SpongeBob SquarePants (musim ke-3)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SpongeBob SquarePants musim 3
SBSPseason3.jpg
SpongeBob SquarePants, musim 3
Negara asal Amerika Serikat
Jumlah episode 20 (37)
Siaran
Saluran asal Nickelodeon
Pertama tayang 5 Oktober 2001 (2001-10-5) – 11 Oktober 2004 (2004-10-11)
Tempat perilisan video
Perilisan DVD
Wilayah 1 27 September 2005 (2005-9-27)
Wilayah 2 3 Desember 2007 (2007-12-3)
Wilayah 4 8 November 2007 (2007-11-8)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 2
Berikutnya →
Musim 4
Daftar episode SpongeBob SquarePants

Musim ketiga SpongeBob SquarePants menayangkan 37 episode dari 5 Oktober 2001 dengan episode "The Bully" dan "Just One Bite" sampai 11 Oktober 2004 dengan episode "SpongeBob Meets the Strangler" dan "Pranks a Lot". Musim ketiga dirilis di wilayah 1, 4, dan 2 pada 27 September 2005, 8 November 2007, dan 3 Desember 2007. Stephen Hillenburg meninggalkan seri dan menjadi produser setelah film.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Dalam produksi musim sebelumnya, Nickelodeon meminta musim ketiga untuk SpongeBob SquarePants pada 20 September 2000, karena rating tinggi seri di televisi kabel.[1] Pada 2002, Hillenburg dan staff acara berhenti membuat episode untuk mengerjakan film The SpongeBob SquarePants Movie, setelah menyelesaikan musim ketiga.[2] Ini menyebabkan pengurangan penayangan episode baru di televisi.[3] Nickelodeon mengumumkan bahwa sembilan episode baru akan ditayangkan.[4] "The Sponge Who Could Fly" pertama kali ditayangkan dalam sebuah "Sponge"-a-thon berdurasi dua jam, sementara delapan episode lain ditayangkan kemudian.[4]

Setelah film selesai diproduksi, Hillenburg ingin mengakhiri seri, tapi Nickelodeon ingin lebih banyak episode.[5] Hillenburg said "Begini, ada kekhawatiran ketika kami membuat film [pada tahun 2004] bahwa acara telah memuncak. Ada kekhawatiran di kalangan eksekutif Nickelodeon.."[6][7] Hillenburg berhenti menjadi showrunner,[8] dan memilih Paul Tibbitt untuk menggantikannya.[9] Hillenburg menganggap Tibbitt adalah anggota kru acara favoritnya,[1] dan "benar-benar mempercayainya [Paul Tibbitt]."[10] Tibbitt still holds the showrunner position and also functions as an executive producer.[9][11] Hillenburg tidak lagi menulis atau menjalankan acara dengan basis hari per hari, tapi memeriksa setiap episode dan memberi saran.[8][12] Tom Kenny dan Bill Fagerbakke dan seluruh kru mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyelesaikan empat episode baru untuk ditayangkan di Nickelodeon pada 2005,[13][14] dan berencana menyelesaikan sekitar 20 episode yang kemudian akan menjadi musim keempat.[13][14]

Episode[sunting | sunting sumber]

The Algae's Always Greener / SpongeGuard on Duty[sunting | sunting sumber]

The Algae's Always Greener
Plankton ingin formula rahasia Krabby Patty, jadi dia menggunakan mesin untuk menukar kehidupannya dengan kehidupan Mr. Krabs. Tapi selalu terganggu, pada saat Krusty Krab diserang oleh Mr. Krabs (yang ditukar kehidupannya dengan Plankton), Plankton tidak melakukan apa-apa, SpongeBob menembakkan pakaian ke Mr. Krabs, dan setelah kena, Mr. Krabs mengatakan dia akan kembali besok, dan besoknya lagi, dan besoknya lagi berulang-ulang, setelah itu Plankton mendapat telepon dan terdengar suara Mr. Krabs yang kembali mengatakan "dan besoknya lagi, dan besoknya lagi, ...". Karena itu dia kembali ke kehidupannya yang semula dan memakan daging.

SpongeGuard on Duty
SpongeBob menjadi penjaga pantai karena Larry mengira dia penjaga pantai karena es krim di hidungnya. Ketika SpongeBob melihat Larry menyelamatkan orang tenggelam dengan berenang, dia ingat bahwa dia tidak bisa berenang dan berarti tidak bisa melakukan yang biasa penjaga pantai lakukan. Melihat Patrick tenggelam, dia mencoba menyelamatkan Patrick dengan cara agar di tidak perlu berenang. Tapi SpongeBob ikut tenggelam karena Patrick menghacurkan kapal yang SpongeBob pakai untuk menyelamatkan Patrick, setelah itu mereka diselamatkan dan diberi pelajaran berenang oleh Larry

Club SpongeBob / My Pretty Seahorse[sunting | sunting sumber]

Club SpongeBob
Ketika Squidward bersepeda hendak menuju Krusty Krab, dia mengetahui SpongeBob dan Patrick membuat klub, Squidward mencoba masuk tapi malah membuat mereka tersesat. Selama tersesat mereka bertiga menanyakan pertanyaan mereka ke "Kulit Kerang Ajaib". Akhirnya mereka dan seseorang tidak melakukan apa-apa, seperti yang disuruh oleh Kulit Kerang Ajaib

My Pretty Seahorse
SpongeBob menemukan sebuah kuda laut, dia menamakannya "Misteri". Ketika di Krusty Krab, dia menyebabkan kekacauan. Akhirnya, SpongeBob melepaskan Misteri.

