukim Portugis.
Daerah dengan populasi signifikan
Seluruh Brasil
Bahasa
Portugis
Agama
Mayoritas Katolik Roma
Kelompok etnik terkait

Portugis Brasil (Portugis: luso-brasileiros) adalah warga negara Brasil yang garis keturunannya berasal dari Portugal baik seluruhnya ataupun hanya sebagian. Kebanyakan orang Portugis selama berabad-abad datang ke Brasil untuk mengejar peluang ekonomi. Meskipun mereka mulai datang sejak dimulainya kolonisasi, orang Portugis juga bermigrasi ke Brasil dalam jumlah yang besar tanpa disponsori negara pada abad ke-18.

Menurut hukum Portugal, semua orang Brasil yang setidaknya memiliki satu orang tua atau kakek nenek Portugis berhak untuk memperoleh kewarganegaraan Portugal (dengan beberapa batasan, khususnya untuk seorang cucu). Lima juta orang Brasil (2,5% dari populasi) termasuk dalam kategori ini. Di samping lebih banyak lagi orang-orang keturunan Portugis.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alves-Silva, Juliana; da Silva Santos, Magda; Guimarães, Pedro E. M.; Ferreira, Alessandro C. S.; Bandelt, Hans-Jürgen; Pena, Sérgio D. J.; et al. (2000). "The Ancestry of Brazilian mtDNA Lineages". The American Journal of Human Genetics. 67 (2): 444–461. doi:10.1086/303004. PMC 1287189alt=Dapat diakses gratis. PMID 10873790. 
  2. ^ a b "Cinco milhões de netos de emigrantes podem tornar-se portugueses". noticiaslusofonas.com. February 17, 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 April 2020. Diakses tanggal April 12, 2023. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Parra

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Brasil