The Great Patty Caper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"The Great Patty Caper"
Episode SpongeBob SquarePants
Episode no.Musim 7
Episode 17 (143)
SutradaraAlan Smart
Tom Yasumi
PenulisCasey Alexander
Zeus Cervas
Steven Banks
Dani Michaeli
Tanggal siar11 November 2010 (2010-11-11)
Durasi22 menit
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Sponge-Cano!"
Selanjutnya →
"That Sinking Feeling"
Daftar episode SpongeBob SquarePants

The Great Patty Caper, juga dikenal dengan nama Mystery with a Twistery, adalah episode ke-17 dari musim ketujuh dan episode ke-143 dari keseluruhan seri animasi Amerika SpongeBob SquarePants. Episode ini pertama kali ditayangkan di Nickelodeon di Amerika Serikat pada 11 November 2010.

Dalam episode ini, Mr. Krabs menaruh resep Krabby Patty di kota yang jauh. Ketika kehabisan Krabby Patty, SpongeBob dan Mr. Krabs lupa resep rahasia Krabby Patty. SpongeBob harus melihat resep rahasia Krabby Patty sebelum Plankton melihatnya.

Episode ini ditulis oleh Casey Alexander, Zeus Cervas, Steven Banks dan Dani Michaeli, dengan Alan Smart dan Tom Yasumi sebagai sutradara. "The Great Patty Caper" tersedia dalam DVD dengan nama yang sama pada 8 Maret 2011. Ketika ditayangkan, episode ini ditonton 6,6 juta penonton, menjadikannya siaran televisi animasi top pada 2010.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di Krusty Krab, SpongeBob menyadari bahwa Krabby Patty di kulkas sudah habis dan melaporkannya ke Mr. Krabs. Mereka mencoba membuat Krabby Patty baru tapi mereka lupa resepnya. Ketika mereka ingin membaca resepnya, Plankton mencoba mencurinya, tapi dia dengan mudah dihentikan dan dikeluarkan. Mr. Krabs ingin Plankton berhenti mencoba mencuri resepnya, jadi SpongeBob mengusulkan untuk menyembunyikannya di tempat yang jauh. Mr. Krabs lalu mengirim resep Krabby Patty ke sebuah bank di kota yang jauh. SpongeBob dan Mr. Krabs lalu mencoba membuat Krabby Patty lagi tapi mereka lupa membaca resepnya. SpongeBob dan Patrick pergi membawa kunci brankas untuk mengambil resep Krabby Patty menggunakan kereta. Sementara itu, Plankton menaiki kereta yang sama untuk mencuri resep Krabby Patty.[1]

Di tengah perjalanan, kunci brankas hilang. SpongeBob dan Patrick memanggil polisi dan mencurigai Plankton, seorang ibu dan bayinya, dan pelayan. Plankton tidak bersalah, tapi pelayan, sang ibu dan bayinya ditangkap karena rupanya adalah penjahat yang menyamar. SpongeBob sedih, tapi Patrick rupanya sudah menemukan kuncinya ketika membersihkan celana SpongeBob. Kereta berjalan lagi, tapi Plankton memukul SpongeBob dan Patrick keluar jendela. SpongeBob dan Patrick mengejar kereta dan mencapai lokomotif, tapi Plankton memisahkan lokomotifnya dengan dia di gerbong. SpongeBob dan Patrick tidak bisa menghentikan keretanya, tapi mereka berhasil memutar arah kereta sebelum kereta menabrak panti jompo. Sementara itu, Plankton sampai di bank dan mengambil resepnya, tapi rupanya Mr. Krabs sudah menunggunya. Plankton hampir berhasil kabur, tapi kereta SpongeBob dan Patrick menabraknya. Tapi kereta tersebut merusak bank sehingga Mr. Krabs harus membayar kerusakannya. 75 tahun kemudian, SpongeBob, sekarang sudah tua, selesai menceritakan ceritanya, tapi cucunya lebih tertarik dengan permainan video.[1]

Produksi[sunting | sunting sumber]

