Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo
Episode Phineas dan Ferb
Phineas, Ferb dan Isabella dengan dua Candace dari masa depan di alur episode "Rollercoaster".
Nomor episodeMusim 2
Episode 14
SutradaraZac Moncrief
PenulisScott Peterson (cerita)
Kim Roberson (papan cerita)
Kaz (papan cerita)
Musik"Today's Gonna Be a Great Day"
"Charmed Life"
Kode produksi212
Tanggal siar21 September 2009
Bintang tamu
Bowling for Soup sebagai mereka sendiri
Jennifer Stone sebagai Amanda
Moises Arias sebagai Fred
Jennifer Grey sebagai pustakawan
Noah Munck sebagai Xavier
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Spa Day"
Selanjutnya →
"Phineas and Ferb's Musical Cliptastic Countdown"
Daftar episode Phineas dan Ferb

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" adalah episode ke-14 dari musim kedua serial televisi animasi Phineas dan Ferb, dan episode keseluruhan ke-72 dari serial tersebut. Episode ini awalnya ditayangkan di Disney XD di Amerika Serikat pada 21 September 2009. Dalam episode tersebut, Phineas dan saudara tirinya Ferb melakukan perjalanan ke masa depan dan memiliki mesin waktu mereka yang dicuri oleh kakak mereka Candace, sekarang sudah dewasa, yang melakukan perjalanan kembali ke masa lalu untuk mendapatkan saudaranya ke dalam masalah dalam salah satu skema aneh mereka. Dengan melakukan itu, bagaimanapun, dia memicu reaksi berantai yang mengarah ke masa depan distopia yang diperintah oleh Dr. Doofenshmirtz yang jahat.

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo," ditulis oleh Scott Peterson dan disutradarai oleh Zac Moncrief, dengan rating TV-G di Amerika Serikat. Episode ini disusun sebagai alat untuk memperluas alur mesin waktu yang diperkenalkan sebelumnya di episode "It's About Time." Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh, pembuat serial Phineas dan Ferb, memusatkan elemen alur untuk menyindir film perjalanan waktu, seperti The Time Machine (1960) dan trilogi Back to the Future (1985-1990). Beberapa adegan dalam episode itu dimaksudkan untuk agak membingungkan dan sulit dipahami agar dapat menarik perhatian pemirsa sehingga mereka sering menonton episode berulang kali, mencoba mempelajari sesuatu yang baru setiap saat.

Episode tersebut mendapat sambutan positif dari kritikus televisi. Dalam siaran aslinya, episode tersebut mendapat peringkat keempat di demografi Laki-laki 6-14, Anak-anak 6-11 dan Laki-laki 6-11, berjumlah 599.000 pemirsa, meningkat 88 persen dari peringkat tahun sebelumnya di slot tayang tersebut. Saat ditayangkan perdana di Disney Channel, episode tersebut menjadi program kabel dengan peringkat tertinggi ke-13 selama seminggu penuh. Bintang tamu dari episode tersebut adalah aktor Jennifer Stone, Moises Arias, Noah Munck, dan Jennifer Grey, bersama dengan band Bowling for Soup, yang tampil sebagai diri mereka sendiri yang memainkan versi lanjutan dari lagu tema serial tersebut, "Today is Gonna Be a Great Day," yang juga disertakan dalam jalur suara resmi Phineas dan Ferb yang dirilis pada 22 September 2009.

Ringkasan alur[sunting | sunting sumber]

Phineas dan saudara tirinya Ferb belajar dari temannya Baljeet bahwa alat yang mereka butuhkan untuk proyek terbaru mereka belum ditemukan. Mereka dan temannya Isabella meminjam mesin waktu yang dipamerkan di museum setempat untuk melakukan perjalanan 20 tahun ke masa depan. Begitu mereka tiba, Isabella tetap berada di belakang dengan mesin waktu sementara anak laki-laki memasuki halaman belakang rumah saudara mereka Candace, tempat anak-anaknya Fred dan Xavier duduk di bawah pohon tanpa melakukan apapun. Anak laki-laki meyakinkan keponakan masa depan mereka untuk menjadi aktif dan sebagai imbalan diberi alat yang mereka butuhkan. Saat mereka pergi, Candace melihat mereka dan hal tersebut membawa kembali kenangan yang mengganggu karena tidak pernah bisa menangkap anak laki-laki. Dia membawa ibunya Linda ke museum tempat anak-anak pergi, tepat sebelum Linda bisa melihatnya.

