Distopia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Distopia (dari kata Yunani δυσ- dan τόπος, alternatifnya cacotopia,[1] kakotopia, atau anti-utopia) merupakan suatu komunitas atau masyarakat yang tidak didambakan ataupun menakutkan.[2][3] Istilah ini diterjemahkan sebagai "tempat yang tidak baik", antonim dari utopia, sebuah istilah yang diciptakan oleh Sir Thomas More dan digunakan sebagai judul dari karya tulisnya yang paling terkenal, yaitu Utopia. "Utopia" merupakan cetak biru suatu masyarakat yang ideal tanpa kejahatan ataupun kemiskinan. Masyarakat distopis ditampilkan dalam banyak karya seni, khususnya dalam pengaturan cerita masa depan. Beberapa contoh yang paling terkenal misalnya 1984 dan Brave New World. Distopia seringkali dicirikan dengan dehumanisasi,[2] pemerintahan totaliter, bencana lingkungan,[3] atau karakteristik lainnya sehubungan dengan kemerosotan nilai secara dahsyat dalam masyarakat. Masyarakat distopis ditampilkan dalam banyak subgenre karya fiksi dan seringkali digunakan untuk menarik perhatian terhadap isu-isu dunia nyata mengenai masyarakat, lingkungan, politik, ekonomi, agama, psikologi, etika, ilmu, dan/atau teknologi, yang jika tidak ditangani dapat berpotensi menyebabkan suatu kondisi seperti distopia.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Distopia berasal dari istilah Utopia, yang pada awalnya diciptakan oleh Thomas More dalam buku karyanya dengan judul tersebut yang ia selesaikan pada tahun 1516.[4] "Utopia" berasal dari kata Yunani ou (οὐ), "tiada", dan topos (τόπος), "tempat". Pada abad ke-17, istilah tersebut mulai diterapkan untuk menyebut tempat ataupun masyarakat yang dianggap sempurna atau ideal, kemungkinan dirancukan dengan awalan eu- (seperti dalam eutopia "tempat yang baik") dalam bahasa Yunani yang tentunya bertepatan pengucapannya dalam bahasa Inggris.

Distopia diciptakan sebagai antonim dari makna yang terakhir disebutkan itu, yang berkembang karena Utopia untuk menyebut suatu "tempat buruk khayalan", mengganti awalannya dengan bahasa Yunani Kuno: δυσ- "buruk". Istilah ini pertama kali digunakan oleh J. S. Mill dalam salah satu Pidato Parlementer yang disampaikannya pada tahun 1868[5] (Hansard Commons).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cacotopia (κακό, caco = bad) was the term used by Jeremy Bentham in his 19th century works ([1], [2])
  2. ^ a b "Definition of "dystopia"". Merriam-Webster. Merriam-Webster, Inc. 2012. 
  3. ^ a b "Definition of "dystopia"". Oxford Dictionaries. Oxford University Press. 2012. 
  4. ^ Harper, Douglas. "Utopia". Online Etymology Dictionary. Diakses tanggal 2009-05-24. 
  5. ^ Mill, John Stuart (1988). Public and parliamentary speeches - Part I - November 1850 - November 1868. Toronto: University of Toronto Press. ISBN 0-415-03791-3. Diakses tanggal 2015-02-16.