To Love-Ru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
To Love-Ru
Sampul manga volume pertama.
To LOVEる -とらぶる-
(To LOVEru -Toraburu-)
GenreHarem, Komedi Romatis, Fiksi ilmiah[1]
Manga
PengarangSaki Hasemi
IlustratorKentaro Yabuki
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
ImprintJump Comics
MajalahWeekly Shōnen Jump
DemografiShōnen
Terbit24 April 200631 Agustus 2009
Volume18 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraTakao Kato
SkenarioAkatsuki Yamatoya
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Pelisensi
Saluran
asli
TBS, MBS, CBC, BS-i, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Tayang 4 April 2008 26 September 2008
Episode26 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
SutradaraTakao Kato
SkenarioAkatsuki Yamatoya
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Tayang 3 April 2009 2 April 2010
Durasi25 menit
Episode6 (Daftar episode)
Seri anime
Motto To Love-Ru
SutradaraAtsushi Ootsuki
ProduserNobuhiro Nakayama
Takeshi Tanaka
Takumi Kusakabe
SkenarioYasutomo Yamada
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, CTC, Sun TV, TVA, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Tayang 6 Oktober 2010 22 Desember 2010
Episode12 (Daftar episode)
Manga
To Love-Ru Darkness
PengarangSaki Hasemi
IlustratorKentaro Yabuki
PenerbitShueisha
Penerbit bahasa Inggris
Seven Seas Entertainment
ImprintJump Comics
MajalahJump Square
DemografiShōnen
TerbitNovember 2010April 2017
Volume18 (Daftar volume)
Video animasi orisinal
To Love-Ru Darkness
SutradaraAtsushi Ootsuki
SkenarioAtsushi Ootsuki
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Tayang 17 Agustus 2012 3 April 2015
Durasi25 menit
Episode6 (Daftar episode)
Seri anime
To Love-Ru Darkness
SutradaraAtsushi Ootsuki
ProduserKazumasa Sanjouba
Kentarō Hattori
Nobuhiro Nakayama
Tsuyoshi Tanaka
SkenarioAtsushi Ootsuki
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Pelisensi
Saluran
asli
Tokyo MX, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Tayang 6 Oktober 2012 29 Desember 2012
Episode12 (Daftar episode)
Seri anime
To Love-Ru Darkness 2nd
SutradaraAtsushi Ootsuki
ProduserKazumasa Sanjouba
Kentarō Hattori
Nobuhiro Nakayama
Tsuyoshi Tanaka
SkenarioAtsushi Ootsuki
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Pelisensi
Saluran
asli
BS11, Tokyo MX, Sun TV, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Tayang 7 Juli 2015 29 Oktober 2015
Episode14 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
To Love-Ru Darkness 2nd
SutradaraAtsushi Ootsuki
SkenarioAtsushi Ootsuki
MusikTakeshi Watanabe
StudioXebec
Tayang 4 Januari 2016 2 November 2017
Durasi25 menit
Episode4 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

To Love-Ru (Jepang: To LOVEる -とらぶる-, Hepburn: To LOVEru -Toraburu-) adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Saki Hasemi dan diilustrasikan oleh Kentaro Yabuki, pencipta Black Cat. Manga itu diserialkan di majalah Weekly Shonen Jump Shueisha antara tanggal 24 April 2006 dan 31 Agustus 2009, dan bab-babnya mengumpulkan 18 volume tankōbon. Judul serial manga, とらぶる (Toraburu), adalah bahasa Inggris gairaigo (kata pinjaman) "trouble" dan "rabu" (ラブ) adalah kata pinjaman bahasa Inggris "love". Judulnya adalah kata-kata "love trouble", yang menggambarkan aspek harem dari serial ini.

CD drama dirilis pada bulan Februari 2008 dengan sebuah cerita asli. Sebuah serial anime adaptasi 26 episode oleh Xebec ditayangkan di Jepang antara bulan April dan September 2008. Enam episode animasi video asli diproduksi oleh Xebec antara April 2009 dan April 2010. Sebuah episode 12 season kedua oleh Xebec berjudul Motto To-Love Ru disiarkan antara Oktober dan Desember 2010. Empat video game telah dirilis untuk Nintendo DS, PlayStation Portable (PSP) dan PlayStation Vita (PSVita).

