Eyeshield 21

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eyeshield 21 (アイシールド21, Aishīrudo nijūichi) adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Riichiro Inagaki dan diilustrasikan oleh Yusuke Murata. Menceritakan Sena Kobayakawa, seorang introvert yang bergabung dengan sebuah klub American football sebagai seorang manajer, tetapi karena suatu kejadian dengan Yoichi Hiruma ia dipaksa dan akhirnya bermain dengan menggunakan pelindung mata dan nomor 21, sebagai "Eyeshield 21".

Manga ini diserialisasi di Weekly Shōnen Jump sejak Juli 2002 hingga Juni 2009. Serial ini terdiri dari 333 chapter, dikumpulkan dalam 37 volume tankōbon. Kemudian diadaptasi menjadi anime oleh TV Tokyo berkolaborasi dengan NAS, dan Studio Gallop sebanyak 145 episode dan tayang perdana pada 6 April 2005 hingga 19 Maret 2008.

Manga Eyeshield 21 terjual lebih dari 20 juta volume di negara asalnya Jepang. Serial manga dan anime Eyeshield 21 telah muncul beberapa kali di daftar 10 besar dengan penjualan terbaik. Anime ini disaksikan oleh banyak penonton di Jepang, sehingga meningkatkan popularitas American football di negara tersebut. Di Indonesia, anime Eyeshield 21 pertama kali ditayangkan di stasiun televisi GlobalTV.

Eyeshield 21
Sampul manga volume pertama
アイシールド21
(Aishīrudo Nijūichi)
GenreOlahraga, Drama
Manga
PengarangRiichiro Inagaki
IlustratorYusuke Murata
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahWeekly Shōnen Jump
DemografiShounen
Terbit23 Juli 200215 Juni 2009
Volume37
Video animasi orisinal
Eyeshield 21: The Phantom Golden Bowl
SutradaraTamaki Nakatsu
StudioProduction I.G
TayangSeptember 2003 (Jump Festa Anime Tour)
2004 (Jump Festival)
Durasi30 menit
Seri anime
SutradaraMasayoshi Nishida (episode 1–103)
Shin Katagai (episode 104–145)
MusikKō Ōtani
StudioStudio Gallop
Pelisensi
Sentai Filmworks
Saluran
asli
TV Tokyo
Saluran bahasa Inggris
Toonami Jetstream, NFL Rush
Tayang 6 April 2005 19 Maret 2008
Episode145
Video animasi orisinal
Eyeshield 21: Christmas Bowl e no Michi
StudioStudio Gallop
Tayang2005
Durasi11 menit
 Portal anime dan manga

Plot[sunting | sunting sumber]

Awal diceritakan seorang remaja laki-laki bernama Sena Kobayakawa yang dikenal lemah memasuki sekolah pilihannya, SMA Deimon, di mana juga merupakan sekolah bagi teman masa kecilnya, Mamori Anezaki yang lebih tua 1 tingkat diatasnya. Kemampuan spesial Sena yang berada di atas rata-rata adalah berlari, dikarenakan saat kecil ia sering menerima bully teman sebayanya bahkan menjadi pesuruh untuk membeli berbagai hal dalam waktu singkat. Bakatnya ditemukan oleh Youichi Hiruma, yang merupakan quarterback tim American football sekolah itu. Ia menipu dan memaksa Sena hingga akhirnya bergabung dengan timnya yang saat itu hanya terdiri dari dua orang, Deimon Devil Bats, dan ditempatkan pada posisi running back.

Untuk melindungi identitasnya, Sena menggunakan nama 'Eyeshield 21' ketika mengikuti pertandingan sambil mengenakan helm dengan pelindung mata berwarna hijau. Serta agar tidak direkrut klub lain karena kecepatannya, Sena juga berperan sebagai sekretaris klub untuk menyembunyikan identitasnya.

Tim Devil Bats lalu mengikuti pertandingan turnamen musim semi, dengan harapan menang dengan 'senjata rahasia' baru mereka. Namun pada pertandingan kedua, mereka kalah telak melawan tim Oujou White Knights, sebuah tim kuat yang fokus pada pertahanan.

Setelah pertandingan itu, Mamori terlalu melindungi Sena dan belum mengetahui Sena adalah Eyeshield 21, akhirnya mengajukan diri menjadi manajer klub itu, untuk melindungi Sena dari ulah Hiruma, sang kapten yang licik, tetapi jenius.

Pada turnamen musim gugur, Hiruma, Kurita dan Sena perlahan-lahan membangun tim yang sesungguhnya dengan merekrut Tarou Raimon, seorang pemain baseball yang hanya ahli menangkap bola, dan 3 bersaudara Ha-Ha. Karena tim-tim yang bertanding di turnamen musim gugur akan memiliki kesempatan untuk bermain di 'Christmas Bowl', liga kejuaraan American Football seluruh SMA di Jepang. Sehingga Deimon Devil Bats memerlukan kekuatan untuk bertanding melawan tim-tim kuat dalam memperebutkan tiket Christmas Bowl. Karakter lainnya perlahan-lahan bergabung dan para anggota Devil Bats sekarang juga seimbang dengan tim lawan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Eyeshield 21

Templat:Collegiate American Football in Japan navbox