Dreamscaperers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dreamscaperers
Episode Gravity Falls
Nomor episodeMusim 1
Episode 19
Sutradara
  • Joe Pitt
  • John Aoshima
Penulis
Musik
  • "Gravity Falls Theme, disalahartikan menjadi Made Me Realize"
  • "Lil Gideon"
PenyuntingKevin Locarro
Tanggal siar12 Juli 2013 (2013-07-12)
Durasi23 menit
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Land Before Swine"
Selanjutnya →
"Gideon Rises"

"Dreamscaperers" (bahasa Indonesia: Menjelajah Mimpi) adalah episode ke-19 dari seri Gravity Falls musim pertama. Episode ini merupakan bagian pertama dari satu cerita, yang nantinya dilanjutkan di episode "Gideon Rises". Episode ini pertama kali disiarkan di Disney Channel pada 12 Juli 2013. Ditulis oleh Alex Hirsch bersama Matt Chapman dan Tim McKeon, dan disutradarai oleh Joe Pitt dan John Aoshima. Episode ini menandai penampilan pertama karakter Bill Cipher.

Dalam episode ini, Gideon (diperankan Thurop Van Orman) mencoba merampok akta properti Mystery Shack dari brankasnya. Tentu saja Grunkle Stan menghentikan lalu mengusirnya. Gideon lalu memanggil iblis bernama Bill Cipher (disuarakan Alex Hirsch) untuk membantu misinya. Gideon menyuruh Bill meretas pikiran Stan dan mencuri kombinasi "vincindoria", kode keamanan brankas. Dipper (disuarakan Jason Ritter), Mabel (disuarakan Kristen Schaal) dan teman mereka Soos, ikut masuk ke pikiran Stan agar mencegah Bill mengetahui kombinasi tersebut.

Episode ini ditonton 2,7 juta pemirsa pada penayangan perdananya di Disney Channel, dan mendapatkan ulasan positif dari para kritikus.