Perry si Platipus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Perry si Platipus
Tokoh Phineas dan Ferb
Gambar warna Perry the Platypus, berdiri tegak, memakai topi
Perry sebagai "Agen P"
Penampilan pertama "Rollercoaster" (2007)
Penampilan terakhir "The O.W.C.A Files" (2015)
Pencipta Dan Povenmire
Jeff "Swampy" Marsh
Pengisi suara Dee Bradley Baker
Informasi
Alias Agen P
Perry
Spesies Platipus
Jenis kelamin Laki-laki
Pekerjaan Spionase
Kerabat Phineas Flynn dan Ferb Fletcher (pemilik)

Perry si Platipus, dikenal juga sebagai Agen P atau disingkat Perry, adalah sebuah platipus antropomorfik yang tak berbicara dari serial televisi animasi Phineas dan Ferb. Perry diciptakan oleh pembuat serial tersebut, Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh. Karakter tersebut pertama kali muncul bersama dengan kebanyakan karakter utama dalam episode pilot "Rollercoaster." Perry tampil sebagai bintang dari subalur untuk setiap episode serial ini, bersama dengan musuhnya Dr. Heinz Doofenshmirtz. Karakter tersebut merupakan karakter yang paling sunyi. Suaranya (gemerincing paruh Perry) diisi oleh Dee Bradley Baker.

Perry adalah platipus hewan peliharaan keluarga Flynn-Fletcher, dan dianggap tidak berperasaan dan dijinakkan. Namun secara rahasia, ia menjalani kehidupan ganda sebagai anggota organisasi spionase hewan yang disebut O.W.C.A. (Organization Without a Cool Acronym atau Organisasi Tanpa Singkatan Keren dalam bahasa Indonesia). Banyak pintu masuk rahasia ke tempat bawah tanahnya ada di sekitar rumah; Seperti sisi rumah, terutama pohon yang pemiliknya duduk di bawah halaman belakang, dan beberapa benda sehari-hari lainnya yang tampaknya menghindari perhatian keluarga. Perry juga memiliki pintu masuk di Hawaii dan Dakota Utara. Dia terlibat dalam pertempuran sehari-hari dengan Dr. Heinz Doofenshmirtz, seorang ilmuwan jahat yang ingin mengambil alih daerah tiga negara bagian dengan alat-alat yang tidak jelas yang bekerja sempurna sesuai dengan fungsinya yang telah ditentukan namun gagal dalam penerapannya setiap saat.

Perry dijadikan platipus karena penampilannya yang mencolok dari hewan dan kurangnya pengetahuan umum tentang hewan tersebut, yang memungkinkan penulis membuat segala sesuatu tentang spesies tersebut. Penerimaan kritis untuk karakter tersebut baik dari kalangan profesional maupun penggemar sangat positif. Barang dagangan dari karakter tersebut termasuk mainan mewah, kaus oblong, mainan kayu, kacamata, dan buku mewarnai, bersamaan dengan penampilan dalam sastra dan permainan video tahun 2009 untuk Nintendo DS.

Peran di Phineas dan Ferb[sunting | sunting sumber]

Perry sebagai platipus "normal".