Profesor Onassis, yang menemukan mesin waktu pada tahun 1800-an, tiba di versi asli mesin itu segera dan Candace masa depan mencurinya. Dia berjalan kembali ke hari anak-anak membangun rollercoaster di halaman belakang rumah mereka dan berhasil membuat ibunya melihat mereka, akhirnya memenuhi mimpinya untuk menangkap mereka. Namun, dengan melakukan hal itu, dia secara tidak sengaja membawa Perry, platipus hewan peliharaan mereka yang diam-diam menjadi agen rahasia yang ramah tamah, terluka saat menghentikan mekanisme magnet yang jahat. Akibatnya, musuh dari Perry, Dr. Doofenshmirtz, keluar tanpa cedera akibat efek mesin yang sekarang hancur itu. Seiring berjalannya waktu, semuanya berubah dan dunia menjadi tahan anak karena takut terulangnya aktivitas Phineas dan Ferb yang berbahaya. Doofenshmirtz akhirnya meraih kekuasaannya, secara efektif menjadi kaisar dunia. Dia mengklaim sebagai Kaisar yang baik, karena dia dapat mengingat nama semua orang (meskipun ini jauh lebih mudah daripada yang terlihat, karena salah satu peraturannya adalah bahwa setiap orang harus diberi nama Joe dan meminta setiap orang untuk memakai jas laboratorium setiap saat). Selain itu, karena Doofenshmirtz berada dalam kekuasaannya, O.W.C.A. sekarang dipaksa bersumpah untuk menaatinya, mengakibatkan Perry yang demoralisasi lebih banyak gagal dalam misinya melawan Doofenshmirtz dan dilarang menggunakan mesin waktu yang sebelumnya digunakan Candace seperti yang disarankan oleh Mayor Monogram. Setelah tiba pada masa depan dengan peraturan distopia Doofenshmirtz, Candace menemukan mesin waktu di tempat pembuangan sampah dan kembali ke hari rollercoaster untuk menghentikan dirinya dari gangguan seperti sebelumnya, menghentikan distopia dari yang terjadi saat ini.

Mesin waktu hancur sehingga kedua Candace pergi ke halaman belakang untuk meyakinkan anak laki-laki tersebut untuk memperbaiki mesin waktu masa sekarang di museum dan membawa mereka kembali, menciptakan sebuah paradoks dan akibatnya, Candace dari masa depan yang suram (mengenakan mantel lab putih seperti yang terlihat pada gambar di atas) tidak lagi ada. Anak laki-laki kemudian memperbaiki mesinnya. Isabella mengatakan kepada Ferb bahwa perjalanan roller coaster dan perjalanan waktu adalah bonus. Candace dari masa sekarang pergi bersama dengan masa depannya sendiri, Phineas, Ferb, dan Isabella saat mereka melakukan perjalanan ke masa depan (sementara Candace "akhirnya" menangkap mereka dalam prosesnya, tapi masa depan Linda tidak marah pada anak laki-laki itu, mengatakan bahwa dia tidak memiliki yurisdiksi untuk menangkap anak laki-laki lagi). Saat Candace dan anak laki-laki berbicara dengan Linda masa depan, Isabella memiliki gagasan dan melakukan perjalanan kembali ke masa sekarang. Setelah kembali ke masa sekarang, Candace pergi dalam kemenangan, sekarang bahagia bahwa akhirnya dia (tapi tidak secara teknis) menangkap saudara laki-lakinya. Selama kredit, ia mengungkapkan bahwa Isabella memperoleh alat itu dan memberikannya kepada anak laki-laki sebelum mereka melakukan perjalanan terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan mereka mengubah pikiran mereka tentang pergi ke masa depan, sehingga membatalkan semua peristiwa yang terjadi di awal episode dan juga menyebabkan semua karakter yang terlibat pada masa depan untuk menghentikan eksistensi (juga menyebabkan penghapusan Candace yang berhasil "menangkap" pada masa sekarang, sehingga mungkin menyebabkan pengulangan waktu). Dalam "Summer Belongs To You", Phineas menyebutkan dua kali melakukan perjalanan waktu dan Isabella berkomentar bahwa Phineas telah melakukan perjalanan melalui waktu "dua kali", namun karena kejadian dalam kredit Quantum Boogaloo, tidak seorang pun - termasuk Isabella harus benar-benar tahu tentang perjalanan waktu.

