Clockwork Planet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Clockwork Planet
Berkas:Clockwork Planet light novel volume 1 cover.jpg
Sampul novel ringan volume pertama, menampilkan RyuZU
クロックワーク・プラネット
(Kurokkuwāku Puranetto)
GenreAksi, Fantasi
Novel ringan
PengarangYuu Kamiya
Tsubaki Himana
IlustratorShino
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
DemografiMale
ImprintKodansha Ranobe Bunko
Terbit2 April 2013 – sekarang
Volume4
Manga
PengarangYuu Kamiya
Tsubaki Himana
IlustratorKuro
PenerbitKodansha
Penerbit
Inggris
DemografiShōnen
MajalahMonthly Shōnen Sirius
TerbitSeptember 26, 2013August 25, 2018
Volume10
Seri anime
SutradaraTsuyoshi Nagasawa
ProduserJunichiro Tanaka
Kei Fukura
Shin Furukawa
Gouta Aijima
Takatoshi Chino
Atsushi Aitani
SkenarioKenji Sugihara
Musik
  • Shū Kanematsu
  • Hanae Nakamura
  • Kaori Nakano
  • Satoshi Hōno
StudioXebec
Lisensor
Saluran
asli
TBS, BS-TBS
Tayang April 6, 2017 June 22, 2017
Episode12
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Clockwork Planet (クロックワーク・プラネット, Kurokkuwāku Puranetto) adalah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Yuu Kamiya dan Tsubaki Himana, dan diilustrasikan oleh Shino. Kodansha telah menerbitkan empat volume sejak 2 April 2013 di bawah label Kodansha LIGHTNOVEL. Latar ceritanya berupa dunia fantasi clockpunk, dimana keseluruhan planetnya berjalan dengan menggunakan mesin jam. Karakter utamanya berjumlah lima orang (seorang otaku mesin, dua automata, seorang teknisi muda dan pengawalnya) yang menjadi teroris paling terkenal di dunia dalam waktu satu bulan setelah mereka saling bertemu. [1]

Sebuah adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Kuro diterbitkan di majalah manga shōnen Kodansha, Monthly Shōnen Sirius sejak 2013 dan berakhir pada Agustus 2018, [2] dan telah dibukukan menjadi sepuluh volume tankōbon . Adaptasi serial televisi anime oleh Xebec telah tayang mulai dari 6 April hingga 22 Juni 2017. [3] [4] [5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada suatu waktu di masa lalu, Planet Bumi berhenti. Meskipun umat manusia hampir dipastikan akan punah, seorang insinyur jenius yang dikenal sebagai "Y" berhasil membangun kembali seluruh Bumi dengan roda gigi dan mekanisme mesin jam dan menamai hasil karyanya "Clockwork Planet". 1.000 tahun kemudian, kota-kota asli dari beberapa negara Bumi telah berkembang pesat di atas permukaan roda gigi tersebut. Naoto Miura, seorang siswa SMA yang hidup di Grid Kyoto dan sangat menyukai hal-hal yang berbau mesin, terseret ke dalam sebuah krisis yang mengancam dunia ketika sebuah peti mekanik jatuh ke dalam apartemennya. Pada saat itu, dia bertemu dengan RyuZU, sebuah automaton rusak yang merupakan bagian dari Seri Initial-Y, serangkaian automaton yang diciptakan oleh Y sendiri. Dengan memanfaatkan indra pendengarannya yang tinggi, Naoto memperbaiki RyuZU dalam waktu tiga jam meskipun RyuZU telah rusak selama 206 tahun dan tiada satu orang pun yang berhasil memperbaikinya. RyuZU pun menyatakan kesetiaannya kepada Naoto. Pada akhirnya, keduanya ditemukan oleh Marie Bell Breguet, seorang putri dari keluarga bangsawan serta anak termuda yang berhasil menjadi insinyur utama di organisasi non pemerintah internasional "Meister Guild", beserta pengawal cyborgnya, Vainney Halter. Dengan ada kerusakan pada Menara Inti Kyoto yang merupakan menara pusat yang dapat mengendalikan fungsi roda gigi dalam Grid Kyoto, Naoto berhasil menunjukkan dimana letak kerusakan tersebut berkat indra pendengarannya hanya dalam sepuluh menit, bekerja sama dengan insinyur Meister Guild lainnya dan akhirnya menggagalkan upaya pemerintah untuk menjatuhkan Grid Kyoto dan penduduk di dalamnya. Karena eksperimen teknologi ilegal pemerintah masih berlangsung, kedua pasangan ini bergabung untuk menegaakan keadilan dan mencegah upaya jahat lainnya. Satu bulan setelah petemuan mereka, mereka berempat muncul di Akihabara, Tokyo, setelah mereka menjadi teroris paling terkenal di dunia . [1]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Naoto Miura (見浦ナオト, Miura Naoto)
Pengisi suara: Yoshino Nanjō[4]
Naoto adalah seorang siswa SMA dan otaku mesin. Indra pendengarannya lebih tinggi daripada orang biasa, yang membuatnya harus mengenakan headphone yang mampu meredam suara. Naoto tidak tertarik dengan gadis manusia, tapi dia menyukai RyuZU, seorang automaton.
RyuZU (リューズ, Ryūzu)
Pengisi suara: Ai Kakuma[4]
RyuZU adalah sebuah automaton yang ditinggalkan oleh "Y". Dia merupakan Unit 1 "Seri Initial-Y" dan dibuat sekitar 1.000 tahun yang lalu, tapi mengalami kerusakan sejak 206 tahun yang lalu dan tidak dapat berfungsi. Setelah Naoto memperbaiki kerusakan di dalam tubuhnya yang tidak bisa diperbaiki oleh orang lain, RyuZU memperlakukan Naoto sebagai tuannya. Berbeda dari penampilannya yang menawan, RyuZU memiliki mulut yang sangat tajam. Komando utama yang dia miliki adalah "Yang Melayani" ("Yourslave") (付き従うもの (ユアスレイブ), Tsukishitagau mono (Yuasureibu))
Marie Bell Breguet (マリー・ベル・ブレゲ, Marī Beru Burege)
Pengisi suara: Saori Ōnishi[4]
Marie adalah anak bungsu presiden perusahaan Breguet dan seorang teknisi jam kelas satu. Dia adalah gadis jenius yang penuh percaya diri dan mulut yang tajam. Setelah dia dan Naoto menghentikan penjatuhan Kyoto, dia memalsukan kematiannya sendiri dan memutuskan untuk menjaga mesin jam di planet ini tetap aman.
Vainney Halter (ヴァイネイ・ハルター, Vai'nei Harutā)
Pengisi suara: Kenichirou Matsuda[4]
Vainney adalah pengawal Marie dan seorang mantan tentara. Dia seorang ahli tempur dengan tubuh mekanis mutakhir. Dia telah mendampingi dan mendukung Marie dalam waktu yang lama
AnchoR (アンクル, Ankuru)
Pengisi suara: Sayaka Senbongi[4]
AnchoR adalah automaton lainnya yang merupakan bagian dari "Seri Initial-Y". AnchoR merupakan Unit 4, yang berarti "adik" dari RyuZU. Dia merupakan satu-satunya automaton yang diciptakan sebagai sebuah senjata dalam "Seri Initial-Y", membuatnya memiliki kemampuan tempur terkuat. Komando utamanya adalah "Yang Melenyapkan" ("Trishula") (撃滅するもの (トリーシュラ), Gekimetsusuru mono (Torīshura)).

