TV Patrol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat:Use Philippine English

TV Patrol
Pengisi suaraPeter Musñgi
Rilis asli
Rilis2 Maret 1987 (1987-03-02)
Tampilan opening billboard TV Patrol digunakan dari 29 Mei 2013

TV Patrol adalah program televisi berita di Filipina akan ditayangkan oleh ABS-CBN (kemudian pindah ke Kapamilya Channel karena kasusnya waralaba jaringan televisi pada 5 Mei 2020). TV Patrol merupakan program televisi petang pertama di Filipina. Program berita ini mulai ditayangkan dan mengudara tanggal 2 Maret 1987 pukul 18.00 (Waktu Standar Filipina).

Sejarah program[sunting | sunting sumber]

Pra-pelucuran[sunting | sunting sumber]

Menyusul Revolusi Kekuatan Rakyat pada Februari 1986 dan dimulainya kembali operasi beberapa bulan kemudian, eksekutif ABS-CBN News, di antaranya Manajer Berita Angelo Castro Jr., mulai mengadakan pertemuan dengan atasan tentang rencana peluncuran program berita baru yang akan menjadi pengganti Balita Ngayon. Pada tanggal 1 Maret 1987, ABS-CBN mengumumkan peluncuran TV Patrol selama ekstravaganza ragam publik "Ang Pagbabalik ng Bituin" (lit. transl. The Return of the Star) di Luneta Park, Manila.

Era Noli de Castro (1987-2001):[sunting | sunting sumber]

TV Patrol tayang perdana pada tanggal 2 Maret 1987, pukul 18.00. (UTC +8), menggantikan Balita Ngayon, dengan Noli de Castro, Mel Tiangco, dan Robert Arevalo sebagai jangkar aslinya. Jangkar segmen termasuk Ernie Baron, yang menjabat sebagai kepala ahli meteorologi siaran berita dan menyediakan hal-hal sepele yang berkaitan dengan sains dan sejarah kepada pemirsa, dan kepribadian aktris Angelique Lazo yang pertama kali menjadi pembawa acara Star News, sebuah segmen berita hiburan. Namun, pada tanggal 1 Juni 1987, Arevalo keluar dari siaran berita dan digantikan oleh Frankie Evangelista, yang berperan sebagai pembawa acara segmen untuk "PULSO: Pangkalahatang Ugnayan Laan sa Opinyon" (lit. transl. PULSE: Korelasi Keseluruhan Dicadangkan untuk Pendapat).

Dengan diperkenalkannya siaran internasional pada tahun 1989 ke kepulauan Pasifik Guam dan Saipan, dan kemudian dengan lahirnya The Filipino Channel pada tahun 1994, TV Patrol menjadi siaran berita dan program Filipina pertama yang disiarkan di luar negeri.

Pada tahun 1993, Christine Bersola bergabung dengan siaran berita untuk menjadi pembawa acara segmen Star News, menggantikan Lazo, hingga tahun 1996. Pada tahun 1995, Korina Sánchez bergabung dengan siaran berita tersebut, menggantikan Tiangco yang keluar dari ABS-CBN untuk Jaringan GMA. De Castro akhirnya menjadi satu-satunya pembawa acara siaran berita tersebut pada tahun 1996, mengurangi waktu tayangnya menjadi 30 menit.

Pada tanggal 4 Januari 1999, siaran berita tersebut mengembalikan waktu tayangnya menjadi satu jam 30 menit. Pada tanggal 14 Februari 2000, TV Patrol memulai siaran langsungnya melalui stasiun radio AM DZMM (Manila), DYAB (Cebu), dan DXAB (Davao) dan mulai hadir secara online melalui situs web ABS-CBN News. Pada tanggal 5 Februari 2001, de Castro keluar dari siaran berita untuk mencalonkan diri sebagai Senator.

Era Korina Sanchez (2001-2004)[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 5 Maret 2001, Korina Sanchez, Henry Omaga-Diaz, dan Aljo Bendijo mengambil alih sebagai pembawa acara baru. Pada tanggal 21 April 2003, Julius Babao menggantikan Omaga-Diaz dan Bendijo. Pada tahun yang sama, TV Patrol menjadi siaran langsung di ABS- Stasiun UHF CBN Studio 23 selama beberapa bulan. Program ini juga mengadopsi slogan Berita ABS-CBN "Subok na Maaasahan" (lit.transl. Terbukti Terpercaya) pada tahun 2004.

Era TV Patrol/Failon (2004-2010):[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 November 2004, program tersebut diluncurkan kembali sebagai TV Patrol World dengan Julius Babao, Karen Davila dan Ted Failon sebagai jangkar utamanya, sedangkan segmen khusus masing-masing dibawakan oleh Bernadette Sembrano, Ernie Baron dan Phoemela Baranda. Baron meninggal karena serangan jantung pada 23 Januari 2006, dan beberapa bulan kemudian, dia digantikan oleh Kim Atienza sebagai petugas cuaca di siaran berita tersebut.

Pada bulan Maret 2007, TV Patrol World memulai siaran langsungnya di TeleRadyo, saluran televisi kabel DZMM yang baru diluncurkan. Pada tanggal 25 November tahun yang sama, ABS-CBN menayangkan film dokumenter khusus peringatan 20 tahun TV Patrol berjudul TV Patrol: 20 Taon ng Pagpapatrol (lit.transl. TV Patrol: 20 Tahun TV Patrol). Itu diproduksi oleh ABS-CBN dan Jesuit Communications.

Peluncuran ulang, kembali berkas presenter dan hari jadi ke-25[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 30 Juni 2010, TV Patrol World dikembalikan ke judul aslinya TV Patrol dan memperkenalkan situs web pertamanya, halaman Facebook dan Twitter.

Pada tanggal 4 Oktober tahun yang sama, segmen program baru, "Winner sa Life!" (lit.transl. Winner in Life!) bersama Winnie Cordero diluncurkan dengan laporan tentang gaya hidup dan tip hidup yang layak.

Pada tanggal 3 November 2010, ABS-CBN mengumumkan kembalinya mantan jangkar veteran Noli de Castro dan Korina Sanchez sebagai pembawa acara malam hari dari TV Patrol, menggantikan Julius Babao dan Karen Davila, karena mereka akan dipindahkan ke Bandila; mereka bergabung Ted Failon pada 8 November. Di hari yang sama (8 November), Gretchen Fullido menjadi jangkar segmen TV Patrol Bintang baru, menggantikan Baranda.

Pada tanggal 29 Juli 2012, sebuah film dokumenter khusus berjudul Mga Nagbabagang Balita: 25 Taon ng TV Patrol (transl. The Breaking News: 25 Years of TV Patrol) ditayangkan untuk merayakan hari jadinya yang ke-25. Itu ditayangkan ulang pada 12 Agustus.

Daftar segmen[sunting | sunting sumber]

  • Live
  • Exclusive
  • Star Patrol
  • Police Patrol
  • Mga Kwento ni Marc Logan
  • Sports Patrol

Daftar presenter[sunting | sunting sumber]

Siaran wilayah TV Patrol[sunting | sunting sumber]

Selain acara berita di jaringan televisi nasional, TV Patrol dibuat acara berita wilayah ditayangkan oleh jaringan lokal setiap sore hari. Siaran program berita wilayah ini bertajuk TV Patrol Regional berapa kota yang dituju. Acara berita wilayah akan ditayangkan oleh ABS-CBN Regional Group.

Berikut ini adalah daftar acara berita wilayah di grup TV Patrol Regional:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:TV Patrol World