Flop Starz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
"Flop Starz"
Episode Phineas dan Ferb
Tiga karakter kartun di panggung ungu. Dua di antaranya adalah anak laki-laki yang bermain instrumen, sementara yang lain adalah seorang gadis remaja dengan rambut merah menunjuk kedua anak laki-laki itu dengan tatapan terkejut.
Karya seni promosi untuk episode yang menampilkan Candace menemukan bahwa Phineas dan Ferb telah menjadi satu keajaiban.
Episode no. Musim 1
Episode 4b
Sutradara Dan Povenmire[1]
Penulis Dan Povenmire (cerita)
Jeff "Swampy" Marsh (cerita)[2]
Sherm Cohen (papan cerita)
Antoine Guilbaud (papan cerita)[1]
Musik "Gitchee Gitchee Goo"
Tanggal siar 1 Februari 2008[3]
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Lawn Gnome Beach Party of Terror"
"Are You My Mummy?"
Selanjutnya →
"The Fast and the Phineas"
"Raging Bully"
Daftar episode Phineas dan Ferb

"Flop Starz" adalah segmen pertama untuk episode pertama yang resmi ditayangkan dari serial televisi animasi Phineas dan Ferb. Episode ini awalnya disiarkan di Disney Channel pada tanggal 1 Februari 2008. Dalam episode tersebut, Phineas dan Ferb menjadi satu keajaiban dalam hal pagi hari. Ini sangat mengecewakan Candace, yang mencoba tampil super di ajang kompetisi bertajuk The Next American Pop Teen Idol Star! Sementara itu, Doofenshmirtz mengubah bangunannya menjadi robot raksasa untuk membantunya dalam usahanya menaklukkan daerah tiga negara bagian.

Papan cerita episode ini ditulis oleh Sherm Cohen dan Antoine Guilbaud, meskipun ceritanya sendiri dibuat oleh para pembuat serial ini. Lagu dalam episode tersebut, "Gitchee Gitchee Goo," adalah lagu pertama dari serial ini dan hal tersebut menyebabkan Disney menginginkan satu dari setiap episode. Meskipun pilot yang sebenarnya menjadi "Rollercoaster," episode tersebut disiarkan untuk menayangkan perdana serial ini, sehingga sebagian besar humor dan alur standar serial tersebut belum ditetapkan (misalnya Perry dan Doofenshmirtz tidak memiliki keterlibatan dalam penghapusan bukti anak laki-laki [terutama dihasut oleh anak laki-laki itu sendiri] dan usaha pengangkapan Candace di alur utama dibatasi menjadi dua).

"Flop Starz" membawa beberapa rujukan ke industri musik dan beberapa genre (judul itu sendiri juga merupakan tiruan dari ungkapan "bintang pop"), dan juga kompetisi bakat American Idol. Episode tersebut diterima dengan baik oleh para kritikus dan penggemar, mendapatkan 23,5 juta pemirsa dalam penayangan perdana. Lagu yang ditampilkan, "Gitchee Gitchee Goo," juga mendapatkan ulasan yang berisi pujian oleh kritikus. "Flop Starz" telah ditampilkan di beberapa barang dagangan, termasuk novelisasi junior oleh Lara Bergen pada tahun 2009.

Ringkasan alur[sunting | sunting sumber]

Saat sarapan, keluarga Phineas dan Ferb menonton sebuah promo untuk acara The Next Super American Pop Teen Idol Star!, sebuah acara kompetisi bakat, yang mendorong Candace untuk pergi dan mengikuti audisi di mal. Anak laki-laki juga penasaran dengan dunia bintang dan ingin tahu tentang jenis artis yang hanya merilis satu lagu, lalu semuanya berakhir. Mereka diberikan penjelasan konsep "satu keajaiban" oleh ibu mereka, yang mengenang hari-harinya sebagai artis satu keajaiban yang bernama "Lindana". Sementara anak laki-laki bekerja untuk menjadi artis dengan menulis lagu "tidak berarti" di kamar mereka, Candace bersiap untuk audisi, mencoba berbagai pakaian untuk dipakai audisi - termasuk pakaian Lindana milik ibunya - semuanya ditolak oleh temannya Stacy.

