Kuroko's Basketball

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kuroko's Basketball
Kuroko no Basuke Cover.jpg
Sampul volume pertama
黒子のバスケ
(Kuroko no Basuke)
Genre Olahraga (bola basket)
Manga
Pengarang Tadatoshi Fujimaki
Penerbit Shueisha
Demografi Shōnen
Majalah Weekly Shōnen Jump
Tanggal terbit Desember 20081 September 2014
Volume 20
Seri anime televisi
Sutradara Shunsuke Tada
Penulis Noburo Takagi
Penggubah GRANRODEO
Studio Production I.G
Jaringan Bendera Indonesia Indosiar
Tayang perdana 8 April 201223 September 2012
Episode 25
Seri anime televisi
Kuroko No Basket 2
Sutradara Shunsuke Tada
Penulis Noburo Takagi
Penggubah GRANRODEO
Studio Production I.G
Jaringan Bendera Indonesia Global TV
Tayang perdana 06 Oktober 201330 Maret 2014
Episode 25
Seri anime televisi
Kuroko No Basket 3
Sutradara Shunsuke Tada
Penulis Noburo Takagi
Penggubah GRANRODEO
Studio Production I.G
Jaringan Bendera Indonesia Global TV, MNCTV
Bendera Korea Seoul Broadcasting System
Tayang perdana 11 Januari 201528 Juni 2015
Episode 25
Portal Anime dan Manga

Kuroko No Basuke adalah sebuah manga Jepang mengenai bola basket yang diilustrasikan oleh Tadatoshi Fujumaki. Manga ini mulai diluncurkan pada Desember 2008 dan menceritakan tentang sebuah sekolah yang memiliki pemain generasi keajaiban dan memiliki mimpi untuk bermain ditingkat nasional. Manga Kuroko No Basuke kemudian diadaptasikan menjadi anime oleh Production I.G pada April 2012.

Plot[sunting | sunting sumber]

SMP Teikou memiliki klub basket yang memiliki pemain tangguh dan berbakat yang telah mengalahkan banyak sekolah dan memenangi banyak pertandingan-pertandingan. Pemain inti tersebut disebut "Generation of Miracles"(Kiseki No Sedai). Setelah mereka semua lulus dari sekolah tersebut, masing masing dari mereka pergi ke SMA yang berbeda satu sama lain yang memiliki prestasi di klub basket sebelumnya. akan tetapi ada satu lagi pemain yang juga merupakan "Generation of Miracles", Sang Bayangan Keenam (The Phantom Sixth Player). Pemain keenam ini sekarang menuju SMA Seirin sebagai anak kelas satu. Sekarang, Tetsuya Kuroko, Sang Bayangan Keenam dari "Generation of Miracles" dan Kagami Taiga, yang merupakan pemain berbakat yang menghabiskan masa SMP-nya di Amerika, ingin membawa Seirin menjadi yang terbaik di Jepang, dengan mengalahkan "Generations of Miracles" satu-persatu.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Kuroko no basuke ditulis dan digambar oleh Tadatoshi Fujimaki, dan diserialisasikan oleh Weekly Shonen Jump saat Desember 2008. Dipublikasikan dalam bentuk tankōbon oleh Shueisha dengan volume pertama dirilis pada April 2009. Pada saat April 2012, chapter 162 dan tankōbon volume ke 17 telah dirilis

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Kuroko Tetsuya

Kuroko adalah pemuda berambut biru muda dengan kulit pucat dan wajah datar. Kuroko merupakan mantan anggota klub basket SMP Teiko dan merupakan anggota ke-enam kiseki no sedai (generation of miracle/generasi keajaiban). Saat ini merupakan anggota dari klub basket SMU Seirin yang bernomor punggung 11. Merupakan partner dari Kagami Taiga yang sama-sama masih kelas 10. Diperkirakan posisi nya small forward (SF).

Kagami Taiga

Merupakan anak kelas 10 SMU Seirin yang datang dari Amerika. Memiliki rambut merah kehitaman, tinggi besar, kuat dan memiliki emosi yang meluap-luap. Keahlian Kagami adalah lompatannya yang sangat tinggi, dan juga merupakan cahaya dari Kuroko. bernomor punggung 10. Posisi nya power forward (PF).

Kise Ryota

Adalah anggota klub basket SMU Kaijo dengan nomor punggung 7. Kise merupakan salah satu anggota kiseki no sedai yang memiliki kemampuan meniru teknik dan kemampuan lawan. Bekerja sampingan sebagai model. Memiliki rambut kuning, mata kuning, dan kulit putih. Memiliki kebiasaan memanggil orang yang disegani nya dengan tambahan '-cchi' seperti 'Kurokocchi' dan mengakhiri kalimatnya dengan '-ssu'.