Selama episode ini, tersirat bahwa Isabella menikah dengan Phineas atau Ferb, meski tidak ada satupun karakter yang mengingat ini. Hal tersebut juga tersirat bahwa Phineas memenangkan setidaknya satu Penghargaan Nobel karena masa depan Linda mengatakan masa depan Phineas "berada di Swiss untuk Upacara Penghargaan." Ferb kemungkinan adalah Presiden Amerika Serikat karena dia dinyatakan "berada di Camp David", sebuah resor yang khusus dibuat untuk Presiden sejak Eisenhower, meskipun kelahirannya di Britania Raya, dan belum berusia 35 tahun, biasanya akan mencegah hal ini. Skenario yang lebih mungkin adalah bahwa Ferb menikah dengan Vanessa, dan berada di Camp David bersama istri Presidennya Vanessa Doofensmirtz karena dia sesuai dengan persyaratan kelahiran dan usia.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pembuat serial Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh mengutip inspirasi di balik "Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" ke episode musim 1 "It's About Time!"

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" ditulis oleh Scott Peterson dan disutradarai oleh Zac Moncrief.[1] Phineas dan Ferb sebelumnya telah menghasilkan sebuah episode di musim pertamanya yang berjudul "It's About Time" yang menampilkan sebuah mesin waktu. Pembuat serial Dan Povenmire menyatakan bahwa ia menikmati hasil dari episode tersebut.[2] Para penulis sengaja meninggalkan mesin waktu yang tersedia untuk penggunaan anak laki-laki di akhir episode sehingga mereka dapat menggunakannya kembali dalam episode berikutnya. Akhirnya, mereka menyusun sebuah alur di mana "Phineas dan Ferb pergi ke masa depan dan benar-benar melihat Candace sebagai orang dewasa (yang) menyeret semua jenis kenangan yang tidak bisa untuk menangkap mereka."[2]

Adegan di mana Candace melakukan perjalanan kembali ke masa Phineas dan Ferb membangun roller coaster diambil dari episode pilot, "Rollercoaster." Termasuk adegan "sangat menyenangkan" bagi Povenmire dan pembuat serial lainnya Jeff "Swampy" Marsh, yang memutuskan sejak awal bahwa menggunakannya akan memiliki "Candace masa depan kembali ke masa rollercoaster [sic]. Lalu apapun yang dia lakukan akan mempengaruhi masa depan, dalam kasus ini memberi Doofenshmirtz kekuasaan dan secara efektif mengubah sejarah."[2] Penyertaan ini terinspirasi oleh episode Star Trek: Deep Space Nine "Trials and Tribble-ations," di mana awak Deep Space 9 kembali ke episode Star Trek "The Trouble With Tribbles." Pendekatan baru ini dipandang oleh Marsh sebagai "cara yang bagus untuk menjalin sebuah cerita."[2]

Para kru menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan episode di sebuah ruangan, menggunakan catatan tempel, untuk memastikannya dimainkan dengan wajar dan dapat dimengerti dengan jelas oleh pemirsa.[3] Staf produksi banyak menggunakan perjalanan waktu di "Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" dari trilogi Back to the Future (1985-1990) dan film H. G. Wells The Time Machine (1960).[4] Tujuan kru adalah memastikan semuanya tetap kuat terhadap sudut pandang logis tertentu, yang menyebabkan beberapa percakapan sureal,[5] termasuk beberapa paradoks yang melibatkan perjalanan waktu.[6] Anggota kru berusaha untuk menjelajah ke elemen yang tampak rumit, karena pemirsa anak-anak mereka dianggap cukup cerdas untuk memahami elemen tersebut.[7] Harapan dari staf produksi adalah membuat episode yang mereka bisa menontonnya berkali-kali dan melihat sesuatu yang baru dengan setiap penayangan.[8]

Karena tindakan Doofenshmirtz dan Perry cenderung mempengaruhi perilaku anak laki-laki, pilihan untuk memiliki gangguan Candace masa depan pada masa lalu sangat mempengaruhi perilaku Doofenshmirtz dan Perry dianggap sebagai pilihan logis. Povenmire menjelaskan, "Mereka saling mempengaruhi dengan cara yang tidak pernah kita mengerti sepenuhnya, tapi jika Anda melepaskan sedikit kekuatan dari aktivitas mereka [masing-masing], semua neraka bisa terlepas."[2] Lagu yang dinyanyikan oleh Doofenshmirtz, yang berjudul "It's Been a Charmed Life," dipuji dengan baik oleh kru produksi, yang merasa hal itu sangat ditangani dengan baik.[9] Lagu itu memusatkan ironi seputar Doofenshmirtz karena semuanya berjalan baik baginya, sebuah tema yang sama sekali berbeda dari yang biasanya disinggung dalam serial tersebut.[10][11]

Jennifer Stone menjadi bintang tamu dalam episode tersebut sebagai Amanda.

