Ankylosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ankylosaurus Edit the value on Wikidata
Periode Kapur akhir, 68–66 jtyl
Ankylosaurus magniventris reconstruction.png
Edit the value on Wikidata
Data
Panjang8 m Edit the value on Wikidata
Berat6 t Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoOrnithischia
FamiliAnkylosauridae
GenusAnkylosaurus Edit the value on Wikidata
Brown, 1908

Ankylosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus yang hidup pada periode kapur akhir sekitar 68 juta hingga 65 juta tahun yang lalu di Amerika Utara.[1] Memiliki tubuh sepanjang 8 meter ( 26 kaki), tingginya sekitar 2 meter ( 6.6 kaki), dan beratnya mencapai setidaknya 4 ton. Ankylosaurus memiliki tubuh yang dilindungi oleh semacam cangkang keras yang membuat tubuhnya tidak bisa diserang dengan mudah, bahkan oleh Tyrannosaurus rex.[2] Perisai tulang setebal 5 cm melindungi tubuhnya yang pendek, yang disangga oleh empat kakinya yang kuat, pendek dan gemuk. Di ekornya terdapat bola dari batu seberat 5 kg. Jika Ankylosaurus diadang oleh lawannya, ia akan menyerang lawan tersebut dengan ekor kerasnya dan dalam sekejap lawannya akan terjatuh.[3] Para ilmuwan dan ahli palaeontologi biasanya menyebut Ankylosaurus dengan sebutan 'Anky kecil'.

Penggambaran Ankylosaurus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ankylosaurus | dinosaur genus". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-24. 
  2. ^ "Here's what made Ankylosaurus the armored tank of dinosaurs". Science (dalam bahasa Inggris). 2020-09-22. Diakses tanggal 2020-11-24. 
  3. ^ "Ankylosaurus: Facts About the Armored Lizard | Live Science". www.livescience.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-24.