Psycho-Pass

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Psycho-Pass
Psycho-pass.logo.svg
PSYCHO-PASS サイコパス
(Saiko Pasu)
GenreDistopia, fiksi kejahatan, Cyberpunk[1][2]
Seri anime
SutradaraNaoyoshi Shiotani
Katsuyuki Motohiro
ProduserKoji Yamamoto (Ketua)
George Wada
Kenji Tobori
Wakana Okamura
SkenarioGen Urobuchi
MusikYugo Kanno
StudioProduction I.G
Lisensor
Saluran
asli
Fuji TV (Noitamina)
Tayang 12 Oktober 2012 22 Maret 2013
Episode22
Manga
Inspector Akane Tsunemori
PengarangHikaru Miyoshi
PenerbitShueisha
DemografiShōnen
MajalahJump Square
Terbit2 November 20124 Oktober 2014
Volume6
Novel ringan
PengarangMakoto Fukami
PenerbitMag Garden
DemografiSeinen
Terbit4 Februari 20134 April 2013
Volume2
Manga
Inspector Shinya Kogami
PengarangMidori Gotou
IlustratorNatsuo Sai
PenerbitMag Garden
Penerbit
Inggris
[3]
DemografiShōnen
MajalahMonthly Comic Blade
Terbit30 Juni 2014 – sekarang
Volume4
Seri anime
Psycho-Pass 2
SutradaraNaoyoshi Shiotani
Kiyotaka Suzuki
ProduserKoji Yamamoto (Ketua)
Akitoshi Mori
Masaya Saito
Fumi Morihiro
Kenji Tobori
George Wada
SkenarioTow Ubukata
MusikYugo Kanno
StudioTatsunoko Production
Lisensor
Saluran
asli
Fuji TV (Noitamina)
Tayang 10 Oktober 2014 18 Desember 2014
Episode11
Anime film
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Psycho-Pass (bahasa Jepang: サイコパス, Hepburn: Saiko Pasu) adalah sebuah serial televisi anime yang diproduksi oleh Production I.G, disutradarai oleh Naoyoshi Shiotani dan Katsuyuki Motohiro, dan ditulis oleh Gen Urobuchi. Serial ini ditayangkan di Fuji TV antara Oktober 2012 hingga Maret 2013. Ceritanya mengambil tempat di distopia masa depan yang otoriter, tempat sensor publik di mana-mana terus-menerus memindai kondisi mental setiap warga. Data yang dikumpulkan, baik mentalitas pada saat itu maupun kepribadian agregat digunakan untuk mengukur probabilitas warga tersebut melakukan kejahatan. Penilaian data itu disebut sebagai Psycho-Pass warga. Pihak yang berwenang akan memperoleh peringatan setiap terdeteksi penilaian yang eksesif dan mengirim petugas dari Biro Keamanan Publik yang dilengkapi dengan senjata yang disebut "Dominator", pistol energi yang memodulasi kekuatan mereka pada target Psycho Pass. Tokoh utama cerita ini adalah Akane Tsunemori dan Shinya Kogami yang merupakan anggota Unit Satu dari Divisi Investigasi Kriminal pada Biro Keselamatan Publik.

Psycho-Pass berasal dari ketertarikan Production I.G. untuk meneruskan keberhasilan pencapaian Mamoru Oshii. Serial ini terinspirasi oleh beberapa film laga hidup. Direktur Utama Katsuyuki Motohiro memiliki tujuan ingin mengeksplorasi tema-tema psikologis di kalangan remaja menggunakan alur cerita distopia. Psycho-Pass dipengaruhi oleh beberapa buku dan film, dan yang paling menonjol adalah film fiksi ilmiah Amerika tahun 1982, Blade Runner.

Izin serial ini dipegang oleh Funimation di Amerika Utara. Musim kedua Psycho-Pass mulai ditayangkan pada bulan Oktober 2014 dan film animasinya dirilis pada Januari 2015. Adaptasi manga dari serial ini telah diterbitkan di majalah Jump Square dan beberapa novel terbitan Shueisha, termasuk adaptasi dan prekuel dari cerita asli. Sebuah adaptasi permainan video episodik bernama Chimi Chara Psycho-Pass telah dikembangkan oleh Nitroplus bekerja sama dengan Production I. G. Novel-novel dan manga-manga lain yang baru diserialkan tahun 2014.