Just One Bite / The Bully[sunting | sunting sumber]

Just One Bite
Squidward mengatakan dia benci dan tidak pernah makan Krabby Patty, jadi SpongeBob mencoba membuatnya makan Krabby Patty, tapi Squidward tidak mau. Akhirnya dia mencoba memakannya dan mengatakan Krabby Patty tidak enak, tapi sebenarnya dia sangat menyukainya. Dia mencoba mendapatkan yang lain tapi selalu gagal. Keesokan harinya, pada waktu pagi-pagi, Squidward menuju Krusty Krab. Hal itu diketahui SpongeBob, dan akhirnya Squidward mau mengaku juga. Dia makan Krabby Patty banyak dan akhirnya dirinya Meledak.

The Bully'
SpongeBob terganggu dengan keberadaan murid baru bernama Flats yang ingin menendang bokongnya. Dia selalu mencari cara sampai akhirnya Flats diperbolehkan menendang bokongnya sampai akhirnya kelelahan

Nasty Patty / Idiot Box[sunting | sunting sumber]

Nasty Patty
Suatu hari, Inspektur Kesehatan datang ke Krusty Krab, SpongeBob dan Mr. Krabs mengira dia adalah yang palsu, jadi mereka memberinya Patty yang buruk, tapi yang masuk ke mulutnya adalah lalat. Begitu sadar itu yang asli, SpongeBob dan Mr. Krabs mengira mereka membunuhnya dan mencoba menyembunyikannya, tapi selalu gagal. Inspektur Kesehatan itu bangun dan terungkap dia hidup.

Idiot Box
SpongeBob dan Patrick memakai kardus TV untuk bermain sedangkan Squidward mengambil TV-nya. SpongeBob memberitahu Squidward mereka menggunakan imajinasi. Squidward menonton TV dan semua acaranya berhubungan dengan kotak. Squidward merasa SpongeBob dan Patrick berbohong dan ketika malam, dia menyelidiki kotak itu, dia berimajinasi dan berhasil, tapi suara-suara imajinasinya adalah suara truk sampah yang membuang kotak itu.

Mermaid Man and Barnacle Boy IV / Doing Time[sunting | sunting sumber]

Mermaid Man and Barnacle Boy IV
Mermaid Man dan Barnacle Boy membeli makanan di Krusty Krab, tapi kabur begitu menemukan SpongeBob ada di sana, tapi sabuk Mermaid Man tertinggal dan SpongeBob memakainya. Dia tanpa sengaja membuat Squidward dan Patrick menyusut, dan menyusutkan warga Bikini Bottom yang lain. Semuanya menjadi marah dan menyerang SpongeBob, SpongeBob menyusutkan Bikini Bottom dan dirinya karena tidak bisa membersarkan mereka semua. Tapi Plankton pulang dari liburan dengan ukuran yang lebih besar.

Doing Time
SpongeBob menjalani tes mengemudi dan membuat kecelakaan di banyak tempat, ini menyebabkan Mrs. Puff ditahan. SpongeBob dan Patrick mencoba merampok bank untuk masuk penjara, tapi gagal. Mereka masuk untuk berbicara langsung dengan Mrs. Puff, tapi Mrs. Puff ingin tetap di penjara untuk menghindari kecelakaan yang diakibatkan oleh SpongeBob. Tiba-tiba dia bangun dari mimpinya dan mengalami kejadian yang sama, bedanya adalah SpongeBob yang ditahan. Tiba-tiba dia bangun dari mimpinya lagi, tapi dia mengalami hal yang sama lagi, sekarang yang mengemudi adalah teman sepenjara. Setelah itu dia bangun lagi dan hal sebelumnya terjadi, kali ini dia mengatakan "lupakan saja".

Snowball Effect / One Krab's Trash[sunting | sunting sumber]

Snowball Effect
Bikini Bottom diselimuti salju pada suatu hari, SpongeBob dan Patrick menggunakannya untuk bermain perang bola salju. Squidward merasa terganggu, tapi akhirnya dia bergabung. Dia membuat benteng yang lemah dang diserang bertubi-tubi oleh SpongeBob dan Patrick. Dia membalas dengan jauh lebih bertubi-tubi bahkan juga melempar klarinetnya. SpongeBob dan Patrick pergi dan Squidward menyiapkan benteng besar. Squidward mengira dia diserang tapi sebenarnya salju itu berasal dari pohon.

