Phineas dan Ferb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Phineas and Ferb)
Lompat ke: navigasi, cari
Phineas dan Ferb
P and F Logo.jpg
Telop acara Phineas dan Ferb
Genre Komedi
Musikal
Pembuat Dan Povenmire
Jeff "Swampy" Marsh
Sutradara
Pengisi suara
Lagu pembuka "Today Is Gonna Be a Great Day (Hari Ini Adalah Akan Menjadi Hari Besar)" (variasi) oleh Bowling for Soup
Komposer Danny Jacob
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Jumlah musim 4
Jumlah episode 222 (Daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif Dan Povenmire
Jeff "Swampy" Marsh
Produser Robert F. Hughes
Durasi 22 menit
Rumah produksi Walt Disney Television Animation
Distributor Disney-ABC Domestic Television
Siaran
Stasiun televisi Disney Channel (2007–15)
Disney XD (2009–15)
Format audio Dolby Digital 5.1
Siaran sejak 17 Agustus 2007 (2007-8-17)  12 Juni 2015 (2015-06-12)
Kronologi
Dilanjutkan oleh O.W.C.A. Files
Tayangan terkait Take Two with Phineas and Ferb
Pranala luar
http://disneyxd.disney.com/phineas-and-ferb

Phineas dan Ferb (bahasa Inggris: Phineas and Ferb) adalah serial televisi komedi animasi Amerika Serikat. Awalnya disiarkan sebagai pratayang satu episode pada tanggal 17 Agustus 2007 dan sekali lagi dipratayangkan pada tanggal 28 September 2007, serial ini secara resmi ditayangkan perdana pada tanggal 1 Februari 2008 di Disney Channel, dan mengikuti petualangan Phineas Flynn dan saudara tiri Inggrisnya Ferb Fletcher[1] pada liburan musim panas. Setiap hari, anak laki-laki itu memulai sebuah proyek baru yang besar, yang mengganggu kakak pengendali mereka, Candace, yang sering mencoba mengungkapkan kekejian mereka padanya dan ibu Phineas, Linda Flynn-Fletcher, dan lebih jarang ke ayah Ferb, Lawrence Fletcher. Serial ini mengikuti sistem alur standar; lelucon terjadi setiap episode, dan pada subalur hampir selalu menampilkan Perry si Platipus yang bekerja sebagai mata-mata ("Agen P") untuk OWCA (Organization Without a Cool Acronym (bahasa Indonesia: Organisasi Tanpa Singkatan Keren), untuk mengalahkan skema terakhir Dr. Heinz Doofenshmirtz, seorang ilmuwan gila yang sebagian besar didorong oleh kebutuhan untuk menegaskan kejahatannya. Terkadang, penjahat lain mencemooh tingkat kejahatannya. Dua alur berpotongan yang pada akhirnya untuk menghapus semua jejak proyek anak laki-laki tepat sebelum Candace dapat menunjukkannya kepada ibu mereka. Hal ini biasanya membuat Candace sangat frustrasi.

Pembuat serial Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh sebelumnya bekerja sama dalam serial Fox The Simpsons dan serial Nickelodeon Rocko's Modern Life. Mereka juga mengisi suara dua karakter subalur utama: Mayor Monogram dan Dr. Doofenshmirtz. Phineas dan Ferb dibuat setelah Povenmire membuat sketsa anak berkepala segitiga – purwarupa untuk Phineas – di restoran. Povenmire dan Marsh mengembangkan konsep serial tersebut bersama-sama dan menempatkannya di beberapa jaringan selama 16 tahun sebelum menempatkan serial tersebut di Disney Channel.[1]

Phineas dan Ferb dikenal dengan beberapa lagu yang berkesan, yang telah muncul di hampir setiap episode sejak musim pertama "Flop Starz". Manajer Disney sangat menikmati lagu episode tersebut, "Gitchee, Gitchee Goo", dan meminta agar sebuah lagu muncul di setiap episode berikutnya.[2] Pembuat acara menulis dan mencatat setiap nomor, dan memvariasikan tempo musik tergantung pada penggunaan dramatis setiap lagu.[3] Musik tersebut telah mendapatkan total empat nominasi Emmy: pada tahun 2008 untuk judul utama dan untuk lagu "I Ain't Got Rhythm" dari episode "Dude, We're Getting the Band Back Together",[4] dan kemudian pada tahun 2010 untuk lagu "Come Home Perry" dari episode "Oh, There You Are, Perry" dan juga satu untuk lagunya. Serial ini juga telah populer di kalangan orang dewasa.[5][6][7]

Pada tanggal 25 Agustus 2011, acara tersebut diperbarui untuk musim keempat bersamaan dengan kemungkinan acara spin-off dan sebuah film televisi di Disney Channel.[8] Disney Channel secara resmi mengumumkan pada tanggal 9 November 2011 bahwa musim keempat diperbarui dengan episode baru yang diluncurkan mulai tanggal 7 Desember 2012.[9] Sekarang serial ini merupakan serial orisinal Disney Channel yang terpanjang, mengalahkan Kim Possible yang tayang selama 5 tahun dan 3 bulan, dan juga merupakan serial orisinal Disney XD yang terpanjang.

Pada tanggal 15 Februari 2014, diumumkan bahwa produksi acara telah selesai dan tidak ada episode baru yang dipesan,[10] dan bahwa acara itu akan terus berlanjut tanpa henti. Namun, episode baru mulai ditayangkan di Disney XD pada bulan Juni 2014, dan di Disney Channel pada musim panas 2014.

Pada tanggal 7 Mei 2015, secara resmi diumumkan bahwa serial ini telah tidak ditayangkan lagi setelah empat musim, dan episode terakhir yang berjudul "Phineas and Ferb: Last Day of Summer" akan ditayangkan pada 12 Juni 2015 di Disney XD, disiarkan bersamaan di Disney Channel. Maraton acara selama 73 jam akan dimulai di Disney XD pada tanggal 9 Juni 2015.[11] Serial ini secara resmi berakhir pada tanggal 12 Juni 2015 di Disney Channel dan Disney XD. Pihak Disney juga mengumumkan bahwa episode spesial tersendiri berdurasi satu jam yang berjudul O.W.C.A. Files (Berkas O.W.C.A.) akan dirilis pada musim gugur berikutnya. Acara spesial tersebut resmi ditayangkan perdana di Disney XD pada tanggal 9 November 2015.

Alur[sunting | sunting sumber]

Povenmire mendapat inspirasi untuk acara dari masa kecilnya di Mobile, Alabama.[12]

Acara ini mengikuti petualangan saudara tiri Phineas Flynn (Vincent Martella) dan Ferb Fletcher (Thomas Sangster), yang tinggal di kota fiksi Danville, di daerah tiga negara bagian (tidak pernah ditentukan), karena mereka mencari cara untuk mengisi waktu mereka selama liburan musim panas mereka. Seringkali petualangan ini melibatkan proyek konstruksi yang rumit, seukuran dan seolah-olah berbahaya. Kakak perempuan Phineas, Candace Flynn (Ashley Tisdale), memiliki dua obsesi: "mengadukan" skema dan gagasan Phineas dan Ferb, dan memenangkan perhatian seorang remaja laki-laki yang bernama Jeremy (Mitchel Musso).[2] Sementara itu, platipus hewan peliharaan mereka, Perry, bertindak sebagai agen rahasia untuk sebuah organisasi pemerintah yang beranggotakan semua hewan[13][14] yang disebut O.W.C.A. ("Organization Without a Cool Acronym" (bahasa Indonesia: "Organisasi Tanpa Singkatan Keren"), melawan Dr. Heinz Doofenshmirtz.[15]

Sebagian besar humor serial bergantung pada lelucon yang digunakan di hampir setiap episode, dengan sedikit variasi.[16] Sebagian besar episode mengikuti pola:

  • Beberapa insiden memberi Phineas ide untuk sebuah proyek, dan dia mengumumkan, "Hei Ferb, aku tahu kita harus apa hari ini!"
  • Sementara itu, Perry menyelinap pergi, menggunakan salah satu dari banyak terowongan tersembunyi, ke basis bawah tanah rahasia. Phineas (atau kadang karakter lain) berkomentar, "Hei, di mana Perry?"
  • Mayor Monogram mengantar Perry (yang dia sebut "Agen P") dalam misinya; ini kadang-kadang tidak lebih dari "Dokter Doofenshmirtz sedang melakukan sesuatu, cari tahu apa yang dilakukannya, dan hentikan dia!"
  • Candace melihat apa yang dilakukan adiknya, dan memutuskan untuk memberi tahu ibunya untuk "menangkap mereka".
  • Perry masuk ke kantor pencakar langit Doofenshmirtz Evil Inc. (bahasa Indonesia: Perusahaan Penjahat Doofenshmirtz) (lengkap dengan jinglenya yang mudah didengar). Doofenshmirtz menjebak Perry dan menjelaskan rencana jahatnya saat ini. Perry lolos dari perangkap dan mereka bertempur.
  • Ibu sampai di rumah dan Candace berpikir bahwa, akhirnya, Ibu akan melihat apa yang telah dilakukan adiknya dan percaya padanya. Tapi saat Ibu hendak masuk ke halaman belakang, semua bukti lenyap, biasanya sebagai efek samping alat Doofenshmirtz.[15][16]
  • Doofenshmirtz, digagalkan lagi, berteriak, "Terkutuklah, Perry si Platipus!"