Anime pertama, Psycho-Pass, diterima secara positif di Jepang dan negara-negara barat. Kritikus memuji peran karakter peran dan interaksi yang diatur dalam distopia. Animasinya juga dipuji, meskipun masalah-masalah di episode-episode berikutnya perlu diselesaikan dalam format DVD. Di sisi lain, serial keduanya, Psycho-Pass 2, menerima kritik beragam karena banyak menunjukkan darah dan kejahatan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Latar[sunting | sunting sumber]

Latar Psycho-Pass adalah era futuristis yang pada saat itu Sistem Sibyl (シビュラシステム, Shibyura Shisutemu), suatu jaringan pemindai psikometri yang kuat, aktif mengukur pikiran dan mentalitas setiap orang menggunakan suatu "pindai cymatic" otak. Penilaian yang dihasilkan disebut Psycho-Pass (サイコパス, Saikopasu). Kemungkinan suatu individu melakukan kejahatan diukur dengan indeks Koefisien Kejahatan (犯罪係数, Hanzaikeisū). Apabila indeks tersebut melebihi suatu batas yang dapat diterima, maka individu tersebut dikejar, ditangkap, dan dibunuh jika diperlukan oleh polisi. Para petugas elite yang disebut "Penegak" dilengkapi dengan pistol yang disebut "Dominator"senjata khusus yang hanya aktif ketika diarahkan pada tersangka dengan Koefisien Kejahatan yang lebih tinggi daripada yang diterima. Para Penegak sendiri dipilih karena Koefisien Kejahatan bawaan yang tinggi yang menandakan mereka sebagai "penjahat laten". Mereka diawasi oleh inspektur-inspektur, yang memiliki yurisdiksi untuk menembak mereka dengan Dominator mereka saat mereka menimbulkan bahaya bagi khalayak ramai.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Plot Psycho-Pass berfokus pada Akane Tsunemori, seorang inspektur polisi baru di Unit Satu dari Divisi Investigasi Kriminal pada Biro Keselamatan Publik. Akane malu untuk menembak Shinya Kogami, seorang Penegak di bawah pengawasannya ketika ia menilai Kogami sebagai ancaman bagi kehidupan seorang kriminal yang ditahan. Kogami berterima kasih pada Akane atas campur tangannya pada hal yang menjadikan Kogami seorang pembunuh. Akane didampingi oleh inspektur veteran Nobuchika Ginoza, seorang pria yang tegas dalam mengawasi Penegak; Tomomi Masaoka, seorang Penegak setengah baya yang sebelumnya adalah seorang detektif; Shusei Kagari, seorang pemuda riang yang ditandai sebagai penjahat laten saat masa kanak-kanak; dan Yayoi Kunizuka, seorang mantan musisi yang berubah menjadi penjahat laten karena berhubungan dengan seorang teroris. Dalam penyelidikan awal Akane, kelompok mereka menyingkap kejahatan Makishima Shogo, seseorang yang mendalangi banyak kejahatan. Makishima adalah seorang Kriminal Asimtomatik (免罪体質, Menzai Taishitsu). Ia selalu dinilai memiliki koefisien kejahatan yang rendah oleh Sistem Sybil, meskipun rencana dan aksi kejahatannya banyak. Koefisien kejahatannya yang rendah itu menjadikan Dominator tidak bekerja pada Makishima.

