Mr. Krabs

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Eugene H. Hrabs
Tokoh SpongeBob SquarePants
175px|Mr. Krabs
Penampilan pertama Help Wanted
Pemeran Clancy Brown
Informasi
Spesies Kepiting
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Pemilik dan pendiri Krusty Krab
Kerabat
  • Anak: Pearl[1]
  • Orangtua: Betsy (ibu)[2] dan Victor Krabs (ayah)[3]
  • Kakek: Redbeard[4]
  • Leluhur: Prehistoric Krabs,[5] Raja Krabs, Pearl Krabs I, Western Krabs[6]

Mr. Eugene H. Krabs[7] adalah karakter fiksi serial kartun SpongeBob SquarePants. Dia tinggal di rumah berbentuk jangkar bersama anaknya, Pearl Krabs. Dia mempunyai pesaing bernama Sheldon Plankton, pemilik restoran Chum Bucket yang dagangannya tidak pernah laku (kebalikan Krusty Krab). Dalam episode Friend or Foe? diketahui bahwa sejak bayi mereka berteman, mereka menjadi musuh karena rumus. Setelah itu Plankton selalu mencoba mencuri resep rahasia Krabby Patty.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Mr. Krabs memilik restoran bernama Krusty Krab, tempat kerja Spongebob dan Squidward. Dia sangat mencintai uang, dia tidak mau memberi uang satu sen pun, meskipun dia sangat kaya. Mr. Krabs bermusuhan dengan Plankton, hampir semua rencana Plankton untuk mendapatkan resep Krabby Patty gagal. Mr. Krabs biasanya sangat sedih dan/atau marah jika kehilangan uang, meskipun hanya satu sen. Tapi, ada beberapa kesempatan dia tidak sedih ketika kehilangan uang, seperti Selling Out dan Grandpappy the Pirate. Dia juga sangat kuat di beberapa episode.

Mr. Krabs tinggal bersama anaknya, Pearl di rumah berbentuk jangkar. Mr. Krabs juga pelit dengan anaknya sendiri, seperti membuat hal-hal yang diinginkan Pearl dengan tidak baik di Whale of a Bhirtday, memberikan biskuit dengan saus sebagai pizza untuk pesta bantal Pearl di The Slumber Party, dll. Mr. Krabs memiliki cacing (di seri cacing memerankan anjing) bernama Mr. Doodle, dia tidak pernah dilihat di sekitar rumah, tetapi dia muncul ketika Mr. Krabs berjalan-jalan.

Kehidupan sebelum seri[sunting | sunting sumber]

Di episode Friend or Foe, dia (bagian pertama) dan Karen (sisanya) menceritakan dia lahir bersama Plankton, teman terbaik Mr. Krabs saat itu. Dia dan ibunya sering mendapatkan bantuan dari Old Man Jenkins. Suatu hari ketika dia dan Plankton sedang jalan-jalan, mereka melihat seorang penjual burger kaya, mereka berdua memiliki ide untuk melakukan hal yang sama. Mereka menjual burger buatan mereka dan anak-anak yang membeli sakit. Mereka menawarkan burger mereka ke Old Man Jenkins, diapun meninggal beberapa waktu kemudian. Persahabatan mereka putus saat itu, tetapi Mr. Krabs menemukan resep yang kemudian menjadi resep Krabby Patty.

Di episode Grandpappy the Pirate, dia ketika bayi tinggal di kapal perompak kakeknya. Ketika dia sudah besar, dia juga menjadi perompak dan memiliki kapal sendiri. Ketika dia membayar gaji untuk anak buahnya, belum semuanya mendapat bagian, perhiasan-perhiasan yang dia dapat sudah habis. Dia akhirnya mengambil kerang yang nantinya ada di tiang depan Krusty Krab dan pergi.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Mr. Krabs adalah satu-satunya karakter SpongeBob yang awalnya didasarkan pada seorang yang spesifik dari hidup Stephen Hillenburg.[8] Ketika mendesain Mr. Krabs, Hillenburg mengambil inspirasi dari mantan manajernya di restoran makanan laut. Menurut Hillenburg, manajernya berambut merah, berotot, dan seorang mantan koki tentara; ketiga sifat ini dimasukkan ke karakter Krabs, dengan warna merah Krabs sebagai pengganti warna rambut.[9] Cara berbicara Krabs juga terinspirasi oleh sang pemilik restoran, yang mengingatkan Hillenburg tentang bajak laut dengan aksen Mainenya yang kuat. Tapi, pemilik tersebut tidak kikir, detail ini ditambahkan oleh Hillenburg untuk "memberinya lebih banyak kepribadian."[8]