Lelucon lainnya:

  • Orang dewasa bertanya kepada Phineas apakah dia masih muda untuk melakukan beberapa aktivitas yang rumit; Dia menjawab, "Ya, ya, saya". Hal ini sering diparodikan.
  • Nama Doofenshmirtz untuk alatnya semuanya memiliki akhiran yang sama, "-inator", seperti Shrinkinator, Giant Dog Biscuit-inator, "Eradicate Rodney's -Inator", dll.[1] Akhirnya dia mulai menyebut mereka "inator" sebagai istilah generik.
  • Doofenshmirtz memiliki seorang anak perempuan, Vanessa, yang pada umumnya menganggap karyanya membosankan, tapi terkadang mencoba membuktikan kepada ibunya bahwa dia jahat. Seperti Candace, dia selalu gagal.
  • Ferb jarang berbicara lebih dari sekali dalam sebuah episode.
  • Jembalang taman sering terlihat atau dijadikan titik alur.
  • Isabella, yang memiliki perasaan terhadap Phineas, masuk ke halaman belakang dan bertanya, "Kalian sedang apa?" dengan nada nyanyian yang khas.
    • Dia tidak suka bila karakter lain (selain Phineas) mengatakan kalimat itu. Misalnya, dalam "Suddenly Suzy", setelah Suzy dan Candace mengatakan kalimat itu, Isabella menggerutu "Uh, halo!?" dan "Apakah aku dibutuhkan di sini?", masing-masing.

Aspek humor acara ditujukan untuk orang dewasa,[17] termasuk referensi budaya populer yang sering terjadi.[18] Pembuat serial Dan Povenmire, yang sebelumnya bekerja di Family Guy, berusaha menciptakan acara yang kurang vulgar yang akan membuat penggunaan komik, metahumor, tatapan kosong lucu, permainan kata dan memecahkan dinding keempat.[19] Povenmire menggambarkan acara tersebut sebagai kombinasi dari Family Guy dan SpongeBob SquarePants.[20] Jeff "Swampy" Marsh, pembuat serial lainnya, mengatakan bahwa acara tersebut tidak diciptakan hanya untuk anak-anak; dia sama sekali tidak mengecualikan mereka sebagai penonton.[17]

Episode[sunting | sunting sumber]

Musim Episode Penayangan perdana
Episode pertama Episode terakhir
1 47 17 Agustus 2007 20 Maret 2009
2 65 19 Februari 2009 11 Februari 2011
3 62 4 Maret 2011 30 November 2012
4 48 7 Desember 2012 12 Juni 2015
Spesial 9 November 2015
Film 5 Agustus 2011

Karakter[sunting | sunting sumber]

Platipus termasuk dalam serial ini karena penampilannya yang menarik.[21]

Karakter utama serial ini tinggal dalam keluarga campuran, sebuah premis yang dianggap kurang disukai oleh para pencipta dalam pemrograman anak-anak dan yang mencerminkan asuhan Marsh sendiri. Marsh mempertimbangkan untuk menjelaskan latar belakang keluarga "tidak penting bagi kehidupan anak-anak. Mereka adalah keluarga campuran yang hebat dan hanya itu yang perlu kita ketahui."[22] Pilihan platipus saat hewan peliharaan mereka itu juga terinspirasi oleh media yang kurang memberi andil, sekaligus untuk mengeksploitasi penampilan mencolok hewan tersebut.[21] Platipus juga memberi mereka kebebasan untuk "memperbuat barang" karena "tidak ada yang tahu banyak tentang mereka."[22] Alasan tambahan untuk memilih platipus memungkinkan mereka memiliki "real estat mental" itu, sehingga jika seseorang berpikir "platipus", mereka akan mengaitkannya dengan "Agen P", sama seperti ogre yang sekarang umumnya dikaitkan dengan Shrek.[23]

Marsh menyebut karakter sebagai "keren, tegang dan pandai tanpa [...] menjadi kejam." Direktur animasi Rob Hughes dikatakan telah mencatat bahwa "di semua yang lain menunjukkan setiap karakter baik bodoh atau menyebalkan, tapi tidak ada karakter bodoh atau tersentak dalam yang satu ini."[2]

Karakter yang terlibat di acara Phineas dan Ferb adalah:

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

  • Vincent Martella sebagai Phineas Flynn (Phineas)
  • Thomas Sangster sebagai Ferb Fletcher (Ferb)[24]
  • Ashley Tisdale sebagai Candace Gertrude Flynn (Candace)
  • Dee Bradley Baker sebagai Perry si Platipus (Agen P)
  • Dan Povenmire sebagai Dr. Heinz Doofenshmirtz (Profesor Doofenshmirtz)
  • Dee Bradley Baker sebagai Pinky si Chihuahua (Agen C)
  • Caroline Rhea sebagai Linda Flynn
  • Richard O'Brien sebagai Lawrence Fletcher
  • Mitchel Musso sebagai Jeremy Johnson
  • Bobby Gaylor sebagai Buford Van Stomm
  • Alyson Stoner sebagai Isabella Garcia-Shapiro
  • Kelly Hu sebagai Stacy Hirano
  • Olivia Olson sebagai Vanessa Doofenshmirtz
  • Tyler Alexander Mann sebagai Carl the Intern
  • Maulik Pancholy sebagai Baljeet
  • Jeff "Swampy" Marsh sebagai Mayor Monogram
  • The Fireside Girls

Karakter sekunder[sunting | sunting sumber]

Pemeran pembantu[sunting | sunting sumber]

  • Vivian Garcia-Shapiro (Ibu Isabella)
  • Django Brown
  • Coltrane
  • My Mom
  • Charlene Doofenshmirtz
  • Suzy Johnson (Adik Jeremy)
  • Grandpa Clyde Flynn
  • Grandma Betty Joe Flynn
  • Grandpa Reginald Fletcher
  • Grandma Winifred Fletcher
  • Pinky Garcia-Shapiro
  • Norm the Giant Robot Man
  • Roger Doofenshmirtz

Musik[sunting | sunting sumber]

"Setiap episode sejak [Flop Starz] memiliki sebuah lagu di dalamnya, tidak selalu karakter bernyanyi di layar – mereka tidak masuk ke dalam lagu hanya untuk memajukan plot. Musiknya tidak datang entah dari mana, terkadang itu hanya sebuah montase. Kami telah melakukan setiap genre yang dikenal manusia: ABBA, pertunjukan Broadway, madrigal abad ke-16"

Dan Povenmire pada lagu-lagunya.[2]

Phineas dan Ferb mengikuti konvensi struktural yang dikembangkan Povenmire dan Marsh saat menulis Rocko's Modern Life, dimana setiap episode menampilkan "sebuah lagu atau nomor musik, ditambah adegan aksi/pengejaran yang besar".[2] Kedua pembuat konten memiliki latar belakang musikal, saat Povenmire tampil rock and roll di tahun-tahun kuliahnya[25] dan kakeknya Marsh adalah Les Brown, pemimpin band.[17]

Lagu ciptaan asli ke Disney menekankan "tema agen rahasia" Perry dan lagu "Gitchee Gitchee Goo" dari episode "Flop Starz". Manajer Disney menikmati lagunya dan meminta Povenmire dan Marsh untuk menulis satu untuk setiap episode.[2]

Lagu-lagunya mencakup banyak genre, dari madrigal abad ke-16 sampai lagu pertunjukan Broadway.[2] Masing-masing ditulis dalam sesi intensif selama produksi episode: sebuah konsep, skor, dan lirik dikembangkan dengan cukup cepat.[3] Bersama-sama, Marsh dan Povenmire bisa "menulis lagu tentang hampir semua hal" dan hanya dalam waktu satu jam.[22] Setelah mereka selesai menulis lagu tersebut, Povenmire dan Marsh menyanyikannya di atas mesin penjawab dari komposer serial Danny Jacob pada hari Jumat malam. Pada hari Senin berikutnya, lagu tersebut diproduksi sepenuhnya.[26]

Musik urutan judul yang pada awalnya bernama 'Today Is Gonna Be a Great Day' dan dinyanyikan oleh grup bant Amerika Serikat Bowling for Soup,[15] dinominasikan untuk penghargaan Emmy pada tahun 2008.[4] Pencipta awalnya menulis dengan tempo lebih lambat, lebih seperti "lagu Disney klasik", Namun jaringan tersebut merasakan adanya perubahan yang diperlukan untuk menarik anak-anak modern dan menugaskan versi rock yang membuat potongan akhir.[12]

Sebuah acara klip di musim 2 yang ditayangkan pada bulan Oktober 2009 berfokus pada musik dari serial Phineas dan Ferb, yang menampilkan daftar 10 lagu terbaik dari serial; hasil akhirnya di "Phineas and Ferb's Musical Cliptastic Countdown."[27]

Acara klip ini memiliki sekuel, yang disebut sebagai "Phineas and Ferb Musical Cliptastic Countdown Hosted by Kelly Osbourne". Kelly Osbourne menjadi tuan rumah pertunjukan spesial dalam bentuk aksi langsung, sementara Dr. Doofenshmirtz dan Mayor Monogram tetap beranimasi. Acara tersebut ditayangkan pada tanggal 28 Juni 2013.[28]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Pembuat serial Phineas dan Ferb Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh pada tahun 2009.

