Dipper Pines

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dipper Pines
Tokoh Gravity Falls
Penampilan
perdana
"Tourist Trapped" (2012)
Penampilan
terakhir
"Weirdmageddon 3: Take Back The Falls" (2016)
PenciptaAlex Hirsch
Pengisi suaraJason Ritter
(Versi asli)
Kamal Nasuti
(Versi indonesia)
Informasi
Julukan
  • Dipper
  • Dip-Dop
  • Sir Dippingsauce
  • Pohon Pinus (oleh Bill Cipher)
  • Dr. Fun Times
  • Kapten Buzzkill
  • Roderick (oleh Quentin Trembley)
  • Dopper (sendiri di episode, "Roadside Attraction")
  • Little Dipper
Jenis kelaminLaki-Laki
PekerjaanKaryawan paruh waktu di Mystery Shack
KeluargaMabel Pines (saudara kembar fraternal yang lebih tua)
Kerabat
KewarganegaraanAmerika Serikat Amerika

Mason "Dipper" Pines[1] adalah karakter fiksi dan salah satu dari dua protagonis utama dari serial animasi Disney Channel Gravity Falls. Karakter disuarakan oleh Jason Ritter, dan dirancang oleh dan secara longgar didasarkan pada masa kecil pencipta seri Alex Hirsch.[2] Pertama kali muncul di pilot tanpa nama yang tidak ditayangkan yang dibuat oleh Hirsch yang dengannya dia mengadakan pertunjukan; dia kemudian muncul di episode pertama "Tourist Trapped".[3] Dipper, bersama dengan saudara kembarnya Mabel Pines, membintangi setiap episode pertunjukan. Dipper adalah bintang serial celana pendek Gravity Falls berjudul "Dipper's Guide to the Unexplained" dan juga muncul dalam film pendek "Fixin' it with Soos" dan "Mabel's Guide to Life".

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dipper adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang, bersama dengan saudara kembarnya Mabel, dikirim untuk menghabiskan liburan musim panasnya di perangkap turis paman buyutnya, "The Mystery Shack". Dia berusaha untuk mengungkap rahasia kota fiksi Gravity Falls dan menemukan penjelasan untuk berbagai situasi aneh. Dia dibantu oleh kembarannya yang energik dan ceria tanpa batas, Mabel, dan tukang gubuk Soos. Mereka sering berakhir berurusan dengan atau bertemu dengan berbagai makhluk gaib atau legendaris, seperti gnome, cryptid, setan, makhluk luar angkasa, minotaur, dan Vampir. Dipper menangani misteri ini dengan bantuan jurnal—buku besar bersampul merah dengan tangan enam jari emas dan nomor "3" di sampul depan—yang dia temukan di hutan. Jurnal ini menjelaskan banyak kejadian supernatural dari Gravity Falls. Dalam episode "Scary-oke", ia menemukan lapisan pengetahuan lain dalam jurnal yang hanya terlihat di bawah cahaya hitam.

Dipper luar biasa berani dan bertekad untuk pra-remaja, dan berjuang untuk tumbuh dewasa. Dia secara khusus mengabdikan diri untuk memecahkan misteri Gravity Falls yang dia temukan, yang sering membuatnya berselisih dengan Grunkle Stan.

Petualangan Dipper dan saudara perempuannya terinspirasi oleh masa kecil pencipta serial Alex Hirsch dan saudara kembarnya sendiri, Ariel Hirsch.[4] Sebagai karakter, Dipper telah diterima dengan baik.[5] Dia muncul di berbagai merchandise Gravity Falls, seperti pakaian dan video game.[6]

Peran di Gravity Falls[sunting | sunting sumber]

Dipper Pines adalah anak laki-laki yang ingin tahu, pintar, dan inventif dari Piedmont, California, yang terpaksa menghabiskan musim panasnya bersama paman buyutnya Stan di kota fiksi Gravity Falls, Oregon.[7][8] Dia ditemani oleh saudara kembarnya Mabel Pines.[9] Ia digambarkan cerdas, bijaksana, lembut, konvensional, dan sangat logis, menunjukkan pengetahuan di berbagai bidang seperti sejarah, kriptografi, pemecahan teka-teki, dll.

Dia pertama kali tiba di Gravity Falls kesal dengan pergi ke kota kecil yang membosankan, dengan saudara kembarnya Mabel untuk musim panas,[10] tetapi karena minatnya pada misteri dan nafsu untuk berpetualang setelah menemukan ketiga dari tiga jurnal yang ditulis oleh seorang penulis misterius di hutan, ia mulai menyesuaikan diri dengan kehidupan di kota dan melanjutkan petualangan dengan saudara perempuannya untuk mengungkap rahasia supernaturalnya. Dipper ditampilkan sebagai anak yang sangat terorganisir dan sering membuat rencana yang matang untuk diikuti oleh teman dan keluarganya, meskipun terkadang memiliki masalah dengan kebersihan seperti tidak mencuci pakaian.[11]

Sepanjang seri, Dipper mengenakan topi merek dagang putih dan biru dengan simbol pohon pinus biru di bagian depan, yang ia ambil dari toko suvenir Shack. Dia juga mengenakan rompi biru laut, T-shirt oranye kemerahan, celana pendek abu-abu, sepatu kets hitam, dan jam tangan. "Double Dipper" mengungkapkan bahwa julukannya berasal dari tanda lahir di dahinya berupa Biduk, yang ia sembunyikan dengan poninya.[12] Nama depannya yang diberikan, Mason, terlihat satu kali dalam serial ini secara singkat: dalam "Dungeons, Dungeons & More Dungeons", nama itu tertulis berantakan di sudut kanan bawah selembar kertas grafik ketika Mabel berkomentar tentang Dipper yang menghabiskan banyak uang. waktu dengan Ford. Dalam buku Gravity Falls: Journal 3, sebuah buku panduan tentang seri yang dimaksudkan sebagai replika jurnal fiksi, Dipper memberi tahu Ford bahwa namanya adalah Mason.[13]

