Sally K. Ride

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sally Ride)

Sally K. Ride
portrait
Ride pada 1984
LahirSally Kristen Ride
(1951-05-26)26 Mei 1951
Los Angeles, California, Amerika Serikat
Meninggal23 Juli 2012(2012-07-23) (umur 61)
San Diego, California, Amerika Serikat
PendidikanUniversitas Stanford (BA, BS, MS, PhD)
PekerjaanFisikawan
Suami/istri
(m. 1982; c. 1987)
PasanganTam O'Shaughnessy (1985–2012; Kematian Ride)
PenghargaanPresidential Medal of Freedom (anumerta, 2013)
Karier luar angkasa
Astronot NASA
Waktu di luar angkasa
14h 07j 46m
SeleksiGrup NASA 1978
Misi
Lambang misi
STS-7 mission patch STS-41-G mission patch
Pensiun15 Agustus 1987

Sally Kristen Ride (26 Mei 1951 – 23 Juli 2012) ialah astrofisikawati dan astronaut Amerika Serikat, lahir di Encino, California. Dengan Ph.D. dalam fisika dari Universitas Stanford, ia bergabung dengan NASA pada 1978, di mana ia menjadi astronaut (1979–87) dan membantu rancangan lengan robot untuk kendaraan luar angkasa.

Pada 1983 ia menjadi wanita pertama di Amerika Serikat yang berada di angkasa dan wanita ketiga yang terbang ke luar angkasa, setelah kosmonot Valentina Tereshkova pada tahun 1963 dan Svetlana Savitskaya pada tahun 1982. Selain itu, dia merupakan astronot Amerika termuda yang pernah terbang di ruang angkasa, yakni ketika ia berusia 32 tahun.

Ride merupakan seorang lulusan Universitas Stanford, di mana ia memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang fisika dan gelar Bachelor of Arts di bidang sastra Inggris pada tahun 1973, gelar Master of Science di bidang fisika pada tahun 1975, dan Doctor of Philosophy di bidang fisika pada tahun 1978 untuk penelitian tentang interaksi sinar-X dengan medium antarbintang. Dia terpilih sebagai astronot spesialis misi dengan Astronaut NASA Group 8, kelas pertama astronot NASA yang menyertakan wanita. Setelah menyelesaikan pelatihannya pada tahun 1979, dia menjabat sebagai komunikator kapsul berbasis darat (CapCom) untuk penerbangan Space Shuttle kedua dan ketiga, dan membantu mengembangkan lengan robotik Space Shuttle. Pada Juni 1983, dia terbang ke luar angkasa dengan Space Shuttle Challenger dalam misi STS-7. Misi tersebut mengerahkan dua satelit komunikasi dan satelit palet Shuttle pertama (SPAS-1). Ride mengoperasikan lengan robot untuk menyebarkan dan mengambil SPAS-1. Penerbangan luar angkasa keduanya adalah misi STS-41-G pada tahun 1984, juga dengan Challenger. Dia menghabiskan total lebih dari 343 jam di luar angkasa. Dia meninggalkan NASA pada tahun 1987.

Ride bekerja selama dua tahun di Pusat Keamanan Internasional dan Kontrol Senjata Universitas Stanford, kemudian di Universitas California, San Diego, terutama meneliti optik nonlinier dan hamburan Thomson. Dia bertugas di komite yang menyelidiki bencana Pesawat Ulang-alik Challenger dan Columbia, satu-satunya orang yang berpartisipasi dalam keduanya. Ia menikah dengan astronot Steven Hawley selama tahun-tahun penerbangan luar angkasanya dan memiliki hubungan pribadi dengan mantan pemain Asosiasi Tenis Wanita Tam O'Shaughnessy, dia adalah astronot pertama yang diketahui sebagai LGBT. Dia meninggal karena kanker pankreas pada 23 Juli 2012.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Sally Kristen Ride lahir pada 26 Mei 1951, di lingkungan Encino di Los Angeles, California,[1][2] anak tertua dari Dale Burdell Ride dan Carol Joyce Ride née Anderson.[2] Dia memiliki satu saudara kandung, Karen, yang dikenal sebagai "Beruang".[2][3] Kedua orang tuanya adalah pengetua di Gereja Presbiterian. Ibunya, yang keturunan Norwegia, pernah bekerja sebagai konselor sukarela di lembaga pemasyarakatan wanita.[4] Ayahnya bertugas di Angkatan Darat AS di Eropa dengan Divisi Infanteri ke-103 selama Perang Dunia II. Setelah masa perang, dia belajar di Haverford College di G.I. Bill, memperoleh gelar master dalam bidang pendidikan di Universitas California, Los Angeles,[2] dan menjadi profesor ilmu politik di Santa Monica College.[4]

