Are You My Mummy?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"Are You My Mummy?"
Episode Phineas dan Ferb
Dua anak laki-laki kartun berdiri di samping satu sama lain mencari di arah yang berlawanan. Seorang gadis kartun dengan rambut merah berdiri canggung di kepala mereka, dibungkus kertas toilet bergerigis. Di belakang mereka adalah pipa, dinding bata abu-abu, dan tanda-tanda.
Anak laki-laki keliru bahwa Candace sebagai mumi.
Episode no.Musim 1
Episode 12
SutradaraDan Povenmire
PenulisDan Povenmire (cerita)
Jeff "Swampy" Marsh (cerita)
Bobby Gaylor (cerita)
Martin Olson (cerita)
Kyle Baker (papan cerita)
Mike Roth (papan cerita)
Musik"My Undead Mummy and Me"
Kode produksi104a
Tanggal siar15 Februari 2008 (2008-02-15)
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Jerk De Soleil"
"S'Winter"
Selanjutnya →
"Ready for the Bettys"
"Flop Starz"
Daftar episode Phineas dan Ferb

"Are You My Mummy?" adalah episode kedua belas dari serial televisi animasi Phineas dan Ferb. Episode ini menceritakan kakak beradik tiri Phineas dan Ferb pergi ke teater yang bertemakan Mesir di mana mereka menjadi terinspirasi untuk berteman dengan mumi yang mereka percaya bahwa mumi tersebut disimpan di ruang bawah tanah teater. Mereka keliru bahwa mumi tersebut sebenarnya adalah kakak mereka yang bernama Candace, yang secara tidak sengaja terbungkus dalam tisu toilet. Sementara itu, Dr. Heinz Doofenshmirtz mencoba untuk meledakkan sebuah bendungan berang-berang untuk membuat tepi pantai miliknya.

"Are You My Mummy?" ditulis oleh pembuat serial Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh, bersama dengan Bobby Gaylor dan Martin Olson, dan disutradarai oleh Povenmire. Episode ini awalnya ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2008, sebagai bagian dari acara maraton sebulan penuh "Phineas and Ferb-urary." Tanggapan kritikus untuk episode itu sebagian besar bernada positif. Lagu unggulan, "My Undead Mummy and Me," juga diterima dengan baik dan telah tersedia pada jalur suara resmi Phineas dan Ferb pada tahun 2009.

Ringkasan alur[sunting | sunting sumber]

Kakak beradik tiri Phineas dan Ferb, bersama dengan ayah mereka Lawrence dan kakaknya Candace, pergi ke bioskop yang bertemakan bertema Mesir di mana mereka melihat film tentang dua arkeolog yang menemukan mumi yang tidak mati. Phineas dan Ferb terinspirasi untuk mencari muminya sendiri dan pergi ke ruang bawah tanah teater, di mana di ruang tersebut dikabarkan ada mumi. Candace melihat mereka pergi untuk melakukan hal tersebut dan mengikuti mereka, berharap untuk menangkap mereka dengan ayah mereka. Namun, seperti Phineas dan Ferb pergi mencari mumi melalui lorong-lorong bawah tanah mengenakan topi arkeolog, mereka mengalami apa yang dipercaya oleh mereka adalah jebakan; mereka menghindari perangkap tetapi Candace akhirnya menabrak semua perangkap. Akhirnya, ia terperangkap dalam tisu toilet yang bergerigis dan tidak bisa berbicara dengan baik (karena makan permen karet basi), yang mengakibatkan anak-anak mengira dia sebagai mumi dan menangkap dia.

Sementara itu, Perry, platipus peliharaan anak-anak yang menjalani kehidupan ganda sebagai agen rahasia, pergi untuk sebuah danau di dekat bendungan berang-berang di mana musuh bebuyutannya Dr. Heinz Doofenshmirtz merencanakan untuk menghancurkan bendungan tersebut. Setelah Perry tiba, Doofenshmirtz menjebak dia ke dalam gelembung yang tidak dapat dihancurkan yang terbuat dari "kejahatan murni" dan polimer ruang angkasa dan menjelaskan bahwa ia berharap untuk membongkar bendungan menggunakan Woodenator (digambarkan sebagai alat yang beroperasi seperti magnet, kecuali bahwa alat tersebut menarik kayu), dalam rangka untuk meningkatkan tingkat air, membuat properti di tepi pantainya. Perry akhirnya menghancurkan gelembung dan mulai melawan Doofenshmirtz, sampai bendungan tersebut hancur dan mereka akan dikirim dengan air saat mengalir ke dalam sistem pipa.