Perry adalah platipus hewan peliharaan yang patuh kepada keluarga campuran Flynn-Fletcher, yang mengadopsinya karena tatapannya yang tidak fokus membuatnya tampak seolah-olah sedang melihat Phineas dan Ferb pada saat bersamaan, seperti yang ditunjukkan pada film 2011, Phineas and Ferb the Movie: Across the 2nd Dimension.[1][2] Tanpa sepengetahuan mereka, Perry menjalani kehidupan ganda sebagai mata-mata untuk memerangi kejahatan yang bekerja untuk "Organization Without a Cool Acronym"/The OWCA (bahasa Indonesia: Organisasi Tanpa Singkatan Keren), dengan menggunakan nama sandi "Agen P."[3][4][5] Dia melapor kepada atasannya, Mayor Monogram, melalui siaran di tempat persembunyiannya yang besar, berteknologi tinggi dan berada di bawah tanah. Setiap hari, dia terlibat dalam pertempuran dengan ilmuwan jahat Dr. Heinz Doofenshmirtz, yang mencoba menggunakan penemuan untuk mengambil alih daerah tiga negara bagian.[6][7] Perry selalu bisa menggagalkan rencana Doofenshmirtz dan dengan melakukan hal itu secara tidak sengaja menyebabkan penghancuran bentuk alat apa pun yang dimiliki pemiliknya, Phineas Flynn dan Ferb Fletcher, yang sedang dibangun untuk membuat musim panas lebih baik.[6] Phineas dan Ferb menyadari bahwa ada sesuatu yang bisa menyingkirkan skema mereka pada hari itu, tapi tidak tahu bahwa Perry adalah penyebab di baliknya dan sebagian besar mengabaikannya. Kakak mereka, Candace, juga tidak tahu bahwa Perry berada di balik kehancuran dan didorong mendekati kegilaan untuk mengetahuinya.[8][9] Sepanjang serial tersebut, Perry menyadari penemuan Phineas dan Ferb, namun sebagian besar tidak tertarik pada hal itu, kecuali setiap kali dia memperhatikan bahwa penemuan terbaru mereka dapat membantunya menggagalkan Doofenshmirtz.

Perry dan Doofenshmirtz pada mulanya nampaknya saling membenci di awal serial, dan telah menjadi musuh bebuyutan sejak mereka bertemu. Namun, mereka sering bersikap ramah dan ramah terhadap satu sama lain dan dikatakan oleh Doofenshmirtz bahwa Perry adalah sahabatnya, dan Perry sering bertindak untuk menyelamatkan kehidupan Doofenshmirtz saat komplotannya pasti meledak di wajahnya. Doofenshmirtz juga pergi keluar dari jalan dalam satu episode untuk menjadi lebih dekat dengan Perry setelah dia ditugaskan untuk mengawasi penjahat baru.[10] Biasanya, perkelahian sehari-hari mereka melibatkan Doofenshmirtz merancang sebuah skema, yang Perry mencoba untuk menghentikannya setelah mendapat pengarahan oleh Mayor Monogram. Dia terjebak oleh Doofenshmirtz saat mencoba melakukannya dan diberitahu tentang skema dokter, biasanya berkaitan dengan beberapa cerita masa lalu atau mengintip sebagai peliharaan. Dia kemudian lolos dan keduanya bertarung, Perry keluar sebagai pemenang dengan Doofenshmirtz berteriak "Terkutuklah, Perry si Platipus!".[11] Keduanya mengandalkan struktur harian ini, Doofenshmirtz bahkan secara khusus menyebutkannya dalam "Journey to the Center of Candace" dan dalam episode seperti "It's About Time!" di mana Doofenshmirtz sementara menggantikan Perry dengan agen rahasia Peter si Panda dan mereka menjadi depresi karena tidak saling bertarung.[10] Perry menyadari bahwa ia juga merindukan Doof. Ketika Perry tidak tiba di lokasi rencana jahat Doofenshmirtz, dokter tersebut ragu-ragu untuk melaksanakan rencananya dan ketakutan akan ke mana Perry pergi, meskipun dia mencatat bahwa dia "berharap sesuatu yang mengerikan telah terjadi padanya."[12] Terkadang, mereka memutuskan untuk tidak berkelahi dan bersenang-senang, seperti yang ditunjukkan pada "Happy New Year!" dan "Candace Disconnected".[13] Pada kesempatan lain, tergantung pada situasi apa pun yang dihadapi Doofenshmirtz, Perry sering membantu Doofenshmirtz dengan rencana tidak jahatnya, seperti membantunya mengatasi blok ilmuwan jahat, membantunya mengadakan pesta ulang tahun untuk putrinya yang berusia 16 tahun, Vanessa, mengesankan seorang gadis menari persegi dengan sepatu bot berdansa yang bisa diprogram yang dibuat Doofenshmritz, bekerja sama untuk menghentikan pemburu platipus yang mengamuk dari memburu mereka, atau membantunya meyakinkan mantan istrinya yang kaya untuk membantu melunasi utang hipoteknya. Selain itu, Perry cenderung menggunakan penemuan Doofenshmirtz untuk menghapus bukti alat aneh yang dibuat oleh Phineas dan Ferb, sehingga Candace tidak bisa menangkap mereka. Contohnya adalah ketika Perry meminta meminjam robot Doofenshmirtz yang bernama Norm untuk mengambil rekaman dari kamera pengintai kota untuk melestarikan pekerjaannya sebagai agen, dan juga menggunakan alat Doofenshmirtz yang bernama Pick-Him-Up-inator untuk menyelamatkan Candace yang hilang dan membawanya pulang.

