What Ever Happened to SpongeBob?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
"What Ever Happened to SpongeBob?"
Episode SpongeBob SquarePants
SBSPtitle98.png
Kartu Judul
Episode no. Musim 5
Episode 98
Sutradara Alan Smart
Penulis Casey Alexander
Zeus Cervas
Steven Banks
Tanggal siar 19 Oktober 2008
Aktor tamu

Ray Liotta sebagai Trevor

Kronologi episode
← Sebelumnya
"The Battle of Bikini Bottom"
Selanjutnya →
"The Two Faces of Squidward"
Daftar episode SpongeBob SquarePants

What Ever Happened to SpongeBob? (dikenal juga sebagai WhoBob WhatPants?) adalah episode musim kelima dari seri animasi SpongeBob SquarePants. Episode ini pertama kali ditayangkan di Nickelodeon di Amerika Serikat pada 19 Oktober 2008. Di cerita, SpongeBob pergi dari Bikini Bottom karena dimarahi teman-temannya dan kehilangan memorinya.

Episode ini ditulis oleh Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Steven Banks, dan disutradarai oleh Alan Smart. Episode ini memiliki bintang tamu Ray Liotta sebagai pengisi suara Trevor. Ketika ditayangkan, episode ini ditonton sekitar 7,7 juta penonton,[1] dan kebanyakan ulasan episode ini negatif.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

SpongeBob bangun di hari yang normal dan dia mau menghabiskan waktunya dengan teman-temannya; bagaimanapun, dia tidak menyenangkan temannya, tetapi menghancurkan barang teman-temannya. Dia memecahkan cangkang Gary, menghancurkan kue Patrick, menghancurkan robot Sandy dan menghancurkan uang Mr. Krabs. Jadi SpongeBob pergi dari Bikini Bottom. Ketika dia pergi, ia jatuh dari tebing dan kepalanya benjol, ia mendapat benjolan dan bungkusan mengenai kepalanya membuatnya pingsan. Kembali di Bikini Bottom, Patrick dan Sandy mencari Gary yang memiliki sebuah catatan dari SpongeBob, yang menjelaskan SpongeBob pergi. Semuanya sedih karena SpongeBob pergi, kecuali Squidward.

Sementara itu SpongeBob bangun dengan amnesia. Seorang ikan memberi nama baru untuknya, "CheeseHead BrownPants" karena berbadan seperti keju & memakai celana coklat. Satu-satunya yang SpongeBob punya adalah sebuah botol gelembung. Dia berkeliling sampai akhirnya berhenti di New Kelp City di mana dia mencari pekerjaan. Saat dia di sana, dia diserang oleh Bubble Poppin' Boys. SpongeBob menggunakan gelembung untuk melawan mereka dan setelah menang, dia menjadi wali kota.

Kembali di Bikini Bottom, Sandy, Patrick dan Squidward (yang ikut karena akan diberi hadiah oleh Mr. Krabs) pergi ke New Kelp City, tetapi ketika mencoba mengajak SpongeBob kembali ke Bikini Bottom, SpongeBob lupa siapa mereka. SpongeBob mengatakan dia harus rapat, tetapi ketika mobilnya pergi, mobil yang SpongeBob tumpangi dikendarai Squidward, mereka langsung kembali ke Bikini Bottom. Tapi SpongeBob tetap ingin pergi ke New Kelp City, tetapi karena hadiah Mr. Krabs yang diberikan ke Squidward yang berupa telur mengenai kepala SpongeBob, dia mendapatkan memorinya, tetapi tetap ingin kembali ke New Kelp City, tetapi karena berita yang memberitakan gelembung di New Kelp City membuat penduduknya menjadi buta sampai-sampai ada seorang preman yang ingin mengincarnya, dia memutuskan tetap berada di Bikini Bottom.

Produksi[sunting | sunting sumber]

"What Ever Happened to SpongeBob?", juga dikenal dengan nama "WhoBob WhatPants?", ditulis oleh Casey Alexander, Zeus Cervas, dan Steven Banks. Disutradarai Alan Smart,[2][3] episode ini pertama kali diumumkan Nickelodeon pada 24 September 2008.[4] Deskripsinya, SpongeBob "mengelilingi samudera, sebagai orang asing bagi celananya," dan datang ke New Kelp City, di mana dia bertemu pemimpin gang Boys, karakter (yang diperankan) Liotta.[5][6]

Episode ini pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat pada 13 Oktober 2008.[4][7] Sejak 3 Oktober 2008, TurboNick berisi playlist spesial dengan isi yang didedikasikan untuk episode ini, termasuk sneak-peek episode, episode bertema, isi pendek, klip lagu dan episode penuh setelah penayangan di televisi.[4][7] Nick.com, pada 2008, mempersembahkan permainan baru bernama "SpongeBob SquarePants: WhoBob WhatPants?" untuk merayakan penayang episode di televisi.[4][7][8] Dalam episode ini ucapan "SpongeBob SquarePants" diubah "WhoBob WhatPants?" pada lagu tema.[9]

