The Monster of Phineas-n-Ferbenstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
"The Monster of Phineas-n-Ferbenstein"
Episode Phineas dan Ferb
Phineas-n-Ferbenstein.jpg
Phineas dan Ferb pada pembukaan awal episode.
Episode no.Musim 1
Episode 22a
SutradaraZac Moncrief
PenulisJon Colton Barry (cerita, papan cerita)
Martin Olson (cerita)
Mike Diederich (papan cerita)
Musik"He's Eviler"
Kode produksi122a
Tanggal siar17 Oktober 2008 (2008-10-17)
Durasi10:32
Aktor tamu

Malcolm McDowell sebagai Kakek Reg
Jane Carr sebagai Nenek Fletcher

Kronologi episode
← Sebelumnya
"One Good Scare Ought To Do It!"
"Bowl-R-Ama Drama"
Selanjutnya →
"Oil on Candace"
Daftar episode Phineas dan Ferb

"The Monster of Phineas-n-Ferbenstein" adalah episode ke-14 yang disiarkan dari serial televisi animasi Phineas dan Ferb. Episode ini berkisah tentang Phineas Flynn dan saudaranya, Ferb Fletcher, menceritakan bagaimana nenek moyang mereka dari era Victoria membantu seorang ilmuwan menciptakan monster. Sementara itu, Perry si Platipus diberi tahu cerita yang serupa tentang nenek moyang era Victoria dari Dr. Heinz Doofenshmirtz, yang mengubah dirinya menjadi monster.

Ditulis oleh Martin Olson dan Jon Colton Barry, "The Monster of Phineas-n-Ferbenstein" disutradarai oleh Zac Moncrief. Bintang tamu Malcolm McDowell dan Jane Carr berperan sebagai kakek nenek Ferb, yang muncul di awal musim dalam episode "A Hard Days Knight" dan "The Flying Fishmonger." Episode ini awalnya ditayangkan di Disney Channel pada tanggal 17 Oktober 2008. Episode ini mendapat ulasan yang sebagian besar bernada positif dan dinominasikan di Penghargaan Emmy untuk kategori "Outstanding Special Class – Short-format Animated Programs" pada tahun 2008, namun penghargaan tersebut tidak pernah diberikan.

Ringkasan alur[sunting | sunting sumber]

Dalam pembukaan awal dengan musik tema, Phineas (Vincent Martella) dan Ferb (Thomas Sangster) memperingatkan penonton bahwa program tersebut akan menakutkan, mengganggu, dan mengerikan. Ferb menyodorkan bola rambut, dan Phineas mengatakan "Kamu telah diberi peringatan." Ketika episode tersebut dimulai secara resmi, Phineas merasa kecewa dengan hujan lebat dan pemadaman listrik, membatalkan rencananya untuk berdiri di tengah lapangan dengan batang logam, sampai kakeknya (Malcolm McDowell) mulai menceritakan kepada saudara mereka tentang kisah nenek moyang mereka, Ferbgor, seorang antek bungkuk dari era Victoria yang membantu Dr. Phineastein dalam mengumpulkan bagian tubuh platipus untuk menciptakan monster dan memasukkannya ke dalam "bola monster".

Sementara itu, Perry pergi ke Perusahaan Penjahat Doofenshmirtz untuk mengetahui rencana Doofenshmirtz saat ini, tapi dia secara tidak sengaja mengunci dirinya dan Doofenshmirtz di apartemennya (karena badai yang menyebabkan sistem pertahanan Doofenshmirtz menjadi kacau), yang membuat kemarahan Doofenshmirtz menjadi banyak. Menyadari kesalahannya, Perry tidak punya pilihan selain membuat dirinya nyaman di tempat Doofenshmirtz sampai listriknya kembali menyala. Saat dua musuh bebuyutan duduk sambil minum beberapa cokelat panas, Doofenshmirtz menceritakan kepada Perry tentang kisah nenek moyangnya di era Victoria, Dr. Jekyll Doofenshmirtz, yang berusaha mengesankan massa yang marah dengan mengubah dirinya menjadi binatang buas, tapi gagal dan menjadi seorang putri peri.

