Portal:Penerbangan antariksa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Portal Penerbangan Antariksa

Circle-icons-rocket.svg
Penerbangan luar angkasa

Penerbangan antariksa atau Spaceflight adalah penerbangan balistik ke atau menuju luar angkasa. Penerbangan wahana antariksa dapat dilakukan menggunakan wahana antariksa dengan atau tanpa manusia di dalamnya. Contoh penerbangan luar angkasa berawak seperti program Soyuz Rusia, program ulang-alik Amerika Serikat, serta Stasiun Luar Angkasa Internasional. Contoh penerbangan antariksa nirawak adalah berbagai wahana antariksa yang meninggalkan orbit Bumi, serta satelit di orbit sekitar Bumi seperti satelit komunikasi.

PIA23962-Mars2020-Rover&Helicopter-20200714.jpg

Mars 2020 adalah misi wahana penjelajah Mars NASA yang mencakup wahana penjelajah Perseverance dan helikopter nirawak Ingenuity. Misi ini dijadwalkan meluncur pada 30 Juli 2020 pukul 11:50 UTC dan akan mendarat di kawah Jezero di Mars pada 18 Februari 2021. Perseverance akan menyelidiki lingkungan purba di Mars melalui pendekatan astrobiologis serta menyelidiki proses geologis dan sejarah pada permukaannya, termasuk menyelediki apakah Mars pernah laik huni dan menunjang kehidupan di masa lalu. Wahana ini juga akan mencari biosignature yang kemungkinan masih dapat ditemui dalam material geologis di permukaan Mars.


Peluncuran misi Vostok 1

Peluncuran misi Mars 2020 menggunakan roket peluncur Atlas V dari Cape Canaveral, Florida pada 30 Juli 2020. Misi ini terdiri atas wahana penjelajah Perseverance, helikopter nirawak Ingenuity, serta sebuah Cruise Stage yang menunjang operasi kedua wahana tersebut selama perjalanan menuju Mars. Mars 2020 akan tiba di Mars pada Februari 2021.


Tokoh pilihan

Buzz Aldrin (S69-31743).jpg

Buzz Aldrin (/ˈɔːldrɪn/; lahir Edwin Eugene Aldrin Jr.; 20 Januari 1930) adalah insinyur, mantan antariksawan, dan pilot pesawat tempur Amerika Serikat. Ia bertugas sebagai pilot modul bulan dalam misi Apollo 1. Ia merupakan orang kedua yang mendarat di Bulan setelah komandan misi Neil Armstrong. Aldrin lahir di Glen Ridge, New Jersey, dan lulus dari jurusan teknik mesin Akademi Militer Amerika Serikat, West Point, pada tahun 1951. Ia masuk Angkatan Udara Amerika Serikat dan berdinas sebagai pilot pesawat tempur semasa Perang Korea. Ia melakukan 66 misi tempur dan menembak jatuh dua pesawat MiG-15.

Hari ini dalam sejarah

15 Agustus:

Tahukah anda...

  • ...bahwa wahana antariksa Dragon membawa muatan keju pada misi perdananya?
  • ...bahwa helikopter nirawak Ingenuity menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon dan sistem operasi Linux?
  • ...bahwa Apollo 12 tersambar petir sebanyak dua kali ketika peluncuran?

Kategori


Portal lainnya