Kelanjutan dari manga yang disebut To Love-Ru Darkness (To LOVEる -とらぶる- ダークネス, To LOVEru -Toraburu- -Dākunesu-) memulai serialisasi di majalah Shueisha Jump Square pada tanggal 4 Oktober 2010 dan berakhir pada tanggal 4 Maret 2017. Xebec diproduksi empat episode OVA To-Love Ru Darkness dan kemudian adaptasi serial televisi anime yang ditayangkan antara bulan Oktober dan Desember 2012. Musim kedua Ke-Love Ru Darkness, yang disebut To Love-Ru Darkness 2nd, ditayangkan antara bulan Juli dan Oktober 2015.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah To Love-Ru berkisah tentang Rito Yūki, seorang siswa SMA pemalu dan kikuk yang tidak bisa mengakui cintanya pada gadis impiannya, Haruna Sairenji. Suatu hari saat merajuk di bak mandi, seorang gadis misterius dan telanjang tampak keluar entah dari mana. Namanya Lala, putri mahkota pelarian planet Deviluke. Ayahnya ingin dia pulang ke rumah untuk menikahi salah satu calon nikahnya. Ketika komandan Devilukean Zastin tiba untuk mengantarnya pulang, dia dengan cepat menyatakan bahwa dia akan menikahi Rito agar tetap tinggal di Bumi, yang menyebabkan Zastin menyerang Rito. Tapi ketika Rito dengan marah menyatakan bahwa pernikahan hanya mungkin dilakukan dengan orang yang Anda cintai, kedua orang asing yang bodoh itu salah mengerti, percaya bahwa dia benar-benar memahami perasaan Lala. Lala dengan cepat jatuh cinta padanya, dan Zastin juga menyetujui pertunangan mereka, sangat mengecewakan Rito. Sementara Zastin melaporkan dukungannya untuk pasangan tersebut kepada ayah Lala, Raja Deviluke dan sebagian besar alam semesta yang dikenal, Rito dengan enggan membantu transisi Lala ke kehidupan di Bumi, sementara secara bertahap berteman dengan gadis mimpinya, Haruna, bersama dengan pemeran warna-warni lainnya, baik manusia maupun alien. Sementara itu, Rito juga harus melawan pelamar asing antagonis Lala, yang salah satunya mengirim pembunuh alien Golden Darkness (juga dikenal sebagai Yami) untuk membunuhnya.

