Patrick Star

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patrick Star
Tokoh SpongeBob SquarePants
Patrick Star
Patrick Star
Penampilan pertama Help Wanted
Pencipta Stephen Hillenburg
Pemeran Bill Fagerbakke
Informasi
Spesies Bintang laut
Jenis kelamin Laki-laki
Kerabat Orang tua: Herb dan Margie[1]
Sepupu: Gary[2]
Saudara: Sam[3]
Leluhur: Patar[4]
Patrick Revere[5]
Pecos Patrick[5]

Patrick Star adalah karakter seri animasi SpongeBob SquarePants. Dia adalah bintang laut yang tinggal di batu. Dia tinggal di Bikini Bottom, bertetangga dengan SpongeBob, teman baiknya, dan Squidward, yang tidak menyukainya. Dia adalah makhluk terbodoh di Bikini Bottom karena sering melakukan hal-hal yang bodoh. Bersama dengan SpongeBob, dia setiap hari mengganggu Squidward (meskipun mereka tidak sadar yang dilakukannya itu mengganggu).

Dia hanya bekerja dalam beberapa episode. Sangat jarang terlihat Patrick bersekolah. Seperti namanya, Patrick adalah bintang laut. Dalam episode Rule of Dumb ternyata dia dan Gary adalah bangsawan, dan juga ternyata mereka bersaudara.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

SpongeBob dan Patrick sering mengganggu Squidward tanpa berhenti. Tetapi SpongeBob dan Patrick tidak sadar mereka mengganggu Squidward. Patrick pertama muncul dalam episode Help Wanted, tapi peran utamanya yang pertama di musim 1 adalah dalam episode Jellyfishing. Dia jarang muncul dalam episode tentang Krusty Krab, tapi dia mendapatkan pekerjaan di sana di beberapa episode lain. Sekali, untuk membantu SpongeBob masuk ke Salty Spitoon, ia berpura-pura dipukuli oleh SpongeBob sehingga sahabatnya akan terlihat hebat. Dia sangat menyukai Jeffrey Jellyfish. Dalam episode I'm Your Biggest Fanatic, SpongeBob dan Patrick pergi ke Konvensi Ubur-ubur Dua Tahunan dan melihat banyak penggemar ubur-ubur dan benda-benda yang berhubungan dengan ubur-ubur. Patrick juga bisa bermain drum seperti dilihat dalam beberapa episode.[6] Setelah gagal atau lulus perguruan tinggi, dia tidak punya pekerjaan karena ia tidak belajar di sekolah yang baik agar bisa menjadi orang besar. Dia sering tidak punya uang, seperti dalam episode Pat No Pay, dimana Patrick tidak dapat membayar makanan di Krusty Krab karena dia tidak punya uang.

Patrick juga memiliki SIM dan bisa berkendara dengan baik.[7] Patrick sering menyebabkan masalah, dan biasanya masalah yang dia buat adalah masalah utama dari sebuah episode. Dia menghadiri Community College, yang mungkin berarti ia tidak akan pernah terdidik dengan baik dan memiliki pekerjaan orang besar. Alasan utama Patrick membangun rumah batu karena orang tuanya mengusirnya. Ia tidak pernah kembali ke rumah orang tuanya lagi. Patrick dipenjara dalam beberapa episode. Ia menjadi seorang tahanan dalam episode: Life of Crime (kurang dari 30 detik), SpongeBob Meets the Strangler, Good Ol 'Whatshisname, dan The Inmates of Summer.

Patrick juga seperti memiliki sebuah hubungan dengan batu. Dia tinggal di bawah batu, batu dia jadikan hewan peliharaan, menggunakan batu untuk membuat hadiah Hari Valentine, makan batu, menggunakan batu sebagai alat. Patrick memakai celana hijau dengan bunga. Patrick sering mengira keluarga SpongeBob adalah keluarganya sendiri.[7] Dalam episode The Sponge Who Could Fly, ia mengatakan kakek SpongeBob adalah kakeknya, Kakek SquarePants ingat Patrick bukan cucunya dan memukul Patrick dengan tongkat. Dalam episode Driven to Tears, Patrick sangat sulit tahu, meskipun sudah sering diberitahu orangtua SpongeBob, mereka bukan orang tuanya, Patrick menjadi berpikir dia yatim piatu karena ini.

Patrick Star juga memiliki Arachnofobia, atau takut laba-laba, ini bisa dilihat di episode Home Sweet Pinepple, dia ketakutan karena laba-laba (mungkin di dalam mimpi) dan The Pink Purloiner, dia mengatakan "tapi bukan laba-laba" sambil ketakutan.

