Little Miss Sunshine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Little Miss Sunshine
Little miss sunshine poster.jpg
Poster film Little Miss Sunshine
Sutradara Jonathan Dayton
Valerie Faris
Produser Marc Turtletaub
David T. Friendly
Peter Saraf
Albert Berger
Ron Yerxa
Skenario Michael Arndt
Pemeran Greg Kinnear
Toni Collette
Steve Carell
Paul Dano
Abigail Breslin
Alan Arkin
Musik Mychael Danna
Sinematografi Tim Suhrstedt
Penyunting Pamela Martin
Perusahaan
produksi
Big Beach Films
Bona Fide Productions
Deep River Productions
Third Gear Production
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 20 Januari 2006 (2006-1-20) (Festival Film Sundance)
  • 26 Juli 2006 (2006-7-26) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 18 Agustus 2006 (2006-8-18) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
103 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $8 juta[2]
Pendapatan kotor $100,523,181[2]

Little Miss Sunshine adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2006 yang disutradarai oleh Jonathan Dayton dan Valerie Faris dan diproduseri oleh Marc Turtletaub, David T. Friendly, Peter Saraf, Albert Berger dan Ron Yerxa. Naskah film ini ditulis oleh Michael Arndt. Film ini dibintangi oleh Greg Kinnear, Steve Carell, Toni Collette, Paul Dano, Abigail Breslin dan Alan Arkin.

Film Little Miss Sunshine ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 20 Januari 2006 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Juli 2006 secara terbatas dan 18 Agustus 2006 secara luas.[3] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sheryl Hoover (Toni Collette) merupakan seorang ibu dua anak dan pekerja keras yang tinggal di Albuquerque, New Mexico. Saudaranya, Frank (Steve Carell), yang merupakan pengikut Proust dan homoseksual, tinggal sementara di rumah dengan keluarganya setelah Frank mencoba bunuh diri. Suami Sheryl, Richard (Greg Kinnear), merupakan seorang pria berkepribadian Tipe A yang berusaha membangun karier sebagai motivator dan pengarah kehidupan. Dwayne (Paul Dano), putra Sheryl dari pernikahan sebelumnya, merupakan seorang remaja yang membaca karya-karya Friedrich Nietzsche yang telah bersumpah untuk diam hingga ia dapat meraih impiannya menjadi pilot. Ayah Richard yang berbicara kasar, Edwin (Alan Arkin), baru-baru ini diusir dari rumah pensiun karena mengonsumsi heroin, tinggal bersama keluarga Sheryl. Olive (Abigail Breslin), putri Richard dan Sheryl dan putri bungsu dari keluarga Hoover, merupakan seorang ratu kecantikan yang dilatih oleh Edwin.

Olive mengetahui bahwa ia telah memenuhi syarat untuk kontes kecantikan "Little Miss Sunshine" yang diadakan di Redondo Beach, California, dalam dua hari. Orang tuanya dan Edwin, yang telah melatihnya, ingin mendukung Olive, namun Frank dan Dwayne tidak dapat ditinggalkan sendirian sehingga seluruh keluarga pergi ke kontes tersebut. Karena mereka memiliki sedikit uang, mereka melakukan perjalanan sepanjang 800 mil dengan Volkswagen Type 2 mereka yang berwarna kuning.

Perseteruan keluarga Hoover terjadi di jalan raya dan berhenti di sepanjang jalan, di tengah-tengah masalah mekanis van yang sudah tua. Ketika van itu rusak lebih awal, mereka mengetahui bahwa mereka harus mendorong van hingga bergerak sekitar 20 mph sebelum menggerakkan giginya, di mana dalam satu titik, mereka harus berlari ke pintu samping dan melompat masuk, lalu klakson van berbunyi sendiri tanpa henti.