Dimulai dengan "The Inconveniencing", Dipper ditunjukkan naksir kasir Mystery Shack yang berusia 15 tahun, Wendy Corduroy. Namun, usahanya untuk memenangkan hatinya biasanya teralihkan oleh kecelakaan atau fenomena supernatural. Dalam episode "Into the Bunker", Wendy menegaskan kecurigaannya terhadap naksir Dipper, dan meskipun dia menjelaskan bahwa dia terlalu tua untuk Dipper, mereka tetap berteman dekat.

Pembuat acara Alex Hirsch telah menyatakan pada beberapa kesempatan bahwa meskipun Dipper pintar, dia masih anak-anak. Dalam AMA Reddit yang dia lakukan pada tahun 2013, Hirsch menyatakan bahwa, "Dipper itu pintar tapi dia bukan 'KALUKLATOR BERJALAN'. Ada banyak acara anak-anak yang menampilkan karakter yang 'otak.' Dipper lebih baik secara akademis daripada Mabel, tapi dia juga bisa menertawakan dirinya sendiri. Dia anak yang nyata. Dia memiliki rasa tidak aman. Dia memiliki hal-hal yang dia sukai. Saya mencoba untuk tidak memasukkan karakter ini ke dalam 'SATU TIPE'. Mereka kehilangan kemanusiaan jika kamu melakukan itu. (Rahasia: Dipper diam-diam cemburu bahwa Mabel lebih baik secara sosial daripada dia)."[14]

Dibalik layar[sunting | sunting sumber]

Dipper didasarkan pada diri pencipta seri Alex Hirsch yang lebih muda. Mason "Dipper" Pines disuarakan oleh aktor Jason Ritter. Dia pertama kali muncul di Gravity Falls dalam episode percontohan yang tidak pernah dirilis yang dibuat oleh pencipta Alex Hirsch ke Disney Channel.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rob Renzetti (2016). Gravity Falls: Journal 3. Disney Press. ISBN 978-1484746691. 
  2. ^ Zalben, Alex (15 Juni, 2012). "Interview: Alex Hirsch Returns To His Weird, Monster-Filled Childhood In Disney's 'Gravity Falls'". MTV News (dalam bahasa Inggris). MTV Geek. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Mei, 2020. Diakses tanggal 16 Agustus, 2013. 
  3. ^ "Creator Alex Hirsch Talks GRAVITY FALLS, How He Ended Up Making a Show for the Disney Channel, His Love for TV Animation and More" (dalam bahasa Inggris). Collider.com. Juli 2012. Diakses tanggal 16 Agustus, 2013. 
  4. ^ Adams, Erik (28 September, 2012). "Comedy Showrunners Week: Alex Hirsch on the real in the unreal of Gravity Falls". The A.V. Club (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Mei, 2020. Diakses tanggal 17 Agutsus, 2013. 
  5. ^ Hinckley, David (29 Juni, 2012). "New animated Disney series 'Gravity Falls' rises to an endearing level of tween cool". New York Daily News (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-02. Diakses tanggal 8 Juli, 2012. 
  6. ^ Galang, Gel (16 Agustus, 2013). "Top and Upcoming iOS Apps to Play: 'Plants vs. Zombies 2,' 'Gravity Falls,' New Game from Candy Crush Saga Dev and More". International Business Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 November, 2018. Diakses tanggal 17 Agustus, 2013. 
  7. ^ Schneider, Michael (22 Agustus, 2012). "Watch My Show: Gravity Falls' Alex Hirsch Answers Our Showrunner Survey". TV Guide (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Mei, 2020. Diakses tanggal 17 Agustus, 2013. 
  8. ^ Barnes, Brooks (17 Agustus, 2012). "An Undercurrent of Darkness, Even at Disney, By BROOKS BARNES". The New York Times (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Juni, 2019. Diakses tanggal 17 Agustus, 2013. 
  9. ^ Sims, Chris (24 Agustus, 2012). "ALEX HIRSCH ON 'GRAVITY FALLS,' MABEL'S SWEATER COLLECTION AND TV'S FEAR OF SINCERITY, By Chris Sims". Comics Alliance (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 Oktober, 2013. Diakses tanggal 17 Agustus, 2013. 
  10. ^ Aoshima, John (15 Juni, 2012). "Tourist Trapped". Gravity Falls. Musim ke-01. Episode ke-01. Disney Channel. 
  11. ^ Springer, Aaron (10 Agustus, 2012). "Double Dipper". Gravity Falls. Musim ke-01. Episode ke-07. Disney Channel. 
  12. ^ "Double Dipper". Gravity Falls. Musim ke-1. Episode ke-7. 10 Agustus, 2012. Disney XD. Wendy: Biduk besar! Begitulah cara Anda mendapatkan nama panggilan Anda! Saya pikir orang tua kamu hanya membenci kau atau sesuatu. 
  13. ^ Hirsch, Alex (2016). "Weirdness Magnet". Gravity Falls Journal 3. Glendale, California: Disney Press. ISBN 978-1-4847-4669-1. 
  14. ^ _alexhirsch (2013-08-16). "I am Alex Hirsch, creator of Gravity Falls. Ask me anything!". r/gravityfalls. Diakses tanggal 2021-04-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]