Saenai Heroine no Sodatekata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend
Saenai Heroine no Sodatekata
Sampul novel ringan volume pertama, menampilkan Eriri Spencer Sawamura
冴えない彼女(ヒロイン)の育てかた
(Saenai Hiroin no Sodatekata)
GenreKomedi romantis, Harem[1]
Novel ringan
PengarangFumiaki Maruto
IlustratorKurehito Misaki
PenerbitFujimi Shobo
DemografiMale
Terbit20 Juli 2012 – sekarang
Volume8
Manga
PengarangFumiaki Maruto
IlustratorTakeshi Moriki
PenerbitFujimi Shobo
Penerbit bahasa Inggris
MajalahMonthly Dragon Age
DemografiShōnen
Terbit9 Januari 2013 – sekarang
Volume3
Manga
Saenai Heroine no Sodatekata: Egoistic-Lily
PengarangFumiaki Maruto
IlustratorNiito
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahYoung Ace
DemografiSeinen
Terbit4 Februari 20132 Mei 2014
Volume3
Manga
Saenai Heroine no Sodatekata: Koisuru Metronome
PengarangFumiaki Maruto
IlustratorSabu Musha
PenerbitSquare Enix
MajalahBig Gangan
DemografiSeinen
Terbit24 Agustus 2013 – sekarang
Volume2
Seri anime
SutradaraKanta Kamei
SkenarioFumiaki Maruto
MusikHajime Hyakkoku
StudioA-1 Pictures
Pelisensi
Madman Entertainment
Aniplex of America
Saluran
asli
Fuji TV (Noitamina)
Saluran bahasa Inggris
Crunchyroll
Aniplus HD
Tayang 8 Januari 2015 26 Maret 2015
Episode13 (Daftar episode)
Permainan
Saenai Heroine no Sodatekata -Blessing Flowers-
Pengembang5pb. dan Guyzware
Penerbit5pb.
Rilis30 April 2015
Novel ringan
Saenai Heroine no Sodatekata: Girls Side
PengarangFumiaki Maruto
IlustratorKurehito Misaki
PenerbitFujimi Shobo
DemografiMale
Terbit20 Februari 2015 – sekarang
Volume6
Anime
Saenai Heroine no Sodatekata Flat
SutradaraKanta Kamei
SkenarioFumiaki Maruto
MusikHajime Hyakkoku
StudioA-1 Pictures
Tayang 14 April 2017 23 Juni 2017
 Portal anime dan manga

Saenai Heroine no Sodatekata (Jepang: 冴えない彼女(ヒロイン)の育てかた, Hepburn: Saenai Hiroin no Sodatekata), dikenal juga sebagai Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend, adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang dibuat oleh Fumiaki Maruto, dengan ilustrasi oleh Kurehito Misaki. Diterbitkan oleh Fujimi Shobo sejak Juli 2012. Serial ini telah mendapatkan adaptasi manga. Sebuah adaptasi dalam bentuk serial anime televisi yang diproduksi oleh oleh A-1 Pictures[2] mulai tayang pada Januari 2015 di saluran Fuji TV blok noitamina.[3][4] Anime ini telah dilisensi oleh Aniplex of America.[5] Musim kedua anime ini tayang pada April 2017.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tomoya Aki, seorang siswa SMA yang bekerja paruh waktu untuk membiayai gaya hidup otaku nya (anime, galge, dan pernak-pernik terkait), bertemu dengan seorang gadis cantik pada saat liburan musim semi. Sebulan kemudian, ia mengetahui bahwa gadis itu adalah teman sekelasnya, Megumi Kato, yang keberadaannya sulit dirasakan oleh orang di sekitarnya. Berniat untuk membuat sebuah permainan komputer dalam bentuk novel visual, ia menemui gadis cantik di sekolahnya, Eriri Spencer Sawamura untuk membuat desain ilustrasinya, dan Utaha Kasumigaoka untuk penulisan skenario permainan ini. Ia membentuk sebuah kelompok yang disebut Blessing Software. Tomoya kemudian merekrut Megumi untuk menjadi "heroine" (tokoh yang dicintai oleh karakter utama) dalam permainannya. Serial ini menceritakan usaha mereka dalam mengembangkan permainan dan rencana mereka untuk menjualnya di konvensi Comiket.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dalam serial ini adalah anggota dari kelompok dōjin bernama Blessing Software. Tujuan mereka untuk membuat sebuah novel visual dimana pemeran wanita utamanya adalah Megumi.

