High School Musical 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
High School Musical 2
HSM2poster.jpg
Release poster
Sutradara Kenny Ortega
Produser Bill Borden
Kenny Ortega
Penulis Peter Barsocchini
Pemeran Zac Efron
Vanessa Hudgens
Ashley Tisdale
Lucas Grabeel
Corbin Bleu
Monique Coleman
Musik Randy Peterson
Antonnia Armato
Andy Dodd
Faye Greenberg
Jamie Houston
David Lawrence
Adam Watts
Matthew Gerrard
Kevin Quinn
Robbie Nevil
Shankar Mahadevan[1]
Sinematografi Gordon Lonsdale
Penyunting Seth Flaum
Distributor Bendera Amerika Serikat
Disney Channel
Bendera Kanada
Family
Tanggal rilis
17 Agustus 2007
Durasi
111 menit.
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $7,000,000[2]

High School Musical 2 merupakan sebuah film Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2007. Film yang disutradarai oleh Kenny Ortega ini dibintangi oleh Zac Efron, Vanessa Hudgens, Ashley Tisdale, Lucas Grabeel, Corbin Bleu, dan Monique Coleman. Saat ini High School Musical 2 memegang rekor sebagai film produksi DCOM(Disney Channel Original Movie) yang paling banyak ditonton pada hari pertama penayangannya di AS, yaitu sebanyak 17,7 juta orang, meningkat hampir 10 juta dibanding film sebelumnya.

Tanggal rilisnya pada 17 Agustus 2007 di Amerika Serikat.

Jalan Cerita[sunting | sunting sumber]

Tahun ajaran berlalu dengan gembira. Semua murid East High berpesta menyambut liburan musim panas (What Time Is It). Troy masih berpacaran dengan Gabriella Montez, yang berencana untuk tetap di Albuquerque dengan ibunya. Troy berencana untuk mencari pekerjaan di musim panas untuk mengumpulkan uang buat kuliah.

Sharpay dan Ryan Evans berencana untuk menghabiskan sebagian waktu mereka di klub olahraga milik keluarganya, Lava Springs (Fabulous), tetapi Sharpay juga punya rencana lain yaitu dengan membujuk Troy untuk bekerja di klubnya. Troy sendiri juga membujuk manajer klub, Mr. Fulton, agar Gabriella dan beberapa teman Wildcats lainnya (termasuk Chad dan Taylor) juga bisa diterima. Sharpay sangat marah ketika mengetahui kalau Gabriella juga bekerja sebagai salah satu lifeguard di klubnya, tetapi tidak bisa memecatnya. Maka Sharpay meminta Fulton untuk memberikan tugas yang sulit sehingga mereka mengundurkan diri. Selanjutnya Fulton berusaha untuk mengintimidasi Wildcats tetapi Troy membangkitkan kepercayaan diri mereka dan membujuk mereka kalau mereka masih bisa berusaha (Work This Out).

Troy tetap khawatir mengenai masalah dana untuk kuliahnya. Sharpay mengetahui kebutuhannya ini dan merencanakan agar Troy bisa dipromosikan, berharap juga agar Troy mau bernyanyi bersamanya di acara pencarian bakat. Sementara itu, Kelsi menulis lagu untuk Troy dan Gabriella. Troy akhirnya setuju untuk bernyanyi dengan teman-temannya di acara tersebut (You Are The Music In Me), tidak mengetahui bahwa Sharpay sedang memata-matai mereka. (Di versi extended, Sharpay dan Ryan mencegat Troy ketika ia mau berkencan dengan Gabriella, dan menunjukkan aksi mereka (Humuhumunukunukuapua'a).

Ryan menyadari bahwa ia tidak seberapa berguna lagi oleh Sharpay, karena Sharpay memutuskan untuk mendepak adiknya untuk melakukan aksi pertunjukkan dengan Troy. Hal ini meningkatkan ketegangan di antara saudara kembar ini dan Ryan memperingatkan Sharpay bahwa ia tidak akan lagi menuruti perintahnya. Tak lama kemudian, Taylor dan Gabriella bertemu Ryan di halaman klub dan mengajaknya bermain baseball. Ryan juga menjanjikan anggota Wildcats lainnya mendapat bagian di acara pencarian bakat (I Don't Dance).

Hubungan Troy dan Gabriella menjadi tegang ketika Troy melihat Gabriella dan Ryan. Mempunyai utang janji, Troy dan Sharpay berlatih lagu mereka untuk acara pencarian bakat di musim panas (Midsummer Night's Talent Show) (You Are The Music In Me (Sharpay Version)).

Ketika Sharpay menemukan Ryan dan anggota Wildcats lainnya sedang melakukan latihan mereka sendiri, dia meminta Fulton untuk melarang semua staf junior berpartisipasi di acara pencarian bakat. Gabriella dengan marah lalu berkonfrontasi dengan Sharpay dan memutuskan keluar dari Laca Springs. Troy mendengar percakapan tersebut, dan membujuk Gabriella untuk bertahan. Gabriella mengungkapkan kehilangan kepercayaannya pada Troy (Gotta Go My Own Way) lalu pergi.

Troy kembali bekerja keesokan harinya dan menemukan kalau semua sahabatnya tidak mau bicara dengannya. Kelsi meunjukkan kertas dari Fulton, yang menyebabkan Troy berpikir lagi apa motivasinya bekerja di Lava Springs (Bet On It). Ia memulai hubungan kembali dengan Chad dan teman lainnya. Lalu Troy juga bicara dengan Sharpay untuk memberi tahu bahwa ia tidak mau bernyanyi bersamanya. Wildcats dan Chad memaafkan Troy dan malah menyuruhnya untuk tampil.

