Pachycephalosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pachycephalosaurus (nama ilmiahnya berarti "kadal bertengkorak tebal") adalah herbivora ornithischien pachycephalosaurid dari keluarga yang tinggal pada zaman Kapur Akhir di Amerika Utara. Genus ini diwakili oleh spesies P. wyomingensis.

Pachycephalosaurus.jpg

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kerangka pachycephalosaurs secara keseluruhan belum pernah ditemukan. Segala yang diketahui tentang pachycephalosaurs hanya berasal dari tengkorak spesies ini dan juga kerangka dari spesies keluarga yang sama. Selain tengkorak dengan kubah tebal, beberapa karakteristik hewan ini memberikan kesan yang aneh. Terlepas dari kenyataan bahwa pachycephalosaurs hidup pada zaman Cretaceous di antara genera dan spesies yang lebih maju, ia masih memiliki lima jari di tangannya, suatu sifat agak primitif di kalangan dinosaurus, begitu juga dengan gigi, yang menyerupai Stegosaurus, yang hidup 100 juta tahun sebelumnya.

Kegunaan kubah[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan meyakini bahwa kubah sangat tebal (sampai dua puluh sentimeter tinggi) yang melapisi tengkorak hewan itu digunakan untuk ritual tempur seperti muskox, di mana hewan-hewan itu saling menanduk satu sama lainnya. Namun, morfologi tengkorak demikian tidak memungkinkan, karena struktur kubah secara menyeluruh tidak mampu meredam benturan. Selain itu, bentuk bulat dari kubah akan dibelokkan sasaran benturan dan sangat mungkin menyebabkan luka parah pada leher kedua. Akhirnya, tidak ada bukti keausan pada kubah akibat benturan berulang ditemukan pada kerangka.

Menurut Kenneth Carpenter, Pachycephalosaurus lebih suka menggunakan mahkota tanduknya untuk bertarung dengan memberikan tembakan ke samping atau dari bawah ke atas, yang akan menjelaskan keausan tanduk pada spesimen tua ini.

Sistematis[sunting | sunting sumber]

Menurut beberapa ahli paleontologi, termasuk Jack Horner, Dracorex dan Stygimoloch sebenarnya merupakan bagian dari tahap pertumbuhan Pachycephalosaurus: Kubah belum terbentuk pada Dracorex dan masih dalam proses perkembangan pada Stygimoloch. Tanduk mahkota di sekitar kubah menyusut dan menjadi benjolan tulang pada Pachycephalosaurus.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]