Kelly Hu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kelly Hu
Kelly Hu 2016.jpg
Hu di acara MagicCity Comic Con Januari 2016
Lahir Kelly Ann Hu
13 Februari 1968 (umur 49)
Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat
Tempat tinggal Los Angeles, California, Amerika Serikat
Pekerjaan Aktris, pengisi suara, model
Tahun aktif 1987–sekarang
Situs web kellyhu.com

Kelly Ann Hu (Hanzi Sederhana: 胡凯丽; Hanzi Tradisional: 胡凱麗; Pinyin: Hú Kǎilì; lahir 13 Februari 1968) adalah seorang aktris, pengisi suara dan mantan model busana asal Amerika.[1] Ia adalah Miss Teen USA di tahun 1985 dan Miss Hawaii USA 1993. Hu tampil sebagai Dr. Rae Chang pada serial televisi Amerika Sunset Beach dan sebagai Michelle Chan pada serial drama televisi Amerika bertema polisi Nash Bridges. Ia juga membintangi beberapa film seperti The Scorpion King (2002) sebagai Sorceress Cassandra, Cradle 2 the Grave (2003) sebagai Sona, X2 sebagai Yuriko Oyama/Lady Deathstrike (2003), The Tournament (2009) sebagai Lai Lai Zhen, dan White Frog (2012).

Hu kembali tampil dalam perannya sebagai Pearl pada serial CW The Vampire Diaries, sebagai China White pada serial CW Arrow, sebagai Abigail Cho pada serial Syfy Warehouse 13, sebagai Stacy Hirano pada serial animasi Phineas and Ferb, dan sebagai Oroku Karai/Hamato Miwa pada serial Teenage Mutant Ninja Turtles.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Hu lahir di Honolulu, Hawaii, putri dari pasangan Juanita, seorang insinyur di Honolulu, dan Herbert Hu, seorang salesman dan peternak burung eksotis. Kedua orang tuanya bercerai ketika Hu masih kanak-kanak.[2] Adiknya, Glenn, adalah seorang Manajer Sumberdaya di Angkatan Darat Amerika Serikat.[3] Ia adalah orang asli Hawaii, dengan keturunan Inggris Amerika dan Tionghoa Amerika.[4] Ia bersekolah di Maʻemaʻe Elementary School dan Kamehameha Schools di Honolulu, Hawaii.

Hu memiliki keinginan kuat di bidang tari dan menyanyi serta tertarik pula dalam bidang seni bela diri sejak masa kanak-kanak. Sepupu Hu adalah model yang sukses di Jepang, dan Hu memutuskan untuk mengikuti jejar kariernya. Kelly Hu memenangi gelar Miss Hawaii Teen USA dan berkompetisi di kontes kecantikan Miss Teen USA 1985, menjadi pemenang Miss Teen USA ketiga dalam sejarah dan pemenang Miss Teen USA pertama yang berketurunan Asia Amerika. Hu telah menyebut dalam wawancara bahwa ibunya telah mengatakan bahwa Amerika-nya tidak siap untuk Orang Asia menerima peran model yang penting. Ironisnya, ia menemukan setelah kemenangannya di Miss Teen USA bahwa ia dilarang tampil dalam aktivitas yang terkait dengan non-kontes selama tahun masa jabatannya, meskipun aturan ini diubah di tahun berikutnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Kelly Hu sebagai Miss Hawaii Teen USA 1985

Hu menjadi model di Jepang dan Italia, dan menjadi terkenal di Italia sebagai bintang pada serial iklan televisi untuk krim keju brand Philadelphia, berperan sebagai seorang mahasiswa Jepang bernama Kaori.

Hu memenangkan gelar Miss Hawaii USA di tahun 1993, menjadi mantan Miss Teen USA pertama yang memenangi gelar Miss USA negara bagian. Dalam kontes Miss USA 1993, yang diadakan di Wichita, Kansas, Hu berhasil masuk dalam 10 besar, setelah berhasil memenangi tahapan wawancara pendahuluan dan menempati posisi kedua dan ketiga, berturut-turut, dalam babak pakaian renang dan gaun malam di malam pendahuluan. Ia kemudian masuk dalam 6 besar, setelah memenangi babak gaun malam 10 besar dan mendapat posisi kedua dalam pakaian renang di malam final. Ia kemudian harus puas menempati posisi runner-up 4 di final Miss USA setelah juri memberi pertanyaan akhir.