Selain pemeran seri, aktor Amerika yang merupakan pemenang Emmy Award Ray Liotta menjadi bintang tamu dalam episode ini sebagai pengisi suara Trevor, pemimpin gang New Kelp City yang bernama Bubble Poppin Boys, dan penjahat utama episode.[7][10][11]

Pada 14 Oktober 2008, "What Ever Happened to SpongeBob?" tersedia dalam DVD bernama "WhoBob WhatPants?", bersama episode lain yaitu "Goo Goo Gas", "The Two Faces of Squidward", "SpongeHenge", "Banned in Bikini Bottom", dan "Stanley S. SquarePants".[4][7][12]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

"What Ever Happened to SpongeBob?" ditonton 7,7 juta orang.[1] Meski dengan penonton banyak, kebanyakan ulasannya bersifat antara campuran ke negatif. Maddy Pumila mengatakan episode ini "sangat menyenangkan dan menghibur." Dia menambahkan "Aku belum menonton SpongeBob akhir-akhir ini, tetapi tawaan dalam episode ini lebih banyak daripada tawaan yang aku dapatkan dalam satu hari."[13]

Maxie Zeus di Toon Zone mengatakan episode ini adalah salah satu contoh penurunan kualitas seri.[14] Lesley Aeschliman di Yahoo! Voice menulis "Saya harus melihat spesial ini seperti spesial 'Friend or Foe'. Sementara 'WhoBob WhatPants?' bekerja dengan baik sebagai cerita biasa untuk SpongeBob SquarePants, saya tidak sepenuhnya yakin bahwa itu layak untuk dijadikan sebagai spesial. Sementara cerita ini memiliki potensi untuk menjadi 'bahan spesial,' itu hanya tidak terwujud dalam produk akhir."[15] Roy Hrab di DVD Verdict berkata "Ini membuat saya sedih untuk berpikir tentang bagaimana sesuatu yang begitu menyenangkan telah menurun menjadi sesuatu yang begitu membosankan."[16] Paul Mavis di DVD Talk berkata "Dengan skrip yang minim tertawa, 'What Ever Happened to SpongeBob?' mungkin mengkonfirmasikan tren yang aku lihat pada episode "SpongeBob" terakhir yang mendapatkan rilis disk sendiri, Pest of the West: SpongeBob mulai lelah. Dan 'What Ever Happened to SpongeBob?' bahkan tidak lebih lucu daripada 'Pest of the West'," dan menambahkan episode ini "bukan pertanda baik."[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Nordyke, Kimberly (October 15, 2008). "Monday's 'SpongeBob' draws 7.7 mil viewers". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal May 4, 2013. 
  2. ^ "SpongeBob SquarePants - WhoBob WhatPants?". Film Club. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  3. ^ "WhoBob WhatPants?". SpongeBob SquarePants. Musim ke-6. October 13, 2008. Nickelodeon. 
  4. ^ a b c d e Liu, Ed (September 25, 2008). ""WhoBob WhatPants?" to Air on Oct 13, 2008, Guest-Starring Ray Liotta". Toonzone. Diakses tanggal May 4, 2013. 
  5. ^ "Ray Liotta Plays SpongeBob Villain". People. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  6. ^ "Ray Liotta to voice criminal on Spongebob Squarepants". 3 News. October 2, 2008. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  7. ^ a b c d e Moody, Annemary (September 25, 2008). "Ray Liotta To Guest Star In SpongeBob Special Oct. 13". Animation World Network. Diakses tanggal May 4, 2013. 
  8. ^ Maclntyre, April (October 8, 2008). "Ray Liotta squares off with SpongeBob Monday, Oct. 13". Monsters and Critics. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  9. ^ a b Mavis, Paul (October 13, 2008). "SpongeBob SquarePants - WhoBob WhatPants?". DVD Talk. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  10. ^ "Ray Liotta guesting on Nickelodeon's 'SpongeBob SquarePants'". Media Life Magazine. September 26, 2008. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  11. ^ "Ray Liotta Voices Criminal on Spongebob Squarepants". Babble. October 4, 2008. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  12. ^ "SpongeBob SquarePants Stars In 'WhoBob What Pants?'". Starpulse.com. October 5, 2008. Diakses tanggal October 18, 2008. 
  13. ^ Pumilia, Maddy (October 16, 2008). "DVD Review: SpongeBob SquarePants - Who Bob What Pants". Blog Critics. Diakses tanggal May 4, 2013. 
  14. ^ Zeus, Maxie (October 12, 2008). ""Whatever Happened to SpongeBob?": Good Question!". Toon Zone. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2009. Diakses tanggal October 14, 2008. 
  15. ^ Aeschliman, Lesley (October 14, 2008). "SpongeBob SquarePants: WhoBob WhatPants?". Yahoo!. Diakses tanggal May 4, 2013. 
  16. ^ Hrab, Roy (November 13, 2008). "Spongebob Squarepants: Who Bob What Pants?". DVD Verdict. Diakses tanggal May 30, 2013. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:LinkGA