SpongeBob SquarePants

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SpongeBob SquarePants
Logo resmi SpongeBob SquarePants
Nama alternatifSpongeBob
GenreAnimasi
komedi
PembuatStephen Hillenburg
Pengarah kreatif
PemeranTom Kenny
Bill Fagerbakke
Rodger Bumpass
Carolyn Lawrence
Clancy Brown
Lori Alan
Mary Jo Catlett
Mr. Lawrence
Jill Talley
Dee Bradley Baker
Sirena Irwin
NaratorTom Kenny (beberapa episode)
Penggubah lagu temaHank Smith Music
Lagu pembuka"SpongeBob SquarePants Theme" oleh Pat Pinney
Lagu penutup"SpongeBob Closing Theme" oleh Steve Belfer
Penata musikSteve Belfer
Nicolas Carr
Eban Schletter
Sage Guyton
Jeremy Wakefield
Brad Carow
The Blue Hawaiians (1999)
Barry Anthony Trop (2005 - 2014)
Negara asal Amerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim13
Jmlh. episode281 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
Durasi22 menit (episode non-2-segmen)
11 menit (episode 2-segmen)
Rumah produksi
DistributorMTV Networks International
Rilis asli
JaringanNickelodeon
Format gambarSDTV (480p 4:3) (1999-2012)
HDTV (720p 16:9) (2009)
HDTV (1080p 16:9) (2012-sekarang)
Format audioStereo (1999–2012)
Dolby Digital Plus (2009, 2012–sekarang)
Rilis1 Mei 1999 –
sekarang
Acara terkait
Kamp Koral: SpongeBob's Under Years
The Patrick Star Show

SpongeBob SquarePants (atau lebih dikenal sebagai SpongeBob saja) adalah seri animasi terpopuler di jaringan Nickelodeon. Pada awalnya seri animasi ini ditayangkan pada 1999 di Amerika Serikat dan diciptakan oleh almarhum Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut, dan diterbitkan oleh perusahaannya, United Plankton Pictures Inc. Seri animasi ini berlatar di Samudra Pasifik, yaitu di kota fiksi Bikini Bottom.

Di Indonesia, seri animasi ini dipopulerkan oleh Lativi (sekarang tvOne) yang ditayangkan dari tanggal 2 Februari 2004 hingga 31 Januari 2006, kemudian hak tayang acara-acara yang diproduksi oleh Nickelodeon dibeli oleh Global TV (sekarang GTV) yang mulai menayangkan seri animasi ini pada tanggal 1 Februari 2006 dan masih ditayangkan hingga saat ini. Seri animasi ini sudah menggunakan sulih suara bahasa Indonesia, namun ada beberapa perbedaan dialog, penyebutan istilah dan pengisi suara antara penayangan seri ini baik di Lativi maupun di Global TV.

Latar

SpongeBob SquarePants adalah seekor spons laut berwarna kuning dan berlubang-lubang, yang tinggal dalam sebuah rumah nanas dalam laut di kota Bikini Bottom, di lautan Pasifik. Tetangganya, Squidward Tentacles, adalah seekor gurita yang tinggal dalam rumah moai. Tetangga SpongeBob lain dan teman akrabnya, Patrick Star, adalah seekor bintang laut merah muda, tinggal di bawah sebuah batu. Rumah Squidward terletak di antara rumah Spongebob dan rumah Patrick, dan inilah yang meresahkan Squidward.

Bikini Bottom diperlihatkan sebagai sebuah kota biasa dengan pusat dan pinggir kota, kawasan pantai, lapangan terbang, rangkaian bunga laut, dan taman hiburan sendiri. Stephen Hillenburg pernah berkata bahwa Bikini Bottom direka lebih kurang berdasarkan kota Seattle, Washington.

Hewan peliharaan SpongeBob adalah seekor siput laut bernama Gary, yang "mengeong" seperti kucing. Meskipun tidak banyak berbicara (kecuali dalam beberapa episode), dalam watak-watak lain, ia kelihatan mampu memahaminya. Tambahan pula, cacing laut direka layaknya anjing dan dirantai. Ubur-ubur disamakan dengan lebah; bunyi berdengung, sengatan (kejutan elektrik), dan menghasilkan "jelly" yang lezat, yang disamakan dengan madu lebah. Ikan berperan sebagai warga kota tetapi tidak dijadikan tokoh penting.

SpongeBob SquarePants bekerja sebagai juru masak di Krusty Krab, sebuah restoran makanan cepat saji, di mana Squidward juga bekerja sebagai kasir. Krusty Krab dimiliki Eugene H. Krabs (Tuan Krabs). Sheldon J. Plankton adalah musuh bebuyutan Krabs yang memiliki sebuah restoran makanan cepat saji bertaraf rendah bernama Chum Bucket yang terletak berhadapan Krusty Krab. Chum Bucket seolah-olah tidak pernah dikunjungi pelanggan, dan Plankton meluangkan kebanyakan waktunya untuk merancang peralatan untuk mencuri resep burger Krabby Patty milik Tuan Krabs. Plankton hanya berhasil mencuri resep itu dalam The SpongeBob SquarePants Movie; formulanya tidak pernah diperlihatkan kepada penonton. Istri komputer Plankton adalah Karen, kadang-kala membantunya dalam rancangan jahatnya atau bertengkar dengannya.

Satu lagi kawan SpongeBob adalah Sandy Cheeks, seekor tupai yang berasal dari Texas dan tinggal di dalam kubah anti-air di Bikini Bottom. Dia diantar ke dalam lautan oleh majikan-majikannya yang berupa simpanse. Ketika di luar kubahnya, dia memakai baju seperti Astronot.

Penduduk Bikini Bottom mengendarai kapal seolah-olah mobil. SpongeBob masih belajar dalam sekolah mengemudi setelah sering sekali gagal dalam ujian mengemudi (ada 2 versi tentang ketidaklulusan ini, yaitu 58 kali (menurut episode "Drive to Tears") dan 1.000.006 kali (menurut episode "Mrs.Puff, you Fired")). Setiap pergerakan menghasilkan gelembung untuk mengingkatkan penonton bahawa cerita ini berlatarkan lautan. Namun begitu, terdapat babak-babak di mana terdapat selapisan air yang berasingan daripada air lautan (seperti adanya pantai) dan api bisa dinyalakan dalam lautan.

Watak

Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing.

Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut; dan tetangga yang selalu memusuhinya Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet.

Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun.

Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.

Tokoh

Karakter utama serial ini. Baris atas, dari kiri ke kanan: Pearl, Plankton, dan Karen. Baris bawah: Sandy, Tuan Krabs, SpongeBob, Squidward, Gary, Patrick, dan Nyonya Puff.
  • SpongeBob SquarePants (SpongeBob) - tokoh utama dalam kartun ini yang berbentuk spon berwarna kuning. Spongebob merupakan hewan jenis spons laut yang tinggal di dalam rumah berbentuk nanas di dalam laut. Dia juga memelihara seekor siput yang bernama Gary. Merupakan koki di Krusty Krab yang terkenal dengan makanannya Krabby Patty.
  • Squidward Tentacles (Squidward) - seekor gurita yang tinggal di dalam kepala Moai yang seperti di Pulau Paskah. Dia sangat benci pada kedua tetangganya, Spongebob dan Patrick yang suka mengganggunya. Dia mempunyai seorang saingan yang juga seekor gurita bernama Squilliam Fancyson. Dia merupakan kasir di Krusty Krab yang pemalas dan Ia pun kerap tidur saat bekerja. Ia sangat menyukai dansa, dan sempat pindah rumah karena rumahnya dihancurkan kepada Spongebob dan Patrick di salah satu episode.
  • Patrick Star (Patrick) - seekor bintang laut yang merupakan teman akrab Spongebob yang berbentuk bintang laut. Patrick tinggal di bawah batu. Patrick merupakan penduduk paling bodoh di Bikini Bottom.
  • Eugene H. Krabs (Tuan Krabs) - seekor rajungan yang merupakan pemilik restoran Krusty Krab yang hanya ingin memikirkan soal uang (dia dikatakan sangat serakah dan pelit). Spongebob dan Squidward bekerja kepadanya. Dia mempunyai seorang putri bernama Pearl yang merupakan seekor paus sperma.
  • Sandy Cheeks (Sandy) - seekor bajing yang tinggal di dalam laut. Sandy merupakan ilmuwan dan menyukai karate, dikatakan suka meminum saus yang amat pedas dan juga aksi-aksi "stunt" yang ekstrem dan berbahaya.[1] Nama asli Sandy adalah Sandra "Sandy" Cheeks. Dia tinggal di sebuah kubah anti-air yang mempunyai sebatang pohon besar.
  • Sheldon J. Plankton (Plankton) - hewan jenis plankton yang merupakan pemilik restoran Chum Bucket. Amat terobsesi dengan resep Krabby Patty, sehingga ia selalu berusaha mencuri resepnya (tapi tak pernah berhasil).
  • Karen Plankton (Karen) - istri berupa komputer Plankton dan bisa menirukan perasaan manusia. Dia membantu Plankton mencuri resep rahasia Krabby Patty.
  • Pearl Krabs (Pearl) - seekor paus sperma yang merupakan anak Tuan Krabs.
  • Mrs. Puff (Nyonya Puff) - seekor ikan buntal yang merupakan guru mengemudi Spongebob yang mengajar mengendarai kapal di Sekolah Kapal Nyonya Puff.
  • Gary Wilson Jr. (Gary) - Seekor siput peliharaan Spongebob. Berbunyi seperti kucing dan merupakan siput yang bijak. Tidak suka kepada Squidward.
  • Larry Lobster (Larry) - seekor lobster yang sangat kuat. Kerap kali dapat dilihat di Goo Lagoon (Laguna Lendir).
  • Mermaid Man (Manusia Mermaid) - merupakan salah seorang pahlawan super (yang sudah tua) di Bikini Bottom.
  • Barnacle Boy (Bocah Barnacle) - Teman Mermaid Man dan kurang menyukai Spongebob (dan juga gelarannya yang mengandungi kata "boy", padahal dia sendiri sudah cukup tua seperti Mermaidman).
  • Dirty Bubble - partner dari Man Ray. Merupakan musuh dari Mermaid Man dan Barnacle Boy. Wujudnya seperti gelembung udara berwarna cokelat.
  • Man Ray - Merupakan musuh terbesar dari Mermaid Man dan Barnacle Boy. Bentuk tubuh dan wujudnya seperti Ultraman.