Dalam Phineas and Ferb the Movie: Across the 2nd Dimension, versi alternatif (namun lebih jahat dan kejam) dari Perry (dikenal sebagai Platyborg) muncul. Platyborg kemudian kembali dalam sekuel episode tersebut, Tales from the Resistance: Back to the 2nd Dimension.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Penciptaan dan konsepsi[sunting | sunting sumber]

Pensil dan garis tinta sketsa agen rahasia platipus, mengenakan topi dan dengan ekspresi pasti, dalam pose dramatis
Karya seni papan cerita asli untuk Perry dalam episode pilot "Rollercoaster."

Saat mengerjakan serial televisi animasi Rocko's Modern Life, pembuat serial Phineas dan Ferb Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh menggunakan beberapa elemen berulang dalam episode yang mereka tulis. Di antaranya adalah urutan aksi dan adegan pengejaran.[14] Povenmire dan Marsh ingin menggunakan kembali elemen-elemen ini dalam serial mereka dan memilih Perry untuk mengeksekusinya.[1] Pasangan tersebut memberinya musuh bebuyutan yang konsisten dan terus menerus dalam bentuk Doofenshmirtz sebagai sarana untuk memungkinkan pemirsa mengenalnya.[15]

Ketika memilih spesies untuk Perry, Povenmire dan Marsh ingin mengingatnya dengan memilih salah satu hewan langka yang tidak bisa "memilih hewan peliharaan di toko hewan peliharaan dan meminta [orang tua mereka] untuknya."[16] Mereka memilih platipus karena penampilannya yang tidak jelas dan mencolok.[17] Hewan itu jarang digunakan dalam program animasi Amerika Serikat, jadi pasangan tersebut berpendapat bahwa Perry "tidak perlu bersaing dengan gagasan yang telah terbentuk sebelumnya yang mungkin akan dibawa penonton ke makhluk yang lebih konvensional."[16] Papan cerita kosong yang mereka berikan[16] memungkinkan mereka untuk "memperbaikinya" karena "tidak ada yang tahu banyak tentang [mereka]."[1]

Perry memiliki lagu tema yang berjudul "Perry," yang dinyanyikan oleh Randy Crenshaw dan Laura Dickinson, dan ditulis oleh Povenmire dan Marsh, yang menulis sebagian besar lagu dalam serial ini.[14][18] Lagu tersebut, bersama dengan nomor "Gitchee Gitchee Goo" dari episode "Flop Starz," adalah komposisi musik pertama Povenmire dan Marsh yang ditempatkan ke The Walt Disney Company. Mereka gugup melakukannya, karena, seperti yang dijelaskan Povenmire, "Disney memiliki sejarah musik yang besar -- bagaimana jika mereka membencinya?" Reaksi mereka, bagaimanapun, sangat positif dan pasangan diminta untuk menulis lagu untuk setiap episode, yang telah mereka setujui dengan keras.[14] Lirik pembuka untuk lagunya menggambarkan Perry sebagai definisi buku teks standar tentang platipus: "Dia adalah makhluk mamalia bertelur di perairan semi-akuatik."[19]

Desain[sunting | sunting sumber]

