Ace Combat 3: Electrosphere

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ace Combat 3: Electrosphere
Ace Combat 3 cover.jpg
Sampul wilayah PAL
PengembangNamco
PenerbitNamco
PengarahTakuya Iwasaki
Atsushi Shiozawa
ProduserTakashi Fukawa
Komponis musikTetsukazu Nakanishi
Koji Nakagawa
Hiroshi Okubo
Go Shiina
Kanako Kakino
Tomoko Tatsuta
SerialAce Combat
PlatformPlayStation
Tanggal rilis
  • JP: 27 Mei 1999
  • EU: 21 Januari 2000
  • NA: 2 Maret 2000
GenreArcade, Simulasi penerbangan tempur
ModePemain-tunggal

Ace Combat 3: Electrosphere (エースコンバット3 エレクトロスフィア, Ēsu Conbatto San Erekutorosufia) adalah sebuah permainan video simulasi penerbangan yang dibuat oleh Namco untuk konsol gim PlayStation. Menjadi gim ketiga dalam serial Ace Combat, Electrosphere mengambil latar kontemporer dari dua gim sebelumnya menjadi sebuah cerita yang berlatar pada pertengahan abad ke-21, meliputi perang antara perusahaan multinasional.

Gim ini terkenal karena memiliki dua versi yang berbeda untuk pasar Jepang dan Barat. Versi Jepang dari Ace Combat 3 dirilis tahun 1999 memiliki mode cerita dengan 52 misi yang terbagi dalam beberapa jalur tergantung dari keputusan pemain dalam misi dalam 2 CD, bersama dengan berbagai akhir dan berbagai pihak yang dapat dipilih. Versi ini juga memiliki cutscene anime dengan suara, juga dengan obrolan radio saat misi.

Versi internasional dari Ace combat 3 dirilis pada tahun 2000. Walaupun keseluruhan gameplay tidak diubah, mode cerita gim ini dikurangi menjadi 36 misi tanpa rute bercabang dalam 1 cakram. Akting suara bahasa Inggris pernah direncanakan dan dimulai pada tahap awal, tetapi Namco memotong dana untuk usaha penerjemahan tersebut.[1] Walaupun Namco secara resmi tidak pernah menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi, banyak yang berspekulasi bahwa hal tersebut dikarenakan penjualan versi Jepang yang lebih rendah dari yang diharapkan, bersamaan dengan menunggu perilisan PlayStation 2. Karena cerita versi Jepang tidak diterjemahkan, semua cerita yang berhubungan dengan akting suara dan cutscene dihilangkan, dan ceritanya ditulis ulang menjadi lebih mendasar tanpa akting suara. Walaupun versi Internasional tetap mendapatkan pujian atas gameplay dan grafiknya,[2] keputusan untuk menghilangkan sebagian besar ceritanya sangat dikritisi oleh pemain dan kritikus Barat, karena Namco awalnya menjanjikan bahwa versi Barat akan menampilkan semua isi dari versi Jepang.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Gim ini menampilkan mode pemain-tunggal, di mana pemain dapat membuka cerita baru dengan nama pengguna tertentu. Tergantung dari aksi yang dibuat pada beberapa titik tertentu dalam cerita, plot dapat bergeser menuju salah satu dari lima akhir. Beberapa dapat diselesaikan pada cakram satu, tetapi cerita yang lebih panjang akan berlanjut dalam cakram dua. Gim ini memperkenalkan kamera 360 derajat yang dapat diputar keseluruh arah dengan analog kanan, dan sebuah kamera yang dapat fokus ke target yang dituju oleh pemain dengan menahan tombol Segitiga. Walaupun kelima akhir cerita berisi nasib akhir dari karakter tertentu, akhir keenam menandakan bahwa gim ini hanyalah sebuah program simulasi, dan dengan suksesnya program ini mengharuskan sang pencipta program untuk menghapus seluruh data.

Performa pemain dalam setiap misi dinilai dari D sampai A dengan warna tertentu, A yang merupakan nilai tertinggi memiliki warna merah. Tampila judul juga memiliki grafik di mana performa pemain dalam semua misi dan tingkat kesulitan dicatat.

Gim versi Jepang memiliki ensiklopedia dalam gim di mana pemain dapat melihat berbagai informasi mengenai karakter dan teknologi dalam gim. Gim ini juga menampilkan video surat elektronik bergaya anime dengan suara dari karakter non-pemain, yang dapat dilihat kembali dalam kotak surat, juga dengan cutscene anime.