Tempat dalam serial animasi SpongeBob

  • Bikini Bottom - Kota utama di seri ini
  • Bikini Bottomshire (Kedaerahan Bikini Bottom) - Nama Bikini Bottom pada abad pertengahan, daerah ini dikuasai oleh Raja Krab, yang merupakan rival dari penyihir Planktonamor.
  • Goo Lagoon (Laguna Goo) - Sebuah pantai di Bikini Bottom yang sering dikunjungi Spongebob, Larry dan teman-teman.
  • Rock Bottom - Sebuah tempat di luar Bikini Bottom yang didiami ikan-ikan aneh.
  • K-Blub - Salah satu stasiun radio di Bikini Bottom.
  • Sea Needle (Jarum Laut) - Bangunan tinggi yang juga parodi dari bangunan Space Needle di Seattle
  • Shell City (Kota Kerang) - Merupakan toko cenderamata yang terletak di darat. (hanya muncul dalam film The SpongeBob SquarePants Movie)
  • Jellyfish Fields (Lapangan Ubur-Ubur) - Tempat berburu ubur-ubur. Spongebob dan Patrick sering kali datang ke tempat ini.
  • Krusty Krab - Restoran cepat saji di mana Spongebob dan Squidward bekerja. Krusty Krab menjual makanan paling disukai selautan yakni Krabby Patty yang seperti burger.
  • Discount Grocery Mart (Toko Kelontong Diskon) - Minimarket yang biasa memberikan potongan harga.
  • Shady Shoals - Panti jompo yang di tinggali Mermaid Man dan Barnacle Boy setelah pensiun.
  • Fancy! (Indah!) - Restoran bintang lima, di mana Spongebob pernah bekerja disini di salah satu episode, yaitu "Le Big Switch" dan muncul dalam beberapa episode lain.
  • Glove World (Dunia Sarung Tangan) - taman hiburan di Bikini Bottom. Tempat bermain Spongebob dan Patrick sebelum ke Rock Bottom. Juga pernah muncul sebagai tempat Pukulan Berapi Menyakitkan, sebuah roller coaster yang lebih besar dari Gunung Everest, lebih cepat dari Cheetah, dan lebih menyakitkan dari fitnah, dan diare yang hebat, yang direncanakan SpongeBob dan Patrick naiki dalam episode Roller Cowards.
  • Chum Bucket - Rumah makan di mana Plankton menyusun rencana jahatnya untuk mencuri Krabby Patty dan tinggal bersama Karen. Selalu kosong tanpa pengunjung.
  • New Kelp City (Kota Kelp Baru) - Kota di mana Spongebob menjadi wali kota dan namanya berubah menjadi CheeseHead BrownPants.
  • Residents' Row (Baris Penduduk) -Tempat tinggal Patrick, Squidward & SpongeBob
  • Loker Davy Jones - Tempat di mana orang yang memiliki sifat yang tidak baik, tempat yang penuh dengan kaus kaki.
  • Fast Food Coliseum (Koliseum Makanan Cepat Saji) - Tempat para koki untuk mengikuti kejuaraan masak tahunan.
  • Barg 'n Mart - Tempat para warga Bikini Bottom berbelanja.
  • Diner - Sebuah restoran yang muncul di beberapa episode yaitu Chocolate With Nuts, Mermaid Man & Barnacle Boy II, dan Missing Identity
  • Oyster Stadium (Stadion Kerang) - Tempat tiram & tempat pertandingan siput. Terletak di Kebun Binatang Bikini Bottom
  • Mrs. Puff Boating School (Sekolah Mengemudi Nyonya Puff) - Tempat SpongeBob belajar mengemudi, di sekolah ini SpongeBob tidak pernah lulus ujian mengemudi.
  • Palace of Pranks (Istana Jahil) - Toko yang menjual barang barang jahil/mainan
  • Dead Eye Gulch - Bikini Bottom pada zaman koboi
  • Planktopolis - Bikini Bottom dalam keadaan dikuasai oleh Plankton (hanya muncul dalam film The SpongeBob SquarePants Movie)
  • Bubble Bowl - Tempat drum band Bikini Bottom milik Squidward tampil, biasanya tampil di atas permukaan laut.
  • Martha's Craft Zone - Toko cenderamata yang pernah dikunjungi oleh Gary dan pemilik barunya.
  • Krusty Tower (Menara Krusty) - Krusty Krab berbentuk menara : salah satu bentuk bisnis Tuan Krabs yang akhirnya hancur
  • Cephalopod Lodge (Pondok Cephalopoda) - Tempat upacara suci para marga Tentacles, Squidward diusir dari tempat ini, karena ulah kacau SpongeBob dan Patrick.
  • Casa de Sponge - Rumah nanas Spongebob yang isinya dimodifikasi menyerupai rumah Squidward, hanya muncul di episode Squid Visit.
  • Mall - Tempat gaul para remaja kebanyakan, mal di Bikini Bottom.
  • The Wash - Salah satu destinasi dalam pesta Spongebob, Patrick, dan Tn. Krabs.
  • Boot Hills (Bukit Sepatu) - Makam para sheriff Dead Eye Gulch yang dibuat karena Old Dead Tree Hill sudah penuh.
  • Old Dead Tree Hill (Bukit Pohon Orang Mati) - Makam sheriff Dead Eye Gulch yang sudah penuh.
  • Tentacle Acres (Hektar Tentacles) - Deretan tempat tinggal marga dan berjenis Tentacles, terisolasi bagi yang bukan warga tidak berjenis Tentacles.
  • Bakery - Toko roti enak di pinggiran Bikini Bottom.
  • Noses 'n Things (Hidung dan apapun) - Tempat operasi hidung : Patrick pernah membuat hidung disini.
  • Big Shot Records - Perusahaan rekaman Bikini Bottom.
  • Kelp Forest (Hutan Kelp) - Hutan yang ada di pinggiran Bikini Bottom, muncul di episode Club SpongeBob dan beberapa episode lainnya
  • Mermalair - Markas Mermaid Man dan Barnacle Boy
  • Bikini Bottom Jail - Penjara atau tahanan di Bikini Bottom
  • Bikini Bottom Hospital - Rumah sakit di Bikini Bottom
  • Bikini Bottom Dump - Tempat sampah di Bikini Bottom
  • Bikini Atoll (Atol Bikini) - Sebuah pulau di darat yang dekat dengan Bikini Bottom dan hampir selalu muncul di seluruh episode.
  • Atlantis - Rumah Raja Neptunus. Di episode "Atlantis SquarePantis", SpongeBob, Patrick, Squidward, Tuan Krabs, Sandy, dan Plankton pergi ke sana
  • Brain Coral Fields (Lap. Isi Otak) - Tempat benda yang SpongeBob kira kepala Patrick.
  • Jalan Keong - Jalan yang merupakan tempat rumah SpongeBob, Patrick, dan Squidward, Krusty Krab, dan Chum Bucket.
  • Shelly Super Highway (Jalan Tol Super Shelly, disingkat JTSS) - Sebuah jalan yang muncul dalam episode SpongeBob's Last Stand, bagian dari rencana jahat Plankton.
  • Reef Cinema - Bioskop di Bikini Bottom.