Seperti karakter serial lainnya, Perry terstruktur dengan gaya sederhana untuk memungkinkan pemirsa muda menggambarnya dengan mudah.[20] Sesuai dengan skema desain umum acara tersebut, Perry dibangun dari bentuk geometris dengan gaya yang mengingatkan pada animator Looney Tunes Tex Avery.[21] Povenmire menggunakan gaya desain yang berbeda untuk menggambar Perry tergantung bagaimana dia digambarkan. Ketika Perry digambarkan sebagai binatang peliharaan yang tidak waras dan tidak berperasaan, Povenmire dimulai dengan sebuah persegi berbentuk seperti sepotong roti. Dia kemudian menggambar kaki depan dan kakinya sebelum menggambar paruhnya, yang diatur pada sudut tertentu. Povenmire kemudian menggambar bola matanya, yang tidak pernah fokus dan melihat ke arah berlawanan dengan linglung. Dia menyimpulkan sosok itu dengan menambahkan kaki belakangnya, ekornya, rambutnya, dan akhirnya warnanya.[22]

Ketika digambarkan sebagai agen rahasia, Povenmire memulai dengan desain kotak roti yang serupa, namun menggambarnya berdiri tegak dan menempatkan fedora di atas kepalanya, yang dikombinasikan dengan batang persegi. Berbeda dengan ekspresinya yang picik dan bermata liar seperti hewan peliharaan, versi agen rahasia Perry dirinci dengan mata "penuh dengan tekad biru yang empuk." Povenmire melanjutkan dengan menggambar tangannya, dengan tangan kosong yang terbuka dan siap berperang atau bahaya. Kakinya bengkok, juga dipersiapkan untuk tindakan bahaya atau tindakan yang dibutuhkan. Povenmire menyelesaikan desain dengan menambahkan ekor berang-berangnya dan warna.[22]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Gambar kepala seorang pria, duduk di depan mikrofon
Dee Bradley Baker mengisi suara Perry.[2]

Identitas Perry yang menyamar sebagai hewan peliharaan membawa karakter ke seluruh serial tersebut untuk menganggapnya sebagai "hewan peliharaan domestik tanpa pikiran" yang "tidak berbuat banyak".[23][24] Definisi karakter ini menyebabkan Phineas dan Ferb menjadi ujung tombak produksi mainan baru berdasarkan Perry yang disebut "Perry the Inaction Figure," yang taglinenya berputar di sekitarnya tidak melakukan apa-apa selain membiarkan pelanggan mewujudkannya sesuai keinginan mereka.[23] Sebenarnya, Perry adalah petarung terampil yang mampu melakukan beberapa gerakan pertarungan judo yang tidak masuk akal dan lolos.[25] Dia memiliki akses ke beberapa jenis teknologi dan penemuan yang diberikan kepadanya oleh O.W.C.A., termasuk sebuah hover craft yang disebut "Platypusmobile,"[26] sebuah jet ski,[27] dan sebuah set peluit yang memungkinkannya untuk memanggil berbagai jenis hewan.[28] Warna kesukaannya adalah perry-winkle.

Meskipun penampilannya sebagai hewan peliharaan dosmetik kebanyakan tertutup, Perry tetap mengungkapkan kepedulian dan pengabdiannya untuk keluarga Flynn-Fletcher. Dalam episode "The Ballad of Bad Beard", Perry berhasil menyeret Candace keluar dari Gua Gelap sebelum diumpat karena "tombol penghancur diri" Doofenshmirtz yang tidak sengaja ditekan Candace saat berada di bawah halusinasi lumut oranye, yang di pikirannya adalah mesin penjual otomatis. Dia melakukan ini meskipun dia tahu bahwa Candace melihat bahwa Perry adalah agen rahasia yang berbicara dengan Agen E (Elang) dan Mayor Monogram dalam telur yang retak. Candace mengira dia hanya berhalusinasi karena lumut oranye yang sengaja disentuhnya tadi di episode itu. Juga, ketika penemuan Doofenshmirtz dalam episode "Journey to the Center of Candace" dapat menyebabkan kerusakan parah pada Phineas dan Ferb, Perry benar-benar mengalahkan Doofenshmirtz dan dengan cepat memborgolnya. Dia kemudian mengikatnya ke pipa dan, alih-alih membiarkannya seperti biasanya dalam serial tersebut, memanggil pasukan khusus dari O.W.C.A. untuk datang dan menangkap dokter, meskipun mereka tidak pernah muncul.[11] Dalam "Oh, There You Are, Perry," Doofenshmirtz diturunkan ke tingkat ancaman yang rendah dan Perry ditugaskan kembali ke musuh baru. Hal ini menyebabkan dia harus meninggalkan rumahnya Flynn-Fletcher, yang membuatnya sedih dan dia tidak menikmati penjahat barunya. Phineas dan Ferb sangat takut di mana Perry bisa pergi ke sana dan memasang beberapa selebaran di sekitar kota agar orang menemukannya. Mereka memutuskan untuk mengadakan sebuah konser di atap sebuah gedung, menyanyikan sebuah lagu tentang betapa mereka mencintai Perry dan menginginkan dia pulang ke rumah. Saat bersamaan, Perry ditugaskan kembali ke Doofenshmirtz lagi dan kembali ke saudaranya sekali lagi.[29]