Ketika dia melakukan audisi, dia menjadi "kontestan keseratus" dan dijadwalkan tampil dengan band baru "PFT" - dia mencari tahu, rupanya, band ini adalah "Phineas and the Ferb-Tones" (PFT adalah akronimnya), yang terdiri dari Phineas (sebagai vokalis utama dan gitaris), Ferb (sebagai pemain genderang dan pemain keyboard), dan teman mereka, Isabella Garcia-Shapiro dan Fireside Girls, Adyson Sweetwater, Gretchen dan Milly (sebagai penyanyi cadangan, yang disebut oleh Phineas sebagai "Ferbettes"), yang telah berhasil menduduki puncak tangga lagu dengan lagu mereka "Gitchee Gitchee Goo", menjadi satu keajaiban. Menjadi siapa dia, alih-alih bergabung dengan mereka, Candace pergi untuk mencoba dan mengadukan mereka kepada ibu mereka, awalnya gagal karena salah melihat bayangan di atas panggung seekor kelinci antropomorfik yang memainkan blender sebagai alat musik untuk saudara laki-lakinya, yang dikenal sebagai Marty the Rabbit Boy dan blender musiknya.

Sementara itu, Perry memasuki sarang Dr. Doofenshmirtz (bangunan 'sarang' di sini berbeda dengan sarang biasa Doofenshmirtz) yang memakai kacamata groucho; yang bingung karena penyamarannya, Doofenshmirtz menjelaskan kepadanya seluruh rencana untuk menghindarkan teror di atas "seluruh Daerah Tiga Negara Bagian", yang kemudian dia jelaskan, setelah Perry menghapus "penyamarannya", melalui penggunaan seluruh bangunan, yang berubah menjadi sebuah robot raksasa (konstruksi yang diraih dari Doofenshmirtz membeli mainan konstruksi dengan kecepatan yang mengkhawatirkan).

Phineas dan Ferb, yang tidak menyadari ancaman Candace, melanjutkan kebintangan mereka, menuju ke "Huge-O-Records" di mana mereka ditawari kontrak rekaman. Candace mencoba untuk menunjukkan pada ibu mereka poster band tersebut saat mereka sedang dalam perjalanan (membawa serta jaket yang belum pernah dibayar ibunya. Penjaga keamanan datang dan membawa ibu mereka kembali untuk membayar jaket itu, terlepas dari dia yang mengenalnya seperti Lindana), meskipun berada di sebuah bangunan yang dijadwalkan untuk pembongkaran dan hancur (ironisnya, senjata itu akan dihancurkan oleh robot Doofenshmirtz, jika Perry tidak mengubah arahnya). Ketika band ini berada di perusahaan rekaman, Phineas, mengikuti langkah yang diberikan ibunya, melemparkan sebuah amukan diva dan pergi, tanpa sadar bahwa CEO tersebut berencana untuk menggunakan rekaman video penampilan band tersebut untuk meneruskan warisan band tersebut.

Sementara itu, Doofenshmirtz, di dalam robotnya, menjebak Perry, menawarinya sebuah piring deli yang mengira dia telah menang; Perry, bagaimanapun, menyuruhnya menuang sejumlah besar lada ke atasnya, meniupnya dan menyebabkan robot tersebut bersin. Keduanya dikirim terbang dan menabrak gedung rekaman, Perry menggunakan pita PFT untuk mengikat dirinya dengan aman di tiang bendera di musim gugur yang bebas, sementara Doofenshmirtz merosot ke tanah, mendarat di atas kasur yang diletakkan di atas sebuah truk yang sedang parkir. Sayangnya, truk tersebut milik perusahaan kasur lipat dan Doofenshmirtz hancur oleh kasur dan kemudian dilumatkan oleh robotnya sendiri segera sesudahnya.

Candace, kembali ke mal (karena tidak berusaha lebih jauh untuk menjebak saudara laki-lakinya sejak ledakan bangunan dari sebelumnya), tertindas sampai dia hancur, Jeremy, meyakinkannya untuk tidak membiarkan kesenangan anak laki-laki menghancurkan masa lalunya dan bahwa jika dia mendapatkan kesempatan untuk bernyanyi, dia harus melakukannya, jadi dia bergabung dengan band menyanyikan lagu terkenal mereka di sebuah konser reuni. Ketika dia mengira akhirnya berhasil, band ini mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan karier mereka dan mal tutup, meninggalkannya dalam kegelapan.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pembuat serial Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh menulis "Flop Starz."