Patrick kadang-kadang bekerja. Namun, ia tidak terlalu baik pada seluruhnya. Ini pekerjaan yang dia pernah lakukan:

  • Karyawan Krusty Krab: Ini adalah pekerjaan utama Patrick yang biasa coba. Dalam episode:
    • Arrgh!: Dia menjadi karyawan hanya untuk dipecat karena memasukkan Mr. Krabs ke penjara dalam permainan
    • Big Pink Loser: Dia menyapu sepanjang waktu, menjatuhkan piring dengan sengaja, dan mencoba membuka botol selai
    • Bummer Vaction: Dia menjadi pengganti SpongeBob sebagai koki. Dia meletakkan Krabby Patties di perut dan dadanya dan membersihkan toilet (atau menggunakannya)
    • That's No Lady: Patrick, menyamar sebagai seorang gadis bernama Patricia, melakukan pekerjaan dengan baik, tapi Mr. Krabs dan Squidward jatuh cinta dengan dia.
    • Pat No Pay: Patrick harus bekerja untuk mengganti uang. Pada akhir episode dia menghancurkan Krusty Krab ketika sedang membuang sampah dan mengira uang yang dipegang SpongeBob adalah sampah.
    • 20,000 Patties Under the Sea: Dia menjadi asisten SpongeBob di restoran berjalan Krusty Krab
    • No Hat For Pat: Dia ingin memakai topi Krusty Krab dan menjadi penghasil uang Mr. Krabs
    • The SpongeBob SquarePants Movie: Dia membantu SpongeBob mengembalikan mahkota Raja Neptunus
  • Karyawan Chum Bucket: Patrick kadang-kadang bekerja di sini. Dia bekerja dalam episode:
  • Penemu "Pembersih Bulu Hidung, Penggaruk Punggung, Penyisir Rambut dan Pemain Ukelele 9000"
  • Penemu Pensil, Cermin, dan bola lampu yang sudah ditemukan sebelum dia menemukannya
  • Raja Bikini Bottom
  • Pemburu ubur-ubur
  • Murid Mrs. Puff's Boating School
  • Murid Perguruan tinggi, disebutkan dalam episode The Bully
  • Pembuat film "Petualangan di Kota Bawah Tanah" yang hanya berisi "Ada petualangan, ada kota, ada bawah tanah"

Patrick menyukai banyak makanan. Ia suka cabai, es krim, sandwich dengan selai ubur-ubur, Krabby Patties (dia terlihat menghabiskan banyak sekali gigit dalam beberapa episode), coklat, keju dari kait, selai kacang, acar, marshmallow, sandwich, kalkun, hot dog, sosis asap, ayam panggang, daging sapi, pizza dan banyak lainnya.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sangat sedikit keterangan tentang pendidikan Patrick, bagaimanapun, disebutkan dalam episode "The Bully", Patrick menghadiri kuliah dengan Flats the Flounder. Dalam pelajaran lain, Patrick menghadiri Mrs. Puff's Boating School di episode "New Student Starfish" dan "Driven to Tears". Dalam episode "New Student Starish", ini dikarenakan dia kesepian dan ingin bersama SpongeBob. Patrick sebenarnya cukup berbakat dalam mengendarai kapal, seperti yang ditunjukkan pada "Driven to Tears", tapi terlihat melanggar banyak peraturan. Di "Sing a Song of Patrick", Patrick menyebutkan guru gymnya. Dalam "Squidtastic Voyage", ketika mereka terjebak dalam tubuh Squidward, Patrick menyarankan menangkap CO2 dalam tangki bahan bakar, mengacu mesin, dan mengeluarkan shockwave. Ketika Sandy mengatakan bahwa mereka akan melakukan rencananya, Patrick lupa apa yang baru saja dia katakan dan bertanya, "Rencana apa?". Dalam "Patty Caper", ia membuat sketsa abstrak yang bentuknya seperti Squidward.

Rumah[sunting | sunting sumber]

Rumah batu Patrick

Patrick tinggal di bawah batu, secara harfiah, pada Jalan Keong No. 120, dua pintu dari sahabatnya, tepat di samping Squidward dan 400 meter dari Krusty Krab. Eksterior rumah adalah sifat khusus, selain dari baling cuaca kecil berwarna kuning, yang ditunjukkan jatuh pada berbagai kesempatan.

Patrick kadang-kadang ditampilkan tidur di langit-langit, walaupun jauh lebih sering ia ditampilkan tidur di tempat tidur tradisional. Patrick menghabiskan banyak hari untuk tidur di bawah batu itu. Ada banyak inkonsistensi penggambaran rumahnya karena sifat perlakuan kartun dan utilitas dari latar belakang: di satu episode, digambarkan rumahnya akan tidak ada apa-apa kecuali tempat tidur dan lemari laci, namun di episode lain tampaknya rumahnya telah dilengkapi dapur dan ruang tamu. Selain itu, episode tertentu cenderung untuk menggambarkan permukaan bawah batu harus benar-benar datar, sementara di lain ada cukup banyak kedalaman di bawahnya. Patrick mengklaim telah membangun rumah sendiri.