Inspirasi awal[sunting | sunting sumber]

Dan Povenmire mengaitkan asal mula acara tersebut untuk tumbuh dewasa di Mobile, Alabama, tempat ibunya menyuruhnya untuk tidak menyia-nyiakan satu hari di musim panas. Untuk menempati dirinya sendiri, Povenmire melakukan proyek seperti penggalian lubang dan pembuatan film di rumah. Povenmire mengenang, "Ibu saya membiarkan saya menggantungkan bahan hitam sepanjang jalan di salah satu ujung ruang tamu kami untuk digunakan sebagai bidang antariksa. Saya akan menggantungkan model pesawat ruang angkasa kecil untuk film-film kecil yang saya buat dengan kamera Super 8 ini."[1][12][29] Dia adalah anak ajaib yang artistik dan menampilkan gambar-gambarnya yang sangat rinci di pameran seni.[25] Sementara itu, Marsh tumbuh dalam keluarga besar dan campuran.[17] Seperti halnya Povenmire, Marsh menghabiskan musim panasnya untuk menjelajahi dan mengambil bagian dalam beberapa kegiatan untuk bersenang-senang.[2]

Konsepsi[sunting | sunting sumber]

Digambar pada kertas daging, gambar pertama Phineas ini memulai pertumbuhan karakter yang cepat dan garis besar dari gaya artistik.[2]

Saat kuliah di Universitas California Selatan, Povenmire memulai sebuah komik harian yang disebut Life Is a Fish, dan menerima uang dari barang dagangan yang dirancang berdasarkan serialnya. Povenmire akhirnya keluar dan mulai menggambar orang-orang di sudut-sudut jalan untuk mencari nafkah, sampai akhirnya dia dipanggil oleh Tommy Chong untuk mengerjakan sedikit animasi dalam film Far Out Man. Povenmire mulai mengambil animasi secara profesional, mengerjakan beberapa acara seperti Teenage Mutant Ninja Turtles.[25] Marsh telah menjadi wakil presiden penjualan dan pemasaran untuk sebuah perusahaan komputer, sampai dia "panik" dan memutuskan untuk berhenti. Temannya membantunya mengumpulkan portofolio dan masuk ke bisnis animasi.[17]

Povenmire dan Marsh akhirnya mulai saling berhadapan satu sama lain sebagai seniman tata letak di The Simpsons. Kedua terikat atas selera bersama dalam humor dan musik, menjadi teman cepat. Mereka melanjutkan hubungan kerja mereka sebagai tim penulis di serial Nickelodeon Rocko's Modern Life,[1] di mana mereka menyusun gagasan untuk serial mereka sendiri.[1] Sambil makan malam di restoran Wild Thyme di Pasadena Selatan, California, Povenmire menggambar sketsa cepat "anak berkepala segitiga" di atas kertas daging.[19] Dia merobeknya dan menelepon Marsh malam itu untuk melapor, "Hei, saya pikir kita punya acara kita."[21]

Doodle segitiga tersebut memicu perkembangan karakter dan desain yang cepat.[19] Povenmire memutuskan bahwa sketsanya "tampak seperti Phineas", dan diberi nama Ferb setelah seorang teman yang "memiliki lebih banyak alat daripada siapapun di dunia ini."[30] Pencipta berdasarkan desain karakter mereka dengan bentuk sudut untuk menghormati animator/sutradara MGM/Warner Bros. Tex Avery, menambahkan bentuk geometris ke latar belakang untuk kontinuitas.[19]

Penempatan dan penjemputan[sunting | sunting sumber]

Disney Channel adalah jaringan pertama yang memberi serial ini kesempatan, meski awalnya ditolak saat Dan Povenmire awalnya mengemukakannya kepada mereka.

Upaya awal mereka untuk menunjukkan bahwa acara tersebut gagal dan, walaupun mereka tetap berkomitmen terhadap konsep tersebut, Povenmire dan Marsh mulai hanyut setelah pekerjaan mereka di Rocko's. Marsh pindah ke London dan bekerja di beberapa acara termasuk Postman Pat dan Bounty Hamster. Povenmire mulai mengerjakan serial primetime Fox Family Guy,[1] serta SpongeBob SquarePants, selalu membawa portofolio Phineas dan Ferb[21] untuk penempatan yang mudah ke beberapa jaringan seperti Cartoon Network dan Fox Kids. Jaringan-jaringan tersebut melewati acara itu, percaya bahwa premis serial tersebut terlalu rumit untuk disukseskan.[1]

Povenmire bertahan dan kemudian menempatkan serial tersebut ke Nickelodeon, yang dianggap oleh eksekutif tingkat tinggi namun ditolak lagi karena terlalu rumit.[1] Kemudian, setelah 16 tahun mencoba, Povenmire mencoba menempatkan serial tersebut di Disney. Jaringan tersebut tidak segera menerima acara tersebut, namun mengatakan kepada Povenmire bahwa mereka akan menyimpan paketnya. Povenmire menganggap ini berarti sebuah akhir negosiasi, sadar bahwa ungkapan itu biasanya "berarti mereka membuangnya ke tempat sampah nanti." Disney kemudian mengejutkannya dengan menerimanya.[25] Kata Povenmire, "Disney adalah orang pertama yang mengatakan, 'Mari kita lihat apakah Anda bisa melakukannya dalam 11 menit.' Kami melakukannya di pilot dan mereka berkata, 'Mari kita lihat apakah Anda bisa melakukannya selama 26 episode.'"[2]

Povenmire pada awalnya khawatir bahwa karyanya di Family Guy (acara orang dewasa yang terkenal dengan humor rendahnya) membuat Disney tertarik, yang pemasaran utamanya berfokus pada keluarga. Namun, Wakil Presiden Senior Disney Channel bagian Original Series, Adam Bonnett, adalah penggemar Family Guy yang menghargai koneksi Povenmire ke acara tersebut dan mendapat pujiannya dengan baik.[2]

Pada tahun 2006, setelah Disney Channel menerima acara tersebut, Povenmire dan Marsh mengalihkan perhatian mereka ke eksekutif luar negeri perusahaan tersebut. Alih-alih naskah biasa, keduanya mengeluarkan papan cerita dan memainkannya dalam gulungan. Povenmire menyuarakan gulungan dengan dialognya dan menambahkan efek suara. Pendekatan baru ini mendukung para eksekutif.[12]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Gaya penulisan[sunting | sunting sumber]

Acara ini menggunakan empat penulis utama untuk merancang ide cerita sesuai dengan "pedoman ketat", seperti bahwa skema anak laki-laki tidak pernah tampak "ajaib." Cerita ditinjau di sesi mingguan pada hari Senin, lalu secara bersamaan ditulis dan dibuat papan cerita. Desain yang sangat kasar dibangun sebelum papan cerita, yang menampilkan lebih sedikit adegan dan dialog yang disarankan, dirancang; para penulis kemudian mengumpulkan panduan "mendetail" dari papan cerita di depan seluruh kru, yang reaksi terhadap lelucon dinilai sebelum penulisan ulang dibuat.[31] Para penulis juga memasukkan lelucon di setiap episode, yang biasanya dilafalkan oleh karakter.[1][32] Hampir setiap episode diatur menjadi dua segmen yang berdurasi 11 menit.[33]

Aspek visual dan animasi[sunting | sunting sumber]

Tahapan pengembangan untuk adegan saat lagu tema, dari draf asli (atas) hingga desain akhir (bawah). Bagian atas muncul sebentar di lagu tema Musim 1.

Rough Draft Studios di Korea Selatan, Wang Film Productions di Taiwan, serta Synergy Animation dan Hong Ying Animation di Shanghai menghidupkan serial dalam animasi 2D menggunakan paket perangkat lunak Toon Boom.[34] Povenmire melakukan sebagian besar arahan produksi, bersama dengan Zac Moncrief dan Robert Hughes.[35] Serial ini mengadopsi fitur artistik dari animator Tex Avery, seperti bentuk geometris yang diintegrasikan ke dalam karakter, objek, dan latar belakang. Dan Povenmire mengatakan tentang inklusi ini, "Ada sedikit Tex Avery di sana-dia memiliki gaya grafis yang sangat bagus [dalam kartunnya yang kemudian]."[19] Segitiga ditampilkan sebagai easter egg di latar belakang setiap episode, terkadang di pohon atau bangunan.[17]

Warna terang juga merupakan elemen animasi yang menonjol. Marsh menguraikan, "Gagasan di akhir hari adalah permen. Salah satu hal yang menurut saya bekerja dengan sangat baik adalah karakternya yang begitu terang dan berwarna permen dan latar belakang kami adalah penggambaran dunia yang jauh lebih realistis: rumput yang berwarna hijau lembut, kayu alami untuk pagar. Agar semua barang yang mereka kerjakan, dunia mereka perlu dibumi dalam kenyataan." Perancang berusaha untuk menjaga karakter mereka secara visual sederhana, sehingga anak-anak "dengan mudah bisa menggambar [mereka] sendiri." Karakter juga dibuat untuk dikenali dari kejauhan, sebuah teknik yang menurut pembuat didasarkan pada tujuan Matt Groening untuk membuat karakter dikenali oleh siluet.[17]

