Moshidora

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Moshidora
Moshidora cover.jpg
Sampul novel yang menampilkan Minami Kawashima
もしドラ
GenreBisnis, Olahraga, Bisbol
Novel
PengarangNatsumi Iwasaki
IlustratorYukiusagi dan Bamboo
PenerbitDiamondosha
Terbit4 Desember 2009
Manga
PenerbitShueisha
DemografiSeinen
MajalahSuper Jump
TerbitJanuari 2011 – sekarang
Anime
SutradaraTakayuki Hamana
ProduserAtsuko Kashiwagi, Kenji Saito, Mitsuhisa Ishikawa
SkenarioJun'ichi Fujisaku
MusikJun Sato
StudioProduction I.G
Rilis 25 April 2011 6 Mei 2011
Anime
SutradaraMakoto Tanaka
SkenarioMakoto Tanaka
Rilis04 Juni 2011 (2011-06-04)
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Moshi Kōkō Yakyū no Joshi Manager ga Drucker no "Management" o Yondara (もし高校野球の女子マネージャーがドラッカーの『マネジメント』を読んだら, Moshi Kōkō Yakyū no Joshi Manējā ga Dorakkā no "Manejimento" o Yondara, Seandainya Manajer Putri Tim Bisbol SMA Membaca Buku “Manajemen” karya Drucker?[1]), atau Moshidora (もしドラ), adalah sebuah novel bisnis Jepang 2009 karya Natsumi Iwasaki. Novel tersebut menceritakan seorang gadis SMA yang bernama Minami Kawashima yang memanajeri tim bisbol sekolahnya menggunakan Manajemen: Tugas, Tanggung Jawab, Praktik karya Peter Drucker. Novel tersebut telah diadaptasi ke dalam serial televisi anime 10 episode oleh badan penyiaran publik Jepang NHK dan diproduksi oleh Production I.G. Awalnya dijadwalkan akan ditayangkan pada 14 Maret 2011, tetapi karena tsunami dan gempa bumi Tōhoku 2011, jadwal penayangannya dipindah menjadi antara 25 April dan 6 Mei 2011. Selain itu, sebuah film layar lebar laga hidup adaptasi novel ini telah dirilis di Jepang pada 4 Juni 2011.

Plot[sunting | sunting sumber]

Novel ini menceritakan tentang Minami Kawashima yang mengambil alih posisi Yuki Miyata, teman masa kecilnya, sebagai manajer tim bisbol SMA Hodokubo untuk membantu Yuki yang sedang dirawat di rumah sakit. Karena tidak memiliki pengalaman, Minami kemudian menggunakan buku manajemen bisnis Peter Drucker, Management: Tasks, Responsibilities, Practices, dan mulai memimpin tim bisbol seperti memimpin sebuah usaha bisnis, dengan target mencapai tingkat nasional.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Minami Kawashima (川島 みなみ, Kawashima Minami)
Pengisi suara: Yōko Hikasa
Protagonis cerita ini, Minami, adalah siswi SMA yang tidak menyukai bisbol, impiannya menjadi seorang pemain bisbol profesional hancur saat masih kecil. Ketika sahabatnya, Yuki, sakit dan harus dirawat di rumah sakit, Minami mengambil alih tempatnya sebagai manajer tim bisbol SMA dengan mengambil rujukan dari buku manajemen Peter Drucker. Dalam film layar lebar, ia diperankan oleh Atsuko Maeda (dari girl band AKB48).
Yuki Miyata (宮田 夕紀, Miyata Yūki)
Pengisi suara: Kana Hanazawa
Bersahabat dengan Minami sejak masih bayi. Ia telah menderita suatu penyakit sejak kecil dan harus dirawat di rumah sakit setelah menjadi manajer tim bisbol. Ia bergabung dengan tim karena saat kecil ia terkesan dengan permainan bisbol Minami dan bermimpi untuk membawa timnya ke tingkat nasional. Namun, saat timnya mencapai babak final turnamen prefektur, ia tidak dapat lagi melawan penyakitnya dan meninggal dunia. Ia diperankan oleh Haruna Kawaguchi dalam film.
Makoto Kachi (加地 誠, Kachi Makoto)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda
Pelatih Tim Bisbol Hodokubo. Meskipun terlihat keras, ia selalu memikirkan keselamatan timnya. Setelah Minami memberitahunya mengenai inovasi, ia menciptakan strategi "no-bunt, no-ball" ("tidak ada bunt, tidak ada bola"; bunt adalah istilah dalam bisbol, yaitu pemukul hanya menyentuhkan tongkat pemukul, tidak mengayunkannya, ke bola sehingga pemain lawan sulit menangkap bola), berharap untuk merevolusi bisbol SMA. Dalam film, ia diperankan oleh Yo Oizumi.
Keiichirō Asano (浅野 慶一郎, Asano Keiichirō)
Pengisi suara: Tetsuya Kakihara
Pitcher utama tim. Ia sering bertekad untuk menunjukkan penampilannya di lapangan, meskipun permainannya cenderung melemah setelah melakukan 100 lemparan. Ia diperankan oleh Koji Seto dalam film.
Jirō Kashiwagi (柏木 次郎, Kashiwagi Jirō)
Pengisi suara: Akio Suyama
Penangkap dalam tim, yang juga adalah salah satu teman masa kecil Minami. Dalam film, ia diperankan oleh Sosuke Ikematsu.
Ayano Hōjō (北条 文乃, Hōjō Ayano)
Pengisi suara: Sayaka Nakaya
Pencatat angka dalam tim dan bagian dari manajemen tim. Ia sangat pemalu, biasanya hanya berbicara sedikit, selain "Oh, ya, baiklah," dan sangat kagum terhadap Yuki. Ia diperankan oleh Minami Minegishi (AKB48) dalam film.
Jun Hoshide (星出 純, Hoshide Jun)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya
Awalnya kapten tim, meskipun sebelum turnamen prefektur ia turun dari posisi tersebut untuk fokus pada permainannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dalam kasus ini, "Manajer" didefinisikan sebagai "Siswi yang mengendalikan peralatan dan catatan dari sekolah atau tim kampus", tidak sebagai "Salah satu orang yang mengendalikan pelatihan dan penampilan seorang atlet atau sebuah tim". (definisi dikutip dari THE FREE DICTIONARY)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]