Tomoya Aki (安芸 倫也, Aki Tomoya)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[6] (Jepang); Sam Witwer (Inggris)
Tomoya adalah seorang siswa kelas 2B di Akademi Toyogasaki. Sebagai seorang otaku, ia suka membaca manga dan novel ringan, menonton anime, dan bermain galge. Bersama teman masa kecilnya Eriri dan Utaha sang novelis, ia memulai sebuah proyek visual novel dimana ia merekrut Megumi Kato. Ia berperan sebagai produser, sutradara, dan programmer untuk Blessing Software sekaligus manajer dari band "Icy Tail".
Megumi Kato (加藤 恵, Katō Megumi)
Pengisi suara: Kiyono Yasuno[6] (Jepang); Kari Wahlgren (Inggris)
Megumi adalah teman sekelas Tomoya. Walaupun memiliki penampilan yang cantik, dia terkesan terlalu biasa sehingga ia sama sekali tidak menonjol di kelasnya. Pengetahuannya tentang budaya otaku sangat minim, namun ia tidak pernah menjaga jarak dengan Tomoya. Ia adalah inspirasi sekaligus model untuk Meguri, salah satu dari heroine utama pada permainan Blessing Software. Ia juga mulai belajar dan membantu untuk masalah programming.
Eriri Spencer Sawamura (澤村・スペンサー・英梨々, Sawamura Supensā Eriri)
Pengisi suara: Saori Ōnishi[6] (Jepang); Kira Buckland (Inggris)
Teman masa kecil Tomoya yang merupakan siswi kelas 2G dan pelukis paling berbakat di klub seni.[LN 1] Karena memiliki ayah yang berasal dari Inggris dan ibu dari Jepang, ia memiliki rambut berwarna pirang. Ia sangat terkenal di sekolahnya. Dia berpura-pura tampak sebagai gadis yang halus, tetapi memiliki rahasia gaya hidup otaku, seperti bermain permainan video yang sama dengan Tomoya, dan membuat sebuah manga dengan nama samaran Eri Kashiwagi (柏木 エリ, Kashiwagi Eri) dalam sebuah kelompok bernama "Egoistic-Lily".[6] Tomoya merekrutnya untuk menjadi ilustrator dari permainan Blessing Software. Tomoya mendeskripsikan Eriri sebagai seseorang yang cantik namun di dalam hatinya memiliki kepribadian yang kasar, sadis, dan bersemangat.[LN 1]
Utaha Kasumigaoka (霞ヶ丘 詩羽, Kasumigaoka Utaha)
Pengisi suara: Ai Kayano[6]
Utaha adalah seorang siswi kelas 3C sekaligus novelis muda dengan nama samaran Utako Kasumi (霞 詩子, Kasumi Utako).[LN 1] Novel ringan pertamanya, Koisuru Metronome, diterbitkan dalam Fushikawa Fantastic Bunko dan telah terjual lebih dari 500.000 cetak. Ia pintar dan cantik, sehingga menjadikannya siswi paling cemerlang di sekolahnya. Ia memanggil Tomoya dengan panggilan 倫理君 (Rinri-kun) setelah Tomoya menolak untuk membaca naskah volume terakhir novelnya sebelum diterbitkan. Ia bertindak sebagai penulis skenario untuk permainan Blessing Software.
Izumi Hashima (波島 出海, Hashima Izumi)
Pengisi suara: Chinatsu Akasaki[6]
Izumi adalah siswi kelas 3A di SMP Honoda dan 2 tahun lebih muda dari Tomoya.[7] Ia adalah seorang otaku sekaligus anggota dari kelompok dōjin "Fancy Wave" (ファンシーウェーブ, Fanshī Wēbu).[6] Karena pengaruh Tomoya, ia menjadi tertarik dengan budaya otaku. Karena memiliki rivalitas dengan Eriri, ia memutuskan untuk bersaing dengan Eriri di Comiket selanjutnya.
Michiru Hyoudou (氷堂 美智留, Hyoudou Michiru)
Pengisi suara: Sayuri Yahagi[6]
Michiru adalah sepupu Tomoya. Ia adalah siswi kelas 3 di Tsubaki Girls Senior High School.[7] Ia merupakan orang yang serba bisa, kecuali dalam bidang akademik di sekolahnya. Ia hebat dalam melakukan apapun, namun tidak bertahan lama terhadap hal tersebut. Dalam setahun ia bermain gitar di grup band "Icy Tail".[6] Michiru tidak menyukai budaya otaku dan tidak suka Tomoya menjadi otaku sampai akhirnya teman satu grup band nya mengaku bahwa mereka semua merupakan seorang otaku. Michiru menyusun bagian musik untuk permainan Blessing Software.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan volume pertama diterbitkan oleh Fujimi Shobo di Fujimi Fantasia Bunko pada 20 Juli 2012.