Adegan Candace menyebutkan bahwa sahabat baiknya Stacy Hirano telah menjadi presiden Uruguay pada awalnya ditulis sebagai lelucon sekali pakai untuk episode tersebut.[12][13] Selama pertukaran melalui surel antara kru, beberapa anggota kru penasaran dengan bagian tersebut dan Povenmire menghasilkan keseluruhan cerita masa lalu, di mana Stacy bertemu dengan pangeran negara tersebut, pindah ke sana dan, setelah mengubah beberapa undang-undang, menjadi layak untuk kepresidenan.[14] Staf menikmati gagasan tersebut dan menuliskannya sebagai alur yang mungkin untuk episode masa depan.[15]

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" menampilkan banyak penampilan tamu.[16] Aktris Jennifer Stone menjadi bintang tamu dan berperan sebagai Amanda, putri masa depan Candace. Stone meneliti performa aktris Ashley Tisdale sebagai Candace di YouTube untuk lebih memahami perhatian yang dibutuhkan pada peran suara tersebut. Stone merekam bagiannya dalam waktu yang lama sebelum animasi terakhir masuk dan merasa tidak sabar dengan bagaimana hasil akhirnya akan keluar.[17] Moises Arias, yang menurut Stone, "seperti adik laki-lakinya,"[17] mengisi suara putra masa depan Candace, Fred.[1] Aktris Jennifer Grey juga tampil sebagai pustakawan.[1] Karakter Grey di Ferris Bueller's Day Off adalah inspirasi bagi Candace dan aktris tersebut sebelumnya berperan sebagai profesor bagi Doofenshmirtz di "Oil on Candace."[18]

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" awalnya disiarkan pada 21 September 2009, di Disney XD.[1][17][19] Seperti semua episode Phineas dan Ferb,[20] episode tersebut memiliki rating TV-G.[1] Lagu "Today is Gonna Be a Great Day" telah tersedia dalam jalur suara resmi Phineas dan Ferb, yang dirilis pada 22 September 2009, satu hari setelah penayangan episode tersebut.[1][21]

Referensi budaya[sunting | sunting sumber]

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" berfungsi sebagai sindiran terhadap film perjalanan waktu, terutama seri film Back to the Future dan film H. G. Wells The Time Machine.[4] Candace mencuri mesin waktu untuk mengubah sesuatu pada masa lalu, sehingga menciptakan masa depan distopia, mencerminkan pemandangan di Back to the Future Part II (1989), di mana Biff Tannen mencuri mesin waktu Delorean dan menyebabkan masa depan yang gelap dan kacau di dalam proses tersebut.[22] Pada masa depan, band pop-punk Amerika Serikat Bowling for Soup muncul dan menyanyikan versi panjang dari lagu tema serial tersebut.[23] Anggota band ini dirancang untuk tampil dua puluh tahun lebih tua dan bertambah berat badannya.[24]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

"Phineas and Ferb's Quantum Boogaloo" berada di urutan keempat dalam slot tayangnya, dalam demografi Boys 6-14, Kids 6-11 dan Boys 6-11. Jumlahnya rata-rata 599.000 pemirsa, meningkat 88 persen dari rekor tahun sebelumnya untuk slot tayang tersebut. Dalam Kids 6-14, episode tersebut melampaui rekor tahun sebelumnya sebesar 152 persen. Dalam Boys 6-14, episode tersebut mengklaim kenaikan 121 persen, dalam Boys 6-11, episode tersebut mengumpulkan kenaikan lebih dari 116 persen, dan dalam Boys 9-14, kenaikan lebih dari 138 persen.[25] Ketika episode tersebut ditayangkan di Disney Channel untuk pertama kalinya, episode tersebut ditonton oleh 2,7 juta rumah tangga Amerika Serikat dan 3,9 juta pemirsa individual, menempatkannya di peringkat 13 dalam peringkat jaringan kabel selama seminggu penuh.[26]