Produk dalam serial animasi SpongeBob

  • Krabby Patty - Makanan yang disukai oleh warga Bikini Bottom, Plankton selalu berusaha mencuri resep rahasianya (tapi tidak pernah berhasil).
  • Kelp-O - Sereal yang selalu menjadi menu sarapannya SpongeBob.
  • Sea Nuts - Kacang laut yang berbentuk seperti kacang pada umumnya.
  • Invisible Boat Mobile - mobil yang selalu dipakai oleh Mermaid Man dan Barnacle Boy, yang transparan.
  • Bikini Bottom Phonebook - buku telpon yang pernah diisi oleh iklannya Chum Bucket
  • Fancy Living Digest - majalah yang memandu cara menjadi kaya dalam waktu yang singkat
  • Kelp Shake - Minuman enak yang pernah dijual di Bikini Bottom, belakangan diketahui bahwa produk ini mengandung zat radioaktif.
  • Nachos - Kentang yang menjadi makanan preman siput pada episode "Have You Seen This Snail ?"
  • Ol'Reliable - Jaring ubur-ubur yang pernah dipakai Spongebob
  • Spat si Spatula - Spatula yang selalu digunakan Spongebob untuk memasak Krabby Patty.
  • Sauce Tartar - Saus tartar adalah produk saus yang berefek seperti asam yang berbahaya
  • Sauce Volcano - Saus extra pedas
  • Mangkuk Gary - Mangkuk untuk sarapan Gary.
  • Snail-Po - Makanan Gary
  • Bucket-Head - Topi yang digunakan Plankton untuk mengendalikan semua warga Bikini Bottom, termasuk raja Neptunus dan kecuali Mr.Krabs, Spongebob, dan Patrick (hanya muncul dalam film SpongeBob the Movie)
  • Invisible Spray - Semprotan jahil milik SpongeBob dan Patrick : pernah menjadi 'hantu' dalam memakai benda ini.
  • Exploded Gum - Permen karet yang menyebabkan kepala bisa meledak (yang pernah Patrick makan dan dibayar seharga $1).
  • Chum Stick - Chum Plankton yang berbentuk stick, pernah laris satu kali, setelah itu diprotes oleh pelanggan dalam satu episode. Salah satu menu Chum Bucket.
  • Baby Powder (Bubuk Bayi) - Bedak bayi bahan terakhir untuk pembuatan gas bayi milik Plankton.
  • Night Light - Lampu tidur : SpongeBob menggunakannya karena alasan tidak bisa tidur.
  • Krust - Odol yang pernah membuat mata SpongeBob menghitam.
  • Jelly Patty - Krabby Patty dengan selai ubur-ubur
  • Krabby Kronicle - Koran dari Krusty Krab
  • Monster Krabby Patty - Krabby Patty dengan ukuran ekstra. Spongebob pernah mematahkan spatulanya (Spat) saat memasak menu ini.
  • Gas Bayi - Senjata Plankton yang bisa membuat orang menjadi bayi untuk mengambil resep rahasia Krabby Patty.
  • Gas Manula - Gas bayi Plankton yang gagal dan menjadikan orang yang disemprot menjadi manula.
  • Snail Bites

Binatang yang ada di Bikini Bottom

  • Alaskan Big Worm (Cacing Besar Alaska) Monster cacing raksasa dari Alaska yang senang memakan apa saja
  • Sea Bear (Beruang Laut) Monster berwajah beruang dan perawakannya seperti ikan besar, monster besar yang pernah muncul di majalah-majalah fiksi Bikini Bottom. Ia pernah muncul ketika Spongebob dan Patrick berkemah di dekat rumahnya pada malam hari. Beruang Laut ini juga dapat menyerang siapa saja yang memakai pakaian bodoh seperti Squidward yang akhirnya diserang berkali-kali. Dan Beruang Laut ini tidak bisa menyerang di daerah yang melingkar.
  • Sea Rhino Monster berwajah badak dan perawakannya seperti badak yang memiliki sirip
  • Nematoda Cacing kecil yang hidup berkelompok dan seperti parasit
  • Ubur-ubur Binatang yang pada umumnya berwarna pink, dan sering ditangkap oleh Spongebob, populasinya sekitar 1 juta ubur-ubur dan tinggal di Jellyfish Fields.

Produksi

SpongeBob SquarePants pada awalnya digunakan sebagai animasi tradisional pada musim pertamanya.[2] Dan selanjutnya, proses yang lebih lanjut dari cat dan tinta digital digunakan dari musim yang kedua dan sampai seterusnya.[2]

Produser eksekutif dan showrunner

Foto Stephen Hillenburg memegang buku yang di sampulnya bertuliskan "SpongeBob SquarePants"
Stephen Hillenburg, pembuat SpongeBob SquarePants

Pembuat seri Stephen Hillenburg menjadi produser eksekutif sepanjang sejarah seri, dan menjadi showrunner dari 1999 sampai 2004. Acara ini berhenti memproduksi episode pada 2002 karena Hillenburg sedang mengerjakan film berdasarkan seri, The SpongeBob SquarePants Movie. Setelah film selesai dan musim ketiga selesai ditampilkan di televisi, Hillenburg ingin mengakhiri seri tetapi Nickelodeon ingin lebih banyak episode.[3] Hillenburg berhenti menjadi showrunner.[4] Dia tidak lagi menjalankan dan menulis seri dengan basis hari, tetapi memeriksa setiap episode dan memberi masukan. Dia berkata "Aku menyadari ketika aku tua aku masih bisa melukis[...] aku tidak tahu tentang menjalankan acara."[4][5]

Ketika kepergiannya, Hillenburg menunjuk Paul Tibbitt, yang sebelumnya produser pengawas, penulis, sutradara, dan seniman papan cerita seri, untuk menggantikan perannya.[6] Hillenburg menganggap Tibbitt sebagai salah satu anggota kru acara favoritnya,[7] dan "benar-benar percaya padanya [Paul Tibbitt]."[8] Tibbitt memegang posisi showrunner dan juga menjadi produser eksekutif.[6][9]

Pada 13 Desember 2014, diumumkan bahwa Hillenburg akan kembali ke seri di posisi yang tidak disebutkan.[10] Pada 26 November 2018, pada usia 57 tahun, Hillenburg meninggal karena komplikasi dari amyotrophic lateral sclerosis (ALS), yang sudah didiagnosa sejak Maret 2017.[11][12] Nickelodeon mengonfirmasi lewat Twitter bahwa seri ini akan teruse berlanjut setelah meninggalnya Hillenburg.[13] Pada Februari 2019, Brian Robbins bertekad bahwa Nickelodeon akan terus memproduksi acara ini selama jaringan tersebut masih ada.[14]

Penulisan

SpongeBob SquarePants memiliki dua tim posisi menulis; tim lima garis besar dan penulis yang membuat garis cerita awal.[15] Penulis Luke Brookshier berkata "SpongeBob ditulis dengan [cara yang] berbeda dari acara televisi lain." Menulis episode seri dimulai dengan garis besar dua halaman yang sutradara papan cerita ambil dan disempurnakan menjadi episode penuh dengan lelucon dan dialog.[15][16] Penulis Merriwether Williams menjelaskan dalam wawancara bahwa dia dan Mr. Lawrence menulis draft episode ketika siang dan selesai pada jam 4.[16]

Hillenburg memutuskan pada awal, sebelum seri mulai diproduksi, bahwa dia ingin SpongeBob SquarePants memakai papan cerita, bukan memakai skrip.[17] Ini memerlukan pendekatan di mana seniman "membuat kerangka garis besar cerita dan disempurnakan dengan lelucon, dialog dan struktur yang akan membuat keseimbangan antara narasi dan imajinasi."[17] Hillenburg awalnya ingin "tim orang-orang muda dan lapar" untuk menulis seri.[18] Grup ini, yang bekerja dengan Hillenburg di Rocko's Modern Life sebelumnya, terdiri dari Alan Smart, Nick Jennings, dan Derek Drymon.[18] Penulis Steven Banks berkata bahwa "Penulis datang dengan ide dan menulis premis dan garis besar yang menggambarkan cerita, dan pemapan cerita (yang juga penulis) menulis dialog sambil menggambar panel papan cerita. Kebanyakan acara lain menggunakan skrip, kami tidak menulis skrip dan itu membuat semua perbedaan!"[19]

Hampir semua episode dibagi menjadi dua segmen berdurasi 11 menit. Hillenburg menjelaskan bahwa "[Saya] tidak pernah benar-benar ingin mencoba dengan sengaja untuk menulis acara setengah-jam".[8] Dia menambahkan, "Saya menulis acara ke mana mereka terasa benar".[8] Setiap segmen 11 menit perlu sekitar sembilan bulan untuk dibuat.[20]

Staf

Direktur dan penulis Dan Povenmire yang menggantikan Hillenburg di Rocko's Modern Life.[21]

Beberapa anggota asli SpongeBob sebelumnya bekerja dengan Hillenburg terpasang Rocko's Modern Life, termasuk Dan Povenmire.