Meskipun Perry antropomorfik, dia tidak berbicara, hanya berkomunikasi melalui jenis suara "keributan mendengkur" yang dibuat dengan mengepakkan paruhnya.[16] Suara ini disediakan oleh aktor Dee Bradley Baker; sampai hari ini, Povenmire dan Marsh tidak mengerti bagaimana Baker menghasilkan kebisingan. Thomas Sangster, yang memerankan Ferb, sangat pandai membuat keributan dan dianggapnya sebagai yang kedua setelah Baker sendiri.[30] Ketika di kepribadian "Agen P"-nya, Perry hampir sepenuhnya diam.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai karakter, Perry telah diterima dengan baik oleh penggemar dan kritikus. Seperti yang ditulis Cynthia Littleton dari majalah Variety, "Perry si platipus adalah bintang pelarian dari kartun Disney Channel 'Phineas dan Ferb.'"[16] Penulis The New York Times Susan Stewart menyebutnya "pemberani."[5] Jean Yoo, anggota pers untuk Disney Channel, mengatakan bahwa Perry "ramah tamah" dan "membuat James Bond terlihat seperti seorang dengan peringkat amatir."[2] Aaron H. Bynum dari Animator Insider berpendapat bahwa dia "pasti yakin."[31] Carly H. dari Scholastic, Inc. menyatakan Perry "sangat hebat."[4] Josh Jackson, editor Paste, menggambarkan hubungan Perry dan Doofenshmirtz sebagai "pitch-perfect."[32]

Beberapa pengulas juga berkomentar negatif tentang Perry dan subalurnya, yang oleh Sherry Robinson dari St. Petersburg Times menganggap "orang cantik."[1] Kevin McDonough dari Sun Coast Today menggambarkannya sebagai "rumit" dan "terhubung secara longgar" dengan sisa serial lainnya, menulis bahwa dia "tidak yakin apa ini berhasil kecuali untuk menambahkan suara ledakan ke hiruk pikuk yang sudah konstan dan berteriak."[33] Ed Liu dari Toon Zone merasa "benar-benar membingungkan apa yang agen rahasia Perry lakukan di acara ini di tempat pertama." Liu menganggap subalurnya menjadi semacam "membuang segala sesuatu ke dinding dan melihat elemen apa yang ada" dan menulis bahwa "banyak episode-episode sebelumnya tidak berhasil melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menyeimbangkan subalur dan yang utama."[34]

Perry dinominasikan untuk Nickelodeon Kids' Choice Award pada tahun 2014 dengan kategori Favorite Animated Animal Sidekick.[35]