Pembuat serial, Dan Povenmire dan Swampy Marsh, menulis cerita untuk "Flop Starz;"[2] Sherm Cohen dan Antoine Guilbaud, sementara itu, membuat papan cerita.[1] Povenmire menyutradarai episode tersebut, yang dia lakukan untuk sebagian besar musim ini.[4] Povenmire dan Marsh menulis lagu unggulan, "Gitchee Gitchee Goo," seperti yang mereka lakukan dengan semua musik di acara tersebut.[5] Lagu itu dan "tema agen rahasia" Perry adalah yang pertama kali diangkat ke Disney, yang sangat menikmatinya sehingga mereka ingin pasangan itu menulis lagu untuk setiap episode.[6]

Perusahaan Disney ingin memulai seri dengan cara yang "besar." Alih-alih menayangkan perdananya dengan episode pilot, "Rollercoaster," mereka memilih "Flop Starz" dan menayangkannya di hari yang sama di setiap negara tempat Disney Channel disiarkan;[7] lebih dari seratus lima puluh wilayah.[8] Hal ini menyebabkan episode mengudara hampir enam bulan kemudian daripada yang direncanakan semula karena berbagai negara menyesuaikan naskah dan aktor pengisi suara yang dipekerjakan untuk merekam ulang bagian dalam bahasa yang dipilih.[7] Terlepas dari penundaan tersebut, episode tersebut secara resmi disiarkan pada tanggal 1 Februari 2008, memulai debutan maraton Disney yang berjudul "Phineas and Ferb-uary."[3]

Referensi budaya[sunting | sunting sumber]

Episode ini berisi beberapa referensi tentang acara bakat American Idol, saat kompetisi yang dimainkan Candace dan "Phineas and the Ferb-tones" tampil di The Next American Pop Teen Idol Star, adalah parodi yang lengkap darinya.[9][10] Episode ini juga merujuk pada kegemaran terhadap grup vokal pria dan genre pop, lebih khusus lagi gaya "bubblegum",[10] termasuk judulnya, sebuah drama tentang "bintang pop."[11]

Candace, yang sedang mencoba pakaian, mengenakan pakaian pelaut, seragam pekerja konstruksi, pakaian asli Amerika, pakaian pengendara motor, dan seragam polisi; ini mengacu pada pakaian yang dikenakan oleh lima anggota kelompok disko tahun 1970-an Village People.[11]

Nama samaran Linda sebagai satu keajaiban, "Lindana," adalah tipuan dari penyanyi terkenal Madonna; juga, judul singel hitnya "I'm Lindana and I Wanna Have Fun" mengacu pada lagu hit tahun 1983 "Girls Just Want to Have Fun" oleh Cyndi Lauper. Selanjutnya, selama akhir kredit, CD kompilasi terbaik untuk lagu tersebut yang berjudul "The Essential Lindana: Still Fun..." yang merupakan permainan umum pada CD "The Essentials".[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rating[sunting | sunting sumber]

Logistik dan teknis, itu mewakili prestasi yang cukup bila Anda mempertimbangkan jenis usaha yang melibatkan bidang seperti alih suara, promosi dan pemasaran.

—Jonathan Boseley, Wakil Direktur Pemrograman Disney Channel untuk Britania Raya, Skandinavia dan pasar negara berkembang, pada peringkat episode tersebut.[8]

"Flop Starz", seperti yang dicatat oleh Disney, penayangan perdana serial animasi nomor satu yang ditonton di kabel untuk demografis "pra-remaja".[12] Empat juta pemirsa telah dilaporkan melihatnya tanpa demografis tertentu.[13] Percikan ini berlanjut, yang mengarahkan serial tersebut sebagai serial animasi dengan rating teratas untuk anak-anak (6–11) dan pra-remaja (9–14) untuk kuartal pertama tahun ini.[12]

Di seluruh dunia, episode tersebut mengumpulkan lebih dari 23,5 juta pemirsa dari lebih dari seratus lima puluh wilayah yang disiarkannya, termasuk Britania Raya, Australia, dan Amerika Serikat. Wakil direktur pemrograman Disney Channel untuk Britania Raya, Skandinavia dan pasar negara berkembang, telah menanggapi peringkat tinggi tersebut, yang menjelaskan bahwa hal itu merupakan pencapaian karena usaha yang dihabiskan dengan pemasaran dan alih suara.[8]

"Gitchee Gitchee Goo" dan barang dagangan[sunting | sunting sumber]

Beberapa kritikus telah mengulas dengan positif lagu "Gitchee Gitchee Goo" dari episode tersebut, yang menyatakan bahwa "mungkin bisa mendapatkan drama radio 20 tahun yang lalu."[5][10] Disney juga cukup menikmatinya untuk meminta para pembuat menulis lagu setiap episode.[6] Lagu tersebut sejak saat itu membuat penampilan singkat di episode selanjutnya, baik dalam bentuk "musik lift" atau sebagai lagu itu sendiri. Lagu ini ditampilkan sebagai versi panjang pada album Disney Channel Playlist, yang menampilkan beberapa lagu dari berbagai artis Disney Channel.[14][15] Lagu ini juga merupakan salah satu dari dua puluh enam lagu yang muncul di jalur suara resmi dari serial tersebut, yang dirilis pada tanggal 29 September 2009.[16][17][18][19] Episode ini adalah satu dari beberapa yang ditampilkan di DVD volume pertama musim satu yang berjudul "The Fast and the Phineas." Dalam DVD, dipasangkan dengan pasangan produksinya "Are You My Mummy?"[20][21] Lara Bergen mengadaptasi episode tersebut, bersamaan dengan episode satu musim yang sama "Lights, Candace, Action!" menjadi novelet bagi pembaca muda yang berjudul Runaway Hit.[22] Itu adalah kedua dari seri novelisasi yang dibuat dari serial ini.[23]

