Temple the Balloonist

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Temple the Balloonist (風船少女テンプルちゃん, Fūsen Shōjo Tenpuru-chan) atau Temple-chan si Gadis Balon Udara adalah anime yang dibuat oleh Tatsunoko Production.[2] Anime ini pernah ditayangkan di Fuji TV, tepatnya di Jepang. Di Indonesia pernah tidak ditayangkan di Spacetoon.

Alur[sunting | sunting sumber]

Temple adalah seorang anak perempuan yang berumur 5 tahun, yang lebih menyukai musik daripada apapun, juga keunikannya memiliki rambut keriting yang berwarna kuning. Temple adalah anak tunggal dari ayahnya Tommy dan ibunya Marry, juga mereka memelihara anjing yang bernama John. Temple dan keluarganya membelikan sebuah baju untuknya, malamnya ada anak awan yang bernama Fuwatto yang mengajak Temple menaiki balon udara, mereka pun jadi tersesat karena angin yang meniup mereka. Lalu keesokan harinya mereka pun bertemu lagi dengan 4 orang. Tam Tam, Dora, Gappe, dan Chuppi adalah teman baru mereka. Mereka ber-6 pun mencari Desa Wakakusa-nya Temple, berbagai petualangan yang mereka jalani dari Temple bersahabat dengan yang lain, Temple demam, pertengkaran, perpisahan yang tidak jadi, melawan mobstar, dan akhirnya bertemu juga diakhir episode yang berpas-pasan dengan bibi Nelsi, bibi-nya Temple. Karena hujan deras, Desa Wakakusa Temple tenggelam, dan Temple sedih. Dia tidak tahu caranya untuk bertemu dengan ayah ibunya meskipun sudah tiba di Desa Wakakusa, mereka menyanyi, dan nyanyian itu terdengar oleh ayah, ibu, dan John. Akhirnya mereka bertemu lagi, karena tahu begitu, Tam Tam dan kawan-kawan pergi bersedih, tetapi ayah ibunya Temple mengizinkan mereka tinggal bersama dan mereka terus bersama, dan menjadi sahabat serumah.

Tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Temple

Temple (テンプル Tenpuru atau bahasa lainnya Shirley, Sabrina, Yasmin, dan Honeylyn) adalah gadis kecil yang hidup bersama ayah dan ibunya. Dia pernah tersesat karena Fuwatto si anak awan membawanya berpetualang, tetapi untung Temple bertemu dengan Tam Tam, Dora, Gappe, dan Chuppi yang membantu Temple menemukan ayah dan ibunya. Dia adalah anak yang manja, tetapi dia baik hati. Dia paling suka bermain musik dengan tongkatnya. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Kumiko Takizawa.

  • Tam Tam

Tam Tam (タムタム Tamutamu atau bahasa lainnya Tamborin dan Nabim) adalah seorang yatim yang juga pemain drum, bersama dengan Dora, Gappe, dan Chuppi. Tam Tam anak yang baik, tetapi terkadang mempunyai sifat keegoisan. Terkadang ia juga pernah bertengkar dengan Temple, itu hanya karena hal yang kecil. Tam Tam suka berkorban demi orang lain, terutama pada teman-temannya. Dia bahkan pernah mengusir Temple karena dia bermaksud untuk melindungi Temple dari Mobstar. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Noriko Tsukase.

  • Dora

Dora (ドーラ Dōra atau bahasa lainnya Sabruk, Guitarron, dan Dodo) adalah seekor kucing gendut yang mempunyai bulu berpola hitam abu-abu, juga dia bisa bermain gitar yang dari kumisnya yang berguna sebagai senar. Dora pun adalah seekor kucing yang rakus, makanya perutnya gendut, tetapi terkadang mau berbagi makanan juga, dengan ikhlas ataupun tidak. Dora pernah keluar dari grup musik mereka, karena Dora punya sebuah kehidupan baru yang bersama Miki si kucing perempuan yang cantik dengan ke-6 anak-anak kucing, tetapi akhirnya Dora kapok dan kembali ke grup musik mereka. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Kenichi Ogata.

  • Gappe

Gappe (ガッペ Gappe atau bahasa lainnya Mabruk, Trompetin, Ghettianatra, Gouzi, dan Kappe) adalah seekor bebek (terkadang ada yang bilang "angsa") yang bisa bermain musik dengan menggunakan mulutnya yang dijadikan trompet. Gappe adalah seekor bebek yang paling polos di antara mereka ber-6, tetapi terkadang suka memprotesi teman-temannya. Gappe terkadang suka bertengkar dengan Dora, tetapi Gappe juga sering kompak dengan Dora. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Kaneta Kimotsuki.

  • Chuppi

Chuppi (チュッピー Chuppī atau bahasa lainnya Kabura, Flautita, Ciuppitopo, dan Chipie) adalah seekor tikus biru muda betina yang bisa memainkan musik dengan seluring kayunya. Chuppi biasanya paling akrab dengan Temple, karena sama-sama perempuan. Chuppi dan Dora bahkan tak pernah bertengkar, paling hanya marahan saja. Chuppi sering diatas Tam Tam dan Dora. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Yoko Yano.

  • Fuwatto

Fuwatto (ふわっと/フワット Fuwatto atau bahasa lainnya Sahab, Nimbo, Fatti, Pato, dan Fuvatto) yang bisa bermain musik dengan menggunakan bas dari awannya, piano dari awannya, membuat trompet dari mulutnya dan kadang memukul perutnya ini membuat Temple mengalami petualangan yang panjang tersebut. Fuwatto pernah bertengkar pada temannya hanya karena ada yang membilang "balon udara hanya bergantung pada angin saja", tetapi akhirnya temannya meminta maaf. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Yuko Hisamatsu.