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Selain serial televisi utama, Perry telah tampil di beberapa barang Phineas dan Ferb. Sampai saat ini, ia telah muncul dalam semua novelisasi Phineas dan Ferb, yang diterbitkan oleh Disney Press.[36][37][38][39] Karakternya telah diadaptasi menjadi mainan mewah berukuran 20 inci, yang dirilis oleh The Walt Disney Company. Mainan tersebut memiliki sebuah tombol di tangannya yang memungkinkannya mengeluarkan suara gemuruh khas Perry.[40] Kaus oblong tertentu berdasarkan serial tersebut yang dirilis oleh Disney dan situs ritel daring Zazzle juga menampilkan Perry dan ungkapan "Hei, di mana Perry?" yang kebanyakan karakter seperti Phineas, Isabella, Stacy, Irving, Ferb, dan Lawrence mengucapkan ketika Perry pergi ke Mayor Monogram di tempat rahasianya di hampir setiap episode. Ada juga kaus oblong dengan wajah Perry.[41][42][43] Perry muncul dalam permainan video Nintendo DS berdasarkan serial ini, yang hanya berjudul Phineas and Ferb, di mana permainan mini melibatkan Perry menghentikan skema kejahatan terbaru Doofenshmirtz.[44][45] Mulai 1 April 2014, Perry juga menjadi karakter yang bisa dimainkan dalam permainan video Disney Infinity.[46] Dia juga muncul dalam Where's My Water?: Swampy's Underground Adventures episode "Double Trouble".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Robinson, Sherry (2009-04-18). "Quick wit, funny characters drive Phineas and Ferb". St. Petersburg Times. St. Petersburg, Florida. Diakses tanggal 2009-08-16. 
  2. ^ a b c Yoo, Jean. "Making Of..."Phineas and Ferb"". Disney Channel Medianet. Diakses tanggal 2009-11-22. 
  3. ^ Cornelius, David (2008-08-21). "Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas". DVD Talk. Diakses tanggal 2009-11-05. 
  4. ^ a b H., Carly (2009-06-14). "Summer Fun with Phineas, Ferb, Swampy, and Dan". Scholastic, Inc. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  5. ^ a b Stewart, Susan (2008-02-01). "Bored Stepbrothers, Intrepid Platypus". The New York Times. Diakses tanggal 2009-09-30. 
  6. ^ a b Blum, Matt (2008-07-09). "Phineas and Ferb: Kid Inventors and a Secret Agent Platypus". Wired. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  7. ^ "Lawn Gnome Beach Party of Terror". Writers: Dan Povenmire, Jeff "Swampy" Marsh, Martin Olson, Bobby Gaylor; Directors: Dan Povenmire. Phineas and Ferb. Disney Channel. 2007-10-28. No. 2, season 1.
  8. ^ "Fireside Girl Jamboree". Writers: Sherm Cohen, Chong Lee; Director: Zac Moncrief. Phineas and Ferb. Disney XD. 2009-10-24. No. 17 (part 2), season 2.
  9. ^ "Don't Even Blink". Writers: Antoine Guilbaud, Kim Roberson; Director: Robert F. Hughes. Phineas and Ferb. Disney XD. No. 5, season 2.
  10. ^ a b "It's About Time!". Writer and Director: Dan Povenmire. Phineas and Ferb. Disney Channel.
  11. ^ a b "Journey to the Center of Candace". Writer: Martin Olson, Bobby Gaylor; Director: Dan Povenmire. Phineas and Ferb. Disney Channel.
  12. ^ "Hail Doofana!". Writers: Antoine Guilbaud, Aliki Theofilopoulos; Director: Zac Moncrief. Phineas and Ferb. Disney Channel. No. 26 (P.2), season 1.
  13. ^ "Happy New Year!". Writers: Dani Vetere; Director: Sue Perrotto. Phineas and Ferb. Disney Channel. No. 2, season 4.
  14. ^ a b c Strike, Joe. (2008-02-01). "From Swampy & Dan Emerges Phineas and Ferb". Animation World Magazine: 2. 
  15. ^ Marsh, Jeff; Povenmire, Dan (2009-07-26). "Phineas and Ferb" creators Dan Povenmire and Swampy Marsh (Audio interview). Audioholywood.net. Diakses tanggal 2009-11-26. 
  16. ^ a b c d e Littleton, Cynthia (2009-11-20). "'Phineas' star Perry makes mark on auds". Variety. Diakses tanggal 2009-11-26. 
  17. ^ Bond, Paul (2009-06-07). "Q&A: Dan Povenmire". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-21. Diakses tanggal 2009-08-26. 
