Gravity Falls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gravity Falls
Gravity Falls logo.png
Genre Mystery
Comedy
Fantasy[1]
Format Serial animasi
Pembuat Alex Hirsch
Sutradara John Aoshima
Aaron Springer
Joe Pitt
Sutradara kreatif Michael Rianda
Pengisi suara
Lagu pembuka "Lagu Tema Gravity Falls",[2] composed by Brad Breeck
Komposer Brad Breeck
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Jumlah musim 1
Jumlah episode 20 (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif Alex Hirsch
Produser Tobias Conan Trost (line producer)
(season 1)
Brian Doell (line producer)
(season 2)
Rob Renzetti (supervising producer)
Durasi 20-22 menit per episode
Rumah produksi Disney Television Animation
Siaran
Saluran asli Disney Channel
RCTI (Indonesia)
Format gambar 1080p (HDTV)
Periode siaran 15 Juni 2012–Saat ini
Pranala luar
http://disneychannel.disney.com/gravity-falls
http://gravi-teamfalls.tumblr.com/

Gravity Falls adalah serial animasi televisi Amerika Serikat dibuat dari animator Alex Hirsch[3] untuk Disney Channel, sekarang di Disney XD. Kartun ini menceritakan petualangan Dipper Pines (pengisi suaranya Jason Ritter) dan saudara kembarnya Mabel (disuarai Kristen Schall) di kota fiksi Gravity Falls, Oregon saat liburan Musim panas. Di episode awal, Dipper dan Mabel menghabiskan musim panas dengan "great-uncle" (atau "Grunkle") Stan, di kota misterius penuh dengan situasi yang aneh melibatkan berbagai makhluk paranormal dan supernatural. Grunkle Stan menyuruh anak-anaknya menolongnya menjalankan The Mystery Shack, jebakan turis yang dia punya. Si kembar berusaha untuk beradaptasi dengan lingkungan yang aneh tetapi merasakan ada sesuatu yang aneh tentang Gravity Falls dan mulai berusaha memecahkan misterinya. Saat Dipper menemukan sebuah jurnal misterius yang berisi tentang misteri kota, dia dan Mabel menggunakannya dan ingin memecahkan misteri yang di sekitar mereka. Kartun ini secara resmi tayang di Disney Channel di Amerika Serikat pada 15 Juni 2012 [4][5][6]

Pembuat kartun Alex Hirsch pertama membuat konsep untuk kartun ini di film pelajar low-budget yang berdurasi 11 menit, dia membuatnya di Institut Seni California.[7] Hirsch dipanggil untuk melakukan suatu promosi untuk Disney Channel berdasarkan pilot pendeknya.[7] Disney Channel mengambil idenya dan mulai menyiarkan kartun ini musim panas 2012. Kartun ini diinspirasikan dari masa kecil Alex Hirsch dengan saudara kembarnya saat liburan misim panas.[8]

Pada 31 Mei 2014, diumumkan season kedua akan disiarkan di Disney XD dan Disney Channel.[9] On June 14, 2014, it was confirmed that season 2 would premiere on August 1, 2014 on Disney Channel,[10] dengan beberapa episode musim kedua disiarkan pertama di Disney XD karena Disney XD dianggap rumah baru untuk kartun ini.[11]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Untuk liburan musim panas mereka, saudara kembar berusia 12 tahun bernama Dipper dan Mabel pergi dari rumah mereka di Piedmont, California untuk tinggal bersama paman-kakek Mereka (biasanya disingkat menjadi "Grunkle") Stan di Gravity Falls, Oregon. Hal-hal yang tidak seperti yang terlihat di kota kecil ini, dan dengan bantuan sebuah jurnal misterius yang Dipper temukan di hutan, mereka menyadari bahwa gaya hidup sehari-hari mereka telah berubah. Dengan bantuan dari Wendy, Soos, teman Dipper dan Mabel dan Grunkle Stan; ditambah berbagai macam karakter lain, Dipper dan Mabel selalu memiliki hari yang menarik untuk dilihat.[12]

Cast and primary characters[sunting | sunting sumber]

Main[sunting | sunting sumber]