One Krab's Trash
Mr. Krabs menjual barang-barang bekas dari tempat sampah, termasuk topi minum soda yang akhirnya dibeli SpongeBob. Mr. Krabs mencoba membuat SpongeBob mengembalikan topi itu karena mau dibeli dengan harga mahal, tapi dia tidak mau dan Mr. Krabs menakut-nakutinya. SpongeBob membawanya ke kuburan yang Mr. Krabs sebutkan namanya, Mr. Krabs mengambilnya tapi terungkap oleh calon pembeli bahwa itu berasal dari tempat sampah.

As Seen on TV / Can You Spare a Dime?[sunting | sunting sumber]

As Seen on TV
Krusty Krab membuat acara TV komersial dengan anggaran rendah, disana muncul Mr. Krabs, Pearl dan Squidward. Ada juga SpongeBob, tapi tidak terlalu terlihat. Ketika dia bekerja keesokkan harinya, SpongeBob merasa dirinya bintang dan meninggalkan Krusty Krab, tapi sadar memasak lebih disukai pelanggan.

Can You Spare a Dime?
Mr. Krabs melihat uang-uangnya dan menemukan bincisan pertamanya hilang, dia mengira Squidward mengambilnya dan karena marah, Squidward pergi. SpongeBob mencoba menghentikannya, tapi Squidward mengatakan setelah pergi dia bisa menjadi orang besar. Suatu hari, Squidward malah mejadi pengemis, dan tinggal di sebuah kardus bekas (dan setelah itu kehilangan kardusnya), kehilanggan rumahnya dan memakan lukisan-lukisannya karena tidak ada yang menerimanya. Squidward tinggal sementara di rumah SpongeBob sampai mendapat pekerjaan, tapi Squidward tidak mau dan harus tinggal disana selama berbulan-bulan sampai narator lama kelelahan menunggu narator yang baru. SpongeBob protes ke Mr. Krabs dan rupanya bincisan pertama Mr. Krabs ada di sakunya, jadi dia mengembalikan pekerjaan Squidward. Mr. Krabs mengira Squidward menaruhnya di kantungnya, Squidward marah dan mungkin, hal sebelumnya akan terjadi lagi.

No Weenies Allowed / Squilliam Returns[sunting | sunting sumber]

No Weenies Allowed
SpongeBob dan Sandy pergi ke "Salty Spittoon", tempat orang-orang yang sangat tangguh dan kuat. Sandy berhasil masuk tapi SpongeBob tidak berhasil, penjaga gerbang Salty Spittoon mengatakan dia lebih baik pergi ke "Weenie Hut Jr." atau "Super Weenie Hut Jr.". Dia akhirnya pergi ke sana, tapi selalu dibuat malu oleh dua weenie dan robot pelayan, jadi dia kembali ke Salty Spiton dan akhirnya kembali lagi. Di Weenie Hut Jr., dia bertemu Patrick, robot pelayan itu mengusulkan SpongeBob pura-pura memukuli Patrick tapi sebenarnya itu gerakan Patrick. Rencana itu berhasil, tapi SpongeBob tergelincir hanya karena sekotak es batu.

Squilliam Returns
Ketika istirahat makan siang di Krusty Krab, Squidward bertemu musuh lamanya, Squilliam. Squidward mencoba membuat Squilliam merasa dirinya memiliki kekayaan, jadi dia mengatakan dirinya memiliki restoran bintang lima, Squilliam mengatakan dia akan datang ke sana pada malam hari. Squidward meminjam Krusty Krab selama beberapa menit, dia menggunakan Mr. Krabs sebagai koki, SpongeBob sebagai pelayan dan Patrick (yang tiba-tiba muncul) tidak diketahui posisinya, semuanya berantakan. Squidward mencoba memberitahu Squilliam dia bohong, tapi Squilliam datang dan pada saat yang bersamaan, SpongeBob memperbaiki semuanya dengan mengosongkan pikirannya kecuali tentang isi buku "Bagaimana cara menjadi pelayan yang baik dalam 20 menit". Squilliam menyukainya dan ingin mengetahui nama SpongeBob, tapi "namaku" sudah tidak ada di otak SpongeBob dan SpongeBob menghancurkan restoran bintang lima itu, Squidward mengaku dia penjaga kasir. Squilliam mengatakan hal yang sama dan Squlliam mengatakan dia bohong tentang dia penjaga kasir.

Krab Borg / Rock-a-Bye Bivalve[sunting | sunting sumber]

Krab Borg
Pada malam hari, SpongeBob menonton film robot dan mulai berpikir orang-orang adalah robot. Di Krusty Krab, dia melihat Mr. Krabs bergerak seperti robot dan memberitahu Squidward, SpongeBob memberitahu ciri-ciri robot. Air panas tanpa sengaja mengenai mata Mr. Krabs dan dia mencoba pergi ke kamar mandi, SpongeBob dan Squidward mengira Mr. Krabs adalah robot karena memiliki bentuk yang mirip dengan ciri-ciri robot. Mereka menintrogasi Mr. Krabs untuk mengetahui di mana Mr. Krabs yang "asli", mereka menemukan "robot" Mr. Krabs bisa menangis, yang berarti dia bukan robot.