Cerita berlanjut di To Love-Ru Darkness, yang berfokus pada adik perempuan Lala, Momo. Saudara perempuan kembar, Nana dan Momo, sejak saat itu tinggal bersama Lala di rumah Rito. Sementara Rito tetap ragu-ragu antara naksirnya yang lama pada Haruna, dan kasih sayangnya yang terus berlanjut untuk Lala, Momo juga telah jatuh cinta pada Rito. Tapi tidak ingin mencuri Rito dari kakaknya, Momo malah merencanakan untuk membangun harem gadis-gadis di sekitar Rito, berharap jika Rito menikah dengan Lala dan menjadi raja Deviluke, dia dapat menikahi wanita yang menyayanginya dengan tulus, termasuk Momo. Sementara Momo bekerja di latar belakang dan bermain mak comblang dengan Rito, kebanyakan gadis cantik secara bertahap memasuki kehidupan Rito dan menghangatkan kebaikannya, termasuk Golden Darkness, yang sejak itu hidup dengan damai di Bumi namun berjuang untuk melepaskan diri dari masa lalunya yang gelap. Dengan demikian, masalah cinta Rito yang lain terus berlanjut selamanya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Lala Satalin Deviluke (ララ・サタリン・デビルーク, Rara Satarin Debirūku)
Pengisi suara: Haruka Tomatsu
Lala Satalin Deviluke.
Lala adalah putri pertama Deviluke, yang keluarganya memerintah Galaxy. Dengan demikian, tangannya dalam pernikahan dicari dari seberang Galaxy karena dia (mungkin) pengganti takhta Galaxy. Seorang gadis yang agak kekanak-kanakan, dia agak naif berkenaan dengan budaya dan kebiasaan di Bumi. Lala awalnya melarikan diri dari rumah, karena dia tidak ingin menikah dengan pelamarnya, dan karena kecelakaan, akhirnya telanjang di bak Rito. Setibanya di Bumi, Lala berpura-pura mencintai Rito agar tidak menikah, tapi benar-benar jatuh cinta padanya setelah dia salah mengartikan sebuah pernyataan bahwa teriakan Rito yang diperuntukkan bagi Haruna. Meskipun Lala tampaknya agak terpaku, Dia terkenal dengan Deviluke karena kecerdasan jeniusnya dan menyukai membuat semua tata krama penemuan, yang sering memicu beberapa efek buruk atau yang lainnya. Sepanjang serial ini, dia sering mencoba mengajak Rito untuk mencintainya, meskipun gerakan agungnya pada umumnya akhirnya membuat Rito dan perusahaan dalam situasi yang memalukan. Meskipun Rito sering menghukumnya karena menyebabkan insiden yang memalukan dan sebaliknya merepotkan, Lala jarang menunjukkan bentuk negatif apa pun padanya dan bahkan menyatakan bahwa tidak mungkin baginya untuk membencinya. Bahkan setelah mengetahui bahwa dia jatuh cinta dengan Haruna dengan baik, dia malah bersorak dan menyatakan bahwa mereka berdua bisa menikahi dia. Eccentric, main-main dan cerdas, Lala tidak malu (karena dimandikan dan didandani oleh banyak pelayan saat tumbuh dewasa,) ke suatu titik di mana rasanya hampir alami baginya untuk berada di telanjang (satu-satunya pengecualian ini terjadi saat Lala menangkap seorang kepribadian yang mengubah demam dari planet lain, membuatnya sangat pemalu), meskipun dia akan menutupi dirinya sendiri di dalam Bagian depan yang dia tidak suka seperti Lepescu. Seperti semua warga negara dari Deviluke, kemampuan fisik Lala jauh melebihi kemampuan manusia (dalam satu contoh, dia berhasil meniupkan topan hanya dengan berteriak) dan memiliki ekor yang khas dengan bentuk sekop pada akhirnya yang bisa menembak yang merusak. balok. Anehnya, ekornya sangat sensitif, menyebabkan teman-temannya menyebutnya sebagai "kelemahannya" (semua ekor wanita Devilukeans lebih sensitif daripada laki-laki) meski bisa melempar Run dan Saki ke dinding saat mereka mengacaukannya. Sayangnya, Lala tidak enak memasak. Makanan yang dimasaknya tidak termakan atau sangat pedas. Sementara fakta bahwa Lala adalah alien pada awalnya adalah sebuah rahasia, maka menjadi pengetahuan umum yang relatif segera setelah kedatangannya tanpa ada yang membuat masalah besar mengenai hal itu. Menurut Ringo, pengukuran Lala adalah B89, W57, H87.
Golden Darkness (金色の闇, Konjiki no Yami)
Pengisi suara: Misato Fukuen
Golden Darkness.
Pembunuh yang tidak memihak dan mengundurkan diri, Golden Darkness dipekerjakan oleh salah seorang calon pelamar Lala, Lacospo, untuk membunuh Rito. Dia melanggar kontrak setelah mencatat sifat sejati Rito. Golden Darkness datang ke Bumi di Lunatique, kapal yang sangat cepat (bisa menempuh perjalanan 30 juta tahun cahaya dalam 2 jam). Golden Darkness telah memutuskan untuk tetap tinggal di Bumi, di mana dia berkeliaran di jalan-jalan kota dan Sainan High, yang konon meneruskan misinya untuk membunuh Rito, meskipun dia belum mencapainya meskipun banyak kesempatan, mengisyaratkan bahwa dia mengatakan ini sebagai alasan untuk tetap tinggal. Bumi, yang kemudian dikonfirmasi. Biasanya disebut "Yami", dia menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membaca buku dan majalah, sambil makan taiyaki (satu-satunya makanan yang dia makan karena ini adalah makanan pertama yang ditawarkan kepadanya oleh Rito). Dengan perhitungan planetnya, dia berusia 24 tahun, meski memiliki penampilan seorang anak berusia 14 tahun (kemampuan Trans-nya telah memperlambat proses penuaannya), walaupun ini hanya disebutkan di anime. Dia memiliki kelemahan untuk apa pun berlendir. Seperti kemampuan fisik Lala, Golden Darkness secara eksponensial lebih kuat dari pada manusia. Dia menyatakan bahwa dia membenci orang-orang "ecchi", dan tidak ragu untuk menyerang orang yang memandangnya dengan cara cabul. Dia telah dekat dengan Mikan Yuuki dan sepertinya terus mengetahuinya, terbukti saat dia dan Mikan menghidupkan mayatnya dan Kepala Sekolah berusaha meraba-raba dia, mendorong Yami-san (di tubuh Mikan) untuk memperingatkannya agar tidak menyentuh Mikan dan mengantarkannya. Pemukulan biadab meskipun dia selalu mengatakan bahwa dia akan membunuh Rito suatu hari nanti, semakin meragukan bahwa dia akan pernah melakukannya. Sebenarnya, seperti pada bab 159, sepertinya dia mulai mengembangkan perasaan untuk Rito. Alih-alih memukulinya dan berkata "Saya benci orang-orang ecchi" seperti biasanya, dia tersipu saat Rito melihat dia mengenakan baju renang dan menyatakan "Jangan lihat saya dengan mata ecchi itu".