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Phineas dan Ferb masing-masing diperankan oleh Vincent Martella dan Thomas Sangster.[24] Sangster adalah salah satu dari banyak aktor pengisi suara Britania; Marsh tinggal di Britania Raya selama tujuh tahun, dan mengembangkan kegemaran untuk Britania.[36] Sisanya dari pengisi suara tersebut termasuk Ashley Tisdale sebagai kakak perempuan mereka, Candace; Bobby Gaylor sebagai Buford van Stomm, yang memiliki kecenderungan untuk melakukan penggertakan namun terus terganggu karena disertakan dalam petualangan; Maulik Pancholy sebagai Baljeet Tjinder, anak yang sangat cerdas yang menjadi korban utama Buford tapi yang hampir berteman dengannya karena petualangan; Dee Bradley Baker sebagai Perry si Platipus dan hanya disebut Perry, seperti yang disebut Phineas; Caroline Rhea sebagai Linda Flynn-Fletcher, ibu Phineas dan Candace, dan ibu tirinya untuk Ferb;[24] Jack McBrayer sebagai Irving yang mengagumi Phineas dan Ferb, dan pembuat situs penggemar Phineas dan Ferb; Kelly Hu sebagai sahabat Candace, Stacy;[36] pembuat serial Dan Povenmire sebagai Dr. Doofenshmirtz dan Jeff "Swampy" Marsh sebagai Mayor Monogram; Olivia Olson adalah Vanessa putri Doofenshmirtz yang tidak benar-benar jahat; Tyler Mann sebagai Carl, magang super jenius Mayor Monogram yang konyol; Alyson Stoner sebagai Isabella Garcia-Shapiro, seorang gadis manis yang memimpin Fireside Girls (semacam kelompok gadis Pramuka) dan memiliki perasaan terhadap Phineas (terungkap bahwa keluarga Isabella adalah "orang Meksiko Yahudi" dan tinggal di seberang keluarga Flynn-Fletcher); Mitchel Musso sebagai Jeremy, yang Candace memiliki perasaan terhadapnya yang kemudian menjadi pacarnya. Madison Pettis juga berperan sebagai Adyson Sweetwater;

Organisasi pengisi suara dari acara bertanggung jawab untuk memilih sebagian besar aktor dan aktris pengisi suara, memilih aktor seperti Vincent Martella dan Mitchel Musso untuk peran utama berdasarkan popularitas yang dirasakan dengan target demografi. Povenmire dan Marsh memilih bintang tamu, memberi tahu orang bahwa mereka "sangat ingin bekerja sama". Mereka juga meminta peran tamu dari aktor yang mereka rasa akan memberikan kehadiran yang menarik untuk acara.[30]

Bintang tamu termasuk tokoh budaya populer seperti Damian Lewis, petinju Evander Holyfield, bintang film Cloris Leachman dan Ben Stiller, dan penyanyi pop Kelly Clarkson. Povenmire dan Marsh juga meminta beberapa bintang dari acara The Rocky Horror Picture Show untuk membuat penampilan tamu seperti Tim Curry dan Barry Bostwick, sementara pembuat acara Richard O'Brien berperan sebagai Lawrence, ayah Ferb dan ayah tiri Candace dan Phineas. Selain itu, bintang tamu juga termasuk orang-orang seperti Tina Fey, Seth MacFarlane, David Mitchell, Jaret Reddick, Clay Aiken, Chaka Khan, dan Kevin Smith.[37][38] Keikutsertaan O'Brien akhirnya menjadi biasa, karena ia mengisi suara untuk memainkan perannya sebagai Lawrence Fletcher, ayah anak-anak, yang muncul dalam sekitar setengah dari episode di acara tersebut.[37]

Penerimaan dan pencapaian[sunting | sunting sumber]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Acara tersebut telah menerima ulasan yang sebagian besar bernada positif. The New York Times mengomentari dengan baik, menggambarkan pertunjukan tersebut sebagai "Family Guy dengan spekulan spionase dan realisme magis yang besar". Ini dianggap sebagai referensi budaya populer di mana-mana "tapi [ditempatkan] dengan keterampilan seperti itu tampaknya pintar, tidak murah."[18] Whitney Matheson menulis di blog USA Today-nya "Pop Candy" bahwa serial ini merupakan prestasi dalam pemrograman anak-anak. Matheson memuji tulisan tersebut dan menyebutnya sebagai "versi animasi dari Parker Lewis Can't Lose."[39] Emily Ashby dari Common Sense Media memuji humor dan alur acara tersebut, memberikannya empat dari lima bintang.[40] The Seattle Times menulis bahwa kisah acara tersebut "gagah berani" dan bahwa karakter utama dari serial Phineas and Ferb adalah "pahlawan muda".[41]

Variety mencatat daya tarik pertunjukan tersebut ke semua umur dengan "rasa kecerdasan dan ketidaksopanan."[42] Ulasan serupa telah menekankan popularitas serial tersebut dengan orang dewasa; Rebecca Wright dari Elastic Pop menulis, dalam sebuah ulasan untuk DVD volume satu, "Sebagai orang dewasa, saya sangat menikmati menonton DVD Phineas dan Ferb ini, dan saya pikir ini adalah salah satu yang bisa dinikmati seluruh keluarga." Wright juga menyebut serial dengan '"gaya tidak sopan" yang mengingatkan pada The Adventures of Rocky and Bullwinkle.[43] Matt Blum dari Wired telah menyatakan dalam ulasan pada serial bahwa dia "dapat berdiri untuk menonton apa saja dengan anak-anak (nya), tapi dia benar-benar berharap dapat menonton Phineas dan Ferb dengan mereka."[16] Selebriti dewasa terkemuka yang secara terbuka menganggap diri mereka penggemar serial ini termasuk Bob Eubanks, Anthony LaPaglia, Ben Stiller, Chaka Khan, Jeff Sullivan dan Jake Gyllenhaal.[7][44][45]

Salah satu ulasan negatif adalah salah satu yang mengisi serial dengan tidak adanya orisinalitas. Maxie Zeus dari Toon Zone berpendapat bahwa pertunjukan itu "turunan, tapi jelas begitu, dan terlepas dari bahkan fitur terbaik dari apa yang telah dicuri." Zeus mengambil masalah dengan tulisan tersebut, merasa bahwa lelucon dan konvensi tertentu "dicabik" dari pertunjukan lainnya.[46] Kevin McDonough dari Sun Coast Today mengkritik acara tersebut karena kompleksitas alurnya, tindakan terus-menerus, dan "karakter [yang] dapat melakukan apa saja." McDonough menyatakan bahwa "tidak pernah jelas apakah P&F dimaksudkan untuk menghibur anak-anak atau hanya merupakan cerminan animator dewasa yang terlibat dalam permainan remaja."[47] Marylin Moss dari The Hollywood Reporter menggambarkan Phineas dan Ferb sebagai "Cukup ceroboh tapi anak-anak dari segala umur mungkin akan merasakan momen lucu di dalamnya." Moss menyebut garis alurnya berlebihan namun memuji gaya musik dan bintang tamu.[48]

Alan Sepinwall dan Matt Zoller Seitz memberikan penilaian positif untuk Phineas dan Ferb dalam buku tahun 2016 yang berjudul TV (The Book), yang menyatakan bahwa "Di televisi, formula seringkali nampaknya berasal dari kurangnya imajinasi.... Phineas dan Ferb meskipun, dikelola pada saat yang sama untuk menjadi imajinatif dan formula yang sangat imajinatif, menggunakan strukturnya yang berulang bukan sebagai penopang, tapi sebagai kerangka kokoh dimana ia dapat menggantung semua jenis gagasan baru yang fantastis." Mereka menambahkan bahwa "kesadaran karakter dari formula itu, dan penyimpangan darinya, dengan cepat menjadi salah satu sumber humor paling populer."[49]

Rating[sunting | sunting sumber]

Episode pertama, "Rollercoaster", mengumpulkan total 10,8 juta pemirsa saat ditayangkan sebagai pratayang pada tanggal 17 Agustus 2007, memegang lebih dari setengah penonton rekaman dalam memimpinnya, High School Musical 2.[50] Ketika Phineas dan Ferb secara resmi memulai debutnya pada bulan Februari tahun depan, ternyata mendapatkan penayangan perdana serial animasi paling banyak ditonton nomor satu di TV kabel oleh "pra-remaja". Sepanjang kuartal pertama berikutnya, ia memuncak sebagai serial animasi dengan rating teratas untuk usia 6–10 dan 9–14, juga menjadi serial animasi nomor tiga untuk semua televisi kabel untuk pemirsa berusia 6–10 tahun.[24] Pada saat komisioning musim kedua diumumkan pada bulan Mei 2008, serial ini telah menjadi program dengan rating teratas dalam kelompok usia 6–11 dan 9–14.[51]