Rock-a-Bye Bivalve
SpongeBob dan Patrick menemukan seekor kerang (sebagai burung bawah laut), mereka memutuskan menjadi orang tuanya sampai dia dewasa (bisa terbang) dan menamainya "Junior". Mereka menghadapi beberapa masalah yang sulit mereka selesaikan. Suatu hari, Patrick "pulang" terlambat dan menyebabkan lupa mengganti popok Junior, Patrick berjanji tidak akan mengulanginya tapi dia melakukannya lagi dan "lembur". SpongeBob dan Patrick bertengkar di rumah Patrick ("kantor" Patrick saat itu) dan melihat Junior melompat dari jendela lantai teratas, mereka mencoba menyelamatkannya tapi Junior sudah bisa terbang. Dia pergi dan Patrick mengusulkan mempunyai "anak" lagi.

Wet Painters / Krusty Krab Training Video[sunting | sunting sumber]

Wet Painters
SpongeBob dan Patrick membuat kerusakan di Krusty Krab, jadi Mr. Krabs menyuruh mereka berdua mencat dinding dalam rumah Mr. Krabs tanpa mengenai barang-barang lain, jika mengenai benda selain dinding, mereka akan dihukum, dia juga mengatakan cat itu permanen. SpongeBob dan Patrick tanpa sengaja membuat gelembung cat dan mencat seluruh dinding dan tidak ada benda lain yang tercat, kecuali di satu titik kecil di dolar pertama Mr. Krabs. Ketika Mr. Krabs datang, mereka mencoba menyembunyikan cat di dolar itu, Mr. Krabs menjadi "marah" karena melihat cat di dolar pertamanya dan juga ada gambaran Patrick di dolarnya. Dia membersihkannya dengan air liur dan memberitahu cat itu tidak permanen, dia juga memberitahu dia hanya mempermainkan SpongeBob dan Patrick, air liur tawanya menghapus semua cat di dindingnya.

Krusty Krab Training Video
Sebuah video pelajaran untuk karyawan Krusty Krab mengisi di episode ini. SpongeBob ingin membuat Krabby Patty, tapi dilarang oleh narator karena belum mempelajari banyak hal, mulai dari sejarah Krusty Krab, P.O.O.P. (People Order Our Patties), kebersihan, dll. SpongeBob akhirnya diberitahu resep rahasia Krabby Patty, tapi tidak diperlihatkan kepada penonton.

Party Pooper Pants[sunting | sunting sumber]

Party Pooper Pants
Patchy sedang berpesta di rumahnya, banyak orang datang tidak termasuk SpongeBob yang tidak mengerti tulisannya. Band favorit Potty, The Birdbrains·muncul untuk bernyanyi, Patchy tidak menyukainya dan mengusir mereka. Patchy kemudian memainkan musiknya sendiri yang buruk, Potty memberikan seruling yang merupakan dinamit, dan meledakkan hampir seluruh tubuh Patchy kecuali kepalanya. The Birdbrains muncul lagi dan menyanyikan lagu "Underwater Sun". Patchy kedatangan tamu yang berupa burung-burung wanita.

SpongeBob menemukan buku tantang cara berpesta, dia mengundang banyak orang. Patrick adalah orang pertama yang datang, tepatnya pada jam 20.00, berikutnya Mr. Krabs, Squidward, dan banyak teman-teman SpongeBob lain. Pesta ini sangat padat sampai untuk bercakap-cakap dengan seseorang ada waktunya. Ketika SpongeBob pergi keluar rumah sebentar, dia terkunci di luar rumahnya dan semua yang ikut pesta menyebabkan pesta (dan acara pesta) kacau. Dia dipenjara beberapa jam / menit karena tidak mengundang polisi. Saat dia pulang, rumahnya berantakan tapi semuanya senang.

Chocolate with Nuts / Mermaid Man and Barnacle Boy V[sunting | sunting sumber]

Chocolate with Nuts
SpongeBob dan Patrick menjual coklat, tapi tidak terlalu berhasil dan malah mengeluarkan uang. Mereka mencoba berpura-pura sakit parah, tapi orang yang ditipu juga menyamar menjadi orang sakit. Orang itu menyuruh mereka membeli coklat miliknya, yang juga merupakan ide SpongeBob. SpongeBob dan Patrick bertemu orang yang mengejarnya sejak awal mereka berjualan, yang sebenarnya membeli semua coklat mereka.

