Initial D

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Initial D (bahasa Jepang: 頭文字D) adalah sebuah manga dan anime karya Shuichi Shigeno yang menceritakan tentang kisah balap mobil oleh seorang anak penjual tahu yang bernama Takumi Fujiwara (harap bedakan dengan tokoh bernama sama dalam manga Dear Boys). Ia sangat berbakat melakukan balapan drift menuruni gunung Akina yang terletak di Prefektur Gunma, Jepang. Anime ini juga sudah diadaptasi ke layar lebar oleh sineas Hong Kong pada tahun 2004 dengan alur cerita yang tidak jauh berbeda.

Filmnya terbilang tidak mengecewakan karena didukung oleh pemain-pemain film terkenal, seperti Jay Chou, Anthony Wong Chau-Sang, dan Edison Chen. Isi dari film ini sangatlah menarik karena banyak adegan balap mobil yang mengambil lintasan di kawasan pegunungan. Tokoh utama, Takumi Fujiwara, diperankan Jay Chou, sedangkan ayahnya yang bernama Bunta Fujiwara diperankan oleh Anthony Wong Chau Sang. Suatu hari, ada tim balap lain yang menantang tim balap lokal Akina, Akina SpeedStars. Akan tetapi, pimpinan SpeedStars, Itsuki (diperankan oleh Chapman To), tidak dapat mengalahkan salah satu anggota tim Miyogi Night Kids, Takeshi Nakazato, yang diperankan oleh Shawn Yue. Akhirnya, ayah Itsuki mengirim Takumi untuk melawan tim tersebut. Takumi yang masih duduk di SMA tahun kedua itu pun dapat dengan mudah mengalahkan Nakazato dengan mengendarai mobil tipe GT-R. Dari situlah, perubahan-perubahan pada kehidupan Takumi dimulai.

Bedanya, dalam versi manga, yang pertama kali melawan Takumi adalah Takahashi bersaudara (Sang kakak Takahashi "Ry" Ryousuke dan Sang Adik Takahashi "KT" Keisuke)dari tim Red Suns. Mereka mengendarai mobil tipe FC yang telah dimodifikasi dengan setelan yang cocok untuk digunakan berlomba di jalanan pegunungan Akina. Dalam cerita itu, banyak orang yang menduga bahwa lomba tersebut dapat dimenangkan dengan mudah oleh Takahashi bersaudara. Akan tetapi, dugaan tersebut dapat dipatahkan oleh Takumi dengan menempel ketat Takahashi Keisuke yang menggunakan mobil Mazda FD3S. Walaupun Takumi kalah dalam adu sprint di lintasan lurus, tetapi ia mampu berada persis di belakang Keisuke saat menikung. Penonton pun dibuat tersentak ketika Takumi mengeluarkan segala daya upayanya dengan menyalip Takahashi pada tikungan terakhir. Pada akhirnya, Takumi yang menggunakan mobil tua tipe AE86 milik ayahnya pun mampu finish di urutan terdepan.

Initial D First Stage[sunting | sunting sumber]

Dalam manga seri pertama ini, Takumi dikisahkan sebagai seorang pemuda pengantar tahu yang dikenal sangat menguasai Jalanan di gunung Akina. Didukung kemampuannya itulah, suatu saat ia berhasil mengalahkan Nakazato yang mengendarai Nissan Skyline GT-R. Tim balap lokal, Akina Speedstars tertarik dengan kemampuannya sehingga mereka merekrut Takumi yang sebelumnya juga bekerja sebagai petugas pompa bensin milik Akina Speedstars. Setelah mulai terkenal, banyak tim balap lain yang menantang Takumi untuk beradu kecepatan di lintasan pegunungan di Akina. Di akhir cerita, Takumi beradu cepat melawan Ryousuke Takahashi, kakak Keisuke Takahasi. Balapan dikisahkan sangat sengit, tetapi Takumi akhirnya berhasil menang di menit-menit terakhir.