"The Great Patty Caper" ditulis oleh Casey Alexander, Zeus Cervas, Steven Banks dan Dani Michaeli, dengan Alan Smart dan Tom Yasumi sebagai sutradara.[1] Episode ini ditayangkan di Nickelodeon di Amerika Serikat pada 11 November 2010.[2]

Episode ini dijadikan Nickelodeon episode spesial bernama "Mystery with a Twistery" dimana:

"Mr Krabs mengirimkan resep Krabby Patty ke brankas yang jauh untuk menjaganya aman sehingga Plankton tidak bisa sampai ke sana. Tapi ketika Mr Krabs lupa resep itu ia memberikan SpongeBob kunci untuk brankas dan mengirimnya dalam perjalanan ke seberang laut untuk mengambilnya. Keadaan menjadi buruk ketika kunci hilang di kereta Oceanic Express dan SpongeBob harus mengidentifikasi pelakunya dan mendapatkan kunci kembali sebelum resep Krabby Patty hilang selamanya!"[3][4][5]

"The Great Patty Caper" dirilis dalam DVD dengan nama yang sama pada 8 Maret 2011 oleh Paramount Home Entertainment.[6][7][8][9][10] DVD itu terdiri dari episode ini, "Growth Spout", "Stuck in the Wringer", "Someone's in the Kitchen With Sandy", "The Inside Job", "Greasy Buffoons", dan "Model Sponge".[11][12][13] Pada 6 Desember 2011, "The Great Patty Caper" dirilis dalam DVD SpongeBob SquarePants: The Complete 7th Season, bersama episode lain dari musim ketujuh.[1][14][15]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ketika ditayangkan, "The Great Patty Caper" menjadi penayangan hiburan televisi kabel top untuk minggu penayangannya dengan total penonton, ditonton 6,1 juta penonton.[16][17][18][19] Episode juga menjadi penayangan nomor satu pada minggu itu dengan anak-anak berusia 2-11 di penayangan dan televisi kabel.[16][17] Penayangan ini menjadi program top untuk Kamis, 11 November, malam dengan semua demografik anak-anak dan remaja. Spesial ini juga memiliki rata-rata 1,4/1,6 juta dalam demografik dewasa berusia 18-49, mendapat lebih banyak penoton dewasa dari Conan untuk malam itu.[16][17]

Episode ini mendapat ulasan positif. Nancy Basile dari About.com memberi episode ini nilai 3,5 dari 5, mengatakan "'The Great Patty Caper' akan menjadi lebih baik dalam panjang episode biasa daripada bila dipanjangkan menjadi sebuah spesial. Dengan beberapa bagian yang lebih lambat dan membosankan dihapus, seluruh episode akan menjadi pintar, cerdik, dan lucu serba cepat."[20] Sandy Angulo Chen dari Common Sense Media memberi episode ini 3/5 bintang dan menulis "Masih tidak ada tujuan mendidik yang tersembunyi dalam seri ini, tetapi seri ini menunjukkan anak-anak struktur cerita, perkembangan karakter, prediktabilitas, dan berbagai macam humor yang digunakan dalam sebuah cerita."[21]

Paul Mavis dari DVD Talk bersikap positif terhadap episode ini dan mengatakan bahwa episode ini "pastinya adalah salah satu episode yang lebih berenergi yang kulihat dari seri ini dalam beberapa waktu."[12] Mavis menambahkan "'The Great Patty Caper' membawa sebuah kepala uap yang bagus menuju ke sebuah akhir yang memuaskan (SpongeBob sebagai seorang kakek tua juga sempurna),"[12] tetapi kecewa "karena seseorang tidak memanfaatkan Agatha Christie Murder yang jelas ada dalam adegan kereta berbumbu Orient Express dengan SpongeBob dijadikan sebagai Poirot atau bahkan Miss Marple ketika dia melakukan penyelidikannya yang tidak kompeten (SpongeBob memakai pakaian wanita selalu merupakan pemenang yang bagus)."[12]