Penayangan episode "Phineas and Ferb Get Busted" di Disney Channel disaksikan oleh 3,7 juta pemirsa.[52] Episode "Perry Lays an Egg" dan "Gaming the System" di Disney Channel mencapai penonton terbanyak pada usia 6–11 dan 9–14 dari setiap saluran di slot waktu malam itu. Prestasi ini mendorong serial tersebut menjadi serial animasi nomor satu minggu itu berdasarkan target demografi.[53] Pada tanggal 7 Juni 2009, Disney mengumumkan bahwa pertunjukan tersebut telah menjadi acara televisi animasi primetime nomor satu untuk demografi pada kelompok usia 6–10 dan 9–14.[21]

Penayangan perdana "Phineas and Ferb's Christmas Vacation" mengumpulkan 2,62 juta pemirsa selama debutnya di Disney XD, siaran televisi paling banyak ditonton dalam sejarah saluran (termasuk Toon Disney) dan program dengan nomor tiga di malam ini di semua demografi. Episode tersebut menerima 5,2 juta pemirsa untuk debutnya di Disney Channel. Itu adalah episode dengan rating tertinggi dari serial untuk tanggal ini dan tertinggi kelima dalam seminggu.[54][55][56]

Penayangan perdana "Phineas and Ferb: Summer Belongs To You!" mengumpulkan 3,862 juta pemirsa, ditonton oleh 22% anak-anak berusia 2–11, 13% remaja, 5% rumah tangga, dan 3% orang dewasa 18–49, juga menjadi program #1 pada malam itu dan mendapat peringkat ke-25 dalam seminggu dalam penayangan.[57][58] Di Disney XD, episode ini masuk dalam 3 besar tayangan saluran utama tahun ini dengan 1,32 juta pemirsa, dan anak laki-laki berusia 6–11 dengan 365.000 pemirsa, dengan rating 2.9. Siaran jam pada tanggal 2 Agustus 2010 saat ini adalah serial animasi no.2 pemenang penghargaan Emmy sepanjang masa di Disney XD di Total Viewers, pada anak-anak 6–14 tahun dengan 677.000 pemirsa dan rating 1,9, anak laki-laki usia 6–14 dengan 435.000 pemirsa dan rating 2,3, dan anak-anak usia 6–11 dengan 542.000 pemirsa dan rating 2,2, anak laki-laki usia 6–11 dan anak laki-laki usia 9–14 dengan 235.000 pemirsa dengan rating 1,9, di belakangnya hanya "Phineas and Ferb's Christmas Vacation" yang ditayangkan pada bulan Desember 2009.[59]

Pemasaran dan barang dagangan[sunting | sunting sumber]

Disney telah melisensikan sejumlah produk dari acara tersebut, termasuk mainan mewah karakter Perry, Ferb, Phineas, dan Candace.[60] Disney merilis beberapa kaos untuk acara tersebut dan meluncurkan program "Make your own T-shirt" di situs Disney-nya.[61] Penulis telah menerbitkan beberapa episode.[62] Dua DVD musim satu, yang berjudul The Fast and the Phineas and The Daze of Summer, telah dirilis; cakram termasuk episode yang tidak pernah disiarkan di Amerika Serikat.[63][64] DVD ketiga dirilis pada tanggal 5 Oktober 2010, yang disebut A Very Perry Christmas. Beberapa pengulas merasa tidak senang karena cakram tersebut mencakup episode yang dipilih daripada menyediakan rangkaian kotak dari keseluruhan serial, namun mencatat bahwa Disney umumnya tidak merilis kumpulan DVD satu musim penuh.[63]

Pada tahun 2009, Disney melisensi permainan Nintendo DS, yang berjudul sama seperti acara, Phineas and Ferb. Kisah permainan mengikuti karakter judul saat mereka mencoba membangun roller coaster untuk menghentikan kebosanan selama musim panas (mengacu pada episode pertama acara). Pemain mengontrol Phineas, Ferb dan kadang-kadang Agen P (Perry si Platipus). Phineas mengais-ngais suku cadang untuk rollercoaster sementara Ferb memperbaiki berbagai objek di sekitar kota, mendapatkan akses ke area baru sebagai hasilnya. Ferb juga bisa membangun bagian baru rollercoaster dan gerobak bertema kendaraannya. Setiap aktivitas menampilkan permainan mini pendek.[65][66][67] Permainan diterima dengan baik dan menghasilkan 76,67% pada GameRankings.[68] Sekuel yang berjudul Phineas and Ferb: Ride Again dirilis pada tanggal 14 September 2010. Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh juga mengumumkan bahwa ada permainan Wii Phineas dan Ferb yang sedang dalam pengembangan.[69] Ia kemudian menegaskan bahwa permainan ini akan menjadi permainan video yang diadaptasi dari film TV, juga tersedia untuk Nintendo DS dan PlayStation 3.[70]

Pada tahun 2012, Disney membuka permainan interaktif berdasarkan serial di Epcot, yang berjudul Agent P's World Showcase Adventure, yang berpusat di sekitar Perry dan Dr. Doofenshmirtz, berdasarkan atraksi sebelumnya Kim Possible World Showcase Adventure. Disney telah berfokus pada pengembangan sistem "Infinity" mereka.[71]

Juga di tahun 2012, Disney Mobile meluncurkan permainan seluler yang berjudul Where's My Perry? untuk iOS dan Android. Permainan tersebut berdasarkan pada permainan Disney yang berjudul Where's My Water? yang populer, menggunakan fisik yang serupa. Dalam permainan ini, Agen P mencoba masuk ke markas O.W.C.A. tapi tabung pengangkutnya keluar, jadi dia butuh air untuk cadangan generator hidro bawah tanah. Jika Anda berjuang atau terjebak, Mayor Monogram dan Carl akan menawarkan dorongan sementara Doofenshmirtz akan mengejeknya. Phineas dan Ferb tidak pernah muncul dalam permainan kecuali di layar pembuka permainan. Permainan diperluas untuk mencakup tingkat yang menampilkan Doofenshmirtz dan agen hewan lainnya. Permainan ini memiliki peringkat 4.0 di iTunes, namun belum diperbarui lebih dari satu tahun.[72]

Disney telah menugaskan Majesco Entertainment untuk membuat permainan video Phineas dan Ferb terbaru untuk dirilis pada bulan Agustus 2013, yang berjudul Phineas and Ferb: Quest for Cool Stuff, yang tersedia di Xbox 360, Wii U, Wii, Nintendo 3DS dan Nintendo DS.[73][74]

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Disney Channel di Britania Raya telah menayangkan serial yang berjudul Oscar and Michael's Phineas and Ferb Fan Club Show untuk menghormati serial animasi tersebut. Acara ini menampilkan dua anak laki-laki yang berusaha menjadi seperti Phineas dan Ferb dengan mengambil bagian dalam petualangan untuk meringankan kebosanan.[75] Serial ini bertujuan untuk mendidik anak-anak dan mempromosikan aktivitas dan kreativitas.[76] Serial tersebut memasuki musim keduanya pada tanggal 10 April 2009.[75] Serial televisi Psych telah membuat rujukan ke Phineas dan Ferb di musim keenamnya. Dalam episode "Shawn Rescues Darth Vader," karakter utama Shawn Spencer (yang diperankan oleh James Roday) menyatakan bahwa dia mengetahui aksen Inggrisnya dari kakek di Phineas dan Ferb (dia mengatakan hal ini kepada bintang tamu Malcolm McDowell, yang juga kebetulan memerankan sebagai kakek). Dan di "The Amazing Psych Man & Tap-Man, Issue #2," Shawn sekali lagi menyebutkan nama serial, yang menyatakan: "Saya melewatkan maraton Phineas dan Ferb. Perry si Platipus. Dia adalah platipus yang sebenarnya."

