Gantungan kunci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Contoh gantungan kunci.

Gantungan kunci (bahasa Inggris: Keychain) adalah gantungan kecil yang digunakan untuk mengaitkan suatu benda kecil dengan lubang kunci. Gantungan kunci biasanya terbuat dari logam, plastik, atau bahkan karet. Sebuah gantungan kunci juga dapat dihubungkan dengan beberapa gantungan kunci lainnya. Hal semacam ini biasanya dilakukan oleh orang yang berhubungan erat dengan kunci-kunci seperti satpam, penjaga penjara, petugas kebersihan.

Gantungan kunci biasanya dijadikan oleh-oleh atau alat iklan, misalnya alat iklan perguruan tinggi swasta, perusahaan swasta, dan lain-lain. Sebuah iklan standar gantungan kunci akan membawa nama bisnis, informasi kontak, bahkan logo.

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, karena perkembangan teknik manufaktur plastik, barang-barang promosi termasuk gantung kunci menjadi unik. Bisnis dapat berjalan karena mereka dalam promosi gantungan kunci yang 3 dimensi dapat mengurangi biaya standar pembuatan gantungan kunci logam.

Gantungan kunci kecil dan tidak terlalu mahal untuk menjadi benda promosi untuk memperbesar perusahaan nasional yang mungkin dapat mereka peroleh dalam jumlah jutaan. Contohnya misalkan saat makan siang dari bioskop atau acara televisi, perusahaan swasta dapat menjadi patner dengan perusahaan makanan untuk memberikan karakter gantungan kunci di setiap kotak sereal.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Françoise Chappuy, Les porte-clés, Éditions Alternatives, série Collector's, 1996.
  • Yuka Morii, Les porte-clés Bourbon, 2005.