Antariksawan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Astronot)
Astronot NASA Bruce McCandless II menggunakan Unit Manuver Manusia di luar Pesawat Ulang Alik Challenger pada misi pesawat ulang alik STS-41-B pada tahun 1984.

Antariksawan atau angkasawan (Inggris: astronaut, cosmonaut) adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Istilah "astronaut" juga kadang digunakan untuk merujuk secara spesifik kepada antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat atau negara sahabat, berbeda dengan seorang kosmonaut yang berasal dari Uni Soviet / Rusia. Kosmonaut pertama adalah Yuri Gagarin. Semenjak tahun 2003 dikenal pula istilah taikonaut (meski bukan istilah resmi pemerintah Tiongkok), untuk antariksawan dari Tiongkok. Taikonaut pertama adalah Yang Liwei.

Antariksawan-antariksawan pertama, baik di AS maupun Uni Soviet, biasanya merupakan pilot pesawat tempur (umumnya pilot-pilot penguji) dengan latar belakang militer. Antariksawan militer biasanya menerima tanda kualifikasi khusus, dikenal di AS dengan nama Astronaut Badge setelah menyelesaikan latihan dan mengikuti penerbangan ke luar angkasa.

Antariksawan internasional[sunting | sunting sumber]

Hingga akhir 1970-an hanya orang-orang Amerika dan Soviet yang merupakan antariksawan aktif. Pada 1976 pihak Soviet memulai program Intercosmos dengan sebuah kelompok yang terdiri dari 6 antariksawan dari negara-negara sosialis lainnya, diikuti kelompok kedua yang berlatih pada 1978. Pada sekitar waktu yang hampir sama pada 1978 Badan Luar Angkasa Eropa memilih 4 antariksawan untuk berlatih untuk misi Spacelab pertama mereka di pesawat ulang alik NASA. Pada 1980 Prancis memulai pemilihan antariksawan mereka (mereka dipanggil "spasionot"), diikuti oleh Jerman pada 1982, Kanada pada 1983, Jepang pada 1985, Italia pada 1988 dan Malaysia pada 2007.

Peristiwa[sunting | sunting sumber]

Buzz Aldrin saat menginjakkan kaki di bulan pada tanggal 21 Juli 1969 (WIB) pada misi Apollo 11

Manusia pertama yang ke luar angkasa ialah Yuri Gagarin pada 12 April 1961 menggunakan Vostok 1. Wanita pertama yang ke luar angkasa ialah Valentina Tereshkova pada Juni 1963 menaiki Vostok 6 berkebangsaan Uni Soviet.

Alan Shepard menjadi orang Amerika dan pemimpin astronaut ke luar angkasa pada 5 Mei 1961. Wanita Amerika pertama ke luar angkasa ialah Sally Ride yang menaiki pesawat luar angkasa Chalenger misi STS-7 pada 18 Juni 1983.

Misi pertama yang pergi ke orbit bulan ialah Apollo 8 yang dipandu oleh William Anders. Dia lahir di Hong Kong dan menjadi orang Asia pertama menjadi antariksawan pada 15 Oktober 2003. Yang Liwei menjadi rakyat China pertama menjadi antariksawan menggunakan pesawat Shenzhou 5.

Rusia melaksanakan program Intercosmos telah membenarkan banyak orang-orang dari negara-negara sosialis pergi ke luar angkasa. Contohnya Vladimir Remek menjadi orang Czech pertama ke luar angkasa menjalankan roket Rusia, Soyuz. Pada 23 Julai 1980, Pham Tuan menjadi orang Vietnam pertama menjadi orang Asia Tenggara ke luar angkasa menggunakan Soyuz 37. Pada 1980, rakyat Kuba bernama Arnaldo Tamayo Méndez menjadi orang keturunan Afrika pertama ke luar angkasa. Sedangkan kelahiran Afrika pertama yang ke luar angkasa ialah Patrick Baudry.