Rito Yuuki (結城 リト(梨斗), Yūki Rito)
Pengisi suara: Akeno Watanabe
Rito Yuuki.
Rito adalah seorang siswa SMA berusia 16 tahun dan protagonis utama dalam serial ini. Rito dulu di tim sepak bola di SMP dan cukup bagus, tapi berhenti karena dia selalu membantu ayahnya dengan tugas manga budimannya, sehingga tidak ingin meninggalkan adiknya Mikan sendiri di rumah. Mikan berkomentar bahwa dia sangat baik dalam hal "barang kecil yang tidak berguna", seperti permainan derek dan festival (misalnya rintangan, tangkapan ikan, senjata semprot). Seiring dengan banyak hal kecil yang tidak berguna, Rito bagus, dia juga seorang toko bunga, tukang kebun, dan ahli hortikultura.
Sifat Rito agak kikuk, di mana dia selalu berakhir menganiaya atau meraba-raba banyak gadis dalam rangkaian (meski sebagian besar tidak disengaja). Dia sangat baik hati, tanpa pamrih, peduli, karismatik, dan bijaksana dan sangat menghormati wanita, meski kebanyakan dengan niat, dan tidak begitu berhasil. Karena rasa malu di seputar anak perempuan, dia sangat canggung mengelilingi wanita dan memiliki kesulitan besar untuk mempertahankan ketenangannya di seputar situasi yang menstimulasi. Bahkan tanpa campur tangan dari penemuan Lala, kekuatan psikis Oshizu, atau Celine yang melompat ke wajahnya, Rito sangat kikuk untuk tidak melakukan apa-apa, dan memiliki keterampilan luar biasa tanpa sengaja mencapai tangan atau wajahnya ke payudara atau bagian pribadi lainnya. dari setiap gadis dalam jangkauan ketika ia jatuh. Meskipun Ryouko mendiagnosa bahwa keresahan orang yang sering Rito karena sindrom: menjelaskan refleknya, kelincahannya; kekebalan terhadap karisma, yang berada di luar kemampuan manusia biasa. Hanya dengan kebetulan ia bertemu dengan Lala Satalin Deviluke, dan terlepas dari perasaannya yang abadi terhadap Haruna Sairenji, Rito menunjukkan tanda-tanda mengembangkan kasih sayang yang lebih dalam terhadap Lala sepanjang cerita namun tidak yakin apakah yang sebenarnya dia rasakan sebenarnya cinta. Ini ditunjukkan lagi saat dia tidak bisa tidak memikirkan Lala meski dia dan Haruna telanjang bersama. Di akhir seri, dia mengaku kepada Lala, tapi mengatakan kepadanya bahwa dia juga mencintai Haruna, namun dia bahagia di kedua bagiannya. Dia bingung karena poligami itu ilegal di Jepang dimana Lala menjawab bahwa begitu dia adalah raja alam semesta, hukum-hukum bumi tidak berlaku lagi. Pada akhir manga Darkness, Rito mendapatkan perasaan bersama Haruna; selain Lala, Run, Yami dan Momo. Akhir cerita menyiratkan bahwa masalah cintanya akan berlanjut selamanya.
Mikan Yuuki (結城 美柑, Yūki Mikan)
Pengisi suara: Kana Hanazawa
Mikan Yuuki.
Rito yang mandiri dan dapat diandalkan berusia 12 tahun, Mikan mengurus pekerjaan rumah sementara orang tua mereka pergi untuk urusan bisnis dan mengawasi Celine. Berbeda dengan kakaknya, dia sangat dewasa dan tidak segan untuk menggodanya, melangkah sejauh menyatakan bahwa mereka tidak berhubungan dengan darah, tapi dengan cepat mencabut pernyataan tersebut, memainkannya sebagai sebuah kebohongan. Mikan juga tampaknya kurang menghormati Rito karena ini (dia hampir tidak pernah memanggilnya dengan kehormatannya sebagai kakak laki-laki), tapi menyebut dia sebagai "Onii-chan" sebagai ucapan terima kasih telah berusaha keras untuk mengurusnya. Saat dia mengalami demam dan saat dia memberinya hadiah Natal. Mikan mungkin tidak menunjukkannya, tapi dia sangat memperhatikan Rito dan merindukan perusahaannya, sampai-sampai dia bisa menduga dia memiliki saudara laki-laki yang kompleks. Ini lebih jelas dalam OVA kedua di mana dia bertanya-tanya apakah dia akan menikahinya jika mereka tidak berhubungan darah, dan di manga di mana dia merona setiap karakter lain menyebutkan saudara laki-lakinya, dan juga di OVA ke-5 di mana setelah dipukul oleh serbuk sari dia mencoba untuk menganiaya dia sambil sayang memanggilnya "Onii-chan". Kompleks saudara laki-lakinya mungkin menjadi alasan mengapa dia jarang memanggil Rito "Onii-chan"; Kurangnya rasa hormat dan lebih merupakan pertanda keinginannya bahwa hubungan mereka adalah sesuatu yang lain selain dari saudara laki-laki dan perempuan. Dia juga menyatakan bagaimana dia dan Rito dulu bermain bersama sebelum Lala memasuki kehidupan mereka. Kemudian terungkap bahwa Mikan takut akan petir dan petir (dan Rito akan selalu menghiburnya).
Mikan tumbuh sangat terikat pada Golden Darkness, mungkin karena Darkness tampaknya seusia dengannya. Mikan sangat tanggap dan sepertinya bisa membaca emosi orang, bahkan reaksi mereka, yang sebagian besar adalah kecemasan Rito yang jelas seputar perasaan lembut Haruna dan Yui padanya. Mikan bahkan memanggilnya "playboy" (seperti halnya Nana) karena menarik begitu banyak gadis tiba-tiba. Mikan, bagaimanapun, menghormati hubungan Rito dengan Lala, bahkan mengatakan pada Momo agar tidak terlalu dekat dengan Rito untuk kepentingan Lala, meskipun cukup jelas bahwa dia bisa melakukan ini karena cemburu dari seberapa dekat Momo mendapatkan ke Rito.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