Pemeran

SpongeBob SquarePants memiliki sembilan aktor suara utama, yaitu Tom Kenny, Bill Fagerbakke, Rodger Bumpass, Clancy Brown, Mr. Lawrence, Jill Talley, Carolyn Lawrence, Mary Jo Catlett dan Lori Alan. Tom Kenny merupakan pengisi suara SpongeBob SquarePants,[22] binatang kesayangannya Gary, Seorang Narator yang berasal dari Prancis, Patchy si bajak laut, dan Harold SquarePants. Kenny sebelumnya bekerja dengan Hillenburg di Rocko Modern Life, dan ketika Hillenburg membuat SpongeBob SquarePants, dia menawarkan posisi pengisi suara kepada Kenny.[23] Hillenburg menggunakan kepribadian Kenny dan orang-orang lain untuk membuat kepribadian SpongeBob[22] Suara SpongeBob pertama digunakan Kenny untuk karakter minor yang bernama Al di Rocko Modern Life. Kenny lupa suara itu karena hanya digunakan kali itu saja. Tapi Hillenburg ingat ketika dia membuat SpongeBob dan menggunakan klip video untuk mengingatkan Kenny.[22] Kenny mengatakan tawa SpongeBob itu dibuat agar menjadi unik, dan mengatakan mereka ingin tawa yang mengganggu.[24] Bill Fagerbakke menjadi pengisi suara Patrick.[25] Dia juga menjadi pengisi beberapa karakter lain. Dalam wawancara, dia mencerminkan dirinya dengan Patrick dan mengatakan, "Ini sangat memuaskan." Dia mendeskripsikan suaranya dan menambahkan "Menjadi bagian dari sesuatu yang menjadi ikon, itu hebat ... itu mengasyikkan. Dan juga, melakukannya sebagai pengisi suara dan itu tugasku dan di tempat yang tidak penuh dengan histeria kosmetik sangat hebat."[26] Rodger Bummpas menjadi pengisi suara Squidward dan karakter-karakter lain. Arthur Brown, pembuat Everything I Need to Know, I Learned from Cartoons!, membandingkan suara Squidward dengan suara Jack Benny.[27] Carolyn Lawreance menjadi pengisi suara Sandy.[28] Lawrence mendapat perannya ketika dia sedang di Los Angeles di Los Feliz. Dia bertemu Donna Grillo, pengarah casting, di jalan setapak. Lawrence punya teman yang kenal Grillo, dia memberitahunya bahwa Lawrence punya suara yang menarik. Grillo membawa Lawrence ke audisi dan mendapat bagian.[29][30] Hillenburg awalnya menggunakan Mr. Lawrence sebagai pengisi suara Squidward.[18] Drymon mengatakan "Kami tahu Doug dari Rocko, di mana dia adalah pengarah papan cerita dan pernah mengisi suara Filburt. Ketika kami menunjukkan Doug papan cerita, dia membaca kembali dengan suara Tony the Tiger/Gregory Pecknya. Itu sangat lucu, dan kami akhirnya membuat SpongeBob menggunakan suara dalam ketika pertama kali memasuki Krusty Krab."[18] Hillenburg suka suaranya dan memberi peran sebagai pengisi suara Plankton.[18] Selain itu, Lawrence juga mengisi suara Larry the Lobster.[31] Mrs. Puff diisi suaranya oleh Mary Jo Catlett, sedangkan Pearl diisi suaranya oleh Lori Alan,[32] dan Karen diisi suaranya oleh istri Tom Kenny, Jill Talley.[33] Pengisi suara karakter utama lainnya adalah Clancy Brown yang menjadi pengisi suara Tuan Krabs.[34]

Stephen Hillenburg mengisi suara Potty the Parrot dari 2000 sampai 2004, kemudian digantikan Paul Tibbitt. Ibunya Tuan Krabs diisi suaranya oleh Paul Tibbitt pada 2001 dan 2002, kemudian diganti oleh Sirena Irwin pada 2005.[35] Brian Doyle-Murray menjadi pengisi suara Flying Dutchman.[36]

Bintang tamu

Beberapa episode memiliki bintang tamu yang menjadi pengisi suara. Orang yang sering menjadi bintang tamu adalah Ernest Borgnine yang mengisi suara Mermaid Man dari 1999 sampai kematiannya pada 2012;[37] Tim Conway sebagai Barnacle Boy;[38] dan Marion Ross sebagai Nenek SpongeBob.[39] Bintang tamu terkenal yang pernah mengisi suara adalah David Bowie sebagai Lord Royal Highness di film televisi Atlantis SquarePantis,[40][41] Johnny Depp sebagai Jack Kahuna Laguna di SpongeBob vs. The Big One,[42] dan Victoria Beckham sebagai Queen Amphitrite di The Clash of Triton.[43][44]

Perekaman suara

Sesi merekam suara selalu penuh dengan pemeran, yang Kenny gambarkan dengan "semakin lebih tidak biasa".[45] Kenny berkata, "Itulah hal lain yang memberi SpongeBob perasaan yang spesial. Semuanya ada di dalam ruangan yang sama, melakukannya dengan gaya acara-radio lama. Itu adalah bagaimana hal yang kami suka direkam".[45] Penulis acara Jay Lender berkata, "Sesi merekam selalu menyenangkan ..."[46] Untuk tiga musim pertama, Hillenburg dan Drymon duduk di studio rekaman, dan mereka menyutradarai para pemeran.[47] Pada musim keempat, Andrea Romano menggantikan peran mereka sebagai sutradara suara.[47] Rabu adalah hari merekam, jadwal yang sama sejak 1999.[47] Pengawas casting Jennie Monica Hammond berkata, "Aku suka Rabu".[47]

Animasi

Selama penayangan seri, SpongeBob SquarePants diproduksi di Nickelodeon Animation Studio di Burbank, Kalifornia, dan dianimasikan di Rough Draft Studios di Korea Selatan.[8][48] Sekitar 50 orang bekerja bersama dalam menganimasi dan memproduksi sebuah episode SpongeBob.[15] Berdasarkan Luke Brookshier, sutradara papan cerita, "SpongeBob strukturnya berbeda dengan kebanyakan kartun".[15] Kru di studio di Kalifornia memapan ceritakan episode dan kru di Korea menggunakannya.[8] Kru di Rough Draft Studios menganimasi dengan tangan, mewarnai celnya dalam komputer, melukis latar belakang dan mengirimnya kembali ke kru di Nickelodeon Animation Studio untuk diubah, dan memberi musik jalur suara.[15] Desain karakter diperbarui atau diubah setiap musim untuk menyelesaikan masalak teknis dalam animasi.[49]

Pada musim pertamanya, SpongeBob SquarePants dianimasikan menggunakan animasi cel.[6] Acara ini berubah menjadi animasi tinta dan cat digital pada musim keduanya pada 2000.[6] Produser eksekutif Paul Tibbitt berkata "Musim pertama SpongeBob dilakukan dengan cara lama di cel, dan setiap cel harus dilukis sebagian, dibiarkan agar kering, dilukis warna lain. Ini tetap aspek yang memakan waktu dari proses sekarang, tetapi cara digital dalam melakukan sesuatu berarti tidak perlu lama untuk dibenarkan".[6]

Penerimaan

Popularitas

SpongeBob SquarePants merupakan satu-satunya kartun untuk memasuki senarai 10 Teratas secara konsisten dalam pemeringkatan Nielsen, dan menurut pihak Nickelodeon, Nickelodeon cartoon "berbujet rendah" pertama yang menjadi amat popular. Kartun berbujet rendah tidak banyak meraih penghargaan sebanyak rancangan berbujet tinggi seperti Rugrats, namun semenjak muncul di kaca TV pada tahun 1999, SpongeBob meraih bilangan penonton yang cukup dalam peringkatan agar dianggap popular, maka menjadi lebih popular berbanding Rugrats. SpongeBob mengikuti rancangan Nickelodeon lain yang menarik penonton lebih "matang": The Ren & Stimpy Show, Rocko's Modern Life, skit-skit Kablam!, Action League Now! dan The Angry Beavers. Rancangan-rancangan lain turut mengikuti trend ini: Invader Zim dan The Fairly OddParents meraih bilangan peminat yang serupa pada tahun 2001, dan OddPatents hanya di tempat kedua selepas SpongeBob dari segi kelarisan, manakala Zim menarik pengikutan kultus[butuh rujukan]. Rancangan ini mula pada tahun 1999, dan ketika itu, Pokémon masih menjadi kegilaan yang terbesar. SpongeBob tidak meningkatkan popularitinya sehingga tahun 2000, dan semenjak itu kekal popular sehingga ke hari ini. SpongeBob dimumkan akan memproduksi musim ke-9 yang membuat mereka menjadi seri Nickelodeon pertama yang melewati angka 200 jumlah episodenya karena musim ini menaikkan jumlah episodenya menjadi 204.[50]

Tarikan meluas

SpongeBob adalah salah satu daripada banyak seri kartun yang direka untuk menarik penonton dewasa dan kanak-kanak. Ini mungkin banyak berkaitan dengan gambaran kehidupan dan keadaan dalam air yang aneh, dan penggunaan situasi, sentuhan dan istilah yang sukar difahami penonton yang lebih muda. Terdapat juga senario ironis rumit yang memerlukan perhatian teliti.