Sebagai Nickelodeon mengatakan rumah Patrick di bumper komersial: "Apa yang benar-benar di bawah ini rock terkenal Halaman Utama Patrick Star Sedangkan di luar tidak pernah berubah, melihat lebih dekat dalam mengungkapkan bahwa rumah Patrick tidak pernah diatur dalam batu Kadang-kadang, hanya ada pasir.?. . kali lain, ada sarang kecil Sesekali, ada kamar tidur utama besar.. Dan ada Multi-Room Kompleks menampilkan sebuah makan-di dapur, pintu melengkung, dan TV hi-def Rock on.!

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Mirip dengan kemampuan SpongeBob yang bisa melakukan kekuatan super-manusia dari bentuk pergeseran, duplikasi, kekebalan, dan regenerasi, Patrick, dalam berbagai episode, ditampilkan untuk melakukan gerakan seperti terbang ("The Sponge Who Could Fly", "A Life in the Day") dan kekuatan besar (bukan manusia super, Patrick tidak terlalu besar, Patrick hanya memiliki tinggi tubuh 6,5 inci, dan apapun dia tidak cukup besar untuk menghasilkan berat badan yang kredibel untuk manusia. Dia bahkan tidak menampilkan kekuatan super-bintang laut seperti bintang laut secara alami sangat kuat, pada baris bisa membuka kerang yang masih hidup dan memiliki otot-otot rahang yang kuat). Dalam "Night Light", Patrick mampu memanjat sebuah sinar matahari untuk mencapai matahari, yang ia mengira untuk sebuah bola lampu, dan berlari kembali ke bawah karena celananya terbakar. Seperti yang terlihat di "Karate Star", Patrick dapat beregenerasi kehilangan anggota tubuh. Dalam "Mermaid Man and Barnacle Boy V", Patrick menjadi "pinggang elastis", mendapatkan kemampuan untuk meregangkan tubuhnya untuk panjang luar biasa, sebagai bagian dari Mermaid Man Keadilan Internasional Liga Super Kenalan. Patrick memiliki tingkat daya tahan super, meskipun tidak begitu besar seperti SpongeBob, Patrick mungkin memiliki nasib buruk tentang penggunaan mesin, banyak yang rusak dan pergi rusak oleh-Nya:

    • Dalam Breath of Fresh Squidward: Ia menyentuh pagar listrik Squidward dan bergabung dengan SpongeBob dan Squidward yang shock, karena Patrick kira mereka menari.
    • Dalam Sandy's Rocket: dia menembak dirinya sendiri.

Patrick juga ditampilkan untuk hidup melalui peristiwa yang biasanya akan membunuh atau melukai seseorang:

    • Dalam Pranks a Lot: Dia masih hidup setelah ia makan sepotong permen karet peledak yang meledak di kepalanya.
    • Dalam Krabby Road: "perekam" Plankton meledak ketika Patrick mengenakan headphone yang menghisap otak ke dalam "perekam".
    • Dalam Chocolate with Nuts: ketika SpongeBob dan Patrick datang ke sebuah rumah yang merupakan kediaman ikan ungu, Patrick "berfokus" pada ikan dengan memperluas matanya dari kepalanya untuk dekat dengan kepala ikan, dia kontrol matanya kembali dan sebagainya.
    • Dalam Spy Buddies: SpongeBob dan Patrick tetap hidup saat tape recorder Krabby Patty meledak di dalam celana Patrick, dan mereka berdua hidup lagi ketika Patrick menekan tombol penghancur diri sendiri di dalam mobil mereka

Dia memiliki kemampuan untuk regenerasi anggota badan, dan tumbuh otot palsu.

Dalam episode SpongeBob's Last Stand, ia bisa memainkan Trumpet sangat baik.

Anggota Keluarga Patrick[sunting | sunting sumber]

Herb dan Margie Star, orangtua Patrick. Herb Star adalah ayah Patrick dan suami Margie. Dia adalah putra Billy Bob Star dan Mitter Maw. Dia pertama kali muncul dalam episode, "I'm With Stupid" ketika ia dan Margie mengunjungi Patrick untuk Starfish Day. Saat itu terungkap pada pohon keluarga di episode, "Rule of Dumb" yang namanya Herb. Herb, seperti istrinya, cukup kelebihan berat badan. Dia memiliki kumis tebal besar dan dia juga adalah merah muda, seperti seluruh keluarga Star. celana-nya adalah sama Patrick, tapi puncaknya memiliki warna yang sedikit lebih ringan dari ungu dengan bintang hijau. Herb disuarakan oleh Thomas F. Wilson. Mungkin.