  • Dipper Pines (disuarai Jason Ritter)[12] - Saudara kembar Mabel Pines berusia 12 tahun[13], 5 menit lebih muda daripada Mabel.[14] Dia memecahkan misteri di Gravity Falls dengan jurnal bertanda "3", ditemukan di hutan. Dipper punya masalah gelisah dalam hal-hal biasa. Karakter lain meragukan kredibilitas dia karena semangatnya. Dia sangat bijak melampaui usianya dan ingin tumbuh besar dan menjadi dewasa. Dia kadang terlalu memikirkan kemungkinan skenario dan terobsesi membuat daftar. Saat peralihan Season 1 ke 2, Dipper membuat serial berjudul "Dipper's Guide to the Unexplained." Di suatu episode dia jatuh cinta pada Wendy. Di episode lain ternyata dia suka bubblegum pop music. Dipper mendapatkan nama panggilannya dari tanda lahir di keningnya yang berbentuk seperti Big Dipper. Nama aslinya belum terungkap.
  • Mabel Pines (disuarai Kristen Schaal)[12] - Saudara kembar Dipper Pines berusia 12 tahun[13], Mabel 5 menit lebih tua daripada Dipper.[14] Mabel adalah eksentrik, ringan, dan optimis yang bersemangatm dia memakai sweater yang berwarna-warni dan menikmati seni dan prakarya. Sifatnya yang ramah biasanya menolong Dipper memecahkan misteri, walaupun kekonyolannya dianggap beban. Mabel menikmati novel pra-remaja dan mencari cerita romantis, biasanya melibatkan vampir. Dia dulunya berkencan dengan Li'l Gideon, namun romansanya tidak berlanjut setelah Li'l Gideon mencoba membunuh Dipper. Di episode "Irrational Treasure", Mabel dijadikan anggota kongress Amerika Serikat dari presiden ke-8.5, Quentin Trembley, dengan platform politik "melegalkan segalanya". Dia memenangkan hewan peliharaan babi di episode "The Time Traveler's Pig" dan memberi nama Waddles. Dia membuat penampilan di "Dipper's Guide to the Unexplained", namun juga membuat acara dia sendiri yang bernama "Mabel's Guide to Life".
  • Stanford "Grunkle Stan" Pines (disuarai Alex Hirsch)[12] - Paman kakek dari Dipper dan Mabel Pines, berwatak egois dan abrasivitasnya. Dia tinggal dan menjalankan The Mystery Shack, jebakan turis yang merupakan "museum dunia teraneh". Grunkle Stan adalah pedagang pertama dan terutama, membuat semua usahanya menjadi seni menarik khayalak ramai, dan dia juga tidak segan untuk menjual cinderamata dalam harga mahal. Karena kegilaannya memperoleh uang, metodenya untuk mendapatkannya tidak selalu legal. Stan memakai topi fez (simbol yang terus berganti setiap episode), membawa tongkatnya yang paling atasnya 8-ball, dan kadang-kadang memakai penutup mata di kacamatanya. Dia sering mengirim si kembar untuk suatu tugas yang keterlaluan, namun dia sangat protektif dan menyayangi mereka. Meskipun umur dan fisiknya, secara fisik Stan cukup kuat untuk melawan saat diancam, bahkan jika itu monster Gravity Falls. Di belakang mesin penjual otomatisnya, dia punya laboratorium tersembunyi berisi mesin besar tersembunyi berdaya informasi rahasia di 3 jurnal. Stan punya jurnal pertama, Li'l Gideon punya yang kedua, dan Dipper yang ketiga. Akhirnya, Stan mendapatkan ketiganya setelah Li'l Gideon ditangkap. Dia pun mengembalikan jurnal ketiga ke Dipper (Setelah memfotokopinya).
  • Jesus "Soos" Alzamirano Ramirez (disuarai Alex Hirsch)[12] - Seorang Warga Latin dan Hispanik Amerika di Mystery Shack, dia seorang tukang. Teman Dipper dan Mabel, Soos itu gemuk, seperti hamester, pria-anak yang ingin saat dimana aksi terjadi. Dia biasanya mengantar si kembar disekitar kota saat mereka membutuhkan. Dia agak canggung, dan biasanya membuat kesalahan. Namun dia punya berbagai bakat, seperti teknik mesin, DJ, dan pinball, dan suka melakukan "kegiatan pria" dengan Dipper contohnya memanaskan hot dog di Microwave sampai mereka meledak. Di "Blendin's Game" ulang tahunnya ternyata 13 Juli. Dia ternyata juga tidak punya hubungan baik dengan ayahnya.
  • Wendy Corduroy (disuarai Linda Cardellini)[12] - Seorang tomboy berusia 15 tahun[15] yang bekerja paruh waktu di Mystery Shack. Dipper jatuh cinta padanya, dan beberapa episode berfokus pada Dipper yang berusaha mengesankan dia. Wendy mengatakan dia punya banyak pacar di masa lalu - Bahkan ada salah satu mantan-pacar yang tidak dia ingat yang pernah putus. Wendy adalah anak tertinggi dan tertua di keluarganya, ayahnya adalah Manly Dan, salah satu pemotong kayu lokal Gravity Falls. Dia punya banyak teman. Mantan terbarunya adalah Robbie, yang Dipper benci. Wendy selalu membela Dipper di depan Robbie.
  • Waddles (disuarai Dee Bradley Baker); Neil DeGrasse Tyson sebagai tamu) - babi peliharaan Mabel. Dia memenangkan Waddles di pameran, dan sejak itu keduanya tidak dapat dipisahkan. Waddles suka menghabiskan waktu dengan Mabel dan Mabel juga suka. Di "Summerween", Waddles mengizinkan Mabel dan temannya Grenda dan Candy untuk memakaikan dia baju pebisnis dan mengambil fotonya dan mengeditnya sebagai Meme Internet.
  • Penulis - Saudara kembar enam jari Stan yang telah lama hilang. Dia kembali dari tempat rahasia dan misterius melalui portal di bawah Mystery Shack di episode "Not What He Seems" setelah 30 tahun. Diasumsikan dia hilang sejak 1982. Dia menulis semua 3 jurnal