Sebahagian tarikan rancangan ini berkait rapat dengan sifat kekanak-kanakan SpongeBob dan sahabat karibnya, Patrick Star, yang kedua-duanya berusia dewasa tetapi menunjukkan sifat kelurusan kanak-kanak manusia. Namun, tokoh-tokoh ini tidak terkecuali daripada kegiatan yang lebih bersifat dewasa, seperti kepujanggan rock dalam persembahan stadium, atau Patrick meminta SpongeBob beranak lagi setelah mengambil seekor kapis bayi di bawah jagaan mereka.

Rancangan ini menjadi popular dengan penonton remaja dan dewasa sehingga seri ini disiarkan di MTV dan ditampilkan dalam Spike TV. The SpongeBob SquarePants Movie yang dikeluarkan pada 19 November 2004, menyaksikan penampilan istimewa oleh David Hasselhoff, dalam satu babak ajukan peranannya dari seri TV Baywatch.

Penghargaan

Di bawah ini adalah penghargaan-penghargaan yang pernah diraih kartun SpongeBob SquarePants:

Tahun Asosiasi Kategori Nominasi Hasil
2000 Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television Animation — Music[51] "Mermaid Man and Barnacle Boy" and "Pickles" Menang
Best Sound Editing in Television Animation — Sound[51] "Karate Choppers" Menang
2001 Annie Awards Outstanding Individual Achievement for Voice Acting by a Female Performer in an Animated Television Production[52] Mary Jo Catlett as Mrs. Puff
in "No Free Rides"
Nominasi
Outstanding Individual Achievement for Voice Acting by a Male Performer in an Animated Television Production[52] Tom Kenny as SpongeBob SquarePants
in "Wormy"
Nominasi
Outstanding Individual Achievement for a Song in an Animated Production[52] Peter Straus and Paul Tibbitt
for "The Very First Christmas" in "Christmas Who?"
Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television Animation — Sound[53] "Rock Bottom" and "Arrgh" Menang
Best Sound Editing in Television Animation — Music[53] "Fools in April" and "Neptune's Spatula" Nominasi
2002 Primetime Emmy Awards Outstanding Children's Program[54] Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television – Animation[55] "Secret Box" and "Band Geeks" Menang
Best Sound Editing in Television Animation — Music[55] "Jellyfish Hunter" and "The Fry Cook Games" Nominasi
Television Critics Association Awards Outstanding Achievement in Children's Programming[56] Menang
2003 Primetime Emmy Awards Outstanding Animated Program (for Programming Less Than One Hour)[57] "New Student Starfish" and "Clams" Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television Animation — Music[58] "Wet Painters" and "Krusty Krab Training Video" Menang
Best Sound Editing in Television Animation[58] "Nasty Patty" and "Idiot Box" Menang
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[59] Menang
2004 Primetime Emmy Awards Outstanding Animated Program (for Programming Less Than One Hour)[60] "SpongeBob B.C. (Before Comedy)" Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television Animation — Music[61] "The Great Snail Race" and "Mid-Life Crustacean" Menang
Best Sound Editing in Television Animation — Music[61] "Mid-Life Crustacean" Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[62] Menang
Golden Satellite Awards Best Animated or Mixed Media Feature[63] The SpongeBob SquarePants Movie Nominasi
2005 Annie Awards Best Animated Television Production[64] Menang
Best Animated Feature[64] The SpongeBob SquarePants Movie Nominasi
Directing in a Feature Production[64] Stephen Hillenburg
for The SpongeBob SquarePants Movie
Nominasi
Music in a Feature Production[64] Gregor Narholz
for The SpongeBob SquarePants Movie
Nominasi
Primetime Emmy Awards Outstanding Animated Program (for Programming Less Than One Hour)[65] "Fear of a Krabby Patty" and "Shell of a Man" Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television: Animated[66] "Pranks A Lot" and "SpongeBob Meets the Strangler" Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[67] Menang
Television Critics Association Awards Outstanding Achievement in Children's Programming[68] Nominasi
Golden Trailer Awards Best Animation/Family[69] The SpongeBob SquarePants Movie Nominasi
Most Original[69] Nominasi
Young Artist Award Best Family Feature Film – Animation[70] The SpongeBob SquarePants Movie Nominasi
2006 MTV Russia Movie Awards Best Animated Film[71] The SpongeBob SquarePants Movie Nominasi
Annie Awards Best Writing in an Animated Television Production[72] C.H. Greenblatt, Paul Tibbitt, Mike Bell, and Tim Hill
for "Fear of a Krabby Patty"
Menang
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television: Animated[73] "Have You Seen This Snail?" Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[74] Menang
2007 Primetime Emmy Awards Outstanding Animated Program (for Programming Less Than One Hour)[75] "Bummer Vacation" and "Wigstruck" Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[76] Menang
Television Critics Association Awards Outstanding Achievement in Children's Programming[77] Nominasi
2008 Annie Awards Best Voice Acting in an Animated Television Production[78] Tom Kenny as SpongeBob SquarePants
in "Spy Buddies"
Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing in Television: Animated[79] "SpongeHenge" Menang
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[80] Nominasi
Primetime Emmy Awards Outstanding Animated Program (for Programming Less Than One Hour)[81] "The Inmates of Summer" and "The Two Faces of Squidward" Nominasi
Philippines Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[82] Menang
2009 ASTRA Awards Favourite International Program[83] Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[84] Menang
Indonesia Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[85] Menang
Annie Awards Direction in an Animated Television Production or Short-form[86] Alan Smart
for "Penny Foolish"
Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing: Television Animation[87] "Suction Cup Symphony" Nominasi
Teen Choice Awards Choice TV Animated Show[88] Menang
Primetime Emmy Awards Outstanding Special Class - Short-Format Animated Programs[89] "Dear Vikings" Nominasi
2010 Daytime Emmy Awards Outstanding Special Class Animated Program[90] Menang
Outstanding Directing in an Animated Program[90]
Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing: Television Animation[91] "SpongeBob vs. The Big One" Nominasi
Annie Awards Best Home Entertainment Production[92][93] "SpongeBob vs. The Big One" DVD Nominasi
Best Animated Television Production for Children[92][93] Nominasi
Best Voice Acting in a Television Production[92][93] Tom Kenny as SpongeBob SquarePants
in Truth or Square
Menang
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[94] Menang
Kids' Choice Awards Mexico Favorite Cartoon[95] Nominasi
Indonesia Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[96] Menang
TP de Oro Best Children and Youth Program[97] Menang
2011 Annie Awards Best Animated Television Production for Children[98] Menang
Music in a Television Production[98] Jeremy Wakefield, Sage Guyton, Nick Carr, Tuck Tucker Menang
ASCAP Film and Television Awards Top Television Series[99] Menang
Casting Society of America Outstanding Achievement in Casting - Television Animation[100] Sarah Noonan Menang
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[101] Menang
Indonesia Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[102] Menang
Emmy Awards Outstanding Short-format Animated Program[103] "That Sinking Feeling" Nominasi
Kids' Choice Awards Argentina Favorite Cartoon[104][105] Nominasi
TP de Oro Best Children and Youth Program[106] Menang
2012 Annie Awards Writing in a Television Production[107] Dani Michaeli, Sean Charmatz, Nate Cash, Luke Brookshier, Paul Tibbitt
for "Patrick's Staycation"
Nominasi
ASCAP Film and Television Awards Top Television Series[108] Menang
Daytime Emmy Awards Outstanding Children's Animated Program[109][110] Nominasi
Outstanding Directing in an Animated Program[109][110] Nominasi
Outstanding Performer in an Animated Program[109][110] Rodger Bumpass as Squidward Tentacles Nominasi
Outstanding Sound Editing - Animation[109][110] Nominasi
Producers Guild of America Children's Program[111] Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[112] Menang
Kids' Choice Awards Mexico Favorite Cartoon[113][114] Nominasi
Kids' Choice Awards Argentina Favorite Cartoon[115][116] Nominasi
2013 Annie Awards Best Animated Television Production for Children[117][118] Nominasi
Directing in an Animated Television or other Broadcast Venue Production[117][118] Mark Caballero
Seamus Walsh
for "It's a SpongeBob Christmas!"
Nominasi
Character Animation in an Animated Television or other Broadcast Venue Production[117][118] Dan Driscoll
for "It's a SpongeBob Christmas!"
Menang
Savelen Forrest
for "It's a SpongeBob Christmas!"
Nominasi
Daytime Emmy Awards Outstanding Achievement in Sound Editing - Animation[119] Nominasi
Golden Reel Awards Best Sound Editing - Sound Effects, Foley, Dialogue and ADR Animation in Television[120][121] "It's a SpongeBob Christmas!" Nominasi
"Gary's New Toy" Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[122] Menang
2014 Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[123] Menang
Favorite Animated Animal Sidekick[123] Patrick Star Menang
Producers Guild of America Outstanding Children's Program[124] Nominasi
British Academy Children's Awards International Category[125] Marc Ceccarelli, Luke Brookshier, Vincent Waller Nominasi
Daytime Creative Arts Emmy Awards Outstanding Sound Editing – Animation[126][127] Devon Bowman, Nicolas Carr, Mishelle Fordham, Jeff Hutchins, Aran Tanchum and Vincent Guisetti Menang
2015 Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[128] Menang
2016 British Academy Children's Awards International Category[129] Belum diputuskan
Primetime Emmy Awards Outstanding Short-format Animated Program "Company Picnic"[130] Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[131] Menang
2017 Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[132] Menang