Doofenshmirtz, Perry, dan air danau mencapai garis pipa sebelah ruang bawah tanah teater di mana anak laki-laki dan Candace berada. Perry mengalahkan Doofenshmirtz tanpa menangkap perhatian dari tiga dan air membilas tisu toilet Candace. Ketika mereka keluar untuk bertemu dengan ayah mereka, Phineas tercengang ke mana mumi mereka pergi, tetapi Lawrence berpikir bahwa dia hanya mengacu pada ibu mereka dan mereka masuk ke dalam mobil. Saat mereka berangkat dengan naik mobil, Ferb menjelaskan proses mumifikasi dan Candace mengatakan bahwa hanya "[mumi] yang beruntung" yang mendapatkan proses penuh.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Sebuah pria Kaukasoid duduk di meja, memakai kemeja hitam dengan mikrofon di depannya.
Pembuat serial Jeff "Swampy" Marsh menulis episode ini.

"Are You My Mummy?" ditulis oleh pembuat Phineas dan Ferb Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh, bersama dengan Bobby Gaylor dan Martin Olson. Papan ceritanya dibuat oleh seniman Kyle Baker dan Mike Roth, dan disutradarai oleh Povenmire.[1] Episode ini pada awalnya disiarkan di Amerika Serikat di Disney Channel pada tanggal 15 Februari 2008, dengan rating konten televisi TV-G, sebagai bagian dari acara maraton khusus selama sebulan "Phineas and Ferb-urary."[2][3]

Elemen alur untuk tanggal episode kembali ke pitch asli kepada The Walt Disney Company untuk serial yang diproduksi oleh Povenmire dan Marsh. Pitch ini dibangun dari gulungan papan cerita yang direkam dan dialih suara oleh Povenmire untuk suara, narasi, dan efek suara. Lagu tema pertama menampilkan sebuah ilustrasi dari Phineas dan Ferb, memakai topi arkeolog mereka, menemukan Candace, mengenakan tisu toilet yang compang-camping.[4]

"Are You My Mummy" tersedia pada kompilasi DVD tahun 2008 berjudul Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas, bersama dengan sesama episode pada musim pertama dari serial tersebut: "One Good Scare Ought to Do It!" "The Fast and the Phineas," "Lawn Gnome Beach Party of Terror," "Flop Starz," "Raging Bully," "Lights! Candace! Action!" dan "It's About Time!"[5][6][7][8] Lagu "My Undead Mummy and Me," yang didasarkan pada lagu tema untuk The Courtship of Eddie's Father,[6] telah tersedia pada tahun 2009 pada jalur suara resmi Phineas dan Ferb.[9][10]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

"Are You My Mummy?" telah menerima ulasan yang sebagian besar bernada positif dari kritikus televisi. Pengulas terutama memuji lagu "My Undead Mummy and Me." Pengulas DVD Verdict Jim Thomas menyebutnya "benar-benar memutar" pada ulasannya di The Fast and Phineas.[6] Ed Liu dari Toon Zone mengkritik episode ini dan beberapa yang awal lainnya dari serial, mengutip mereka sebagai "terlalu maniak untuk kebaikan mereka sendiri,"[11] tetapi menganggap lagu menjadi "urutan video yang luar biasa."[11] Ulasan majalah Wired untuk jalur suara serial menjuluki lagu tersebut "aneh,"[10] mempertimbangkan itu menjadi perbaikan cepat dari trek CD sebelumnya, "Disco Miniature Golfing Queen," dari episode "Put That Putter Away."[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Opening credits for "Are You My Mummy?" from Volume I: "The Fast and the Phineas" (DVD). Buena Vista Home Entertainment. 2008. 
  2. ^ Yoo, Jean; Diamond, Hope. "Disney Channel's animated comedy series "Phineas and Ferb," from creators Dan Povenmire and Swampy Marsh, to be seen every night of "Ferb-Bruary" at 8:00 P.M, ET/PT". Press release, Disney Channel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-13. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  3. ^ "Phineas and Ferb: Are You My Mummy?". Zap2it. Diakses tanggal 2009-11-13. 
  4. ^ Povenmire, Dan (2008). "Original Pitch" featurette, from Volume 1: "The Fast and the Phineas" (DVD). Buena Vista Home Entertainment. 
  5. ^ Cornelius, David (2008-08-21). "Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas". DVD Talk. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  6. ^ a b c Thomas, Jim (2008-08-06). "Phineas And Ferb: The Fast And The Phineas". DVD Verdict. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  7. ^ Plath, James (2008-07-22). "Phineas and Ferb (TV Show) (DVD) - The Fast and the Phineas". DVD Town. hlm. 2. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  8. ^ Cedeno, Kelvin. ""Phineas and Ferb" The Fast and the Phineas DVD Review". Ultimate Disney. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  9. ^ "Phineas and Ferb Soundtrack". Disney Music. The Walt Disney Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 November 2009. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  10. ^ a b c "Rockin' the Tri-State Area: GeekDad Reviews the Phineas and Ferb Soundtrack". Wired. 2009-10-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Oktober 2009. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  11. ^ a b Liu, Ed (2008-07-30). ""Phineas & Ferb: The Fast and the Phineas" is 2 Fast, Kinda Phunny". Toon Zone. Diakses tanggal 2009-11-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]