Ride dibesarkan di lingkungan Van Nuys dan Encino di Los Angeles. Pada tahun 1960, ketika dia berusia sembilan tahun, keluarganya menghabiskan satu tahun berkeliling Eropa. Di Spanyol, Ride bermain tenis untuk pertama kalinya.[2]  Dia menyukai olahraga, terutama tenis, dan pada usia 10 tahun dilatih oleh Alice Marble, mantan pemain nomor satu dunia.[5] Pada tahun 1963 Ride menduduki peringkat 20 di California Selatan untuk anak perempuan berusia 12 tahun ke bawah.[2] Ia bersekolah di Encino Elementary School, Portola Junior High (sekarang Portola Middle School), Birmingham High School dan kemudian, sebagai mahasiswa tingkat dua di tenis beasiswa, Westlake School for Girls, sekolah swasta eksklusif khusus perempuan di Los Angeles.[2][4] Elizabeth Mommaerts, yang mengajar fisiologi manusia, menjadi mentornya. Ride memutuskan untuk menjadi ahli astrofisika.[6] Dia lulus pada bulan Juni 1968, dan kemudian mengambil kelas matematika lanjutan di Santa Monica College selama liburan musim panas.[2]

Temannya, Sue Okie, tertarik untuk kuliah di Swarthmore College di Pennsylvania, jadi Ride juga melamar. Dia diwawancarai oleh Fred Hargadon, dekan penerimaan, yang terkesan dengan mental dan kemampuan tenisnya. Dia diterima dengan beasiswa penuh.[2]  Dia memulai kelas di Swarthmore pada 18 September 1968. Dia bermain golf dan menjadi hoki lapangan tim universitas Swarthmore. Dia memenangkan keenam pertandingan tenis antar perguruan tinggi dan menjadi juara Tunggal Putri Antar Perguruan Tinggi Timur. Dia mempertahankan gelarnya pada Mei 1969, menang dalam dua set langsung. Tapi Ride merindukan California, dan pada hari-hari sebelum tenis wanita Title IX tidak didukung dengan baik di tingkat perguruan tinggi; Swarthmore memiliki empat lapangan tenis tetapi tidak ada lapangan dalam ruangan dan dia tidak bisa berlatih saat turun salju. Setelah tiga semester di Swarthmore, dia kembali ke California pada Januari 1970 dengan tujuan menjadi pemain tenis profesional.[2]

Ride masuk Universitas California, Los Angeles, di mana dia mendaftar di kursus Shakespeare dan mekanika kuantum, mendapatkan nilai A di kedua mata pelajaran tersebut. Dia menjadi satu-satunya wanita jurusan fisika. Dia terlibat kisah asmara dengan asisten pengajar, John Tompkins, tetapi hubungan tersebut berakhir pada bulan September ketika dia pergi ke Moskow untuk melakukan penelitian di Institut Fisika Energi Tinggi. Keinginan untuk terjun ke tenis profesional gagal; ketika selesai memainkan tiga pertandingan dalam suatu pagi di bulan Agustus, seluruh tubuhnya terasa sakit keesokan harinya. Dia menyadari bahwa butuh upaya lebih besar untuk memperoleh kebugaran yang dibutuhkan, sehingga dia berlatih selama delapan jam sehari. Namun kemudian dia merasa tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk menjadi seorang profesional.[2]