Para Penegak dan Inspektur mulai memburu Makishima, yang bertujuan menghancurkan masyarakat yang diatur oleh Sistem Sibyl. Untuk itu, Makishima menimbulkan kerusuhan di kota untuk menarik polisi menjauh dari fasilitas Menara Nona milik Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, tempat Sibyl berada. Akane dan Kogami menghentikan pasukan Makishima, sementara Penegak Shūsei Kagari mengikuti salah satu sekutu Makishima ke menara tempat Kepala Biro Joshu Kasei membunuh sekutu Makishima dan Kagari untuk menjaga kerahasiaan bentuk Sibyl yang sebenarnya. Kasei memberitahu Makishima bahwa Sybil adalah suatu entitas yang terdiri atas individu-individu dengan asimtomatik yang serupa dan Kasei mengharapkan Makishima bergabung dengan sistem itu, tapi Makishima melarikan diri. Kogami, yang menyadari kebenaran di balik pelarian Makishima, meninggalkan kelompoknya untuk membunuh Makishima. Akane kemudian langsung dihubungi oleh sistem Sybil, yang memerintahkan Akane untuk menangkap Makishima hidup-hidup. Akane setuju melakukannya dengan syarat mereka membatalkan perintah mengeksekusi Kogami. Divisi Investigasi Kriminal mengetahui rencana Makishima yang akan melakukan bioterorisme untuk melemahkan ekonomi Jepang dan menghancurkan sistem, sehingga Makishima dan Kogami dicari. Kemudian, Makishima mencoba membunuh Ginoza, tapi Masaoka mengorbankan hidupnya untuk menyelamatkan Ginoza. Meskipun Akane telah berupaya, Kogami membunuh Makishima.

Di musim kedua, Akane menjadi pemimpin Unit Satu yang beranggotakan antara lain inspektur pendatang baru Mika Shimotsuki, Ginoza, yang diturunkan menjadi penegak, Yayoi dan dua orang penegak baru, Sakuya Togane dan Sho Hinakawa. Mereka menghadapi ancaman baru dalam bentuk Kirito Kamui, yang merupakan dalang kriminal lain. Seperti Makishima, Kamui bermaksud untuk menjatuhkan Sistem Sybil dengan memanfaatkan kelemahannya. Ia terampil dalam menghindari segala bentuk deteksi dan mampu membantu para pendukungnya untuk menjaga Koefisien Kejahatan mereka rendah. Hanya sedikit yang percaya bahwa Kamui benar-benar ada, termasuk Akane.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Serial Psycho-Pass disutradarai oleh Naoyoshi Shiotani, ditulis oleh Gen Urobuchi, dan desain karakter oleh seniman manga Reborn!, Akira Amano. Serial ini dibintangi oleh Kana Hanazawa sebagai Akane Tsunemori, Tomokazu Seki sebagai Shinya Kogami, dan Takahiro Sakurai sebagai Makishima Shogo.[4] Psycho-Pass muncul dari keinginan Production I.G. untuk membuat penerus Ghost in the Shell dan Patlabor karya Mamoru Oshii. Perusahaan itu mempekerjakan Katsuyuki Motohiro menjadi direktur utama dan animator veteran I. G. Naoyoshi Shiotani untuk mengawasi penyutradaraan.[5]

Motohiro ingin kembali membuat anime setelah lama absen, tetapi ia membutuhkan seorang penulis naskah karismatik. Motohiro dan stafnya terkejut dengan kontribusi Gen Urobuchi kontribusi untuk serial anime Puella Magi Madoka Magica. Motohiro terpesona oleh Madoka Magica. Ia membaca karya-karya Urobuchi yang lain, yang meyakinkannya untuk mulai berbicara dengan Urobuchi. Di awal tahun 2011, Motohiro mengajak Urobuchi untuk bekerja sama.[6] Di awal pembuatan serial ini, Motohiro meminta Naoyoshi Shiotani untuk tidak membuat apa pun yang tidak bisa diadaptasi ke film laga hidup.[7]