To Love-Ru dimulai sebagai sebuah serial manga yang ditulis oleh Saki Hasemi dengan ilustrasi oleh Kentaro Yabuki. Itu adalah serial di majalah manga Shueisha Weekly Shonen Jump antara tanggal 24 April 2006 dan 31 Agustus 2009. Bab ini dikumpulkan menjadi 18 volume tankōbon yang diterbitkan oleh Shueisha di Jepang antara 11 November 2006 dan 2 April 2010.[2][3] Sebuah sekuel manga bernama To Love-Ru Darkness disambung antara 4 Oktober 2010 dan 4 Maret 2017 di Jump Square.[4][5] Shueisha menerbitkan 18 jilid untuk Darkness di Jepang mulai tanggal 4 Maret 2011 sampai 4 April 2017.[6][7] Selain itu, dua bab bonus diterbitkan dalam edisi Mei dan Juni 2017 Jump Square.[5]

Kedua seri manga dilisensikan di Amerika Utara oleh Seven Seas Entertainment yang akan merilisnya dalam format cetak dan digital. To Love-Ru akan diterbitkan dalam volume omnibus dua-dalam-satu, dan To Love-Ru Darkness akan dirilis sebagai volume tunggal. Kedua seri manga ini awalnya mulai terbit pada bulan Oktober 2017,[8] namun kemudian tertunda sampai Desember 2017.