Kritik dan kontroversi

Pada 2005, video promosi yang berisi SpongeBob mempromosikan Keanekaragaman budaya dan toleransi[133] dikritik kelompok Kristen Evangelis di Amerika Serikat karena mereka melihat sang karakter digunakan sebagai penganjur homoseksualitas meskipun video tersebut tidak berisi "acuan seks, gaya hidup seksual atau identitas seksual."[134][135] James Dobson dari Focus on the Family menganggap pembuat video mempromosikan homoseksualitas karena video tersebut disponsori kelompok hak asasi gay.[135]

Insiden ini menimbulkan pertanyaan apakah SpongeBob adalah karakter homoseksual. Pada 2002, ketika popularitas SpongeBob dikalangan orang gay naik, Hillenburg membantah bahwa SpongeBob gay. Dia menerangkan bahwa dia menganggap SpongeBob "hampir aseksual;"[136][137] dia telah ditunjukkan pada beberapa episode memiliki kemampuan menumbuhkan kembali tanggannya dan membentuk tubuh lain dengan "tunas", seperti spons di kehidupan nyata.[138] Setelah komentar Dobson, Hillenburg mengulang pernyataannya bahwa pilihan seksual tidak pernah dipikirkan pada pembuatan acara.[139] Tom Kenny dan anggota produksi lain kaget dan tercengang ketika isu tersebut muncul.[22]

Dobson kemudian mengatakan bahwa komentarnya dipahami di luar konteks dan keluhannya bukan kepada SpongeBob atau karakter lain dalam video tersebut tetapi dengan organisasi yang mensponsori video, We Are Family Foundation. Dobson mengatakan bahwa yayasan tersebut telah memasukkan bahan pro-homoseksual di situs webnya, tetapi kemudian menghapusnya.[140] Setelah kontroversi selesai, John H. Thomas, menteri umum dan presiden United Church of Christ, berkata bahwa mereka akan menyambut SpongeBob ke pelayanan mereka. Dia berkata "Yesus tidak berpaling dari orang-orang. Kami juga tidak".[141]

Penelitian yang diadakan di University of Virginia yang dipublikasikan di majalah Pediatrics mengatakan bahwa membiarkan penonton pra-sekolah menonton SpongeBob SquarePants menyebabkan gangguan jangka pendek dalam fungsi mental dan rentang perhatian karena seringnya pergantian potretan.[142][143] Eksektif Nickelodeon merespon dalam wawancara bahwa acara tidak dimaksudkan untuk penonton seusia itu dan penelitian tersebut menggunakan "metode yang dipertanyakan dan tidak bisa memberi dasar untuk penemuan valid yang bisa dipercaya orang tua".[144][145]

Keluaran media

Episode

Musim Episode (Segmen) Tanggal mulai musim Tanggal akhir musim Pelepasan DVD
Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 4
1 20 (41) 1 Mei 1999 3 Maret 2001 28 Oktober 2003 7 November 2005 30 November 2006
2 20 (39) 26 Oktober 2000 26 Juli 2003 19 Oktober 2004 23 Oktober 2006 30 November 2006
3 20 (37) 5 Oktober 2001 11 Oktober 2004 27 September 2005 3 Desember 2007 8 November 2007
4 20 (38) 6 Mei 2005 24 Juli 2007 12 September 2006 3 November 2008 7 November 2008
9 Januari 2007
5 20 (41) 19 Februari 2007 19 Juli 2009 4 September 2007 16 November 2009 2 Desember 2009
18 November 2008
6 26 (47) 3 Maret 2008 5 Juli 2010 8 December 2009 29 November 2010 2 Desember 2010
7 Desember 2010
7 26 (50) 19 Juli 2009 11 Juni 2011 6 Desember 2011 17 September 2012 12 September 2012
8 26 (47) 26 Maret 2011 6 Desember 2012 12 Maret 2013 28 Oktober 2013 30 Oktober 2013
9 26 (49) 21 Juli 2012 20 Februari 2017 (2017-2-20) 10 Oktober 2017 TBA TBA
10 11 (22) 15 Oktober 2016 (2016-10-15) 2 Desember 2017 15 Oktober 2019 TBA TBA
11 26 (50) 24 Juni 2017 (2017-06-24) 25 November 2018 31 Maret 2020 TBA TBA
12 26 (49) 11 November 2018 (2018-11-11) TBA TBA TBA TBA
13 13 (26) 22 Oktober 2020 (2020-10-22) TBA TBA TBA TBA

Film

Film TV

Tayangan singkat

  • Astrology With Squidward (Astrologi Bersama Squidward)
  • Patrick the Snowman (Patrick si Manusia Salju)
  • Plankton's Holiday Hits (Hit Liburan Plankton)
  • How The You-Know-Who Stole You-Know-What! (Bagaimana Kamu-Tahu-Siapa Yang Mencuri Kau-Tahu-Mengapa!)
  • 12 Days of Nickmas (12 hari dari Nickmas)
  • The Endless Summer[146] (Musim Panas yang Tidak Ada Habisnya)
  • A Random Act of SpongeBob (Aksi Acak dari SpongeBob)

Musik

Lagu tema

Lagu / musik lain

  • Lagu-lagu lain biasanya dinyanyikan oleh karakter-karakter di seri. Seperti lagu "Sweet Victory" (Super Band Bikini Bottom), "Twinkle, Twinkle, Patrick Star" (Patrick), dll.
  • Beberapa lagu dinyanyikan oleh orang yang jarang muncul dan suaranya yang biasanya muncul. Seperti lagu "Loop dee Loop!" (Ween), "That's What Friend Do" (Chris von Sneidern), dll.

Tantangan Dirty Bubble

Dalam episode "Have You Seen This Snail?", SpongeBob diberi tantangan untuk memukul bola dayung sebanyak angka diatas 29.998.559.671.349 (29,99 triliun) kali. Tantangan ini bernama "Tantangan Dirty Bubble". Namun, seandainya SpongeBob memukul bola dayung itu sebanyak 4 kali per detik, ia membutuhkan waktu setidaknya 238.050 tahun.[147]