Herb Star[sunting | sunting sumber]

Margie Star[sunting | sunting sumber]

Gary si Siput[sunting | sunting sumber]

  • Gary adalah anak Sluggo, sepupu Patrick dan keponakan Herb dan Margie[2]

Anggota keluarga lain[sunting | sunting sumber]

  • Sluggo the Leech - ayah Gary, paman Patrick dan saudara laki-laki Herb[2]
  • Billy Bob Star - ayah Sluggo dan Herb, suami Maw Titter dan kakek Gary dan Patrick
  • Maw Titter - ibu Sluggo dan Herb, istri Billy Bob Star dan nenek Patrick dan Gary
  • Shriek - ayah Maw Titter, suami Putri Tulsa dan buyut laki-laki Patrick dan Gary
  • Putri Tulsa - ibu Maw Titter, istri Shriek dan buyut perempuan Patrick dan Gary
  • Pangeran Callows - anak Amoeba dan Mildew, saudara laki-laki Putri Tulsa dan paman buyut Gary dan Patrick
  • Pangeran Dingus - anak Amoeba dan Mildew, saudara laki-laki Putri Tulsa dan paman buyut Gary dan Patrick
  • Carl - anak Amoeba dan Mildew, saudara laki-laki Putri Tulsa dan paman buyut Gary dan Patrick
  • Raja Amoeba - ayah Putri Tulsa, Pangeran Callows, Pangeran Dingus, dan Carl, suami Ratu Mildew dan kakek buyut Patrick dan Gary
  • Ratu Mildew - ibu Putri Tulsa, Pangeran Callows, Pangeran Dingus, dan Carl, istri Raja Amoeba dan nenek buyut Patrick dan Gary
  • Ed Star - sepupu Patrick. Dia hanya muncul di akhir buku The Never-Ending Stay. Dia tinggal di Bikini Bottom selama 14 minggu.
  • Pecos Patrick Star - leluhur Patrick yang tinggal di Dead Eye Gulch pada zaman yang sama dengan SpongeBuck[5]
  • Patar - leluhur Patrick pada zaman prasejarah[9]
  • Gary Prasejarah - leluhur Gary pada zaman prasejarah
  • Marty dan Janet - orang tua gadungan Patrick
  • Sam - Saudara perempuan Patrick[10]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Penciptaan dan desain[sunting | sunting sumber]

Stephen Hillenburg tertarik dengan lautan sejak kecil. Dia juga memulai mengembangakan kemampuan seninya ketika masih kecil. Ketika kuliah, he mengkhususkan biologi laut dan menyedikitkan seni. Dia berencana kuliah lagi untuk mendapat gelar magister dalam seni. Setelah lulus pada 1984, dia mengikuti Ocean Institute, organisasi di Dana Point, California, yang didedikasikan untuk mengajarkan publik tentang sains laut dan sejarah maritim.[11][12] Ketika dia di sana, dia memiliki ide yang kemudian menimbulkan pembuatan SpongeBob SquarePants: buku komik berjudul The Intertidal Zone. Pada 1987, Hillenburg meninggalkan institut untuk mengejar karir animasi,[13][14] dan mulai membayangkan ide untuk proyek yang berisi kehidupan laut antropomorfisme. Meski dia sudah menggambar beberapat sketsa konsepnya, perlu hampir sedekade untuk mewujudkan mimpinya.[13]

Setelah beberapa tahun belajar animasi eksperimental di California Institute of the Arts,[14] Hillenburg bertemu Joe Murray, pembuat Rocko's Modern Life, di festival animasi, dan menawarkan pekerjaan sebagai sutradara seri.[13][15][16][17] Ketika bekerja di seri tersebut, Hillenburg bertemu salah satu Martin Olson, yang melihat komiknya The Intertidal Zone.[12] Olson menyukai idenya dan menyarankan Hillenburg membuat seri tentang hewan laut. Itu mendorong keputusannya untuk membuat SpongeBob SquarePants dan berkata, "Itu adalah inspirasi untuk acara".[12] Setelah Rocko's Modern Life berakhir pada 1996,[18] Hillenburg mulai mengerjakan SpongeBob SquarePants.[12]

Untuk membuat karakter acara, Hillenburg mulai menggambar dan menggunakan desain karakter dari komiknya—termasuk bintang laut, kepiting, dan spons.[12] Dijelaskan oleh sang pembuat acara sebagai "mungkin orang terbodoh di kota",[19] Patrick dijadikan sebagai bintang laut untuk mewujudkan sifat binatang tersebut: bintang laut terlihat "bodoh dan lambat", tapi sebenarnya, mereka "sangat aktif dan agresif".[20] Hillenburg memasukkan komedi karakter bukannya humor topikal dalam acara untuk menekankan "hal yang lebih tentang situasi lucu dan tentang karakter dan kekurangan mereka."[21] Dia mendesain Patrick, dan juga SpongeBob, seperti itu karena, "[Dia] mendera [dirinya sendiri] ke dalam situasi—yang dimana humor selalu datang. Peraturannya adalah: Ikuti kemurnian dan hindari [humor] topikal."[22]

Meskipun digambarkan memiliki temperamen atau keadaan pikiran yang baik, Patrick telah ditunjukkan dibeberapa episode memiliki tantrum. Pecahnya emosi Patrick ditulis hanya untuk episode "Valentine's Day", dimana SpongeBob dan Sandy ingin memberi Patrick hadiah Hari Valentine, dan "seharusnya menjadi hal yang dilakukan satu kali".[23] Tapi, berdasarkan penulis episode Jay Lender, "ketika acara itu kembali terasa benar bahwa sisi gelapnya mulai muncul dimana-mana. Kau bisa merencanakan semua yang kau inginkan, tapi akhirnya para karakter memberitahumu siapa mereka."[23] Semua karakter utama memiliki suara kaki masing-masing. Suara kaki Patrick direkam kru Foley acara, dengan salah satu Foley mengenakan sepatu slip-on. Jeff Hutchins, desainer suara acara berkata, "[Bepergian] dengan kaki telanjang membuatnya sulit untuk terasa ada, jadi kami memutuskan agar Patrick dikerjakan dengan sepatu."[24]