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga dengan ilustrasi oleh Takeshi Moriki memulai serialisasi sejak 9 Januari 2013, di majalah shōnen manga Monthly Dragon Age. Telah dibuat dalam tiga volume tankōbon, dirilis sejak 8 Agustus 2013 hingga 9 September 2014.[8][9]

Sebuah manga spin-off dengan judul Saenai Heroine no Sodatekata: Egoistic-Lily oleh Niito memulai serialisasi sejak 4 Februari 2013, di majalah Young Ace. Manga spin-off lainnya berjudul Saenai Heroine no Sodatekata: Koisuru Metronome oleh Sabu Musha memulai serialisasi sejak 24 Agustus 2013, di majalah Big Gangan.

Anime[sunting | sunting sumber]

Season ke 1 anime ini merupakan adaptasi dari seri light novelnya yang diumumkan pada Maret 2014, dan tayang perdana pada Januari 2015 di Fuji TV, blok Noitamina. Anime ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Kanta Kamei, dengan skrip yang ditulis oleh pembuat seri light novelnya, Fumiaki Maruto. Design seri anime ini dibuat oleh Tomoaki Takase dan musik oleh Hajime Hyakkoku. Lagu tema pembuka untuk anime ini adalah "Kimi Iro Signal" (君色シグナル, Kimiiro Shigunaru) oleh Luna Haruna, dan lagu tema penutupnya adalah "Colorful." (カラフル。, Karafuru.) oleh Miku Sawai. Seri ini mulai tayang pada 9 Januari 2015 dan selesai tayang pada 27 Maret 2015, dengan total 13 episode.

Season ke 2 seri anime ini, berjudul Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend Flat (冴えない彼女 (ヒロイン)の育てかた♭, Saenai Hiroin no Sodatekata Furatto), diumumkan pada 3 Mei 2015, dengan pemeran dan staf utama yang sama seperti pada season sebelumnya. Seri ke 2 ini ditayangkan di blok Noitamina Fuji TV dari 13 April 2017 hingga 23 Juni 2017 dan mendapatkan total 12 episode, dengan streaming episode 0 khusus web pada tanggal 5 April 2017. Lagu tema pembuka untuk season ke 2 ini adalah "Stella Breeze" (ステラブリーズ, Sutera Burīzu) oleh Luna Haruna sedangkan lagu tema penutupnya adalah "Pink Diary" (桜色ダイアリー, Sakurairo Daiarī) untuk episode 0 sampai 10, dan "Young Prologue" (青春プロローグ, Seishun Purorōgu) untuk episode 11 yang keduanya dinyanyikan oleh Moso Calibration.

Film[sunting | sunting sumber]

Film untuk seri anime ini diumumkan di event "Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend Fes. flat -glistening moment-" pada 3 Desember 2017. Film dari seri anime ini, berjudul Saekano the Movie: Finale (冴えない彼女 (ヒロイン)の育てかたFine (フィーネ), Saenai Hiroin no Sodatekata Fīne), yang diproduksi oleh CloverWorks dan disutradarai oleh Akihisa Shibata dengan Kanta Kamei sebagai direktur utamanya. Staf utama dan pemeran lainnya kembali memerankan peran mereka di film ini. Film ini tayang perdana di Jepang pada 26 Oktober 2019. Lagu tema untuk film ini adalah "Glory Days" yang dibawakan oleh Luna Haruna, dengan komposisi Miku Sawai.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

  • Vol. 1: Saekano 1

Manga[sunting | sunting sumber]

  • Vol. 1 (ch. 1–): Saekano Volume 1

Lainnya[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Saekano -How to Raise a Boring Girlfriend- - The Winter 2015 Anime Preview Guide - Anime News Network". Anime News Network. Diakses tanggal 5 April 2015. 
  2. ^ "Saenai Heroine no Sodatekata official anime website" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 28 Maret 2014. 
  3. ^ "Saenai Heroine no Sodate-kata Light Novels Get Anime on Noitamina". Anime News Network. 21 Maret 2014. Diakses tanggal 21 Maret 2014. 
  4. ^ "作品情報(シリーズ)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-03. Diakses tanggal 29 Januari 2016. 
  5. ^ "Aniplex USA Licenses Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend". Anime News Network. 17 Desember 2014. Diakses tanggal 17 Desember 2014. 
  6. ^ a b c d e f g h i http://www.saekano.com/character/
  7. ^ a b "ドラゴンマガジン" (dalam bahasa Japanese). Fujimi Shobo. Januari 2014. 
  8. ^ "冴えない彼女の育てかた 1 (ドラゴンコミックスエイジ も 3-2-1)" (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 9 September 2014. 
  9. ^ 冴えない彼女の育てかた (3) (ドラゴンコミックスエイジ) (dalam bahasa Japanese). Amazon.co.jp. Diakses tanggal 9 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]