Dalam kisah sang kakek, Phineastein dan Ferbgor membangun dan membawa monster mereka untuk hidup, yang menakutkan, lalu membuat marah pengasuh kastil mereka, Constance, dan memprovokasinya untuk mengumpulkan massa melawan mereka (merujuk pada usaha Candace untuk menangkap saudara laki-lakinya). Keduanya tidak terpengaruh oleh niatnya dan melatih binatang mereka, agak buruk, jadi dia akan siap untuk berpartisipasi dalam bola monster.

Sementara itu, Jekyll memperbaiki masalah dengan mesin pembuat formula dan mengubah dirinya menjadi monster raksasa. Dia kemudian pergi ke desa untuk menyiksa warga dan menyebabkan kekacauan (meskipun tampaknya dia hanya melakukan kejahilan kekanak-kanakan, bukan hanya mengamuk). Selama mengamuk, dia mengganggu monster platipus dan dikejar-kejar di seluruh desa olehnya. Phineastein dan Ferbgor pergi mencari ciptaan mereka dan menemukannya berkat sosok mirip Isabella yang tidak disebutkan namanya yang telah dia jalani di bola monster. Sebelum mereka masuk bola, monster itu dengan kejam membungkam Jekyll dan memakannya. Pada saat ini, listrik kembali nyala dan Doofenshmirtz membawa Perry ke pintu, menyuruhnya kembali besok untuk rencana jahat berikutnya. Doofenshmirtz kemudian bertanya-tanya apa kesimpulan ceritanya. Dalam cerita Kakek, Phineastein dan Ferbgor menemukan monster itu dan pemenang bola diumumkan: Constance, yang secara tidak sengaja telah meminum formula Jekyll dan berubah menjadi binatang buas, dirinya sendiri, dan dikejar oleh massa, diperkirakan untuk ditangkap atau dibunuh. Dalam kesimpulan ceritanya, Kakek mengungkapkan bahwa dia telah benar-benar melupakan semua hal yang baru saja dia kaitkan karena kepikunannya. Ferb menutup episode yang mengatakan bahwa "monster platipus adalah satu-satunya monster yang bertelur."

Produksi[sunting | sunting sumber]

Malcolm McDowell melanjutkan perannya sebagai Kakek Reginald dalam "The Monster of Phineas-n-Ferbenstein".

"The Monster of Phineas-n-Ferbenstein" disusun dan diceritakan oleh Jon Colton Barry dan Martin Olson; Barry mengadaptasinya menjadi papan cerita bersama Mike Diederleh.[1][2] Zac Moncrief, yang melakukan sebagian besar penyutradaraan untuk serial ini bersama dengan pembuat acara tersebut, Dan Povenmire, menyutradarakannya.[3][4] Paruh kedua dari acara tersebut adalah sebuah episode berjudul "Oil on Candace," yang mengikuti Phineas dan Ferb membantu teman mereka Django.[5]

Bintang tamu Malcolm McDowell dan Jane Carr memerankan episode tersebut sebagai Kakek dan Nenek Fletcher.[6] Carr dan McDowell masing-masing memiliki bintang tamu berulang dalam peran masing-masing;[7] mereka sebelumnya muncul sebagai karakter dalam "A Hard Days Knight" dan "The Flying Fishmonger" dan akan terus mengisi suaranya di episode musim kedua "Elementary, My Dear Stacy."[8][9][10]