Suara[sunting | sunting sumber]

Steve Hillenburg sebenarnya memainkan untukku sebagian penampilan Tom [Kenny] sebagai karakternya, dan mereka mencari sebuah kontrapung. Dan aku melakukan hal besar yang bodoh. Itu persetujuanku ... itu yang kulakukan [sic]. Itu adalah pengalaman yang rapi. Khususnya, ketika kamu ikut audisi untuk hal-hal voiceover jenis manapun, kau ada dalam studio, tapi yang aku ingat, itu, seperti, di dalam ruangan konferensi aneh, dan itu memiliki salah satu bungkus kaset kecil yang tua yang [ukurannya] sekitar setengan kotak sepatu, dan ada sesuatu yang sangat menawan tentangnya.

Fagerbakke, membicarakan audisinya.[25]

Suara Patrick diisi oleh Bill Fagerbakke, yang juga menyuarai beberapa karakter lain di SpongeBob SquarePants. Ketika membuat acara dan menulis episode pertamanya pada 1997, Hillenburg dan Derek Drymon mengadakan audisi untuk menemukan suara untuk karakter acara.[26] Fagerbakke ikut audisi untuk peran Patrick setelah Tom Kenny, pengisi suara SpongeBob, telah diberi peran. Fagerbakke berkata, "Steve adalah orang yang indah, dan aku tidak memiliki perasaan untuk material Apapun." Dia menjelaskan pengalamannya ketika audisi, berkata "Aku hanya masuk untuk ikut audisi lain, dan aku tidak tahu apa yang ada di sana dalam hal visual yang luar biasa dan benar-benar jenis kemanusiaan kanak-kanak yang menawan dalam acara. Aku tidak bisa mengambil itu dari material audisi sama sekali. Aku hanya tak sungguh-sungguh mencoba memberi apa yang dia inginkan."[25]

Fagerbakke memanggil Patrick "AquaDauber" (merujuk perannya sebagai Michael "Dauber" Dybinski di sitcom 1990-an Coach)[27] dalam beberapa tahun awalnya bekerja di acara.[28] Patrick "sangat menarik untuk diperankan" karena, berdasarkan Fagerbakke, "ketika aku memerankan Patrick, ada banyak rahasia yang aku tidak akan pernah bocorkan".[29] Pendekatan Fagerbakke dalam menyuarai Patrick "kebanyakan sama dengan yang aku lakukan [ke] karakter manapun."[25] "Aku selalu mencari kesempatan untuk menjelajahi imajinasi yang bebas berputar dan kegilaan anak-anak. Untuk bisa tersambung ke sana dan membiarkannya membawamu ke sebuah penampilan seperti gas, aku sangat senang dengannya. Aku menyukai anak-anak; aku membesarkan dua anak dan aku suka menjadi orang tua," katanya.[28] Para anggota pemeran merekam sebagai seluruh pemeran, yang Fagerbakke jelaskan, "Itu bekerja lebih baik." Dia berkata bahwa situasi tersebut memperbagus penampilannya sebagai pengisi suara karena "ada sesuatu yang luar biasa yang terjadi ketika orang-orang bekerja sama itu unik."[28]

Fagerbakke pernah dibandingkan dengan karakter Patrick, dan dia sependapat. Kenny berkata bahwa "Bill [Fagerbakke] adalah orang besar. Dunia ini hampir terlalu kecil untuknya. Dia adalah kekuatan alam, seperti Patrick."[30] Penulis Jay Lender berkata, menjelaskan Fagerbakke di studio rekaman, "Bill Fagerbakke adalah pemain paling suka berpikir yang aku pernah lihat di ruangan—dia selalu bertanya dan benar-benar mencoba masuk pola pikiran, seperti, Patrick."[23] Fagerbakke berkata, "Aku canggung. Aku konyol. Aku melakukan kesalahan terus-menerus" dan setuju bahwa "Kurasa aku banyak [kemiripan dengan] Patrick."[29]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Reaksi kritikal[sunting | sunting sumber]

Reaksi kritikal untuk karakter ini dari kritikus dan penggemar bersifat positif. Dalam ulasan DVD untuk DVD Verdict, Bill Treadway memanggil Patrick "idiot desa, yang kadang-kadang memberi SpongeBob nasihat yang buruk, tapi dia teman yang setia dan itu adalah sesuatu yang kita jarang lihat pada hari-hari ini." Dia berkata, "Patrick adalah pengertian bodoh dan kejenakaannya akan membuatmu tertawa terbahak-bahak."[31] Dalam ulasan yang dipublikasikan pada 2007, Peter Keepnews di The New York Times berkata, "Patrick adalah karakter yang populer, dan episode baru menjelaskan kenapa: Dia tanpa habis-habis antusias, setia dan tidak terpengaruh oleh keterbatasan kepintarannya. Dengan lucu disuarai oleh Bill Fagerbakke, dia bukan saja sebuah kreasi lucu yang menawan tapi panutan untuk idiot dimanapun."[32]

