Jeremy Clarkson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jeremy Clarkson
Jeremy Clarkson.jpg
Clarkson, 2006
Lahir Jeremy Charles Robert Clarkson
11 April 1960 (umur 58)
Doncaster, West Riding of Yorkshire, Inggris
Tempat tinggal Chipping Norton, Oxfordshire, Inggris
Langness, Isle of Man
Kebangsaan Inggris
Nama lain Jezza
Pendidikan Repton School
Hill House School, Doncaster
Pekerjaan Presenter, jurnalis, wartawan, penulis
Tahun aktif 1988–sekarang
Tempat kerja BBC, The Sun, The Sunday Times
Kota asal Doncaster, Inggris
Suami/istri Alexandra James (m. 1989–90) (bercerai)
Frances Cain (m. 1993)
Anak 3
Orang tua Shirley dan Eddie Clarkson

Jeremy Charles Robert Clarkson (lahir di Doncaster, 11 April 1960; umur 58 tahun) adalah seorang penyiar, wartawan dan penulis asal Inggris yang mengkhususkan diri dalam bidang otomotif. Ia terkenal untuk perannya di acara televisi populer produksi BBC, Top Gear, bersama dengan co-presenter Richard Hammond dan James May. Dia juga mengisi kolom mingguan di The Sunday Times dan The Sun.

Dari karier sebagai seorang wartawan lokal di Inggris Utara, Clarkson menjadi terkenal sebagai presenter Top Gear pada tahun 1988. Sejak pertengahan 1990-an, Clarkson telah menjadi semacam personaliti terkenal, secara teratur muncul di televisi Inggris menyajikan acara sendiri dan muncul sebagai tamu di acara lainnya. Selain otomotif, Clarkson telah menghasilkan program dan buku tentang berbagai topik, seperti sejarah dan teknik. Dari tahun 1998 hingga 2000 ia juga menjadi pembawa acara bincang-bincangnya sendiri, Clarkson.

Gaya berpendapatnya yang senang menyeletuk dan gaya presentasi yang tidak biasa telah sering menghasilkan banyak reaksi masyarakat terhadap sudut pandangnya. Tindakannya baik secara pribadi maupun sebagai presenter Top Gear juga kadang-kadang mengakibatkan kritik dari media, politisi, kelompok penekan dan masyarakat.

Meskipun kritik-kritik yang dilontarkan begitu banyak, dia juga telah menghasilkan pamor tinggi di antara masyarakat luas, yang dianggap sebagai aktor utama kebangkitan Top Gear sebagai salah satu acara paling populer di BBC.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]