Sebelum pengerjaan Psycho-Pass dimulai, Shiotani sibuk mengerjakan film Blood-C: The Last Dark. Segera setelah pengerjaan film itu berakhir, Shiotani fokus pada kualitas serial ini. Setelah episode 16, yang terbukti menjadi yang paling menantang dan populer dari serial ini, tim menyadari bahwa mereka "kehabisan stamina". Dua episode berikutnya dibuat oleh sebuah tim luar, yang tercermin dari beberapa masalah dengan animasi.[7] Menanggapi hal ini, produser episode itu mengatakan bahwa ia berusaha membuat episode itu dengan kemampuan terbaiknya. Shiotani juga meminta maaf atas kualitas episode 16.[8] Tim yang asli melanjutkan pengerjaan episode 19 hingga episode akhir. Mereka memutuskan untuk membuat ulang episode 17 dan 18 untuk rilis ritel mereka.[7]

Serial ini pertama kali diumumkan pada akhir Maret 2012 oleh Fuji TV pada konferensi pers Noitamina.[9] Pada bulan Maret 2013, Shiotani menyatakan mungkin akan ada musim kedua jika acara itu mendapat cukup dukungan.[10] Setelah pengembangan musim kedua dimulai, Shiotani mengatakan bahwa episode-episode baru lebih sulit dibuat daripada episode-episode di musim pertama. Ia berkata, "ini lebih mengenai ketidakflesibelan acara ini" karena staf harus mempertahankan konsistensi.[11] Untuk musim kedua Tow Ubukata menggantikan Urobuchi sebagai penulis utama.[12] Ubukata menyebutkan ia diberi ide perluasan latar dalam bentuk sekuel. Meskipun waktu produksi pendek, ia memiliki waktu untuk berdiskusi dengan staf serial pertama. Shiotani membantu tim itu untuk episode akhir dan Ubukata puas dengan episode tersebut.[13]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Koefisien Kejahatan nihil (persepsi di luar diri)
Analisis Koefisien Kejahatan
Sistem Sibyl

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Psycho-Pass". Madman Entertainment. Diakses tanggal 14-02-2015. 
  2. ^ Eisenbeis, Richard (08-01-2013). "Psycho Pass is a Compelling Cyberpunk Mystery (And It's Only Half Done)". Kotaku. Kotaku. Diakses tanggal 20-02-2013. 
  3. ^ "Dark Horse Comics to Release Psycho-Pass Prequel Manga About Kogami". Anime News Network (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 19-03-2016. 
  4. ^ "Psycho-pass Anime Series Coming to Noitamina in October". Anime News Network. 30-03-2012. Diakses tanggal 01-04-2012. 
  5. ^ "Psycho-Pass Season One Blu-Ray - Complete Collection Premium Edition". Anime News Network. 29-04-2014. Diakses tanggal 29-04-2014. 
  6. ^ "Psycho-Pass Chief Director: Word 'Moe' Is Banned Among Staff". Anime News Network. 11-10-2012. Diakses tanggal 23-10-2013. 
  7. ^ a b c "Media Q&A with Executive Director Katsuyuki Motohiro, Director Naoyoshi Shiotani and Producer Joji Wada (of "PSYCHO-PASS") by Dennis A. Amith and Michelle Tymon (J!-ENT Interviews and Articles)". J!-Entoline. 07-05-2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27-06-2013. Diakses tanggal 30-12-2013. 
  8. ^ Green, Scott (05-10-2012). "Urobuchi Supports "PSYCHO-PASS" Director On Twitter SPOILER ALERT". Crunchyroll. Diakses tanggal 21-02-2013. 
  9. ^ "Psycho-pass Anime Series Coming to Noitamina in October". Anime News Network. 30-03-2012. Diakses tanggal 22-08-2014. 
  10. ^ "Funimation Confirms Psycho Pass home video release". Anime News Network. 30-03-2013. Diakses tanggal 07-01-2014. 
  11. ^ "Noitamina Interviews Psycho-Pass Director". Otaku USA. 08-05-2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 09-05-2014. Diakses tanggal 09-05-2014. 
  12. ^ "Psycho-Pass 2's Scripts Overseen by Fafner's Tow Ubukata". Anime News Network. Diakses tanggal 23-06-2014. 
  13. ^ Chapman, Hope; Nelkin Sarah (May 20, 2015). "Interview: Tow Ubukata". Anime News Network. Diakses tanggal 21-04-2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]