Nancy Basile di About.com memanggil Patrick "salah satu karakter paling lucu di SpongeBob SquarePants". Dalam ulasan DVD "SpongeBob and Friends: Patrick SquarePants", sebuah rilis video rumah SpongeBob SquarePants bertema Patrick, Basile berkata, "Episode yang dimasukkan [sic] lucu. Mereka bukan hanya episode Patrick terbaik, tapi juga beberapa episode klasik acara." Dia menilai "That's No Lady" sebagai episode Patrick terbaik dan berkata, "Aku lalai tidak memasukkan episode ini ke dalam daftar top sepuluh [episode SpongeBob SquarePants]-ku."[33] Kids' Choice Awards, acara penghargaan tahunan dipersembahkan Nickelodeon, menambah beberapa kategori baru, termasuk "Favorite Animated Animal Sidekick", dalam 2014 Kids' Choice Awards.[34] Patrick mendapat Kids' Choice Award Blimp untuk kategori "Favorite Animated Animal Sidekick", mengalahkan Perry the Platypus (Phineas and Ferb), Sparky (The Fairly OddParents) dan Waddles (Gravity Falls).[35]

Kritik dan kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada 2005, video promosi yang berisi SpongeBob mempromosikan keanekaragaman dan toleransi[36] dikritik kelompok Kristen evangelical di Amerika Serikat karena mereka melihat sang karakter digunakan sebagai penganjur homoseksualitas meskipun video tersebut tidak berisi "acuan seks, gaya hidup seksual atau identitas seksual."[37][38]

Insiden ini menimbulkan pertanyaan apakah SpongeBob, teman terbaiknya Patrick, dan seluruh karakter seri adalah karakter homoseksual. Pada 2002, Hillenburg membantah bahwa karakternya gay. Dia menjelaskan isu tersebut dan berkata "Kami tidak pernah memaksudkan mereka gay. Saya menganggap mereka hampir aseksual. Kami hanya mencoba lucu dan ini tidak ada hubungannya dengan acara."[39][40]

Jeffrey P. Dennis, penulis artikel "The Same Thing We Do Every Night: Signifying Same-Sex Desire in Television Cartoons", merasa SpongeBob dan Sandy tidak memiliki hubungan cinta romantis. Dia mengatakan bahwa menurutnya SpongeBob dan Patrick "adalah pasangan dengan intensitas yang erotis." Dennis menambahkan bahwa mereka "tidak konsisten menjadi pasangan romantis," karena keduanya tinggal di rumah yang berbeda, punya teman masing-masing, tapi dalam seri, "kemungkinan minat antar sesama jenis tidak pernah dikeluarkan."[41] Martin Goodman di Animation World Magazine menganggap komentar Dennis tentang SpongeBob dan Patrick "menarik."[42]

Di media lain[sunting | sunting sumber]

Patrick telah muncul di media SpongeBob SquarePants, termasuk permainan papan, buku komik, gantungan kunci, mainan boneka, kartu dan permainan videos.[43] Patrick memiliki peran besar di The SpongeBob SquarePants Movie, adaptasi film pertama dari acara. Film tersebut dirilis pada 19 November 2004 dan menghasilkan lebih dari $140 juta sedunia.[44] Dia akan muncul di sekuelnya, yang dijadwalkan akan dirilis pada 13 Februari 2015.[45]

Pada 2009, aktor John Fricker memerankan Patrick dalam adaptasi musikal dari episode "The Sponge Who Could Fly".[46] Fricker dan musikal itu sendiri diterima dengan baik oleh kritikus. Viv Hardwick di The Northern Echo berkata bahwa Fricker dan Martin Johnston (Mr. Krabs) "memenangkan kontes kostum terbesar.".[47][47] Seorang kritikus dari Chichester Observer menulis, "John Fricker dalam elemennya sebagai Patrick Star yang sederhana tapi bisa dicintai".[48]