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2008 British Academy Children's Awards Best International[77] Phineas and Ferb Nominasi
Primetime Emmy Awards Outstanding Main Title Theme Music[37] "Today Is Gonna Be a Great Day" Nominasi
Outstanding Original Music and Lyrics[78] "I Ain't Got Rhythm"
(Episode: "Dude, We're Getting the Band Back Together!")
Nominasi
2009 Annie Awards Best Animated Television Program[79] Phineas and Ferb Nominasi
British Academy Children's Awards Best International[80] Phineas and Ferb Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[81] Phineas and Ferb Nominasi
Primetime Emmy Awards Outstanding Special Class Short-Format Animated Program[82] "The Monster of Phineas-n-Ferbenstein" NominasiA
Pulcinella Awards Best TV Series for Kids[83] Phineas and Ferb Menang
Special Mention: Best Flash Animation[83] Phineas and Ferb Menang
2010 Annie Awards Best Writing in a Television Production[84] "Nerds of a Feather" Nominasi
Daytime Emmy Awards Outstanding Writing in Animation[85] Phineas and Ferb MenangB
Outstanding Original Song – Children's and Animation[86] "Come Home Perry"
(Episode: "Oh, There You Are, Perry")
Nominasi
Outstanding Achievement in Music Direction and Composition[86] Danny Jacob Nominasi
Outstanding Achievement in Sound Editing – Live Action and Animation[86] Robert Poole II, Robbi Smith, and Roy Braverman Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[87] Phineas and Ferb Nominasi
2011 Children's Representatives Ceremony (Israel) Favorite Cartoon Phineas and Ferb Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[88] Phineas and Ferb Nominasi
Kids' Choice Awards Argentina Favorite Cartoon[89] Phineas and Ferb Menang
Kids' Choice Awards Mexico Favorite Cartoon[89] Phineas and Ferb Menang
Primetime Emmy Awards Outstanding Individual Achievement in Animation[90] Jill Daniels
(Episode: "Wizard Of Odd")
Menang
Outstanding Individual Achievement in Animation[90] Brian Woods
(Episode: "Wizard Of Odd")
Menang
2012 Cynopsis Kids !magination Awards Best Tween Series[91] Phineas and Ferb Menang
Best Tween Special/TV Movie[91] "Phineas and Ferb the Movie: Across the 2nd Dimension" Menang
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon Phineas and Ferb Nominasi
Primetime Emmy Awards Outstanding Individual Achievement in Animation[92] Jill Daniels
(Episode: "Doof Dynasty")
Menang
Outstanding Voice-Over Performance[93] Dan Povenmire
(Episode: "Phineas and Ferb the Movie: Across the 2nd Dimension")
Nominasi
Outstanding Short-Format Animated Program "The Doonkleberry Imperative" Nominasi
2013 Critics' Choice Television Awards Best Animated Series[94] Phineas and Ferb Nominasi
Kids' Choice Awards Favorite Cartoon[95] Phineas and Ferb Nominasi
2014 British Academy Children's Awards BAFTA Kid's Vote - Television[96] Phineas and Ferb Nominasi
Primetime Emmy Awards Outstanding Short-Format Animated Program[97] "Thanks But No Thanks" Nominasi
2015 Daytime Emmy Awards Outstanding Special Class Animated Program "Phineas and Ferb Save Summer" Nominasi
2016 Primetime Emmy Awards Outstanding Animated Program[98] "Last Day of Summer" Nominasi
1.^A Academy of Television Arts & Sciences mengumumkan bahwa mereka tidak akan memberikan penghargaan tersebut kepada salah satu calon dalam kategori tersebut.[99]
2.^B Berbagi dengan Back at the Barnyard.[85]

Film[sunting | sunting sumber]

Film televisi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 3 Maret 2010, sebuah siaran pers Disney mengumumkan sebuah film yang dibuat untuk televisi, berdasarkan Phineas dan Ferb yang berjudul Phineas and Ferb the Movie: Across the 2nd Dimension. Film ini ditayangkan di Disney Channel pada tanggal 5 Agustus 2011. Film yang bersangkutan menceritakan Phineas dan Ferb yang secara tidak sengaja membantu Dr. Doofenshmirtz dengan penemuannya, yang membawa mereka ke dimensi paralel. Di sana, Perry mengungkapkan kehidupan ganda sebagai agen rahasia kepada mereka, dan, untuk menyelamatkan teman mereka dari versi alternatif dari Dr. Doofenshmirtz, yang jauh lebih licik dan mengancam daripada rekan di dimensi utamanya, mereka bekerja sama dengan diri versi dimensi alternatif mereka untuk menghentikannya.[100]

Film teater[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 11 Januari 2011, kepala Disney Channels Worldwide Gary Marsh mengumumkan bahwa sebuah film layar lebar berdasarkan Phineas dan Ferb sedang dikembangkan oleh produser Tron: Legacy Sean Bailey.[101][102] Pada tanggal 6 September 2011, Dan dan Swampy telah selesai menulis naskahnya. Pada bulan Oktober 2011, film tersebut, yang sementara berjudul Phineas and Ferb saja, diberikan tanggal rilis pada tanggal 26 Juli 2013 oleh Walt Disney Pictures, sebuah slot yang sebelumnya diduduki oleh Thor: The Dark World.[103] Pada tanggal 27 Oktober 2011, diumumkan bahwa Michael Arndt, yang telah menulis Little Miss Sunshine dan Toy Story 3, telah dipekerjakan untuk menulis draf untuk film tersebut. Proyek ini sekarang akan diproduksi oleh Mandeville Films.[104] Pada bulan Oktober 2012, Disney memindahkan tanggal rilisnya menjadi tahun 2014,[105] dan pada bulan Agustus 2013, film tersebut telah dihapus dari jadwalnya.[106] Hal ini menyebabkan spekulasi bahwa film tersebut dibatalkan, namun Swampy Marsh mengkonfirmasi melalui Twitter bahwa film tersebut baru saja ditangguhkan.[107] Pada tanggal 12 Juli 2015, telah dikonfirmasi bahwa bentuk naskah film tersebut telah selesai.[108]

Crossover[sunting | sunting sumber]

Phineas and Ferb: Mission Marvel[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012, diumumkan bahwa crossover antara Phineas dan Ferb dan Marvel Entertainment, akan mengudara pada musim panas tahun 2013, yang berjudul Phineas and Ferb: Mission Marvel.[109] Episode ini memperkenalkan pahlawan super dari Marvel Comics, yaitu Spider-Man, Hulk, Iron Man dan Thor dan penjahat Red Skull, M.O.D.O.K., Venom dan Whiplash. Ini adalah crossover animasi besar pertama antara Marvel dan Disney sejak Marvel Entertainment diakuisisi oleh Disney pada tahun 2009.[110]

Phineas and Ferb: Star Wars[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2013, produser mengumumkan crossover antara Phineas dan Ferb dan Star Wars[111] yang digunakan sebagai sidebar pada peristiwa Episode IV: A New Hope. Episode spesial ini ditayangkan pada tanggal 26 Juli 2014.[112]

Crossover dengan Milo Murphy's Law[sunting | sunting sumber]

Pembuat serial Dan Povenmire telah mengatakan bahwa dia ingin melakukan crossover dengan acara Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh berikutnya, Milo Murphy's Law, yang berlangsung di tempat yang sama dengan Phineas dan Ferb.[113] Pada 21 Juli 2017, diumumkan bahwa crossover tersebut rencananya akan ditayangkan pada tahun 2018.[114]

Phineas and Ferb: The Best LIVE Tour Ever[sunting | sunting sumber]

Phineas and Ferb: The Best LIVE Tour Ever adalah pentas tur dua tahap aksi dari acara TV. Sebuah sistem proyeksi memainkan video dengan gaya yang sama seperti acara TV di bagian belakang panggung; karakter pertama kali diperkenalkan di sana dalam bentuk kartun mereka, namun kemudian menggunakan slide halaman belakang yang berlanjut ke slide fisik dimana para pemeran langsung masuk ke dunia nyata. Para pemain mengenakan prostetik untuk membuat karakter mereka menyerupai rekan kartun mereka-- kebanyakan potongan kepala, tapi setelan tubuh penuh dalam kasus Buford dan Perry.[115] Musim tur 2011-2012 dimulai pada tanggal 21 Agustus 2011 di Lakeland, Florida dan berakhir pada tanggal 22 April 2012 di East Rutherford, New Jersey.[116] Musim 2012-2013 dimulai pada tanggal 23 Agustus 2012 di Wheeling, Virginia Barat dan berlangsung sampai tanggal 18 Februari 2013 di Chattanooga, Tennessee.

Spin-off[sunting | sunting sumber]