Panggilan Antariksawan[sunting | sunting sumber]

berikut ini adalah daftar panggilan antariksawan dari berbagai negara:

Astronaut[sunting | sunting sumber]

Astronaut adalah panggilan untuk antariksawan oleh Amerika Serikat. Penggunaan istilah "astronot" pertama kali di masa modern ini digunakan oleh penulis Neil R. Jones dalam cerita pendeknya tahun 1930 "The Death's Head Meteor". Penggunaan "astonot" secara formal pertama kali diketahui dari istilah astronautika dalam komunitas ilmiah adalah pembentukan Kongres Astronautika Internasional tahunan pada tahun 1950, dan pendirian Federasi Astronautika Internasional berikutnya pada tahun berikutnya.[1]

Kosmonaut[sunting | sunting sumber]

Kosmonaut (космонавт, kosmonavt) adalah panggilan untuk antariksawan oleh Uni Soviet, yang selanjutnya dilanjutkan oleh Rusia. Beberapa negara bekas Blok Timur lainnya juga menggunakan istilah "kosmonavt" bahasa Rusia, seperti bahasa Polandia: kosmonauta (walaupun bahasa Polandia juga menggunakan "astronot", dan kedua kata tersebut dianggap sama).[2]

Taikonaut[sunting | sunting sumber]

Taikonaut adalah panggilan tidak resmi untuk antariksawan oleh Republik Rakyat Tiongkok. Resminya adalah 航天员 ("háng tiān yuán" atau personel navigasi luar angkasa). Kata "taikonaut "telah ditampilkan dalam kamus bahasa Inggris Longman dan Oxford, dan istilah tersebut makin terkenal pada tahun 2003 ketika Tiongkok mengirim antariksawan pertamanya Yang Liwei ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Shenzhou 5.[3]

Panggilan lainnya[sunting | sunting sumber]

  • Parastronaut: panggilan untuk antariksawan penyandang disabilitas.[4]
  • Spasionot: panggilan untuk antariksawan (yang kadang digunakan) oleh Prancis
  • Angkasawan: panggilan untuk antariksawan oleh Malaysia
  • Vyomanaut: panggilan untuk antariksawan oleh India (berasal dari kata " व्योमन्" yang berarti "langit/angkasa").
  • Sisunautti: panggilan untuk antariksawan oleh Finlandia.
  • Partisipan penerbangan antariksa panggilan untuk antariksawan, namun bukan antariksawan profesional (ke luar angkasa hanya untuk keinginan pribadi dengan membayar). Istilah ini mulai berkembang seiring dengan bangkitnya pariwisata antariksa. Dulu biasa disebut sebagai turis luar angkasa.

Pelatihan Antariksawan[sunting | sunting sumber]

NASA pertama kali mengadakan pelatihan untuk antariksawan pada tahun 1959.[5] Keahlian mengendarai pesawat jet militer dan pelatihan teknik sering disebut sebagai prasyarat utama untuk seleksi antariksawan NASA. Maka dari itu, pada awalnya antariksawan AS dan Uni Soviet adalah seorang pilot jet tempur, dan sering menjadi pilot uji coba.

Antariksawan dalam pelatihan diajarkan mengontrol dan menerbangkan pesawat ulang-alik, dan diberikan pemahaman yang detil mengenai sistem Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sehingga mereka tahu apa yang harus mereka lakukan ketika mereka sampai di sana.[6]

Antariksawan terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History - International Astronautical Federation". web.archive.org. 2011-07-19. Archived from the original on 2011-07-19. Diakses tanggal 2021-10-16. 
  2. ^ "Astronauta a kosmonauta - Poradnia językowa PWN". sjp.pwn.pl (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  3. ^ ""Taikonauts" a sign of China's growing global influence". China View. 
  4. ^ "Parastronaut feasibility project". www.esa.int (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-16. 
  5. ^ "NASA - Mercury 7 Begin Training on April 27, 1959". www.nasa.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-16. 
  6. ^ MSFC, Barry Logan:. "NASA - Astronauts in Training". www.nasa.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-16.