Sepanjang perjalanan, keluarga Hoover menderita banyak masalah pribadi dan mengetahui kebutuhan mereka akan dukungan satu sama lain. Richard kehilangan kontrak penting yang bisa memulai bisnis motivasinya. Frank bertemu dengan mantan kekasihnya yang telah meninggalkannya demi pendidikan dan membuat Frank berusaha melakukan bunuh diri. Edwin meninggal karena overdosis heroin, mengakibatkan keluarga Hoover menyelundupkan mayat itu keluar dari rumah sakit dan hampir ditemukan oleh polisi. Dalam perjalanan terakhir, Dwayne mengetahui bahwa ia buta warna, yang berarti ia tidak bisa menjadi seorang pilot, sebuah kenyataan yang membuat Dwayne akhirnya memecah keheningannya, meneriakkan kemarahannya dan meremehkan keluarganya.

Puncaknya berlangsung di kontes kecantikan. Setelah keluarga Hoover tergesa-gesa melawan waktu, mereka tiba di hotel dan langsung diberitahu oleh penyelenggara kontes bahwa mereka beberapa menit telah melewati batas waktu. Seseorang yang bersimpati kepada keluarga Hoover menawarkan untuk mendaftarkan Olive pada waktunya sendiri. Ketika Olive bersiap untuk kontes, keluarga Hoover melihat pesaing Olive, gadis-gadis sebelum remaja yang langsing dan hiperseksualitas dengan rambut menggoda dan gigi yang cantik. Mereka memakai lip gloss, pakaian renang seperti orang dewasa dan pakaian malam yang glamor sambil menampilkan tarian yang sangat rumit dengan gaya flamboyan. Hal ini juga menjelaskan bahwa Olive, yang polos, gemuk, memakai kacamata besar dan tidak terlatih dalam kontes kecantikan) hanyalah seorang amatir.

Ketika giliran Olive untuk tampil di bagian bakat kontes semakin dekat, Richard dan Dwayne menyadari bahwa Olive pasti akan dipermalukan dan ingin berbagi perasaan Olive, lari ke ruang ganti untuk berbicara tentang penampilannya. Sheryl, bagaimanapun, memaksa bahwa mereka membiarkan Olive menjadi dirinya sendiri, lalu Olive naik ke panggung. Tarian Olive yang belum ditunjukkan, yang dibuat oleh kakek Edwin untuknya, tampil dengan lagu Rick James berjudul "Super Freak". Olive menghebohkan dan menakuti sebagian besar penonton dan juri kontes dengan penampilan burlesque yang dilakukannya dengan gembira tanpa menyadari reaksi mereka. Penyelenggara kontes marah dan menuntut Sheryl dan Richard menyingkirkan Olive dari panggung. Alih-alih menyingkirkannya, satu demi satu anggota keluarga Hoover bergabung dengan Olive di atas panggung, menari di sampingnya untuk menunjukkan dukungan mereka.

Keluarga Hoover selanjutnya terlihat di luar kantor keamanan hotel di mana mereka diberi kebebasan sebagai imbalan sebuah janji untuk tidak memasuki kontes kecantikan di negara bagian California lagi. Masuk ke dalam van dengan klakson yang masih berbunyi sendiri, mereka dengan senang hati menerobos penghalang pintu tol hotel dan kembali ke rumah mereka di Albuquerque.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Little Miss Sunshine mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 91%, berdasarkan 212 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 80 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Little Miss Sunshine mendapatkan $59,891,098 di Amerika Utara dan $40,632,083 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $100,523,181, melebihi anggaran produksi film $8 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $370,998, menempati posisi ke-20 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $5,610,845, menempati posisi ke-7 di box office di belakang film Snakes on a Plane, Talladega Nights: The Ballad of Ricky Bobby, World Trade Center, Step Up, Accepted dan Barnyard: The Original Party Animals.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Little Miss Sunshine (15)". British Board of Film Classification. June 28, 2006. Diakses tanggal January 5, 2016. 
  2. ^ a b c d "Little Miss Sunshine (2006)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ Duong, Senh (January 21, 2006). "Sundance: Searchlight Spends Big For "Little Miss Sunshine"". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 22, 2007. 
  4. ^ "Little Miss Sunshine (2006)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Little Miss Sunshine reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]