Karakter Patrick menjadi viral di Internet dalam bentuk meme atau gambar makro. Gambar dari The SpongeBob SquarePants Movie, yang menunjukkan Patrick dengan mulut terbuka, menginspiriasi pengguna YouTube "chadfaceproductions" untuk membuat kumpula ekspresi Patrick menggunakan beberapa filter. Berikutnya, pengguna YouTube bernama "K1ngC0rND0G" mengunggah video Patrick bereaksi terhadap lagu penyanyi Justin Bieber, "Baby". Meme yang disebut "Surprised Patrick" ini mulai menyebar, dengan salah satu gambar pertama ditaruh di Reddit oleh SeannyOC, dan kemudian ditaruh di Memebase I Can Has Cheezburger?.[49] Banyak situs web humor—termasuk andPOP,[50] BiteTV,[49] CollegeHumor,[51] Funny or Die,[52] Mashable[53] dan Smosh[54]—membuat daftar "Terbaik" mereka, berisi popularitas meme "Surprised Patrick". Nena Prakash di Mashable berkata, "Selama bertahun-tahun, Patrick Star membantu hold down Bikini Bottom sementara SpongeBob membalik burger di Krusty Krab. Tapi sekarang adalah waktu untuk Patrick keluar dari bawah batunya dan mendapat kursi di tahta kerajaan memenya, karena dia adalah bintang (laut) Internet."[53] Meme lain yang dibuat berdasarkan Patrick adalah gambar makro "Push It Somewhere Else Patrick", diambil dari episode musim kedua "Sandy, SpongeBob, and the Worm".[55]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "I'm with Stupid". Writers: Aaron Springer, C.H. Greenblatt, Mark O'Hare. SpongeBob SquarePants. November 30, 2001. No. 37b, season 2.
  2. ^ a b c "Rule of Dumb". Writers: Zeus Cervas, Erik Wiese, Dani Michaeli. SpongeBob SquarePants. February 19, 2007. No. 77b, season 4.
  3. ^ "Big Sister Sam". Writers: Casey Alexander, Zeus Cervas, Richard Pursel. SpongeBob SquarePants. January 15, 2011. No. 152a, season 7.
  4. ^ "Ugh". Writers: Paul Tibbitt, Kent Osborne. SpongeBob SquarePants. March 5, 2004. No. 54, season 3.
  5. ^ a b c "Pest of the West". Writers: Luke Brookshier, Tom King, Steven Banks, Richard Pursel. SpongeBob SquarePants. April 11, 2008. No. 96, season 5.
  6. ^ "Band Geeks". Penulis: Merrywether Williams, Aaron Springer, C.H Greenblatt. SpongeBob SquarePants. 7 September 2002. No. 35b, season 2.
  7. ^ a b "Driven to Tears". Penulis: Luke Brookshier, Tom King, Steven Banks. SpongeBob SquarePants. 19 Februari 2007. No. 77a, season 4.
  8. ^ a b "I'm with Stupid". Writers: Aaron Springer, C.H. Greenblatt, Mark O'Hare. SpongeBob SquarePants. November 30, 2001. No. 37b, season 2.
  9. ^ "Ugh". Writers: Paul Tibbitt, Kent Osborne. SpongeBob SquarePants. March 5, 2004. No. 54, season 3.
  10. ^ "Big Sister Sam". Writers: Casey Alexander, Zeus Cervas, Richard Pursel. SpongeBob SquarePants. January 15, 2011. No. 152a, season 7.
  11. ^ "Welcome to the Ocean Institute". ocean-institute.org. Diakses December 24, 2013. 
  12. ^ a b c d e Wilson, Thomas F.(Interviewer); Hillenburg, Stephen (Interviewee). Big Pop Fun #28: Stephen Hillenburg, Artist and Animator–Interview (mp3) [[Podcast]]. Nerdist Industries. Diakses pada December 21, 2013.
  13. ^ a b c Hillenburg, StephenThe Origin of SpongeBob SquarePants. SpongeBob SquarePants: The Complete First Season DVD. Paramount Home Entertainment.
  14. ^ a b Banks, p. 9
  15. ^ Murray, JoeThe Origin of SpongeBob SquarePants. SpongeBob SquarePants: The Complete First Season DVD. Paramount Home Entertainment.
  16. ^ Neuwirth 2003, hlm. 50
  17. ^ "Lisa (Kiczuk) Trainor interviews Joe Murray, creator of Rocko's Modern Life," The Rocko's Modern Life FAQ
  18. ^ "Rocko's Modern Life". JoeMurrayStudio.com. Diakses May 21, 2013. 
  19. ^ Hillenburg, Stephen. (March 1, 2003). The SpongeBob SquarePants Movie (The Absorbing Tale Behind The SpongeBob SquarePants Movie) (DVD). Paramount Home Entertainment/Nickelodeon.
  20. ^ Hillenburg, Stephen. (March 1, 2003). The SpongeBob SquarePants Movie (The Case of the Sponge "Bob") (DVD). Paramount Home Entertainment/Nickelodeon.
  21. ^ Burnet, Jaime (November 18, 2004). "Movie Interview: The unbearable lightness of SpongeBob". The Gauntlet. Gauntlet Publication Society. Diarsipkan dari aslinya tanggal April 27, 2014. Diakses April 27, 2014. 
  22. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses April 27, 2014. 
  23. ^ a b c Lender, Jay (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17 (Bull Moose Publishing Corporation). Diakses September 21, 2012. 