Disney memproduksi acara gelar wicara aksi langsung di mana dua karakter (sebagai kartun) mewawancarai selebriti, mirip dengan Space Ghost Coast to Coast, yang mulai ditayangkan pada bulan Desember 2010 sebagai format acara gelar wicara yang berdurasi dua menit, yang menampilkan selebriti kehidupan nyata seperti Tony Hawk, Randy Jackson, Neil Patrick Harris, Seth Rogen, Taylor Swift, Andy Samberg, Tom Bergeron, Emma Roberts, Jack Black, Regis Philbin, Howie Mandel, David Beckham dan Guy Fieri.[117] Acara tersebut resmi berakhir pada tanggal 25 November 2011.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j Strike, Joe. "From Swampy & Dan Emerges Phineas and Ferb", PFage 1.". Animation World Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-22. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k Strike, Joe. (2008-02-01). "From Swampy & Dan Emerges Phineas and Ferb", Page 2.". Animation World Magazine. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  3. ^ a b A Day With 'Phineas and Ferb'. MSN TV. Diakses tanggal 2009-07-02. 
  4. ^ a b "Emmy Awards website". Results for Disney nominations in 2008. Diakses tanggal 2010-03-04. 
  5. ^ Ulasan serupa telah menekankan popularitas serial tersebut dengan orang dewasa; Rebecca Wright dari Elastic Pop menulis, dalam sebuah ulasan untuk DVD volume satu, "Sebagai orang dewasa, saya sangat menikmati menonton DVD Phineas dan Ferb ini, dan saya pikir ini adalah salah satu yang bisa dinikmati seluruh keluarga." Wright juga menyebut serial dengan '"gaya tidak sopan" yang mengingatkan pada The Adventures of Rocky and Bullwinkle."DVD Review: Phineas and Ferb—The Fast and the Phineas". DVDizzy. 2008-07-29. Diakses tanggal 2017-03-05. 
  6. ^ Selebriti dewasa terkemuka yang secara terbuka menganggap diri mereka penggemar serial ini termasuk Bob Eubanks, Anthony LaPaglia, Ben Stiller, Chaka Khan, dan Jake Gyllenhaal.Wiser, Paige (2009-12-21). "An interview with the creators of 'Phineas and Ferb'". Chicago Sun Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-24. Diakses tanggal 2009-12-25. 
  7. ^ a b Wiser, Paige (2009-12-24). "With a song in their 'Ferb'". Chicago Sun Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 November 2010. Diakses tanggal 2009-12-25. 
  8. ^ Andreeva, Nellie. "'Phineas And Ferb' Creators Sign Deals With Disney For Series, Feature, Potential Spinoff –". Deadline.com. Diakses tanggal 2011-09-03. 
  9. ^ Yoo, Jean (2011-11-09). "Disney Channel Orders Fourth Season of Emmy Award-Winning Animated Series "Phineas and Ferb" –". Disney Channel Media Net. Diakses tanggal 2011-11-10. 
  10. ^ "Production is over on "Phineas and Ferb," Future of Show Up in the Air [UPDATED]". Cartoon Brew. Diakses tanggal 12 Oktober 2014. 
  11. ^ Matt Webb Mitovich. "Disney’s Phineas and Ferb to End in June, With 73-Hour Marathon - TVLine". TVLine. 
  12. ^ a b c d Dan Povenmire, Jeff "Swampy" Marsh (2008). Original Pitch By Dan Povenmire (DVD). Disney DVD. 
  13. ^ "Traffic Cam Caper". Writers: Kim Roberson, Marc Ceccarelli. Phineas and Ferb. Disney Channel.
  14. ^ "Out to Launch". Writers: Kim Roberson, Piero Piluso, Ken Osborne. Phineas and Ferb. Disney Channel.
  15. ^ a b c Ciborowski, Marc (2009-06-18). "Disney's Phineas and Ferb do it all". The Examiner. 
  16. ^ a b c Blum, Matt (2008-07-09). "Phineas and Ferb: Kid Inventors and a Secret Agent Platypus". Wired. 
  17. ^ a b c d e f g Galas, Marjorie. "Phineas and Ferb: Music, Mischief, And The Endless Summer Vacation". 411 News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Juni 2009. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  18. ^ a b Stewart, Susan (2008-02-01). "Bored Stepbrothers, Intrepid Platypus". New York Times. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  19. ^ a b c d e Strike, Joe (2008-02-01). "From Swampy & Dan Emerges Phineas and Ferb", Page 3.". Animation World Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-09-01. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  20. ^ Santiago, Rosario (2008-02-08). "'Family Guy' Helped Inspire 'Phineas and Ferb'". BuddyTV. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  21. ^ a b c d e "Disney gives 'Ferb' pickup, major push - Q&A: Dan Povenmire". Hollywood Reporter. 2009-06-07. Diakses tanggal 2017-03-05. 
  22. ^ a b c Robinson, Sherry (2009-04-18). "Quick wit, funny characters drive Phineas and Ferb". St. Petersburg Times. St. Petersburg, Florida. Diakses tanggal 2009-08-16. 
  23. ^ David Kahn (2014-06-05). "Phineas & Ferb on Mental Real Estate". Leaders Say What. Diakses tanggal 2016-12-20. 
  24. ^ a b c d e Ball, Ryan (2009-04-10). "Disney Renews Phineas and Ferb". Animation Magazine. Diakses tanggal 2009-08-20. 
  25. ^ a b c d Perez, Lauren (2008-05-01). "USC dropout makes it big in animation". Daily Trojan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-22. Diakses tanggal 2017-03-05. 
  26. ^ Haugsted, Linda (2007-11-18). "'Ferb' Goes Global at Premiere". Multichannel News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Juni 2011. Diakses tanggal 2009-09-26. 
  27. ^ "Disney Preps 'Phineas And Ferb' Fall Event". Multichannel News. 2009-07-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Januari 2010. Diakses tanggal 2009-09-22. 
  28. ^ "KerryClemens.com". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Oktober 2014. Diakses tanggal 12 Oktober 2014. 
  29. ^ Brantley, Mark. "Disney animator sees summers in Mobile as inspiration". Alabama press. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  30. ^ a b Vincent @ Comic Con 2008 (1:56). MSN TV News. 2008-08-09. Diakses tanggal 2009-08-23. 
  31. ^ "'Rocko' writers return to TV with 'Phineas and Ferb'". Reading Eagle. 2009-04-18. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  32. ^ Holman, Curt (2009-05-14). ""Phineas and Ferb" trails after the boys of summer". Creating Loafing. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2009. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  33. ^ Zahed, Ramin (2009-07-16). "Phineas and Ferb Creators Talk About Emmy Nom!". Animation Magazine. Diakses tanggal 2009-08-18. 
  34. ^ Walker, Lex (2009-02-14). "Phineas and Ferb: The Daze of Summer". Just Press Play. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-07. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  35. ^ "Phineas and Ferb: Cast & Details". TV Guide. Diakses tanggal 2009-07-12. 
  36. ^ a b Kuttner, Julia (2008-02-04). "New Cartoon Role For Love Actually Star Thomas Sangster". Daily Record. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 November 2009. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  37. ^ a b c Yoo, Jean. "Phineas and Ferb—Show description". Disney Channel Medianet. Diakses tanggal 2009-07-09. 
  38. ^ Vincent @ Comic Con 2008 (2:00). MSN TV News. 2008-08-09. Diakses tanggal 2009-08-23. 
  39. ^ Matheson, Whitney (2009-06-06). "TV Taste Test: I sample 'Phineas,' 'That Metal Show' and more". USA Today. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  40. ^ Ashby, Emily. "Phineas and Ferb television review". Common Sense Media. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  41. ^ "Disney summer, oil, Globetrotters, TV Lookout". Seattle, Washington: The Seattle Times. 2008-01-27. 
  42. ^ Lowry, Brian (2008-01-31). "Phineas and Ferb Review". Variety. Diakses tanggal 2009-08-20. 
  43. ^ Wright, Rebecca (2008-08-05). "DVD Review: Phineas and Ferb—The Fast and the Phineas". Elastic Pop. Diakses tanggal 2009-08-26. [pranala nonaktif][pranala nonaktif]
  44. ^ Wiser, Paige (2009-12-21). "An interview with the creators of 'Phineas and Ferb'". Chicago Sun Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-24. Diakses tanggal 2009-12-25. 
  45. ^ Sullivan, Jeff (2011-04-02). "Lookout Landing Game Thread". Lookout Landing. Diakses tanggal 2011-04-02. 
  46. ^ Zeus, Maxie (2008-02-01). ""Phineas and Ferb": Spawn of Frankenstein". Toon Zone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-22. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  47. ^ McDonough, Kevin (2008-02-01). "'Phineas and Ferb' is frantic from start to finish". Sun Coast Today. Diakses tanggal 2009-08-20. 
  48. ^ Moss, Marylin (2009-02-01). "Phineas and Ferb—Bottom Line: Mindless but fast-moving animated characters and events should make kids stay tuned". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2009-08-20. [pranala nonaktif]
  49. ^ Sepinwall, Alan; Seitz, Matt Zoller (6 September 2016). TV (The Book): Two Experts Pick the Greatest American Shows of All Time. Grand Central Publishing. ISBN 978-1455588190. 
  50. ^ Littleton, Cynthia. ""High School Musical 2" : OMG! It's a cable ratings record". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Agustus 2009. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  51. ^ Bynum, Aaron H. (2009-05-09). "Phineas, Ferb and Springtime Fun". Animation Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Agustus 2009. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  52. ^ Seidman, Robert (2009-03-16). "Disney Channel's "Phineas & Ferb" is Friday's #1 TV telecast in Key Kids". TV By the Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-21. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  53. ^ Seidman, Robert (2009-05-27). "Disney Channel is TV's No. 1 Network in Total Day Among Tweens 9-14 for the Sixth Time in 7 Weeks". TV By the Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-08-21. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  54. ^ Seidman, Robert (2009-12-08). "The Debut of "Phineas and Ferb Christmas Vacation" is Disney XD's #1 Telecast Ever Across All Demos". TV By the Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-11. Diakses tanggal 2009-12-19. 