Referensi

  1. ^ "Squirrel Record". SpongeBob SquarePants. Musim ke-9. Episode ke-179b. 21 Juli 2012. 
  2. ^ a b Wiese, Erik (2004). komentar tentang SpongeBob SquarePants pada musim 2 DVD untuk episode berjudul "Something Smells" (DVD). Paramount Home Entertainment. 
  3. ^ Heintjes, Tom (September 21, 2012). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-31. Diakses tanggal August 23, 2013. 
  4. ^ a b Bauder, David (July 13, 2009). "SpongeBob Turns 10 Valued At $8 Billion". Huffington Post. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  5. ^ "Nickelodeon's 'SpongeBob SquarePants' Reaches A Milestone: 10 Years". Access Hollywood. July 13, 2009. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  6. ^ a b c d e Fletcher, Alex (April 3, 2011). "Paul Tibbitt ('Spongebob Squarepants')". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-31. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  7. ^ Hillenburg, Stephen (2009). The First 100 Episodes - Square Roots: The Story of SpongeBob SquarePants (DVD). Paramount Home Entertainment. 
  8. ^ a b c d e Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  9. ^ Rae, Fiona (September 26, 2009). "Paul Tibbitt interview". New Zealand Listener. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  10. ^ Amid Amidi (13 Desember 2014). "'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg Returning to His Show". Cartoon Brew (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Desember 2014. 
  11. ^ Otterson, Joe (27 November 2018). "'SpongeBob Squarepants' Creator Stephen Hillenburg Dies at 57". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 November 2018. 
  12. ^ Wallenstein, Andrew (13 Maret 2017). "'SpongeBob SquarePants' Creator Stephen Hillenburg Reveals ALS Diagnosis". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Maret 2017. Diakses tanggal 27 November 2018. 
  13. ^ @Nickelodeon (28 November 2018). "The show isn't cancelled. Steve Hillenburg's creations will continue to bring joy to kids and families everywhere 💛" (Tweet). Diakses tanggal 21 Juli 2019 – via Twitter. 
  14. ^ Steinberg, Brian (14 Februari 2019). "'SpongeBob' Spinoffs Planned as Nickelodeon Chief Brian Robbins Tries to Win Back Young Viewers (EXCLUSIVE)". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Februari 2019. 
  15. ^ a b c d e "Interview with Luke Brookshier, SpongeBob SquarePants Storyboard Director". 4Mations. September 23, 2009. Diakses tanggal May 23, 2013. 
  16. ^ a b "Writer Appreciation Day 2: Merriwether Williams". The Round Stable. August 15, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-22. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  17. ^ a b Heintjes, Tom (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17. Bull Moose Publishing Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-31. Diakses tanggal September 21, 2012. 
  18. ^ a b c d e Drymon, Derek (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17. Bull Moose Publishing Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 31 Agustus 2015. 
  19. ^ Zahed, Ramin (July 24, 2009). "Bikini Bottom Confessions". Animation. Diakses tanggal May 28, 2013. 
  20. ^ "First News readers interview SpongeBob SquarePants exec producer Paul Tibbitt!". First News. June 22, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-28. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  21. ^ Brantley, Mike (2008-05-13). "Seorang animator Disney melihat musim panas di Mobile sesuai dengan inspirasi". Al.com. Diakses tanggal 2009-07-29. 
  22. ^ a b c d Farhat, Basima (Interviewer) (December 5, 2006). Tom Kenny: Voice of SpongeBob SquarePants - Interview (Radio production). The People Speak Radio. Diarsipkan dari versi asli (mp3) tanggal 2011-07-24. Diakses tanggal 2008-11-08. 
  23. ^ Orlando, Dana (17 Maret 2003). "SpongeBob: the excitable, absorbent star of Bikini Bottom" (dalam bahasa Inggris). St. Petersburg Times. Diakses tanggal 8 November 2008. 
  24. ^ "SpongeBob's Alter Ego". CBS News. December 30, 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-20. Diakses tanggal 2008-11-08. 
  25. ^ Crump, Steve (March 19, 2009). "COLUMN: Do you remember Bill Fagerbakke? He's a star". Magic Valley. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  26. ^ Douglas, Patrick (January 14, 2008). ""Transformers:Animated"/"Spongebob Squarepants"/"Coach" - Bill Fagerbakke (2008)". The Culture Shock. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  27. ^ Brown, Arthur (2008). Everything I Need to Know, I Learned from Cartoons!. USA: Arthur Brown. hlm. 85. ISBN 1-4357-3248-0. 
  28. ^ "Carolyn Lawrence: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  29. ^ "Carolyn Lawrence Exclusive Interview". The Star Scoop. September 17, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-29. Diakses tanggal June 14, 2013. 
  30. ^ "REFANB Interview: Carolyn Lawrence, A.K.A. Ashley Graham". Resident Evil Fan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-12-12. Diakses tanggal June 14, 2013. 
  31. ^ "Mr. Lawrence: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  32. ^ "Lori Alan: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  33. ^ "Jill Talley: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  34. ^ "Clancy Brown: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  35. ^ "Sirena Irwin: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  36. ^ "Brian Doyle-Murray: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  37. ^ Lloyd, Robert (July 9, 2012). "Ernest Borgnine: From Marty to McHale to Mermaid Man". Los Angeles Times. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  38. ^ "Tim Conway: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  39. ^ "Marion Ross: Credits". TV Guide. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  40. ^ "David Bowie goes out to sea for 'SpongeBob'". USA Today. October 11, 2006. Diakses tanggal May 27, 2013. 
  41. ^ "Bowie voices SpongeBob character". BBC. October 11, 2006. Diakses tanggal May 27, 2013. 
  42. ^ Moody, Annemarie (April 1, 2009). "Johnny Depp Teaches SpongeBob to Hang Ten in New TV Special". Animation World Network. Diakses tanggal May 28, 2013. 
  43. ^ Thomas, Devon (June 17, 2010). "Victoria Beckham Lends Her Voice to "SpongeBob"". CBS News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-12. Diakses tanggal May 29, 2013. 
  44. ^ "Victoria Beckham to star in a new episode of SpongeBob SquarePants". Daily Mirror. July 15, 2010. Diakses tanggal May 29, 2013. 
  45. ^ a b Kenny, Tom (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17. Bull Moose Publishing Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-31. Diakses tanggal September 21, 2012. 
  46. ^ Lender, Jay (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17. Bull Moose Publishing Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-31. Diakses tanggal September 21, 2012. 
  47. ^ a b c d Hammond, Jennie Monica (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17. Bull Moose Publishing Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-31. Diakses tanggal September 21, 2012. 
  48. ^ Richmond, Ray (January 15, 2004). "Special Report: Animation". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-10. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  49. ^ Tibbitt, Paul (December 9, 2013). "paultibbitt: @gozarfan chars r updated every ..." Twitter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-15. Diakses tanggal December 15, 2013. 
  50. ^ Matthew D. Pascoe (January 4, 2011). "Renewed: Spongebob Squarepants". YTN - Youth Television News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-02. Diakses tanggal January 4, 2011. 
  51. ^ a b "Motion Picture Sound Editors, USA". Internet Movie Database. March 25, 2000. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  52. ^ a b c "The 29th Annual Annie Awards Nominees and Winners!". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2003-06-21. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  53. ^ a b "Motion Picture Sound Editors, USA". Internet Movie Database. March 24, 2001. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  54. ^ "SpongeBob SquarePants". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  55. ^ a b "Motion Picture Sound Editors, USA". Internet Movie Database. March 23, 2002. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  56. ^ "2002 TCA Awards winners". Television Critics Association. July 20, 2002. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-13. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  57. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2003: Outstanding Animated Program (for programming less than one hour)". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  58. ^ a b "Motion Picture Sound Editors, USA". Internet Movie Database. March 22, 2003. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  59. ^ "Nickelodeon Kids Choice Awards Press Sire". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-01. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  60. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2004: Outstanding Animated Program (for programming less than one hour)". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  61. ^ a b "Motion Picture Sound Editors, USA". Internet Movie Database. February 28, 2004. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  62. ^ "Nickelodeon KidsChoice Awards Press Site". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-16. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  63. ^ "Satellite Awards 2004". Who's Date Who?. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  64. ^ a b c d "32nd Annual Annie Award Nominees and Winners (2004)". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-09. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  65. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2005: Outstanding Animated Program (for programming less than one hour)". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  66. ^ "2006 Golden Reel Award Nominees & Recipients: Television". Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-23. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  67. ^ "2005 Kids' Choice Awards Winners". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-08. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  68. ^ "2005 TCA Awards nominees". Television Critics Association. June 2, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-01. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  69. ^ a b "6th Annual Golden Trailer Award Winner and Nominees". Golden Trailer Awards. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-12. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  70. ^ "The Young Artist Foundation Congratulates all Nominees and Winners". Young Artist Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-03-04. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  71. ^ "Истории / Звездный лайфстайл". Star Story (dalam bahasa Russian). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-15. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  72. ^ "33rd Annual Annie Award Nominees and Winners (2005)". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-17. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  73. ^ "Best Sound Editing in TELEVISION ANIMATION" (PDF). Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-03-14. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  74. ^ "2006 Kids' Choice Awards Winners". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-02-08. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  75. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2007: Outstanding Animated Program (for programming less than one hour)". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  76. ^ "2007 KCA Winners Release". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-16. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  77. ^ "NBC 'Lights' Up Critics' Nominations". Zap2it. June 5, 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-04. Diakses tanggal July 8, 2008. 