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Y
Y adalah seorang insinyur jenius yang konon telah membangun kembali planet Bumi dengan roda gigi. Dia juga menciptakan serangkaian automaton yang disebut "Seri Initial-Y" (Initial-Yシリーズ), akan tetapi cetak biru ciptaannya telah lama hilang.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan volume pertama diterbitkan pada 2 April 2013 oleh Kodansha dalam label Kodansha LIGHTNOVEL. Per 29 Desember 2015, empat volume telah diterbitkan. Penerbit novel ringan daring Amerika Utara J-Novel Club telah melisensi novel ringan ini. [6] Seven Seas Entertainment telah melisensi novel ringan ini untuk dicetak di Amerika Utara. [7]

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga yang diilustrasikan oleh Kuro diterbitkan di majalah manga shōnen Kodansha, Monthly Shōnen Sirius sejak 2013 dan berakhir pada Agustus 2018, [2] dan telah dibukukan menjadi sepuluh volume tankōbon.

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi anime diumumkan pada bulan Desember 2015, yang kemudian dikonfirmasi sebagai adaptasi serial televisi anime pada bulan Desember 2016. [3] Animenya disutradarai oleh Tsuyoshi Nagasawa dan ditulis oleh Kenji Sugihara, dengan animasi oleh Xebec, desain karakter oleh Shuichi Shimamura dan desain mekanis oleh Kenji Teraoka. Musiknya disusun oleh Shū Kanematsu, Hanae Nakamura, Kaori Nakano dan Satoshi Hōno. Tema pembuka berjudul "Clockwork Planet" dinyanyikan oleh fripSide, sedangkan tema penutupnya berjudul "Anti Clockwise" (アンチクロックワイズ, Anchikurokkuwaizu) dinyanyikan oleh After The Rain. [8] Animenya ditayangkan mulai 6 April hingga 22 Juni 2017, di TBS dan BS-TBS. [4] [5] Serial ini memiliki 12 episode. [9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Wolf, Ian (March 23, 2017). "Review of Clockwork Planet, Volume 1". Anime UK News. Diakses tanggal March 23, 2017. 
  2. ^ a b Ressler, Karen (July 27, 2018). "Clockwork Planet manga ends in August". Anime News Network. Diakses tanggal July 27, 2018. 
  3. ^ a b "Clockwork Planet Novels Co-Written by No Game, No Life Author Get Anime". Anime News Network. December 25, 2015. Diakses tanggal December 25, 2015. 
  4. ^ a b c d e f g "Clockwork Planet Anime Reveals Staff, Cast, April Premiere". Anime News Network. December 22, 2016. Diakses tanggal December 22, 2016. 
  5. ^ a b "Clockwork Planet Anime's TV Spot Streamed". Anime News Network. March 23, 2017. 
  6. ^ "J-Novel Club Licenses Clockwork Planet Novel Series". Anime News Network. June 1, 2017. Diakses tanggal June 1, 2017. 
  7. ^ "Seven Seas Licenses Made in Abyss, Nameless Asterism, Soul Liquid Chambers, Getter Robo Devolution Manga (Update)". Anime News Network. July 3, 2017. Diakses tanggal July 3, 2017. 
  8. ^ "Clockwork Planet Anime's 2nd Promo Video Previews fripSide's Opening Theme". Anime News Network. Diakses tanggal 19 March 2017. 
  9. ^ "BD/DVD". Diakses tanggal January 27, 2019.