Mermaid Man and Barnacle Boy
Barnacle Boy dianggap anak kecil oleh beberapa orang, jadi dia menjadi jahat dan bergabung dengan Dirty Bubble dan Man Ray. Dia (dipanggil Barnacle Man saat itu) dan teman-teman barunya membentuk organisasi kejahatan bernama E.V.I.L. (Every Villians is Lemons) dan melakukan kejahatan di banyak tempat. SpongeBob, Patrick, Sandy dan Squidward (sebenarnya dia tidak mau) membantu Mermaid Man dan menjadi "The Quickster" (SpongeBob), "The Elastic Waistband" (Patrick), "Captain Magma" (Squidward) dan "Miss Appear" (Sandy). Mereka menghadapi E.V.I.L. dengan penuh kekacauan, Barnacle Man meminta 3 hal begitu mereka menang (tanpa menyerang), yaitu: diperlakukan sebagai pahlawan super, dipanggil Barnacle Man (tidak seperti itu di episode lain) dan makan Krabby Patty ukuran dewasa. Barnacle Man kembali baik.

New Student Starfish / Clams[sunting | sunting sumber]

New Student Starfish
SpongeBob ingin berangkat sekolah ke Mrs. Puff Boating School, tapi Patrick kesepian dan SpongeBob mengajaknya ikut ke sekolah. SpongeBob memberitahu Patrick banyak "benda-benda pelajaran", termasuk "Roger" yang merupakan sebuah telur. Saat Patrick disuruh mengatakan namanya, Patrick ketakutan dan mengatakan "24". Ketika belajar, Patrick membuat "satu bintang" SpongeBob dilepas, SpongeBob marah dan bertengkar dengan Patrick. Suatu ketika, lampu penghangat Roger mati, SpongeBob dan Patrick bekerja sama untuk mengambil yang baru lagi, ini membuat mereka mendapat satu "bintang".

Clams
Mr. Krabs mendapat dolar kesejutanya dan memancing kerang bersama SpongeBob dan Squidward sebagai hadiah sudah membantunya. SpongeBob menarik banyak hal ke tempat mereka memancing, termasuk hidung Squidward dan dolar kesejuta Mr. Krabs. SpongeBob berhasil mengambil dolar SpongeBob, tapi akhirnya dimakan kerang. Mr. Krabs menangis dan tidak membolehkan ada yang pergi sebelum dolar itu didapatkan. SpongeBob dan Squidward mencoba kabur tapi ditahan oleh Mr. Krabs. Mereka dijadikan "umpan" kerang yang memakan dolar kesejuta Mr. Krabs oleh Mr. Krabs dan begitu kerang itu datang, dia langsung meloncat ke lidah kerang itu tapi kembali ke air dengan berada di dalam kerang itu. Mr. Krabs memberikan hampir seluruh tubuhnya kecuali kepala dan tangan kirinya untuk ditukar dengan dolar kesejutanya.

Ugh[sunting | sunting sumber]

Ugh
Di zaman prasejarah, Patchy dan Potty bertengkar apakah SpongeBob menyukai prasejarah, atau masa depan, sampai SpongeBob (ketika bekerja) merasakannya. Kartun dimulai dengan bangunnya SpongeGar (nenek moyang SpongeBob pada zaman prasejarah) dan membawa Gary versi prasejarah yang membuat lendir. Squog (nenek moyang Squidward) terganggu dan memarahi SpongeGar, tapi tergelincir dan menabrak rumah Patar (nenek moyang Patrick). SpongeGar dan Patar bermain meniup gelembung, tapi dengan kayu. Tiba-tiba ada hujan dan petir membuat api unggun. SpongeGar, Patar dan Squog memasak barang-barang dengan api itu sampai kekenyangan.

Patchy dan Potty bertarung lagi dan kali ini mereka menunjukkan orang gua (prasejarah) dan robot (masa depan). Robot Potty menyerang orang gua Patchy sehingga terjadi kekacauan di sana. Kembali ke kartun, SpongeGar, Patar dan Squog memperubutkan api itu, mereka menjebak satu sama lain, tapi tiba-tiba hujan datang dan memadamkan api itu. SpongeGar dan Patar menyesal, tapi Squog tidak dan menjadi marah, tapi dia tersambar petir dan dijadikan alat memasak. Potty menunjukkan Patchy orang gua dan robot mereka bernyanyi bersama dengan lagu "When World Collide" yang juga menampilkan sedikit klip dari "SB-129", Patchy senang dan diberi hadiah prasejarah dari Patchy, hadiahnya adalah Tyrannosaurus Rex.

The Great Snail Race / Mid-Life Crustacean[sunting | sunting sumber]

The Great Snail Race
Squidward membeli seekor siput bernama "Snellie" untuk lomba balap siput, SpongeBob mengikutsertakan Gary, Patrick juga mengikutsertakan batu yang dia namai "Rocky". SpongeBob memaksa Gary berlatih sampai dia menendang Sandy karena tidak mau diajak bermain. Di pertandingan, Gary terlalu kelelahan sampai cangkangnya hancur, Snellie kembali menghibur Gary. Rocky dan Patrick menjadi juara karena ini.