Drama CD[sunting | sunting sumber]

CD drama untuk To Love-Ru dirilis pada tanggal 29 Februari 2008 dengan sebuah cerita asli, yang menampilkan pemeran suara yang kemudian digunakan di anime, bersama dengan lagu-lagu karakter.

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi serial anime yang diproduksi oleh Xebec dan disutradarai oleh Takao Kato ditayangkan di Jepang antara tanggal 4 dan 26 September 2008, dan berisi dua puluh enam episode. Anime menggunakan karakter dan tema umum dari manga asli, ia menangkap berbagai bab dan peristiwa dari manga tanpa urutan tertentu. Lagu pembukaan anime adalah "Forever We Can Make It!" oleh Thyme, lagu penutup pertama untuk episode satu sampai tiga belas adalah "Lucky Tune" (ラッキーチューン, Rakkī Chūn), dan lagu penutup kedua adalah "Kiss no Yukue" (kiss の行方); keduanya dinyanyikan oleh Anna. Anime ini dilisensikan di Amerika Utara oleh Sentai Filmworks dan didistribusikan oleh Section23 Films. Bagian koleksi lengkap yang berisi paruh musim pertama dirilis pada tanggal 15 Desember 2009. Setelah merilis bagian kedua pada tanggal 16 Februari 2010, serial ini mulai diputar di Anime Network pada bulan Maret 2010.[9] Sentai merilis seri Blu-ray Disc pada bulan Maret 2014.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Volume manga ketujuh adalah volume manga terlaris di minggu pertama peluncurannya di Jepang.

Serial anime asli tidak diterima dengan baik. THEM Anime Reviews melabelinya "komedi romantis terburuk yang pernah kami lihat", dan juga menggambarkannya sebagai penyiraman Urusei Yatsura untuk abad ke-21".[1]

Pada tahun 2012, To Love-Ru Darkness ditinjau oleh Majelis Metropolitan Tokyo untuk melihat apakah hal itu melanggar Bill 156 yang baru saja mereka kontroversial. Ini terjadi setelah mereka menerima telepon dari orang tua yang menemukan buku To Love-Ru Darkness sambil membersihkan kamar anak laki-laki. Orang tua tidak suka bahwa ada ketelanjangan frontal karakter wanita, termasuk bagian bawah tubuhnya. Pada pertemuan pada tanggal 9 April 2012, mereka memutuskan bahwa sementara buku tersebut mencakup ketelanjangan tersebut di atas, hal itu tidak melanggar peraturan baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Høgset, Stig; Jones, Tim. "THEM Anime Reviews 4.0 - To Love-Ru". THEM Anime Reviews. Diakses tanggal 13 April 2016. 
  2. ^ "To LOVEる―とらぶる― 1" [To Love-Ru 1] (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diakses tanggal 5 Maret 2010. 
  3. ^ "To LOVEる―とらぶる― 18" [To Love-Ru 18] (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diakses tanggal 5 April 2010. 
  4. ^ "To Love-Ru Spinoff Manga Series to Launch in October". Anime News Network. 29 Juli 2010. Diakses tanggal 17 Agustus 2010. 
  5. ^ a b ""To Love-Ru Darkness" Manga Ends With Extra Chapter Planned". Crunchyroll. 1 Maret 2017. Diakses tanggal 4 Maret 2017. 
  6. ^ "To LOVEる―とらぶる― ダークネス/1" (dalam bahasa Japanese). Shueisha. Diakses tanggal 6 Maret 2011. 
  7. ^ "To LOVEる―とらぶる― ダークネス/18" (dalam bahasa Jepang). Shueisha. Diakses tanggal 4 Maret 2017. 
  8. ^ "Seven Seas Licenses To Love Ru, To Love Ru Darkness Manga". Anime News Network. 21 April 2017. Diakses tanggal 21 April 2017. 
  9. ^ "Sentai Filmworks, Section23 Adds To Love-Ru Anime". Anime News Network. 6 Oktober 2009. Diakses tanggal 6 Oktober 2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]