Ketika Stephen Hillenburg mulai membuat Mr. Krabs, nama belakangnya dan Pearl dieja dengan huruf C bukannya K. Jadi, nama restoran Krabs adalah "Crusty Crab." Hillenburg mengubah nama tersebut tidak lama sebelum produksi episode pilot acara dimulai, memutuskan bahwa K itu lebih lucu dan lebih mengesankan.[10] Keputusan untuk memilih Mr. Krabs dan Pearl tinggal di dalam jangkar dibuat setelah produksi musim pertama sudah dimulai. Peta awal dari latar acara, yang Hillenburg tunjukkan ke eksekutif Nickelodeon sebagai bagian dari pitchnya pada 1997, tidak termasuk rumah jangkar dan menamakan Krusty Krab sebagai tempat tinggal kedua karakter.[10]

Mr. Krabs punya cara yang berbeda ketika berjalan; ketika dia bergerak, dia menggerakkan kakinya sangat cepat dan dia digambar seakan-akan dia punya lebih dari dua kaki. Ketika menyutradaraai animasi untuk episode-episode awal, salah satu tujuan Stephen Hillenburg adalah untuk memberi setiap karakter siklus berjalan berbeda yang menunjukkan kepribadian mereka; seniman papan cerita Erik Wiese mendesaik siklus berjalan Krabs dengan niat membuatnya kartun. Wiese mengatakan pada 2012, "Aku menganimasikan kaki kecil Mr. Krabs dalam siklus empat-frame multi-kabur—aku pikir itu adalah solusi terbaik untuk membuatnya berjalan seperti kepiting." Steven Hillenburg menyetujui cara jalan itu setelah Wiese mendemonstrasikannya di sebuah mesin tes pensil.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Squeaky Boots". Writers: Steve Fonti, Chris Mitchell, Mr. Lawrence. SpongeBob SquarePants. September 4, 1999. No. 8b, season 1.
  2. ^ "Sailor Mouth". Writers: Walt Dohrn, Paul Tibbitt, Merriwether Williams. SpongeBob SquarePants. September 21, 2001. No. 38a, season 2.
  3. ^ "My Pretty Seahorse". Writers: Kent Osborne, Paul Tibbitt. SpongeBob SquarePants. July 12, 2002. No. 42b, season 3.
  4. ^ "Grandpappy the Pirate". Writers: Casey Alexander, Zeus Cervas, Dani Michaeli. SpongeBob SquarePants. February 18, 2009.
  5. ^ "Ugh". Writers: Paul Tibbitt, Kent Osborne. SpongeBob SquarePants. March 5, 2004. No. 54, season 3.
  6. ^ "Pest of the West". Writers: Luke Brookshier, Tom King, Steven Banks, Richard Pursel. SpongeBob SquarePants. April 11, 2008. No. 96, season 5.
  7. ^ http://spongebob.nick.com/backstage/characters/mr-krabs/[pranala nonaktif]
  8. ^ a b "What a Sponge!" (PDF). The Mini Page. Andrews McMeel Universal. July 12, 2015. 
  9. ^ Beck 2013, hlm. 84
  10. ^ a b From Boy to Bob. Nick Mag Presents: SpongeBob SquarePants (Viacom International). June 2003. 
  11. ^ Wiese, Erik (September 21, 2012). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley (Bull Moose Publishing Corporation).