Karena instruksi dari Sharpay, Ryan memberi Troy sebuah lagu baru untuk dipelajari dengan cepat sebelum acara. Ketika ia akan tampil, dia menanyakan pada Sharpay mengapa lagunya diganti, dan Sharpay sangat kaget dan kesal ketika mengetahui adiknya mengerjainya. Troy menyanyikan lagu itu sendirian (Everyday) sampai tiba-tiba Gabriella muncul dan ikut bernyanyi bersama di panggung. Di akhir acara, Sharpay dengan bangga memberikan hadiah utamanya pada Ryan. Setelah acara bakat, Wildcats pergi ke lapangan golf untuk menikmati kembang api serta Troy dan Gabriella berciuman untuk pertama kali. Film diakhiri dengan keenam bintang utamanya menyanyikan lagu di area kolam renang (All For One).

Para Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Troy Bolton (Zac Efron) adalah pemain protagonis utama di fim ini. Ia adalah murid paling populer di East High School, dan kapten tim basket. Untuk fil ini, Efron menyanyikan semua lagunya sendiri, yang di mana di film sebelumnya, suaranya dicampur dengan suara Drew Seeley.
  • Gabriella Montez (Vanessa Hudgens) adalah pacar Troy. Bekerja sebagai "lifeguard" di Lava Springs Country Club.
  • Sharpay Evans (Ashley Tisdale) adalah pemain antagonis utama. Ia selalu berusaha untuk memenangkan kontes bakat dengan cara apapun juga dan menyabotase hubungan Troy dan Gabriella.
  • Ryan Evans (Lucas Grabeel) adalah saudara kembar Sharpay yang hidup dalam bayang-bayang ketenaran saudaranya.
  • Chad Danforth (Corbin Bleu) adalah sahabat Troy, juga berteman baik dengan Jason dan Zeke.
  • Taylor McKessie (Monique Coleman) adalah sahabat Gabriella dan pacar Chad Danforth. Juga berteman dengan Kelsi dan Martha. Merupakan kapten dari team Scholastic Decathlon. Bekerja di Lava Springs sebagai Koordinator Aktivitas. Ia juga yang pertama kali menyadari ada hubungan yang tidak beres antara Sharpay dan Troy.
  • Thomas Fulton (Mark L. Taylor) adalah manajer Lava Springs. Dia selalu berusaha mengabulkan permintaan Sharpay apapun caranya.
  • Jack Bolton (Bart Johnson) adalah ayah Troy.
  • Vance Evans (Robert Curtis Brown) adalah ayah Sharpay and Ryan
  • Darby Evans (Jessica Tuck) adalah ibu Sharpay and Ryan and presiden dari Lava Springs Board.
  • Ms. Darbus (Alyson Reed) merupakan guru drama di East High. Hanya muncul di awal saja.
  • Kelsi Nielsen (Olesya Rulin) adalah siswa East High yang pandai bermain piano dan juga merupakan seorang komposer.
  • Zeke Baylor (Chris Warren Jr.) merupakan teman baik Troy dan Chad. Pandai memasak dan juga anggota tim basket.
  • Jason Cross (Ryne Sanborn) merupakan teman baik Troy dan Chad dan anggota tim basket. Suka menanyakan pertanyaan bodoh di kelas.
  • Martha Cox (Kaycee Stroh) merupakan siswa East High. Berteman dengan Gabriella, Kelsi, dan Taylor.
  • Jackie (Tanya Chisholm)merupakan teman Sharpay (atau The Sharpettes).
  • Lea (Kelli Baker), Sharpette lainnya.
  • Emma (McCall Clark), Sharpette lainnya.
  • Lucille Bolton (Leslie Wing Pomeroy) adalah ibu Troy dan istri Mr. Bolton.

Musik[sunting | sunting sumber]

Judul Dinyanyikan oleh Penyanyi lainnya Latar
What Time Is It Troy, Gabriella, Sharpay, Ryan, Chad, Taylor Wildcats Kelas, Koridor, dan kantin East High
What Time Is It (Reprise) Troy, Gabriella, Sharpay, Ryan, Chad, Taylor Wildcats Halaman depan East High
Fabulous Sharpay dan Ryan Sharpettes Kolam Lava Springs
Work This Out Troy, Gabriella, Chad, Taylor, Kelsi, Zeke, Martha, Jason Wildcats dan pekerja dapur Dapur Lava Springs
You Are The Music In Me Troy dan Gabriella Kelsi dan Wildcats Ruang makan Lava Springs
Humuhumunukunukuapua'a Sharpay dan Ryan Sharpettes Halaman belakang Lava Springs
I Don't Dance Chad dan Ryan Pemain Baseball, Wildcats, dan Company Lapangan Baseball Lava Springs
You Are The Music In Me (Reprise) Troy & Sharpay Sharpettes Panggung Lava Springs
Gotta Go My Own Way Gabriella Troy Kolam, taman, dan locker Lava Springs
Bet On It Troy Tidak ada Lapangan Golf Lava Springs
Everyday Troy and Gabriella Wildcats dan Company Panggung Lava Springs
All For One Troy, Gabriella, Sharpay, Ryan, Chad, Taylor Kelsi, Zeke, Martha, Jason, Wildcats, Company Kolam Lava Springs

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]