Gim ini memiliki 23 pesawat yang dapat dimainkan (21 dalam versi Amerika Utara/Eropa) yang tersebar dalam empat pihak. Beberapa pesawat tersebut merupakan pesawat militer asli yang didesain ulang sesuai dengan latar futuristik gim ini (dengan perubahan yang paling mencolok adalah bagian kokpit untuk menggambarkan sistem kokpit COFFIN, sementara sisanya merupakan desain asli, kendaraan luar angkasa untuk pertama kalinya dapat dimainkan dalam serial Ace Combat, pemain dapat menerbangkan pesawat luar angkasa R-352 Sepia pada satu misi di orbit.

Tidak seperti dua gim sebelumnya, pemain hanya dapat memilih pesawat dan senjata pada beberapa misi awal, dan akhirnya hanya dapat mengendarai satu pesawat pada misi selanjutnya. Semua pesawat yang dapat dimainkan akan terbuka dalam Mission Simulator, yang akan aktif jika pemain mendapatkan semua akhir dalam gim.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ace Combat 3 berlatar di dalam dunia United Galaxy Space Force milik Namco, yang juga meliputi banyak gim fiksi-ilmiah terdahulu.[3] Gim ini berlatar di tahun 2040.</ref>[4] USEA (Euro-Asia Serikat), sebuah masa di mana pemerintahan dan hukum digantikan oleh kekuasaan ekonomi. General Resource dan Neucom, dua perusahaan multinasional yang bersaing akhirnya berperang setelah bertahun-tahun mengalami tekanan, yang melanda seluruh negeri. Pemain menjadi seorang pilot tempur yang bekerja untuk UPEO (Organisasi Perdamaian Semesta), yang mencoba untuk menekan konflik tersebut namun saat perang terus berlanjut, pemain menyadari bahwa keadaan tidak seperti yang ia kira. Keadaan semakin rumit ketika sekelompok teroris dengan tujuan jahat muncul.

Pengembangan dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Gim ini merupakan percobaan untuk menjelajahi masa depan dunia Ace Combat. Gambar konsep pertama kali muncuk pada tahun 1998 dan berlanjut hingga awal 1999.

Sebagian besar lagu dibuat oleh Tetsukazu Nakanishi, yang nantinya akan terus berkontribusi pada musik latar dalam gim konsol Ace Combat selanjutnya.

Versi Jepang dirilis pada tanggal 27 Mei 1999. Bersama dengan instruksi manual 26 halaman, yang berisi 30 halaman buku kecil bernama "Ace Combat 3 Electrosphere Portfolio Photosphere," yang berisi detail mengenai karakter gim, pesawat tempur, dan informasi lainnya mengenai dunia dalam gim. Dalam perilisan ulang gim ini pada gim "PlayStation the Best" tidak berisi buku kecil tersebut. Gim aslinya dirilis ulang untuk pasar Jepang pada tanggal 7 Desember 2000 sebagai bagian dari gim dengan penjualan tertinggi "PlayStation the Best" milik Namco.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sambutan
Skor ulasan
PublikasiSkor
Edge6/10[5]
Famitsu31/40[7]
GameSpot6.2/10[6]
IGN9/10[2]

Majalah Edge memuji gim versi Jepang karena ceritanya yang bercabang, menandakan bahwa gim ini lebih terasa dan berharga dibandingkan pendahulunya.[5] Pengulas dari GameSpot James Mielke melihat tingginya nilai produksi gim ini, tetapi mempertimbangkan keputusan Namco yang tidak memasukkan konten versi Jepang ke dalam versi Amerika Utara sebagai sebuah kejutan, karena jarak perilisan antara versi Jepang dan versi Amerika sangatlah panjang.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "AC3's official localization: the post-mortem". useatoday.blogspot.de. Diakses tanggal 2017-01-05. 
  2. ^ a b Sam Bishop (2000-03-13). "Ace Combat 3". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-09. Diakses tanggal 2016-04-09. 
  3. ^ BANDAI NAMCO Games Inc. "UGSF". Diakses tanggal 22 April 2017. 
  4. ^ Di akhir gim, sebuah berita menyampaikan bahwa Aldair Carlos (direktur eksekutif General Resource) meninggal pada pukul 3:56 sore, pada tanggal yang tidak diketahui tahun 2040. Umurnya disebutkan 75 tahun. Menurut arsip di dalam gim (hanya ada dalam versi Jepang), Aldair lahir pada tanggal 21 Juli 1964.
  5. ^ a b "Ace Combat 3 Electrosphere". Edge. No. 74. Future Publishing. August 1999. hlm. 84. 
  6. ^ a b James Mielke (1999-06-22). "Ace Combat 3: Electrosphere Review". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-06. Diakses tanggal 2012-12-01. 
  7. ^ プレイステーション - エースコンバット3 エレクトロスフィア. Weekly Famitsu. No.915 Pt.2. Pg.20. 30 June 2006.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]