Mid-Life Crustacean
Mr. Krabs merasa dirinya menjadi tua, jadi dia ikut SpongeBob dan Patrick agar bisa merasa muda. Malam hari, mereka bertiga pergi dan melakukan hal-hal yang membosankan. Mr. Krabs marah dan pergi, tapi kembali karena ingin ikut SpongeBob dan Patrick mengambil celana dalam wanita. Kelakuan mereka dilihat Mrs. Krabs (ibunya Mr. Krabs) dan Mr. Krabs dikurung di sana, sedangkan SpongeBob dan Patrick kabur.

Born Again Krabs / I Had an Accident[sunting | sunting sumber]

Born Again Krabs
Ketika Krusty Krab tutup, SpongeBob menemukan patty busuk dan berwarna hitam, jadi dia membuangnya, tapi Mr. Krabs menyuruh SpongeBob tidak memasak Krabby Patty sampai Krabby Patty dengan patty itu terjual. Keesokkan harinya, SpongeBob mencoba memberi pelanggan Krabby Patty dengan patty busuk, tapi tidak ada yang mau dan Krusty Krab kosong. Mr. Krabs tetap tidak percaya dia kehilangan pelanggan karena patty itu dan memakannya sebagian, menyebabkan dia masuk rumah sakit. Di rumah sakit, Flying Dutchman muncul dan membawanya ke "Loker David Jones" karena pelit, Mr. Krabs tidak mau dan menangis sampai Flying Dutchman memberinya kesempatan. Keesokkan harinya, Mr. Krabs tidak pelit dan memberikan pelayanan yang menyenangkan, sampai Mr. Krabs sadar dia tidak memiliki uang. Dia mengambil semua hadiah dan fitur-fitur baru ketika dia tidak pelit. Flying Dutchman muncul dan mengambil Mr. Krabs, SpongeBob tidak setuju dan Flying Dutchman menyuruh Mr. Krabs mengambil SpongeBob atau 62 sen, Mr. Krabs memilih uang dan Flying Dutchman mengambilm SpongeBob. Mr. Krabs menyesali perbuatannya begitu Flying Dutcman pergi, tapi Flying Dutchman kembali dan mengembalikan SpongeBob karena SpongeBob tidak bisa diam selama 30 detik.

I Had an Accident
SpongeBob mengalami kecelakaan ketika bermain, dia diobati oleh dokter sampai semua alat penyambung habis, dokter menyuruh SpongeBob berhati-hati atau bokongnya akan menjadi "Bokong Besi". SpongeBob merasa tidak ada tempat yang aman, jadi dia ingin selalu ada di rumah dengan "Chip", "Tisu yang tidak terpakai" dan "Peni". Sandy dan Patrick mencoba membuatnya keluar dari rumah, tapi tiba-tiba ada gorila menangkap mereka. SpongeBob keluar untuk menolong, tapi dia dirobek oleh gorila. Salah satu bagian dari SpongeBob bertanya, "Untuk apa seekor gorila di dalam air?". Gorila itu sadar dan kabur bersama "Goerge the Zebra". Sebuah keluarga yang menonton episode itu segera mematikan TV mereka.

Krabby Land / The Camping Episode[sunting | sunting sumber]

Krabby Land
Pada hari pertama musim panas, Krusty Krab tidak mendapatkan pelanggan. Padahal, Mr. Krabs mengira anak-anak pada liburannya akan membeli makannan di Krusty Krab. SpongeBob dan Mr. Krabs menemukan anak-anak sedang bermain di taman bermain. Keesokkan harinya, Mr. Krabs membangun sebuah taman bermain bernama "Krabby Land" yang ketika "siap dipakai", isinya sangat buruk sampai seorang anak lupa ingatan begitu jatuh dari perosotan. Mr. Krabs menggantinya dengan pada siang hari akana ada "Krabby si Badut" dan permainan-permainan dengan menggunakan SpongeBob, SpongeBob tersiksa sampai tangan dan kakinya dijadikan bumerang. Mr. Krabs kemudian mengatakan Krabby sudah datang, tapi sebenarnya itu adalah dirinya dengan hidung tomat yang diubah warnanya. Anak-anak mengepung Mr. Krabs ketika mau kabur di belakang Krusty Krab dan menghukumnya.

