Keiichi Tsuchiya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Keiichi Tsuchiya
Keiichi Tsuchiya 2008 Super GT.jpg
Tahun 2008, sebagai Penasehat Eksekutif ARTA
Lahir30 Januari 1956
Tōmi, Nagano, Jepang
KebangsaanJepang Jepang
Catatan lomba Le Mans 24 Jam
Tahun19942000
TimTim Kunimitsu Honda, Tim Lark McLaren, Tim Toyota Eropa, Tim Naga TV Asahi
Hasil terbaikKe-2 (1999)
Menang kelas2 (1995, 1999)

Keiichi Tsuchiya (土屋 圭市, Tsuchiya Keiichi) adalah seorang pembalap mobil profesional. Ia juga dikenal sebagai Drift King (ドリキン, Dorikin, Raja Mengepot). Dia sering menggunakan teknik ngepot di acara balap yang bukan seharusnya tidak perlu melakukan ngepotan, mungkin ini cara dia untuk mempopulerkan mengepot sebagai salah satu cabang motorsport, dia juga dikenal sebagai pembalap "Tōge" (balapan turun gunung).

Mobil Toyota AE86 Sprinter Trueno yang sering digunakannya menjadi populer sejak di tangannya, mobil ini juga disebut "Hachi-Roku" ("delapan-enam" / "86"), dalam Bahasa Jepang.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Tsuchiya memulai kariernya melalui Fuji Freshman Series pada tahun 1977. Tidak seperti pembalap lain yang berlatar belakang orang kaya, dia mengasah kemampuannya dari balapan jalanan dan menjadi legenda di balapan bawah tanah tersebut.

Karier balap[sunting | sunting sumber]

Setelah itu dia juga mengikuti kejuaraan nasional di Jepang, Le Mans dan NASCAR. Saat Tsuchiya baru memasuki dunia balapan di sirkuit, Racing License atau SIM Balapan-nya (di Indonesia KIS-kartu izin start) sempat dicabut karena dia masih sering balapan liar. Keiichi Tsuchiya terkenal selalu memakai pakaian dan atribut berwarna hijau giok dalam setiap balapan. [1]

Setelah pensiun[sunting | sunting sumber]

Setelah dia pensiun, dia masih menyetir dan menjadi juri resmi dari D1-GP.

Tsuchiya juga pernah masuk dalam film kartun initial D dan mengisi suara disana, tepatnya dia menelepon Bunta (ayah Takumi) sebelum Takumi balapan dengan Ryosuke, dia mengatakan kepada bunta bahwa dia mencari bibit pembalap baru yang berbakat. Dia juga menjadi supervisor dan editorial dalam anime Initial D dan Wangan Midnight. Hidupnya dalam balapan digambarkan sebagai Takumi, sebagai tokoh utama dalam Initial D, mereka berdua sama-sama balapan sambil mengantar barang sebagai bisnis keluarga; sehingga praktis Initial D menjadi autobiografi dari Tsuchiya.

Sejak tahun 1995 dia juga sering menjadi bintang tamu untuk menjadi komentator di F1.

Tahun 2006, dia menjadi pemeran figuran dalam film The Fast and the Furious: Tokyo Drift sekaligus menjadi koordinator untuk pemeran pengganti pengendara mobil.[2][3]

Pada tahun 2010, Keiichi Tsuchiya & Daijiro Inada, meninggalkan kursi juri di D1GP. Itu karena mereka kecewa dengan penyelenggara D1GP, yang dianggap sudah melenceng dari yang semangat D1GP, yaitu peserta malah diharuskan memakai mobil kuat untuk menghasilkan atraksi ngepot yang mengagumkan. Tentu saja ini sangat memberatkan banyak tim balap. Bersama Daijiro Inada, ia menyelenggarakan kejuaraan baru, bernama Drift Muscle. Sambutan dari pencinta ngepot pun sangat memuaskan, karena regulasi yang tidak berat serta penilaiannya yang sesuai, karena dilakukan oleh raja ngepotnya sendiri, Keiichi Tsuchiya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clifford, Joe (2013-08-22). "Keiichi Tsuchiya interview: finding the balance". Toyota UK Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-21. 
  2. ^ Fast & Furious 6. "10 Things You Probably Didn't Know About The Fast & Furious Films". BuzzFeed. 
  3. ^ The Fast and the Furious: Tokyo Drift (DVD). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:D1 Grand Prix