Tex Avery

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tex Avery
Lahir Frederick Bean Avery
26 Februari 1908
Taylor, Texas
Meninggal 26 Agustus 1980 (umur 72)
Burbank, California
Sebab meninggal Kanker paru-paru
Tempat peristirahatan Pemakaman Forest Lawn – Hollywood Hills
Kebangsaan Amerika Serikat
Nama lain Fred Avery
Pekerjaan Animator, kartunis, sutradara
Tahun aktif 1930–1980
Pasangan Patricia Avery (m. 1935–72)
Anak Tim Avery
(lahir 1947-48 - mati 1972)
Nancy Avery-Arkley
(lahir 8 Mei 1950)

Frederick Bean "Tex" Avery (26 Februari 1908 – 26 Agustus 1980) adalah seorang animator, kartunis, dan sutradara Amerika Serikat, yang dikenal memproduksi kartun animasi selama era keemasan animasi Amerika Serikat. Karya terpentingnya adalah studio Warner Bros. dan Metro-Goldwyn-Mayer, yang penting dalam evolusi Bugs Bunny, menciptakan Daffy Duck, Droopy, dan Screwy Squirrel, dan mengembangkan Porky Pig dan Chilly Willy (yang terakhir ini untuk Walter Lantz Studio) ke dalam kepribadian yang mereka ingat.

Gary Morris menggambarkan pendekatan inovatif Avery:

Yang terpenting, [Avery] mengarahkan gaya rumah Warner Bros dari sentimentalitas Disney dan membuat kartun yang menarik perhatian orang dewasa, yang menghargai kecepatan, sarkasme, dan ironi Avery, dan kepada anak-anak, yang menyukai tindakan tanpa henti. Makhluk "imut dan suka diemong" Disney, di bawah bimbingan Avery, berubah menjadi kecerdasan yang tak tergoyahkan seperti Bugs Bunny, kilauan menawan seperti Porky Pig, atau orang gila yang menyilaukan seperti Daffy Duck. Bahkan dongeng klasik, pasar yang disudutkan Disney, disesuaikan oleh Avery, yang membuat pahlawan polos seperti Red Riding Hood menjadi anak-anak jazz yang seksi, lebih dari sekadar serigala serigala. Avery juga menyadarkan dirinya pada para intelektual dengan terus-menerus menembus tipu muslihat kartun tersebut, sehingga karakternya melompat keluar dari kredit akhir, dengan keras menolak plot kartun yang mereka mainkan, atau berbicara langsung kepada penonton.[1]

Gaya pengarah Avery mendorong para animator untuk meregangkan batas media untuk melakukan berbagai hal dalam sebuah kartun yang tidak dapat dilakukan di film aksi langsung. Baris yang sering dikutip tentang kartun Avery adalah, "Dalam kartun Anda bisa melakukan apa saja."[2] Dia juga melakukan banyak pekerjaan suara dalam kartunnya, biasanya potongan-potongan pelepasan (misalnya Sinterklas yang dilihat sebentar di Who Killed Who?), Tapi Avery juga mengisi suara Junior dari George and Junior dan kadang-kadang mengisi dalam Bill Thompson sebagai Droopy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://brightlightsfilm.com/quickie-look-life-career-tex-avery/#.Vg6ii-xViko
  2. ^ Adamson, Joe, Tex Avery: King of Cartoons, New York: Da Capo Press, 1975.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]