Episode[sunting | sunting sumber]

Daftar episode Gravity Falls

Production[sunting | sunting sumber]

Kode[sunting | sunting sumber]

Di setiap akhir episode, selalu ada teks dalam bentuk kode:

Season 1

  • Caesar cipher yang diisyaratkan dari suara di intro kartun, jika dimainkan terbalik mengatakan "three letters back",[16] kode ini digunakan di episode 1-7.
  • Atbash cipher yang diisyaratkan di suatu episode bahwa kode ini akan digunakan,[16] kode ini digunakan untuk episode 7-13.
  • A1Z26 cipher adalah kode sederhana menggunakan substitusi huruf nᵗʰ alpabet untuk nomor yang diberikan, digunakan di episode 14-19
  • Kode kombinasi adalah kode gabungan 2 kode atau lebih. Pertama kali digunakan di akhir "Gideon Rises". Dipecahkan dengan mengubah menggunakan A1Z26, kemudian Atbash dan akhirnya Caesar. Kode gabungan dimulai dengan kode Vigenere.
  • Kode subsitusi yang dimana setiap huruf disubsitusikan dengan bilangan bulat yang sesuai dengan tempat huruf alphabet 1-26.
  • Kode simbol yang muncul di episode terakhir season 1. Muncul juga di jurnalnya. Simbol J, Q, X, dan Z belum diketahui.

Season 2

  • Vigenère cipher digunakan di akhir episode seperti kode lain. Kunci untuk kode ini diisyaratkan melalui petunjuk halus tersembunyi di episodenya. Suara di ujung lagu temanya juga mengisyaratkannya, saat dimainkan terbalik itu mengatakan "Key Vigenère"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Gravity Falls

  1. ^ "Amazon.com: Gravity Falls Season 1". Amazon.com. Diakses tanggal 26 June 2014. 
  2. ^ "iTunes: Gravity Falls Main Title Theme (from "Gravity Falls") - Single". iTunes. Diakses tanggal February 20, 2015. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama upfront
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama preview
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama varitey
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama promo
  7. ^ a b Brooks Barnes (August 17, 2012). "An Undercurrent of Darkness, Even at Disney". The New York Times. Diakses tanggal 15 April 2014. 
  8. ^ Christina Radish (2012). "Creator Alex Hirsch Talks GRAVITY FALLS, How He Ended Up Making a Show for the Disney Channel, His Love for TV Animation and More". Collider. Diakses tanggal 15 April 2014. 
  9. ^ "TV Guide - First Look: Disney XD Premieres New Gravity Falls Shorts". Wicked Local West Bridgewater. May 30, 2014. Diakses tanggal 2014-05-31. 
  10. ^ "Twitter / _AlexHirsch: The Shack is Back! Gravity Falls Season 2 premieres Aug 1st 9:00 PM on the Disney Channel, fools!". Twitter.com. 2014-06-14. Diakses tanggal 2014-06-15. 
  11. ^ "Second Season of "Gravity Falls" Premieres Friday, August 1 on Disney Channel and Monday, August 4 on Disney XD". The Futon Critic. 2014-06-16. Diakses tanggal 2014-06-17. 
  12. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama medianetinfo
  13. ^ a b "The Inconveniencing". Gravity Falls. Disney Channel. 13 July 2012.
  14. ^ a b Hirsch, Alex (22 July 2012). "Tweet by Alex Hirsch regarding age of twins". Diakses tanggal 28 January 2015. @LightPhillip Mabel is older by 5 minutes. She uses this as an excuse to tell Dipper "I'll tell you when you're older" It drives him nuts 
  15. ^ "Verified Twitter of Alex Hirsch Stating Wendy's Age". 30 July 2012. Diakses tanggal 9 March 2014. 
  16. ^ a b "Why Gravity Falls Is the Smartest Cartoon on Television". Adam Warrock (AKA Z) at Wired.com. Diakses tanggal July 30, 2013.