  24. ^ Hutchins, Jeff (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17 (Bull Moose Publishing Corporation). Diakses September 21, 2012. 
  25. ^ a b c Liu, Ed (November 11, 2013). "Being Patrick Star: Toonzone Interviews Bill Fagerbakke on SpongeBob SquarePants". Toon Zone. Diarsipkan dari aslinya tanggal December 19, 2013. Diakses March 28, 2014. 
  26. ^ Drymon, Derek (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17 (Bull Moose Publishing Corporation). Diakses September 21, 2012. 
  27. ^ Daily Mail Reporter (September 25, 2012). "SpongeBob SquarePants voice actor Bill Fagerbakke files for legal separation from wife". Daily Mail. Diakses April 27, 2014. 
  28. ^ a b c Burszan, David (November 11, 2013). "Interview With Bill Fagerbakke: The Voice of Spongebob's Patrick Star". Den of Geek. Diakses April 27, 2014. 
  29. ^ a b Fagerbakke, Bill. (November 16, 2010). Legends of Bikini Bottom (Behind the Scenes: Legends of Bikini Bottom) (DVD). Paramount Home Entertainment/Nickelodeon.
  30. ^ Kenny, Tom (2010). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley #17 (Bull Moose Publishing Corporation). Diakses September 21, 2012. 
  31. ^ Treadway, Bill (November 10, 2003). "SpongeBob SquarePants: The Complete First Season". DVD Verdict. Diakses October 29, 2013. 
  32. ^ Keepnews, Peter (February 19, 2007). "Lincoln? Washington? Nope. Patrick!". The New York Times. Diakses May 1, 2014. 
  33. ^ Basile, Nancy. "'SpongeBob and Friends: Patrick SquarePants'". About.com. Diakses April 27, 2014. 
  34. ^ Ng, Philiana (February 24, 2014). "Nickelodeon's Kids' Choice Awards Nominations Revealed". The Hollywood Reporter. Diakses April 27, 2014. 
  35. ^ Couch, Aaron; Washington, Arlene (March 29, 2014). "Nickelodeon's Kids' Choice Awards: The Winners". The Hollywood Reporter. Diakses April 27, 2014. 
  36. ^ BBC Staff (January 20, 2005). "US right attacks SpongeBob video". BBC News. Diakses June 11, 2007. 
  37. ^ "Will Spongebob make you gay?". MSNBC. Diakses January 21, 2005. 
  38. ^ Associated Press (January 22, 2005). "Spongebob, Muppets and the Sister Sledge writer suffer criticism". USA Today. Diakses June 11, 2007. 
  39. ^ BBC Staff (October 9, 2002). "Camp cartoon star 'is not gay'". BBC News. Diakses June 11, 2007. 
  40. ^ Silverman, Stephen M. (January 28, 2005). "SpongeBob Asexual, Not Gay: Creator". People. Diakses August 26, 2009. 
  41. ^ Dennis, Jeffrey P. "The Same Thing We Do Every Night: Signifying Same-Sex Desire in Television Cartoons." Journal of Popular Film & Television. Fall 2003. Volume 31, Issue 3. 132-140. 9p, 3bw. Within the PDF document the source info is on p. 137 (6/10)
  42. ^ Goodman, Martin. "Deconstruction Zone — Part 2." Animation World Network. Wednesday March 10, 2004.4. Retrieved on October 28, 2009.
  43. ^
  44. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie (2004)". Box Office Mojo. Diakses April 1, 2014. 
  45. ^ "Paramount Dates 'Spongebob Squarepants 2,' 'Monster Trucks' for 2015". The Hollywood Reporter. August 1, 2013. Diakses August 2, 2013. 
  46. ^ "Review: Spongebob Squarepants, Theatre Royal". Nottingham Post. April 30, 2009. Diakses April 27, 2014. 
  47. ^ a b Hardwick, Viv (April 24, 2009). "Theatre critics". The Northern Echo. hlm. 25. 
  48. ^ "REVIEW: SpongeBob SquarePants makes a splash at the Mayflower". Chichester Observer. Diakses April 27, 2014. 
  49. ^ a b May, Goeff. "30 of the Best Surprised Patrick Memes Ever". BiteTV. Diakses April 27, 2014. 
  50. ^ Baladad, Portia (March 16, 2013). "The 10 Best Screaming Patrick Star Memes". andPOP. Channel Zero. Diakses April 27, 2014. 
  51. ^ Han, Chris (March 26, 2013). "Patrick Star is in a State of Permanent Shock UPDATED". CollegeHumor. Diakses April 27, 2014. 
  52. ^ "20 Funniest Examples of the Surprised Patrick Meme". Funny or Die. April 3, 2013. Diakses April 27, 2014. 
  53. ^ a b Prakash, Nena (March 30, 2013). "'Surprised Patrick' Is Shocked by Instant Meme Fame". Mashable. Diakses April 27, 2014. 
  54. ^ Editor (2013). "Best Of The Surprised Patrick Meme!". Smosh. Diakses April 27, 2014. 
  55. ^ Cosmic Charlie (2011). "Best Of The 'Push It Somewhere Else Patrick' Meme!". Smosh. Diakses April 27, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]