The Camping Episode
Pada malam hari, Squidward senang karena SpongeBob dan Patrick berkemah, tapi dia terkejut karena mereka berkemah 10 kaki dari rumah SpongeBob. Squidward ikut bergabung untuk "membuktikan" dia juga bisa dan lebih baik dalam berkemah (sebenarnya tidak ada yang menantang Squidward, tapi Squidward yang merasa ditantang). Squidward harus mengikuti hal-hal yang SpongeBob dan Patrick lakukan karena semua yang dia lakukan mengundang "beruang laut". Karena tidak percaya, Squidward kemudian menanyakan apa yang mengundang beruang laut dan kemudian melakukannya. SpongeBob dan Patrick berlindung di lingkaran yang dipercayai (dan berikutnya terbukti) dapat mengusir beruang laut. Tiba-tiba, seekor beruang laut datang dan menyerang Squidward sebanyak enam kali karena semua usaha dan usulan SpongeBob atau Patrick selalu gagal. Akhirnya dia masuk ke lingkaran SpongeBob dan Patrick, beruang laut akhirnya pergi. Tapi tiba-tiba ada "badak laut" yang tidak bisa dihalangi lingkaran.

Missing Identity / Plankton's Army[sunting | sunting sumber]

Missing Identity
Suatu hari saat hujan di "Diner", SpongeBob menceritakan (meskipun tidak ada yang mau diceritakan) cerita ketika dia kehilangan tanda pengenalnya. Suatu hari, SpongeBob pergi ke Krusty Krab setelah mengalami "kecelakaan" di rumahnya. Di Krusty Krab, seorang pelanggan mengatakan SpongeBob tidak memakai tanda pengenalnya, SpongeBob panik dan mencari tanda pengenalnya. Dia pergi ke rumah dan bersama Patrick, dia mencari tanda pengenalnya dengan melakukan hal-hal yang dia lakukan pada pagi hari (Bangun, jatuh karena selimut sehingga kepalanya tersangkut jam, terlempar ke jendela, mencicipi makanan Gary dan mengatakan "Hai" kepada Patrick). Karena gagal, dia dan Patrick menelusuri jejak SpongeBob setelah melakukan hal-hal tadi sampai ke tempat sampah Krusty Krab. Di sana, mereka mencari tanda pengenal SpongeBob tapi hanya tersisa 1 menit sebelum inspeksi pakaian, Patrick kemudian menemukan nama pengenal SpongeBob di bagian belakang celana SpongeBob. Pada akhirnya, Mr. Krabs mengeluarkan SpongeBob karena "bau petualangan"-nya.

Plankton's Army
Pada "ulang tahun" ke-25 Plankton pertama kali mencoba mencuri resep rahasia Krabby Patty, Plankton mencoba mencuri resep Krabby Patty tapi gagal lagi. Plankton kemudian mencoba menyuruh kumpulan orang-orang kuat untuk membantunya, tapi dia babak belur dengan mereka. Plankton kemudian mendapat ide baru, dia mengumpulkan keluarganya untuk menyerang Krusty Krab dan mengambil resep rahasia Krabby Patty. Dia berhasil menyerang Krusty Krab dan menahan Mr. Krabs dan Squidward di kloset (tempat Mr. Krabs mengusir Plankton dalam awal episode). Berikutnya keluarga Plankton membuka ruangan tempat buku "resep rahasia Krabby Patty" dan Plankton mengambil bukunya. Dia membaca beberapa resep yang akhirnya dicampurkan dengan 1 ons Plankton, ini menakutkan Plankton dan keluarganya sehingga kabur. Squidward dan Mr. Krabs keluar dari kloset dan bertemu SpongeBob dan Mr. Krabs mengatakan resep yang dibaca Plankton palsu dan yang asli diletakkan di tempat yang tidak ada orang tahu tempatnya, tapi Squidward menebaknya dengan tepat (di rumahmu, di bawah kasurmu) dan Mr. Krabs lari ke rumahnya untuk memindahkan resep rahasia.

The Sponge Who Could Fly[sunting | sunting sumber]

The Sponge Who Could Fly

Patchy ingin menunjukkan episode yang hilang kepada anak-anak tapi episode itu hilang lagi dan dia mencarinya dengan menggunakan peta yang tiba-tiba dilemparkan ke rumahnya. Patchy berhasil dan menontonnya. Suatu hari ketika sedang berburu ubur-ubur, SpongeBob ingin terbang bersama ubur-ubur. Jadi, dia dan Patrick mencoba membuat SpongeBob terbang dengan beberapa benda, tapi selalu gagal. Tanpa sengaja, SpongeBob menaruh pengering rambut menyala ke dalam celanaya ketika menelpon dan dia terbang. Bagaimanapun, dia tidak sempat terbang bersama ubur-ubur karena warga kota menyuruhnya membantu mereka. SpongeBob mencoba pergi ke ladang ubur-ubur, tapi "Cannon Jankins" menembaknya dan membuat dirinya jatuh. Orang-orang mengubur celana SpongeBob, sementara SpongeBob mendapat pelajaran dari ubur-ubur dan kembali ke rumah. Begitu selesai, Patchy ingin menontonnya lagi, tapi Patchy merusak kasetnya dan episode berakhir.