"The Monster of Phineas-n-Ferbenstein" awalnya disiarkan di Disney Channel pada tanggal 17 Oktober 2008, dengan rating TV-G.[6][11] Episode ini melanjutkan sebuah tema Halloween yang dimulai pada penayangan "One Good Scare to Do It" pada tanggal 3 Oktober.[6]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Julie Bonner dari Ultimate Disney menggambarkan Phineastein dan Ferbgor sebagai "saudara yang menarik" dan bahwa dia "tidak akan mengharapkan sesuatu yang kurang dari [Phineas dan Ferb]."[12] Pada tahun 2009, diumumkan bahwa "The Monster of Phineas-n-Ferbenstein" dinominasikan untuk penghargaan Emmy dalam kategori "Outstanding Special Class – Short-format Animated Programs." Pesaingnya adalah episode SpongeBob SquarePants "Dear Vikings".[13] Dan Povenmire dan Jeff "Swampy" Marsh, pembuat acara dan produser episode tersebut, dilaporkan "senang" tentang nominasi dan merasa seperti mereka "kembali di sekolah dasar". Povenmire mengatakan bahwa dia sangat senang dengan masuknya ke kategori ini: "Dulu Emmy selalu pergi ke acara seperti The Simpsons dan Family Guy dan hanya satu slot yang disimpan untuk acara yang dibuat untuk anak-anak." Keduanya mengumumkan bahwa mereka sangat senang berkompetisi melawan SpongeBob SquarePants untuk penghargaan tersebut, meskipun Povenmire dengan bercanda berkomentar, "Kau akan kalah, Stephen!" kepada pembuat SpongeBob SquarePants, Stephen Hillenburg.[14] Povenmire juga mengira nominasi tersebut berarti acaranya menarik perhatian banyak penonton.[15] Namun, Academy of Television Arts & Sciences mengumumkan bahwa mereka tidak akan memberikan penghargaan kepada salah satu nominasi tersebut, untuk mengejutkan sutradara Moncrief.[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Opening credits for "The Monster of Phineas-n-Ferbenstein"". Phineas and Ferb. Musim ke-1. Episode ke-40. 17 Oktober 2008. 
  2. ^ "'Rocko' writers return to TV with 'Phineas and Ferb'". Reading Eagle. 18 April 2009. Diakses tanggal 16 Agustus 2009. 
  3. ^ Yoo, Jean. "Phineas and Ferb – Show description". Press release, Disney Channel. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 Agustus 2009. Diakses tanggal 9 Juli 2009. 
  4. ^ Sack, Nicole (10 September 2009). "Residents animated about son's Emmy Award nomination". The Villages Daily Sun. Diakses tanggal 26 September 2009. 
  5. ^ Julie Bonner (9 Oktober 2008). "Phineas and Ferb 1.41 'Oil on Candace'". Ultimate Disney. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Oktober 2008. Diakses tanggal 15 Agustus 2009. 
  6. ^ a b c Yoo, Jean. "Disney Channel's "Phineas and Ferb" Celebrates Halloween in Festive New Episodes Premiering in October". Press release, Disney Channel. Diakses tanggal 15 Agustus 2009. 
  7. ^ "Disney Renews Phineas & Ferb". Animation World Network. 8 Juni 2009. Diakses tanggal 19 Juli 2009. 
  8. ^ "Ending credits for "A Hard Days Knight"". Phineas and Ferb. Musim ke-1. Episode ke-31. 14 Juni 2008. Disney Channel. 
  9. ^ "Ending credits for "The Flying Fishmonger"". Phineas and Ferb. Musim ke-1. Episode ke-38. 2008-09-12. Disney Channel. 
  10. ^ "Ending credits for "Elementary, My Dear Stacy"". Phineas and Ferb. Musim ke-2. Episode ke-54. 28 Februari 2009. Disney XD. 
  11. ^ "Phineas and Ferb: The Monster of Phineas-n-Ferbenstein; Oil on Candace". Zap2it. Diakses tanggal 15 Agustus 2009. 
  12. ^ Bonner, Julie (9 Oktober 2008). "Phineas and Ferb 1.40 'The Monster of Phineas-n-Ferbenstein'". Ultimate Disney. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Oktober 2008. Diakses tanggal 15 Agustus 2009. 
  13. ^ "The 61st Primetime Emmy Awards and 2009 Creative Arts Emmy Awards Nominees are..." Emmy Award. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Juli 2009. Diakses tanggal 15 Agustus 2009. 
  14. ^ Zahed, Ramin (16 Juli 2009). "Phineas and Ferb Creators Talk About Emmy Nom!". Animation Magazine. Diakses tanggal 15 Agustus 2009. 
  15. ^ Mclean, Thomas (2009-08-06). "Phineas and Ferb Creators Talk Season 3". Animation Magazine. Diakses tanggal 2009-08-15. 
  16. ^ Fujimori, Sachi. "For Montvale Boy, It Was All Worth the Tux". California Chronicle. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Oktober 2009. Diakses tanggal 17 Oktober 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]