  • Marry

Marry (マリー Marī atau bahasa lainnya Maria dan Marie) adalah ibunya Temple. Marry kadang muncul di dalam khayalan Temple kalau Temple rindu pada ibunya, bisa juga ayahnya juga muncul. Marry pintar memainkan piano. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Keiko Tomochika.

  • Tommy

Tommy (ジミー Jimī atau bahasa lainnya Thomas dan Sammy) adalah ayahnya Temple. Temple dan ayahnya Tommy sangat kompak, mereka sama-sama mempercayai hal yang mereka yakini. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Ryuji Nakagi.

  • John

John (Prisibe) adalah anjing bagian dari keluarga Temple.

  • Mobstar

Mobstar (子分 Kobun) adalah trio penjahat dan seekor anjing pelacak yang selalu mengejar Tam Tam dan kawan-kawan untuk menjadikan mereka budak. Tapi karena Temple dan Fuwatto bersama mereka ber-4, jadi mereka ingin sekalian mengejar mereka ber-6, tetapi hasilnya selalu meleset. Mereka mempunyai Boss (Bos mereka dan juga namanya). Pengisi suara bahasa Jepang adalah Masanobu Okubo dan Ryuji Nakagi (Untuk asisten).

  • Boss

Boss (親分 Oyabun) adalah bos dari Mobstar, dia bercirikan perut gendut dan hidung besar. Dia lah yang memerintahkan anak bawangnya untuk mengejar mereka ber-6. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Masao Imanishi.

  • Narator

Narator (ナレーター Narētā dan golos za kadrom) adalah pencerita. Pengisi suara bahasa Jepang adalah Ikuko Tani.

Dan masih banyak lagi, berupa: Bingo, Sarah, Marry (Ada 3), Moderato, Mosteru, Michi, Umagura, Semmy, Chibi, Rozana, Carlos, Anna, Maruchiro, Gabu, Cantik, Umi, Kuchiun, Tobito, Nelsi, dll.

Nama lain[sunting | sunting sumber]

  • 風船少女テンプルちゃん/Fūsen Shōjo Tenpuru-chan "Temple-chan si Gadis Balon Udara" (Jepang)
  • Temple the Balloon Girl (Inggris) "Temple si Gadis Balon Udara"
  • Sabrina y sus Amigos "Sabrina dan Teman-teman", Sabrina, Las adventuras de la nina Sabrina "Petualangan Gadis Sabrina" (Spanyol)
  • Temple e Tam Tam "Temple dan Tam Tam" (Italia)
  • Shirley la petite fille en ballon "Shirley si Gadis Balon Udara" (Prancis)
  • Honeylyn the Balloon Girl "Honeylyn si Gadis Balon Udara" (Filipina)
  • طريق العودة ياسمينة/tareek alawda yasmina "Jalan Kembali Yasmin" (Arab)
  • 彩雲仙子/Cǎiyún xiānzǐ "Peri Choi" (China)
  • Темпль - девочка с воздушным шаром/Templ' - devochka s vozdushnym sharom "Temple - seorang gadis dengan balon" (Rusia)

Lagu pembuka dan penutup[sunting | sunting sumber]

  • Opening : ぼくらは旅の音楽隊 (Boku-ra wa tabi no ongaku-tai) "Kami band musik dari perjalanan"

Konposer : Koshibe Xinyi

Arrangement : Koshibe Xinyi

Song : Kumiko Osugi, Young Fresh

  • Ending : 風船少女テンプルちゃん (Fūsen shōjo tenpuru-chan) "Temple-chan si Gadis Balon Udara"

Konposer : Koshibe Xinyi

Arrangement : Koshibe Xinyi

Song : Kumiko Osugi, Young Fresh

Episode[sunting | sunting sumber]

1. Pengendara balon yang tersesat

2. Persahabatan ditengah hujan

3. Lagu sakura

4. Lagu perahu gondola

5. Hutan srigala

6. Memimpikan Desa wakakusa

7. Ayunkan tongkatmu dengan hati

8. Gadis pemain biola

9. Ritme yang menghubungkan mimpi

10. Rombongan pemusik yang kelaparan

11. Cinta Dora

12. Temple jadi sandera

13. Ciap ciap musik mars

14. Balon udara Semmy

15. Temple jadi mama

16. Rozana yang cengeng

17. Ramalan Gypsy

18. Anak perawan kerang sakura

19. Malaikat burung pengembara

20. Orang yang terbang ke langit

21. Orangtua dan anak gunung salju

22. Lumba-lumba kecil di laut

23. Temple naik kereta

24. Kembang api di kuil

25. Petunjuk jalan kedua

26. Ayah dan ibu di Desa Wakakusa (episode terakhir)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "風船少女テンプルちゃん". Tatsunoko Production (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 15-07-2013. 
  2. ^ "Tatsunoko Production". Tatsunoko Production. Diakses tanggal 15-07-2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Temple the Balloonist
Temple the Balloonist.jpg
Sampul volume pertama rilis DVD
風船少女テンプルちゃん
(Fūsen Shōjo Tenpuru-chan)
Genre Keluarga, Drama, Petualangan
Seri anime televisi
Sutradara Seitarō Hara
Penggubah
musik
Nobuyoshi Koshibe
Studio Tatsunoko Production
Jaringan
asli
Fuji TV
Tayang perdana 1977-10-01 1978-03-25
Episode 26[1]