Marty Shaw dari BSC Kids, ketika membahas ratings, mengatakan "SpongeBob SquarePants telah ditayangkan sejak 1999 dan episode 11 November adalah acara kedelapan dari musim kedelapan. Apa artinya itu? Dengan 6,102 juta penonton menonton, itu artinya petualangan SpongeBob SquarePants tidak pernah menjadi tua."[18] Billy Gil dari Home Media Magazine mengatakan "'The Great Patty Caper' adalah salah satu episode SpongeBob yang lebih baik dalam beberapa waktu terakhir[...]"[22] Roy Hrab dari DVD Verdict tidak positif tehadap DVD-nya dan mengatakan "Wow, ini mungkin adalah set episode SpongeBob paling membosankan yang pernah kulihat."[23]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d SpongeBob SquarePants: The Complete 7th Season. DVD. Paramount Home Entertainment, 2011.
  2. ^ "SpongeBob SquarePants : The Great Patty Caper". TV Listings. Zap2it. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  3. ^ Wetzel, Jerome (November 8, 2010). "TV Preview: SpongeBob SquarePants – "Mystery With a Twistery"". Blogcritics. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  4. ^ "SpongeBob SquarePants stars in Mystery with a Twistery". Toon Barn. October 27, 2010. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  5. ^ "Nickelodeon's "SpongeBob SquarePants" Episode "Mystery With A Twistery"". Nickutopia. October 30, 2010. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  6. ^ Longsdorf, Amy (March 6, 2011). "DVD". The Record. Diakses tanggal September 15, 2013. 
  7. ^ "newondvd,". Chicago Sun-Times. March 4, 2011. Diakses tanggal September 15, 2013. 
  8. ^ DeMott, Ricky (March 8, 2011). "SpongeBob Uncovers The Great Patty Caper on DVD". Animation World Network. Diakses tanggal May 3, 2013. 
  9. ^ Basile, Nancy (March 10, 2011). "SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper DVD". About.com. Diakses tanggal May 3, 2013. 
  10. ^ "SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper DVD". The Celebrity Cafe. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  11. ^ SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper. DVD. Paramount Home Entertainment, 2011.
  12. ^ a b c d Mavis, Paul (March 7, 2011). "Spongebob Squarepants: The Great Patty Caper". DVD Talk. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  13. ^ Corey, Joe (March 15, 2011). "SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper – DVD Review". Inside Pulse. Diakses tanggal May 3, 2013. 
  14. ^ Jane, Ian (December 16, 2011). "Spongebob Squarepants: The Complete 7th Season". DVD Talk. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  15. ^ Rode, Josh (December 11, 2011). "SpongeBob SquarePants: The Complete Seventh Season". DVD Verdict. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  16. ^ a b c ""SpongeBob SquarePants" Ranks as Basic Cable's Number-One Entertainment Telecast With Total Viewers for Week". The Futon Critic. November 16, 2010. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  17. ^ a b c Seidman, Robert (November 16, 2010). "'SpongeBob Squarepants' Ranks as Cable's No. 1 Entertainment Program in Total Viewers, Takes Top Spots With Kids on All TV". TV by the Numbers. Zap2it. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  18. ^ a b Shaw, Marty (November 17, 2010). "Millions Tune In to Watch SpongeBob SquarePants Solve "Mystery With A Twistery"". BSC Kids. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  19. ^ ""SpongeBob's Mystery With A Twistery" Scores 6.1 Million Viewers". Toonzone. November 16, 2010. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  20. ^ Basile, Nancy. "'SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper'". About.com. Diakses tanggal May 3, 2013. 
  21. ^ Chen, Sandy Angulo (March 5, 2011). "SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper". Common Sense Media. Diakses tanggal May 3, 2013. 
  22. ^ Gil, Billy (March 4, 2011). "SpongeBob SquarePants: The Great Patty Caper (DVD Review)". Home Media Magazine. Diakses tanggal September 7, 2013. 
  23. ^ Hrab, Roy (March 13, 2011). "Spongebob Squarepants: The Great Patty Caper". DVD Verdict. Diakses tanggal September 7, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]