Versi panjang dari "Gitchee Gitchee Goo" juga muncul dalam episode Musical Cliptastic Countdown, telah terpilih sebagai lagu yang paling banyak diminta pada musim pertama acara tersebut; setelah singel hipnotis My Name Is Doof dinyanyikan, dan para penonton telah diperbudak oleh Heinz Doofenshmirtz, Perry si Platipus, setelah diberi tahu oleh Mayor Monogram bahwa mereka memerlukan sesuatu yang lebih menarik untuk menetralisir efek lagu tersebut, menarik sebuah tirai, oleh karena itu mengungkapkan versi yang panjang dan memecahkan mantra.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

1.^ Dua episode ("Rollercoaster" dan "Lawn Gnome Beach Party of Terror") disiarkan sebelum episode ini sebagai pratayang, menjadikannya yang ketiga untuk disiarkan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Opening credits for "Flop Starz"". Phineas and Ferb. Disney Channel. 2008-02-01. No. 3, season 1.
  2. ^ a b ""Phineas and Ferb" Flop Starz (2008) – Writers". Internet Movie Database. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  3. ^ a b Yoo, Jean; Diamond, Hope. "Disney Channel's animated comedy series "Phineas and Ferb," from creators Dan Povenmire and Swampy Marsh, to be seen every night of "Ferb-Bruary" at 8:00 P.M, ET/PT". Disney Channel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 November 2009. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  4. ^ "Dan Povenmire – Filmography". Internet Movie Database. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  5. ^ a b Dan Povenmire, Jeff "Swampy" Marsh. "The Geek Dads" Podcast interview with Povenmire & Marsh (Podcast). Wired. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  6. ^ a b Strike, Joe. "From Swampy & Dan Emerges Phineas and Ferb", Page 2.". Animation World Magazine. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  7. ^ a b Piper Reese, Dan Povenmire, Jeff "Swampy" Marsh. Piper's Picks TV #032: Piper Goes Hollywood – Dr. Doofenshmirtz & Major Monogram! (Video). Piper's Pick TV. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  8. ^ a b c Clarke, Steve (2008-02-22). "'Ferb' reinvents animation launch". Variety. 
  9. ^ Lowry, Brian (2009-01-31). "Analysis of Phineas and Ferb the TV Series". Variety. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  10. ^ a b c Stewart, Susan (2008-02-01). "Bored Stepbrothers, Intrepid Platypus". New York Times. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  11. ^ a b c "Phineas and Ferb: Flop Starz Allusions". TV.com. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  12. ^ a b Ball, Ryan (2008-04-10). "Disney Renews Phineas and Ferb". Animation Magazine. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  13. ^ Levin, Gary (2009-01-05). "Nielsen ratings: 'House' gets a boost after a super Super Bowl". USA Today. 
  14. ^ "Disney Channel Playlist". Disney.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-06. Diakses tanggal 2009-07-04. 
  15. ^ Bonner, Julie (2009-05-09). "Disney Channel Playlist Drops on June 9th". Disney Society. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  16. ^ Bynum, Aaron H. (2009-06-19). "'Phineas and Ferb' Animation Springs for Three". Animation Insider. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  17. ^ "Rock Your Summer With Music from Your Favorite Stars!". Disney Channel Playlist. various artists. The Walt Disney Company. 2009. hlm. 1. 
  18. ^ "Phineas and Ferb (IMPORT)". Amazon.com. Diakses tanggal 2009-08-17. [pranala nonaktif]
  19. ^ "Phineas and Ferb Soundtrack". Disney Music. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-03. Diakses tanggal 2009-08-23. 
  20. ^ Cedeno, Kevin. "Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas DVD Review". Ultimate Disney. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  21. ^ Cornelius, David (2008-08-21). "Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas: DVD Talk Review of the DVD Video". DVD Talk. Diakses tanggal 2009-08-14. 
  22. ^ Bergen, Lara. Runaway Hit (back cover). ISBN 1-4231-1797-2. 
  23. ^ "Runaway Hit (Volume 2)". Disney Books. Diakses tanggal 2009-08-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]