SpongeBob Meets the Strangler / Pranks a Lot[sunting | sunting sumber]

SpongeBob Meets the Strangler
Ketika memungut sampah, SpongeBob melihat pembuang sampah dan pembuang sampah itu ditahan polisi. Squidward memberitahu orang itu adalah "Tattle-tale Stangler", seorang pencekik kejam yang ditakuti banyak orang. SpongeBob mencari pengawal, tapi semuanya ketakutan begitu melihat posternya, kecuali Tattle-tale Strangler yang menyamar. Dia berusaha mencekik SpongeBob begitu menjadi pengawal, tapi orang-orang di bus melihatnya. Berikutnya, dia mencoba membawa SpongeBob ke rumah SpongeBob agar dia bisa mencekiknya tanpa diketahui siapapun, tapi sebelumnya mereka harus pergi belanja. Berikutnya dia mencoba mencekik SpongeBob di rumah SpongeBob, tapi teman-teman SpongeBob datang untuk pesta perayaan ketepatan masuk kerja 100% (dilihat di awal episode) dan ulang tahun. Lama-kelamaan, Tattle-tale Strangler bosan dan segera kabur, tapi SpongeBob selalu mengikutinya. Akhirnya dia masuk ke penjara, dia kemudian memberitahu identitasnya yang sebenarnya kepada SpongeBob dan bersyukur dia tidak bersama SpongeBob, tapi Patrick menjadi teman seselnya.

Pranks a Lot
SpongeBob dan Patrick pergi ke "Palace of Pranks", toko barang-barang jahil. Mereka membeli "Invisible Spray" (Patrick juga membeli "Exploded Gum" seharga $1), semprotan yang bisa membuat benda-benda menjadi tidak terlihat. Mereka awalnya mau membuat mereka seperti melayang, tapi mereka memperebutkan Invisible Spray sehingga tubuh mereka dan celana yang sudah mereka lepaskan tidak terlihat. Karena suara mereka, orang-orang mengira mereka hantu. SpongeBob dan Patrick mulai mengetahuinya dan menakut-nakuti warga Bikini Bottom sebagai "Hantu Bikini Bottom". Yang mereka terakhir takuti adalah Mr. Krabs yang mengaku tidak takut hantu karena dia memakai peralatan-peralatan "anti hantu", tapi dia ketakutan dan tidak bisa kabur. SpongeBob dan Patrick kemudian mencoba membakar uang Mr. Krabs, tapi Mr. Krabs menyiram mereka sehingga mereka kelihatan lagi. Mr. Krabs kemudian menunjukkan mereka berdua ke orang-orang yang ditakuti "Hantu Bikini Bottom", membuat SpongeBob dan Patrick malu.

The SpongeBob SquarePants Movie[sunting | sunting sumber]

The SpongeBob SquarePants Movie

Squidward menjadi manager Krusty Krab 2, ini membuat SpongeBob sedih. Plankton mencuri mahkota Neptunus. Raja Neptunus membekukan Mr. Krabs sampai SpongeBob dan Patrick kembali dengan mahkotanya. Sementara itu, Plankton mengkontrol Bikini Bottom dan mengubah namanya menjadi Planktopolis. SpongeBob dan Patrick menghadapi banyak musuh selama perjalanan. Pada akhir, SpongeBob menjadi manager Krusty Krab 2

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hillenburg, Stephen. The First 100 Episodes - Square Roots: The Story of SpongeBob SquarePants DVD. Paramount Home Entertainment.
  2. ^ Koltnow, Barry (November 14, 2004). "SpongeBob creator is soaking up success". East Valley Tribune. Diakses June 16, 2013. 
  3. ^ "Aqua Maniac". Syracuse New Times. November 23, 2004. Diakses October 31, 2013.   – via HighBeam (perlu langganan)
  4. ^ a b Maurstad, Tom (March 19, 2003). "'SpongeBob SquarePants' special Friday night on Nickelodeon". The Dallas Morning News. Diakses September 11, 2013.  (perlu langganan)
  5. ^ Heintjes, Tom (September 21, 2012). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley. Diakses August 23, 2013. 
  6. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses August 18, 2013. 
  7. ^ "The brilliance behind SpongeBob". Boston.com. July 16, 2009. Diakses August 18, 2013. 
  8. ^ a b Bauder, David (July 13, 2009). "SpongeBob Turns 10 Valued At $8 Billion". Huffington Post. Diakses May 22, 2013. 
  9. ^ a b Fletcher, Alex (April 3, 2011). "Paul Tibbitt ('Spongebob Squarepants')". Digital Spy. Diakses May 25, 2013. 
  10. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses May 25, 2013. 
  11. ^ Rae, Fiona (September 26, 2009). "Paul Tibbitt interview". New Zealand Listener. Diakses May 25, 2013. 
  12. ^ "Nickelodeon’s ‘SpongeBob SquarePants’ Reaches A Milestone: 10 Years". Access Hollywood. July 13, 2009. Diakses May 25, 2013. 
  13. ^ a b "10 secrets of SpongeBob SquarePants". The Chicago Tribune. November 19, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  14. ^ a b "Ten secrets of the SpongeBob movie". Today. Diakses August 18, 2013.