Ride melamar transfer ke Universitas Stanford sebagai junior. Pelatih tenis sangat ingin memasukkannya ke dalam tim, dan secara kebetulan, Fred Hargadon sekarang menjadi dekan penerimaan di sana. Dia sekali lagi berperan dalam menyetujui penerimaannya. Ia lulus pada tahun 1973 dengan gelar Bachelor of Science di bidang fisika dan Bachelor of Arts di bidang sastra Inggris.[2]  Ia kemudian meraih gelar Master of Science di bidang fisika pada tahun 1975 dan Doctor of Philosophy pada tahun 1978.[1] Astrofisika dan laser elektron bebas merupakan bidang studinya.[7] Ia menulis disertasi doktoralnya tentang "Interaksi sinar-X dengan medium antarbintang",[8] di bawah bimbingan Arthur B. C. Walker Jr.[9]

Di Stanford, Ride berkenalan lebih dalam dengan Molly Tyson, yang setahun lebih muda darinya. Keduanya pernah bertemu di sirkuit tenis sebagai petenis junior. Meskipun Ride mendapat peringkat nomor satu di Stanford dan Tyson di nomor enam, keduanya bermain ganda bersama. Ride kemudian keluar dari tim tenis Stanford sebagai protes terhadap penolakan universitas untuk bergabung dengan Konferensi Pac-8 dalam tenis wanita.[2]  Ride dan Tyson memulai sebuah hubungan. Untuk mendapatkan uang, mereka mengajar pelajaran tenis, dan pada tahun 1971 dan 1972 mereka menjadi konselor di perkemahan musim panas TennisAmerica milik Dennis Van der Meer di Danau Tahoe, Nevada. Pada Agustus 1972, Ride bermain dalam pertandingan ganda dengan Van der Meer melawan Billie Jean King, petenis wanita peringkat 1 dunia, dan Dick Peters, direktur kamp; Martin Luther King III dan Dexter King berperan sebagai ball boy. Billie Jean King menjadi mentor dan temannya. Ride menyaksikannya memenangkan pertandingan Battle of the Sexes melawan Bobby Riggs pada tahun 1973. Tyson mengakhiri hubungan mereka pada tahun 1975, dan Ride pindah dengan Bill Colson, sesama mahasiswa pascasarjana fisika yang baru saja bercerai.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lyndon B. Johnson Space Center (July 2012). "Sally K. Ride" (PDF). Biographical Data. Houston, Texas: NASA. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n Sherr, Lynn (2014). Sally Ride: America's First Woman in Space. New York: Simon & Schuster. ISBN 978-1-4767-2578-9. OCLC 885483468. 
  3. ^ Boyle, Alan (July 25, 2012). "Why Sally Ride waited until her death to tell the world she was gay". Cosmic Log. NBC News. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  4. ^ a b c Grady, Denise (July 23, 2012). "American Woman Who Shattered Space Ceiling". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal May 5, 2021. 
  5. ^ Eisenband, Jeff (July 23, 2012). "Pioneering Astronaut Sally Ride Almost Opted For Tennis". ThePostGame. Yahoo! Sports. Diakses tanggal March 4, 2022. 
  6. ^ Okie, Susan (May 8, 1983). "Friend Charts Her Path to Space". The Washington Post. Diakses tanggal March 3, 2022. 
  7. ^ Knapp, Alex (July 23, 2012). "Sally Ride, First American Woman In Space, Dead At 61". Forbes. Jersey City, New Jersey. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2021. Diakses tanggal July 23, 2012. 
  8. ^ Ride, Sally (1978). The interaction of X-rays with the interstellar medium (Tesis PhD). Stanford University. https://searchworks.stanford.edu/view/734780. Diakses pada March 4, 2022. 
  9. ^ Aceves, Ana V. (August 4, 2016). "Arthur B. C. Walker II: X-ray Astrophysicist". Sky & Telescope. Diakses tanggal March 4, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]