Stygimoloch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stygimoloch
Periode Maastrichtian Akhir, 66 jtyl

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoOrnithischia
GenusStygimoloch
Galton & Sues, 1983
Tata nama
Sinonim takson

Stygimoloch (artinya "iblis Styx" dalam bahasa Latin) adalah sebuah genus dinosaurus pachycephalosaurid dari akhir Zaman Kapur, sekitar 66 juta tahun lalu. Genus tersebut bersifat kontroversial karena hanya ada satu spesimen remaja yang ditemukan, dan sehingga mungkin ini mewakili Pachycephalosauria remaja. Hipotesis ini telah didukung oleh beberapa penelitian modern, studi paling sekarang menyetujui bahwa Stygimoloch merupakan sinonim Pachycephalosaurus. Genus ini ditemukan di Formasi Hell Creek, Formasi Ferris, dan Formasi Lance dari Western Interior (Amerika Serikat), hidup bersama Tyrannosaurus, Triceratops, dan Edmontosaurus.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Size comparison of Stygimoloch (purple) and a human

Stygimoloch merupakan pachycephalosauria yang relatif besar,[1] dengan panjang tengkorak 46 sentimeter (18 inci).[2] Diantara semua pachycephalosauria dari Amerika Utara, hanya Pachycephalosaurus yang berukuran lebih besar. Tidak seperti pachycephalosauria lain, kubah pada tengkorak relatif kecil, sedikit rata dari samping ke samping, dan berbentuk buah pir, bahkan saat terisolasi kubah yang tidak biasa ini mudah dibedakan dengan kubah Pachycephalosaurus yang lebih lebar dan besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Switek, Brian (December 7, 2007). "Lumping Dinosaurs: Stygimoloch a juvenile Pachycephalosaurus?". Diakses tanggal 9 December 2013. 
  2. ^ "Quién es el Stygimoloch?". Dinosaurios.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-15. Diakses tanggal 9 December 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]