  55. ^ Jones, Anthony (2009-12-08). "Disney XD Earns Most-Watched Day And Telecast With "Phineas And Ferb Christmas Vacation"". All Headline News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-09-28. Diakses tanggal 2009-12-19. 
  56. ^ Umstead, R. Thomas (2009-12-15). "Disney Rings In Holiday Ratings For `Phineas And Ferb' Special". Multichannel News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 September 2012. Diakses tanggal 2009-12-19. 
  57. ^ Retrieved 2010-08-11 Friday Cable: Phineas and Ferb + Eureka, Haven, The Pillars of the Earth & More Archived 2010-08-27 di Wayback Machine. Diterbitkan pada tanggal 9 Agustus 2010 oleh Robert Seidman.
  58. ^ Cable Top 25: The Closer, Rizzoli & Isles, Burn Notice, Royal Pains, Covert Affairs Top Week's Cable Viewing Archived 2010-08-15 di Wayback Machine. Diterbitkan pada tanggal 10 Agustus 2010 oleh Robert Seidman
  59. ^ Disney XD's Premiere of Phineas and Ferb Summer Belongs to You among the top 3 telecasts of the year in total viewers and boys[pranala nonaktif permanen] Diterbitkan pada tanggal 4 Agustus 2010
  60. ^ "Amazon.com: Phineas and Ferb toys". Diakses tanggal 2009-07-09. 
  61. ^ "Phineas and Ferb shirts". Stylinonline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 April 2009. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  62. ^ "Amazon.com: Phineas and Ferb". Amazon.com. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  63. ^ a b Cornelius, David (2008-08-21). "Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas: DVD Talk Review of the DVD Video". DVD Talk. Diakses tanggal 2009-07-03. 
  64. ^ "Phineas and Ferb: The Daze of Summer DVD Review". Ultimate Disney. Diakses tanggal 2009-06-24. 
  65. ^ "Phineas and Ferb :: DS Game Review". Kidzworld. Diakses tanggal 2009-05-02. 
  66. ^ "Phineas and Ferb—Nintendo DS". GameSpy. Diakses tanggal 2009-06-23. 
  67. ^ "Phineas and Ferb Video Game". Game Trailers. Diakses tanggal 2009-06-23. 
  68. ^ "Phineas and Ferb for the DS". Game Rankings. Diakses tanggal 2009-09-21. 
  69. ^ Blum, Matt (2009-09-18). "Phineas and Ferb: A Sci-Fi Episode, a Soundtrack Album, and an Interview!". Wired. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 September 2009. Diakses tanggal 2009-09-20. 
  70. ^ "High Impact Games – News". High Impact Games. Diakses tanggal 2011-11-25. 
  71. ^ "Disney World: Agent P at Disney World's Epcot". OrlandoSentinel.com. 2012-07-05. Diakses tanggal 2012-11-28. 
  72. ^ https://itunes.apple.com/us/app/wheres-my-perry/id528805631?mt=8
  73. ^ Culafi, Alex (2013-06-16). "Phineas and Ferb: Quest for Cool Stuff". Nintendo World Report. Diakses tanggal 2013-07-21. 
  74. ^ Ibarra, Sabina (2013-06-21). "E3 2013 – PHINEAS & FERB CREATORS ON THE QUEST FOR COOL STUFF AND MISSION MARVEL". Geek Exchange. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-25. Diakses tanggal 2013-07-25. 
  75. ^ a b "Seaford boy stars in Disney show". Mid Sussex Times. 2008-04-09. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  76. ^ "Schoolboy back for Disney fun". Eastbourne Today. 2009-04-08. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  77. ^ "Children's Awards Winners". British Academy of Film and Television Arts. 2008-11-30. Diakses tanggal 2009-11-11. 
  78. ^ "2008 Emmy Nominations: Additional Nominee List". BuddyTV. 2008-07-17. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  79. ^ "36th Annual Annie Award Nominees and Winners (2008)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Februari 2009. Diakses tanggal 2009-07-09. 
  80. ^ "The BAFTA Kids' Vote". British Academy of Film and Television Arts. 2009. Diakses tanggal 2009-11-11. 
  81. ^ "Phineas And Ferb—Cartoon—Kids' Choice Awards 2009". Nick.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Maret 2009. Diakses tanggal 2009-07-09. 
  82. ^ "2009 Emmy Awards nominations". Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Juli 2009. Diakses tanggal 2009-07-16. 
  83. ^ a b Zahed, Ramin (2009-04-06). "Cosmic Quantum Ray, Phineas & Ferb Big Winners at Cartoons on the Bay". Animation Magazine. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  84. ^ Bynum, Aaron H. "38th Annual Annie Award Nominations". Animation Insider. p. 4. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 Maret 2012. Diakses tanggal 2010-12-09. 
  85. ^ a b "The National Academy of Television Arts & Sciences Announces Winners of the 37th Annual Daytime Entertainment Creative Arts Emmy Awards" (PDF). National Academy of Television Arts and Sciences. 2010-06-25. p. 20. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-09-22. Diakses tanggal 2010-06-26. 
  86. ^ a b c "Full list of 2010 Daytime Emmy Award nominations" (PDF). National Academy of Television Arts and Sciences. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2010-06-18. Diakses tanggal 2010-05-16. 
  87. ^ "Phineas And Ferb—Cartoon—Kids' Choice Awards 2010". Nick.com. Diakses tanggal 2010-02-17. [pranala nonaktif]
  88. ^ "Phineas And Ferb—Cartoon—Kids' Choice Awards 2011". Nick.com. Diakses tanggal 2010-02-17. [pranala nonaktif]
  89. ^ a b "Dulce María y "Grachi", ganadores del Kids' Choice Awards". Milenio.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-13. Diakses tanggal 2012-02-23. 
  90. ^ a b "2011 Outstanding Individual Achievement in Animation Nominees/Winners". Diakses tanggal 1 September 2016. 
  91. ^ a b "Cynopsis Kids marketing awards for best kids TV shows and marketing and PR programs". Cynopsis.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-11. Diakses tanggal 2012-11-28. 
  92. ^ "2012 Outstanding Individual Achievement in Animation". Diakses tanggal 1 September 2016. 
  93. ^ "2012 Outstanding Voice-Over Performance Nominees/Winners". Diakses tanggal 1 September 2016. 
  94. ^ TVLine, Team (22 Mei 2013). "Big Bang, Horror Story, Parks and Rec, Good Wife, The Americans Lead Critics Choice Nominations". TVLine. TVLine Media, LLC. Diakses tanggal 22 Mei 2013. 
  95. ^ TVLine, Team (22 Mei 2013). "Nickelodeon Kids Choice Awards Nominees". TVLine. TVLine Media, LLC. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Mei 2013. Diakses tanggal 22 Mei 2013. 
  96. ^ "Children's in 2014". British Academy of Film and Television Arts. 23 November 2014. Diakses tanggal 23 November 2014. 
  97. ^ "2014 Primetime Emmy Award Nominations" (PDF). Emmys.com. 10 Juli 2014. Diakses tanggal 14 Juli 2014. 
  98. ^ "68th Emmy Awards Nominees and Winners- Outstanding Animated Program". Television Academy. 15 Juli 2016. 
  99. ^ Fujimori, Sachi. "For Montvale Boy, It Was All Worth the Tux". California Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-10-29. Diakses tanggal 2009-10-17. 
  100. ^ Seidman, Robert (2010-03-03). "Disney Channel & Disney XD Present Programming Plans for 2010-11". TVBytheNumbers.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-05. Diakses tanggal 2010-03-03. 
  101. ^ "Disney Planning Phineas and Ferb Feature Film". 
  102. ^ Huff, Richard (2011-07-26). "'Phineas and Ferb' reinvent the essence of Disney Channel charm in kid-friendly TV movie". New York: Nydailynews.com. Diakses tanggal 2011-09-03. 
  103. ^ Masters, Kim (2011-10-13). "Official: Disney's 'Lone Ranger' Sets May 31, 2013 Release Date". The Hollywood Reporter. 
  104. ^ SZeitchik, Steven (27 Oktober 2011). "'Phineas and Ferb' gets the 'Toy Story' treatment". Los Angeles Times. Diakses tanggal 17 Agustus 2013. 
  105. ^ The Deadline Team (2012-10-15). "Disney's Marvel Movie Moves: Iron Man 3, Thor 2 Going 3D, Ant-Man Dated For 2015". Deadline. Diakses tanggal 2012-10-18. 
  106. ^ "Phineas And Ferb Off Disney’s Release Schedule". Deadline. 16 Agustus 2013. Diakses tanggal 17 Agustus 2013. 
  107. ^ "swampy marsh on Twitter". Twitter. 
  108. ^ "Jim Hill Media". Twitter. 
  109. ^ "Disney's 'Phineas And Ferb' And Marvel's Favorite Super Heroes Team Up For Animated Movie". Allyourtv.com. 2012-07-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-02. Diakses tanggal 2012-11-28. 
  110. ^ Blum, Matt. "First Animated Disney – Marvel Crossover Announced – And It's Phineas and Ferb! | GeekDad". Wired.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 November 2012. Diakses tanggal 2012-11-28. 
  111. ^ "Comic-Con: 'Phineas and Ferb' Heads to 'Star Wars' Universe in Special Episode". The Hollywood Reporter. 19 Juli 2013. Diakses tanggal 12 Oktober 2014. 
  112. ^ "'Phineas and Ferb's' 'Star Wars' Special Lands Premiere Date". The Hollywood Reporter. 12 Juni 2014. Diakses tanggal 12 Juni 2014. 
  113. ^ "Phineas and Ferb Finale, 'Last Day of Summer', May Not Be as Final as We Think". The Huffington Post. 12 Juni 2015. 
  114. ^ Nordyke, Kimberly (21 Juli 2017). "Comic-Con: Disney XD Sets 'Milo Murphy's Law' and 'Phineas and Ferb' Crossover (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal 21 Juli 2017. 
  115. ^ "'Phineas and Ferb: The Best Live Tour Ever!' coming to Columbus". Diakses tanggal 2012-07-15. 
  116. ^ "Welcome to Disney's Phineas and Ferb LIVE!". Disney.go.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 Februari 2012. Diakses tanggal 2012-02-23. 
  117. ^ Schneider, Michael (2010-11-04). "Disney XD orders 'Tron: Legacy' toon". Variety. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]