Hu pindah ke Los Angeles memulai karier perannya di tahun 1987, sebagai penampil tamu dalam sitkom Growing Pains. Hu melanjutkannya dengan penampilan di berbagai serial televisi, termasuk Night Court," Tour of Duty, 21 Jump Street dan Melrose Place. Peran film pertamanya adalah pada film Friday the 13th Part VIII: Jason Takes Manhattan. Di tahun 1995, Hu berperan sebagai petugas kepolisian dalam samaran pada film No Way Back. Hu berperan sebagai Dr. Rae Chang dalam serial televisi Sunset Beach selama enam bulan di tahun 1997. Kemudian, ia berperan sebagai petugas kepolisian Michelle Chan dalam serial televisi Nash Bridges, dan Pei Pei "Grace" Chen pada Martial Law. Peran filmnya termasuk dalam The Scorpion King (2002), Cradle 2 the Grave (2003), dan X2 (2003) sebagai Yuriko Oyama/Deathstrike.

Ia berperan sebagai Agen Mia Chen pada tiga episode terakhir dalam serial televisi Threat Matrix di tahun 2004. Ia juga berperan dalam film tahun 2005 Underclassman bersama Nick Cannon dan film tahun 2006 Americanese, Undoing dan Devil's Den. Selama pertempat tahun pertama di tahun 2007, ia menyelesaikan pengambilan gambar untuk film Stilletto, diikuti dengan film Farmhouse.

Pada Januari 2007, Hu mulai tampil sebagai pemeran penuh dalam serial televisi In Case of Emergency. Ia berperan sebagai Kelly Lee, seorang wanita Korea Amerika yang secara tak sengaja bertemu kembali dengan teman satu kelasnya di sekolah menengah dan menyadari tidak satupun dari mereka yang dewasa sesuai dengan rencana mereka saat sekolah dahulu. Acara tersebut tidak berjalan sukses, yang kemudian dibatalkan setelah ditayangkan 12 episode dan meninggalkan akhir musimnya tidak ditayangkan. Pada tahun yang sama ia tampil dalam film The Air I Breathe dan Shanghai Kiss.

Di tahun 2009, ia tampil dalam film The Tournament sebagai Lai-Lai Zhen. Di bulan April 2009, Hu mengembangkan karakter JIA pada Secret Identities: The Asian American Superhero Anthology. Ia menjadi aktr tamu pertama yang saling-silang antar dua serial televisi yaitu NCIS: Los Angeles dan NCIS, berperan sebagai Lee Wuan Kai dalam dua-episode penyangga di kedua serial tersebut. Di tahun 2010 dan 2011, Hu menjadi penampil tamu sebagai vampir bernama Pearl dalam serial televisi CW The Vampire Diaries.[5]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dia adalah penggemar poker dan telah sering ikut serta dalam kompetisi seperti World Series of Poker dan World Poker Tour, termasuk pertandingan WPT Celebrity Charity pada 3 Maret 2008.[6] Ia juga ikut ambil bagian dalam HollywoodPoker.com "Celebrity Poker Night" pada 30 Mei 2006,[7] dan pada Juli 2006 ia menempati posisi 200 besar dalam World Series of Poker Ladies Tournament, menjadi yang terbaik dari lebih dari 1,000 pesaing lainnya.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kelly Hu of TMNT: She Loves Playing Tough Chicks". wired.com. 7 Februari 2013. Diakses tanggal 25 November 2014. 
  2. ^ "Kelly Hu Biography - Yahoo! Movies". Movies.yahoo.com. 13 Februari 1967. Diakses tanggal 18 Januari 2009. 
  3. ^ "Glenn Hu". LinkedIn. Diakses tanggal 2012-07-24. 
  4. ^ "Kelly Hu Biography". Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Februari 2011. 
  5. ^ ML House (30 November 2009). "Kelly Hu to Guest Star on The Vampire Diaries". TV Fanatic. 
  6. ^ World Poker Tour Celebrity Charity - Commerce Casino by Manoj Gera, March 2008. Diakses tanggal 14 Maret 2008
  7. ^ Celebrity Poker Night with Kelly Hu, May 25th 2006. Diakses tanggal 14 Maret 2008.
  8. ^ Sunday July 16, 2006 entry. Diakses tanggal 14 Maret 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Bendera Illinois Cherise Haugen
Miss Teen USA
1985
Diteruskan oleh:
Bendera Oklahoma Allison Brown
Didahului oleh:
Heather Hays
Miss Hawaii USA
1993
Diteruskan oleh:
Nadine Tanega
Didahului oleh:
Malia Yamamura
Miss Hawaii Teen USA
1985
Diteruskan oleh:
Michelle Hardin
Jabatan media
Didahului oleh:
Marcia Strassman dan Angela Visser
Miss Teen USA color commentator
(bersama Leeza Gibbons)

19901991
Diteruskan oleh:
Leeza Gibbons dan Bridgette Wilson
Didahului oleh:
Leeza Gibbons dan Bridgette Wilson
Miss Teen USA color commentator
(bersama Arthel Neville)

1993
Diteruskan oleh:
Daisy Fuentes dan Jamie Solinger