Initial D Second Stage[sunting | sunting sumber]

Ada tantangan baru di Akina dari Team Emperor. Nakazato kalah dari Seiji dan Stiker NightKids di potong oleh Emperor. Selanjutnya Emperor ke Akina untuk mengalahkan Takumi tetapi Takumi menang pada saaat-saat terakhir.Saat Seiji kalah ia langsung ditampar oleh Kyouichi. Tetapi target Kyoichi adalah Ryousuke di Akagi. Takumi mau mengunjungi Natsuki. Tetapi Takumi mengetahui rahasianya. Takumi pergi ke Akagi dengan rasa marah dan kesal.Ia nekat melawan Kyoichi. Tetapi mesin mobil Takumi meledak. Selanjutya Bunta mengganti mesin tua dengan mesin baru yaitu 4A-GE 16 Valve TRD(Berbeda dari sebelumnya, 4A-GE yang baru adalah versi khusus yang di buat Toyota untuk Japan Touring Championship. Mesin ini dapat mencapai 11.000rpm). Tetapi Kyouichi ingin melawan Ryosuke. Tetapi hasilnya Ryosuke menang. Takumi mendapat lawan baru yaitu Wataru Akiyama. Tetapi Takumi menang dalam ronde ke 4 melalui lumpur yang sudah agak menghilang ketika ronde-ronde sebelumnya.

Initial D Third Stage[sunting | sunting sumber]

Ryousuke ingin membuat team baru bersama Takumi.Pada di Lake Akina Takumi teringat bahwa ia kalah dari Kyouici. Takumi langsung menelpon Ryosuke katanya tempat tinggal Emperor Di Nikko Irohazaka. Takumi langsung ke sana untuk re-match. Takumi menang dalam jembatan yang ke 3. Lalu Kai ingin melawan Takumi Di Irohazaka. Kai bisa melewati Takumi di belokan ke 33,36,37,38,dan 39. Tetapi Takumi bisa mengambilnya di belokan ke 38,dan 39. Tetapi pertandinganya berakhir karena Kai putar balik di jembatan yang ke 2.M iki kembali ke Akina dan Natsuki Diculik. Natsuki berusaha menelpon Takumi untuk ditolong.tetapi kendaraan Miki kehilangan kendali.sebelum ke Project D Takumi mau melawan Ryosuke Di Akagi tetapi hasilnya seri. Natsuki pergi ke Tokyo tetapi ia menawarnya Tetapi Takumi menolak ia akan menjadi pembalap profesional tetapi Takumi memilih ikut Project D

Initial D Battle Stage[sunting | sunting sumber]

AE86 VS FD3S(Opening),AE86 VS FD3S,AE86 VS R32,AE86 VS EG6,AE86 VS Sileighty,FD3S VS R32,AE86 VS S14,AE86 VS FC3S,AE86 VS EVO IV,AE86 VS EVO III,FD3S VS EVO IV(Extra),FC3S VS EVO III,AE86 VS AE86 Turbo,AE86 VS EVO III(Re-Match),AE86 VS SW20,AE86 VS GT4,dan AE86 VS FC3S(Project D Battle)

Initial D Fourth Stage(Project D)[sunting | sunting sumber]

Takumi akhirnya bergabung dengan Project D.Target Project D yang pertama adalah team Seven Star Leaf(SSR) di Momiji.Tohru ingin melawan Takumi di Downhill.Pertandinganya berakhir karena Tohru kecelakaan di C-9.Target selanjutnya adalah Todou Racing School di Enna Skyline.Takumi berhasil melewati Daiki di U turn yang ke 4.Selanjutnya Project D melawan Tomoyuki Tachi di Happogahara.Takumi menang karena melakukan Blind Attack.Di Akina Ada pembalap misterius memiliki Subaru Impreza Version V.Takumi mau melawanya tetapi ia kalah di tempat rumahnya sendiri. Kemudian Takumi mengetahui bahwa pemilik Impreza tersebut adalah Ayahnya sendiri(Fujiwara Bunta, Master of Drift).