  18. ^ Yoo, Jean. "Phineas and Ferb — Show description". Disney Channel Medianet. Diakses tanggal 2009-11-26. 
  19. ^ Povenmire, Dan. Interview with Ernie D. Planet Premiere. 2009-10-19.
  20. ^ Galas, Marjorie. "Phineas and Ferb: Music, Mischief, And The Endless Summer Vacation". 411 News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-06-07. Diakses tanggal 2009-09-30. 
  21. ^ Strike, Joe. "From Swampy & Dan Emerges Phineas and Ferb". Animation World Magazine: 1. Diakses tanggal 2009-09-30. 
  22. ^ a b "Memorial Day Marathon" (PDF). Disney Channel. Diakses tanggal 2009-09-30. 
  23. ^ a b "Toy to the World". Writers: Martin Olson, Bobby Gaylor, Chong Lee, Mike Diederich; Director: Dan Povenmire, Zac Moncrief. Phineas and Ferb. Disney Channel. No. 8 (P.2), season 1.
  24. ^ "Rollercoaster". Writers: Dan Povenmire, Jeff "Swampy" Marsh; Director: Dan Povenmire. Phineas and Ferb. Disney Channel. 2007-08-17. No. 1, season 1.
  25. ^ "Ready for the Bettys". Writers: Bobby Gaylor, Martin Olson; Director: Zac Moncrief. Phineas and Ferb. Disney Channel. 2008-02-16. No. 14, season 1.
  26. ^ Povenmire, Dan (2008). Phineas and Ferb volume one featurette "Original Pitch" (DVD). Buena Vista Home Entertainment. 
  27. ^ "The Ballad of Badbeard". Director: Dan Povenmire. Phineas and Ferb. Disney Channel. No. 13 (P.2), season 1.
  28. ^ "Raging Bully". Writers: Dan Povenmire, Jeff "Swampy" Marsh; Directors: Dan Povenmire and Zac Moncrief. Phineas and Ferb. Disney Channel.
  29. ^ "Oh, There You Are, Perry". Writers: Aliki Theofilopoulos Grafft, Antoine Guilbaud; Director: Robert F. Hughes. Phineas and Ferb. Disney XD. No. 10, season 2.
  30. ^ Povenmire, Dan (2009-04-22). Piper's Pick #32. Piper's Pick TV. Diakses tanggal 2009-09-30. 
  31. ^ Bynum, Aaron (2008-07-30). "Disney's 'Phineas and Ferb' Animation on DVD". Animation Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-07. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  32. ^ Jackson, John (2009-03-31). "Five Reasons Why Phineas and Ferb is the Best Kids Show on TV". Paste. Diakses tanggal 2009-11-25. 
  33. ^ McDonough, Kevin (2008-02-01). "'Phineas and Ferb' is frantic from start to finish". Sun Coast Today. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  34. ^ Ed Liu (30 Juli 2008). ""Phineas and Ferb: The Fast and the Phineas" Is 2 Fast, Kinda Phunny". Toon Zone. Diakses tanggal 1 September 2015. 
  35. ^ Brown, Laurel (20 Maret 2014). "Kids' Choice Awards 2014 Full Winners List". Zap2It. 
  36. ^ Jones, Jasmine (2009). Speed Demons. Disney Press. ISBN 1-4231-1628-3. 
  37. ^ Bergen, Lara Rice (2009). Runaway Hit. Disney Press. ISBN 1-4231-1797-2. 
  38. ^ Mayer, Helena. Wild Surprise. ISBN 978-1-4231-1798-8. 
  39. ^ Richards, Kittie. Thrill-o-rama. ISBN 978-1-4231-1799-5. 
  40. ^ "20 Talking Perry Plush Toy". Disney Store. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-31. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  41. ^ "Disney — Boys' Phineas & Ferb Short-Sleeve Tee". Walmart. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  42. ^ "Hey, where's Perry? T Shirts". Zazzle. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  43. ^ "Disney Platypus Shirts". Zazzle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-24. Diakses tanggal 2009-11-27. 
  44. ^ "Phineas and Ferb DS for the DS". What They Play. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September 2009. Diakses tanggal 2009-11-28. 
  45. ^ "Phineas and Ferb :: DS Game Review". Kidzworld. Diakses tanggal 2009-05-02. 
  46. ^ Alexa Ray Corriea (17 Februari 2014). "Phineas and Agent P Coming to Disney Infinity's Toy Box April 1". Polygon. Diakses tanggal 1 September 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]