Midorima Shintaro

Adalah anggota klub basket SMU Shutoku dengan nomor punggung 6. Bertubuh tinggi, memiliki rambut dan mata hijau. Midorima biasanya memakai kacamata. Juga merupakan salah satu dari kiseki no sedai yang memiliki kemampuan menembak bola yang sangat akurat. Jarinya selalu dibalut perban dan dia selalu menjaga kuku-kukunya. Sangat mempercayai ramalan dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang sangat tinggi.

Aomine Daiki

Mantan partner Kuroko di Teiko (termasuk anggota kiseki no sedai). Merupakan Kartu AS klub basket SMA Touo. Memiliki rambut biru tua, tubuhnya tinggi besar dan kulit kecoklatan. Bernomor punggung 5. Kata-kata kesukaannya 'yang dapat mengalahkanku adalah diriku sendiri'.

Murasakibara Atsushi

Merupakan mantan anggota kiseki no sedai. Memiliki tinggi sekitar 2 meter lebih, berambut dan bermata ungu. Merupakan seorang center yang kuat, sekarang ia bermain dengan SMU Yosen. Ia cukup bodoh dan pemalas pada hal-hal lain, akan tetapi ia sangat jenius dalam permainan basket. Sangat suka makan.

Akashi Seijuro

Mantan kapten klub basket SMP Teiko, kapten klub basket SMA Rakuzan dan juga merupakan salah satu anggota kiseki no sedai. Memiliki rambut merah dan mata merah-kuning keemasan. Untuk ukuran seorang pemain basket SMA, ia memiliki tinggi badan yang cukup pendek. Kemampuan khususnya adalah Mata Kaisar/Emperor Eye. Memiliki dua kepribadian.

Momoi Satsuki

Dulunya merupakan manajer di klub basket Teiko.dan sekarang merupakan manajer klub basket Touo. Memiliki rambut dan mata bewarna pink, cantik dan memiliki kemampuan analisis yang luar biasa, Dia dapat meneliti kemampuan dan kelemahan lawan dengan mudah. Dia sangat menyukai Kuroko Tetsuya dan memanggilnya 'Tetsu-kun'.

Aida Riko

Riko adalah pelatih klub basket Seirin. Meskipun masih kelas 11, Dia bisa melihat kemampuan seseorang hanya dari mengamati bentuk tubuh. Orang tegas dan mudah marah. Rambutnya pendek berwarna cokelat, matanya juga. Menurut Momoi, ukuran dadanya adalah B cup. Ayahnya, Aida Kagetora adalah mantan pemain terkenal di masanya. Sekarang keluarganya memiliki sebuah gym.

Hyuga Junpei

Merupakan kapten dari klub basket Seirin. Merupakan andalan Seirin dalam mencetak Three Point. Murid kelas 11 yang bernomor punggung 4. Memiliki sifat yang agak menyeramkan. Kapten dengan kacamata yang ketika keadaan terdesak dalam pertandingan, sifatnya seakan berubah dan nyaris semua tembakan-nya masuk ke ring. Posisi nya shooting guard (SG).

Izuki Shun

Merupakan murid kelas 11 dan memiliki nomor punggung 5. Izuki memiliki kemampuan mata elang yang memungkinkan dirinya dapat melihat seluruh lapangan. Dia terkadang memiliki selera humor yang agak aneh dan suka mempermainkan kata-kata. Posisi nya point guard (PG).

Mitobe Rinnosuke

Murid kelas 11 dan memiliki nomor punggung 8. Hampir tidak pernah berbicara. Tapi anehnya Koganei Shinji selalu dapat menerjemahkan apa yang ingin dikatakannya. Posisi nya center (C).

Koganei Shinji

Juga murid kelas 11 dan memiliki nomor punggung 6. Kelebihan terpendamnya adalah ia bisa menembak dari mana saja, tapi tembakannya selalu meleset. Bersifat seperti kucing, teman terdekat Mitobe Rinnosuke. Posisi nya small forward (SF).

Kiyoshi Teppei

Merupakan pendiri klub basket Seirin. Kiyoshi adalah andalan Seirin dan merupakan center yang kuat. Merupakan salah satu 'Raja Tak Bertahta'. Murid kelas 11 dan bernomor punggung 7. Dijuluki 'Hati Besi'. Sempat absen dari klub basket dalam waktu lama karena cedera kaki.

Furihata Kouki

Anak kelas 10 SMU Seirin. Mengenakan nomor punggung 12. Rambut dan matanya coklat muda. Berteman dekat dengan Kawahara Koichi dan Fukuda Hiroshi. Posisi nya PG. Pernah menghadapi Akashi Seijuro di pertandingan Piala Musim Dingin babak final. Karena dia begitu ketakutan, Aomine Daiki menjuluki nya 'Chihuahua'.

Penayangan Di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Kuroko no Basket Pernah ditayangkan di Indosiar pada tanggal 7 April 2013 hingga 22 September 2013 kemudian dilanjutkan Musim keduanya di Global TV pada tanggal 06 Juli 2014 hingga 28 Desember 2014. Saat ini Musim ketiganya sedang tayang di MNCTV & Juga Global TV

Pranala luar[sunting | sunting sumber]