Episode tersebut mendapat sambutan positif dari kritikus televisi. Matt Blum dari Wired menyebutnya "mungkin episode terbaik dari acara sejauh ini".[22] Blum memuji lelucon tentang Stacy yang menjadi presiden Uruguay dan menyebut lagu Doofenshmirtz "It's Been Charmed Life" "ironi berat."[12][27] Paige Wiser dari Chicago Sun-Times menganggap episode tersebut yang disiarkan di televisi pada tanggal 21 September, menulis bahwa dia "tidak bisa lebih bersemangat."[19] News OK mencantumkan episode tersebut dalam "Top 55 TV Programs for Sept. 20-26, 2009",[28][29] dan ketiga bintang tamu tersebut muncul dalam daftar "Top 30 Guest Stars on TV Shows airing Sept. 20-26, 2009".[30] Povenmire menganggap episode itu salah satu favoritnya dari serial ini.[29]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum[sunting | sunting sumber]

Spesifik[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Jean, Yoo (2009-08-24). "Jennifer Stone, Moises Arias and Jennifer Grey guest star in a new epic, Back to the Future two-part episode of "Phineas and Ferb," September 21, 2009, on Disney XD". Rilis pers, Disney XD. The Walt Disney Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Desember 2012. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  2. ^ a b c d e Fritz, Steve (2009-09-17). "Animated Shorts 601: Phineas & Ferb Keep Summer Alive". Newsarama. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  3. ^ Marsh, 00:16 - 00:26
  4. ^ a b Marsh, 01:48 - 01:53
  5. ^ Marsh, 00:38 - 00:53
  6. ^ Blum, 00:54 - 01:00
  7. ^ Marsh, 02:27 - 02:43
  8. ^ Marsh, 02:45 - 02:58
  9. ^ Marsh, 05:47 - 06:06
  10. ^ Blum, 06:06 - 06:10
  11. ^ Marsh, 06:10 - 06:21
  12. ^ a b Blum, 07:46 - 07:54
  13. ^ Marsh, 07:55 - 08:04
  14. ^ Marsh, 08:06 - 08:46
  15. ^ Marsh, 08:47 - 09:02
  16. ^ Marsh, 10:11 - 10:13
  17. ^ a b c McAleer, Molly (2009-09-18). "Wizards of Waverly's Jennifer Stone dishes on Phineas and Ferb". TV.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-25. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  18. ^ Marsh, 10:36 - 11:08
  19. ^ a b Wiser, Paige (2009-09-21). "Monday night highlights, 9/21/09". Chicago Sun-Times. Chicago, Illinois. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-25. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  20. ^ "Phineas and Ferb". TV Guide. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  21. ^ "Rockin' the Tri-State Area: GeekDad Reviews the Phineas and Ferb Soundtrack". Wired. 2009-10-13. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  22. ^ a b Blum, Matt (2009-09-18). "Phineas and Ferb: A Sci-Fi Episode, a Soundtrack Album, and an Interview!". Wired. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  23. ^ Staff (2009-07-26). "Disney Preps 'Phineas And Ferb' Fall Event". Multichannel News. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  24. ^ "Gonna Do It All: GeekDad Interviews Jaret Reddick". Wired. 2009-10-14. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  25. ^ Seidman, Robert (2009-09-29). "In Total Day, Disney XD Delivers the Largest Growth of All Kid-Targeting Cable Networks". TV by the Numbers. Diakses tanggal 2009-10-30. [pranala nonaktif permanen]
  26. ^ Seidman, Robert (2009-09-29). "Cable ratings: Monday Night Football, WWE RAW, Monk top weekly cable chart". TV by the Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-27. Diakses tanggal 2009-10-30. 
  27. ^ Blum, 06:05 - 06:10
  28. ^ "Top 55 TV Programs for Sept. 20-26". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-10. Diakses tanggal 2017-06-18. 
  29. ^ a b Robinson, Sherry (2009-04-18). "Quick wit, funny characters drive Phineas and Ferb". St. Petersburg Times. St. Petersburg, Florida. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-07. Diakses tanggal 2009-08-16. 
  30. ^ "Top 30 Guest Stars on TV Shows airing Sept. 20-26, 2009". News OK. 2009-09-18. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-23. Diakses tanggal 2009-10-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]