  78. ^ "35th Annual Annie Award Nominees and Winners (2007)". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-12. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  79. ^ "Best Sound Editing: SFX, Foley, Dialogue, ADR & Music for TV Animation". Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-07. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  80. ^ "2008 Host & Nominees Release". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nicklodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-27. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  81. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2008: Outstanding Animated Program (for programming less than one hour)". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  82. ^ "Winners of 1st Nickelodeon Kids Choice Awards Philippines bared". ABS-CBN News. November 30, 2008. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  83. ^ Knox, David (March 25, 2009). "ASTRA Awards 2009: Nominees". TV Tonight. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  84. ^ "2009 Winners Release". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-14. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  85. ^ "Pemenang Indonesia Kids' Choice Awards" (dalam bahasa Indonesian). Oktavita. July 23, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-11. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  86. ^ "Kung Fu Panda wins big at 36th Annie Awards; WALL-E shut out". Animated Views. January 31, 2009. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  87. ^ "Best Sound Editing: Television Animation". Motion Picture Sound Editors. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-30. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  88. ^ "Announcing the Winners of the 2009 Teen Choice Awards!". Buzz Sugar. August 9, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-12. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  89. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2009: Outstanding Special Class - Short-format Animated Program". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  90. ^ a b "The 37th ANNUAL DAYTIME ENTERTAINMENT EMMY® AWARD NOMINATIONS" (PDF). Emmy Award. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-11-12. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  91. ^ "Best Sound Editing: Sound Effects, Foley, Dialoque, ADR and Music Animation in Television". Motion Picture Sound Editors. February 20, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-23. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  92. ^ a b c "37th Annual Annie Nominations". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-01-24. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  93. ^ a b c Spring, Mike. "Annie Awards Winners Announced". Voice Coaches. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-05. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  94. ^ "Releases". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-04-13. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  95. ^ "Lista de ganadores de los Kids' Choice Awards México 2012". Star Media. September 3, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  96. ^ "Pemenang Indonesia Kids' Choice Awards". Oktavita. May 10, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-09-17. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  97. ^ "Ganadores de los Premios TP de Oro 2010" (dalam bahasa Spanish). Laguiago. March 3, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-10. Diakses tanggal May 27, 2013. 
  98. ^ a b "38th Annual Annie Nominations". Annie Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-06. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  99. ^ "ASCAP Honors Top Film and Television Music Composers at 26th Annual Awards Celebration". American Society of Composers, Authors and Publishers. June 23, 2011. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  100. ^ "Casting Society of America Announces Winners of 27th Annual Artio Awards for Achievement in Casting". The Andy Gram. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  101. ^ "Johnny Depp, Justin Bieber, Selena Gomez, iCarly, The Black Eyed Peas, Miley Cyrus, Jennette McCurdy, SpongeBob SquarePants, Eddie Murphy, Despicable Me, Shaquille O'Neal and more win coveted Orange Blimps at Nickelodeon's 2011 Kids' Choice Awards". Nickelodeon Kids' Choice Awards. Nickelodeon. April 2, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-02. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  102. ^ "Daftar Pemenang Indonesia Kids Choice Awards 2011" (dalam bahasa Indonesian). Kapanlagi. July 23, 2011. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  103. ^ "Primetime Emmy Awards nominations for 2011: Outstanding Special Class - Short-format Animated Program". Emmy Award. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  104. ^ Riano, Cecilia (October 13, 2011). "Los ganadores de los Kids' Choice Awards y un reconocimiento a Cris Morena" (dalam bahasa Spanish). Ciudad.com.ar. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  105. ^ "Lista de Nominados a los Kids' Choice Awards Argentina 2011" (dalam bahasa Spanish). SonicaMusica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-11-10. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  106. ^ "Ganadores de los TP de Oro 2011" (dalam bahasa Spanish). Formula TV. Diakses tanggal May 27, 2013. 
  107. ^ Chitwood, Adam (February 5, 2013). "2012 Annie Award Winners Announced; RANGO Named Best Animated Feature". Collider. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  108. ^ "ASCAP Honors Top Film & TV Music Composers at 27th Annual Awards Celebration". American Society of Composers, Authors and Publishers. June 28, 2012. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  109. ^ a b c d "Daytime Emmys 2012: Full list of winners". OnTheRedCarpet.com. June 23, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-06-27. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  110. ^ a b c d "The 40th ANNUAL DAYTIME ENTERTAINMENT EMMY® AWARD NOMINATIONS" (PDF). Emmy Award. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-12-05. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  111. ^ "PRODUCERS GUILD OF AMERICA ANNOUNCES 2012 PRODUCERS GUILD AWARD WINNERS". Producers Guild of America. January 22, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-09-08. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  112. ^ Swift, Andy (March 31, 2012). "Nickelodeon Kids' Choice Awards 2012 Winners — See The Full List". Hollywood Life. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-10. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  113. ^ Morán, Bárbara (June 20, 2012). "Lista de nominados a los Kids' Choice Awards México 2012". Starmedia (dalam bahasa Spanish). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-01. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  114. ^ Morán, Bárbara (September 3, 2012). "Lista de ganadores de los Kids' Choice Awards México 2012". Starmedia (dalam bahasa Spanish). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  115. ^ "Nominados a los Kids' Choice Awards Argentina 2012". Television (dalam bahasa Spanish). Diakses tanggal May 22, 2013. 
  116. ^ "Todos los ganadores de los Kids' Choice Awards Argentina". Voz (dalam bahasa Spanish). LaVoz. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  117. ^ a b c "Annie Award Nominations - A Real Race For Once". TheFilmExperience.net. December 4, 2012. Diakses tanggal April 13, 2013. 
  118. ^ a b c "40th Annie Award nominees and winners list". Los Angeles Times. February 2, 2013. Diakses tanggal May 23, 2013. 
  119. ^ "The Nation Academy of Television Arts & Sciences Announces The 40th Annual Daytime Entertainment Emmy Award Nominations" (PDF). Emmy Award. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-10-16. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  120. ^ "Best Sound Editing: Sound Effects, Foley, Dialogue, and ADR Animation in Television" (PDF). Motion Picture Sound Editors. Diakses tanggal April 15, 2013. [pranala nonaktif permanen]
  121. ^ Giardina, Carolyn (January 17, 2013). "Sound Editors Announce Golden Reel Nominees". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 15, 2013. 
  122. ^ Derschowitz, Jessica (March 23, 2013). "Kids' Choice Awards 2013: List of winners". CBS News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-24. Diakses tanggal May 21, 2013. 
  123. ^ a b Couch, Aaron; Washington, Arlene (March 29, 2014). "Nickelodeon's Kids' Choice Awards: The Winners". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 30, 2014. 
  124. ^ Vaiety staff (January 19, 2014). "2014 PGA Awards: Winners and Nominees". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-01-23. Diakses tanggal February 10, 2014. 
  125. ^ "Children's in 2014". British Academy Children's Awards. British Academy of Film and Television Arts. Diakses tanggal November 23, 2014. 
  126. ^ "The 41st Annual Daytime Entertainment Emmy® Award Nominations" (PDF). Emmy Award. Academy of Television Arts & Sciences. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2016-02-08. Diakses tanggal May 1, 2014. 
  127. ^ "Winners of the 41st Annual Daytime Entertainment Creative Arts Emmy® Awards" (PDF). Emmy Award. Academy of Television Arts & Sciences. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2014-07-05. Diakses tanggal June 21, 2014. 
  128. ^ Swift, Andy (March 28, 2015). "Kids' Choice Awards 2015 Winners: Modern Family, Austin & Ally and More". TV Line. Diakses tanggal March 28, 2015. 
  129. ^ "Children's in 2016". British Academy Children's Awards. British Academy of Film and Television Arts. Diakses tanggal October 21, 2016. 
  130. ^ "68th Primetime Emmys Nominees and Winners". Emmy Award. Academy of Television Arts & Sciences. Diakses tanggal July 14, 2016. 
  131. ^ "Kids Choice Awards Winners 2016: See Full KCA Winner List!". Gossip Cop. 12 March 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-28. Diakses tanggal 2017-06-10. 
  132. ^ "NICKELODEON ANNOUNCES 2017 KIDS' CHOICE AWARDS NOMINATIONS | Nick Press". NickPress. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-19. Diakses tanggal 2017-03-08. 
  133. ^ BBC Staff (January 20, 2005). "US right attacks SpongeBob video". BBC News. Diakses tanggal June 11, 2007. 
  134. ^ "Will Spongebob make you gay?". MSNBC. Diakses tanggal January 21, 2005. 
  135. ^ a b Associated Press (January 22, 2005). "Spongebob, Muppets and the Sister Sledge writer suffer criticism". USA Today. Diakses tanggal June 11, 2007. 
  136. ^ BBC Staff (October 9, 2002). "Camp cartoon star 'is not gay'". BBC News. Diakses tanggal June 11, 2007. 
  137. ^ Silverman, Stephen M. (January 28, 2005). "SpongeBob Asexual, Not Gay: Creator". People. Diakses tanggal August 26, 2009. 
  138. ^ Writers: Jay Lender, William Reiss, David Fain (March 8, 2001). "Pressure". SpongeBob SquarePants. Musim ke-2. Episode ke-32a. 
  139. ^ "SpongeBob isn't gay or straight, creator says". Reuters. January 29, 2005. Diakses tanggal November 9, 2008. 
  140. ^ Chang, Pauline J. (January 28, 2005). "Dobson clarifies Pro-Gay SpongeBob Video Controversy". The Christian Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-31. Diakses tanggal June 11, 2007. 
  141. ^ Till, Francis (February 4, 2005). "Ministry celebrates SpongeBob: Gay, happy, yellow, orange, whatever, he's welcome". National Business Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-06-27. Diakses tanggal June 11, 2007. 
  142. ^ Lillard, Angeline and Jennifer Peterson. The Immediate Impact of Different Types of Television on Young Children's Executive Function. Pediatrics 2011; peds.2010-1919; published ahead of print September 12, 2011, DOI:10.1542/peds.2010-1919.
  143. ^ Rochman, Bonnie (September 12, 2011). "Study: Fast-Moving Cartoons Like SpongeBob May Impair Kids' Focus". Time. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  144. ^ "Study: Some cartoons are bad for children's brains". CNN. September 12, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-05-25. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  145. ^ Brown, Eryn (September 12, 2011). "SpongeBob impairs little kids' thinking, study finds". Los Angeles Times. Diakses tanggal May 22, 2013. 
  146. ^ "www.stopglobalwarming.org/sgw_feature.asp?id=8". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-13. Diakses tanggal 2007-01-22. 
  147. ^ "SpongeBob's Number". Googology Wiki. Diakses tanggal 12 Juni 2019. 

Pranala luar